1. Konsep dasar Komunikasi Organisasi A.

Definisi Komunikasi Istilah komunikasi atau dalam bahasa inggris communication berasal dari kata latin communication , dan bersumber dari kata communis yang berarti sama . sama di sini maksudnya adalah sama makna .Paradigma lasswel di atas menunjukkan bahwa komunikasi meliputi unsure yaitu komunikator , pesan , media , komunikan , efek . jadi , berdasarkan paradigm lasswell tersebut , komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu.1 Defenisi Komunikasi Menurut Hovland , jains dan Kelley yang dikemukakan oleh Foesdale tahun 1981 adalah ahli sosiologi Amerika mengatakan communicataion is the process by which an individual transmits stimuli ( usually verbal to modify the behavior of other individuals .Dengan kata lain komunikasi adalah proses individu mengirim stimulus yang biasanya dalam bentuk verbal untuk mengubah tingkah laku orang lain . Menurut Williaam J.Seller ( 1988 ) mendefinisikan komunikasi yang lebih bersifat universal , dan dia mengatakan komunikasi adalah proses dengan mana symbol verbal dan nonverbal dikirimkan , diterima , dan diberi arti . Model Komunikasi adalah gambaran yang sederhana dari proses komunikasi yang memperlihatkan kaitan antara satu komponen komunikasi dengan komponen lainnya . Menurut Model Lasswell dia menngunakan lima pertanyaan yang perlu ditanya kan dan dijawab dalam melihat proses komunikasi , yaitu who ( siapa ), says what ( mengatakan apa ) , in which medium atau dalam media apa , to whom ( kepada siapa ) , dan what effect ( apa efeknya ) . Model komunikasi Shannon dan Wever ( Forsdale 1981 ) yaitu : a. Sumber Informasi b. Transmitter c. Penyandian ( encoding ) pesan d. Penerima dan Deeoding e. Tujuan ( Destinition )
1

Effendy Uchjana Onong , Komunikasi Teori dan Praktek , Remaja Rosdakarya . Bandung ,2007 hal 9,10

1

1981 ) dapat dipisahkan menjadi dua komponen yang struktur normative dan struktur tingkah laku . Organisasi bertumbuh dan bertambah matang sebagian melalui skema yang didesain dan sebagian lagi melalui keadaan yang tidak diatur .f. Kochler mengatakan bahwa organisasi adalah system hubunga yang terstrukutur yang mengkkordinasi usaha suatu kelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu . 3 pendapat itu dapat kita kemukan kesamaannya yaitu organisasi merupakan suatu system . elemen dasar dari organisasi : y Struktur Sosial adalah pola atau aspek aturan hubungan yang ada antara partisipan di dalam suatu organisasi . Lain lagi dengan mendapat Wright ( 1977 ) dia mengatakan bahwa organisasi adalah suatu bentuk system terbuka dari aktivitas yang dikoordinasi oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama . Sumber Gangguan 2 B. Definisi Organisasi Istilah Organisasi dalam bahasa Indonesia atau organization dalam bahasa inggris bersumber pada perkataan latin organization Ada bermacam ± macam pendapat mengenai organisasi menurut Schien ( 1982 ) mengatakan bahwa organisasi adalah suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah orang untuk mencapai beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi melalui hirarki otoritas dan tanggungg jawab. mengkoordinasi aktivitas dan mencapai tujuan bersama atau tujuan umum .3.2009 hal . Organisasi adalah sangat bervariasi ada yang sangat sederhan dan ada pula yang sangat kompleks . struktur social menurut Davis ( Scott . Jakarta . Setiap organisasi memerlukan koordinasi supaya masing ± masing bagian dari organisasi bekerja menurut semestinya dan tidak mengganggu bagian lainnya . Komunikasi Organisasi . Organisasi merupakan suatu struktur hubungan manusiia .9 2 . Bumi Aksar . y Partisipan organisasi adalah individu ± individu yang memberikan kontribusi kepada organisasi . 2 Muhammad Arni . struktur ini didesain oleh manusia dank arena itu tidak sempurna .

23-28 3 .´ Maka seteah diberitahukannya kepada mereka nama ± nama benda itu .´ ( Al-Baqarah : 31-33 ). ( Jakarta . Bumi Aksara . beritahukanlah kepada mereka nama benda ± benda ini . kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat . yang mengajarinya pandai bicara ³ ( Ar-Rahman : 1-4 ). ³Tuhan yang Maha Pemurah . Dan dia mengajarkan kepada Adam nama ± nama benda seluruhnya . Komunikasi Organisasi .Dia menciptakan manusia . secara gampang kita bisa menjawab bahwa Tuhanlah yang mengajari kita berkomunikasi . Para pakar komunikasi mengemukakan fungsi ± fungsi yang berbeda bedaa meskipun adakalanya terdapat kesamaan dan tumpang tindih di antara berbagai pendapat tersebut. sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana ³ Allah berfirman ³ Hai Adam .untuk membangun kontak social dengan orang di sekitar kita .Scheidel mengemukakan bahwa kita berkomunikasi terutama untuk menyatakan dan mendukung identitas diri . yang telah mengajarkan Al-Quran . Allah berfirman : ³ Bukankah sudah kukatakan kepadamu bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan yang kamu sembunyikan . dan utnuk mempengaruhi 3 Muhammad Arini . tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah engkau ajarkan kepada kami . teknologi kebudayaan dan lingkungan social . lalu berfirman : ³ sebutkanlah kepada-Ku nama ± nama benda itu jika kamu orang ± orang yang benar !´Mereka menjawab : Maha Suci Engkau . terhadap mana organisasi tersebut harus menyesuaikan diri . 2009 ) hal . Thomas M.y Tujuana organisasi adalah yang paling penting dan sangat controversial dalam mempelajari organisasi y Teknologi yang dimaksud adalah penggunaan mesin ± mesin atau perlengkapan mein dan juga pengetahuan teknik dan keterampilan partisipan y Lingkungan setiap organisasi berada pada keadaan fisik tertentu .3 C. Fungsi Komunikasi dan Organisasi Dari prespektif agama . Al-Quran mengatakan . dengan menggunakan akal dan kemampuan berbahasa yang dianugerahkan-Nya kepada kita .

Bandung . Intergrasi social terinci atas . Fungsi social .5 4 Mulyana Deddy . menghibur. PT. integrasi social . 2. 1.yakni untuk tujuan kesenangan . Rudolf F. menyatakan identitas social . fungsi melepaskan diri / jalan keluar 2. membangun dan memelihara hubungan . Fungsi informasi 2. menampilkan diri kita sendiri kepada orang lain dan mencapai ambisi pribadi . 1. tepatnya untuk memperbaiki hubungan social dan mengembangkan keberadaan suatu masyarakat 4 Fungsi komunikasi ada empat kategori fungsi utama komunikasi yakni : 1. sosialisasi . 2. Fungsi pribadi komunikasi dirinci ke dalam fungsi .Nelson mengemukakan bahwa komunikasi mempunyai dua fungsi umum . kognitif .Pearson dan Paul E. Fungsi Menghibur Apabila empat fungsi utama itu diperluas maka akan ditemukan dua fungsi lain. Judy C.Remaja Rosdakarya . hal . Ilmu Komunikasi . yakni 1. Untuk kelangsungan hidup masyarakat . Untuk kelangsungan hidup diri sendiri yang meliputi : Keselamatan fisik . yakni memutuskan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu pada saat tertentu . menghubungkan / menjembatani . 4-5 4 .berfikir atau berperilaku seperti yang kita inginkan . untuk menunjukkan ikatan dengan orang lai . fungsi pengawasan . Fungsi Persuasif 4. Fungsi Intruksi 3. meningkatkan kesadaran pribadi . Fungsi pengambil keputusan .Verderber mengemukakan bahwa komunikasi mempunyai dua fungsi .orang lain untuk merasa . 2007 .

Mempengaruhi dan Dipengaruhi Orang . pertukaran informasi dan pemindahan arti di dalam suatu organisasi .Fungsi Organisasi diantaranya adalah : 1. Memenuhi kebutuhan Pokok Organisasi . Mengembangkan Tugas dan Tanggung Jawab . hal. Wacana Komunikasi Organisasi . Kebanyakan organisasi bekerja dengan bermacam ± macam standar etis tertentu . 3. 5. setiap organisasi mempunyai kebutuhan pokok masing ± masing dalam rangka kelangsungan hidup organisasi tersebut . 2. ( Jakarta . Persepsi Zelko dsn Dance mengatakan bahwa komunikasi organisasi adalah suatu system yang saling tergantung yang mencakup komunikasi internal dan komunikasi eksternal . 2004 . Persepsi Thayer menggunakan pendekatan system secara umum dalam memandang komunikasi organisasi . Redding dan Sanbron mengatakan bahwa komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan informasi dalam organisasi yang kompleks . 4. 2. Bandung . 4. Konsep Dasar Komunikasi Organisasi Persepsi komunikasi bermacam ± macam menurut para ahlinya . Persepsi Greenbaunm mengatakan bahwa bidang komunikasi organisasi termasuk arus komunikasi formal dan informal dalam organisasi . 1.orang membimbing . 6 D. 2009 ) hal 32-34 5 . sesungguhnya organisasi digerakkan oleh orang. mengelola . Bumi Aksara . 3. Memproduksi barang atau orang . Persepsi Katz dan Kahn mengatakan bahwa organisasi merupakan arus informasi . Komunikasi Organisasi . 5 6 Liliweri Alo . Mandar Maju . Fungsi utama dari organisasi adalah memproduksi barang atau orang sesuai dengan jenis organisasinya . mengarahkan dan menyebabkan pertumbuhan organisasi . 53 Muhammad Arini .dia mengatakan komunikasi organisasi sebagai arus data yang akan melayani komunikasi organisasi dan proses interkomunikasi dalam beberapa cara .

Meskipun bermacam ± macam persepsi dari para ahli mengenai komunikasi organisasi ini tapi dari semuanya itu ada beberapa hal yang umum yang dapat disimpulkan yaitu : a.7 Proses Dasar dan Unsur Komunikasi Organisasi Pada dasarnya proses dasar komunikasi organisasi meliputi di dalamnya komunikasi antarpribadi maupun komunikasi kelompok .Definisi ini mengandung tujuh konsep yaitu . Definisi dan Konsep dari Komunikasi Organisasi Goldhaber ( 1986 ) memberikan definisi komunikasi organisasi berikut organizational communication is the process of creating and exchanging messages within a network of interdependent relationship to cope with environmental uncertainty. saluran yang dialalui oleh pesan / symbol yang dikirim 7 Ibid hal . hubungannya dan keterampilannya . termasuk komunikasi anatarpribadi dalam organisasi y Saluran . y Encode ( ing ) Dalam komunikasi antarpribadi . Dalam proses komunikasi . saling tergantung . Kata lain komunikasi organisasi adalah proses menciptakan dan saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling tergntung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah ± ubah . hubungan . secara umum proses dasar komunikasi organisasi sebagaimana berikut ini y Komunikator / Pengirim adalah pihak yang memprakarsi komunikasi . lingkungan dan ketidak pastian . Komunikasi organisasi terjadi dala suatu system terbuka yang kompleks yang dipengaruhi oleh lingkungannya sendiri baik internal maupun eksternal . 67 6 . media merupakan tempat . b. proses . perasaannya . pesan . Komunikasi organiasi meliputi orang dan sikapya . tujuan . artinya dia mengawali pengiriman pesan tertentu kepada pihak lain disebut penerima . Komunikasi organisasi meliputi pesan dan arusnya . jaringan . arah dan media c.

y Komunikasi bertujuan untuk menampilkan perasaan dan emosi .hal 61-65 7 . dia menjadi tujuan / sasaran komunikasi dari pihak lain y Gangguan ( noise-interference ) Gangguan dalam komunikasi termasuk komunikasi organisasi adalah segala sesuatu yang menjadi penghambat laju pesan yang ditukar antara pengirim dengan penerima .y Pesan / Simbol . komunikasi dalam organisasi bertujuan untuk mengkoordinasikan sebagai atau seluruh tugas dan fungsi organisasi yang telah dibagi ± bagi dalam bagian yang melaksanakan visi dan misi organisasi di bawah pimpinan seorang pemimpin atau manajer serta para bawahan mereka . pesan berisi pikiran . Tujuan dan Fungsi Komunikasi Organisasi ada 3 tujuan utama yaitu : y Sebagai tindakan koordinasi . y Decode ( ing ) merupakan aktivitas yang dilakukan oleh seorang penerima informasi baik seorang pemimpin maupun sebaliknya yang memformulasikan sinyal . ide . y Komunikan / Penerima . tanda dan symbol yang dapat dipahami sebagai sebuah makna . marah atas apa yang mereka kerjakan 8 8 Ibid . atau gagasan . perasaan yang dikirim oleh seorang atasan kepada para bawahannya selalu dalam bentuk symbol . kesedihan . Dalam proses komunikasi . Salah satu tujuan komunikasi yang penting adalah menghubungkan seluruh aparatur organisasi dengan tujuan organisasi . Manusia dalam organisasi mempunyai keinginan bahkan kebutuhan untuk menyatakan kegembiraa.Penerima dalam sebuah proses komunikasi organisasi adalah pihak yang menerima pesan tertentu . y Membagi informasi .

keterampilan .hal ini dinamakan struktur organisasi . 8 . factor kedua yang menjadikan organisasi bersifat dinamis adalah perubahan pasaran . Organisasi dalam usaha mencapai tujuannya biasanya membuat aturan ± aturan . y Mempunyai Tujuan .2. kebanyakan organisasi pasarnya adalah hasil produksi atau pelayanan . energy dan lingkungan .untuk mendapatkan informasi adalah melalui proses komunikasi tanpa komunikasi tidak mungkin kita mendapat informasi . y Terstruktur .hal 29-31. oleh karena itu setiap organisasi harus mempunyai tujuan sendiri ± sendiri . semua organisasi memerlukan sumber keuangan untuk melakukan aktivitasnya .9 mempunyai elemen yang umum juga mempunyai 9 Ibid . Disamping empat sifat yang telah dikemukakan di atas ada empat hal yang umum dipunyai oleh organisasi yaitu sumber daya manusia .Karakteristik Organisasi Tiap organisasi di samping karakteristik yang umum . karena selalu menghadapi tantangan baru dari lingkungan yang selalu berubah tersebut sifat dinamis pertama sekali disebabkan karena adanya perubahan ekonomi dalam lingkungannya . semua organisasi memerlukan informasi untuk hidup . Organisasi adalah merupakan kelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu . undang ± undang dan hirarki hubungan dalam organisasi . Diantaranya : y Dinamis . Dengan adanya informasi bahan mentah dapat diolah menjadi hasil produksi yang dimanfaatkan oleh manusia . Organisasi sebagai suatu system terbuka terus ± menerus mengalami perubahan . tentu saja tujuan suatu organisasi dengan organisasi lainya bervariasi. Tanpa informasi organisasi tidak dapat jalan . y Memerlukan informasi .

Encode ( ing ) . Saluran .Kesimpulan Komunikasi ialah pertukaran pesan verbal maupun non verbal anatara si pengirim dengan si penerima pesan untuk mengubah tingkah laku . energy dan lingkungan . mempunyai tujuan dan struktur . dalam organisasi dan dalam masyarakat menciptakan . Gangguan. dinamis . dalam kelompok . Secara umum proses dasar komunikasi organisasi sebagaimana berikut ini . dan Brent D. Organisasi menurut schein bahwa organisasi adalah suatu kordinasi rasional kegiatan sejumlah ornag untuk mencapai beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi melalui hirarki otoritas dan tanggung jawab . memerlukan informasi . Pada dasarnya proses dasar komunikasi organisasi meliputi di dalamnya komuniaksi antarpribadi maupun komunikasi kelompok.Ruben komunikasi adalah suatu proses melalui mana individu dalam hubungannya . Komunikator / Pengirim. Pesan / Simbol . Komunikasi organisasi ebih daripada sekedar apa yang dilakukan orang ± orang melainkan sebuah penjelasan toritis atas praktek ± praktek komunikasi dalam organisasi yang melayani kebersamaan baik dalam organisasi maupun melayani orang lain yang membutuhkan organisasi . keterampilan . mengirimkan . Karakteristik Organisasi yang umum ialah . Decode ( ing ) . Dan disamping itu hal yang umum dipunyai oleh organisasi yaitu sumber daya manusia . 9 . dan menggunakan informasi untuk mengkoordinasi lingkungannya dan orang lain .

2007.google. PT. Effendy Uchjana Onong . www. Ilmu Komunikasi . 10 . Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek . Jakarta . Liliweri Alo . Mandar Maju .PT. Komunikasi Organisasi . PT. 2009 . Bandung .id. 2004. 2007 .Daftar Pustaka Muhammad Arni . Remaja Rosdakarya . PT. Bumi Aksara . Remaja Rosdakarya . Bandung . Wacana Komunikasi Organisasi . Komunikaasi organisasi.co. Bandung . Mulyana Deddy .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful