Makalah biologi

Nama Kelas Makalah Biologi

: Zahrah Nazahah Al Hafizh : X TKJ AXIOO : Kunci Determinasi

ordo. Bacalah dengan teliti kunci determinasi mulai dari permulaan. baru kemudian memberi nama. atau spesies. kita memerlukan alat pembanding berupa gambar. Jika ciri-ciri hewan yang dilihat tersebut sama dengan ciri-ciri harimau yang ada di otak kalian. sebenarnya Lammarck (1778) juga pernah menggunakan kunci modern untuk identifikasi. famili. genus. Kunci identifikasi disebut juga kunci determinasi. yaitu klasifikasi dan tata nama. Penggunaan kunci determinasi pertama kali diperkenalkan oleh Carolus Linnaeus. Misalnya. Untuk mengidentifikasi makhluk hidup yang baru saja dikenal. Namun. baru kalian memberi nama untuk hewan yang baru saja kalian lihat tersebut harimau. Cara menggunakan kunci determinasi antara lain sebagai berikut. Identifikasi terhadap makhluk hidup yang sudah dikenal pada umumnya dapat dilakukan langsung oleh otak kita.Artikel KUNCI DETERMINASI Kunci determinasi Definisi Kunci determinasi atau kunci dikotom adalah cara atau langkah untuk mengenali organisme dan mengelompokkannya pada takson makhluk hidup. Kunci dikotomis berisi deskripsi ciri-ciri organisme yang disajikan dengan karakter berlawanan. Dasar yg digunakan dlm kunci determinasi adalah identifikasi dari makhluk hidup dgn menggunakan kunci dikotomi. kelas. Kunci determinasi adalah kunci yg dipergunakan utk menentukan filum. identifikasi adalah menentukan persamaan dan perbedaan antara dua makhluk hidup. kalian akan menyebut bahwa itu adalah harimau meskipun pada saat itu kalian tidak mengidentifikasi ciri-ciri harimau karena kalian menyebut nama harimau tentu kalian melakukan prosesidentifikasi di dalam otak kalian. Identifikasi mencakup dua kegiatan. Kunci dikotomis terdiri dari sederetan pernyataan yang terdiri dari dua baris dengan ciri yang berlawanan. Tiap langkah dalam kunci tersebut terdiri atas dua alternatif (dua ciri yang saling berlawanan) sehingga disebut kunci dikotomis. Salah satu kunci identifikasi ada yang disusun dengan menggunakan ciri-ciri taksonomi yang saling berlawanan. realia atau spesimen (awetan hewan dan tumbuhan). kemudian menentukan apakah keduanya sama atau tidak. . Jadi. hewan atau tumbuhan yang sudah diketahui namanya. jika kalian melihat seekor harimau. 1.Efek farmakologi Mahkota Dewa Identifikasi merupakan kegiatan dasar dalam taksonomi. yaitu nomor 1a. atau kunci identifikasi. Kunci Determinasi Sederhana Identifikasi yang kalian lakukan adalah membandingkan ciri-ciri pada hewan yang kalian temukan (yaitu harimau) dengan ciri-ciri harimau yang telah ada di pikiran kalian.

Tanaman asal Papua yang kemudian dikembangkan di lingkungan Keraton Yogyakarta ini sekarang telah menyebar ke seluruh Nusantara. Misalnya. Lanjutkan pembacaan kunci pada nomor yang sesuai dengan nomor yang tertulis di belakang setiap pernyataan pada kunci. pernyataan 1a tidak sesuai. tumbuhan berkayu. pilihan 1b gugur. Itulah sekelumit kalimat manis dari beberapa pengobat tradisional yang berkomentar tentang tanaman mahkota dewa. Bentuk buahnya menyerupai apel merah sehingga sering dijadikan tanaman hias. Biji . atau b. Penggunaan daging buah mahkota dewa ini pun sebaiknya dalam keadaan kering dan dengan dosis yang terbatas.] ³Diburu karena khasiatnya. Jika yang dipilih adalah 1a (tumbuhan berupa herba). Pada umumnya. alternatif lainnya akan gugur. Jika salah satu pernyataan ada yang cocok atau sesuai dengan makhluk hidup yang diamati. Cocokkan ciri-ciri tersebut pada kunci determinasi dengan ciri yang terdapat pada makhluk hidup yang diamati. 5. Tanaman ini sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. 6. 3. kunci determinasi memuat pilihan: a. beralihlah ke pernyataan 1b. dapat berakibat negatif bagi penggunanya. Sebagai contoh. Jika ciri-ciri pada kunci tidak sesuai dengan ciri makhluk hidup yang diamati. Hal yang perlu diwaspadai yaitu tanaman mahkota dewa cukup beracun. MAHKOTA DEWA [Phaleria macrocarpa (Scheff) Boerl. harus beralih pada pernyataan yang ada di bawahnya dengan nomor yang sesuai. Perlu diperhatikan bahwa bagian tanaman yang digunakan untuk obat adalah bagian daging buahnya. tumbuhan berupa herba. Jika ciri-ciri yang terdapat pada kunci determinasi sesuai dengan ciri yang dimiliki organisme yang diamati. ordo. buku penuntun identifikasi makhluk hidup dilengkapi dengan kunci determinasi dan hanya berlaku setempat (lokal). 4.2. Bila salah dalam penggunaan. saat ini hampir semua pengobat tradisional menggunakannya sebagai bahan tambahan dalam meracik obat herbal. Demikian juga dengan penggunaan tanaman ini yang mulanya hanya kalangan Keraton saja. Begitu seterusnya hingga diperoleh nama famili. catatlah nomornya. kelas. dijauhi karena racunnya´. dan divisio atau filum dari makhluk hidup yang diamati.

antineoplastik. cepat serta hasil yang diperoleh tepat.Althernanthera 4. Efek farmakologi Tanaman mahkota dewa mempunyai efek farmakologi seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan kimia Kandungan kimia yang terdapat pada tanaman mahkota dewa di antaranya alkaloid. Daun berhadapan 4. polifenol. Dikenal dua macam kunci determinasi. herbal ini digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.Gomphrena b. antibakteri. Contoh kunci determinasi bertakik: 1. Kepala putik satu««««««««««««««««.Buah berbiji tunggal 3.Buah berbiji banyak«««««««««««««««««««. hipotensif.. berarti ciri yang lainpasti gugur. Bunga uniseksual«««««««««««««««««Amaranthus 2.Celosia 1. melancarkan sirkulasi darah. dan meningkatkan stamina agar pemulihan kesehatan pascastroke berjalan lebih cepat. 2. 1. Kunci determinasi yang baik adalah kunci yang dapat digunakan dengan mudah. Secara umum. Daun berhadapan«««««««««««««««««««««««. Dalam pengobatan stroke.. saponin. Contoh kunci determinasi paralel: 1.adalah sumber racun yang paling utama dari tanaman ini. a. dan antivirus. Bunga biseksual«««««««««««««««««««. penggunaan biji mahkota dewa hanya diperbolehkan untuk pengobatan luar atau obat oles.. Oleh karenanya. Artinya.2 .a. Pada umumnya kunci disusun secara menggarpu (dikotom). yaitu kunci determinasi bertakik (Idented Key) dan kunci determinasi paralel (Bracketed Key). Daun berseling 2. memuat ciriciri yang bertentangan satu sama lain. Contoh Kunci Determinasi Kunci determinasi digunakan untuk mencari nama tumbuhan atau hewan yang belum diketahui. dan flafonoid. Kepala putik bercabang dua««««««««««««. apabila suatu makhluk hidup memiliki ciri-ciri yang satu. menurunkan kadar kolesterol. mahkota dewa ini dipakai sebagai ramuan tambahan dalam satu paket pengobatan stroke.Allmania 3.

. Kepala putik bercabang dua««««««««««««.Allmania 4.Celosia 3.a.Gomphrena 3.1. Bunga biseksual««««««««««««««««««««. Daun berseling«««««««««««««««««««««««««3 2.Althernanthera 2.b.a. Kepala putik satu««««««««««««««««.4 4.b.b. Buah berbiji banyak«««««««««««««««««««.a.. Buah berbiji tunggal««««««««««««««««««««««.b. Bunga uniseksual««««««««««««««««««Amaranthus Kunci Determinasi pada Hewan yaitu Ulat Bulu : Berikut Gambarnya : .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful