TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA

Oleh : SINTA AYU ANDHINI KELAS XII.IS NIS : 060710019

Yayasan Lembaga Pendidikan Tirtayasa SMA Islam Al – Azhar 6 Serang TERAKREDITASI ‘A’
BAP-S/M PROVINSI BANTEN – NO: 05/BAP-S/M-SK/XII/2007 Tanggal : 14 Desember 2007 Jl. Raya Jakarta km.4 Pakupatan Serang – Banten Telp/Faksimili (0254) 284764.E-mail: smai_alazhar@yahoo.co.id

Dengan selesainya penyusunan laporan ini. 2. kepada yang terhormat : 1. mudah-mudahan laporan ini dapat bermanfaat khususnya bagi saya dan semua pihak yang berkepentingan. Bapak/Ibu Dewan Guru serta Staff TU. Pamuncak. (0254)284764) .Nazaruddin Dt. 4. sehingga saya dapat menyelesaikan tugas makalah dengan judul “Tokoh-tokoh Ekonomi dan Keistimewaannya” Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas sekolah dalam rangka memenuhi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA 2 KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayahNya. Kedua Orang tua saya.H. Drs. Akhirnya. 3. saya mengucapkan terima kasih Serang. selaku Kepala SMA Islam Al-Azhar 6 Serang. Raya Jakarta KM. 4 Pakupatan Serang-Banten Telp. 24 November 2008 Sinta Ayu Andhini SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl. Saya menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan maka dengan rendah hati dan senang hati saya mengharapkan arahan dan kritik serta saran dari pihak lain yang bersifat membangun. Para Wakasek SMA Islam Al-Azhar 6.

.......... BAB I PENDAHULUAN 1............................1 2..........6 Adam Smith Thomas Malthus 10 Gary Becker Herman Heinrich Gossen 11 J... 5 6 7 7 8 8 III..5 2.................. ........... .2 2....5 III........... ………………………………….......... 10 ... R....................... …………………………………............ .. Metode Sistematika …………………………………...................... 4 Pakupatan Serang-Banten Telp.......... Raya Jakarta KM..... BAB III KEISTIMEWAAN PARA TOKOH III... . .........3 1. ................. ………………………………….......6 Adam Smith Thomas Malthus Gary Becker Herman Heinrich Gossen J.......1 III........... 1 2 3 3 3 4 BAB II Tokoh-Tokoh Ekonomi 2.............4 2.....................................................................TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA 3 DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI I..............................3 2.. R............. ..........................4 III............................................2 III...............3 III................................... Hicks Irving Fisher ......... SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl....................2 Tujuan 1........................ Hicks 11 Irving Fisher 12 .. (0254)284764) ... …………………………………............................................................................. …………………………………. ....................................4 II...1 Latar Belakang 1............ 9 ......

mengetahui teori-teori yang dikemukakan oleh para ekonom. tapi mereka mempunyai pemikiran dan keistimewaan masing-masing. 4 Pakupatan Serang-Banten Telp. SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl. (0254)284764) . 1. 3. memenuhi tugas sekolah. mengenali tokoh-tokoh ekonomi dunia 2. membina silaturahmi. mengetahui kehidupan desa tertinggal. DAFTAR PUSTAKA 4 …………………………………… …………………………………… …………………………………… 13 15 16 BAB I PENDAHULUAN 1. 6.1 LATAR BELAKANG Ilmu Ekonomi sangat berguna bagi kehidupan manusia.TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA IV. karena berkaitan erat dengan kehidupan sehari-hari manusia. BAB IV PENUTUP IV. Walaupun mereka sama-sama tokoh ekonomi. produksi. Ekonomi tidak terlepas dari tokoh-tokohnya yang telah berjasa mengemukakan pemikiran-pemikirannya.2 Saran V. Seperti konsumsi. lebih mensyukuri kehidupan pada diri masing-masing. 4. makalah kali ini membahas mengenai tokohtokoh ekonomi serta masing-masing keistimewaan yang dimiliki mereka.2 TUJUAN Tujuan dibuatnya laporan ini adalah : 1. 5. Oleh karena itu. Raya Jakarta KM.1 Kesimpulan IV. serta teori-teori dalam menjawab pertanyaanpertanyaan kehidupan. dan kegiatan ekonomi lainnya.

(0254)284764) . hingga menjadikannya berbeda. serta sistematika penulisan. 1. tujuan. menggunakan sumber yang berasal dari media elektronik maupun cetak. penulis membaginya menjadi 4 bab. BAB II BIOGRAFI TOKOH-TOKOH EKONOMI Bab ini berisi tentang biografi tokoh-tokoh ekonomi.4 SISTEMATIKA Pada laporan ini. 4 Pakupatan Serang-Banten Telp. yaitu : 1. BAB IV PENUTUP Bab ini berisi tentang kesimpulan dan saran. metode penulisan.TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA 1. SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl. BAB III KEISTIMEWAAN TOKOH-TOKOH EKONOMI Pada bab ini berisi tentang keistimewaan yang dimiliki oleh masingmasing tokoh. Raya Jakarta KM.3 METODE 5 Metode / cara yang digunakan dalam pembuatan makalah ini. yaitu : BAB I PENDAHULUAN Bab ini berisi tentang latar belakang.

adalah seorang filsuf berkebangsaan Skotlandia yang menjadi pelopor ilmu ekonomi modern Adam Smith adalah salah satu pelopor sistem ekonomi Kapitalisme. yang mengumumkan perkumpulan di abad 18 Eropa. Dalam Buku ke V dari The Wealth of Nations. Skotlandia. Pada sekitar tahun 1750 dia bertemu filusuf David Hume. akal sehat. dimana dia belajar filosofi moral dibawah"si orang yang tidak boleh dilupakan" (sebagaimana Smith memanggilnya) Francis Hutcheson. Tahun 1740 dia dianugrahi Snell exhibition dan memasuki Kampus Balliol. Sebagian dari perkuliahannya menyinggung retorika dan belles-letters. Smith berkomentar pada instruksi kualitas rendah dan aktivitas intelektual yang berjumlah sedikit dibandingkan dengan di Skotlandia. Adam Smith pada umur 13. 4 Pakupatan Serang-Banten Telp. Adam Smith memulai menguliahi umum di Edinburgh dibawah bimbingan Lord Kames. Skotlandia. Sebelum sukses dan dijuluki sebagai bapak ekonomi. Setelah mengenyam pendidikan hingga tahun 1746. (0254)284764) . "Universitas Oxford dalam masanya memberikan sedikit jika bantuan manapun yang diberikan apa yang harusnya merupakan kerja seumur hidupnya." dan dia meninggalkan universitas itu tahun 1746. Smith mengembangkan keinginan kuatnya akan kebebasan. yang merupakan seniornya terpaut sepuluh SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl. Raya Jakarta KM.1 ADAM SMITH John Adam Smith (lahir di Kirkcaldy. dimana membuat pemasukan dari para profesor tidak berdasarkan pada kemampuan mereka untuk menarik murid. dan kebebasan berpendapat. Di sini. komentarnya ditujukan pada orang-orang yang dianugerahi kekayaan dari kampus-kampus Oxford dan Cambridge. Teorinya dikenal luas dengan teori ekonomi "laissez-faire" (pemikiran ekonomi yang tidak menginginkan campur tangan pemerintah dalam perdagangan). memasuki Universitas Glasgow. dan pada fakta bahwa orang-orang yang menyaru sebagai men of letters bisa menikmati kehidupan lebih nyaman dari mentri di Church of England. Oxford. 5 Juni 1723 – wafat di Edinburgh. Sistem ekonomi ini muncul pada abad 18 di Eropa Barat dan pada abad 19 mulai terkenal disana. tetapi seperti William Robert Scott katakan. 17 Juli 1790 dalam umur 67 tahun).TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA 6 BAB II ISI 2.

Kuliahnya mencakup etika. Daniel. Thomas Robert Malthus. Pada 1797. FRS (Februari 1766 – 23 Desember 1834). Malthus menikah pada 1804. Smith meninggalakan banyak catatan dan material yang tidak dipublikasikan. ia dan istrinya mempunyai tiga orang anak. retorika. dia merutinkan The Poker Club dari Edinburgh. Mata pelajaran utamanya adalah matematika. Tahun 1751 Smith ditunjuk sebagai ketua dewan logika di Universitas Glasgow. Raya Jakarta KM. Eksekutor literatur Smith ialah dua orang teman lama dari akademi dunia Skotlandia. filosofi. ekonomi. Siswa-siswanya SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl. Ayahnya. Malthus dilahirkan dalam sebuah keluarga yang kaya. jurispundens. meskipun ia lebih suka dipanggil "Robert Malthus". Dia meninggal di edinburgh pada 17 Juli 1790 karena sakit keras dan dikuburkan di Canogatw Kirkyard. Ia memperoleh gelar magister pada 1791 dan terpilih menjadi fellow dari Jesus College dua tahun kemudian. tetapi memberi instruksi untuk menghancurkan apapun yang tidak pantas dipublikasikan. fisikawan dan kimiawan Joseph Black. dan "polisi dan keuntungan. Cambridge pada 1784. adalah sahabat pribadi filsuf dan skeptik David Hume dan kenalan dari JeanJacques Rousseau. Malthus muda dididik di rumah hingga ia diterima di Jesus College.[1]. Di sana ia belajar banyak pokok pelajaran dan memperoleh penghargaan dalam deklamasi Inggris. Hubungan dan kesamaan opini yang dapat ditemukan dalam detil dari tulisan mereka mencakup sejarah.2 THOMAS MALTHUS Pdt.TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA 7 tahun. dan agama menandakan bahwa mmereka berdua memiliki persekutuan intelektual yang dekat dan persahabatan dibanding orang lain yang mana akan memerankan peran penting selama Pencerahan di Skotlandia. dipindahkan tahun 1752 ke Dewan filosofi moral Glasgow. Tahun 1783 dia menjadi salah satu pendiri Royal Society of Edinburgh dan dari tahun 1787 sampai 1789 dia mendaat posisi kehormatan Lord Rektor Universitas Glasgow. bahasa Latin dan Yunani. pernah ditinggali oleh gurunya yang terkenal. dan geolog pionir James Huton. 4 Pakupatan Serang-Banten Telp. Francis Hutcheson. (0254)284764) . ia ditahbiskan dan menjadi pendeta Anglikan di desa. 2. Pada 1805 ia menjadi profesor Britania pertama dalam bidang ekonomi politik di East India Company College di Haileybury di Hertfordshire. politik ekonomi. politik. Tahun 1778 Smith ditunjuk untuk menduduki pos sebagaikomisioner untuk cukai di Skotlandia dan hidup bersama ibunya di Edinburgh. yang biasanya dikenal sebagai Thomas Malthus.

namun memutuskan pindah ke Manhattan pada 1957. ia terpilih menjadi Fellow dari Perhimpunan Kerajaan. dan wafat pada tanggal 13 February 1858 di Cologne. di mana ia berkolaborasi dengan George Stigler pada ekonomi politik dan keluarga. di mana ia pertama kali tertarik dalam ilmu ekonomi. Becker dianugerahi Penghargaan Bank Swedia dalam Ilmu Ekonomi untuk mengenang Alfred Nobel pada 1992 karena "telah memperluas jangkauan analisis ekonomi mikro hingga kisaran luas pada perilaku dan interaksi manusia. bersama dengan Jacob Mincer.TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA 8 menyapanya dengan sebutan kesayangan "Pop" (yang dapat berarti "papa") "Populasi" Malthus. Dia adalah seorang SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl.3 GARY BECKER Gary Stanley Becker (lahir 2 Desember 1930 di Pottsville. 2. termasuk perilaku nonpasar. Raya Jakarta KM. Pada 1970. Becker juga menerima John Bates Clark Award dari American Economic Association pada 1967. Becker masuk Universitas Princeton. Masalah ini kemudian diperbaiki lewat operasi. Di Columbia University itulah Becker. Becker kembali ke Universitas Chicago.4 HERMAN HEINRICH GOSSEN Hermann Heinrich Gossen lahir pada tanggal 7 September 1810 di Düren. Becker tetap di New York selama 12 tahun berikutnya untuk mengadakan penelitian dan mengajar. Cacat ini adalah bawaan sejak lahir yang cukup lazim di lingkungan keluarganya. Pada 1818. 2. obat terlarang. 4 Pakupatan Serang-Banten Telp. Sumbingnya juga meluas hingga ke dalam mulutnya yang mempengaruhi bicaranya. dan Malthus dianggap sangat tampan. ia menjadi ketua perkumpulan itu pada 1987. Ia melanjutkan studinya dalam ilmu ekonomi di Universitas Chicago.” Karyanya termasuk artikel-artikel perkembangan pada ekonomi diskriminasi. dan interaksi sosial. Di sana ia menjadi profesor di Universitas Columbia dan bekerja untuk National Bureau of Economic Research. Pennsylvania) adalah seorang ekonom dan pemenang Hadiah Nobel. Becker tetap di University of Chicago selama beberapa tahun sebagai profesor asisten. Ia juga telah dianugerahi Seidman Award dan penghargaan sosial pertama Award of Merit dari National Institute of Health. kejahatan. mulai melakukan penelitian lanjutan pada modal manusia dan menunjukkan bahwa pendidikan adalah aset masyarakat. (0254)284764) . Malthus menolak dibuat fotonya hingga tahun 1833 karena ia merasa malu karena sumbing.

tapi sedikit demi sedikit. dia membiayai kehidupannya dengan menjual asuransinya samapi meninggal. pada tahun ‘30-an sangatlah jarang. John Hicks meninggal apad tanggal 20 Mei. Ekonom. 10. hari-hari barunya baru dimulai ketika di Oxford. setelah itu bekerja di Perusahaan Prussian sampai pensiun pada tahun 1847. ia mengambil jabatan dosen sementara di London School Jurusan Ekonomi dan Politik. pada tahun 1923. 6. Lahir pada tanggal 8 April 1904 di Warwick. New York dan meninggal pada tanggal 29 April 1947 di New York.TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA 9 Ekonom berkebangsaan Prussia. R HICKS 1.6 IRVING FISHER Irving Fisher lahir pada tanggal 27 febriari 1867 di Saugerties. ia tertarik pada literatur dan sejarah. 5. 2. Inggris. entah mengapa nilai-nilainya tidak mencukupi di semua pelajaran yang telah ia pelajari. dan pada tahun pertamanya di Oxford. Tahun 1938 sampai 1946. jadi. ia mendapatkan hadiah Nobel dengan Kenneth J. Tapi ia tidak tertarik dengan matematika. Ia memulai sebagai Ekonom. SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl. 8. 4. Ia belajar di Universitas Clifton pada tahun 1917 hingga 1922 dan di Universitas Balliol di Oxford pada tahun 1922 sampai 1926. ia menjadi Profesor di Universitas Machester. Pada tahun 1989. Gossen belajar di Bonn. 4 Pakupatan Serang-Banten Telp. Ia menyadari bahwa kemampuan matematiknya sedikit demi sedikit terlupakan. ia pindah jurusan ke Filosofi. Tahun 1935-1938. ia menikahi Ursula Webb. Ia lebih terkenal sekarang ketimbang masa hidupnya. 2. Raya Jakarta KM. Ia adalah ekonom Amerika Duta Kesehatan. 11. Selam sekolah. Arrow. pada tahun 1972. sebuah pendidikan yang mahal oleh Beasiswa matematik. 9. mengerjakan pekerjaan dekriptif di Industri Perhubungan. dimana tulisannya itu berdasarkan pekerjannya di London. tahun 1935. 3.5 J. ia pindah ke bagian analisa. 7. ia menjadi dosen di Cambridge dan kebanyakan menyibukkan diri dengan menulis Harta dan Modal. 2. pada tahun 1946. (0254)284764) . ia kembali ke Oxford. yang dianggap sebagai pemerhati pertama mengenai teori Utilitas Marjinal. dia adalah seorang ahli Matematika. Politik dan Ekonomi.

Tetapi.A pada tahun 1888. 4 Pakupatan Serang-Banten Telp. (0254)284764) . Smith adu pendapat dan menentang teori lama ekonomi perdagangan yang menekankan arti penting perlunya negara punya persediaan batangan emas dalam jumlah besar. dan mengubah mayoritas kawasan Eropa menjadi daerah perdagangan bebas. layaklah dianggap bahwa The Wealth of Nations merupakan pangkal tolak dari penelitian modern politik ekonomi. Ia memulai untuk menulis tesis dengan mengkombinasikan matematika dengan ekonomi. ia menginginkan anak-anaknya menjadi seseorang yang berguna bagi masyarakat. BAB III KEISTIMEWAAN PARA TOKOH 3. Teori ini sampai pada proto-industrialisasi di Eropa. Adam Smith bukanlah orang pertama yang mengabdikan diri pada teori ekonomi. entah mengapa. yang bertujuan untuk mencari keuntungan sebanyak-banyaknya). adiknya dan dirinya sendiri. bukunya menolak pandangan para physiokrat yang mengatakan bahwa tanah merupakan sumber utama dari SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl. Dia juga dikenal sebagai "Bapak Ekonomi". tapi ekonomi lebih cocok dengan sifatnya peduli. ayahnya meninggal pada umur 53. Salah satu hasil besar yang disuguhkan buku ini adalah karena ia meluruskan dan menghalau pelbagai anggapan yang jadi anutan orang sebelumnya. Raya Jakarta KM.1 ADAM SMITH Karyanya yang terkenal adalah buku An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (disingkat The Wealth of Nations) adalah buku pertama yang menggambarkan sejarah perkembangan industri dan perdagangan di Eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme (paham yang dianut oleh negara-negara imperialis. dialah orang pertama yang mempersembahkan teori ekonomi yang sistematik dan mudah dicerna yang cukup tepat sebagai dasar bertolak buat kemajuan bidang itu di masa depan. Begitu pula. dimana ketika ia menjadi anggota Tengkorak dan Tulang. ia mendukung ibunya. Fisher menguasai matematika. membuat kemungkinan akan adanya pengusaha. tanpa dikendalikan oleh perkumpulan dan/atau negara. Irving terhanyut. dan banyak gagasan-gagasannya yang terkenal bukanlah asli keluar dari kepalanya.TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA 10 Ayahnya adalah seorang guru dan ikut dalam Perkumpulan Menteri. seminggu setelah ia diterima di Universitas Yale. Atas dasar alasan itu. Smith percaya akan hak untuk mempengaruhi kemajuan ekonomi diri sendiri dengan bebas. Irving muda memiliki kemampuan matematika dan penemuan dalam bakat alam. Ia lulus dari Universitas Yale dengan gelar B.

Raya Jakarta KM.2 THOMAS MALTHUS Thomas Malthus adalah seorang pakar demografi Inggris dan ekonom politk yang paling terkenal karena pandangannya yang pesimistik namun sangat berpengaruh tentang pertambahan penduduk. sehingga hanya dalam jangka waktu beberapa puluh tahun saja mazhab-mazhab ekonomi sebelumnya tersisihkan. 1999: 790). (Case & Fair. Sebaliknya Smith menekankan arti pokok yang paling penting adalah tenaga kerja. yang menyebabkan berkurangnya jumlah makanan per orang. termasuk penggunaan analisis statisnya. Pada dasarnya dia menentang keras hampir semua ikut campurnya pemerintah di bidang bisnis dan pasar bebas. Malthus membuat ramalan yang terkenal bahwa jumlah populasi akan mengalahkan pasokan makanan. (0254)284764) . sebuah ramalan yang gagal karena beberapa alasan. Smith dengan gigih menekankan bahwa peningkatan produksi dapat dicapai lewat pembagian kerja dan dia menyerang habis semua peraturan pemerintah yang usang dan campur tangannya berikut hambatan-hambatan yang menghalangi perkembangan dan perluasan industri. Dia merupakan orang Skotlandia pertama yang ditampikan dalam mata uang tersebut oleh Bank of England. Begitu sempurnanya Adam Smith mengorganisir dan mengedepankan sistem pemikiran ekonominya. yang membangun reputasi Smith masa itu. yang memperhitungkan kecenderungan-kecenderungan mutakhir SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl. Ia bahkan meramalkan secara spesifik bahwa hal ini pasti akan terjadi pada pertengahan abad ke-19. terutama Rousseau. Hart. 4 Pakupatan Serang-Banten Telp. yang pertama kali diterbitkan pada 1798. menjelaskan bagaimana komuikasi manusia bergantung pada simpati antara agen dan penonton Smith berada di peringkat 30 di Daftar orang paling berpengaruh-nya Michael H. Pandangan-pandangan Malthus umumnya dikembangkan sebagai reaksi terhadap pandangan-pandangan yang optimistik dari ayahnya dan rekan-rekannya. Smith karena itu percaya kepada sistem perdagangan bebas dan menentang keras harga tinggi. Tahun 1759 dia menerbitkan Teori dari Sentimen Moral. Esai Malthus juga dibuat sebagai tanggapan terhadap pandangan-pandangan Marquis de Condorcet. Dia berulang kali dan dengan kata-kata keras. Dalam An Essay on the Principle of Population (Sebuah Esai tentang Prinsip mengenai Kependudukan).TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA 11 nilai.Dari 13 Maret 2007 kesana potret Smith muncul dalam £ 20 baru. Gambar dari nota ini tersedia di bwebsite Bank of England. Karya ini. Semasa hidupnya. 3. mengecam habis praktek-praktek monopoli ekonomi dan menginginkan penghapusannya.

Lewat dari batas itu. jika jumlah satuan-satuan barang tertentu semakin bertambah secara kuantitas. Hukum Gossen: pertama. Raya Jakarta KM. 4 Pakupatan Serang-Banten Telp. margin). 3. Sangat jelas sekali kemajuan umum yang berdasarkan teori menyangkut pada teori Marginal Utility. maka faedahnya semakin menurun. kebutuhan dan selera manusia akan barang dan jasa meliputi jumlah yang banyak dan berbagai rupa dalam sifat dan jenisnya. diterbitkan di Braunschweig pada tahun 1854. Faedah tersebut semakin berkurang sampai pada suatu batas (grenzen. sampai batas tertentu yang William Stanley Jevons (salah satu guru/ahli dari Revolusi Marjinal) telah mengomentarinya. 3.TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA 12 dan memproyeksikannya secara tidak terbatas ke masa depan. karena akan menyebabkan kurang kompetitif dan banyak kehilangan konsumsi pasar.4 HERMAN HEINRICH GOSSEN Gossen menerbitkan bukunya yang berjudul The Development of the Laws of Human Intercourse and the Consequent Rules of Human Action (Kemajuan Hukum Hubungan Manusia dan Konsekuensi dari Perilaku Manusia). yang berarti kepuasan maksimal bagi pemakai di tengan keterbatasan kemampuan dan ketidakterbatasan hasrat. Ia membuktikan bahwa diskriminasi lebih merugikan perusahaan. Kemampuan alokasi daya dan dana akan melahirkan apa yang disebut sebagai faedah maksimal. Dialah penemu hukum Gossen I dan II. Becker meneliti hubungan antara pertumbuhan ekonomi masyarakat serta konsumsi dan ukuran keluarga. Faedah pada batas ditentukan secara subjektif dari pihak peminta dan merupakan dasar bagi nilai dan harga barang yang bersangkutan. Becker menerbitkan sebuah buku dari disertasinya yang menghubungkan ekonomi dengan sosiologi. yang hampir selalu gagal untuk sistem yang kompleks. pertambahan barang tersebut menyebabkannya tidak mempunyai arti bagi peminat. Lebih lanjut. ia menerbitkan A Treatise on the Family. Kedua. Kepuasan maksimal tersebut akan diperoleh jika faedah marginal dari masing-masing barang (kebutuhan) akan menjadi sama besarnya pada tingkat di mana daya dan dananya habis terpakai. (0254)284764) . SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl. kumpulan artikel dengan isu-isu seputar pernikahan hingga tingkat kelahiran. Ia memasukkan teori ekonomi untuk mengevaluasi efek diskriminasi pada pekerjaan dan gaji kaum minoritas. Pada 1981.3 GARY BECKER Pada 1957. sementara sumber daya dan dana yang tersedia selalu terbatas secara absolut dan nisbi.

4 Pakupatan Serang-Banten Telp. sifat. teori kuantitas tentang uang dan harga. (5) penjual menjual dengan harga yang terbentuk.ditemukan istilah time-preference: kecenderungan hasrat untuk mengutamakan pendapatan yang tersedia untuk dinikmati pada saat ini. ketimbang pendapatan yang baru dapat dinikmati di masa depan. Dalam hal bunga.5 J. Inti teori kuantitas uang dan harga: tingkat harga sepadan dalam perimbangan tingkat pasok uang. (2) pola penerimaan pendapatan itu berkembang dalam jangka waktu tertentu. & mutu. Temporary equilibrium: equilibrium yang kini berlaku di pasaran secara tidak langsung dipengaruhi oleh perkembangan pasar di masa depan. langsung mempengaruhi tingkat harga. Sifat dan komposisi pendapatan itu dijelaskan sebagaimana berikut: (1) tingkat besar kecilnya arus pendapatan. SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl. Oleh karenanya. V adalah laju peredarn uang. turnover) Bertambah dan berkurangnya peredaran uang. MV = PT Di mana: M adalah jumlah uang beredar. (7) faktorfaktor produksi bergerak bebas. P adalah tingkat harga umum. HICKS Dialah penemu cara meentukan titik keseimbangan pasar (equilibrium price). Faktor monopoli tidak mengambil peran besar dalam transaksi-transaksi pasar. R. (3) Komposisi pendapatan. Raya Jakarta KM. persaingan sempurna tidak banyak menyimpang dari realitas. yang juga dipengaruhi oleh expectations pelaku pasar akan perkembangan masa depan. Pendekatan ilmiahnya didasarkan pada pendapat.bahkan menentukan tinggi rendahnya tingkat bunga. teori tentang bunga. yang berkisar pada masalah berapa besar bagian dari pendapatan itu dipertlukan untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti pangan. Jika monopoli menjalankan peranan yang sangat besar.6 Irving Fisher Pencipta teori konsep (angka) indeks. maka itu tidsak sejalan dengan prinsip equilibrium (1) jumlah penjual banyak. (9) tidak ada pembedaan biaya transport. bahwa segala sesuatu yang dibentangkan mengenai fenomena ekonomi harus bisa diukur dn diuji secara statistik operasional. (4) faktor resiko atau ketidakpastian dalam prospek tersedianya arus pendapatan di masa datang. Sifat dan komposisi arus pendapatan memiliki relevansi yang sangat penting. sandang. (4) para penjual tidak mempengaruhi harga dan jumlah. dan T adalah nilai produksi riil atan nilai hasil penjualannya (nilai jumlah transaksi. 3. (8) pendatang-pendatang baru bebas berniaga. (3) pasar terbuka bagi penjual-penjual baru. (6) penjual & pembeli mengetahui perimbangan pasar. (0254)284764) . (2) barang/jasa sama dalam jenis. pemukiman.TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA 13 3.

Tetapi. Begitu pula.1 ADAM SMITH Adam Smith bukanlah orang pertama yang mengabdikan diri pada teori ekonomi. Pada dasarnya dia menentang keras hampir semua ikut campurnya pemerintah di bidang bisnis dan pasar bebas.3 KESIMPULAN 4. dialah orang pertama yang mempersembahkan teori ekonomi yang sistematik dan mudah dicerna yang cukup tepat sebagai dasar bertolak buat kemajuan bidang itu di masa depan. 4 Pakupatan Serang-Banten Telp. mengecam habis praktek-praktek monopoli ekonomi dan menginginkan penghapusannya. Smith dengan gigih menekankan bahwa peningkatan produksi dapat dicapai lewat pembagian kerja dan dia menyerang habis semua peraturan pemerintah yang usang dan campur tangannya berikut hambatan-hambatan yang menghalangi perkembangan dan perluasan industri. Begitu sempurnanya Adam Smith mengorganisir dan mengedepankan sistem pemikiran ekonominya. (0254)284764) . bukunya menolak pandangan para physiokrat yang mengatakan bahwa tanah merupakan sumber utama dari nilai. Atas dasar alasan itu. Smith adu pendapat dan menentang teori lama ekonomi perdagangan yang menekankan arti penting perlunya negara punya persediaan batangan emas dalam jumlah besar. Salah satu hasil besar yang disuguhkan buku ini adalah karena ia meluruskan dan menghalau pelbagai anggapan yang jadi anutan orang sebelumnya.TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA 14 BAB IV PENUTUP IV. Smith karena itu percaya kepada sistem perdagangan bebas dan menentang keras harga tinggi. Dia berulang kali dan dengan kata-kata keras. layaklah dianggap bahwa The Wealth of Nations merupakan pangkal tolak dari penelitian modern politik ekonomi. Raya Jakarta KM. dan banyak gagasan-gagasannya yang terkenal bukanlah asli keluar dari kepalanya. Sebaliknya Smith menekankan arti pokok yang paling penting adalah tenaga kerja. sehingga hanya dalam jangka waktu beberapa puluh tahun saja mazhab-mazhab ekonomi SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl.

Gambar dari nota ini tersedia di bwebsite Bank of England. Teori Adam Smith bertentangan dengan Ayat Al-Quran Surat Al-Humazah : 1-6. SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl. karena Allah tidak suka dengan pengumpul harta. 5. 4.                                  1. [1600] maksudnya mengumpulkan dan menghitung-hitung harta yang karenanya dia menjadi kikir dan tidak mau menafkahkannya di jalan Allah. karena. Hart. (0254)284764) . Smith berada di peringkat 30 di Daftar orang paling berpengaruh-nya Michael H. (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan. 4 Pakupatan Serang-Banten Telp. Sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah. Dia merupakan orang Skotlandia pertama yang ditampikan dalam mata uang tersebut oleh Bank of England. 2. Dari 13 Maret 2007 kesana potret Smith muncul dalam £ 20 baru.TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA 15 sebelumnya tersisihkan. 3. Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? 6. Raya Jakarta KM. Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela. Yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitung[1600]. yaitu paham yang bertujuan mengumpulkan kekayaan sebanyak-banyaknya. hal ini tidak sejalan dengan Firman Allah. Dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengkekalkannya. Teori yang dikemukakan oleh Adam Smith adalah Kapitalisme.

Raya Jakarta KM. dan akan terjadi pengangguran. tidak adanya pemerataan pekerjaan. monopoli tidak sejalan dengan prinsip equilibrium. Karena ia sangat menentang keras diskriminasi.2 THOMAS MALTHUS 16 Malthus adalah orang yang optimis.6 Irving Fisher Ia mengemukakan teori mengenai uang. maka akan timbul perasaan ingin menghabiskan uang yang ada. Karena jika bertambah peredaran uang di masyarakat. 4. Sehingga ia berani untuk membuat ramalan mengenai pertambahan populasi yang akan mengalahkan jumlah pangan pada abad 19. Walaupun pada akhirnya. Karena apabila diskriminasi diterapkan. Ia sangat menentang pasar monopoli. namun hanya ada satu penjual. HICKS Dia mengemukakan teorinya mengenai harga keseimbangan pasar. karena dibesarkan dalam keluarga yang optimistik. R. Karena efek diskriminasi akan berakibat pada pekerjaan dan gaji. bertambah atau berkurangnya peredaran uang di masyarakat berpengaruh pada harga pasar. yaitu jika nilai guna suatu barang telah diperoleh secara maksimal. titik penawaran dan permintaan berada pada posisi yang seimbang. 4.TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA 4. Menurutnya. karena menurutnya. (0254)284764) . ramalannya tersebut salah atau meleset. SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl. Yaitu. Semakin sering mengkonsumsi suatu benda tersebut. Sehingga nanti akan dapat berakibar inflasi atau deflasi. maka tingkat kejenuhannya akan semakin cepat. Yaitu terdapat banyak pembeli.3 GARY BECKER Ia menerbitkan buku yang menghubungkan ekonomi dengan sosiologi. 4. yang disebut dengan kepuasan maksimal. Sehingga tidak akan tercapai titik keseimbangan. 4 Pakupatan Serang-Banten Telp.4 HERMAN HEINRICH GOSSEN Gossen mengemukakan teorinya mengenai kemampuan maksimal suatu benda untuk memuaskan manusia.5 J. 4.

TOKOH-TOKOH EKONOMI DAN KEISTIMEWAANNYA 17 4. dan berani menyuarakan pemikiranpemikiran atau pandangan-pandangan. BAB V DAFTAR PUSTAKA  www. Raya Jakarta KM. (0254)284764) . seharusnya meneladani tokoh-tokoh tersebut.google.wikipedia.org SMA ISLAM AL-AZHAR 6 Jl.2 SARAN saya sebagai pelajar khususnya di bidang IPS. 4 Pakupatan Serang-Banten Telp. agar termotivasi.com  www.