April 21, 2011

[LATIHAN SOAL]

Hukum Coulomb
1. Dalam atom Hidrogen, elektron terpisah dari proton dengan jarak rata-rata sekitar . Hitunglah gaya elektrostatik yang timbul dari proton dan elektron tersebut. Hitunglah rasio antara gaya listrik dan gaya gravitasi yang dialami oleh proton dan elektron. 3. Tiga titik muatan berada dalam sumbu x; pada titik pusat koordinat, pada , dan pada (Gambar 3.1). Carilah gaya neto pada karen .

2.

Gambar 3.1 4. Muatan pada titik pusat koordinat, muatan pada sumbu x, pada , dan muatan pada titik m, seperti yang ditunjukkan dalam Gambar 4.1. Hitunglah gaya resultan pada

.

Muatan elektron,

Muatan proton,

Massa proton,

[Konstanta]

Gambar 4.1

Teknik Mesin ITATS | Hukum Coulomb

1

7.1). (b) Berapa jauh penyimpangan elektron setelah bergerak sejauh dalam arah sumbu . dan muatan positif kedua pada sumbu x pada (Gambar 5. (a) Bandingkan gaya gravitasi yang bekerja terhadap elektron dengan gaya listrik bekerja. dan (c) . (d) Hitung medan listrik dalam sumbu y pada asumsikan bahwa muatan garisnya tak terbatas. Hitunglah medan listrik pada sumbu y menggunakan ekspresi hingga pada (a) .1 8. dari .1). Teknik Mesin ITATS | Medan Listrik 2 . (e) Carilah total muatan dan hitunglah medan listrik pada . Carilah medan listrik total pada (a) titik dalam sumbu pada . Gambar 6. dengan kecepatan mula-mula Sebuah elektron memasuki medan listrik seragam tegak lurus terhadap medan (Gambar 6. Carilah medan listrik dalam sumbu pada untuk muatan dalam Soal nomor 5. Muatan positif terletak pada titik pusat koordinat.April 21. 2011 [LATIHAN SOAL] Medan Listrik 5. dan (b) titik dalam sumbu pada .1 6. asumsikan bahwa muatan garisnya berupa muatan titik. (b) . Gambar 5. Muatan garis dengan rapat muatan berada pada sumbu x.