Nasi Bebek Madura

Nasi Bebek yang khas Surabaya, dengan pengolahan yang tepat siapapun pasti bisa memasaknya dengan bebas amis dan enaaakkkk.... Kebetulan penjual Nasi Bebek yang enak di Surabaya rata2 orang madura, sayang penyajiannya kurang khas madura. Gue bereksperimen mereka2 sendiri resep Nasi Bebek agar brasa khas madura, melalui pemilihan bumbu & rempah2nya, ga ketinggalan pelengkap yang khas madura: POYAH KELAPA KUNING ! :D Tips menghindari amis: Pilih yang jantan, unggas jantan lemaknya jauh lebih dikit daripada betina, otomatis kemungkinan amis karena lemak pun minimal. Buangin bagian ekor (termasuk aneka bentuk kelenjar disekitarnya) dan segala bentuk usus. NASI BEBEK MADURA ala Lia Bahan: 1 ekor bebek yang udah dibersihkan (sekitar 800 gram), potong2 sesue slera 2 sdm cuka 400 ml air matang 2 tangkai sereh, masing2 potong dua, geprak 6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya Bumbu Halus: 5 siung bawang putih 8 butir bawang merah 1.5 sdt ketumbar sangrai 0.5 sdt merica butiran sangrai 4 cm jahe (diameter skitar 2 cm) 3 cm kunyit (diameter 1.5 cm) 4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya 4 cm lengkuas muda (diameter sekitar 2cm) 5cm pangkal sereh (bagian putih yang muda), iris2 8 butir kemiri 2 sdt garam Cara: Lumuri potongan bebek dengan cuka, diamkan 20-30 menit di kulkas. Cuci sampe benar2 bersih. Aduk bersama bumbu halus dan rempah2 lainnya, diamkan di kulkas 30 menit. Masukin panci presto, tuangi air lalu masak 20 menit terhitung dari waktu berdesis. Matikan api dan diamkan sampe tekanan & uapnya habis, buka dan tiriskan bebek dari bumbunya. Goreng bebek sampe kuning kecoklatan ato kering bila suka. Tips: Kalo ngga ada panci presto, diungkep biasa sampe empuk (mungkin perlu nambah air beberapa kali sampe bener2 empuk). Saus Kuning 300 ml bumbu perebus bebek (kalo kurang bisa ditambah air secukupnya) ditumis dengan sedikit

minyak sampe kental, buang ampas rempah2nya (sereh dan daun jeruk). Sisihkan. Sambal Bawang Bahan: 3 butir bawang merah, iris kasar 4 buah cabe merah, iris halus Cabe rawit secukupnya 1 buah tomat matang ukuran sedang, cincang kasar ½ sdt terasi goreng ½ sdt garam /secukupnya 1 sdt gula /secukupnya 4 sdm minyak 100 ml air matang Cara: Panasin minyak, tumis bawang merah, cabe merah & cabe rawit sampe aromanya kluar. Masukin tomat, tuangin air. Masak sampe air menyusut. Pindahkan semua ke cobek, ulek bersama terasi, garam & gula. Note: Terus terang kalo dibandingin ibu gue lom jagoan bikin sambel. Jadi selain sambel bawang diatas, silakan pake sambel andalan masing2 :D Poyah Kelapa Kuning Bahan: 200 gr kelapa setengah tua, parut memanjang Bumbu halus: 1 siung bawang putih ½ sdt garam 1 cm kunyit 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya Cara: Tebarkan kelapa di loyang lalu jemur d panas matahari sampe setengah kering. Aduk kelapa parut dengan bumbu halus sampe rata. Sangrai dengan api keciiil sampe bener2 kering, matikan api. Diamkan sambil diangin2 sampe adem, simpan di stoples. Pelengkap lain: Nasi hangat Irisan tomat & mentimun Petikan daun kemangi Irisan jeruk nipis Lalapan lain sesue slera Penyelesaian: Taruh nasi anget di piring, tuangi 1 sdm bumbu kuning diatasnya, taburi poyah kelapa. Sajikan bebek goreng, sambel & lalapan di tempat terpisah. Nyaaaaaaaammmm.................

WARNING !! Bebek mengandung kolesterol tinggi. Yang diet kolesterol makannya secuiiiilllll aja ya, banyakin lalapannya ajah :P Posted by Lia at 5:35 PM

Jumat, 01 Mei 2009
RESEP BEBEK
Beberapa Resep Terbuat dari Bebek 1 ) NASI BEBEK MADURA Nasi Bebek yang khas Surabaya, dengan pengolahan yang tepat siapapun pasti bisa memasaknya dengan bebas amis dan enaaakkkk.... Kebetulan penjual Nasi Bebek yang enak di Surabaya rata2 orang madura, sayang penyajiannya kurang khas madura. Tips menghindari amis: Pilih yang jantan, unggas jantan lemaknya jauh lebih dikit daripada betina, otomatis kemungkinan amis karena lemak pun minimal. Buang bagian ekor (termasuk aneka bentuk kelenjar disekitarnya) dan segala bentuk usus. NASI BEBEK MADURA ala Lia Bahan: 1 ekor bebek yang udah dibersihkan (sekitar 800 gram), potong2 sesue slera 2 sdm cuka 400 ml air matang 2 tangkai sereh, masing2 potong dua, geprak 6 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya Bumbu Halus: 5 siung bawang putih 8 butir bawang merah 1.5 sdt ketumbar sangrai 0.5 sdt merica butiran sangrai 4 cm jahe (diameter skitar 2 cm) 3 cm kunyit (diameter 1.5 cm) 4 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya 4 cm lengkuas muda (diameter sekitar 2cm)

Sisihkan. tuangi air lalu masak 20 menit terhitung dari waktu berdesis. Tips: Kalo ngga ada panci presto. diamkan 20-30 menit di kulkas. cincang kasar ½ sdt terasi goreng ½ sdt garam /secukupnya 1 sdt gula /secukupnya 4 sdm minyak 100 ml air matang Cara: Panasin minyak. iris2 8 butir kemiri 2 sdt garam Cara: Lumuri potongan bebek dengan cuka. Masukin panci presto. iris kasar 4 buah cabe merah.5cm pangkal sereh (bagian putih yang muda). tumis bawang merah. Aduk bersama bumbu halus dan rempah2 lainnya. Pindahkan semua ke cobek. Goreng bebek sampe kuning kecoklatan ato kering bila suka. Matikan api dan diamkan sampe tekanan & uapnya habis. Note: Terus terang kalo dibandingin ibu gue lom jagoan bikin sambel. Saus Kuning 300 ml bumbu perebus bebek (kalo kurang bisa ditambah air secukupnya) ditumis dengan sedikit minyak sampe kental. diamkan di kulkas 30 menit. Sambal Bawang Bahan: 3 butir bawang merah. diungkep biasa sampe empuk (mungkin perlu nambah air beberapa kali sampe bener2 empuk). tuangin air. buang ampas rempah2nya (sereh dan daun jeruk). Jadi selain sambel bawang diatas. Masak sampe air menyusut. Cuci sampe benar2 bersih. garam & gula. buka dan tiriskan bebek dari bumbunya. ulek bersama terasi. cabe merah & cabe rawit sampe aromanya kluar. silakan pake sambel andalan masing2 :D . Masukin tomat. iris halus Cabe rawit secukupnya 1 buah tomat matang ukuran sedang.

simpan di stoples.Poyah Kelapa Kuning Bahan: 200 gr kelapa setengah tua. matikan api. Pelengkap lain: Nasi hangat Irisan tomat & mentimun Petikan daun kemangi Irisan jeruk nipis Lalapan lain sesue slera Penyelesaian: Taruh nasi anget di piring. parut memanjang Bumbu halus: 1 siung bawang putih ½ sdt garam 1 cm kunyit 2 lembar daun jeruk. taburi poyah kelapa. Diamkan sambil diangin2 sampe adem. tuangi 1 sdm bumbu kuning diatasnya. potong jadi 8 bagian 500 ml air kelapa 1 lbr daun salam 2 cm lengkuasHaluskan: 5 siung bawang putih haluskan 1 sdt ketumbar 1 sdt garam Kremesan: 250 air rebusan bebek 50 gr tepung beras . Aduk kelapa parut dengan bumbu halus sampe rata. Sajikan bebek goreng. sambel & lalapan di tempat terpisah. 2) BEBEK GORENG KREMES Bahan: 1 ekor bebek. Sangrai dengan api keciiil sampe bener2 kering. buang tulang daunnya Cara: Tebarkan kelapa di loyang lalu jemur d panas matahari sampe setengah kering.

4. 2 sdt terasi bakar. * Jika bebek matang. Lalu masukkan sisa bumbu semua ke dalam perut bebek. Panaskan minyak. salam lengkuas. 1 sdt merica. * Oleskan bumbu di atas di bagian luar bebek. Aduk hingga merata. tiriskan. 2. Angkat. lumuri bebek dengan air jeruk nipis dan garam. Panaskan minyak dengan api besar. Cuci bersih bebek. * Lepaskan daun pisang pembungkus lalu potong kecil-kecil daging bebek tersebut dan dihidangkan bersama isinya. Taburi kremes di bebek goreng. 4 cm jahe. Angkat. Daun pisang untuk membungkus Bumbu yang dihaluskan : 18 bawang merah. * Campur semua bumbu yang dihaluskan dengan minyak goreng di dalam baskom. 3. 6 kemiri. Campur air perebus bebek dengan tepung beras. aduk hingga rata dan licin. Sajikan. Catatan: Rasa bebek betutu ini akan lebih enak jika pemanggangan dilakukan di . Dan diamkan selama 15 menit. * Angkat bebek yang sudah dikukus lalu masukkan ke dalam oven yang terlebih dahulu dipanaskan dengan temperatur 350ºF selama 30 menit. sisihkan air perebus. dagingnya akan sangat lembut dan bisa terlepas dari tulangnya dengan mudah. 1 sdt ketumbar. 5. 3 sdm minyak goreng. * Tutup bagian belakang bebek yang terbuka dengan tusuk sate. * Bungkus bebek tersebut dengan daun pisang hingga rapat lalu dikukus selama 50 menit. Cuci bebek hingga bersih. Angkat. Masukkan bebek dalam panci beri air kelapa. 3 batang serai. Untuk 6 orang 3) BEBEK BETUTU KHAS UBUD BALIi Bahan : 1 ekor bebek. 6 siung bawang putih. goreng bebek hingga berwarna kuning kecokelatan.Cara membuat: 1. 6 cm kencur. 5 daun jeruk purut. sisihkan. 5 cabai rawit. sisihkan. 1½ sdm garam Cara Membuat: * Cuci dan bersihkan bebek hingga kering. goreng tepung berbumbu (jangan diaduk) hingga kering dan berwarna kuning kecokelatan. bumbu halus masak hingga bebek empuk. ± 2¼ kg. 6 cm kunyit.

sangrai " 1 sdt lada " ¼ sdt kayumanis " 10 bh bawang merah " 2 cm kunyit " ¼ sdt jinten " 2 bt cengkeh " 2 bh kapulaga " 5 siung bawang putih " 2 cm jahe " ¼ sdt adas manis " 1 bh bunga peka " 1 sdt kas-kas " 1 sdt garam Cara membuat: 1. 2.atas arang atau sabut kelapa daripada menggunakan oven. 4) KARI BEBEK Bahan: " 1 ekor bebek potong jadi 8 bagian " 2 bh jeruk nipis ambil airnya " 1 sdt garam " 5 sdm minyak sayur " 8 bh bawang merah. . biarkan selama 15 menit. tumis bawang merah hingga harum. Lumuri potongan bebek dengan garam dan air jeruk nipis. Panaskan minyak. sisihkan. masukkan bumbu halus. jangan lupa untuk membalikkan bebek beberapa kali supaya matang dan bumbu meresap dengan merata. memarkan " 300 ml santan kental " 500 ml santan cair " 10 helai daun kari/ daun salam koja Haluskan: " 100 gr cabai merah " 5 btr kemiri " 1 sdm ketumbar. Tapi. ambil bagian yang putih. jika menggunakan arang. Untuk 4-5 orang. iris tipis " 10 cm daun pandan " 2 btg serai.

buang akarnya lalu cuci bersih. Diposkan oleh Bebek Muda Mandiri di 02:40 1. masak hingga bebek empuk. iris * 100 gram tauge. siram dengan air panas * 5 ikat daun bawang. iris halus * jeruk nipis * bawang goreng Bumbu yang dihaluskan: * * * * * * * 3 butir bawang merah 2 siung bawang putih 5 buah kemiri 1 ruas jari jahe 1 ruas jari lengkuas/laos 1 sdt merica garam secukupnya Cara Membuat: Rebus ayam/daging sapi dengan air secukupnya sampai matang. suwir daging ayam atau iris daging sapi. aduk hingga bebek berubah warna. Masak hingga kuah mendidih. tuang santan cair dan salam koja. Hidangkan bersama sambal soto dan irisan jeruk nipis. seledri dan bawang goreng. Ketika siap dihidangkan. aduk sampai layu. taburi irisan daun bawang. tauge dan suwiran ayam/potongan daging. 3. 4. angkat. Sajikan hangat. Angkat.daun pandan dan serai. Siram kuahnya. kentang. . Masukkan bumbu yang telah dihaluskan bersama dengan serai ke dalam kaldu ayam/daging. iris * 1 batang serai. irisan telur. iris * 250 gram kentang rebus. masak hingga kental dan berminyak. tata dalam mangkok. memarkan * 5 batang daun seledri. Masukkan potongan bebek. suwir atau 250 gram daging sapi diiris tipis * 5 butir telur rebus. Terakhir tambahkan santan kental. Sisihkan. yakni : * 250 gram daging ayam rebus. 5. Soto Madura Bahan yang perlu dipersipakan untuk membuat soto Madura.

siram saus & taburi kerupuk. teman. sudah ada warga Madura yang menjualnya. anda perlu mempersiapkan bahan-bahanya terlebih dahulu. Bubur Kacang Hijau Madura salam untuk semua saudara. tiriskan 100 gr mentimun. Untuk membuat rujak Madura. blender jadi satu: 100 gr kacang sangrai/goreng Cabe rawit secukupnya 2 sdm petis ikan ¼ sdt terasi goreng Sedikit garam 1 sdm bawang putih goreng Air matang secukupnya Pelengkap: Tahu & tempe goreng. Rujak Madura Bagi orang Madura tidak akan asing menu makanan yang satu ini. iris (opt) . justru tidak asing lagi dengan rujak Madura. Rujak Madura. Lalu. iris tipis Saus.Menu makanan khas Madura itu cukup untuk 4-5 orang. sebab. Siap disajikan. iris tipis. tapi kalau dicoba pasti bisa dan akan ketagihan. keluarga di madura Bahan 250 gr kacang hijau. 100 gr taoge. tiriskan 100 gr kol. bagaimana cara membuatnya?. meliputi . tiriskan 100 gr kacang panjang iris kasar atau potong2. Masyarakat ditanah air. Mudah membuatnya kan? Selamat mencoba 2. disudut-sudut kota di Indonesia. beri potongan tahu & tempe goreng. Tata sayuran di piring. Sepertinya sulit. rendam dengan air 2 jam dengan wadah tertutup 500 ml air 100 gr nangka matang. seduh air mendidih 1 menit. seduh air mendidih setengah menit. potong2 Krupuk kampung Lalu bagaimana cara membuatnya. Tapi belum tentu tahu bagaimana cara membuatnya. 3. seduh air mendidih 3 menit.

heu heu heu … khas sekali. nangka.2 lembar daun pandan. tambahkan gula pasir jika kurang manis 5. Bahan: * * * * * 250 g fillet ayam. Santan pada bubur di-skip. Sate Madura Sate Ayam adalah makanan khas Indonesia khususnya Pulau Madura. atau dingin Catatan Banyak di jual di kios-kios pinggir jalan di Indonesia nih :) Biasanya digabung dengan bubur Ketan Hitam dan santan terpisah. aduk cepat. hangat. pandan. Masukkan gula. iris 3 butir bawang merah. garam. Pada umumnya sate ayam dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar diatas bara arang. Dan disajikan selagi hangat dengan pilihan bumbu kacang atau bumbu kecap. dan santan. Besarkan api sampai mendidih. Kecilkan api. cuci. Bagus untuk yang sebagian anggota keluarganya tidak menyukai santan. masukan kacang hijau dan pandan 2. mengusung nama : Bubur Kacang Ijo dan Ketan Item. Jadi inget pelajaran Bahasa Indonesia di SD. Didihkan air. tusuk dengan tusukan sate 1 buah jeruk nipis. sisir 1 sdm tepung maizena. angkat. Sate ini biasanya disajikan bersama dengan lontong atau nasi. larutkan dalam 2 sdm air 1/2 sdt vanilla esence 150 ml santan kental gula pasir (opt) Cara membuat 1. saus santan. potong dadu. gantinya dibuat saus santan. Saus santan dibuat seperti saus santan pada Bubur Candil 4. Masukkan larutan maizena. kolang-kaling. vanila. iris tipis 5 sdm kecap manis nasi putih atau lontong secukupnya . kata ibu guru: “Contoh penggunaan yang salah: bubur kacang ijo dan ketan item. aduk 4. sajikan panas. tutup dan biarkan sampai kacang empuk 3. cicipi. kalian jangan negur tukang dagangnya yaaa…” heuheu si ibu ada2 saja :D Ada juga yang menggunakan santan terpisah. tiriskan (opt) 100 gr gula merah. potong2 100 gr kolang kaling. eh tapi. Sate Ayam dibuat dari daging Ayam.

masak hingga mengental. haluskan. haluskan. Bumbu Kacang: campur bawang putih. dan kemiri. kacang tanah. bakar hingga matang. 3. dan nasi putih atau lontong. 2. jeruk nipis. masukkan air kaldu. goreng 2 butir kemiri garam secukupnya 150 ml air kaldu 2 sdm minyak goreng Sambal Bawang: * * * * 4 siung bawang putih 10 buah cabe merah kecil garam secukupnya minyak goreng secukupnya Cara Membuat: 1. bakar hingga setengah matang. Satai Odheng Madura Bahan : * 1 kg udang besar * 2 sdm air jeruk nipis * 1/2 sdt garam * 15 bh tusuk sate . hindarkan provokasi 5. bgaimanapun ane bangga sebagai maduranese … jaga persatuan . bawang merah. angkat. bawang merah. garam. Campur bawang putih. Campurkan 2 sdm bumbu kacang dengan 2 sdm kecap manis. kecap manis. Panaskan minyak. Sambal bawang: panaskan minyak. dan garam. tumis hingga harum.. Angkat.. 4. Te .. satte … senangnya . Sajikan sate ayam dengan bumbu kacang. celupkan sate.Bumbu Kacang: * * * * * * * 3 butir bawang merah 4 butir bawang putih 100 g kacang tanah. sambal bawang. Angkat dan gulingkan kembali dalam bumbu. angkat. cabe merah kecil. tumis bawang putih hingga setengah matang.

lumuri udang dengan air jeruk nipis dan garam. 6. belah punggungnya.Haluskan: * 8 bh bawang merah * 1 sdt gula merah * 4 siung bawang putih * 5 bh cabai merah * 4 btr kemiri * 1 sdt lada * 1 sdt garam * 2 sdm air jeruk nipis Cara Membuat : * Cuci bersih udang. Angkat. * Sajikan hangat dengan nasi putih. dengan tusuk sate. * Tusuk masing-masing udang. dipotong 2 cm * 2 cm lengkuas. diamkan selama 30 menit. sambil dibalik-balik hingga udang berubah warna dan matangnya rata. dimemarkan * 2 butir cengkeh * 1/8 sendok teh kelabet * 1 batang serai. * Campur bumbu halus dengan udang. dari ekor sampai kepala. Bakar di atas bara api sambil di olesi bumbu hingga rata. dimemarkan * 550 ml santan dari 1/2 butir kelapa Bumbu Halus : . Gulai Madura Bahan : * 400 gram daging kambing.

Masukkan daging lalu aduk hingga berubah warna. Tuang santan sedikit demi sedikit lalu masak sampai bumbu meresap Untuk 6 porsi 7. 2. Gue bereksperimen mereka2 sendiri resep Nasi Bebek agar brasa khas madura. melalui pemilihan bumbu & rempah2nya. dengan pengolahan yang tepat siapapun pasti bisa memasaknya dengan bebas amis dan enaaakkkk…. Buangin bagian ekor (termasuk aneka bentuk kelenjar disekitarnya) dan segala bentuk usus. sayang penyajiannya kurang khas madura. dan serai sampai harum dan matang. Bebek Goreng Madura Nasi Bebek yang khas Surabaya. cengkeh. ga ketinggalan pelengkap yang khas madura: POYAH KELAPA KUNING ! :D Tips menghindari amis: Pilih yang jantan.* 6 butir bawang merah * 2 siung bawang putih * 1 sendok teh ketumbar sangrai * 1/4 sendok teh merica sangrai * 1/8 sendok teh pala * 1 cm kayumanis * 1 sendok teh garam Cara Membuat : 1. potong2 sesue slera 2 sdm cuka . lengkuas. Kebetulan penjual Nasi Bebek yang enak di Surabaya rata2 orang madura. NASI BEBEK MADURA Bahan: 1 ekor bebek yang udah dibersihkan (sekitar 800 gram). unggas jantan lemaknya jauh lebih dikit daripada betina. kelabet. Tumis bumbu halus. 3. otomatis kemungkinan amis karena lemak pun minimal.

Tips: Kalo ngga ada panci presto.5 sdt merica butiran sangrai 4 cm jahe (diameter skitar 2 cm) 3 cm kunyit (diameter 1. Saus Kuning 300 ml bumbu perebus bebek (kalo kurang bisa ditambah air secukupnya) ditumis dengan sedikit minyak sampe kental. tuangin air. Pindahkan semua ke cobek. Matikan api dan diamkan sampe tekanan & uapnya habis.5 sdt ketumbar sangrai 0. Masak sampe air menyusut. diungkep biasa sampe empuk (mungkin perlu nambah air beberapa kali sampe bener2 empuk). cabe merah & cabe rawit sampe aromanya kluar. . Sisihkan. tumis bawang merah. Goreng bebek sampe kuning kecoklatan ato kering bila suka. buka dan tiriskan bebek dari bumbunya. diamkan di kulkas 30 menit. diamkan 20-30 menit di kulkas. masing2 potong dua. ulek bersama terasi. Cuci sampe benar2 bersih. iris2 8 butir kemiri 2 sdt garam Cara: Lumuri potongan bebek dengan cuka. Sambal Bawang Bahan: 3 butir bawang merah. Aduk bersama bumbu halus dan rempah2 lainnya.5 cm) 4 lembar daun jeruk. buang tulang daunnya 4 cm lengkuas muda (diameter sekitar 2cm) 5cm pangkal sereh (bagian putih yang muda).400 ml air matang 2 tangkai sereh. iris halus Cabe rawit secukupnya 1 buah tomat matang ukuran sedang. tuangi air lalu masak 20 menit terhitung dari waktu berdesis. Masukin panci presto. cincang kasar ½ sdt terasi goreng ½ sdt garam /secukupnya 1 sdt gula /secukupnya 4 sdm minyak 100 ml air matang Cara: Panasin minyak. buang tulang daunnya Bumbu Halus: 5 siung bawang putih 8 butir bawang merah 1. iris kasar 4 buah cabe merah. buang ampas rempah2nya (sereh dan daun jeruk). geprak 6 lembar daun jeruk. garam & gula. Masukin tomat.

maksudnya dari penjuru daratan. Sajikan bebek goreng. banyakin lalapannya ajah 8. pantai sampai dengan lautan.Note: Terus terang kalo dibandingin ibu gue lom jagoan bikin sambel. Nasi Serpang : Pusaka Kuliner Madura usaka kuliner pantas disematkan pada Nasi Serpang. matikan api. Ia diracik berdasarkan resep masakan para leluhur warga Madura. Nyaaaaaaaammmm……………. taburi poyah kelapa. buang tulang daunnya Cara: Tebarkan kelapa di loyang lalu jemur d panas matahari sampe setengah kering. parut memanjang Bumbu halus: 1 siung bawang putih ½ sdt garam 1 cm kunyit 2 lembar daun jeruk. Aduk kelapa parut dengan bumbu halus sampe rata. sambel & lalapan di tempat terpisah. Bahan makanan yang dimaksud.. antara lain: * Nasi * Pepes ikan tongkol . Sangrai dengan api keciiil sampe bener2 kering. Nasi Serpang merupakan masakan paduan dari bahan makanan segala penjuru. Yang diet kolesterol makannya secuiiiilllll aja ya. tuangi 1 sdm bumbu kuning diatasnya. simpan di stoples. silakan pake sambel andalan masing2 :D Poyah Kelapa Kuning Bahan: 200 gr kelapa setengah tua. Dari ikan laut sampai dengan daging hewan daratan. Diamkan sambil diangin2 sampe adem. Jadi selain sambel bawang diatas. Pelengkap lain: Nasi hangat Irisan tomat & mentimun Petikan daun kemangi Irisan jeruk nipis Lalapan lain sesue slera Penyelesaian: Taruh nasi anget di piring. WARNING !! Bebek mengandung kolesterol tinggi.

Konsep sambal terasi seperti ini juga dapat Anda jumpai pada masakan khas Kabupaten Gresik-Jawa Timur. Mau yang Sate Madura.* Kerang dimasak sambal goreng * Soun bumbu kecap * Telor asin masir * Sambal terasi * Krupuk rambak bumbu rujak * Dendeng daging sapi Madura * Kripik paru * Rempeyek ikan teri dan kacang Bagaimana? Lauknya colour full. Topa’ Ladha. jadi tidak cair. yaitu nyaris tak ada sayur yang nongol di belantara lauk pauknya. Soto Madura. kreator Nasi Krawu tak lain adalah orang-orang Madura yang merantau ke Gresik. Rasanya? Pasti ada asinnya dong. . Sambal terasi khas Madura teksturnya kasar dan liat menyerupai petis. Akhirnya cita rasa Nasi Krawu tak jauh dari masakan khas Madura. Minim SayurBermacam-macamnya lauk Nasi Serpang mengajak kita menjelajah cita rasa masakan pedalaman hingga pesisir. Anda juga bisa memergoki rasa pesisir bercampur pedalaman dari kerang yang dimasak dengan bumbu sambal goreng. Hal ini juga akan Anda jumpai hampir di setiap masakan made in Madura. Sambal terasi Nasi Serpang pasti dengan mudah dapat Anda bedakan dengan sambal terasi ala masakan Jawa. Belantara cita rasa pedalaman dapat Anda temui pada lauk Dendeng daging sapi yang bahan dasarnya adalah daging Sapi Madura. Mari kita lanjutkan pengembaraan di belantara cita rasa Nasi Serpang. Sementara cita rasa pesisir dapat Anda telusuri dari Pepes ikan tongkol yang berwarna merah karena ada keterlibatan unsur cabai merah dan tomat. Cita rasa pedalaman juga bisa Anda gali dari secuil telor asin masir yang bahan dasarnya telur bebek. Kesimpulannya: Kaya Lauk. khan bernuansa pesisir. Nasi Krawu. Maklum. khan? inilah Kekhasan Nasi Serpang. Satu lagi kekhasan Nasi Serpang.

namun juga mengakibatkan rasa punel mendekati tingkat liatnya ketan. mayoritas disajikan dalam keadaan dingin. masak. Ini tidak mengada-ada. Nasi Lemak Madura BAHAN * Nasi lemak * Bahan * 2 ½ cup beras * 3 cup santan. aduk rata. maka nasi tersebut lebih sering dijumpai dalam keadaan dingin. atau jenis atau manfaatnya sama yaitu JAMU…. Teknik pendinginan ini sangat khas sehingga tak hanya berdampak pada suhu nasi menjadi dingin. ikat lalu robek2 * 1 sdt garam * ½ sdt chicken stock*optional* Cuci bersih beras. Meski nama. Cobalah Anda bandingkan antara nasi dingin buatan jenis masakan lain dengan Nasi Serpang. Mulai dari Soto sampai dengan Sate.NASI…. Jamu ramuan Madura tentu berbeda sensasinya dengan ramuan daerah lain. Teknik pendinginan inilah yang membedakan nasi dalam unsur masakan Madura dengan nasi pada masakan asal daerah lainnya. atau bisa diukur banyaknya santan 1 ruas jari diatas beras * 2 siung bawang putih haluskan bersama 1 bh bw merah * Seiris tipis jahe.. bila dalam penyajiannya disandingkan dengan nasi. Cita rasa ini diperoleh bukan hanya dari bahan dasar beras yang berkualitas namun juga dari tata cara pendinginan nasi. Sensasi liat dari Nasi Serpang meski dalam keadaan dingin membawa kita pada sudut lain dari dunia makan-memakan. memarkan * 2 lbr daun pandan. Campurkan semua bahan ke dalamnya. Sumber karbohidrat pada Nasi Serpang ini memiliki rasa punel. 9. Hal serupa dapat Anda jumpai pada kasus jamu. Perlu jg sesekali diaduk agar santan tercampur rata dg nasi Ayam Palappa Mera Bahan . Nasi dalam penyajian masakan khas Madura.. masukkan dlm rice cooker.

masukkan sereh daun jeruk. Aduk2 hg ayam berubah warna * Tambahkan santan dan air asam. cuci bersih lumuri dg sedikit garam dan jeruk nipis. potong2. Petis Ola Telur Madura Bahan: * 6 butir telur. Remas2 diamkan sebentar * 3 lbr daun jeruk * 1 btg sereh digeprek * 1 sdt air asam * 2 sdm kecap manis * 2 gelas santan * Bumbu haluskan * 5 bh bw merah * 3 siung bw putih * 4 bh cabe merah. dan ayam. terakhir beri kecap dan garam * Masak terus ayam hg matang dan kuah mengental Pelengkap Teri goreng Kacang goreng Telur rebus/telur dadar iris Timun Sambal bajak/sambal blacan 10. aduk rata. buang bijinya * 4 bh kemiri * 1 bh tomat Cara membuat * Cuci bersih ayam sekali lagi * Tumis bumbu hg harum.* 1 ekor ayam. direbus * 2 lembar daun jeruk purut * 500 ml santan (1/2 butir kelapa) * 1 sendok makan petis * 10 buah cabai rawit utuh Bumbu halus: .

* Tambahkan daun jeruk. potong-potong 2 sdm cuka/air jeruk nipis 500 ml air . petis. * Masak hingga bumbu meresap. * Masukkan telur dan cabai rawit.* 5 siung bawang putih * 2 cm jahe * 2 cm kunci * 2 cm kunyit * garam Cara membuat: * Kupas telur rebus. lebih dari setahun yang lalu Bebek Goreng Madura Bahan: 1 ekor (900 g) bebek. * Tuang santan ke dalam panci. sisihkan. * Lalu rebus sambil diaduk hingga mendidih. dan bumbu halus.

tiriskan. iris halus 2 sdt garam Cara Membuat bebek goreng madura # Bersihkan bebek. tuangi air. tiriskan. # Aduk bebek dengan Bumbu yang dihaluskan hingga rata. # Taruh bebek berbumbu dalam panci. # Taruh dalam wadah bertutup. Kalau perlu tambahkan air panas. ambil bagian yang putih. masak dengan api sedang hingga mendidih. Kecilkan api. # Jika memakai panci presto. Bilas air hingga bersih. # Goreng bebek dalam minyak banyak dan panas hingga kering. Diamkan selama minimal 1 jam. Angkat. # Sajikan dengan Sausnya dan Sambal. Untuk 6 orang Sumber: Odilia Winneke – detikfood Asam Padeh DAGING atau IKAN Untuk porsi sedang . taruh dalam lemari es selama 30 menit. Lumuri dengan cuka/air jeruk nipis sambil remas-remas hingga rata. potong 4 cm dari pangkal akar. Bumbu. # Saus: masak sisa saus dengan 2 sdm minyak sayur hingga mendidih dan kental. potong-potong menjadi 8 atau 10 bagian.4 lembar daun jeruk purut 2 batangs erai. masak bebek selama 30 menit (dihitung sejak panci berdesis) # Angkat bebek. masak hingga daging bebek empuk. memarkan. dinginkan. Sisihkan bumbunya.haluskan: 8 butir bawang merah 8 butir kemiri 5 siung bawang putih 2 sdt ketumbar sangrai 1/2 sdt merica butiran sangrai 2 cm jahe 3 cm kunyit 3 lembar daun jeruk purut 3 cm lengkuas muda 1 batang serai. # Angkat.

bawang merah. sebesar ibu jari 10. Bawang merah 6 buah 5. Daun jeruk purut 2 lembar 12. . Kentang. 500 gram. Bawang putih 4 siung 4. 1 batang 11. Dipotong-potong Bumbu : 1. Daging Sapi. Bahan : a. bawang putih. Serei. Tomat merah 2 buah 7. Asam kandis. cabe rawit. Jahe sebesar ibu jari 6. jahe. Langkuas. Garam secukupnya Catatan : • Daging dan kentang dipotong2 • Bumbu yang dihaluskan: cabe merah. Cabe merah besar 7 buah 2. langkuas dan kemiri. 250 gram. Dipotong-potong berbentuk segi empat (kotakkotak) b.Bagi yang tidak suka daging ganti dengan IKAN dg. 1 lembar 13. Kemiri 3 buah 8. 2 buah 9. bumbu dan cara memasak yang sama. Cabe rawit merah 3 buah 3. Daun kunyit.

masak hingga daging empuk. karena daging akan mengeras) Diposting oleh Lely di 12:13:00 PM Label: masakan asam padeh daging.Sereh 1 batang (ditumbuk sedikit) . pancinya ditutup waktu memasak. tambahkan air secukupnya.• Tomat diiris-iris setebal 3 mm. Apabila daging setengah matang . 3. asam padeh ikan Resep yang biasa aku pakai: Untuk 1 kg daging/ikan tongkol Bumbu : . Masak kembali sampai kuah tinggal sedikit/mengental.1/4 kg cabe giling . Beberapa bulan yang lalu aku dibawain masakan ini dari Padang rasanya agak asem-asem begitu dan kuahnya agak berminyak rasanya enak sekali dan jadi penasaran mau bikin. terakhir masukan asam kandis/belimbing. masukan asam kandis kentang yang sudah dipotongpotong. daging diganti ikan tongkol enak juga ya? Terus dagingnya yang enak yang sandung lamur atau gandik?.Daun salam 5 lbr . & lengkuas 1 ruas (sebesar ibu jari) .Daun Jeruk 6 lbr .Asam kandis 3 btr (belimbing wuluh 6 butir) dimasukan belakangan . daun kunyit. (De) Sepertinya bener ini makanan yang aku maksud.Jahe.Garam & gula pasir secukupnya Cara membuat : ungkep daging dengan semua bumbu. 5. Apabila daging sudah empuk dan kuah sudah kental panci diangkat 6. 4. Selanjutnya masukan serai. Catatan : Waktu memasak apinya pelan (jangan terlalu besar) dan kalau daging sudah empuk dan kuah belum kmengental tambahkan air panas (jangan pakai air dingin. sampai air daging mengering. Masukan daging ke dalam panci bersama bumbu-bumbu yang dihaluskan 2.12 butir bawang putih (digiling halus) . Agar daging cepat empuk. Aku kira bumbunya pakai tomat. Cara Memasak 1.18-20 bawang merah (digiling halus) . daun jeruk dan tomat yang sudah diris-iris.(Ni) .

kemiri. kacang panjang (kalau suka). garam. (Al) Kalau asam padeh sama 'pangeh' itu sama tidak yah? Kalau beda. blimbing wuluh Bumbu halus : cabe merah. . Ini rasanya mirip tom yang kung tapi tidak kecut. jahe (bisa potong korek api bisa digeprek). bawang putih. Cara: Bawang bombay dan bawang putih dirajang terus ditumis. ikan tengiri/kakap/gurame Bumbu : bawang bombay.Ikan bumbu bali. Soalnya cari di internet tidak ada. terakhir kemangi. (al) Cabenya digilingnya tidak halus ya? dulu yang aku makan cabenya rada kasar deh. merica dan selesaikan rasanya. daun bawang. Api dikecilin biar bumbu meresap sekalian biar lemak yang ada di perut ikan jadi keluar semua. Aku biasanya serehnya cari yang muda dan giling sekalian dengan bawang putih dan bawang merah. Aku kadang malah tidak pakai cabe soalnya anakku juga suka. kemangi. gurih. Tambah air masukan ikan. Kuahnya bening . kecuali kita pengin bisa ditambah asam/blimbing wuluh kalau pengin kecut. garam Bahan : ikan. Paling tinggal nambah sambel sendiri.Sop Ikan.Aku biasanya masak ini untuk ikan patin. Kalau bumbu batokok aku malah tidak tahu. Bahan : Gurame/kakap/patin. Terakhir masukan sayur-sayur (jamur/wortel) dan daun bawang. habis biasa cuma kira-kira : . gula. sere dan laos digeprek. udang (bila suka). jadi kadang kita nahanin tidak ditambah cabe biar anaknya ikutan makan juga. (Ay) Boleh dong di bagi menu ikan patinnya? Soalnya aku pernah masak kok bau/amisnya tidak mau hilang ya? Menu. bawang merah. masukin sere. Aku kasih daun bawang/kemangi juga biar lebih seger. jadi berminyak dan kuahnya gurih. Ditambah kunyit sejari juga. mau juga donk resep 'pangeh'-nya. garam. jahe. kalau ikan patin minyaknya dari mana ya? Bedanya sama bumbu batokok apa ya?. merica halus. jamur. kunyit.menu ikan lain yang simple juga boleh. (Ni) Cabenya aku biasanya gilingnya barengan dengan bawang-bawangan itu jadi ya tidak halus sekali. Kalau daging malah belum pernah. blimbing wuluh/asam kandis (kalau terpaksa tidak ada pakai jeruk nipis). tapi tidak pakai takaran ya. kencur. bawang putih. Jumlahnya kira-kira 3-5 buah. Nah kalau mulai kelihatan lemaknya sudah keluar baru rasanya diselesaikan gula. Kalau ikan patin memang banyak lemaknya di perut (biasanya cari yang gemuk) jadi aku masaknya: bumbu halus ditumis ditambah air terus ikan dimasukin. api dikecilin sampai kuah ikan gurih masukan gula. laos. (Mam) Menu ikan ada beberapa macem masak kuah yang biasa aku masak.

kunyit. biarkan sampai mendidih dan kaldu ikan keluar. rasanya bakal mirip tom yam :-)) Supaya ikan tidak terlalu amis pas dimasak. . ada yang bumbu tumis ada yang langsung masuk. Bumbunya semua diiris : bawang merah. sebab bumbu hanya diiris. perut dan sisik-sisiknya dibersihan sampai tidak ada yang terasa masih licin (klenyet-klenyet bahasa jawanya).Ikan kukus Bahan : ikan kerapu (aku biasanya ini). Ikannya supaya tidak amis. laos. sere. tidak perlu ikan/daging saja. laos. insang. cabe merah besar dibiarin utuh namun disisir/dibelah. Aku tidak begitu suka pakai santan soalnya jadi berat banget rasanya mirip gulai kepala ikan tapi merah warna kuahnya. bawang putih. Susun di pyrex. jahe potong korek api. jahe. Cara memasak : Bumbu halus ditumis.(Al) Aku dulu pernah diajarin sama mamaku. Taburkan sisa jahe. habis itu masukan bumbu geprek dan ikan diberi air sedikit sampai meresap ke ikan. garam. Bumbu iris : bawang merah. cucinya harus bersih. Selesaikan rasanya. merica. segar. sere yang muda potong korek api. Asamnya . gula dan merica. kepiting juga enak lho. Cara memasak : Ikan disayat-sayat saja badannya (tidak dipotong). sotong. garam. merica dicampur dan diaduk. salam + gula. Masukan udang. gula dan kemangi. Anak-anak suka. bawang putih. Habis itu diberi air jeruk nipis/ lemon dan garam. Masukkan blimbing wuluh. salam. tambah sayur (kacang) dan air kemudian masak sampai keluar kaldu ikan. Kadang kalau suka bisa digunakan santan sebagai pengganti air kalau ingin lebih mantab (berat) rasanya. pernah juga pakai gurame.1 jam biar bumbu meresap. kuah diencerkan. Habis itu tinggal diolah. daun salam. blimbing wuluh (optional). garam. susun ikan di atasnya siram dengan bumbu siram.30-45 menit. setelah dicuci dikasih asam+garam. Kuahnya merah. sebagian bawang putih & merah. Ini rasanya asem pedes dan berat (soalnya muatan bumbunya banyak). Kalau mau yang rada kontemporer dikit. Terakhir masukkan blimbing wuluh (optional)kalau yang suka agak kecut seger. Rasanya ringan. Menurutku rasa ikannya jadi ketutup.Ikan Pindang Serani Bahan : ikan patin/bandeng/gurame. masukan garam. Jadi kasih garamnya tidak usah banyak-banyak waktu masak.masukan ikan. Cara memasak : Bumbu ditumis. jadi harus keset. sere dan cabe. Kukus selama +/. tambah air.ketumbar Bumbu geprek : sere. Biarkan selama +/. Nanti dari ikannya akan keluar kaldunya selama pengukusan. jahe dan sere di dasar pyrex. Bumbu siram : kecap manis. Laos & sere digeprek. . bawang putih dan bawang merah diatasnya. kecap Inggris. kecap asin. Selesaikan rasanya. sedap. Kalau serehnya ditambahkan. bisa disruput. minyak wijen.

</p> Foto: Syahroni/Detikfood Jakarta . asam jawa. aku untuk mengalahkan bau amis.bisa jeruk. atau cuka. suka tambah jahe/sereh lebih ke bumbunya. Gurih wangi bumbunya meresap hingga kesela-sela dagingnya. (DeA) Resep Kepiting: Kare Kepiting Odilia Winneke . Slruuup! Bahan: . Biasanya sih. Coba saja sajian kepiting berkuah santan ini.Kepiting tak hanya enak diberi saus Padang atau digoreng mentega.detikFood Share : <p>Your browser does not support iframes.

Masukkan kepiting. Tuangi santan. memarkan 1 lembar daun salam 750 ml santan 2 sdm minyak sayur Haluskan: 4 buah cabai merah 2 butir kemiri 3 butir bawang merah 2 siung bawang putih 2 butir kemiri ½ sdt ketumbar ½ sdt merica butiran ¼ sdt jintan ½ cm lengkuas 1 cm kunyit ½ cm jahe 1 sdt terasi 1 sdt asam Jawa 2 sdt garam Cara membuat: • • • • • Bersihkan kepiting. Untuk 4 orang Kepiting Asam Manis 8 comments . potong 2 bagian. didihkan. cuci bersih 2 lembar daun jeruk 1 batang serai. Rebus hingga matang. Angkat.2 buah kepiting ukuran sedang. Tumis bumbu halus hingga wangi bersama daun jeruk.Mau nambahin? . salam dan serai. Buang ujung-ujung kaki yang runcing. sajikan hangat.

Jika ingin merasakan nikmatnya menyantap kepiting. 6. 7. dipotong kasar 3 siung bawang merah. Sisihkan. 4. Masak hingga kuah mengental. Sisihkan. 5. dipotong kasar 1 sendok teh merica bulat Sekarang ke dapur yukz : 1. Setelah itu baru masukkan kepitingnya. Baru-lah setelah itu dengan santai menyantapnya dengan lahap :D.Rekomendasi : Kepiting merupakan salah satu favorit kedua seafood setelah udang. Beri air. jika dirasa kurang tambahkan. 8. Ini pertama kalinya Dapur Cantik menyajikan masakan berbahan dasar kepiting. Tambahkan saus asam manis dan bumbu penyedap.Cara membuka kulit kepiting : buka dahulu bagian cangkangnya. Siapkan panci agak besar. diiris tipis 250 mL air bumbu penyedap secukupnya minyak goreng secukupnya Bumbu halus : • • • 4 siung bawang putih. Kepiting dicuci bersih lalu masing.masing dibelah dua hingga menjadi empat buah. Baru masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. . 3. Dimasak dengan saus asam manis menjadikan daging kepiting semakin gurih rasanya. Tips : . Semua bahan bumbu yang akan dihaluskan dicuci bersih lalu digiling menggunakan chopper hingga halus. tumis bawang bombay hingga harum. Ada juga yang rela tidak jadi makan kepiting hanya karena malas membuka-buka kulitnya. kupas hingga semua daging terkumpul. Setelah itu kaki-kaki . Dicobain az yukz! Belanja dulu yukz : • • • • • • 2 ekor kepiting 10 sendok makan saus asam manis 1 siung bawang bombay yang kecil. 2. setelah itu baru patahkan capit terbesarnya hingga pangkalnya sampai bolong.

cincang halus 5 sdm Saos tomat 2 sdm Oyster Sauce 2 sdm Air Garam secukupnya Daun bawang.kecilnya. iris tipis (optional) Cara Membuat: Tumis Bawang merah sampai harus kemudian masukkan Cahe hijau. Bahan : 6 ekor Kepiting. Nah. masukkan bawang putih dan jahe. . tumis sampai wangi. air dan garam. iris tipis 3 bh Bawang merah. sekarang saatnya mengumpulkan daging kepitingnya sampai ludes he he. iris tipis 3 bh Cabe Hijau. Kelapa Gading. Masukkan Saos tomat. iris tipis 3 bh Bawang putih. bersihkan kemudian direbus 2 ruas jari Jahe. Tetapi tidak ada salahnya kalau kita mencoba membuatnya sendiri di rumah. aduk-aduk sebentar. Oyster Sauce. Sebagian pembaca mungkin sering makan di restaurant kepiting Cak Gundul. mudah kok cara membuatnya.

com Kepiting Saus Tiram Belum ada komentar . Sajikan dengan nasi yang masih panas. Dicobain az yukz! Belanja dulu yukz : • • • • • • • • 3/4 kg kepiting 250 mL air 3 sendok makan saus tiram 1 sendok makan minyak wijen 1 sendok makan kecap manis 1 siung bawang bombay yang kecil. diiris tipis garam secukupnya minyak goreng untuk menumis Bumbu halus : • • • 4 siung bawang putih 4 siung bawang merah 1/2 sendok teh merica bulat .Aduk sampai sauce mendidih kemudian masukkan kepiting rebusnya. dagingnya lebih banyak dan manis. Jika menggunakan kepiting yang sudah tua dan masih hidup. ligamakan. Kali ini kepitingnya akan disajikan dengan saus tiram. Taburi dengan Daun bawang.Mau nambahin? Rekomendasi : Terakhir Dapur Cantik memasak kepiting dengan saus asam manis.

Kemudian masukkan saus tiram. Tuangkan air ke dalamnya. . setelah mendidih baru masukkan kepiting. 3. tumis kembali hingga harum. Giling semua bahan bumbu halus menggunakan chopper hingga halus. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. aduk rata. kecap manis. 4. Beri garam secukupnya. minyak wijen. Kepiting dibersihkan. lalu dipotong menjadi dua bagian. 6. Sisihkan. 5. 7.Sekarang ke dapur yukz : 1. Masak hingga kepiting matang dengan kuah yang tinggal sedikit dan mengental. Siapkan wajan. 9. tumis bawang bombay hingga harum dan layu. 8. 2. Pilih kepiting yang masih hidup agar rasanya manis. Tips : • • Pilih kepiting yang sudah tua agar dagingnya banyak (baca: berisi). Sajikan dengan nasi putih hangat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful