P. 1
Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Asam Folat Bagi Ibu Hamil

|Views: 450|Likes:
Published by Jenny Anastasia

More info:

Published by: Jenny Anastasia on May 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/30/2013

pdf

text

original

Asam Folat Bagi Ibu Hamil

Pengertian Asam Folat Folasin dan folat adalah nama generik sekelompok ikatan yang secara kimiawi dan gizi sama dengan asam folat. Ikatan-ikatan ini berperan sebagai koenzim dalam transportasi pecahanpecahan karbon-tunggal dalam metabolisme asam amino dan sintesis asam nukleat. Bentuk koenzim ini adalah tetra hidrofolat. Fungsi Asam Folat Fungsi utama koenzim folat (THFA) adalah memindahkan atom karbon tunggal dalam bentuk gugus formil, hidroksi metil atau metal dalam reaksi penting metabolisme beberapa asam amino dan sintesis asam nukleat. THFA berperan dalam sintesis purin-purin guanin dan adenin serta pirimidin timin, yaitu senyawa-senyawa yang digunakan dalam pembentukan asam-asam deoksiribonukleat (DNA) dan asam ribonukleat acid (RNA). Folat juga dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah dan sel darah putih dalam sumsum tulang dan untuk pendewasaannya. Folat berperan sebagai pembawa karbon tunggal dalam pembentukan hem. Suplementasi folat dapat banyak menyembuhkan anemia pernisiosa. Sumber/ Penghasil Asam folat Folat terutama terdapat dalam sayuran hijau (istilah folat berasal dari kata latin folium, yang berarti daun hijau), hati, daging tanpa lemak, serealia utuh, biji-bijian, kacang-kacangan, dan jeruk. Vitamin C yang ada dalam jeruk menghambat kerusakan folat. Bahan yang tidak banyak mengandung folat adalah susu, umbi-umbian, dan buah kecuali jeruk.Hanya saja, hati sapi mengandung vitamin A cukup tinggi yang tidak dianjurkan diberikan kepada ibu hamil karena dapat menyebabkan gangguan kahamilan. Oleh sebab itu digantikan oleh susu, karena susu dan tepung terigu telah difortifikasi mengandung asam folat tinggi. Defisiensi Asam Folat Kekurangan asam folat menyebabkan gangguan metabolisme DNA. Akibatnya terjadi perubahan dalam morfologi intisel terutama sel-sel yang cepat membelah, seperti sel darah merah, sel darah putih serta sel-sel epitel lambung dan usus, vagina, dan servik rahim. Kekurangan folat menghambat penyembuhan, menyebabkan anemia megaloblastik dan gangguan darah lain, peradangan lidah (glositis) dan gangguan saluran cerna. Alkohol mengganggu absorbsi dan menungkatkan ekskresi folat. Kekurangan folat dapat terjadi karena kurangnya konsumsi, terganggunya absorbsi, kebutuhan metabolisme yang meningkat akan vitamin ini atau pada pembelahan sel yang berjalan sangat cepat. Pengaruh obat-obatan dan kecanduan alkohol.

Down¶s Syndrome. Wakhida A. 2004. Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil dan usia subur sebanyak 400 mikrogram/ hari atau sama dengan 2 (dua) gelas susu. saat dewasa tidak mengalami menstruasi.Kurangnya konsumsi folat terutama terjadi pada masyarakat berpenghasilan rendah yang tidak dapat memperoleh makanan kaya folat secara teratur. Pada anak perempuan. kekurangan asam folat pada ibu hamil.com/2009/02/05/kekurangan-asam-folat-pada-ibu-hamil-dapat-menyebabkancacat-pada-bayi http://sekeluarga. Penggunaan folat dapat mengganggu pada kekurangan protein dan pada keadaan dimana kebutuhan meningkat. seperti pada kehamilan. Bagi janin.com/index. anak tidak bisa berjalan tegak dan emosi tinggi. lesu dan pucat serta bisa menyebabkan keguguran. leukemia. menyebabkan lepasnya plasenta sebelum waktunya. Bagi ibu hamil Pada ibu hamil.N. menyebabkan bayi lahir dengan bibir sumbing. Referensi Almatsier. bayi mengalami kelainan pembuluh darah. kekurangan asam folat menyebabkan meningkatnya resiko anemia. Asam folat bisa mencegah anemia dan menurunkan resiko terjadinya NTD (Neural Tube Deffects) dan sebagai antidepresan. http://bayidananak. Gramedia: Jakarta.php?option=com_content&view=article&id=141:kekurangan-asamfolat-pada-ibu-hamil&catid=3:keluarga-bahagia&Itemid=4 Disajikan oleh Laili Khoiriyah. dan Yohanita Dewi Yuyun. Gangguan absorbsi terjadi pada kerusakan saluran cerna. bisa menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Ratih Kurnia Ardianti. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. anemia hemolitik dan leukemia. bayi lahir dengan berat badan rendah. pada penyakit coeliac atau pada sprue tropis. Lilia Citra Mustafa. letih. tetapi sebelum hamil juga sangat dianjurkan mengkonsumsi asam folat. dan penggunaan obat-obatan tertentu. Asam folat juga penting dalam membantu pembelahan sel. Mengkonsumsi asam folat tidak hanya ketika hamil. (Mahasiswi Akbid KH Angkatan 2008). Siti Suprihati. Kurang konsumsi dapat juga terjadi pada manula yang susunan makanannya terbatas. Sinta Maharani. Kebutuhan folat meningkat pada kehamilan. Bayi mengalami kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang. menyusui. Kelainan lainnya adalah bayi mengalami gangguan buang air besar dan kecil. rusaknya endotel pipa yang melapisi pembuluh darah. anemia hemolitik. S. sehingga ibu mudah lelah. .

Menurut Dr. seperti misalnya. dan lemak dalam badan anda. Michael B. dan K atau disingkat Vitamin ADEK. Karena ada sebagian vitamin dan mineral. Vitamin berdasarkan kelarutannya di dalam air : . pengawalankesihatan. Sporn. D. Sumber vitamin yang paling baik adalah makanan sehingga orang sehat yang makanannya bermutu baik mesti sudah mendapat jumlah vitamin yang cukup. karbohidrat. . (http://apotekputer. Bagi mereka yang ingin mengonsumsi vitamin secara teratur. Sebab.Vitamin yang tidak larut di dalam air : Vitamin A. Tanpa vitamin manusia. M. E. hanya sedikit perbedaan manfaat yang diperoleh jika mengonsumsi vitamin secara teratur. Ia membantu pertumbuhan proses protein. Katanya. Ia berperanan dalam pertumbuhan normal. Manusia tidak dapat mensintesa vitamin dalam tubuhnya kecuali vitamin D pada kulit.com) Manfaat Vitamin Menurut Barbara Paulsen pakar kesehatan dari Amerika. pil zat besi yang berdampak keras bila dikonsumsi dalam perut keadaan kosong. konsumsi vitamin boleh dilakukan kapan saja begitu kita ingat.Vitamin yang larut di dalam air : Vitamin B dan Vitamin C . Vitamin terutama disuplai darimakanan. nicotinamide dan tryptophan. konsumsilah vitamin bersama makanan untuk membantu proses penyerapan oleh tubuh.D.Vitamin adalah mikronutrien organik yang bekerja dalam tubuh bersama-sama dengan enzim untuk mengatur proses-proses metabolik dan mengubah protein dan karbohidrat menjadi jaringan dan energi Pengertian Menurut Wikipedia Vitamin ialah bahan organik yang sangat diperlukan oleh badan dengan jumlah kecil. Barbara Paulsen menyebut sejumlah tips yang bisa dilakukan agar manfaat vitamin lebih optimal. Vitamin biasanya disebut sebagaimikronu trien. Vitamin adalah zat organik penting yang diperlukan tubuh dalam jumlah kecil untuk berbagai reaksi metabolisme dan mempertahankan kesehatan tubuh. hewan dan makhluk hidup lainnya tidak akan dapat melakukan aktifitas hidup dan kekurangan vitamin dapat menyebabkan memperbesar peluang terkena penyakit pada tubuh kita. dan pencegahanpen yak it.PENGERTIAN VITAMIN Vitamin adalah suatu zat senyawa kompleks yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita yang berfungsi untuk mambantu pengaturan atau proses kegiatan tubuh.

rambut. isoleusin. terdiri dari 10 asam amino esensial dan 14 asam amino non-esensial. Diperkirakan 50% berat kering sel dalam jaringan hati dan daging terdiri dari protein. Sedangkan dalam tenunan daging segar sekitar 20%. Histidin esensial bagi anak-anak tetapi tidak esensial bagi orang dewasa. tidak berlebihan dan kekurangan. sampai produk susu. tapi berguna bagi pertumbuhan bayi. mulai dari kacang-kacangan. Dalam menu seimbang. dan harus diperoleh dari makanan. protein. Mutu protein dinilai dari perbandungan asam-asam amino (penyusun protein) yang menyusunnya. dan enzim. Menu seimbang adalah menu yang semua zat gizinya dibutuhkan tubuh setiap hari. karena banyak makanan yang tinggi protein juga tinggi lemak dan kolesterol. termasuk kulit. kuku. Arginin tidak esensial bagi anak-anak dan orang dewasa. atau tak pandai memanfaatkannya. Kalau konsumsinya kurang. valin. seafood. daging unggas. histidin. Sampai kini dikenal 24 jenis asam amino. Setiap sel dalam tubuh kita mengandung protein. Buah dan sayuran memberikan sedikit protein. . otot. Zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh jumlahnya tidaklah sama. Protein ditemukan dalam berbagai jenis bahan makanan. Keinginan atau selera dari ibu hamil belum tentu sesuai dengan kebutuhan tubuh ibu dan si anak sehingga dibutuhkan menu makanan yang seimbang. daging ternak. ada yang dibutukhkan dalam jumlah yang sedikit dan ada pula yang dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. trimester II. dan trimester III dan harus cukup jumlah dan mutunya dan harus dipenuhi dari kebutuhan makan sehari-hari sehingga janin yang dikandungnya dapat tumbuh dengan baik serta tidak mengalami gangguan dan masalah Ibu hamil memerlukan makanan yang bermutu. Ke-10 asam amino itu adalah lisin. protein merupakan komponen terbesar kedua setelah air. Pemilihan sumber protein ini mesti bijaksana. treonin. Asam amino esensial yakni asam amino yang tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh kita. hormon. metionin. leusin. Protein sangat penting bagi tubuh manusia. fenilalanin. Protein yang menyediakan asam amino esensial dalam perbandingan yang menyamai kebutuhan manusia disebut bermutu tinggi. tulang. Pada sebagian besar jaringan tubuh. dan arginin. dan lemak dalam menu harian harus senantiasa sesuai dengan kebutuhan tubuh. Fungsi Protein Fungsi protein tak terhitung banyaknya. bisa timbul banyak masalah kesehatan. biji-bijian. darah.Definisi Gizi Ibu Hamil Gizi ibu hamil adalah makanan atau zat-zat gizi (baik makro dan mikro) yang dibutuhkan oleh seorang ibu yang sedang hamil baik pada trimester I. perbandingan antara karbohidrat. air liur.

dan mengombinasikannya dengan protein dari biji-bijian seperti gandum. Berbagai penelitian menunjukkan. Kalau kita terlalu banyak mengonsumsi protein bermutu rendah dan tidak bervariasi. Ibu hamil perlu mengonsumsi cukup protein sepanjang kehamilan. Sebab jumlah protein pembatas akan ditingkatkan dan adanya tambahan asam amino esensial lain dari protein hewani yang sebelumnya tak ada dalam protein nabati. muka menjadi tua. Sedangkan bila kekurangan protein itu disertai kurangnya kalori. jagung. Begitu juga mengombinasikan konsumsi protein nabati dengan protein hewani akan meningkatkan mutu protein nabati. kita akan kekurangan asam amino pembatas ini dan mulai menderita gejala-gejala kekurangan protein. Sedangkan protein dari daging. tahu. dan tempe. sedangkan dalam kacang-kacangan biasanya metionin. rewel. susu. kurang nafsu makan. yang bila berlanjut parah bisa menyebabkan kuashiorkor. Anak penderita kuashuiorkor akan apatis.Sebaliknya. kedua protein akan saling melengkapi. telur. Asam amino esensial yang jumlahnya sangat kurang dalam bahan makanan disebut asam amino pembatas. asam amino pembatasnya adalah lisin. saat pertumbuhan janin paling pesat dan payudara serta organorgan lain ibu menjadi lebih besar untuk mengakomodasi kebutuhan janin yang main besar. Karenanya. Jumlah asam amino non-esensial tidak dapat digunakan sebagai pedoman karena asamasam amino itu dapat dibuat dalam tubuh. Sindrom Muka Bengkak Kekurangan protein dalam jangka lama bisa mengganggu berbagai proses dalam tubuh dan menurunkan daya tahan terhadap penyakit. khususnya pada trimester kedua dan ketiga. lentil. Dengan mengombinasikan dua jenis protein nabati itu. beras. kita bisa memenuhi kebutuhan protein sepanjang menyertakan bahan pangan nabati berprotein tinggi seperti kacang-kacangan. yang kekurangan satu atau lebih asam amino esensial disebut bermutu rendah. Kekurangan protein pada anak dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan. dan wajahnya bengkak akibat adanya edema (penumpukan cairan dalam sel-sel tubuh). Namun bahkan jika kita tidak makan protein hewani. bayi yang berberat lahir rendah biasanya berasal dari ibu hamil yang tidak mengongsumsi cukup protein selama hamil. . protein dari bahan-bahan makanan ini bermutu rendah. Dalam biji-bijian sereal. anak bisa menderita marasmus. yakni tubuh tinggal tulang dan kulit. dapat menyediakan asam-asam amino esensial. sehingga disebut protein bermutu tinggi. atau oatmeal.

telur. dan 0. atau sekitar 192-gram daging yang mengandung protein 25%. . baik secara langsung maupun tidak langsung Bertindak sebagai bahan lapisan dinding sel Membentuk jaringan pengikat misalnya kolagen dan elastin Membentuk protein yang inert (mati) misalnya rambut dan kuku Berfungsi sebagai enzim. yang mempercepat pengolahan makanan Berfungsi sebagai plasma darah Membentuk antibodi (bahan-bahan kekebalan trubuh) Menjadi bagian sel yang dapat bergerak. maupun lepasnya kulit. Inilah yang sering menimbulkan reaksi-reaksi alergi pada orang yang makan bahan makanan mengandung protein seperti susu. misalnya pada protein otot. Tubuh kita menyimpan kelebihan protein yang kita konsumsi dalam bentuk lemak. Jika ditotal.Bisa Bikin Gemuk Setiap hari. feses.8-1. ikan laut. keringat.0 gram/kilogram berat badan. Kedua jenis protein ini diserap melalui dinding usus. Jadi. Namun kadang protein itu bisa diserap langsung dalam bentuk peptida (molekul pecahan protein) ataupun protein yang lebih sederhana. udang. Kenapa Bikin Alergi? Protein dalam bahan makanan yang dikonsumsi manusia akan diserap oleh usus dalam bentuk asam amino. Fungsi Vital Protein y y y y y y y y y y y y y Membentuk jaringan-jaringan baru Membentuk dan menumbuhkan jaringan janin Menjadi 'bahan bakar' jika tubuh tidak punya cukup persediaan karbohidrat dan lemak Mengatur keseimbangan cairan dalam jaringan dan pembuluh darah Mengatur keseimbangan asam-basa dalam tubuh Mengatur berbagi proses metabolisme dalam tubuh. dsb. yang terlalu banyak makan protein bisa saja mengalami kegemukan. wanita dengan berat badan 60 kilogram memerlukan 48-60 gram protein per hari.54 gramper kilogram berat badan (wanita). Ibu hamil disarankan mengonsumsi 75 gram protein per hari. kehilangan protein itu sekitar 0.(TG). Jadi.57 gram per kilogram berat badan (pria). Untuk mengatasi faktor rendahnya mutu protein. lalu masuk dalam pembuluh darah. biasanya 240 pemasukan protein yang disarankan adalah 0. protein tubuh hilang melalui urin.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->