Aqidah Islamiyah & Akhlakul Karimah

30 Agustus 2010

Aqidah Islamiah 
Pengertian Misi

dan Tujuan Agama Islam Fungsi dan Peran Aqidah Islamiah Hal-hal yang merusak Aqidah Islamiyah

y

{ .(269/

}

)

y "Allah berikan HIKMAH kepada

siapa saja yang dikehendaki-Nya. Barang siapa yang diberi HIKMAH, maka ia telah diberi kebaikan yang banyak" (Al Qur'an, Surah Al Baqoroh, 2:269)

BANGUNAN APAKAH INI? .

Hadistnya: sesungguhnya nafsu senantiasa membawa kearah keburukan . yContoh: akal sebagai instrumen berpikir (kemungkinan malas dan kurang minat). diturunkan kepada umat manusia dengan wahyu melalui perantaan Nabi Muhammad SAW. (terkait dengan potensi fisik dan non fisik. nafsu. nafsu: spy dinamik tdk statis. perasaan dan kesadaran (qolb). y Islam sebagai agama dari Allah dan yang menciptakan manusia adalah Allah sudah tentu ajaran Islam akan selaras dengan fitrah kejadian manusia (fitrah dalam arti pembawaan asal manusia secara umum sejak kelahiran/awal penciptaan) dengan segala karakteristiknya. fitrah kemanusiaan akan membawa ke arah kebaikan dan keselamatan bagi dirinya atau orang lain. dan ruh. nafsu jgn dibunuh.yIslam ad. Suatu sistem ajaran ketuhanan yang berasal dari Allah SWT. y Dengan ajaran Islam. yaitu akal. terkadang membawa hal keburukan.

misalnya Arabism.Islam nama Agama Dalil naqli QS.  Orang yang menganut. ayat 3: «. ..  Islam ad. bukan untuk bangsa atau ras dan suku bangsa tertentu. Sistem ajaran dari Allah. memeluk dan mengikuti ajaran Islam disebut MUSLIM. Tidak boleh di sebut kepada pembawanya yaitu Mohamedanism atau kepada pemelukya. dan Islam ad. Sistem ajaran bagi seluruh ummat manusia di dunia. Al-Maidah(5). Artinya: Pada hari ini Aku lengkapkan agamu dan Aku sempurnakan nikmatKu atasmu dan Aku ridha Islam sebagai agamamu.

suka atau tidak. . 2.Pengertian secara: a) Etimologi (lughowi/bahasaa) berasal dari tiga akar kata SALAM. dan ASLAMA artinya berserah diri atau tunduk patuh. artinya damai/kedamaian. SALAMAH artinya keselamatan. b) Terminologi (istilah) ad. Satu sistem ajaran ketuhanan (agama) yang berasal dari Allah SWT yang disampaikan kepada ummat manusia melalui risalah yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW. di dunia dan akhirat 3. Berserah diri dan tunduk patuh pada aturan2 hidup yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Memperoleh keselamatan atau bebas dari bencana. Sehingga dapat mengandung makna: 1. Memasuki kedamaian dan menciptakan rasa damai dalam kehidupan. diri dan masyarakat.

kemudian Allah berfirman kepadanya: ³Jadilah´ (seorang manusia).´ [Ali Imran:59] . Allah menciptakan Adam dari tanah. Tuhan adalah pencipta segalanya: y ³Allah Pencipta langit dan bumi. adalah seperti (penciptaan) Adam.´ [Al Baqoroh:117] y ³Sesungguhnya misal (penciptaan) `Isa di sisi Allah. dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu. maka jadilah dia.Menurut ajaran Islam. Lalu jadilah ia. maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: ³Jadilah´.

maka bagaimanakah kamu dipalingkan (kepada menyembah yang selain Allah)?´ [Yunus:34] . kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali?´ katakanlah: ³Allah-lah yang memulai penciptaan makhluk.´Katakanlah: ³Apakah di antara sekutusekutumu ada yang dapat memulai penciptaan makhluk. kemudian mengulanginya (menghidupkannya) kembali.

jika Dia hendak membinasakan Al Masih putera Maryam itu beserta ibunya dan seluruh orang-orang yang berada di bumi semuanya?´ Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi dan apa yang di antara keduanya. Dia menciptakan apa yang dikehendakiNya.³Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: ³Sesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryam´.´ [Al Maaidah:17] . Katakanlah: ³Maka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

ketika yang lain telah musnah (akhir): y ³Dialah Yang Awal dan Yang Akhir. ketika makhluk lain sudah ada. dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. itu tidak lain hanyalah makhluk ciptaan Tuhan belaka.y Tuhan juga telah ada sebelum segala sesuatu ada (awal).´ [Al Hadiid:3] y Oleh karena itu. Tuhan juga akan tetap ada. Jika ada. atau pun meninggal. Yang Zhahir dan Yang Bathin. tidak mungkin Tuhan lahir. . ketika makhluk lain masih ada.

Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu. padahal sekali-kali tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Tuhan Yang Esa. yaitu: Allah.Hanya ada satu Tuhan. pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih.´ [Al Maa-idah:73] . y ³Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: ³Bahwasanya Allah salah satu dari yang tiga´.

Katakanlah: ³Adakah sama orang buta dan yang dapat melihat.´ Katakanlah: ³Maka patutkah kamu mengambil pelindung-pelindungmu dari selain Allah. apakah mereka menjadikan beberapa sekutu bagi Allah yang dapat menciptakan seperti ciptaan-Nya sehingga kedua ciptaan itu serupa menurut pandangan mereka?´ Katakanlah: ³Allah adalah Pencipta segala sesuatu dan Dia-lah Tuhan Yang Maha Esa lagi Maha Perkasa´.Allah tidak punya sekutu. ³Katakanlah: ³Siapakah Tuhan langit dan bumi?´ Jawabnya: ³Allah. atau samakah gelap gulita dan terang benderang. [Ar Ra¶d:16] . padahal mereka tidak menguasai kemanfaatan dan tidak (pula) kemudharatan bagi diri mereka sendiri?´.

³Dan katakanlah: ³Segala puji bagi Allah Yang tidak mempunyai anak dan tidak mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia bukan pula hina yang memerlukan penolong dan agungkanlah Dia dengan pengagungan yang sebesar-besarnya.´ [Al Israa:111] .

dan sekalikali tidak ada tuhan (yang lain) beserta-Nya.´ [Al Mu¶minuun] . kalau ada tuhan beserta-Nya.Maha Suci Allah dari mempunyai anak dan sekutu. masing-masing tuhan itu akan membawa makhluk yang diciptakannya. dan sebagian dari tuhan-tuhan itu akan mengalahkan sebagian yang lain. Maha Suci Allah dari apa yang mereka sifatkan itu. ³Allah sekali-kali tidak mempunyai anak.

dan tidak jatuh sebutir bijipun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering.³dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia´. tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri. melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh). dan tiada sehelai daunpun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula).´ [Al An¶aam:59] . [Al Ikhlas:4] y Allah Maha Mengetahui. y ³Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib. dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan. baik yang zahir mau pun yang ghaib.

Matahari tidak pernah menabrak bulan atau bumi. roboh seketika. Sering kita lihat jembatan yang telah dirancang oleh para ahli dan dibangun ratusan tukang dengan tiang-tiang yang kuat. Itulah bukti bahwa keteraturan itu terjadi karena adanya Sang Maha Pengatur: Allah.y Allah Maha Mengatur. y Namun tidak pernah sekalipun langit yang tanpa tiang ambruk menimpa bumi. pengawas udara. . tetap selalu mengalami kecelakaan setiap tahunnya. serta pilot dan co-pilot. Atau lalu-lintas udara yang diatur dengan radar. meski semuanya telah beredar selama milyaran tahun.

y ³Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya). menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya). kemudian Dia bersemayam di atas `Arsy. dan menundukkan matahari dan bulan. supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu.´ [Ar Ra¶d:2] . Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan.

y Allah juga telah memberikan banyak nikmatnya kepada manusia: y ³Dialah Yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap. dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit. lalu Dia menghasilkan dengan hujan itu segala buah-buahan sebagai rezki untukmu. karena itu janganlah kamu mengadakan sekutu-sekutu bagi Allah. padahal kamu mengetahui.´ [Al Baqarah:22] .

y ³Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi. Sifat-sifat Allah lainnya tercermin dalam 99 nama Allah (Asma ul Husna). Sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.´ [Al Baqarah:164] y Itulah beberapa sifat dari Allah. dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air. dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi. silih bergantinya malam dan siang. lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering) -nya dan Dia sebarkan di bumi itu segala jenis hewan. . bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia. Tuhan kita.

Sebagaimana TV. bumi. Nabi Muhammad SAW diutus Allah dengan misi menyampaikan kalimat Tauhid. dan lainlain yang tidak mungkin terjadi dengan sendirinya tanpa ada pembuatnya. Mobil. bintang.y Tauhid (mengesakan Allah): Tuhan Itu Satu y Sesungguhnya. dan lain-lain. matahari. manusia. yaitu Allah! . yaitu agar manusia menyembah Allah semata dan tidak menyembah sembahan lainnya selain Allah. Seorang Muslim wajib beriman atau mempercayai bahwa Tuhan itu ada. Tentu ada yang membuatnya. Kulkas. begitu pula langit.

Nabi Muhammad SAW diutus Allah dengan misi menyampaikan kalimat Tauhid.y Setelah mempercayai keberadaan Tuhan. ummat Islam wajib beriman bahwa Tuhan itu satu. y Sesungguhnya. yaitu agar manusia menyembah Allah semata dan tidak menyembah sembahan lainnya selain Allah: .

yang diwahyukan kepadaku: ³Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan Yang Esa´. y Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Tuhannya´.y ³Katakanlah: ³Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu.´ [Al Kahfi:110] .

dan tidak mempersekutukan Allah dengan yang lain: y ³Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif. yaitu agar hanya menyembah satu Tuhan. yaitu: Allah. Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan (Tuhan).´ [An Nahl:120] .y Nabi-nabi sebelumnya. seperti Nabi Ibrahim juga mengajarkan tauhid kepada ummatnya.

. janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benarbenar kezaliman yang besar´.y Luqman yang saleh pun dalam Al Qur¶an diceritakan menasehati agar anaknya tidak mempersekutukan Allah dengan yang lain: y ³Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya. di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: ³Hai anakku.´ [Luqman:13] y Seharusnya setiap orang tua mencontoh Luqman untuk menanamkan ajaran Tauhid kepada setiap anaknya.

mengesakan Allah adalah rukun yang pertama. Jika seorang masuk Islam. berpuasa pada bulan Ramadan dan mengerjakan Haji ³ [HR Bukhori-Muslim] . mendirikan sembahyang. dia harus menyatakan bahwa Tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusannya: y ³Hadis Ibnu Umar r.w telah bersabda: Islam ditegakkan di atas lima perkara yaitu mengesakan Allah. mengeluarkan zakat.a.y Dalam Islam.a: Nabi s.

Tuhan adalah Pencipta alam semesta. tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun. Siti Maryam: y ³Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: ³Sesungguhnya Allah adalah Al Masih putera Maryam´. maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga. dan tempatnya ialah neraka. sedang Yesus atau Isa bukanlah pencipta alam semesta. sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu´ Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah. padahal Al Masih (sendiri) berkata: ³Hai Bani Israil.y Menyembah Yesus atau Isa sebagai Tuhan adalah dosa yang amat besar.´ [Al Maa-idah:72] . Yesus atau Isa adalah seorang manusia yang dilahirkan dari rahim ibunya.

y Sesungguhnya. dan Dia mengetahui segala sesuatu. padahal dia tidak punya istri? Adakah (na¶udzubillah min dzalik!) mereka mengira bahwa Tuhan berzina dengan Maryam sehingga punya anak di luar nikah? Allah SWT membantah kebohongan itu: y ³Dia Pencipta langit dan bumi. sehingga ada lebih dari 1 Tuhan seperti Tuhan Bapa dan Tuhan Anak. Dia menciptakan segala sesuatu. Bagaimana Allah bisa punya anak. Bagaimana Dia mempunyai anak padahal Dia tidak mempunyai isteri. kafirlah orang yang mengatakan bahwa Tuhan itu bisa beranak dan dilahirkan layaknya manusia.´ [Al An¶aam:101] .

Nabi Muhammad SAW selama 13 tahun masa-masa pertama kenabiannya. adalah hal paling penting dan pertama-tama yang harus dipelajari oleh seorang Muslim.y Sesungguhnya. begitu pula setelahnya. . yaitu Allah SWT). Tauhid (Mengakui Tuhan itu ada dan satu. gigih menyampaikan ajaran Tauhid kepada orang-orang kafir Quraisy.

Itulah jika kita terlalu sibuk pada hal sekunder. tapi kurang mengkaji masalah Tauhid. akhirnya nikah dengan orang kafir dan menjadi kafir pula.y Saya melihat banyak orang yang terlalu fokus pada masalah fikih. dan bahkan ada muslimah yang berjilbab. tasauf. Banyak orang yang murtad karena kurang beres Tauhid-nya. Akibatnya. Betapa banyak orang yang sholat. betapa banyak orang yang haji tapi tetap berzinah. tapi tetap korupsi. aqidah ummat Islam jadi lemah. Padahal Tauhid ini adalah dasar dari agama Islam. dan lain-lain. sehingga lupa pada hal yang primer: Tauhid! .

3. hidup pribadi. dunia & akhirat. sehingga dengannya manusia mendapatkan kebahagiaan hakiki lahir & bathin.Mengajak dan menyuruh manusia untuk tunduk patuh (aslama) pada aturan-aturan Allah (submission to the will of God) dalam menjalani kehidupannya di dunia.Membimbing manusia untuk menemukan kebahagiaan dan dalam menciptakan kedamaian.Memberikan jaminan kepada manusia dalam mendapatkan keselamatan dan terbebas dari bencana hidup baik dunia atau akhirat. 2. sosial bersama orang lain sehingga dengannya ia mendapatkan kebahagiaan hakiki.MISI dan TUJUAN AGAMA ISLAM 1. sehinggan ia mendapatkan kebahagian hakiki di akherat kelak. lahir dan bathin di dunia. baik suka atau tidak. .

3. Akhlak : masalah-2 kehidupan yang berkaitan dengan ketentuan-2 dan ukuran-2 baik buruk atau benar salahnya suatu perbuatan. 1.Dimensi Ajaran Islam: AQIDAH SYARIAH AKHLAK Aqidah: masalah-2 yang harus diimani dan diyakini. . orang lain atau dengan alam). 2. (perbuatan lahir/batin. diri pribadi. Syariah : ketentuan-2 berbuat dalam menata hubungan dengan Allah dan sesama makhluk.

Fungsi dan Peran Aqidah Islamiah Islam ad. sehingga tercipta suatu tatanan hidup yang selaras dengan Sunnatullah (hukum Allah yang berlaku untuk alam semesta). . Agama yang diturunkan Allah swt untuk memberi petunjuk kepada manusia tentang jalan mana yang harus ditempuh dalam meniti dan menata kehidupan.

Dijauhkan dari dorongan-2 dan kecendrungan-2 untuk melakukan tindakan yang mungkin dapat merugikan dirinya sendiri atau orang lain. dibersihkan jiwanya 2. baik sebagai pribadi-2 atau bersama-2: 1. y Dengan ajaran akhlak. ditingkatkan derajat moral kemanusiaannya 3.y Akhlak berkaitan dengan ajaran Islam bagaimana seharusnya manusia bertindak sehingga ia dapat mengukur dan diukur moralitasnya (bermoral dan tidak bermoral .berdasarkan kaidah-2 Islam yang telah ditetapkan). . manusia.

Perbuatan Akhlak merupakan misi inti dari setiap diutusnya Rasul ditengah-2 umatnya. seandainya mereka tetap melakukan tindakan-2 yang tidak terpuji yang cendrung bertujuan hanya untuk memuaskan nafsu belaka. ~ Perhatikan QS. mengingatkan manusia pada negeri akhirat´ ~Misi Utama Nabi Muhammad saw: Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak-2 yang mulia´. Rasul dan Nabi bertugas untuk mengingatkan mereka tentang akibat buruk yang akan menimpa. Shad (48) ayat 46: ³ Sesungguhnya kami telah mensucikan mereka dengan akhlak-2 yang tinggi. .Akhlak sebagai Misi Utama Agama Islam.

Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka. jika lebih banyak berbuat dosa. Dari ayat tsb. Sebaliknya. Ada perintah untuk menjaga diri. Semua amal perbuatan yang baik dan buruk akan dihisab oleh Allah swt. tentu neraka akan balasannya. Bila banyak melakukan amal sholeh maka insyaAllah surga ganjarannya. Sebagai pribadi kita harus mempertanggung jawabkan seluruh perbuatan kita kepada Allah swt di akherat kelak. QS at-Tahrim (66) ayat 6. .

y Salah seorang sahabat nabi yang terkenal dengan kealiman (tinggi ilmu) dan kezuhudannya (sederhana).´ Jawab pengembala itu. Ini bukan milikku tapi milik majikanku. aku ingin membeli seekor kambing yang kau gembala ini. Abdullah bin Umar suatu ketika bertemu dengan seorang pengembala kambing ditengah padang pasir yang tandus. Aku tidak bisa menjualnya. Bekalku sudah habis. Abdullah bin Umar berkata kepada pengembala yang masih bocah itu. muncul keingintahuannya untuk mengetahui apakah ajaran Islam dalam bingkai akhlak mulia yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW sampai ke tengah padang pasir yang sangat terpencil tersebut? Setelah mengucapkan salam. ´Hai pengembala.Berikut salah satu kisah yang pantas menjadi tauladan bagi kita pada masa Rasulullah SAW. aku hanyalah seorang budak yang mengembalakan kambing-kambing ini.´ ´Maaf Tuan. .

tentu akan sangat sulit bagi tuanmu untuk menghitung jumlahnya.´ . tetapi ada Dzat Mahatahu. bukan? Kau pun bisa menikmati uangnya. Atau kalaupun dia tahu ada sesekor kambing yang berkurang. ´Aku tidak diberi kuasa oleh majikanku untuk menjual kambing ini. Kambing yang kau jaga ini sangat banyak. di mana Allah? Majikanku memang tidak akan tahu dan bisa saja dibohongi. ´Lalu. Sungguh jawaban itu membuat Abdullah bin Umar tersentak kaget. Apa kau kira Allah tidak ada?´ Jawab pengembala itu mantap. Mudah sekali.y ´Ah itu masalah yang mudah. Begini.´ Bujuk Abdullah bin Umar dengan serius. yang pasti melihat apa yang kita lakukan. bilang saja telah dimangsa srigala padang pasir. Aku hanya diperbolehkan mengembalanya dan meminum air susunya ketika aku membutuhkannya dan memberi minum para musafir yang kehausan. kau jual seekor saja kambingmu padaku.

kulihat anda kehausan. ternyata memiliki rasa takwa yang begitu dalam. Jangan kuatir. Allah tahu ini halal sebab pemiliknya menyuruhku memberinya pada musafir yang kehausan. Sepantasnyalah seorang manusia yang berakhlak mulia dan memiliki ketakwaan kapada Allah yang begitu tinggi tidaklah sepatutnya menjadi hamba sahaya manusia. susu ini halal. bin Umar membeli budak itu dan langsung . Dijalan. Dia hanya pantas menjadi hamba Allah Swt! Selanjutnya Abdullah memerdekakannya. Hatinya menyinari keimanan.y ´Minumlah Tuan. dia mohon diri. teringat kata-kata pengembala itu. ´Di mana Allah? Apakah kau kira Allah tidak ada?´ Dia menangis mengingat seorang bocah pengembala kambing di tengah padang pasir yang pakaiannya kumal. Abdullah bin Umar terus melangkahkan kakinya sambil bercucuran air mata.´ Tutur pengembala dengan wajah ramah. Sesungguhnya ajaran Rasulullah telah terpatri dalam jiwanya. Akhlaknya sungguh mulia. Jika masih kurang bisa tambah. Setelah itu. dia tidak bisa menyembunyikan tangisnya. Abdullah bin Umar meminum susu itu dengan perasaan terharu. Dia minum sampai rasa hausnya hilang. Dia memiliki kejujuran yang tinggi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful