KEBUTUHAN MANUSIA TERHADAP RASUL

Tujuan Instruksional 1. Memahami bahwa fitrah manusia memerlukan keyakinan tentang eksistensi Pencipta, beribadah kepada-Nya dan memiliki kehidupan yang teratur. 2. Memahami bahwa petunjuk Rasul adalah satu-satunya jalan untuk mencapai hal itu. Titik Tekan Materi Setiap manusia diciptakan oleh Allah dengan fitrah, , dimana manusia bersih, suci dan mempunyai kecenderungan yang baik dan kearah positif yaitu kearah Islam. Fitrah manusia diantaranya adalah mengakui wujud Allah sebagai Pencipta, keinginan untuk beribadah dan menghendaki kehidupan yang teratur. Fitrah demikian perlu diaplikasikan ke dalarn kehidupan seharihari melalui petunjuk Al-Qur'an dan panduan Sunnah. Semua panduan ini memerlukan petunjuk dari Rasul khususnya dalam mengenal pencipta dan sebagai panduan kehidupan manusia. Dengan cara mengikuti panduan Rasul kita akan mendapati ibadah yang shahih.

Pokok-Pokok Materi Sinopsis Setiap manusia diciptakan oleh Allah SWT dengan fitrah, dimana manusia bersih, suci dan mempunyai kecenderungan yang baik dan ke arah positif yaitu ke arah Islam. Fitrah manusia di antaranya adalah mengakui kewujudan Allah sebagai Pencipta, keinginan untuk beribadah dan menghendaki kehidupan yang teratur. Fitrah demikian perlu diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari melalui petunjuk Al Quran (Firman-firman dan panduan dari Allah SWT) dan panduan sunah {sabda Nabi dan perbuatannya}. Semua panduan ini memerlukan petunjuk dari rasul, khususnya dalam mengenal pencipta dan sebagai panduan

Sebab tak ada jalan menuju kebahagiaan atau keberhasilan di dunia dan akhirat kecuali dengan tuntunan para rasul. kebutuhan yang paling penting di antara yang penting. menolak ajaranajarannya dan menentang mereka manakala umat saat ini lebih keras penolakannya dari umat yang terdahulu untuk menyerah kepada rasul dan menerima risalahnya. Hal ini difirmankan dalam surat At Taghabun ayat 6 yang artinya "Yang demikian itu karena sesungguhnya telah datang kepada mereka rasul-rasulNya (membawa) keterangan-keterangan lalu mereka berkata: ‘Apakah manusia yang memberi petunjuk kepada kami?' Lalu rnereka ingkar dan berpaling dan Allah tidak memerlukan mereka. kebutuhan hamba kepada rasul adaiah terletak di atas semuanya. Dengan cara mengikuti panduan rasul kita akan mendapatkan ibadah yang benat Kebutuhan umat akan rasul dan risalah tauhid berbeda antara umat terdahuiu dengan umat saat ini. Pada dasarnya kita tetap memerlukan para rasul beserta risalahnya untuk kebaikan diri kita sendiri. menghambat perputaran roda kehidupan dan membekukan proses kemajuan tekonologi dan modernisasi. Walaupun pada dasarnya manusia membutuhkan rasul dan risalahnya tetapi syaitan selalu meniupkan ke dalam benak manusia untuk menentang Allah dan rasulNya. Dan Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji".kehidupan manusia. Oleh sebab itu kebutuhan manusia kepada rasul lebih penting daripada kebutuhan jasad akan ruh. Mereka beralasan bahwa syariat Allah dan rasul menghalangi kebebasan berpikir. untuk menerangi jiwa dan memberikan hidayat bagi akal pikiran. dan taat pada yang diperintahkan. percaya akan berita-berita yang disampaikannya. Hal ini disebabkan karena kecongkakannya terhadap ilmu pengetahuan yang mereka miliki sehingga tidak mengikuti orang-orang yang hidup di zaman lebih tua dari zaman mereka (nabi dan rasul). Kita juga memerlukan rasul-rasul tersebut agar tidak sesat jalan lalu terjatuh dalam kehinaan. Dari semua kebutuhan ini. Kita membutuhkan para rasul untuk mengarahkan kehidupan kita dan menghubungkan dengan Sang Pencipta kehidupan. Ibnu Qayyim menerangkan kebutuhan hamba-hamba akan rasulnya sebagai berikut: bahwa kebutuhan manusia yang utama adalah mengenal para rasul dan ajaran yang dibawanya. kebutuhan mata akan cahaya atau kebutuhan ruh akan kehidupan. Tak ada pula petunjuk untuk mengetahui yang baik dan yang buruk maupun keutamaan lainnya kecuali mengikuti rasul yang mendapatkan ridha Allah. Umat terdahulu rnendebat rasul-rasulnya. . Kebajikan dalam bentuk perkataan maupun perbuatan dari rasui merupakan contoh yang baik bagi kehidupan manusia. Ibnu Taimiyah berpendapat bahwa risalah merupakan kebutuhan pokok bagi umat manusia. oleh karena itu tidak jarang negara-negara yang penduduknya mayoritas Islam menolak risalah para rasul.

"Wahai Rasulullah. Kebutuhan manusia akan syariat lebih mendesak dibanding kebutuhan mereka akan segala sesuatu. Agama Allah yang dijadikanNya kepada manusia sesuai dengan fitrahnya. "Jangan membunuh anak-anak ! Jangan membunuh anak- . Manakala Islam juga sebagai agama fitrah sehingga keberadaan Islam diperlukan oleh manusia. jasmani dan akal terhadap apa-apa yang dibawa oleh rasul. Apa kiranya manfaat alam bila tidak memiliki ruh. • Hadits. perlu berdakwah dan menegakkannya. Wujud aplikasi Islam terdapat pada diri rasul Muhammad SAW Oleh karena itu. • Manusia diciptakan sesuai dengan fitrahnya. bersabar atasnya. Al-Insaan (Manusia) • Al insan (manusia) adalah ciptaan Allah SWT yang diberikan banyak kelebihan dan keutamaan dibandingkan dengan makhluk Allah lainnya. (Itulah) agama yang lurus. tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”. "Aku telah menciptakan hambahambaKu dalam keadaan hanif kemudian syaitan menggelincirkan mereka dari agama mereka" Imam Ahmad meriwayatkan bahwa Al-Aswad bin Sai' At-Taimi berkata. Akupun mendapat kemenangan. bukankah anak-anak itu adalah anakanak kaum musyrik?" Beliau bersabda.30:30. Dalil • Q. Pada saat itu orang-orang pergi berperang lalu mereka membunuh anak-anak. Kejadian ini sampai kepada Rasulullah SAW Maka beliau bersabda. Dalam sebuah hadits dikatakan.Risalah pada hakikatnya merupakan ruh alam. Kebutuhan manusia dapat ditinjau dari kebutuhan ruh. • Di antara kelebihan manusia adalah fitrah. "Aku menjumpai Rasulullah SAW lalu aku berperang bersama beliau. "Mengapa orang-orang itu melampaui batas hingga membunuh anakanak?" Seorang berkata. dan berjihad terhadap apa yang keluar daripadanya sampai mereka kembali. Orang-orang yang baikbaik di antara kamu pun semula merupakan anak kaum musyrik" Kemudian beliau memerintahkan. kehidupan dan cahaya. Oleh karena itu manusia memerlukan makrifat atas apa yang dibawa para rasul. Dunia akan gelap gulita dan terkutuk kecuali yang terkena cahaya risalah. 1. manusia dengan fitrahnya sangat memerlukan rasul Muhammad SAW sebagai contoh dan teladan dalam memenuhi fitrahnya. "Bukan begitu. menjadi cahaya dan kehidupannya. (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. “Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah). Tidak ada perubahan pada fitrah Allah.

Beberapa fitrah manusia adalah keinginan manusia untuk mengabdi kepada khaliq. Dari Abu Hurairah RA berkata : Rasulullah SAW bersabda. Dan mereka mengingkarinya karena kezaliman dan kesombongan (mereka) padahal hati mereka meyakini (kebenaran) nya. AI-Fithrah (Fitrah) • Fitrah yang ada pada manusia dapat menilai baik buruk tingkah laku masyarakat ataupun dirinya. • Hadits. Bahkan manusia itu menjadi saksi atas dirinya sendiri. meski ia dilahirkan oleh orang tua kafir ataupun jahiliyah. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. • Hadits: Setiap anak dilahirkan atas fitrahnya. "Tidaklah dari yang setiap dilahirkan itu melainkan dilahirkan dalam keadaan suci. mengakui keberadaan Allah SWT sebagai khaliq dan keinginan manusia untuk hidup teratur.27:14. Dari Abu Hurairah RA berkata : Rasulullah SAW bersabda. "Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan fitrah".30:30. maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi dan Nasrani." (HR Ahmad). Maka perhatikanlah betapa kesudahan orang-orang yang berbuat kebinasaan. • Q. 2. tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui. (Itulah) agama yang lurus. sehingga lisannya menyimpang dari fitrah itu. kemudian orangtuanya yang menjadikan anak itu Yahudi. • Q. Adakah engkau memperbaiki yang putus telinganya sejak mula. Manusia secara fitrah meyakini adanya Allah sebagai Rabb dan juga memerlukan adanya rasul yang mengajarkan Islam kepada manusia.. Sebagaimana binatang temak melahirkan binatang yang sunyi dari cacat. Kemudian dia bersabda lagi. Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Allah).anak! Setiap diri dilahirkan dalam keadaan fitrah. • Hadits. Dalil • Q. Yahudi dan Majusi juga disebabkan oleh pengaruh orangtuanya. "Itulah fitrah Allah yang sesuai dengan fitrah manusia. Fitrah manusia sudah dibekali oleh Allah SWT dengan nilai-nilai asasi yang dapat menilai suatu tingkah laku.75:14. Kecenderungan yang baik senantiasa membawa manusia ke arah Islam seperti pengakuannya kepada Allah sebagai Pencipta (Rabb). Ini disebabkan karena fitrah dimiliki oleh manusia semenjak ia lahir. Yang menjadikan manusia berubah dari fitrah kepada Nasrani. Maka kedua orang tuanyalah yang menjadikan dia Yahudi atau Nasrani atau Majusi. • Fitrah dapat dijadikan sebagai saksi bagi segala perbuatannya. Perubahan fungsi dan peranan fitrah ini terjadi karena pengaruh lingkungan termasuk pengaruh orang tua ataupun lingkungan sosial. Majusi atau Nasrani. • Manusia menjadi saksi ke atas dirinya sendiri dan hati mereka meyakini kebenaran walaupun mengingkarinya. Yang demikian itu adalah agama yang lurus yang tidak mungkin dapat dirubah-rubah lain" (HR Bukhari Muslim).. Terlebih lagi manusia dilahirkan secara fitrah maka suatu hal yang wajar apabila fitrah manusia menuntut rasul. .

Manusia pada dasarnya mengakui masalah ini. mereka berkata: "ya kami menyaksikannya" Pada dasamya manusia mengakui keberadaan Allah sebagai Rabb yaitu tuhan yang menciptakan diri manusia. bulan. jika kamu mengetahui?" Mereka akan menjawab: "Kepunyaan Allah" Katakanlah: "Maka apakah kamu tidak ingat?" Katakanlah: "Siapakah Yang Empunya langit yang tujuh dan Yang Empunya 'Arsy yang besar?" Mereka akan menjawab: "Kepunyaan Allah" Katakanlah: "Maka apakah kamu tidak bertakwa?" Katakanlah: "Siapakah yang di tangan-Nya berada kekuasaan atas segala sesuatu sedang Dia melindungi. “Sesungguhnya kami dan bapak-bapak kami telah diberi ancaman (dengan) ini dahulu.23: 83-90. Wujuud Al-Khaaliq (Keberadaan Sang Pencipta) • Keberadaan atau eksistensi pencipta merupakan sesuatu yang tak dapat diingkari. Orang kafir walaupun percaya adanya Tuhan sebagai pencipta dan pemelihara alam semesta ini. • Apabila ditanya kepada orang kafir jahiliyah siapakah yang mempunyai bumi dan semua makhluk yang ada di atasnya? Siapakah yang mempunyai tujuh langit? Maka jawabannya adalah Allah. . bintang dan sebagainya maka dijawab Allah. Allah sebagai Pencipta (Rabb) di dalam A1 Quran diakui oleh orang kafir sekalipun. dan semua yang ada padanya. Begitupun ketika orang kafir Qurays ditanya berkaitan dengan siapa yang menciptakan langit. ini tidak lain hanyalah dongengan orang-orang dahulu kala!" Katakanlah: "Kepunyaan siapakah bumi ini. Hal ini menunjukkan bahwa Allah sebagai Rabb diakui dan diyakini oleh manusia tetapi tidak semuanya mengakui Allah sebagai ilah. Manusia menerima Allah sebagai Rabb. jika kamu mengetahui?" Mereka akan menjawab: "Kepunyaan Allah" Katakanlah: "(Kalau demikian). Perjanjian manusia ketika di dalam rahim ibunya juga menyatakan bahwa "alastu birabbikum? Qalu bala syahidna". Dalil • Q. tetapi tidak ada yang dapat dilindungi dari (azab)Nya. tetap saja tidak mengakui Allah sebagai ilah.A. tuhan yang menciptakan alam dan tuhan yang memberikan rezeki. maka dari jalan manakah kamu ditipu?" Sebenamya Kami telah membawa kebenaran kepada mereka. • Apakah Aku rabb kamu. dan sesungguhnya mereka benar-benar orang-orang yang berdusta”.

Dari Anas Ibnu Malik RA bahwa Rasulullah SAW bersabda.2:21. "Jikalau pada suatu ketika aku merasa bahwa keimananku kepada Allah agaknya kurang mantap dan agak bergoncang. menerima perintah-Nya. Mengikuti rasul Muhammad SAW merupakan kebutuhan manusia untuk mengabdi kepada Allah. `Ibaadah . bentuk pengabdian yang benar adalah kepada khaiiq bukan kepada makhluk. kami menjadi saksi". . Hadits. "Setiap bidang ilmu pengetahuan itu makin meluas. Prof. juga Maha Dahulu yang tidak ada batas untuk kekuasanNya dan pula tidak akan ada habisnya yakni kekal selama-lamanya. "Pada hari kiamat dikatakan kepada seorang penghuni neraka. ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami). maka semakin bertambah pulalah buktibukti yang memastikan dan lebih mengokohkan perihal adanya zat yang Maha Menciptakan. Usaha-usaha ini adalah bagian dari bentuk pengabdian kita kepada Allah SWT Wahai manusia. menjalankan undang-undang-Nya dan sebagainya.• • • • Q. seorang ahli kimia bangsa Prancis berkata.7:172. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan) ". maka segeralah aku menujukan arah perhatianku kepada ilmu pengetahuan agar keimanan itu kembali kokoh dan kuat senantiasa. sembahlah Tuhanmu yang menciptakan kamu dan orangorang yang sebelum kamu. Dalil • Q. apakah kamu akan menebus diri dengannya ?" Orang itu menjawab. Wets. "Ya" Allah berfirman. B. Mengakui Pencipta berarti mengakui apa yang disampaikanNya. Sesuatu disini bisa saja kepada makhluk misalnya kepada manusia atau benda-benda. Fitrah manusia selain mengakui adanya tuhan pencipta juga adanya kecenderungan individu untuk mengabdi kepada sesuatu. "Bagaimana jika kamu memiliki sesuatu di bumi. Aku teiah mengambil janji darimu ketika berada dalam sulbi Adam agar kamu jangan menyekutukan Aku dengan apapun. Pengabdian kepada Allah adalah sebagai hasil dan akibat dari pengakuan kita kepada Allah sebagai pencipta. Oleh karena itu. "Aku menghendaki darimu sesuatu yang lebih ringan daripada tebusan itu.Al-Khaaliq (Mengabdi kepada Pencipta) • • Manusia secara umum mendapat perintah dari Allah SWT untuk mengabdi kepadaNya. Harshell. Dan (ingatlah). lalu kamu menolak dan kamu menyekutukan Aku" (HR Ahmad). Dr. seorang ahli ilmu falak bangsa Inggris berkata.

28:50. puasa di bulan Ramadhan. dan barangsiapa yang meninggalkannya. • Q. AI-Hayaah AI-Munazhzhamah (Hidup yang Teratur) Petunjuk dari Allah adalah untuk memandu manusia ke arah yang baik. barangsiapa mengurangi sesuatu dari semua itu. maka ia meninggalkan sebagian dari Islam. Semua perintah dan bimbingan dari Allah SWT adalah baik bagi manusia yang diciptaNya karena sesuai dengan fitrah manusia. sembahlah Tuhanmu Yang telah menciptakanmu dan orangorang yang sebelummu. aku tidak meminta upah sedikitpun daripadamu. Q. 2:128. beliau bersabda. Mengikuti panduan Allah menjadi hidup teratur. Al-Hakim meriwayatkan dari Rasulullah SAW. • Dalil • Q. manakala tidak mengikuti Allah berarti mengikuti hawa nafsu dan menjadi sesat (tidak teratur hidupnya). maka ia telah membelakangkan Islam di punggungnya (HR Al-Hakim). • Hadits. dan aku disuruh supaya aku termasuk golongan orang-orang yang berserah diri (kepadaNya)". 10:72. menunaikan zakat. dan terimalah taubat kami. Tanpa petunjuk berarti. • C. Allah sebagai pencipta tahu mengenai ciptaannya secara pasti sehingga Allah dapat memberikan panduan yang juga tepat bagi manusia. Dengan demikian kehidupan seorang muslim menjadi teratur. "Islam itu menyembah Allah dan tidak mempersekutukanNya dengan sesuatu. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. Ya Tuhan kami. jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempattempat ibadat haji kami. • Hadits. nahi munkar. mendirikan shalat. Mereka akan tersesat di jalan yang tidak benar.“Hai manusia. agar kamu bertakwa”. hidup manusia menjadi tidak teratur dan tanpa arah tujuan. sekiranya engkau tidak melihatNya. dan mengucapkan salam terhadap keluargamu. Contoh nyata mengikuti Allah adalah mengikuti Nabi SAW dalam kehidupan sehariharinya. Rasulullah SAW bersabda. amar makruf. haji. . ia mengikuti hawa nafsunya saja yang tidak jelas kemana pergi. Jika kamu berpaling (dari peringatanku). sesungguhnya la melihatmu (HR Muslim). "Hendaklah kamu menyembah Allah seolaholah engkau melihatNya. Upahku tidak lain hanyalah dari Allah belaka.

• Al Quran yang penuh hikmah merupakan wahyu Allah yang diturunkan melalui rasul dan disampaikannya kepada manusia.42:53. "Wahai Rasulullah.3:31. Yaa Siin. Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawa nafsunya dengan tidak mendapat petunjuk dari Allah sedikitpun. ketahuilah bahwa sesungguhnya mereka hanyalah mengikuti hawa nafsu mereka (belaka). • Mengembalikan semua urusan kepada Allah adalah ciri orang yang mendapat petunjuk rasul dengan mengikuti wahyu yang diturunkan Allah. Mengikuti petunjuk rasul berarti kita mengikuti jalan agama Allah yang mempunyai langit dan apa-apa yang di bumi. Dari Abu Hurairah RA berkata : Rasulullah SAW bersabda. Kaedah ini adalah kaedah rabbani yang dibawa oleh Islam. 3. niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu" Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Hal ini merupakan suatu konsekuensi logis dari berIslam adalah mencintai Allah dan rasulNya. Ingatlah. Oleh karena itu syahadatain pun terdiri dari pengakuan kepada dua hal yaitu Allah dan Rasul-Nya. Dalil • Q. ikutilah aku. Apabila kita ingin mengasihi Allah maka kita perlu petunjuk rasul. siapakah orang yang menolak ?" Rasulullah SAW . Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim”.“Maka jika mereka tidak menjawab (tantanganmu). (Yaitu) jalan Allah yang kepunyaan-Nya segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Demi Al Quran yang penuh hikmah. "Semua umatku akan masuk surga kecuali yang menolak" Para Sahabat bertanya. Hidaayah Ar-Rasuul (Petunjuk Rasul) • Jika kita hendak mengikuti perintah Allah maka kita mesti mengikuti perintah rasul. Allah sebagai Pencipta alam dan manusia mengatur kehidupan manusia dengan Islam dan menurunkan wahyu kepada para rasulNya untuk dijadikan contoh bagi manusia. Hadits. • • • “Katakanlah: "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah. Q. Allah menurunkan wahyunya melalui perantara rasul yang disampaikan oleh malaikat atau di belakang tabir. Q. • Jika mencintai Allah maka ikuti rasul.36:1-2. bahwa kepada Allah-lah kembali semua urusan.

Dari Abi Hurairah RA berkata Rasulullah SAW bersabda : Berfirman Allah SWT. Maha Suci Engkau. • . Mengenal Allah juga dapat dilakukan dengan cara memperhatikan dan memikirkan alam ciptaanNya. tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Ma'rifah Al-Khaaliq (Mengenal Pencipta) • Petunjuk rasul digunakan untuk mengenal Allah. Minhaaj Al-Hayaah (Panduan Kehidupan) Petunjuk rasul juga digunakan untuk mengamalkan Islam yang benar dan yang diridhai oleh Allah SWT Rasul sebagai panutan dan teladan yang baik untuk diikuti dalam mengamalkan Islam secara benar. Dan Kami turunkan air hujan dari langit. atau mampukah mereka menciptakan sebutir jagung?" (HR Ahmad dan Baihaqi). Ciptaan Allah yang terhampar di alam semesta ini merupakan sarana untuk mengenal sang Pencipta yaitu Allah. DiciptakanNya langit dan bumi kemudian dijadikanNya siang dan malam ada tanda-tanda Allah bagi orang yang berakal. hewan dan sebagainya. B. maka ia benar-benar telah menolak" (HRBukhari). cobalah ciptakan sebuah biji saja. Hadits. lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik”. "Akan sia-sialah usaha orang yang coba menandingi ciptaan-Ku. A. Melihat gunung. atau sebuah zat atom. Segala sesuatu yang diciptakan Allah dapat dijadikan sarana mengenal Allah dan tidak ada sia-sia satupun. hewan dan sebagainya. (Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami. Segala sesuatu yang diciptakanNya berguna bagi manusia yang berakal. dan siapa yang berpaling dariku. merupakan cara untuk mengenal Allah melalui ayat-ayat kauniyah. gunung. Q. • • “Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu.31:10. Allah menciptakan segala sesuatu tidak dengan sia-sia.menjawab.3:191. • • Dalil • Q. "Siapa yang taat kepadaku ia masuk surga. dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. maka peliharalah kami dari siksa neraka. Allah menciptakan langit.

Islam sebagai ad-diin yang Allah ridhai memberikan pedoman hidup yang sempurna. Barangsiapa mencari agama selain agama Islam. Hadits. Rasul sebagai teladan yang baik. 4. Allah telah menyebutkan pada banyak ayat yang menyatakan bahwa rasul diberi wahyu dan diberi tugas untuk menyampaikannya kepada manusia. Rasulullah SAW bersabda.• • Panduan hidup melalui Islam mesti diamalkan mengikuti teladan kita kepada rasul. karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. karena setiap aktifitas rasul Muhammad SAW dapat diamalkan oleh manusia dan mempunyai nilai kebaikan di dunia dan akhirat. • Rasul sebagai manusia mendapat wewenang dari Allah SWT untuk mengembangkan dan menyebarkan nilai-nilai Islam secara sah dan tepat. Al Ibaadah Ash-Shahiihah (Beribadah yang Benar) • Ibadah sahih adalah ibadah kepada Allah dengan mengikuti tuntunan rasul. Minhaj yang dibawa rasul adalah suatu rujukan bagi kehidupan manusia. Dalil • Q. Tidak mengamalkan Islam berarti mengamalkan sesuatu yang tidak bermanfaat dan tidak berguna bagi manusia. "Hendaklah kamu semua mengikuti sunahku dan sunah para khalifah yang benar-benar lurus sesudahku dengan kuat dan teguh" (HR Abu Daud dan Tirmidzi).3:19. • • • “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah”. dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya. Q. Q. . Orang akan merugi apabila tidak mengamalkan Islam. Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam.33:21. Mereka akan mendapat kerugian yang tidak mengikuti rasul sebagai panduan kehidupannya. Rasul sebagai penerima wahyu dari Allah wajib diikuti dan menjadikannya sebagai model dan petunjuk dalam menjalankan ibadah yang benar.3:85. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka. sehingga dengan mengikuti pedoman yang diridhaiNya akan mendapatkan keridhaan Allah. Barangsiapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya.

3:191) • Panduan hidup (Q. Ringkasan Dalil • Insan . 27 : 14) • Keberadaan sang Pencipta (Q23 : 83-90) • Mengabdi pada sang Pencipta (Q.3:19. Maka kedua orang tuanyalah yang menjadikan dia Yahudi atau Nastani atau Majusi" (HR Bukhari Muslim).2:2 1) • Hidup yang teratur (Q.21:25.85. oleh karena itu sembahlah Allah. 33:21) • Beribadah yang benar (Q. Hadits.75 : 14. maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku". "Setiap bayi dilahirkan dalam keadaan fitrah. Dalil • Q.21:25) . Dari Abu Hurairah RA berkata : Rasulullah SAW bersabda.• Rasul diberi wahyu yang menyebutkan bahwa tiada tuhan selain Allah. 42: 53. Dengan mengikuti ibadah rasul maka ibadah yang kita jalankan adalah ibadah yang benar dan diterima oleh Allah. 3:31) • Mengenal pencipta yang Haq (Q.fitrah (Q.31:10. melainkan Kami wahyukan kepadanya: "Bahwasanya tidak ada Tuhan (yang haq) melainkan Aku. • “Dan kami tidak mengutus seorang rasulpun sebelum kamu.36:1-2.28:50) • Petunjuk rasul (Q.

tunduk dan berserah diri secara total (Islam) kepada Allah. (QS. 'yunabbi-u" yang artinya memberitakan. Mereka memerintahkan umatnya untuk bertaqwa kepada Allah dan mentaati dirinya sebagai utusan Allah. Sedangkan istilah Nabi berasal dari kata "nabba-a". jadi Rasul merupakan utusan.APA YANG DIMAKSUD DENGAN RISALAH? Salah satu diantara kunci pemahaman terhadap ajaran Islam adalah memahami Risalah yang dibawa para Rasul. dan tidak ada satupun yang serupa dengan Allah. MAKNA RISALAH Risalah adalah bentuk "masdar/benda" dari kata "arsala" yursilu" berarti sesuatu yang diwahyukan Allah SWT berupa prinsip hidup. "yursilu" yang artinya "mengutus". tidakmenganggap-NYA punya anak atau diperanakkan. 16:36) . maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Apa perbedaan Rasul dengan Nabi? Rasul berasal dari kata "arsala". aqidah. akhlaq. Karenanya setiap muslim dituntut untuk mengenal Rasul dan ajaran yang dibawanya. dan jauhilah Thagut itu". dan mu'amalah untuk mengatur kehidupan manusia agar terwujud kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Mengesakan Allah dalam arti yang sebenar-benarnya. Risalah yang bawa setiap Rasul dan Nabi adalah mengajak manusia kepada Tauhidullah. Mereka tidak mensyarikatkan Allah dengan suatu apapun. Khususnya mengenal Nabi kita Muhammad Shollallahu 'Alaihi Wa sallam dengan Risalah Islamiyahnya. "Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan):"Sembahlah Allah (saja). Nabi adalah pembawa berita gembira atau pemberi peringatan. ibadah. Maka berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (rasul-rasul)". Mereka menyuruh umatnya untuk menghambakan diri (beribadah) secara mutlak kepada Pencipta Alam semesta.

membersihkan (jiwa) mereka. dan mengajarkan kepada mereka Al-Kitab dan Al-Hikmah. Ilyasa'. (yaitu) Ibrahim dan Ishak. memilih kamu (untuk menjadi Nabi) dan diajarkan-Nya kepadamu sebahagian dari ta'bir mimpi-mimpi dan disempurnakan-Nya nikmat-Nya kepadamu dan kepada keluarga Ya'qub. Sesungguhnya Rabbmu Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana". nanti akan ditimpa kehinaan disisi Allah dan siksa yang keras disebabkan mereka selalu membuat tipu daya". 12:6) "Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang membuat-buat dusta terhadap Allah untuk menyesatkan manusia tanpa pengetahuan". dan dari keturunan Ibrahim dan Israil. sebagaimana Dia telah menyempurnakannikmat-Nya kepada dua orang bapakmu sebelum itu. (QS. akan tetapi mereka berselisih. 6:124) "Dan demikianlah Rabbmu.Risalah dan kenabian diberikan kepada manusia yang terbaik (38:48) "Dan ingatlah akan Ismail. yaitu para nabi dari keturunan Adam. Seandainya Allah menghendaki. maka ada di antara mereka yang beriman dan ada (pula) di antara mereka yang kafir. (QS.Risalah dan kenabian adalah nikmat Allah (3:164/19:58) "Sungguh Allah telah memberi karunia kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus di antara mereka seorang rasul dari golongan mereka sendiri. (QS. Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Nabi) itu. mereka adalah benar-benar dalam kesesatan yang nyata". Allah lebih mengetahui dimana Dia menempatkan tugas kerasulan. 2:253) . Dan Kami berikan kepada 'Isa putera Maryam beberapa mu'jizat serta Kami perkuat dia dengan Ruhul Qudus. Orang-orang yang berdosa. tidaklah mereka berbunuhbunuhan. dan ari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dantelah Kami pilih. yang membacakan kepada mereka ayatayat Allah. dan dari orang-orang yang ami angkat bersama Nuh. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim". (QS. 38:48) 5. pabila dibacakan ayt-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada ereka. 38:47) 4. Dan kalau Allah menghendaki.Risalah dan kenabian adalah pilihan mutlak dari Allah (22:75/6:124/12:6/6:144) "Allah memilih utusan-utusan-(Nya) dari malaikat dan dari manusia: sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Melihat".Risalah dan kenabian adalah suatu martabat atau (tingkatan) diatas martabat manusia biasa (2:253) "Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian (dari) mereka atas sebagaian yang lain. 6:144) 3. (QS. Akan tetapi Allah berbuat apa yang dikehendaki-Nya" (QS. 19:58) 2. dan Zulkifli. maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis". sesudah datang kepada mereka beberapa macam keterangan. 3:164) "Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah. Di antara mereka ada yang Allah berkata-kata (langsung dengan dia) dan sebagiannya Allah meninggikannya beberapa derajat. Semuanya termasuk orang-orang yang paling baik" (QS. niscaya tidaklah berbunuh-bunuhan orangorang (yang datang) sesudah rasul-rasul itu. 22:75) "Apabila datang sesuatu ayat kepada mereka. (QS. mereka berkata:"Kami tidak akan beriman sehingga diberikan kepada kami yang serupa dengan apa yang telah diberikan kepada utusan-utusan Allah".Risalah dan kenabian bukan sesuatu yang bisa didapat dan dicapai dengan usaha dan ikhtiar (38:47) "Dan sesungguhnya mereka pada sisi Kami benar-benar termasuk orang-orang pilihan yang baik".HAKEKAT RISALAH DAN KENABIAN 1. (QS.

apabila telah terdapat kerelaaan di antara mereka dengan cara yang ma'ruf. 23:23) 2. Dan tiada seorangpun yangdapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. antara lain : Membutuhkan pengetahuan yang sempurna akan tabiat manusia.MANUSIA MEMBUTUHKAN RISALAH Manusia membutuhkan risalah karena beberapa sebab antara lain : 1.Tanpa risalah tidak mengetahui tujuan hidupnya. Itu lebih baikk bagimu dan lebih suci. (QS. sifatsifat-Nya. alam mahsyar. 31:34) Seseorang yang membuat sesuatu undang-undang.232) "Diwajibkan atas kamu berperang. sistem hidup yang menjamin terealisasinya keadilan dan persamaan hak. lalu ia berkata:"Hai kaumku. sedang kamu tidak mengetahui". kecuali orang-orang lelaki yang Kami beri wahyu kepada mereka. (QS. Itulah yang dinasehatkan kepada orang orang yang beriman di antara kamu kepada Allah dan hari kemudian. padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. sistem hidup. tidak boleh dipengaruhi oleh pengaruh-pengaruh luar (eksternal). 4. dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui. maka janganlah kamu (para wali) menghalangi mereka kawin lagi dengan bakal suaminya. Allah mengetahu. dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu. sebab manusia selalu . 16:43) "Kami tiada mengutus rasul-rasul sebelum kamu (Muhammad). 2:216) "Apabila kamu mentalak isteri-isterimu.Tanpa risalah manusia tidak mungkin mengenal llah(16:43/21:7/23:23). (QS.Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. lalu habis iddahnya. Boleh jadi kamu membenci sesuatu. (karena) sekalikali tidak ada Ilah bagimu selain Dia.Tanpa risalah manusia tidak bisa menentukan undang-undang. bagimanapun tinggi ilmunya. (QS. 2:232) Membutuhkan ilmu pengetahuan yang sempurna dan liputan yang lengkap akan keadaan masa lalu.Tanpa risalah manusia tidak mungkin mengetahui alam ghaib seperti alam barzah.Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal". padahal ia amat baik bagimu. jelas ia tidak mengetahui apa yang akan terjadi (31:34). Ini jelas tidak terdapat pada manusia. Maka mengapa kamu tidak bertaqwa(kepada-Nya)?" (QS. sembahlah oleh kamu Allah. Manusia. dan Dia-lah Yang menurunkan hujan. "Sesungguhnya Allah. serta cara-cara beribadah kepada-Nya. hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat. Adapun masa yang akan datang. jika kamu tiada mengetahui". "Dan Kami tidak mengutus sebelum kamu. melainkan beberapa orang laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka. tidak boleh dipengaruhi oleh maslahat pribadi (internal). Bahkan manusia tidak akan mampu merekam seluruh kejadian yang terjadi sekarang. sedang kamu tidak mengetahui". 3. terhadap dirinya sendiri ia tidak mengatahuinya(2:216. Hal ini mustahil sebab banyak kejadian masa lampau yang tidak diketahui oleh manusia. syurga dan neraka dan lain sebagainya. 21:7) "Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Nuh kepada kaumnya. maka bertanyalah kepada orang yang mempunyai pengetahuan jika kamu tidak mengetahui". Sebab untuk membuat undang-undang atau sistem hidup yang relevan dengan kehidupan manusia membutuhkan beberapa factor yang tidak dimiliki manusia. (QS. sekarang dan akan datang dari jenis manusia .

(QS. Maka diantara kamu ada orang yang kikir. kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan Allah. dan tidak jatuh sebutir bijipun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering. 3:97) Dan jalan satu-satunya untuk mengetahui petunjuk Allah yang mengatur undnag-undang atau hidup yang sesuai dan relevan dengan kehidupan manusia adalah lewat risalah-Nya yang diinterpretasikan oleh Rasul-Nya. (di antaranya) maqam Ibrahim. sebab Dialah yang menciptakannya (67:14) "Apakah Allah yang menciptakan itu tidak mengetahui (yang kamu lahirkan dan rahasiakan). binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Kemudian jika suami yang lain itu menceraikanya. 6:59) Allahlah yang berhak menentukan undang-undang atau sistem hidup dan falsafah hidup makhluk-Nya manusia). tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri. dan tiada sehelai daunpun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula). kuda pilihan. mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah. tidak boleh tidak. (QS.dipengaruhi oleh hawa nafsu. risalah Ilahi menjadi kebutuhan manusia yang esensi. . maka kelak mereka akan menemui kesesatan". perak. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji). harta yang banyak dari jenis emas. selama tidak konsisten dan konsekwen dengan ajaran Allah SWT (3:14. 3:14) "Maka datanglah sesudah mereka. (QS. Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orangorang yang membutuhkan(Nya). melaimkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh)". yaitu: wanita-wanita. 67:14) Allahlahlah segala sesuatu dalam kehidupan manusia dan alam ini (2:230/6:59) "Kemudian jika si suami mentalaknya (sesudah talak yang kedua). dan mereka tidak akan seperti kamu (ini)". Itulah hukum-hukum Allah. tidak membutuhkan sesuatupun dari alam ini (47:38/3:97) "Ingatlah. Oleh sebab itu. dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. diterangkan-Nya kepada kaum yang (mau) mengetahui". yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya. 2:230) "Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib. 47:38) "Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata. dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan menganti (kamu) dengan kaum yang lain. maka perempuan itu tidak halal lagi baginya hingga dia kawin dengan suami yang lain. dan Dia mengetahui apa yang ada di daratan dan di lautan.sistem dan falsafah hidup harus bersumber dari satu sumber yaitu Allah SWT dan Rosul-Nya. dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik (surga). sebab tidak akan lurus dan sukses kehidupan manusia tanpa risalah dari Pencipta-Nya. (QS. sebab : Allahlah yang mengetahui hakekat manusia. maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam." (QS. Itulah kesenangan hidup di dunia. dan Dia Maha Halus lagi Maha Mengetahui" (QS. sebab Dia Maha Kaya. 19:59) Oleh sebab itu undang-undang. maka tidak ada dosa bagi keduanya (bekas suami pertama dan isteri) untuk kawin kembali jika keduanya berpendapat akan dapat menjalankan hukum-hukum Allah. anak-anak. (QS.19-59) "Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini. barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia.