P. 1
Berpikir Kreatif

Berpikir Kreatif

|Views: 65|Likes:
Published by nisaapbekti

More info:

Published by: nisaapbekti on May 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2012

pdf

text

original

BERPIKIR KREATIF 1

a. Menghasilkan ide segar (indikator) - Kemampuan siswa dalam mencetuskan banyak gagasan, jawaban, penyelesaian masalah atau pertanyaan. -- Mencari referensi sebelum mengeluarkan ide - Memberikan banyak cara atau saran untuk melakukan berbagai hal. – Melakukan lebih dari 5 aktivitas dalam mencari gagasan - Memikirkan lebih dari satu jawaban. – Membuat dokumentasi Bank Ide dalam bentuk cacatan, sketsa, foto dll. - Menghasilkan gagasan, jawaban atau pertanyaan yang bervariasi – Keinginan untuk mengeksplorasi jawaban yang lebih banyak b. Mengetahui langkah berpikir kreatif (indikator) - Dapat melihat suatu masalah dari sudut pandang yang berbeda-beda -Menanggapi pertanyaan atau masalah yang diajukan dari sudut pandang yang berbeda-beda - Mencari banyak alternatif atau arah yang berbeda-beda -- Cenderung mencari jawaban yang luas dan memuaskan - Mampu mengubah cara pendekatan atau cara pemikiran. -- Besikap terbuka terhadap pengalaman baru - Mampu melahirkan ungkapan yang baru dan unik – Melakukan proses analisis dan sintesis c. Melakukan cara berpikir kreatif untuk mengeluarkan gagasan (indikator) Memikirkan cara yang tidak lazim untuk mengungkapkan diri -- Memiliki daya imajinasi dan abstraksi yang cukup baik Mampu membuat kombinasi-kombinasi yang tidak lazim dari bagian-bagian atau unsur-unsur. – Manambahkan elemen baru yang tidak berhubungan dengan permasalahan. Mampu memperkaya dan mengembangkan suatu gagasan atau produk.-Keinginan untuk menemukan dan meneliti secara mendalam akan sesuatu masalah. Menambahkan atau memperinci detil-detil dari suatu objek, gagasan atau situasi sehingga lebih menarik. – idem d. Mewujudkan ide atau gagasan dalam sebuah bentuk karya (indikator)

- Mampu mengambil keputusan terhadap situasi yang terbuka – idem -Cenderung lebih menyukai tugas yang berat dan sulit Mampu melaksanakan gagasan – Menyukai bidang pekerjaan yang saat ini dillakukan – Mewujudkan agagasan dalam bentuk karya nyata. .- Menentukan patokan penilaian sendiri dan menentukan apakah suatu pertanyaan benar. – Memiliki hasrat keingintahuan yang cukup besar atas sebuah fenomena. suatu rencana sehat. atau suatu tindakan bijaksana.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->