MAKALAH BULUTANGKIS

BULUTANGKIS A. Latar Belakang Bulutangkis meskipun dikenal sebagai permainan yang dilahirkan di Poona India, dipopulerkan di Inggris setelah dia menjadi permainan orang kelas atas. Nama badminton sendiri diambil dari nama wilayah tanah pertanian milik bangsawan Inggris, kemudian ini yang menjadi nama ajang pertandingan. Di Indonesia permainan ini diduga masuk lewat orang Eropa yang membawanya ketika mereka datang ke mari. Indonesia sendiri mulai berkiprah di tingkat internasional ketika Tan Joe Hol menjadi juara All England tahun 1957. Setelah itu semakin diakui ketika menjadi juara piala Thomas dengan mengalahkan raksasa Malaya dan mulai aktif di berbagai kejuaraan di Eropa. Pemain putri juga muncul dan mendapat nama setelah merebut pula Uber tahun 1975. Pada saat itu demam bulutangkis dengan pemain top seperti Rudy Hartono. B. Rumusan Masalah 1. Apa saja teknik dalam bermain bulutangkis? 2. Apa saja macam permainan bulutangkis? 3. Apa saja sarana dan prasarana dalam bermain bulutangkis? C. Pembahasan 1).Teknik Bermain Bulutangkis backhand. Setiap pengembalian atau pukulan yang dilakukan dari sisi tubuh yang tidak dominan. carry Pengembalian bola yang ditangkap dengan permukaan raket dan dilemparkan ke atas net. cross court . Pengembalian atau pukulan yang mengarahkan bola menyilang melintasi lapangan. drive Adalah pukulan cepat dan mendatar banyak digunakan dalam permaianan ganda. overhead Setiap pukulan yang dilakukan pada angka di atas ketinggian kepala. placement push shot . Pengembalian atau pukulan yang didorong dengan halus ke lapangan lawan. return Setiap metode pemukulan untuk mengembalikan bola melintasi net kembali ke arah lawan. (pengembalian). serve Tindakan menempatkan bola dalam permainan pada awal angka atau rally. smash Pengembalian atau pukulan overhead yang dipukul ke arah bawah menuju lapangan

67 gram. d. stroke Tmdakan memukul bola dengan raket anda (pukulan) 2). c. Panjang raket 67. Permainan ini minimal dapat dimainkan oleh dua orang dan maksimal oleh empat orang. D. Raket .55 meter di atas garis tepi permainan 20 ganda . Untuk ganda tinggi tiang 155 cm. Panjang net sebaiknya sesuai dengan lebar lapangan yaitu 6. Ganda Putri Sama seperti ganda putra tetapi yang bermain adalah wanita. Lapangan .10 meter.71 meter dan lebar 6. Tiang net ditancapkan tepat pada titik tengah ujung garis samping lapangan. serta tinggi net 1. Permainan ini membutuhkan tempat yang lumayan luas untuk memainkannya. Net terbuat dari tali halus dan berwarna gelap.52 meter. .524 meter dari permukaan20 lantai dan pinggiran lapangan berjarak 1.95 cm. Sarana dan Prasarana a. Ganda campuran Seperti permainan ganda tetapi setiap kelompok terdiri putra dan putri.10 meter dan lebarnya 76 cm. b. Macam Permainan Bulutangkis a. Berat kok kira-kira 5. 3). PENUTUP Kesimpulan Permainan bulutanngkis merupakan permainan yang sangat digemari di Indonesia. umumnya sudah memiliki standar yang ditentukan IBF. dengan bagian atasnya mempunyai pinggiran pita putih selebar 7. Lapangan harus berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran panjang 6. Ganda Putra Permainan bulutangkis dimainkan empat orang dengan berkelompok dua-dua.21 cm. d. kepala raket mempunyai panjang 29. Bagian paling atas net di bagian tengah berjarak 1. b. lebar 22. Single Merupakan permainan bulutangkis yang dimainkan oleh dua orang bisa putra dengan putra atau putri dengan putri saja. Kok(shuttlecock) .5 cm. lubang-lubangnya berjarak antara 15 mm. Net dan tiang . c.86 cm. Kok biasanya terbuat dari bulu angsa buatan pabrik.lawan dengan kecepatan dan kekuatan yang besar.

com/2009/04/14. .2009. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. “Mengenal Permainan Bulutangkis”.indoskripsi. “ Teknik Dasar”. Grice. Nugraha.2009.bulutangkis.blogspot.2008. “Teknik Dasar Badminton”. Bulutangkis juga harus dibudayakan diseluruh pelosok daerah di Indonesia DAFTAR PUSTAKA Sham. Nunu. Pada 14 Januari 2010. PBSI.com/judul-skripsi-tugas-makalah/tugas-kuliah-lainnya/mengenalpermainan-bulutangkis. BULUTANGKIS Petunjuk Praktis Untuk Pemula Dan Lanjut.Saran Permainan bulutangkis harus dibina sejak usia dini untuk menghasilkan bibit atlit yang berpotensi untuk mengangkat nama baik Bangsa Indonesia.Pada 14 Januari 2010.Diakses dari www.com. 2002.html. Diakses dari http://teknikbermainbadminton. Diakses dari http://one. Tony.Pada 14 Januari 2010.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful