Dwi Indah Mardyanti 0806465535 Ilmu Hubungan Internasional 10 Definisi Komunikasi: 1. Everett M.

Rogers: “komunikasi adalah proses di mana suatu ide dialihkan dari sumber kepada suatu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka”.1 2. Carl I. Hovland: “komunikasi adalah proses yang memungkinkan seseorang menyampaikan rangsangannya (biasanya lambing-lambang verbal) untuk mengubah perilaku orang lain”.2 3. Theodore M. Newcomb: “setiap tindakan komunikasi dipandang sebagai suatu transmisi informasi, terdiri dari rangsangan yang diskriminatif, dari sumber kepada penerima”.3 4. Gerald R. Miller: “komunikasi terjadi ketika suatu sumber menyampaikan suatu pesan kepada penerima dengan niat yang disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima”4 5. Shannon dan Weafer: “komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempengaruhi satu sama lainnya, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga ekspresi muka, lukisan, seni, dan teknologi”.5 6. John R. Wenburg: “komunikasi adalah suatu usaha untuk memperoleh makna”.6 7. Donald Byker dan Loren J. Anderson: “komunikasi adalah berbagi informasi antara dua orang atau lebih”.7
1 2

Hafied Cangara, Pengantar Ilmu Komunikasi, Cetakan V (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005) hal 19. Deddy Mulyana, Ilmu Komunikasi (Suatu Pengantar), (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002) , hal 62 3 Ibid 4 Ibid 5 Hafied Cangara, Op. Cit, hal 20. 6 Deddy Mulyana, Op.Cit. hal 68 7 ibid, hal 69

komunikasi sebagai interaksi dan komunikasi sebagai transaksi. Sebagaimana dikemukakan oleh John R. Komunikasi sebagai interaksi Pandangan mengenai komunikasi sebagai interaksi juga sering diterapkan pada definisi komunikasi. Tidak ada definisi yang tunggal mengenai komunikasi.9 10. Gorden: “komunikasi secara ringkas dapat didefinisikan sebagai suatu transaksi dinamis yang melibatkan gagasan dan perasaan”. Definisi dari nomor 1-4 merupakan contoh definisi yang sesuai dengan konsep komunikasi sebagai tindakan satu arah.11 Komunikasi sebagai tindakan satu arah Pemahaman yang banyak berkembang mengenai komunikasi manusia adalah komunikasi mengisyaratkan penyampaian pesan searah dari seseorang (sekelompok) kepada orang lain baik secara langsung (tatap muka) ataupun melalui media (misalnya surat. majalah. radio dan televisi). Sereno dan Edward M. Bodaken. dapat dilihat bahwa komunikasi memiliki makna yang beragam. hal 61-69 .10 Berdasarkan dari definisi-definisi yang dikemukakan di atas. Dalam konteks ini. Tubbs dan Sylvia Moss: “komunikasi adalah proses pembentukan makna diantara dua orang atau lebih”. Pearson dan Paul E. Wilmot dan juga Kenneth K. Hingga kini terdapat ratusan definisi komunikasi yang telah dikemukakan oleh para ahli. Wenburg dan William W. setidaknya ada tiga kerangka pemahaman mengenai komunikasi. Judy C. Stewart L. Nelson: “komunikasi adalah proses memahami dan berbagi makna”.8 9. komunikasi dianggap suatu tindakan yang disengaja. Pandangan ini menyetarakan komunikasi sebagai suatu proses sebab-akibat atau 8 9 Ibid Ibid 10 Ibid 11 Ibid. William I. yakni komunikasi sebagai tindakan satu arah.8.

ada tiga dimensi konseptual penting yang mendasari perbedaan dari ke-126 definisi temuannya itu. Tingkat observasi atau derajat keabstrakannya. telegraf. Menurut Dance dan Larson. Komunikasi sebagai transaksi Menurut pemahaman pandangan komunikasi sebagai interaksi. yang arahnya bergantian. Maksudnya disini adalah bagaimana suatu definisi dikategorikan terlalu umum atau terlalu sempit. Sedangkan. 2. Beragamnya definisi komunikasi juga dikemukakan oleh Dance dan Larson yang telah mengumpulkan 126 definisi komunikasi yang berlainan pada tahun 1976. Penafsiran anda atas perilaku verbal atau nonverbal orang lain yang anda kemukakan kepadanya juga mengubah penafsiran orang lain tersebut atas pesan-pesan anda. dan sebagian yang lain tidak. misalnya dari Alex Gode (1959) yang menyatakan komunikasi sebagai proses yang membuat sama bagi dua 12 13 Ibid hal 54-55 Ibid .12 Tentu sekarang jumlah definisi komunikasi sudah bertambah melebihi dari itu. Definisi no 6-10 merupakan contoh dari pandangan ini. Sebagian definisi mensyaratkan kesengajaan. Tingkat kesengajaan. radio.aksi-reaksi. Pandangan ini melihat komunikasi bersifat dinamis. definisi yang mengabaikan kesengajaan. Miller yang menyatakan komunikasi merupakan situasi-situasi yang memungkinkan suatu sumber mentransmisikan suatu pesan kepada seorang penerima dengan disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima. kurir dan sebagainya. Definisi no 5 di atas merupakan salah satu contoh definisi yang mewakili pandangan ini. komunikasi dilihat sebagai suatu proses personal karena makna atau pemahaman yang kita peroleh pada dasarnya bersifat pribadi. Contoh definisi yang mensyaratkan kesengajaan adalah definisi komunikasi dari Gerald R. antara lain 13: 1. Contoh definisi terlalu umum adalah definisi yang menyatakan komunikasi sebagai proses yang menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan. Sedangkan definisi yang bersifat khusus contohnya adalaah definisi yang menyatakan bahwa komunikasi merupakan alat untuk mengirimkan pesan militer. perintah dan sebagainya melalui telepon.

. Definisi tersebut tidak mensyaratkan bahwa informasi harus diterima atau dimengerti. Definisi yang menekankan keberhasilan diterimanya pesan dicontohkan oleh definisi dari John B. Definisi yang tidak menekankan keberhasilan dan tidak diterimanya pesan contohnya adalah definisi dari Bernard Berelson dan Gary Steiner yang menyatakan komunikasi adalah proses transmisi informasi. Penilaian normatif. Hoben menyatakan bahwa komunikasi adalah proses pertukaran verbal pikiran atau gagasan.orang atau lebih apa yang tadinya dimonopoli seseorang menjadi dimiliki dua orang atau lebih. 3. Dimensi ketiga ini mencakup keberhasilan diterimanya pesan atau tidak.