Microsoft Word

Microsoft Word Microsoft

Pengembang

Microsoft

Versi rilis terbaru 14.0.4760.1000 (2010) Juni 15, 2010; 11 bulan yang lalu Sistem operasi Jenis Lisensi Situs web Microsoft Windows, Mac OS X Pengolah kata Perangkat Lunak Tak Bebas http://office.microsoft.com/word

Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata(word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. yang jauh lebih stabil.0 dengan Word 3.Charles Simonyi. seperti WordStar dan WordPerfect. Word memiliki konsep "What You See Is What You Get". Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985. yang dirilis pada tahun 1987. menampilkan hanya teks dengan kodemarkup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal.0. meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Microsoft tidak membuat versi Word 2. pengembangan Multi-Tool Word dimulai.0. merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan. untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.Sejarah Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos. Pencipta Bravo. yang dirilis pada tahun 1989. Versi selanjutnya dari Word for Macintosh. diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Dalam hanya beberapa bulan. Setelah diberi nama baru Microsoft Word.0 for Macintosh. meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya.01 secara gratis. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. atau WYSIWYG. Semua pengguna terdaftar dari Word 3. miring. Word processor berbasis DOS lain. dan sebagainya.01. adalah Word 3. pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Pada 1 Februari 1983. Word untuk Macintosh. Microsoft mengganti Word 3. Setelah LisaWrite dan MacWrite. sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. . Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfectdan juga WordStar. yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser. Word 4. Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC.

Klik X di sudut kanan atas jendela Dokumen Baru untuk menutup jendela New Document. layar Anda akan terlihat seperti yang ditunjukkan di sini. buka Microsoft Word.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. tutorial ini diciptakan untuk pemula komputer. layar Anda akan terlihat seperti yang ditunjukkan di sini. mengingat Word for Windows 1. Meskipun pengetahuan tentang cara menavigasi dalam lingkungan Windows yang bermanfaat.0 didesain untuk Windows 3. penjualan pun akhirnya terdongkrak naik.0 pada tahun selanjutnya. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.Untuk memulai.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata. Word for Windows diluncurkan. .Tahun 1990-1995 Pada rentang tahun ini. Pelajaran 1: Microsoft Word 2003/2002 untuk Windows Tutorial ini mengajarkan dasar-dasar Microsoft Word.

Window.Title Bar Pelajaran ini akan membiasakan Anda dengan layar Microsoft Word. Tools. Anda akan melihat "Microsoft Word . Kita akan mulai dengan bar Judul. Menu bar diawali dengan kata File dan berlanjut dengan Edit. Insert. Anda dapat menggunakan atas dan bawah tombol panah untuk bergerak ke atas dan ke bawah menu dropdown. Arahkan dengan mouse Anda ke opsi menu dan klik tombol kiri mouse untuk membuka menu drop-down. Microsoft Word menampilkan nama dokumen yang sedang Anda bekerja.Menampilkan Menu bar menu. Di bagian atas layar Anda.Document1" atau nama yang sama. Klik chevron untuk menampilkan pilihan menu tambahan.chevron akan muncul di bagian bawah daftar. Anda sekarang dapat menggunakan tombol panah kiri dan kanan pada keyboard Anda untuk bergerak ke kiri dan kanan di pilihan Menu bar. yang terletak di bagian paling atas layar. View. Pada Title bar. . Menu Bar Menu bar umumnya ditemukan langsung di bawah bar Judul. dan Bantuan. Format. Table. Pilihan menu yang paling sering digunakan muncul di daftar menu. Anda menggunakan menu untuk memberikan instruksi untuk perangkat lunak.

Untuk menyesuaikan menu untuk menampilkan semua pilihan menu: Klik Tools pada Menu bar. Elips atau panah kanan setelah menu menandakan opsi tambahan. Klik tab Options. Kotak dialog Customize terbuka. kotak dialog akan muncul.Untuk memilih salah satu pilihan. Ini menunjukkan menggunakan menu Microsoft Word. klik pilihan atau gunakan tombol panah untuk pindah ke opsi pada menu drop-down dan tekan Enter. Klik Customize pada menu drop down. Produk yang berwarna abuabu tidak tersedia. Tekan tombol panah kiri sampai Format disorot. Klik di kotak centang untuk memilih Selalu Tampilkan Menu Lengkap. Klik File pada Menu bar. Tekan tombol panah kanan sampai Bantuan disorot. Tekan tombol panah bawah sampai Styles dan Pemformatan yang disorot. jika Anda memilih item menu. Klik Tutup. Tutorial ini mengasumsikan bahwa menu Anda diatur untuk menampilkan semua pilihan menu. . Latihan 1 Lakukan latihan berikut. Anda dapat menyesuaikan layar Anda sehingga semua pilihan menu layar bila Anda mengklik item menu.

. Klik tab Toolbars. Ruler / Penggaris Ruler umumnya ditemukan di bawah toolbar utama. pastikan toolbar Anda akan menggunakan . Toolbar umumnya terletak tepat di bawah Menu bar. klik Customize.Ruler digunakan untuk mengubah format dokumen Anda dengan cepat. Jika kedua Standard dan Formatting memiliki tanda sih di samping mereka.Tekan tombol panah sampai Ayat disorot. Standard dan Formatting harus memiliki tanda cek di samping mereka. Sorot Toolbar. Point ke kotak di samping pilihan dicentang dan klik tombol kiri mouse untuk membuat tanda centang muncul. Catatan: Anda menghidupkan tanda centang dan mematikan dengan mengklik tombol kiri mouse. tekan Esc tiga kali untuk menutup menu. Klik Batal untuk menutup kotak dialog. Sebelum melanjutkan dengan pelajaran ini. Toolbar Toolbar Standar Toolbar Formatting Toolbar menyediakan cara pintas ke perintah menu. Untuk menampilkan Ruler: Klik View pada Menu bar. Tekan Enter untuk memilih opsi menu Ayat. Klik Close untuk menutup kotak dialog. Ikuti langkah-langkah: Klik View pada Menu bar. Pilihan Ruler harus memiliki tanda cek di sampingnya. Jika mereka tidak keduanya memiliki tanda cek. Jika memiliki tanda cek di sampingnya.Standard dan Formatting .tersedia.

lanjutkan ke langkah berikutnya. Web Layout. Web Layout layout tampilan web memungkinkan Anda untuk melihat dokumen Anda karena akan muncul dalam browser seperti Internet Explorer.tekan Esc untuk menutup menu. font. Anda dapat menampilkan dokumen Anda dalam salah satu dari empat tampilan: Normal. Membaca Layout Membaca Layout format tampilan layar Anda untuk membuat membaca dokumen Anda lebih nyaman. Pos dapat ditampilkan tanpa teks. Normal Lihat Normal view adalah yang paling sering digunakan dan menunjukkan format seperti spasi baris. Tata Letak Cetak Tampilan Layout Cetak menunjukkan dokumen seperti yang akan tampak bila dicetak. Layout Membaca. dan miring. atau Layout Online. Outline. Klik Ruler. pos bergerak teks yang menyertainya dengan itu. Melihat garis besar tampilan Outline menampilkan dokumen dalam bentuk outline. Word 2002 Di Word 2002. Word menampilkan teks beberapa-kolom dalam satu kolom terusmenerus. . dan miring. Word menampilkan teks beberapa-kolom dalam satu kolom terusmenerus. ukuran titik. Lihat dokumen Di Word. font. Jika tidak memiliki tanda cek di sampingnya. Tampilan normal Normal view adalah yang paling sering digunakan dan menunjukkan format seperti spasi baris. Ruler sekarang muncul di bawah toolbar. Jika Anda bergerak. Anda dapat menampilkan dokumen Anda dalam salah satu dari lima pandangan: Normal. Print Layout. ukuran titik. Page Layout. atau Layout Online.

tekan Esc untuk menutup menu. Pos dapat ditampilkan tanpa teks. Saat Anda mengetik. Jika ikon di samping normal tidak memiliki kotak sekitarnya. Klik Normal. Text Area Tepat di bawah penguasa adalah area yang luas disebut "area teks. . Garis horizontal kursor sebelah menandai akhir dokumen. Ini menandai titik penyisipan. Sebelum bergerak ke depan. pos bergerak teks yang menyertainya dengan itu. periksa untuk memastikan Anda berada dalam tampilan Normal: Klik View pada Menu bar. Ikon di sebelah Normal harus memiliki kotak di sekitarnya. Online tampilan Layout Tampilan Layout mengoptimalkan Online dokumen untuk dibaca online (melihat dokumen dalam browser seperti Internet Explorer).Melihat garis besar tampilan Outline menampilkan dokumen dalam bentuk outline. Jika Anda bergerak. Tata Letak Cetak tampilan Tampilan Layout Cetak menunjukkan dokumen seperti yang akan tampak bila dicetak. pekerjaan Anda menunjukkan di lokasi kursor. Anda sekarang dalam tampilan Normal. Garis vertikal berkedip di sudut kiri atas area teks kursor. lanjutkan ke langkah berikutnya." Anda mengetik dokumen Anda di area teks. Jika ikon di samping normal memiliki kotak sekitarnya.

Anda akan menghemat pekerjaan Anda sebelum keluar. Jika Anda telah memasukkan teks. Klik Simpan. Klik Keluar. Nama file Anda dengan mengetikkan lesson1.doc dalam bidang Nama File. . Biasanya. klik No Tentukan folder yang benar di Simpan Dalam kotak. Jika tidak. Untuk keluar Word: Klik File. yang dapat ditemukan di bagian bawah menu drop-down. Anda akan ditanya: "Apakah Anda ingin menyimpan perubahan ke Document1?" Untuk menyimpan perubahan Anda. klik Yes. sehingga Anda mungkin punya apa-apa untuk menyelamatkan. Pelajaran ini tidak mengharuskan Anda untuk memasukkan teks.Keluar dari Word Anda telah menyelesaikan Pelajaran Satu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful