1.

Logam+Non-Logam (dengan biloks logam hanya satu) Logam + Non-Logam(-ida) misalnya :

2. Logam + Non-Logam (dengan biloks logam ada lebih dari satu) Logam(Muatan ditulis dengan angka romawi) + Non-Logam(-ida) misalnya :

misalnya hidrogen klorida jadi asam klorida. pada tata nama yang pertama (Logam+Nonlogam dengan biloks logam hanya 1) si unsur logam hanya mempunyai 1 biloks (bilangan oksidasi) misalnya. Natrium (Na) mutlak hanya memiliki 1 bilangan oksidasi yakni +1.. nah itulah bedanya teman. hidrogen bromida jadi asam bromida begitu. Non-Logam+Non-Logam Non-Logam+Non-Logam(-ida) misalnya : sebenernya nama-nama senyawa di atas nanti lebih lazim disebut dengan awalan 'asam'. bisa kita lihat dan cocokkan di SPU bahwa Ferrum (Fe) biloksnya tidak hanya +3 tapi bisa juga +2.yang gue merah-merahin itu menunjukkan muatan logamnya. Sedangkan pada penamaan yang ini.. 3. apa sih bedanya sama tata nama yang sebelumnya? Bedanya adalah. Nah sekarang. terus ada juga : ...

kalo yang ini sesuaikan sama indeksnya. begitu teman. Nah baru deh kalo ada mono di unsur kedua harus ditulis. itu nggak ditulis juga ngga apa kok. coba lo hapalin dulu ini. Lho? lalu kenapa bukan Monokarbon dioksida? kan angka indeks C nya 1? Memang benar. 1 = Mono 2 = Di 3 = Tri 4 = Tetra 5 = Penta 6 = Heksa 7 = Hepta 8 = Okta 9 = Nona 10 = Deka Lalu. kamu huarus. sama seperti angka indeks 1.nah. Kan angka indeksnya 2 jadi ditambah 'di' sebelum nama asli unsur tersebut. nanti kamu juga lama-lama inget. biasanya di buku kimia kamu ada kok. dilihat dari angka indeks dari unsur O nya. Banyak-banyak ngerjain soal aja.. dibacanya Dinitrogen Monoksida. misalnya: .. soalnya kalo mono ada diawal. muatan beserta namanya. tapi monokarbon dioksida itu tidak lazim. cara membacanya karbon dioksida. nggak ditulis juga ngga apa kan? Kemudian N2O. 4. menghapal anion dan kation. bentuk. Biar bisa memahami dengan mudah.. CO2. mari kita bahas satu persatu contoh tadi. Tata Nama Senyawa Poliatomik (Anion+Kation) Wabil khusus buat yang ini..

refference : buku catetan kimia kelas 1 dari bu ade.Nah untuk penamaan poliatomik anion kation. yang perlu diperhatikan tata cara penyusunannya adalah.setelah senyawa logam seperti contoh : Nah.... cara menyirikannya adalah dilihat dari adanya ion OH.. semoga review pelajaran gue kali ini bisa bermanfaat yah. Tata Nama Senyawa Basa Kalau buat penamaan basa. . Akhirnya selesai juga review pertama gue ini. Tata Nama Asam cara menyirikan yang mana yang senyawa asam dan yang mana yang bukan adalah.. contoh: 6... bagaimana? udah paham belum tentang tata nama senyawa kimia? Semoga udah ya. jika suatu senyawa diawali dengan ion H+ maka senyawa itu disebut senyawa asam. Makasih. 5. kemudian baru kationnya... Nah. anion selalu ditulis pertama kali.

2. Nama senyawa basa sama dengan nama kationnya yang diikuti kata hidroksida. artinya jika terkena kulit terasa licin seperti bersabun. Contoh: NaOH :natrium hidroksida :kalsium hidroksidaCa(OH)2 Al(OH)3 : aluminium hidroksida Cu(OH)2 : tembaga(II) hidroksida Ba(OH)2 : barium hidroksida . Larutan basa bersifat kaustik. Tata Nama Basa Basa adalah zat yang di dalam air dapat menghasilkan ion OH . Pada umumnya basa adalah senyawa ion yang terdiri dari kation logam dan anion OH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful