SILABUS MATAKULIAH ANTROPOLOGI SOSIAL/ANTROPOBIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN UMT A. Identitas 1. Nama Matakuliah 2.

Program Studi 3. Fakultas 4. Bobot 5. Elemen Kompetensi 6. Jenis Kompetensi 7. Alokasi Waktu : : : : : : : Antropologi Sosial/Antropobiologi PAUD FKIP 2 SKS …………….. …………….. ……………. Materi Pokok
Pengertian dan Ruang Lingkup Ilmu Antropologi a. Pengertian dan cabangcabang Ilmu Antropologi b. Fase-fase Perkembangan Ilmu Antropologi c. Hubungan antara Ilmu antropologi dan Ilmu Sosial Lainnya d. Ilmu antropologi masa kini. Strategi Pembelajaran
Alokasi Waktu

B. Unsur-unsur Silabus Kompetensi Indikator Dasar a. Mahasiswa mampu Mahasiswa menyebutkan cabangmengeta cabang ilmu Antropologi hui dan dan ruang lingkupnya memaha b. Mahasiswa mengerti dan mi memahami fase-fase konsep, perkembangan I. Antropologi dengan cara teori, menjelaskannya kepada dan orang lain metode c. Mahasiswa memahami penelitia Kajian dan kontribusi I. n Antropologi masa kini. Dengan cara antropolo menjelaskannya kepada gi sosial, orang lain serta a. Mahasiswa mengerti dan mampu memahami metode
menerapka nnya

Sumber Belajar a. Koentjaraningr
at, Pengantar Ilmu Antropologi. b. Keesing, Robert M, Antropologi Budaya I dan II c. Thomas Hyland Eriksen, What is Anthropology?

Evaluasi 1. Ujian semeste r

Ceramah, diskusi

dalam studi

penelitian Antropologi dengan cara menjelaskannya kepada orang lain

2. Etnografi/ Penelitian Lapangan Antropologi (Fieldwork) a. Metode Penelitian Antropologi b. Penulisan Etnografi

Ceramah, diskusi

a.

Koentj araningrat, Pengantar Ilmu Antropologi. b. Keesing , Robert M,

1

studi a. c. dengan ilmiah cara menjelaskannya teruta kepada orang lain ma b. Evolusi. Thoma s Hyland Eriksen. b. Pengertian Individu dan Masyarakat b. Ihromi. studi kasus a. Pengantar Ilmu Antropologi 4. d. Antropologi Budaya I dan II c. Mahasiswa mampu dalam menunjukkan problem mengastudi sosial tentang masyarakat nalisis c. What is Anthropology? Thomas Hyland Eriksen. Fionna Bowie. dan Akulturasi Kebudayaan Ceramah. Struktur dan Sistem Sosial e. Pokok-pokok 2 . diskusi a. Antropologi Budaya I dan II c. Popular Culture Ceramah. T. Mahasiswa mengerti dan memahami pengertian dan konsep tentang religi dengan cara menjelaskannya kepada orang lain b. David Kaplan dan Albert A. Teori Budaya a. What is Anthropology? Koentjaraningrat.sosial humanior a b. Anthropology Of Religion b. Difusi. Kebudayaan a. Koentjaraningr at. Mampu menerapkan menera pkanny a a. Manners. Konsep dan pengertian dasar Kebudayaan dalam Ilmu antropologi b. What is Anthropology d. Mahasiswa mengerti dan problememahami pengertian m dan konsep kebudayaan sosial dengan cara menjelaskannya kepada budaya orang lain . Studi Religi dalam Antropologi a. Keesing. Adat Istiadat. diskusi. studi kasus 6. Mahasiswa mampu menunjukkan problem studi budaya secara sederhana metode antropologi dalam studi sosial humaniora 3. Teori Antropologi Tentang religi Ceramah. Thomas Hyland Eriksen. Tiga Wujud Kebudayaan dan unsur-unsur Kebudayaan d. diskusi. Mahasiswa mengerti dan dalam memahami pengertian dan kegiata konsep tentang individu dan n masyarakat. Pranata Sosial Ceramah. Pengantar Ilmu Antropologi b. Koentjaraningrat.O. Individu dan Masyarakat a. Robert M. Beberapa konsep dasar b. Sejarah Teori Antropologi I dan II a. Mahasiswa mampu menunjukkan problem studi religi Mahasiswa mengerti dan memahami pengertian dan 5. diskusi.

b. kasus b. 9. a. studi kasus a. studi kasus a. T. Antropologi Interpretif Ceramah. diskusi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia c. b. Mahasiswa dapat memahami pengertian dan Asumsi Dasar Teori StrukturalFungsionalisme sebagai salah satu pendekatan dalam analisis budaya dan masyarakat dengan cara menjelaskannya kepada orang lain. diskusi. Victor Turner. Antropologi Budaya. Proses diffusi kebudayaan c. Proses akulturasi kebudayaan a. Pendekatan Interpretif dalam studi agama a. dan mampu menerapkannya dalam studi sosial Mahasiswa dapat memahami pengertian dan Asumsi Dasar Teori Antropologi Interpretif sebagai salah satu pendekatan dalam 8. Teori Fungsionalisme E. Thomas Hyland 3 . Positivisme dalam Ilmu Sosial dan Implikasinya terhadap Kajian Agama. Clifford Geertz. Simbolisme a. serta mampu menerapkannya dalam studi sosial humaniora 7. Sejarah Teori Antropologi I dan II . Pokok-pokok Antropologi Budaya. studi kasus a. difusi. Soehadha. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Koentjaraningrat. Sejarah Teori Antropologi I dan II . The Interpretation of Culture b. Durkheim Ceramah. Moh.konsep evolusi. Teori Strukturalisme A. dan akulturasi budaya dengan cara menjelaskannya kepada orang lain Pengertian dan Asumsi Dasar Teori Evolusi Kebudayaan b.O.Brown c. Ihromi. Teori Fungsionalisme Malinowski b. Mahasiswa dapat memahami pengertian dan Asumsi Dasar Teori Simbol sebagai salah satu pendekatan dalam analisis budaya dan masyarakat dengan cara menjelaskannya kepada orang lain. The Forest Of Symbols Moh Soehadha. diskusi. Koentjaraningr at.R. Pengertian Simbol b. Teori StrukturalFungsionalisme a. Liminalitas Victor Turner: Simbol dan Agama Ceramah.

Chris Barker. Antropology Today a. Cultural Study dan popular Culture b. Pengantar Studi Islam c. What is Anthropology b. Cultural Study C. studi budaya pop. yaitu sudi tentang masyarakat dan problem sosial. serta mampu menerapkannya dalam studi sosial humaniora.analisis budaya dan masyarakat dengan cara menjelaskannya kepada orang lain. Beberapa fokus atau problem studi dalam antropologi pada hakikatnya juga menjadi fokus studi dari Kesejahteraan Sosial. d. 10. studi kasus a. 4 . Dalam studi islam. Keduanya memiliki basis teori dan fokus studi yang saling berkaitan. Sosiologi b. serta mampu menerapkannya dalam studi sosial Eriksen. Mahasiswa dapat memahami perkembangan teori antropologi masa kini. Postmodernisme Ceramah. b. What is Anthropology b. Thomas Hyland Eriksen. Metodologi Penelitian 2. Matakuliah Pendukung integrasi-interkoneksi a. Teori dan metodologi yang diterapkan dari kedua ilmu tersebut juga dapat saling mengisi. Level Integrasi-Interkoneksi Filosofis Materi Metodologi Strategi 3. teori dan metode Antropologi juga sangat relevan untuk diterapkan dan dapat memperkaya khasanah studi keislaman dan kemasyarakatan. c. Proses Integrasi-Interkoneksi Proses integrasi dan interkoneksi keilmuan terjadi terutama dalam penjelasan tentang fokus studi dan metodologi. diskusi. dan posmodernisme dalam antropologi dengan cara menjelaskannya kepada orang lain. Integrasi –Interkoneksi 1. a.

5 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful