MENYAMBUT BULAN HAJI

MENYAMBUT BULAN HAJI . . . . . . . .

Ma'asyiral hadirin jamaah jum'at rahimakumullah. Marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah SWT dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Dengan bertakwa kita akan berbahagia, baik di dunia, maupun di akhirat kelak, dan sebaliknya manakala kita tidak mau bertakwa, kita akan celaka, baik di dunia, maupun di akhirat nanti. Ma'asyiral hadirin rahimakumullah. Kita sekarang tengah memasuki bulan Zulhijah, satu bulan di mana umat Islam yang mampu diwajibkan menunaikan ibadah haji ke Baitullah untuk memenuhi rukun Islam yang ke lima. Allah SWT berfirman dalam QS. Ali Imron : 97 :

Artinya : " Dan hanya karena Allah diwajibkan haji atas manusia ke Baitullah, yaitu terhadap mereka yang telah sanggup melaksanakan kewajiban tersebut, sungguh Allah tidak menghajatkan apa-apa dari alam semesta ini. " Dalam QS. Al Haj : 27 - 28 Allah SWT berfirman : ........ .

Artinya ; " Dan panggillah manusia untuk melakukan ibadah haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kami dan dengan kendaraan yang melelahkan dari pelosok-pelosok penjuru dunia, agar mereka menjadi saksi akan banyaknya manfaat bagi perjalanan mereka. " Ma'asyiral hadirin rahimakumullah. Perjalanan haji adalah perjalanan suci. Perjalanan menelusuri tapak-tapak kaki para Nabi. Dengan niat suci memenuhi panggilan Ilahi. Perjalanan yang banyak mengeluarkan energi, yang membutuhkan kebulatan tekad di dalam hati. Kalau di dunia ini ada kebahagiaan, maka tak ada kebahagiaan yang lebih mulia dari pada memenuhi panggilan Tuhan Yang bersifat Rahman. Kebahagiaan yang tumbuh dari hati yang beriman. Dan orang yang beribadah haji, perasaan itulah yang dirasakan., meski dia harus banyak berkurban, banyak uang yang dibelanjakan, sanak keluarga yang ditinggalkan, tenaga yang harus dikerahkan, waktu lama yang harus diluangkan. Namun begitu dia sampai di hadapan Ka'bah rumah Tuhan, rasa nikmat hatilah yang dirasakan. Jerih payah tidak terasa, jauh dari kampung halaman tidak mengapa, tak terasa mengucur air mata, rasa bahagia menyelimuti sekujur dirinya, laksana bayi berada dalam pelukan ibu

Inilah rumah Allah yang dikatakan dalam QS. ke arah mana wajahnya dihadapkannya. Ali Imron : 97 penuh barokah : . bersabda : . padahal Maha Suci Allah dari perbuatan main-main dalam aturan agama-Nya. yakni mengelilinginya. Bagi orang yang berpikiran dangkal. Padang Arafah yang dalam sejarah dikenal sebagai tempat pertemuan Adam dan Hawa. " { HR. pangkat dan keturunan. Itulah sebabnya Nab saw. " Ma'asyiral muslimin hadaniyallah waiyyakum. Ka'bah yang selama ini menjadi kiblat tiap kali dalam salatnya. Dia bukan hanya bisa memandangnya. kemudian direnovasi oleh Nabi Ibrohim as. Gaya hidup seperti inilah yang dikehendaki Allah. warna kulit.. yaitu agar tertanam di hati tiap mukmin gaya hidup yang hanya berporos kepada kehendak Allah. Di dalam tawaf orang tidak hanya berjanji dengan perkataan. Sayang sekali banyak di antara kita yang di dalam kehidupan belum bisa menjabarkannya dengan baik. Maka meluncurlah dari mulutnya kata-kata manja penuh puja dan doa. ia menganggap bahwa pekerjaan tawaf ini seperti orang bermainmain. yaitu kain putih tanpa dijahit. Namun perbedaan itu semuanya ditanggalkan. Tenang dan tenteram hati dibuatnya. politik. Thobroni } Ma'asyiral hadirin rahimakumullah.sebanyak tujuh kali. tapi diperagakan dengan mengelilingi Ka'bah 7 x setiap tawaf. bahasa. perkataan. " Ini potongan doa Iftitah yang selalu kita baca pada setiap kita salat. karenanya sedikitkanlah olehmu perkataan di dalamnya. tapi sekaligus bisa menyentuhnya dan mencurahkan isi hati di sisinya.bapaknya. Di Padang Arafah inilah mereka semua tunduk di . Termasuk pakaian kebesaran. Para ulama menilai bahwasanya tawaf itu mengandung hikmah yang sangat tinggi. Artinya : " Sesungguhnya rumah pertama yang diperuntukkan bagi manusia untuk beribadah kepada allah yaitu Baitullah yang ada di Mekah yang penuh barokah dan menjadi petunjuk bagi umat manusia seluruh dunia. baik dalam pikiran. sebagaimana Ia berfirman dalam QS. ekonomi. maupun perbuatan di sepanjang kehidupannya hanya untuk Allah semata. Di Ka'bah ini orang yang menunaikan ibadah haji disuruh bertawaf. Mereka berbeda-beda suku bangsa. Al An'am : 162 : Artinya : " Katakanlah sesungguhnya salatku dan ibadahku serta hidup dan matiku adalah untuk Allah Tuhan semesta alam. dan Nabi Ismail as dan kemudian juga oleh Nabi Muhammad saw. digantikan dengan pakaian seragam Ihram. kini benar-benar ada di depan matanya. Agar mereka. Artinya : " Tawaf itu adalah salat. Mula-mula Baitullah ini dibangun oleh Nabi Adam as. di tempat itu jamaah haji diperintahkan untuk melakukan ibadah wukuf. budaya. Di Arafah itulah jamaah haji dari berbagai penjuru dunia berkumpul bagaikan di Padang mahsyar. penuh harapan dan permintaan yang selama ini terpendam dalam dada.

mereka berkumpul di hadapan makam Rasulullah saw.. bahwa untuk memperoleh rahmat dan karunia Allah. di tempat itu jamaah haji diperintahkan untuk melontar jumrah. BERTAUBAT SEBELUM WAFAT .hadapan Allah SWT. Kaum muslimin yang berbahagia. " Ma'asyiral muslimin hadaniyallah waiyyakum. Jamaah haji yang benar-benar melakukan wukuf akan tertanam kesadaran kesamaan derajat dan martabat. " { Hadis Riwayat Thobroni }. maka sesungguhnya setan itu menyuruh mengerjakan perbuatan keji dan mungkar. kala beliau masih hidup. " Mina yang terkenal sebagai tempat Nabi Ibrahim as.An Nur : 21 . karena sepertinya mereka dapat berjumpa dengan Rasulullah saw.. manusia harus bekerja keras tidak boleh malas. Bukit Sofa dan Marwah yang tercatat sebagai tempat Siti Hajar mencari air untuk anaknya Ismail. ... Demikianlah khutbah kali ini yang dapat saya sampaikan. bersabda : ... Artinya : " Hai umat manusia sesungguhnya Kami menciptakan kamu terdiri dari laki-laki dan perempuan. janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.. Jamaah haji yang benar-benar melakukan ibadah ini. berlari-lari kecil yang menggambarkan. lalu Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku bangsa supaya kamu saling mengenal... satu ibadah yang menggambarkan melontar iblis terkutuk. orang yang palng mulia di sisi Allah hanyalah orang-orang yang paling takwa kepada-Nya. tentu akan tertanam kesadaran untuk selalu berpaling dari hawa nafsu mereka.. Betapa bahagianya jamaah haji yang ketika berada di Madinah. sebagaimana Allah berfirman dalam QS. . Al Hujurat : 13 . mudah-mudahan kita semua diberikan kemampuan oleh Allah SWT untuk dapat menunaikan ibadah haji. Allah WT. di tempat itu jamaah haji diperintahkan untuk melakukan ibadah Sa'i. Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa di antara kamu. maka samalah halnya dia berziarah kepadaku di waktu hidupku... Nabi Ismail as. Artinya : " Hai orang yang beriman. berfirman dalam QS... Nabi saw.. Artinya : " Siapa yang melakukan ibadah haji lalu dia berziarah kepadaku sesudah wafatku. karena ia menggoda mereka. Tak ada kelebihan sedikit pun di hadapan Allah SWT. Diposkan oleh kumpulan khutbah jumat di 20:50 0 komentar Link ke posting ini . .. dan Siti Hajar ra. melempari iblis. dan menolak keinginan-keinginan dan bujukan-bujukan setan.

Oleh karena itu. maka pertaubatan itu mempunyai tiga persyaratan. . atau meninggalkan dosa seketika dan bertekad untuk tidak melakukannya lagi. mengganggu tidurnya. Berhenti melakukan hal-hal yang dibenci Allah dan berusaha menjalani apa yang diridoi dan disenangi-Nya. ini harus diakui oleh kita semua. Maka jika dosa itu berkaitan dengan hubungan seorang manusia dengan Allah. Allah SWT berpesan dalam firman-Nya: Artinya: " Hai orang ± orang yang beriman. Taubat dalam pengertian yang demikian tidak sama dengan pengertian kapok lombok atau taubat sambal dalam istilah Jawa yang hanya menimbulkan rasa penyesalan sesaat atau rasa jera sementara yang pada kesempatan lain akan mengulangi perbuatannya lagi. yakni orang-orang bertakwa yang amat mulia di sisi Allah SWT. marilah kita segera melakukan taubat. Ma'asyiral hadirin yang berbahagia. telah menegaskan dalam hadisnya. bertaubatlah kamu kepada Allah dengan taubat nasuha. bahwa semua umat manusia bani Adam itu mempunyai kesalahan dan dosa. Hadharatusy-syaekh Abi Zakariya Yahya bin Syarif An-Nawawi dalam kitabnya Riyadus-shalihin menyatakan bahwa taubat itu wajib dari tiap dosa.BERTAUBAT SEBELUM WAFAT . apakah dosa terhadap Allah atau dosa terhadap sesama. kalau kita benar-benar beriman kepada Allah SWT dan beriman kepada Hari Akhir sebagai hari pembalasan. Dan ia merasa bersedih hati atas dosa-dosa yang pernah dilakukannya. Taubat artinya kembali dari maksiat menuju taat. Taubat menimbulkan perasaan duka cita yang terrenyuh dalam lubuk hatinya. Al Tahrim . Berhenti berbuat maksiat dan patuh kepada Allah. Ma'asyiral hadirin rahimakumullah. yang bukan hanya mengucapkan istigfar sebagai permohonan ampun.baik orang yang bersalah dan dosa adalah orang yang mau bertaubat. agar kita benar-benar menjadi Muttaqin . yaitu : . dengan melaksanakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. menumbuhkan rasa penyesalan yang mendalam dan membangkitkan semangat yang bulat untuk melepaskan noda dan dosa yang pernah dilakukannya dan bertekad untuk memulai kehidupan yang lebih baik. Dalam kesempatan yang berbahagia ini marilah kita bersyukur kepada Allah SWT yang telah menakdirkan kita menjadi orang-orang beriman kepada-Nya. Dengan demikian orang yang bertaubat adalah orang yang berhenti melanggar larangan-larangan Allah dan kembali untuk melakukan perintah-Nya. memang sehari-hari kita tidak pernah terlepas dari dosa. baik di dunia maupun di akhirat. Nabi saw." QS. 8 Yang dimaksud dengan taubat Nasuha di sini adalah taubat yang sesungguhnya. Ma'asyiral muslimin sidang jum'at rahimakumullah. apakah dosa besar atau dosa kecil. tetapi lebih dari itu ada upaya untuk menjauhi dan tidak mengulangi perbuatan dosa yang pernah dilakukan untuk kedua kalinya. dan sebaik . apa lagi berkali-kali. Penegasan Nabi saw.

. niscaya Aku akan mengampunimu. dan Aku tak peduli. Dia senantiasa membuka tangan-Nya di siang hari untuk menerima taubat hambaNya yang berbuat dosa di waktu malam." { Hadis Riwayat Imam Turmudzi. lalu tetap pada jalan yang benar. Selanjutnya jika ada dosa yang berkaitan dengan hubungan seseorang dengan sesamanya. Dalam Al Quran surah Thaha. maka niscaya Allah SWT akan mengampuni dosa dan kesalahan kita. lalu kamu memohon ampunan-Ku. Ketika kita punya salah dan dosa kepada allah. Harus menyesali perbuatan yang telah terlanjur dilakukannya. 2. niscaya Aku akan datang kepadamu dengan membawa ampunan sepenuh bumi pula. Mengapa demikian ? Karena sesungguhnya Allah sendiri tidak mau memaafkan dan tidak mau menghapus dosa seorang hamba yang mempunyai kesalahan terhadap hamba yang lainnya. lalu kamu menemuiku sambil tidak menyekutukan-Ku dengan sesuatu apapun. Selagi permintaan maaf ini tidak dilakukan. Dosa dan kesalahan yang berhubungan dengan sesama manusia sesungguhnya lebih sulit penghapusannya bila dibandingkan dengan dosa dan kesalahan yang berhubungan dengan Allah." Bahkan dalam salah satu hadis kudsi. beriman dan beramal saleh. andaikata dosamu seluas langit. sesungguhnya jika kamu meminta dan mengharapkan ampunan-Ku. dan Aku tak peduli hai anak Adam. selagi kita betul-betul menyesal dan berniat tidak akan mengulangi lagi kesalahan dan dosa yang pernah dilakukan. dan selalu membuka tangan-Nya di waktu malam untuk menerima taubat hamba-Nya . lebih jelas lagi Allah menegaskan : Artinya: " Hai anak Adam. sekaligus hamba yang bersangkutan tersebut dengan ikhlas dan rela hati mau memberi maaf. 3. Ma'asyiral hadirin hadaniyallah waiyyakum. sekaligus pemberian maaf ini tidak ada. Kedua firman Allah tersebut di atas menunjukkan bahwa betapa Maha Pengampunnya Allah SWT. hai anak Adam. 82 Allah menegaskan : Artinya: " Dan sesungguhnya Aku Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertaubat. jika kamu menghadap kepada-Ku dengan membawa dosa sepenuh bumi. dalam arti kata benar-benar bertaubat. yaitu menyelesaikan urusannya dengan orang yang bersangkutan. atau mengembalikan sesuatu yang harus dikembalikan. Tidak ada istilah "Tiada maaf bagimu " bagi Allah kepada para hamba-Nya. Syarat ini adalah syarat mutlak yang wajib ditunaikan oleh seseorang yang mempunyai dosa dan kesalahan terhadap orang lain. Niat bersungguh-sungguh tidak akan pernah mengulangi perbuatan yang sama untuk kedua kalinya. sebelum seorang hamba tersebut meminta maaf terhadap hamba yang bersangkutan.} Kaum muslimin yang berbahagia. maka pertaubatan tersebut belumlah bisa diterima.yang berbuat dosa di waktu siang. karena pintu taubat senantiasa terbuka bagi siapa . maka pertaubatan itu ditambah satu syarat lagi.1. niscaya Aku ampuni dosa yang telah diperbuat. Harus menghentikan maksiatnya. dengan meminta maaf atau minta halalnya satu perbuatan.

Kelak kata Nabi. Akan tetapi. Ma'asyiral hadirin hadaniyallah waiyyakum. Ma'asyiral hadirin rahimakumullah.lalu mengambil pahala seorang hamba yang diprotes. Bahkan yang lebih tragis. lalu pahala itu diberikan kepada seseorang yang disakitinya. Manakala kita melakukan kesalahan terhadap orang lain. maka hendaklah kita berhati-hati sekali dalam berhubungan dengan sesama kita. Nabi saw. haji dan pahala-pahala lainnya. ada seorang hamba yang datang menghadap Allah di hari pembalasan dengan membawa pahala salat. Bagi kita yang mau bertaubat. Mendengar protes dari orang itu. sengaja menunda-nunda taubat mereka hingga saat sakratul maut tiba. dosa orang yang pernah disakiti itu diambil. dari segala cacat dan cela. kini habis digunakan untuk membayar atas dosa-dosa dan kesalahan kepada orang lain. atau bahkan kita sengaja menggelapkannya dan mencurinya. lalu diberikannya kepada sesamanya yang pernah disakiti. yaitu taubat. Berhubung pahala untuk membayar dosa itu sudah habis. apakah untuk mendapatkan maaf dari sesama kita sama mudahnya dengan memperoleh ampunan dari Allah ? Tentu saja tidak. dan dia belum mendapatkan maaf dari saya. pahala puasa. Begitulah tata cara kita bertaubat dan tata cara memperbaiki diri. Ini berarti menyakiti orang lain. Begitu seterusnya datang silih berganti orang-orang yang protes. Allah SWT . Akhirnya semoga kita diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk melakukan Taubatan Nasuha sebelum kita meninggal dunia. saya menuntut keadilan. Pintu taubat itu ditutup hanya bagi mereka yang sengaja mengulurulur waktu. Hanya dengan satu syarat saja. misalnya kita pinjam barang atau uang. dan kita harus minta maaf sampai dia mau memaafkan. hingga tidak ada kesulitan untuk mendapatkan ampunan-Nya. dalam satu hadisnya pernah bercerita tentang betapa sengsaranya seseorang yang ketika hidup di dunia pernah berbuat dosa terhadap sesamanya. ternyata amal baiknya lebih banyak ketimbang amal jeleknya. ketika pahala itu sudah habis masih ada saja orang yang datang memprotes. . Sekarang saya minta pertanggung jawaban atas perbuatan dosa yang pernah dia lakukan terhadap saya". ternyata datang salah seorang lagi memprotes pula yang intinya sama. Demi keadilan.saja. "Ya Allah. Begitu Maha Pengampunnya Allah. lalu kita tidak mengembalikannya dalam waktu yang cukup lama. Maka Allah pun hendak memasukkan hamba tersebut ke dalam surga. Ketika persoalan yang satu ini beres. Melihat kenyataan ini. Diposkan oleh kumpulan khutbah jumat di 19:00 0 komentar Link ke posting ini INTI HIDUP . Di dunia orang itu pernah menyakiti saya. kapan dan di mana saja. maka barang atau uang yang telah kita gunakan itu harus kita kembalikan. maka satu-satunya cara untuk meminta halalnya perbuatan dosa yang pernah diperlakukan kepada sesamanya adalah dengan jalan. lalu dialihkan kepada orang yang punya dosa / salah. tetapi sayang dia belum sempat mendapatkan maaf dari seseorang yang disakitinya itu. Seperti itulah kisah tragis yang diceritakan oleh Nabi saw. hingga akhirnya pahala hamba yang pada mulanya begitu banyak. Ketika dihisab. Maka untuk kedua kalinya Allah mengambil pahala yang berbuat dosa. maka Allah pun tidak memberi maaf kepada hamba yang punya dosa dengan sesamanya. berkaitan dengan seseorang yang menanggung beban dosa dan kesalahan terhadap orang lain yang belum mendapatkan maaf. akan tetapi ada seseorang yang komplen / mengajukan protes.

Kemudian dengan akal sehat pula kita manusia dapat mengetahui tentang kejadian diri kita. karena akal dan pikiran adalah bagian dari diri kita yang paling penting. Dengan akal kita dapat berpikir. dan pemimpin orang mukmin adalah akalnya. dan yang salah dianggap benar. alias hidup. Lantas kita menjadi tidak ada lagi. telah bersabda : Artinya :" Tiap-tiap sesuatu mempunyai alat. Dalam hal ini Nabi saw." Hadis ini menjelaskan. dengan cara menjaga dan merawatnya. alias akal yang rusak. lalu menjadi ada. alias mati. Itu berarti akal yang tidak sehat. Dan tiap-tiap kaum mempunyai tujuan. Ma'asyiral hadirin sidang jum'at rahimakumullah Melalui khutbah kali ini. Dan tiaptiap kaum mempunyai pemimpin. karena hanya dengan bertakwa kita manusia akan mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi Allah SWT. mana yang benar dan mana yang salah. Oleh karena itu marilah kita kembali kepada Al Quran. karena pada hakikatnya bukan kita manusia yang membuat perencanaan hidup di dunia ini.INTI HIDUP . Ayat 13 : Artinya : "Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah adalah orang yang paling bertakwa di antara kamu sekalian. . dan alat orang mukmin adalah akalnya. bahwa kita berasal dari tidak ada. Akal seperti itu tidak dapat mengendalikan hawa nafsu. Al Hujurat. Sebagai hamba Allah yang dikaruniai akal dan pikiran. bahwa akal sangat menentukan amal perbuatan kita manusia. kedua saya sampaikan kepada kaum muslimin yang hadir di masjid Jami' ini. pertama saya berwasiat kepada diri saya sendiri. Dengan akal kita dapat membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. sesuai dengan firman-Nya dalam QS. mana yang benar dan mana yang salah. Apabila ada akal yang tidak bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Marilah kita bersama-sama menetapkan pada diri kita untuk selalu bertakwa kepada Allah SWT. takwa dalam arti Imtitsaalu awaamirillah wajtinaabu nawaahiihi. Hadirin sidang jum'at yang berbahagia. dan yang buruk dikatakan baik. bahkan sebaliknya. justru hawa nafsu yang menjadi pengendalinya. Apakah sebenarnya tugas kita hidup di dunia ini ? Kiranya tidak ada seorang pun di antara kita manusia yang sanggup menjawab dengan tepat pertanyaan tersebut. Jadi hanya akal sehatlah yang dapat menentukan kebaikan dan keburukan. kita bertanya pada diri kita. sekali lagi marilah kita berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai takwa yang sebenar-benarnya. yang benar dianggap salah. yakni melaksanakan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya. dan tujuan pokok para hamba tergantung pada akalnya. Yang baik dikatakan buruk. kita manusia wajib bersyukur kepada Allah SWT. Dalam kaitan ini." Oleh karena itu.

Maka tiap-tiap kamu adalah pemimpin dan tiap-tiap kamu semua akan dimintai pertanggung jawaban atas kepemimpinan kamu. bersabda : . memohon kepada Allah SWT. semoga akal dan jiwa kita selalu disinari dengan nur iman.Di dalam surah Al Baqarah Ayat 30 Allah SWT telah menjelaskan : Artinya: " Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: Sesungguhnya Aku menjadikan di muka bumi ini seorang khalifah. Termasuk kita yang bujangan pun adalah pemimpin. sekaligus membimbing diri kita untuk meyakini bahwa kehidupan di dunia ini dibatasi oleh waktu yang telah ditetapkan oleh Allah dan kelak akan ada kehidupan di hari akhir. Apakah kita mampu memimpin diri kita sendiri dengan sebaik-baiknya. sebagaimana Nabi saw. sehingga kita dapat menunaikan segala tugas dan kewajiban kita sebagai bangsa dan hamba Allah yang bertakwa. Jadi dengan demikian jelaslah bahwa tugas hidup manusia sesuai dengan kehendak Penciptanya sendiri adalah sebagai khalifah. dan semoga di hari akhir nanti kita memperoleh maghfirah dan mardo-Nya. amin ya rabbal alamin. serta tugas mengatur kehidupan sesama umat manusia. Akhirnya marilah kita berdoa. yaitu kita manusia." Khalifah di sini maksudnya adalah Nabi Adam as. Al Dzariyat 56 } Kaum muslimin sidang jum'at yang berbahagia. karena pada dasarnya kita diciptakan oleh Allah SWT hidup di dunia ini untuk mengabdi kepada-Nya. tempat beribadah mengabdi kepada Allah SWT. bahkan terhadap makhluk-makhluk lainnya pun kita harus bertanggung jawab. Apakah yang diperbuat oleh kita manusia untuk mendapatkan kehidupan yang baik di hari akhir nanti ? Untuk menjawab pertanyaan itu. marilah kita jadikan dunia ini sebagai Mazro'atul Akhirah. melainkan supaya mereka beribadah kepadaKu. Tanggung jawab ini bukan hanya terhadap diri sendiri dan sesama saja. suami adalah pemimpin keluarganya dan istri adalah pemimpin rumah tangganya. yakni pemimpin diri kita sendiri. Kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang telah memasukkan nur iman ke dalam kalbu kita. . atau tidak ? Yang jelas kita akan ditanya. tempat bercocok tanam tanaman akhirat. Ma'asyiral hadirin sidang jum'at yang berbahagia. dan anak cucunya." { HR. bagaimana tanggung jawab kita sebagai pemimpin. alias kekal selama-lamanya. Artinya: " Kamu sekalian adalah pemimpin dan kamu masing-masing akan ditanya tentang kepemimpinan kamu. Khalifah disebut pula Ro'in / pemimpin. bumi. langit dan seisinya. sebagaimana firman-Nya yang berbunyi : Artinya: " Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia. Raja adalah pemimpin." { QS. satu kehidupan yang tidak mengenal batas waktu. karena pada hakikatnya kita sebagai Ro'in / khalifah mempunyai tugas mengelola alam semesta. Bukhori Muslim } Hadis tersebut menjelaskan dengan tegas bahwa kita semua adalah Ro'in / pemimpin.

Sejalan dengan itu. Rasulullah saw. . baik di dunia maupun di akhirat. dan barang siapa meninggalkannya. { Hadis Riwayat Imam Baehaqi.". amin. Artinya :"Salat adalah tiang agama. kita akan memperoleh ampunan dari Allah SWT serta kebahagiaan. Mudah-mudahan dengan ketakwaan ini. . menegaskan dalam beberapa hadisnya. Marilah kita terus-menerus berupaya mengendalikan diri kita untuk selalu bertakwa kepada Allah SWT. salat mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam agama Islam.bersabda : . Bagi orang bertakwa. dengan melaksanakan segala amal saleh yang diperintahkan Allah SWT dan menjauhi segala bentuk kemaksiatan dan kemungkaran yang dilarang olehnya. berarti ia menegakkan agama.. maka barang siapa menegakkannya. Yang pertama Nabi saw. berarti ia meruntuhkan agama. Kaum muslimin sidang jum'at rahimakumullah. Diposkan oleh kumpulan khutbah jumat di 18:56 0 komentar Link ke posting ini KEDUDUKAN DAN HIKMAH SHALAT KEDUDUKAN DAN HIKMAH SHALAT . Ma'asyiral hadirin jama'ah jum'at rahimakumullah. Salah satu ciri orang bertakwa adalah mendirikan salat. } Yang kedua beliau bersab .

maka baik pulalah seluruh amalnya. menjadikan berat timbangan amal baiknya." { Hadis Riwayat Imam Thabrani } Yang ketiga beliau pun bersabda tentang kedudukan dan keutamaan salat : . menjadi pelita di alam kubur sampai hari kiamat. maka ia salat dengan berbaring. maka bagi orang bertakwa. sedang dalam perjalanan. maka ia tetap melakukan salat sebisanya. dan sebagai kunci pembuka surga.Artinya : "Amal ibadah seorang hamba yang pertama kali diperiksa adalah salat. salat merupakan ibadah yang paling pokok yang tidak pernah dilupakan dan ditinggalkan sama sekali dalam sepanjang hidupnya. dikabulnya berbagai amal. dan terlebihlebih jika ia sedang sakit terbaring. menjadi penghalang api neraka. Kalau kita amati orang seperti ini banyak sekali kita jumpai di kalangan masyarakat kita. supaya kamu diberi rahmat. menjadi pembela di depan pengadilan Allah. baik di kalangan remaja. Jika berbaring tidak bisa. menjadi pakaian pelindung tubuhnya. Kaum muslimin yang berbahagia. Jika ia tak bisa duduk. maupun di kalangan dewasa. dalam sabdanya : . Begitulah sikap orang bertakwa dalam menghadapi salat. menyimpan rangkaian doa-doa wajib. maka rusak pulalah seluruh amalnya." Ma'asyiral muslimin sidang jum'at rahimakumullah. Apalagi jika ia sedang sibuk bekerja. dasar iman. Bagi orang yang iman dan takwanya lemah. memberikan berkah pada harta dan pekerjaan. Artinya : " Dan dirikanlah salat. . Artinya:" Salat adalah kesenangan Tuhan. maka mudah sekali ia menunda-nunda salat. membuat kebencian setan. memberikan syafaat sewaktu ia berada di hadapan malakul maut. cahaya makrifat. tunaikan zakat dan taatlah kepada Rasul. maka ia salat dengan terlentang. memudahkan lewat di atas shirat. Bilamana ia sakit yang membuatnya tak bisa berdiri. maka ia salat dengan duduk. dan jika terlentang pun tidak bisa. menjadi tempat berteduh kelak di hari kiamat. melalaikannya dan bahkan sengaja meninggalkannya. Untuk itu pendidikan salat harus ditanamkan dan dibiasakan pada anak-anak sejak mereka masuk SD. sunah kebiasaan para Nabi. dan jika salatnya rusak. Jika salatnya baik." Dalam Al Quran Surah An-Nur: 56 Allah SWT pun menyatakan bahwa dengan mendirikan salat seseorang akan selalu mendapatkan rahmatnya : . menjadi mahkota di atas kepalanya. kecintaan para malaikat. sebagaimana ditegaskan oleh Rasulullah saw. mendirikan salat tentunya merupakan beban yang amat berat. senjata ampuh untuk melawan musuh. Mengingat begitu pentingnya kedudukan salat dalam Islam dan begitu agungnya keutamaan-keutamaan salat.

karena di antara syarat sah salat. Ma'asyiral muslimin Rahimakumullah. { Hadis Riwayat Imam Turmudzi. ia terlatih hidup sabar. karena melaksanakan salat harus sesuai dengan syarat-syarat dan rukun-rukunnya. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Quran Surah Al Ankabut : 45 Artinya : " Dan dirikanlah salat. . di mana anak dilatih dan dibiasakan melakukan salat sejak kecil. Diposkan oleh kumpulan khutbah jumat di 18:55 1 komentar . Karena faktor kebiasaan itulah orang bertakwa taat dan patuh melaksanakan salat. ia merasakan bahwa dengan salat. . maka kebiasaannya akan terus berlanjut hingga ia menjadi dewasa. amin. Begitu juga ketika salat mau dimulai dianjurkan sekali pelakunya bersiwak atau menggosok gigi. } Begitulah tata cara mendidik anak menunaikan salat yang diajarkan Nabi saw. . giginya selalu bersih dan sehat. hendaklah kamu pukul jika ia meninggalkan salat". ia merasakan bahwa salat yang dilakukan dengan berjamaah dapat mengikat dan memupuk ukhuwah Islamiyah. Yang ke empat. Yang pertama. manakala tata cara itu dilakukan oleh setiap orang tua. pakaian dan tempat dari najis dan segala kotoran. ia merasakan bahwa dengan salat.. Dengan demikian. sesungguhnya salat itu dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. bahkan hingga sepanjang umurnya." Yang ke lima. yakni persaudaraan dan persatuan umat islam. sehingga kita memperoleh maghfirah dan mardotillah serta balasan surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai dan kita kekal di dalamnya untuk selama-lamanya. ia tetap menyempatkan dirinya untuk melakukan salat. Yang kedua. ia terbiasa hidup disiplin. harus suci badan. karena sesibuk apapun dalam menghadapi urusan dunia. ia membiasakan hidup bersih dan sehat. Mudah-mudahan kita semua termasuk orang-orang bertakwa yang taat mendirikan salat dengan baik dan benar. ia merasakan bahwa dengan salat yang khusyuk. .. apabila ia telah berumur tujuh tahun. ia merasakan bahwa dengan salat.. Yang ketiga. di mana semua bacaan salat menggunakan bahasa Arab. Link ke posting ini . sehingga ia merasakan bahwa dengan salat yang disertai siwak. Itulah hikmah-hikmah yang terkandung di dalam salat yang bisa dirasakan oleh orang bertakwa yang taat dan patuh mendirikannya. Di samping itu melaksanakan salat harus mengikuti cara-cara salat yang dilakukan oleh Nabi saw. Kaum muslimin sidang jum'at yang berbahagia.Artinya : " Suruhlah olehmu anak itu salat. baik salat fardu maupun salat sunah. ia mampu mencegah perbuatan keji dan mungkar. serta bersih suci dari hadas besar dan hadas kecil. Ketaatan dan kepatuhan orang bertakwa dalam mendirikan salat amat sangat dirasakan olehnya hikmah-hikmah yang terkandung di dalamnya. Apabila ia sudah berumur sepuluh tahun.

yaitu ancaman berupa hukuman yang belum diketahui coraknya. Iman tanpa diikuti takwa dan pengamalan ajaran-ajaran agama tak berarti apa-apa. keamanan dan kebahagiaan lahir batin. tetapi mereka dusta. tetapi harus dibarengi dengan takwa. baik sebagai pribadi maupun sebagai bangsa. Ancaman itu ditujukan kepada orang-orang yang Kadzdzabun. tetapi yang paling penting adanya kesediaan secara ikhlas untuk menaati dan mengerjakan segala perintahnya. yaitu kabar gembira yang menyenangkan semua hati dan didambakan oleh semua manusia. . atau mengkhianati pengakuannya. amin. . Kedua : Allah SWT mengemukakan Indzar. Mereka akan dipayungi oleh payung Ilahi sehingga mereka dapat hidup penuh ketenteraman dan kedamaian. lantaran perbuatan mereka. kesejahteraan. membohongi ikrarnya. . sentosa dan sejahtera. . Tuhan menentukan sebuah syarat. Dia telah . artinya iman kita dibarengi dengan ketakwaan yang bersungguh-sungguh. Sebagaimana termaktub dalam Al Quranul Karim Surah Al A'raf : 96 Allah SWT telah berfirman : . Artinya: "Andaikata penduduk negeri itu beriman dan bertakwa. niscaya Kami bukakan kepada mereka pintu berkah dari langit dan dari bumi. . yaitu iman yang disertai dengan takwa. Akan tetapi untuk memperoleh busyro itu. Dalam ayat tersebut Allah SWT mengemukakan dua perkara untuk dipilih oleh manusia : Pertama : Allah SWT menggambarkan Busyro. Bukan iman saja. Kaum muslimin sidang jum'at yang berbahagia. mengerjakan segala yang diwajibkan dan meninggalkan segala yang diharamkan. Ma'asyiral hadirin rahimakumullah. . yaitu orangorang yang mendustakan.PERINGATAN ALLAH SWT PERINGATAN ALLAH SWT . terutama beribadah kepadanya menurut ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan olehnya. Iman tidak cukup dengan sekedar ingat kepada Tuhan. Sebagaimana biasa marilah kita senantiasa bertakwa kepada allah SWT dengan melaksanakan segala kebaikan yang diperintahkan olehnya dan menjauhi segala kejahatan dan sedurhakaan yang dilarang olehnya." Ayat tersebut cukup jelas dan terang. bukan mengaku bertuhan dan beragama saja. Kalau ini kita lakukan. berupa kemakmuran. yaitu melakukan ibadah kepadanya. . maka Kami hukum mereka. baik di dunia maupun di akhirat kelak. barulah janji Tuhan yang berupa Busyro itu berhak kita terima. bahwa kepada mereka akan dibukakan pintu berkah dan rahmat yang berlipat ganda dari langit dan dari bumi. Mudah-mudahan dengan ketakwaan ini kita menjadi hamba-hambanya yang mulia yang diselamatkan dari segala bencana. Iman tanpa ibadah tidak akan berbekas dan berpengaruh bagi kehidupan seseorang. . atau dengan eling saja.

tentu kita berhak memperoleh Busyro. sebagai konsekuensi logis dari pernyataan iman kita ? Sudahkah kita bersikap anti terhadap segala yang dilarang Allah SWT ? Sudahkah kita berakhlak dan berperilaku dalam kehidupan sebagai mukminin ? Kalau semuanya sudah kita lakukan. mau janji gembira atau ancaman pahit. ibu pertiwi kita ditimpa berbagai macam bencana alam di sana-sini. Di dalam Al Quran Surah Al Qosos : 81 dikisahkan : . tetapi dia tidak pernah meninggalkan larangannya. angin topan dan lain sebagainya.. tetapi dia tidak pernah menyembahnya. Kita tinggal memilih. musibah banjir. tanah longsor. tetapi tidak berbuat. Dia telah menyatakan : Saya takut kepada Tuhan. tetapi dia tidak pernah beribadah kepada Allah. mau Busyro ataukah Indzar. berhak menikmati janjinya. . Tetapi jika belum." QS. Dengan bencanabencana alam ini mengakibatkan banyak menelan korban. Mari kita camkan janji dan peringatan Allah dalam ayat tersebut di atas. dosa siapa yang menyebabkan bencana-bencana alam di tanah air kita sering . kenapa kamu mengatakan apa yang kamu sendiri tidak melaksanakan. Hampir tiap tahun dan tiap musim hujan. Tidak ada satu kekuatan pun yang dapat menolong dia selain Allah. akan tetapi sudahkah kita membarengi iman kita dengan takwa ? Sudahkah kita melakukan hal-hal yang dituntut oleh iman itu ? Sudahkah kita hanya beribadah kepadanya secara benar." Ma'asyiral muslimin sidang jum'at rahimakumullah. sombong dan angkuh. maka Kami hukum orang-orang seperti itu. Juga mengingatkan kita kepada hukuman Allah SWT yang dijatuhkan kepada keluarga Karun yang menumpuk harta kekayaan di tengah-tengah kemiskinan dan penderitaan rakyat banyak dan menggunakan kekayaan yang melimpah ruah itu sebagai senjata untuk melawan kebenaran dan keadilan dan untuk mengenyahkan lawan-lawannya. Dan orang semacam itu pasti tidak akan ditolong. terutama para ulama dan pemuka agama yang sering memberikan peringatan kepadanya. Dia telah menyatakan kepercayaannya kepada Tuhan yang Maha Esa. Artinya:" Wahai orang-orang yang telah mengaku beriman. Nabi Luth as. Artinya:" Maka kami sapu bersih dia dan kekayaannya dari permukaan bumi. Bencana-bencana alam yang terjadi hampir tiap tahun ini mengingatkan kita kepada bencana-bencana alam yang terjadi pada masa Nabi Nuh as. baik korban jiwa maupun korban harta benda. sesuai dengan sikap dan perbuatan mereka. As ±Shof : 3 Ma'asiral muslimin rahimakumullah. Nabi Saleh as. Sebenarnya Allah SWT telah memperingatkan orang-orang yang suka ngomong. oleh Tuhan dalam ayat tersebut dikatakan sebagai Kadzdzab {penipu}. . yang merupakan hukuman Allah SWT kepada kaum-kaum yang durhaka. Kita bangsa yang beragama yang beriman kepada Allah SWT. atau masih dalam bentuk slogan dan ucapan belaka. Kita tidak tahu.. Ma'asyiral hadirin sidang jum'at yang berbahagia.mengatakan iman. sebab kita telah mendustai iman. Kepada orang-orang semacam itu. Nabi Hud as. alias iman kita masih di daerah bibir. Amat besar salahnya di sisi Allah apabila kamu mengucapkan sesuatu yang kamu sendiri tidak melakukannya. dengan firmannya: . maka tentulah hukuman Tuhan akan menimpa kita.

Dalam memasuki tahun. tetapi sebagai umat yang memiliki keyakinan. . bahkan cenderung lebih jelek dari tahun kemarin. karena Allah telah menyatakan: Barang siapa mendekat kepadaku. tetapi kita belum tuntas meninggalkan larangan-larangannya dan mengikhlaskan ibadah kepadanya. . Marilah kita berusaha dan terus berusaha untuk selalu bertakwa kepada Allah SWT dengan menjalankan segala perintah-Nya dan meninggalkan larangan ± larangan-Nya. Kaum muslimin sidang jum'at rahimakumullah. jalan yang paling baik adalah marilah kita melakukan muhasabah / introspeksi secara luas. barangkali kita bangsa Indonesia sering terkena sangsi. . Orang boleh mengemukakan seribu satu alasan. baik yang menyangkut ibadah vertikal. Wasiat takwa terutama saya tujukan pada diri saya sendiri dan juga pada para hadirin sekalian. baik yang bersifat ilmiah. Link ke posting ini . seyogyanya takwa kita meningkat lebih baik dari tahun kemarin yang telah berlalu. Aku pun akan mendekat kepadanya. Artinya: "Siapa yang hari ini / tahun ini lebih baik dari hari / tahun kemarin . Karena itulah. maka kita termasuk orang-orang yang tercela. maka kita termasuk orang-orang yang merugi. Baru sekarang ini . dalam sabdanya yang berbunyi: . Mudah-mudahan tidak akan ada musibah baru. Kita selalu mengaku takut kepada Allah SWT. apa yang telah kita perbuat yang menyebabkan Allah marah kepada kita bangsa Indonesia ? Marilah kita banyak berdoa dan melakukan usaha-usaha kongkrit untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. .terjadi. KEJAHATAN HAWA NAFSU KEJAHATAN HAWA NAFSU . maupun yang bersifat teknis. Bila takwa kita pada tahun ini tetap saja tidak mengalami perubahan dan tidak lebih baik dari tahun kemarin. maupun yang menyangkut ibadah horizontal / mu'amalah. Mungkin dosa kita semua bangsa Indonesia. Diposkan oleh kumpulan khutbah jumat di 02:14 0 komentar . baik yang akan menimpa kita secara langsung. maupun menimpa saudara-saudara kita sebangsa dan setanah air. Hal ini ditegaskan oleh Rasulullah saw. . dan jika takwa kita pada tahun ini menurun. karena kita terlalu banyak berteriak beriman dan bertakwa. tetapi tidak dibuktikan dan diamalkan secara konsekwen dalam kehidupan seharihari. agar kita menjadi orang-orang yang beruntung.

tampaknya lebih banyak umat manusia yang akalnya terkalahkan oleh keinginan hawa nafsunya. sebagaimana Nabi saw. karena semua ajakannya adalah batil. karena mereka mampu mengalahkan hawa nafsu mereka dan terpelihara dari segala dosa. Dan yang terakhir manusia. Kita telah maklum bahwa perang menghadapi orang-orang kafir adalah berat. maka kita akan terseret ke dalam api neraka. kebiadaban dan kemungkaran. Allah SWT menciptakan malaikat dilengkapi dengan akal tanpa keinginan nafsu. bersabda : . tentu kita menjadi syuhada' { orang-orang yang mati syahid }yang pasti akan dimasukkan ke dalam surga. semoga kita selalu diberi kemenangan dalam melawan hawa nafsu.. Bagi nafsu tidak ada sesuatu yang dapat dikembalikan ke arah kebaikan. di antaranya adalah malaikat. Barang siapa mengikuti semua perintahnya dan merasa puas dengannya. Bila kita berjihad menghadapi orang kafir. dikaruniai akal dan dilengkapi dengan keinginan nafsu." Kalau kita amati umat manusia di dunia ini. Artinya: "Musuhmu yang paling jahat adalah hawa nafsumu sendiri yang berada di antara kedua sisimu. Kita semua tentu telah mengerti bahwa nafsu yang selalu memerintahkan kejahatan {nafsu amarah}adalah lebih berbahaya dari pada setan. Dengan beriman dan bertakwa kepada Allah SWT niscaya kita akan mampu mengendalikan diri kita dari keinginan-keinginan hawa nafsu. dan tidak pernah berhenti. Tetapi jika kita tewas dibunuh hawa nafsu. tetapi berjihad menghadapi hawa nafsu. sedangkan jihad melawan orang-orang kafir hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu. . Hadirin kaum muslimin yang berbahagia. indikatornya diwarnai dengan kejahatan." Kaum muslimin sidang jum'at yang berbahagia. maka dia lebih baik dari pada malaikat. karena musuh yang kita hadapi itu ada pada diri kita sendiri. Jika kita tewas dalam pertempuran melawan orang kafir. tentu akan celaka dan terjerumus ke dalam neraka. Sebaliknya barang siapa keinginan nafsunya dapat mengalahkan akalnya. Rasulullah saw. Na'udzubillahi mindzalik. maka beruntunglah dia. sebaliknya hewan dilengkapi dengan keinginan nafsu tanpa dikaruniai akal. Artinya: "Mereka itu seperti binatang. dan siapa yang hari / tahun ini sama dengan hari / tahun kemarin. sebab jihad melawan hawa nafsu bersifat terus-menerus. Barang siapa akalnya mengalahkan keinginan nafsunya. akan tetapi lebih berat lagi jihad / perang melawan hawa nafsu." Setan bisa menjadi kuat menguasai kita disebabkan karena pertolongan nafsu dan segala kesenangannya. maka merugilah dia. Betapa banyak di negara kita para pejabat yang melakukan KKN. para kaum muslimin janganlah tertipu oleh nafsu. bahkan mereka lebih sesat lagi. Allah SWT berfirman dalam Al Quran: . hewan dan manusia. Oleh karena itu. Mereka itu adalah orangorang yang lalai. dan siapa yang hari / tahun ini lebih buruk dari hari / tahun kemarin. seperti halnya para nabi dan para rasul. maka kita dapat melihatnya dengan jelas. telah menegaskan bahwa jihad yang paling berat adalah jihad melawan nafsu. Allah SWT telah menciptakan beberapa makhluk hidup. kita tidak dapat melihat musuh itu. maka tercelalah dia. maka dia lebih jelek dari pada hewan. Mereka bersifat ma'shum. Dia adalah pangkal segala bencana dan sumber segala malapetaka.

kecuali bila hati manusia mengikuti hawa nafsu dan segala keinginannya. Link ke posting ini Diposkan oleh kumpulan khutbah jumat di 02:07 0 komentar MENYONGSONG TAHUN BARU MASEHI . Dan siapa yang merasa menjumpai daya dorong yang lain. Lain halnya dengan malaikat. Dalam hal ini Rasulullah saw. bermaksud agar manusia melakukan kebaikan dan membenarkan kebenaran. Artinya:" Bahwasanya setan itu punya daya dorong kepada anak Adam. Setan mendekati manusia bermaksud untuk membujuk manusia. maka berbahagilah dia. yang satu tidak lebih kuat dari pada yang lainnya. . marilah kita tingkatkan kewaspadaan kita. maka sesungguhnya setan itu menyuruh mengerjakan perbuatan keji dan mungkar. penyalahgunaan obat-obat terlarang dan perjudian ada di sana sini. sebagaimana malaikat juga punya daya dorong kepada mereka. maka berlindunglah kepada Allah dari setan yang terkutuk " Oleh karena itu.yang terkutuk. . karena mereka mengikuti hawa nafsu mereka. . sedangkan daya dorong yang terjadi dengan perantaraan setan disebut waswas / godaan. sebab menurut fitrah aslinya hati manusia cenderung menerima pengaruh-pengaruh dari malaikat dan pengaruh-pengaruh dari setan secara bersamasama. dan akal sehat mereka terkalahkan oleh hawa nafsu mereka. maka hancurlah manusia. ia mendekati manusia. Mereka lakukan semuanya itu. janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. dengan senantiasa memelihara iman dan takwa kita kepada Allah SWT dan selalu memohon kepadanya .. Daya dorong setan menyimpan janji-janji buruk dan mendustakan yang hak. Daya dorong yang terjadi dengan perantaraan malaikat disebut ilham. Dua ajakan atau dorongan dari malaikat dan setan itu adalah dua macam ilham yang terjadi di dalam hati manusia. sedangkan daya dorong malaikat mengandung janji-janji kebaikan dan membenarkan yang hak. telah bersabda : . Artinya : "Hai orang ±orang yang beriman. perampokan. agar melakukan kejahatan dan mendustakan kebenaran." Hadirin kaum muslimin yang berbahagia. semoga kita semua diberi kekuatan dan kemenangan dalam menghadapi hawa nafsu yang menjadi sumber kekuatan setan . ketahuilah bahwa yang demikian itu dari Allah SWT dan hendaklah ia memujinya. Sebaliknya jika hati manusia menentang dominasi hawa nafsu dan berpaling dari segala keinginannya. pergaulan bebas. Maka siapa yang menjumpai daya dorong malaikat. Allah SWT telah memperingatkan kita semua dalam firman-Nya yang berbunyi : . pemerkosaan. . . sedangkan hati manusia senantiasa tertarik pada ke duanya.para preman yang melakukan pembunuhan.

di antaranya QS Al Tahrim: 8 . Kini kita semua berada di penghujung tahun {. Tahun baru berikutnya sama dengan tahun ini. hari demi hari. Jika banyak diisi dengan amal-amal saleh.. Untuk selanjutnya kita akan menghadapi tahun baru {. baik tahun masehi maupun tahun hijriyah. Kaum muslimin sidang jum'at rahimakumullah. di saat-saat pergantian tahun. .. . Dengan demikian kita hendaknya prihatin dan bersedih hati. tahun demi tahun... tergantung sikap dan perilaku kita dalam menghadapinya. Kaum muslimin rahimakumullah.}. Oleh karena itu marilah kita syukuri nikmat iman ini dengan meningkatkan takwa kita kepada Allah SWT dengan takwa yang sebaik-baiknya. . kendatipun masih muda. Banyak sekali ayat-ayat Al Quran yang memerintahkan kita untuk bertaubat. maka tidak bisa ditawar-tawar lagi.. maka kita termasuk orang-orang yang merugi dan orang-orang yang menjadi korban waktu. mereka tidak dapat mengundurkan dan memajukan sesaat pun.. kematian pasti terjadi sesuai dengan ajal /batas waktu yang telah ditentukan Allah SWT. bulan demi bulan. seyogyanya kita berintrospeksi. Akan tetapi bertambahnya usia. . Tahun ini yang penuh suka dan duka yang membawa keberuntungan dan kerugian bagi kita akan segera berakhir dan meninggalkan kita untuk selama-lamanya. . berapa pun usia kita. Mudah-mudahan kita memperoleh kebahagiaan di dunia dan kebahagiaan di akhirat kelak... Nikmat Allah yang satu ini adalah nikmat yang paling besar dan paling mulia dibanding dengan nikmat-nikmat Allah yang lain yang telah dikaruniakan kepada kita. maka kita termasuk orang-orang yang beruntung.. Arinya: "Maka apabila ajal mereka telah datang. Oleh karena itu marilah kita hadapi dan kita sambut tahun masehi berikutnya dengan peningkatan-peningkatan amal saleh dan kita sambut dengan banyak bertaubat.. Kaum muslimin sidang jum'at yang berbahagia..MENYONGSONG TAHUN BARU MASEHI ... ataupun dilewatkan begitu saja karena malas. Banyak sekali bahkan tidak terhitung nikmat Allah yang telah dikaruniakan kepada kita sekalian.. tegasnya bisa menguntungkan dan bisa merugikan kita lagi. Kaum muslimin sidang jum'at yang berbahagia.." Oleh karena itu kita sebagai orang-orang beriman kepada Allah dan hari akhir. . menunjukkan pula bahwa jatah hidup kita makin berkurang hingga ajal kita datang. Kita tunaikan segala perintah-Nya dan kita jauhi segala larangan-Nya.}. Apakah tahun-tahun yang telah kita lalui itu banyak diisi dengan amal-amal saleh atau tidak.. Allah SWT berfirman dalam Al Quran Surah Al A'rof 34 ..} Ini menunjukkan bahwa usia kita akan bertambah satu tahun lagi. Beberapa hari lagi kita akan segera memasuki tahun baru {.. di antaranya adalah nikmat iman.. sebaliknya jika banyak diisi dengan amal-amal negatif dan maksiat.. Manakala ajal kita sudah datang.

salah seorang sahabat Anshar. Saat itu Allah SWT berfirman: Hai Malaikat-Ku. walaupun taubat dan penyesalannya dilakukan pada saat menjelang kematiannya. yaitu: 1. bersabda kepadanya: Bertaubatlah kepada allah. Ba'dul Hukama' menjelaskan bahwa ciri-ciri orang bertaubat itu ada empat macam. sebagaimana telah diriwayatkan oleh sahabat Umar bin Khottob. Al Nur: 31 Kaum muslimin jama'ah jum'at rahimakumullah Sebesar apapun dosa kita dan sebanyak apapun maksiat yang telah kita lakukan.Artinya: "Hai orang-orang yang beriman bertaubatlah kepada Allah dengan benar-benar bertaubat. Kaum muslimin yang berbahagia. tersenyum. janganlah menunda-nunda waktu. penuh penyesalan atas dosanya. lalu Rasulullah saw. Pada saat itu saya {Umar}berkata. memohon ampun dari dosa-dosa terdahulu dan benar-benar taat beribadah kepada Allah SWT. Marilah kita segera bertaubat dari mulai sekarang. Saksikanlah sesungguhnya Aku telah mengampuninya. Sekalipun ada keterangan seperti itu. sebab waktu-waktu yang akan datang belum tentu kita lalui dan kita maki. di mana hatinya penuh dengan penyesalan. ia berkata: Saya menengok bersama Rasulullah saw. 4. . maka tidaklah Kusia-siakan taubat dan penyesalannya. 'AJJILUU BITTAUBATI QABLALMAUUT. sebagaimana termaktub dalam Al Quran surah Ali Imran : 135 . karena Allah Maha Penerima Taubat dan Maha Pengampun. Lenyapnya sifat hasud dalam hati dan merasa tidak punya musuh di masyarakat. ia hanya bisa bertaubat dan menyesal dalam hatinya." . asalkan kita bertaubat dengan taubat yang bersungguh-sungguh dan taubat yang penuh penyesalan. Ya Rasulullah apa yang membuat tuan tersenyum? Rasulullah saw. Ia hanya bisa mengarahkan pandangannya ke langit. Orang bertaubat itu ada cara-caranya dan ada ciri-cirinya. Kaum muslimin sidang jama'ah jum'at rahimakumullah. Mengekang lisan dari ucapan-ucapan yang berlebih-lebihan: ghibah. 2. bersabda: Bahwasanya orang sakit ini tidak bisa bertaubat dengan lisannya. saat itu ia sedang sakratulmaut. Akan tetapi lisannya sudah tidak bisa mengucapkan apa-apa. Kalau begitu celakalah kita. adu domba dan dusta. Ada satu keterangan bahwa Allah Maha menerima taubat seseorang selagi belum meninggal dunia. Kaum muslimin jama'ah jum'at rahimakumullah. serta banyak mohon ampun kepada Allah SWT. Mungkin saja kematian kita mendadak dan kita belum sempat bertaubat. Insya Allah. Artinya: "Bertaubatlah kepada Allah hai orang-orang beriman supaya kalian beruntung. 3. na'udzubillah mindzalik." QS. namun kita tidak diperbolehkan merencanakan bahwa taubat kita nanti saja apabila kita sudah tua dan mau meninggal dunia. Menghindari diri dari bergaul dengan kawan-kawan penjahat. Allah SWT akan menerima taubat kita dan mengampuni segala dosa dan kesalahan kita. sesungguhnya hambaku ini tak bisa bertaubat dengan lisannya. Bersiap-siap diri menghadapi maut. Allah SWT sendiri lebih dahulu menjelaskan tentang ciri-ciri orang bertaubat. karena belum pasti usia kita sampai masa tua dan kita tidak tahu pasti kapan kita meninggal dunia. namun kedua matanya diarahkannya ke langit. Oleh karena itu. lalu Rasulullah saw.

Sadar bahwa kita banyak berlumuran dosa. semoga kita terus-menerus memperoleh curahan rahmat dan hidayah dari Allah SWT sehingga kita menjadi orang-orang yang sadar. . Dan siapa lagi yang mengampuni kalau bukan Allah ? Lalu mereka tidak melanjutkan perbuatan keji mereka. lalu mereka segera beristigfar kepada-Nya atas dosa-dosa mereka.Artinya:"Dan orang-orang yang apabila berbuat keji atau menganiaya diri. Akhirnya marilah kita memohon kepada Allah SWT. Mereka kekal di dalamnya. Apabila kita mampu bertaubat dengan cara-cara dan ciri-ciri seperti itu. lalu kita pun sadar untuk bertaubat dan mohon ampun kepada Allah SWT. maka menunjukkan bahwa kita benar-benar menjadi orang-orang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT yang akan memperoleh balasan berupa ampunan dan surga." Kaum muslimin yang berbahagia. Dan itulah sebaik-baik pahala bagi orang-orang yang beramal. Artinya : "Mereka itulah yang layak mendapat balasan berupa ampunan dan surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. karena mereka tahu pasti { mengenai akibatnya }". Kaum muslimin rahimakumullah. . Allah SWT berfirman dalam QS. maka mereka segera ingat kepada Allah. Ali Imran : 136 .