P. 1
Bayi Baru Lahir

Bayi Baru Lahir

|Views: 172|Likes:
Published by Eva Popo MarSya

More info:

Published by: Eva Popo MarSya on May 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2012

pdf

text

original

Refleks Bayi Baru Lahir, Modal Beradaptasi

Dikirim oleh Evariny A. untuk Bayi umur 0-2th
dikunjungi: 7678 kali, 12 hari ini

Sebagian besar gerakan yang â¼ dipamerkanâ¼ bayi baru memang merupakan gerak refleks. Meski begitu, bekal penting ini banyak manfaatnya di kehidupan barunya. Selama dalam kandungan, bayi selalu mendapat kenyamanan dan kemudahan. Bagaimana tidak? Tubuhnya aman terlindung dalam kantung ketuban, serta segala sesuatunya, seperti bernapas dan â¼ mengonsumsiâ¼ makanan sehat, dijamin 100% oleh sang bunda. Begitu lahir ke dunia, tepatnya setelah tali yang menghubungkan si kecil dan Anda terputus, mau tidak mau ia harus â¼×berjuang⼌ sendirian. Makanya, organ-organ penting pendukung kehidupan harus mampu menjalankan tugasnya dengan sempurna. Nah, untuk melihat apakah organ tersebut sudah siap bertugas atau tidak, akan dilakukan pemeriksaan, yakni tes Apgar. Apa itu? Tes Apgar, tes paling pertama Tes Apgar adalah serangkaian pemeriksaan untuk menilai kemampuan bayi baru lahir beradaptasi terhadap kehidupan di luar rahim bundanya. Ada 5 hal pokok yang diperiksa, yaitu: * Appearance: Penampilan, yang dilihat dari warna kulit. * Pulse: Frekuensi denyut jantung. * Grimace: Usaha bernapas yang dilihat dari kuat lemahnya tangisan. * Activity: Aktif atau tidaknya tonus otot. * Reflex: Reaksi spontan atas rangsang yang datang. Nah, serangkaian pemeriksaan tadi masing-masing akan diberi nilai. Bila reaksi si kecil bagus, maka nilainya 2. Reaksi kurang baik bernilai 1, sedangkan reaksi buruk bernilai 0. Kesemua nilai tadi akan dijumlahkan, sehingga didapatlah hasil sebagai berikut: * Nilai 10: Bayi memberi reaksi sangat baik pada semua pemeriksaan. * Nilai 7-10: Si kecil dianggap memiliki kemampuan adaptasi yang baik. * Nilai di bawah 7: Fungsi jantung dan paru-paru bayi tidak baik, sehingga perlu pertolongan. * Nilai 0: Bayi meninggal saat lahir. Bekal khusus yang ampuh Salah satu tes Apgar memang pemeriksaan terhadap gerak refleks. Lalu apa istimewanya gerak refleks ini? Meski terlihat ringkih, setiap bayi baru lahir dibekali kemampuan khusus oleh Tuhan. Yaitu, gerak refleks, gerak yang dilakukan tanpa disadari si kecil. Gerak ini secara otomatis â¼ dipamerkannyaâ¼ begitu ada rangsang dari luar. Biar gampang, coba saja perhatikan si kecil. Bukankah ia sudah bisa menggerak-gerakkan kedua tangan dan kaki, menggenggam, menendang, membuka mulut, menghisap, menangis, dan seabrek kebisaan lainnya. Ternyata gerak refleks sangat ampuh untuk mempertahankan

ia akan langsung menghisap ASI. kepanasan. merasa bising. atau popoknya basah. secara otomatis si kecil akan meluruskan tungkainya seolah-olah hendak berdiri. * Refleks moro . Catatan: Ketika puting susu masuk ke dalam mulutnya. yakni: * Refleks melangkah Bila tubuh bayi dipegang pada bagian bawah ketiaknya dalam posisi tegak (pastikan kepalanya tertopang dengan baik!). Jadi. lalu kakinya menyentuh bidang yang datar. sementara telapak tangan dan kakinya mengepal. kakinya akan bergerak seakan-akan ingin melangkah. Biasanya sih. Begitu tubuhnya dimiringkan ke depan. * Refleks menghisap Bila bibirnya disentuh dengan ujung jari Anda. Catatan: Bila pipinya bersentuhan dengan payudara Anda. bayi sering menekuk kedua tangan serta kaki ke arah tubuhnya. Maklumlah. gerak refleks adalah media untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan di awal-awal kehidupannya. 6 refleks yang wajib ada Sebenarnya. si kecil akan langsung memiringkan kepalanya ke arah datangnya sentuhan dengan mulut yang membuka. Nah. ada 6 refleks penting yang harus dimiliki setiap bayi baru lahir. dengan â¼ berposeâ¼ seperti ini. * Refleks mencari puting (rooting) Begitu sudut bibir dan pipi bayi disentuh dengan tangan Anda. secara otomatis ia akan menekuk dan mengerutkan jari-jarinya seolah-olah ingin menggenggam atau menjepit dengan erat. Entah karena lapar. selama ini ia kan berada di tempat yang super hangat dan nyaman. yaitu rahim Anda. Bagaimana mungkin? Di awal-awal kehidupannya. sebenarnya si kecil berusaha mempertahankan dirinya terhadap lingkungannya. Bagaimana dengan menangis? Ini refleks yang juga bisa dijadikan alat komunikasi. ini pertanda ia lagi kedinginan. * Refleks menggenggam (babinski) Kalau jari Anda diletakkan di tengah telapak tangan atau di bawah jari kakinya. bayi menangis karena merasa tidak nyaman dengan tubuhnya. ia akan langsung memiringkan kepalanya dan mengarahkan mulutnya untuk mendapat ASI. secara otomatis bayi akan membuka mulutnya dan mulai menghisap. Apa itu? Mempertahankan kehangatan dan menjaga kestabilan suhu tubuhnya. Sebenarnya.dirinya di lingkungan baru plus jadi alat komunikasi pertama dengan lingkungannya.

Bersamaan dengan itu. Meski begitu. Dalam pelaksanaannya harus diperhatikan agar bayi tidak kedinginan.T. namun akan menghilang saat usianya 5 bulan. ada beberapa refleks yang tidak akan seterusnya ada. segera konsultasikan ke dokter. Prinsip pemeriksaan bayi baru lahir . Bahkan. sehingga dokter akan memeriksanya dengan seksama. Hilang dengan sendirinya Peran gerak refleks pada bayi baru lahir memang amat penting. ± AyahBunda PEMERIKSAAN FISIK BAYI BARU LAHIR Kegiatan ini merupakan pengkajian fisik yang dilakukan oleh bidan yang bertujuan untuk memastikan normalitas & mendeteksi adanya penyimpangan dari normal. Biar Anda tahu sejauh mana perkembangan fungsi sistem saraf pusat dan koordinasi motorik bayi Anda. ia juga akan memeriksa apakah gerak refleks si kecil muncul secara simetris atau tidak. Pemeriksaan ini besar artinya karena interpretasi terhadap gerak refleks hanya dapat dilakukan oleh orang yang benar benar piawai. ini menandakan adanya gangguan pada proses perkembangan si kecil. Anda bisa juga ikut memantau beberapa gerak refleks si kecil di rumah. Meski begitu. Catatan: Refleks ini paling jelas terlihat saat si kecil berusia 2 bulan. Selain melihat ada tidaknya refleks.Bila Anda memukul keras-keras atau menarik alas tidurnya serta mengangkat dan menurunkan tubuhnya secara mendadak. sedangkan tangan kanannya akan menekuk ke arah kepalanya. lalu miringkan kepalanya ke kiri misalnya. bisa juga gerak refleks tadi berkembang jadi gerakan yang lebih terkontrol. bila masih ada saja refleks yang seharusnya sudah hilang di usia tertentu. Bisa jadi. beberapa refleks memang akan hilang. Yang pasti. Caranya? Baringkan si kecil. tangan kiri bayi Anda akan segera merentang lurus ke luar. Atau. dan dapat ditunda apabila suhu tubuh bayi rendah atau bayi tampak tidak sehat. Sejalan pertambahan usia plus pertumbuhan fisik dan kemampuan fungsi organ tubuhnya. maka kedua tangan serta kakinya akan merentang dan menutup lagi. Pengkajian ini dapat ditemukan indikasi tentang seberapa baik bayi melakukan penyesuaian terhadap kehidupan di luar uterus dan bantuan apa yang diperlukan. jemarinya pun menggenggam. * Refleks leher asimetrik tonik Refleks ini memang agak sulit terlihat. Bukan apa-apa. Nah. bisa Anda amati. Nia L.

Memakai sarung tangan 6.faktor ibu (maternal). 6. Hasil timbangan dikurangi berat alas dan pembungkus bayi 8. 8. Alat ukur harus terbuat dari bahan yang tidak lentur. 7. Ukur panjang badan dari kepala sampai tumit dengan kaki/badan bayi diluruskan. Letakkan bayi pada tempat yang rata PENGUKURAN ANTHOPOMETRI 7. Pengukuran panjang badan Letakkan bayi di tempat yang datar. kapas senter termometer stetoskop selimut bayi bengkok timbangan bayi pita ukur/metlin pengukur panjang badan PROSEDUR 1. buka bagian yangg akan diperiksa (jika bayi telanjang pemeriksaan harus dibawah lampu pemancar) dan segera selimuti kembali dengan cepat  Periksa bayi secara sistematis dan menyeluruh PERALATAN DAN PERLENGKAPAN 1. sosial. 2. Jelaskan prosedur pada orang tua dan minta persetujuan tindakan  Cuci dan keringkan tangan . keringkan dengan handuk bersih 5. . pakai sarung tangan  Pastikan pencahayaan baik  Periksa apakah bayi dalam keadaan hangat. Cuci tangan menggunakan sabun dibawah air mengalir. 9. 4. intranatal. Jelaskan pada ibu dan keluarga maksud dan tujuan dilakukan pemeriksaan 2. 3. Lakukan anamnesa riwayat dari ibu meliputi faktor genetik. Penimbangan berat badan Letakkan kain atau kertas pelindung dan atur skala penimbangan ke titik nol sebelum penimbangan. dan neonatal 3. faktor lingkungan. 5. Susunalat secara ergonomis 4.faktor perinatal.

Andai salah satu mata tersebut akan µdikalahkan. atau pada saat usia gestasi (dihitung dari hari pertama haid terakhir) 32 minggu. .¶ Akibatnya. sebagian besar retina yang masih sehat bisa diselamatkan. Dengan begitu. y y Bila ringan. Meski demikian. Beberapa tes mata yang biasa dilakukan. sebaiknya diperiksakan ke spesialis mata secepatnya (sebaiknya tidak lebih dari 2 minggu). Khusus untuk bayi prematur kurang dari 34 minggu atau berat badan kurang dari 1. Waktu pemeriksaan. y y Pemeriksaan mata dilakukan pada bayi baru lahir bersamaan dengan pemeriksaan fisik. Bayi-bayi normal pasti akan silau oleh cahaya terang. minus tinggi. standar kedokteran di Indonesia mensayaratkan pemeriksaan mata deteksi ROP (Retinophaty of Prematurity). pemeriksaan awal bisa dilakukan pada 4-6 minggu setelah kelahiran bayi prematur. namun tidak demikian dengan bayi yang mengalami gangguan mata. bayi prematur dengan riwayat ROP berpeluang mengalami kelainan mata.Pemeriksaan Mata Pada Bayi Baru Lahir Tes mata pada bayi baru lahir berfungsi untuk deteksi dini ganguan mata yang bisa mengganggu penglihatan bayi. tak perlu terapi. Bisa dilakukan dengan bantuan oftalmoskopi. y y Menyorotkan cahaya atau lampu senter ke arah mata bayi. Kelainan retina ini berpotensi menyebabkan kebutaan. Bila bayi terlanjur duibawa pulang. Lewat skrining ini.500 gram. mislanya setiap dua mingguan harus dilihat kondisi retina. segera konsultasikan kondisi matanya pad adokter spesialis mata. Bila pada bayi terdapat salah satu atau lebih gejala tadi. Insiden ROP pada bayi laki-laki sedikit lebih tinggi daripada bayi perempuan. Untuk skrining ROP. Pada ROP lebih berat dilakukan tindakan fotokoagulasi laser atau pembekuan (cryoterapi) pada daerah retina yang mengalami kerusakan. Penanganan ROP bergantung derajat gangguannya. Mengamati apakah ada penyimpangan pada mata bayi. Skrining SOP. salah satu mata yang tidak difungsikan ini akan bekerja tanpa kontrol. namun tetap dilakukan pengawasan ketat. Misalnya. diharapkan ROP dapat terdeteksi sedini mungkin sehingga dapat diterapi secara optimal.

B)Kepala= Periksa bentuk kepala.misalnya infeksi kongenital atau glaukoma kongenital. Selain itu. dokter biasanya memberikan antibiotic profilaksis.Palatum diperiksa apakah ada sumbing dan di palpasi apakah ada belahan sub mukosa. Hal yang harus diperhatikan adalah tegangan ubun-ubun depan dan lebar sutura.juling. Cukup aman untuk bayi. hanya 1 di antara 10 bayi yang menderita retinopati yang lebih berat ini. Guna mencegah infeksi pasca tindakan. Untuk mencegah nyeri pemeriksaan. Rongga mulut harius diperiksa apakah ada kista atau infeksi kandida G)Mandibula yang kecil atau tertarik (retrognatia) dapat menyebabkan kesulitan makan/obstruksi napas.Jika ubunubun terasa penuh dan lebar sutura lebih dari 1 cm maka patut dicurigai adanya hidrosefalus. pemeriksaan biasanya singkat saja untuk mengurangi kemungkinan stres pada bayi. (tindak lanjut=USG) C)Wajah= Periksa apakah ada kelumpuhan saraf-saraf wajah dan dismorfik D)Mata= Ukuran mata yang asimetri bisa memberi petunjuk adanya kelainan patologis. Efek samping pemeriksaan ROP. Pemeriksaan Pada Bayi Baru Lahir Berikut ini adalah prosedur pemeriksaan standar pada bayi baru lahir sesuai "Lectures Note Pediatrica" A)Pengukuran= Berat. dan mata malas.panjang dan lingkar kepala oksipito-frontal dinilai untuk mendapatkan usia kandungan dengan merujuk grafik persentil. Kabar baiknya.Biasanya bentuk kepala akan sedikit berubah akibat kelahiran per vaginam. dokter mata akan meneteskan analgetik lokal. H)Dada Cek apakah ada tanda obstruksi napas . E)Hidung Cek apakah ada tanda-tanda obstruksi F)Mulut= Biasanya bayi akan membuka mulut bila ada tekanan lembut ke bawah mulai dari dagu.

Dimana kelima hal tersbut merupakan faktor yang dinilai pada bayi baru lahir.I)Jantung= Telitilah akan bunyi murmur jantung. Grimace (mimik). L)Anus Periksa apakah bayi telah mengeluarkan mekonium M)Tulang belakang Balikan bayi menjadi posisi tengkurap dan lihatlah apakah ada skoliosis. 2011 Bayi Baru Lahir-APGAR Skor January 16. Pulse (Nadi).Apabila tidak teraba menunjukan indikasi koarktasio aorta K)Genitalia= Periksa dengan jelas apakah testis berada dalam skrotum atau meatus urethra berada pada tempatnya. Appearance (Tampilan kasat mata). May 22. Dan kata APGAR sendiri. N)Panggul O)Susunan Saraf Pusat Ceklah reflek fisiologis pada bayi seperti reflek menggenggam. yang dilakukan masih di dalam kamar bersalin. dan Respiration (pernapasan). 2010 by admin2 · Leave a Comment APGAR Skor Sekilas mengenai Skor Apgar Merupakan pemeriksaan pertama yang dilakukan kepada bayi Anda ketika baru lahir.dll P)Lab biokimia Ceklah pada hari 5-7 kadar fenilketonurea Sunday. Pemeriksaan ini secara cepat akan mengevaluasi keadaan fisik dari bayi baru lahir dan sekaligus mengenali adanya tanda-tanda darurat yang memerlukan dilakukannya tindakan segera terhadap bayi baru lahir. Seluruh garis tengah dorsal harus diperiksa apkah ada gumpalan. .sinus yang menunjukan adanya kelainan medula spinalis. merupakan gabungan dari kata: Activity (aktivitas). J)Paha= Periksalah apakah ke-2 denyut arteri femoralis teraba.Yang perlu diingat bahwa murmur transisional dapat menghilang dalam beberapa hari ke depan.Pengeluaran cairan merupakan hal yang normal akibat pengaruh hormon maternal dan placental. Apgar Score mulai berkembang sejak tahun 1952 oleh seorang dokter anestesi/bius.nevi. yang bernama Virginia Apgar.

tidak teratur. maka penilaian akan dilakukan lagi untuk yang ketiga kalinya pada menit ke-10 setelah kelahiran. Skor yang diberikan antara 10 dan 0. tanpa usaha Pelan. Warna kulit normal (tangan Warna pucat atau merata di seluruh tubuh dan kaki pucat) kebiruan di seluruh tubuh Apa tujuan penilaian skor Apgar? Bayi dengan hasil total. di berikan skor 0-2.Tes ini. secara umum berada pada keadaan sehat. . bernapas yang berlebih. menangis lemah menangis kuat Tidak bernapas Respon/refleks mimik Menarik diri. seperti menyedot/mengeluarkan cairan dari saluran pernapasan atau pemberian oksigen untuk membantu pernapasan. Penilaian Apgar TAnda Apgar Denyut jantung 2 Normal (diatas 100x/menit 1 Dibawah 100x/menit 0 Tidak ada Pernapasan Normal. untuk mendapatkan total Apgar Skor. Hasil yang rendah dalam penilaian itu. 7 atau lebih pada menit pertama setelah lahir. 2. Bukan berarti skor yang rendah menunjukkan bahwa anak Anda tidak sehat atau tidak normal. tindakan tersebut dapat memberikan perbaikan keadaan bayi secara umum. 3. pergerakan spontan Tidak ada respon terhadap rangsangan Lengan dan kaki menekuk Tidak ada gerakan dengan sedikit pergerakan sama sekali Tampilan (warna kulit) Warna kulit normal. dan dua tAnda memberikan hasil yang rendah. Lima hal yang menjadi parameter penilaian kondisi bayi baru lahir. 5. Jarang terjadi namun ketika penilaian kondisi bayi pada menit pertama. dimana 2 merupakan skor tertinggi: 1. menunjukkan bahwa anak Anda membutuhkan tindakan yang sifatnya segera. 4. dengan 10 sebagai skor tertinggi. batuk oleh Perubahan mimik wajah karena ada rangsangan hanya ketika di rangsang Aktivitas otot Aktif. biasanya diberikan kepada bayi Anda sebanyak dua kali: pada menit pertama setelah lahir dan dilakukan kembali pada menit ke-5 setelah lahir. Aktivitas otot Denyut jantung Ekspresi/mimik Tampilan (warna kulit) Pernapasan (frekuensi napas dan usaha bernapas) Dokter atau perawat bayi akan menjumlahkan kelima hasil penilaian di atas.

apa yang mungkin menjadi penyebab masalah. Penilaian ini bukan ditujukan sebagai preidiksi terhadap kesehatan bayi atau perilaku bayi. Skor Apgar yang rendah juga bisa terjadi pada bayi prematur. dikarenakan paru-paru belum sempurna. dan jika skor bayi Anda tidak naik hingga nilai 7 atau lebih dan berdasarkan pertimbangan lainnya dari keadaan bayi maka dokter dan perawat akan melanjutkan tindakan medis yang perlu untuk dilakukan dan pemantauan intensif. sebagian besar bayi melakukan penyesuaian dengan baik maka tetap tenang dan jalani proses tersebut dengan sebaik-baiknya. Hal yang penting bagi orang tua yang baru memiliki bayi untuk mengetahui nilai Apgar. Kebanyakan bayi baru lahir dengan nilai Apgar pertama dibawah 7. Beberapa bayi yang lahir dengan masalah pada organ jantung dan paru paru akan membutuhkan tindakan medis lanjutan. atau bahkan status intelegensia/kepandaian. Jika dokter Anda atau tenaga kesehatan peduli terhadap penilaian bayi Anda. terutama bayi yang lahir dari ibu hamil dengan risiko tinggi. atau ibu yang memiliki komplikasi selama kehamilan maupun proses persalinan. akan baik-baik saja. dan penanganan apa yang akan diberikan. Perlu diingai bahwa skor Apgar agak rendah (terutama pada menit pertama) adalah normal pada beberapa bayi baru lahir. penilaian kembali dilakukan. (YS) Sumber : What is the Apgar Score . sedangkan yang lain hanya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan luar. maka mereka akan memberitahukan dan menjelaskan kondisi bayi Anda. Bayi prematur dalam kasus apapun akan memerluan pemantauan ekstra dan bantuan pernapasan. Yang paling penting. dimana kemampuan untuk menggerakkan otot/alat gerak lebih rendah daripada bayi cukup bulan. lahir melalui proses operasi cesar. bayi yang sehat memiliki skor yang lebih rendah dari biasanya. dan tidak jarang. Beberapa bayi dapat mencapai angka 10. Penilaian ini dibuat untuk menolong tenaga kesehatan dalam mengkaji kondisi secara umum bayi baru lahir dan memutuskan untuk melakukan tindakan darurat atau tidak. terutama pada menit pertama saat baru lahir.Pada menit ke-5 setelah lahir.

popok. Tidak masalah bila Ibu hanya menggunakan washlap. cotton buds) Perlengkapan untuk dipakai seusainya (baju bayi. dll) Memandikan bayi ± tahap demi tahap . Setelah merasa lebih yakin. plester. betadine. barulah mereka benar-benar memandikannya dengan bak mandi. Jadi sebelum memulai. minyak talon. Banyak ibu lebih memilih memandikan bayi mereka dengan washlap pada minggu-minggu pertama. Lakukan cara ini di ruangan yang hangat dan alasi bayi dengan handuk untuk mengeringkannya. Ibu mungkin masih merasa was-was saat harus melakukannya sendiri di rumah. Letakkan ditempat yang nyaman sesuai suhu ruang dan tinggi yang tidak membuat Ibu sakit pinggang. bedak. siapkan perlengkapan berikut: y y y y y y y Bak mandi bayi (bila ada dilengkapi penyangga tubuh atau karet mandi agar bayi tidak mudah tergelincir).Memandikan Bayi untuk Pertama Kali Walaupun Ibu dibekali cara memandikan bayi ketika masih di rumah sakit. kapas. Yang diperlukan untuk memandikan bayi Memandikan bayi akan lebih mudah jika Ibu benar-benar siap. Termometer air washlap lembut atau spon mandi bayi washlap lembut atau spon mandi bayi Handuk bayi Perlengkapan untuk membersihkan tali pusar (perban.

y y y y y y y Siapkan bak berisi air mandi dengan jumlah dan suhu yang cukup untuk bayi (sekitar 30-32 derajat celsius) Atur juga suhu ruang tempat mandi agar bayi tidak kedinginan. * Kalau anda kelupaan suatu barang. Ibu akan merasa percaya diri melakukannya. wajah. dan lipatan tubuhnya dengan lap lembut. Jika rambut bayi perlu dicuci. Selama mandi. turunkan suhu airnya sampai 40 derajad celsius. . angkat bayi dengan handuk hangat lalu keirngkan tubuhnya. Letakkan bayi dalam bak mandi atau di atas penyangga. Isilah bak mandinya dengan aer hangat. bidan atau dokter akan menunjukkan cara memandikan bayi yang paling cocok untuk Ibu. Bersihkan busa dikepala dengan kain basah. baru dibilas hingga bersih. ambillah bayi anda. Anda bisa menyediakan sabun lembut. Airnya haruslah hangat dan nyaman. Kalaupun anda mau lakukan itu. Begitu Ibu menguasainya. Sebaiknya tidak usah menjawab telpon masuk atau dering bel di pintu selagi anda memandikan anak. Ini akan membikin lebih mudah dan aman. Pastikan semuanya siap sebelum mulai memandikan bayi. bukan panas. * Kalau anda bisa. Lalu bawalah wadah yan gsudah berisi peralatan mandi itu dengan handuk dan kain pembilas ke ruangan dimana andaakan memandikan bayi. Setelah selesai. ajaklah bayi Ibu bercakap-cakap atau nyanyikan lagu yang menenangkannya. bilas perlahan dengan air. anda harus membawa bayi anda untuk mengambil barang yang kelupaan itu. telinga. Selalu test airnya terlebih dahulu dengan lengan atau siku anda. Jika pasangan anda. * Pastikan segala keperluan buat mandi tersedia.lakukan di atas baby taffel sebelum bayi dimasukkan ke bak mandi. Ini agak susah untuk dilakukan apalagi kalau bayinya masih licin dan basah. Mempersiapkan Mandi sang Bayi * Selalu rencanakan ritual mandi bayi anda. * Jangan pernah meninggalkan bayi anda sendiri di bak mandi. bola -bola kapas dan sebuah popok bersih di wadahnya masing-masing. Ini membikin bayi lebih nyaman. Gunakan sabun khusus bayi untuk badannya. Basahi tubuhnya perlahan dan bersihkan mata. Topang kepala dan bahunya dengan lengan bawah Ibu. Jika Ibu masih ragu. Kalau semuanya sudah siap. Katakan pada mereka bahwa anda tidak akan menjawab telpon atau membukakan pintu selama jam-jam tersebut. kasih tahu mereka jam -jam anda memandikan bayi. famili atau teman-teman anda sering menelpon anda. ambil bayi anda dan bawa juga bersama anda.

Ambil ember air hangat dan sebuah pembasuh lembut di tempat dimana anda akan memandikan bayi anda.Memandikan bayi anda Bayi anda pertama-tama akan memrlukan spons pembasuh. Ambil tempat buat memandikan bayi yang bersuhu hangat dan jangan di tempat yang banyak anginnya. itu perlu sering -sering dikeringkan tiap kali selesai digunakan. pastikan tidak akan menggelinding. untuk membasuh mukanya. tanpa sabun. Tentunya anda tidak mau bayi anda kedinginan. Pastikan airnya tidak terlalu dingin ataupun panas. * Gunakan lap pembasuh bayi yang bersih. Anda bisa menaruh bayi anda di handuk mandi di permukaan yang datar. gunakan sabun dan shampo . Setelah itu barulah bayi anda boleh memakai bak mandi. Cukup bersihkan mukanya. Basuhlah bagian luar dan dalam di tiap-tiap kupingya dan bilas dan keringkan lehernya ju ga. Gunakan pembasuh lembut yang sudah basah itu untuk membasuh tubuh bayi anda dengan pelan dan lembut. Isi sebuah ember besar atau wadah air yang besar dengan air hangat: gunakan pergelangan tangan ataupun siku anda untuk memastikan suhu yang tepat. * Gunakan bola-bola kapas ataupun cotton pads untuk membersi kan mata bayi anda sebelum h menaruhnya di bak mandi. Jika anda menggunakan busa buat membersihkan bak mandi bayi. Celupkan pembilas mandi di air hangat dan peres sampai hanya terasa basah saja. kitchen sink atau bak mandi bayi dari plastik. Mandikan bayi anda dengan spons pembasuh yang lembut terlebih dahulu sebelum puput tali pusernya atau sembuh luka sunatnya (kalau ada). * Jangan pernah menggunakan sabun busa atau detergen di air mandi bayi karena bisa menyebabkan ruam dan kulit mengelupas. leher dan area perpopokan jikalau mereka kotor. ingat itu! Copot pakain bayi anda. Pastikan cuci dan keringkan handuk itu tiap kali selesai digunakan. Gunakan sesuatu untuk membersihkan dan mengelap bak mandi bayi anda biar tidak mudah tergelincir atau kepleset. Jika anda menaruh bayi anda di atas meja. Ini berguna untuk mencegah perkembangbiakan kuman dan bakteri. Lembutlah ketika memandikan bayi anda * Anda bisa menggunakan bathtub anda. Air yang masih panas akan sangat berbahaya. * Basuhlah rambut bayi anda dan bilas dengan penuh kelembutan. Bayi yang baru lahir tidak perlu mandi setiap hari. dan diantara jari tangan maupun kaki. Pastikan anda tahan bagian kepala bayi ketika di dalam bak mandi. Jangan tinggalkan bayi anda sendirian sedetik pun. Atau anda bisa mengeringkan bak mandi bayi d engan handuk kering. belakang telinga. Bilas kepala dan lehernya.

tubuhnya sebagian terendam dalam air. kemudian tambahkan air panas secukupnya sampai mencapai suhu 40 derajat Celsius untuk bayi berumur sampai 2 bulan. Hati-hati. Biarkan si kecil bermain dalam air selama sekitar 2-5 menit.khusus bayi. Gunakan tangan kanan Ibu untuk membersihkan sabun di telinga. Bersihkan mata bayi dari ujung mata ke arah hidung. Kemudian bersihkan juga daun telinga si kecil dengan cotton buds yang telah diberi baby oil. Bila si kecil sudah cukup besar. lalu pegang erat-erat ketiaknya. Selalu pastikan dia tertutup. jangan memasukkan cotton buds terlalu dalam. Untuk bayi yang baru lahir. Sebelum membersihkan tubuhnya. Cara Memandikan Bayi 20 November 2008 7 Comments Diambil dari booklet Milna Tuangkan air dingin ke dalam bak mandi. Bialslah dengan kain basah. Gunakan kapas yang berbeda untuk masing-masing mata. Pastikan bayi anda selalu hangat dan kering dengan menyelimutinya dengan handuk bersih setelah dimandikan. Kemudian selipkan tangan kiri Anda ke bawah tengkuk si kecil. tangan serta lehernya dengan menggunakan sabun bayi. Mula-mula bukalah baju bagian atas. berikan mainan kapal-kapalan atau bebek-bebekan agar acara mandi semakin menyenangkan. bilaslah kain itu dan gunakan sekali lagi untuk membilas bayi. paha. bersihkan terlebih dahulu kedua matanya dengan kapas yang telah direndam air matang. lalu berangsur turunkan suhu sampai 27 derajat Celsius untuk bayi di atas 2 bulan. bukalah baju bayi secara bertahap. Pastikan tidak ada busa sabun yang masuk mata bayi anda. terutama lipatan-lipatan kaki. dumulai dari bagian dada. lalu pegang tubuhnya dengan tangan kanan Ibu. Kemudian mulailah menyabuni rambutnya serta seluruh badan bayi. Angkatlah si kecil dan masukkan ke dalam bak mandi. Sanggahlah tengkuk si kecil dengan pergelangan tangan Ibu. Jangan masukkan cotton buds ke dalam lubang telinga. Bersihkan setiap lipatannya.5 cm dari dasar bak. Basuhlah badannya. Gantilah kapas untuk masing-masing lubang hidung. Sementara tangan kiri Anda menyangga kepala dan memegangi ketiaknya. dan seluruh badannya. Keringkan bayi anda dengan handuk kering lembut dan bersih. leher. Bersihkan alat kelamin dan pantat bayi dengan kapas bulat yang sudah dibasahi air. Bersihkan pula lubang hidung si kecil secara perlahan-lahan dengan cotton buds yang telah terlebih dahulu dicelupkan ke dalam air bersih. Ukur kembali suhu air dalam bak mandi. bersihkan bagian luar telinganya saja. Isilah bak mandi dengan air setinggi kira-kira 7. baru kemudian popok atau celana bayi. . Kerjakan hal ini hanya sekali atau dua kali seminggu saja. Setelah dibersihkan dengan kain lembut.

Terakhir. kemudian sanggah badannya dengan tangan kiri Anda dan pegang erat-erat ketiaknya. . 10 November 2009 07:53 Untuk melengkapi artikel sebelumnya.Untuk membersihkan bagian belakang tubuhnya. Juga jaga jangan sampai sampo mengenai mata bayi. Secara umum biasanya yang perlu dibersihkan lebih dulu sebelum mulai memandikan bayi adalah mulut. celupkan ke dalam air di baskom pertama. lalu sisirlah rambutnya dengan sisir khusus untuk rambut bayi. telingan dan alat kelaminnya. Tuang sedikit sampo ke rambutnya. taburkan bedak bayi di dada. agar tubuhnya wangi dan segar. keringkan tubuh bayi dengan cara menekan-nekankan handuk bayi ke tubuhnya. Bila cuaca mengijinkan. Usai pemanasan. 6. Perhatikan setiap lipatan dan lekukan khususnya di daerah kemaluaannya. lakukan langkah-langkah berikut: 1. ajakan si kecil jalan-jalan atau berjemur di bawah sinar matahari pagi. Lepaskan kasa pembungkus pangkal talit pusat bila tali pusatnya belum puput. Tak apa-apa bila tali pusatnya yang belum puput terkena air atau sabun. Usapkan lipatan pada kemaluan si kecil dengan baby oil. Hati-hati terhadap ubun-ubunnya yang masih sangat lembut. Sambil mengajaknya bercengkrama. yang perlu perhatian khusus. Tutupi tubuh bayi (bisa digunakan kain bedong atau handuk kecil yang lembut) agar tak kedinginan karena Anda akan mengeramasi kepalanya lebih dulu sebelum membasuh tubuhnya dengan air dan menyabuninya. Sabuni bagian depan tubuhnya. lalu bilas kepalanya dengan lembut. angkatlah tubuh si kecil dari dalam air. 4. Setelah acara mandi selesai. Taruh bayi di atas perlak. tibalah saatnya melakukan 'pemanasan' pada bayi. Panduan Langkah Demi Langkah Memandikan Bayi Ditulis oleh Administrator Selasa. Setelah tubuhnya kering. Dengan tangan kanan. 3. Pegang bagian punggung dan leher bayi dengan telapak tangan kiri sementara ibu jari dan telunjuk menutup telinga kanan dan kiri si bayi agar tak kemasukan air. lalu keramasi dengan lembut. basuh kepalanya pakai air dari baskom pertama. balikkan badan si kecil. Lalu dengan tangan kanan. Ambil waslap pertama. 2. mata. perut dan punggungnya. pakaikan popok dan baju bayi. Pemanasan tersebut adalah membersihkan bagian tertentu badan bayi. bersihkanlah punggungnya. basuh tubuhnya dengan air dari baskom kedua. setelah perlengkapan bayi sudah disiapkan. lalu bungkuslah tubuhnya dengan handuk. Selanjutnya buka penutup tubuh bayi. 5.

Olesi perut dan punggung bayi dengan minyak telon. Bila ia belum bisa duduk sendiri. tangan dan kaki. Boleh juga diberi krim pada daerah lipatan paha. Tambahan: y y Anda dapat mendudukkan si bayi di bak mandinya bila ia sudah dapat duduk. 11. celupkan ke dalam air di baskom kedua. lalu miringkan tubuhnya ke kiri dan kanan dengan memiringkan kepalanya untuk menyabuni bagian belakang tubuhnya. 10. Nah. 9. 8. Bersihkan dengan cotton buds yang telah dibasahi alkohol 70 persen bila terdapat kerak di pinggiran pusar maupun kotoran di bagian dalamnya. Selanjutnya sisiri rambutnya. boleh dibedong sebentar untuk menghangatkan tubuhnya. lalu keringkan kepalanya dengan "sisa" handuk di bagian atas. sehingga lebih memudahkan saat dimandikan. Kira-kira satu jam. s i kecil sekarang sudah bersih dan wangi. 13. lebih mudah lagi. Setelah itu keringkan seluruh tubuhnya. sangga bagian belakangnya dengan lengan kiri sementara tangan Anda menyangga ketiak kirinya.7. Perlahan-lahan lepaskan telapak tangan Anda dari leher si bayi. Setelah itu angkat si bayi untuk dimasukkan ke dalam bak mandinya. 14. kaki kanan dan kiri untuk disabuni pula. . baru kemudian bajunya. Tapi hati-hati dengan lantai kamar mandi. Ia bisa diajak mandi di kamar mandi orang dewasa. Sangga punggung dan lehernya dengan lengan kiri sementara telapak tangan Anda menyangga ketiak kirinya. Lalu libat pangkal tali pusat dengan kasa steril yang sudah dicelup alkohol 70 persen. angkat si bayi dan letakkan di atas handuk yang telah disiapkan. Ambil waslap kedua. tepat di tengah-tengah. Bila bayi menangis terus sehabis mandi. Tutup tubuh bayi dengan bagian handuk di sebelah kiri dan kanan. Setelah tak ada lagi tersisa bekas busa sabun dan sampo. lalu bilas tubuh si bayi. Lakukan bilasan terakhir dengan membasuh seluruh tubuhnya. Setelah itu pakaian popoknya. Pindahkan si bayi ke susunan pakaiannya. 12. Usahakan jangan lama-lama agar si bayi tak kedinginan. Perhatikan tali pusatnya. Selanjutnya pegang tangan kanan si bayi berganti dengan tangan kiri. dimulai dari bagian kepala. lalu buka bedongnya agar ia bebas bergerak. Lakukan secara lembut. Beri bedak. Jangan sampai si kecil tergelincir. Bila si kecil sudah bisa berdiri.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->