PETUNJUK BELAJAR Agar lebih efektif dan efisien dalam mempelajari modul ini, hendaknya Anda memperhatikan petunjuk

belajar berikut : A. Bacalah dan pelajarilah setiap uraian kegiatan belajar dalam modul ini secara runtut, cermat dan teliti. B. Catatlah atau tandailah hal-hal yang Anda anggap penting. C. Apabila ada yang kurang jelas, coba diskusikan dengan temanteman Anda atau tanyakan kepada fasilitator atau carilah sumber lain yang sesuai. D. Setelah Anda memahami uraian materi dalam setiap kegiatan belajar, jawablah soal-soal latihan yang tersedia. E. Cocokkan jawaban Anda dengan lembar kunci jawaban yang tersedia diakhir modul ini. F. Jika jawaban Anda lebih dari 75 % benar, maka Anda telah menguasai dan memahami uraian materi ini, namun jika lebih dari 75 % jawaban Anda salah, maka sebaiknya Anda pelajari ulang uraian materinya. II. TUJUAN UMUM Setelah mempelajari modul ini Anda diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan Anda serta dapat menerapkan metode pembelajaran pada pendidikan anak usia dini (PAUD)di lembaga –lembaga PAUD dimana Anda bertugas.

III. KOMPETENSI Setelah mempelajarai modul ini, Anda diharapkan mempunyai kompetensi untuk menjelaskan pengertian dan jenis-jenis metode pembelajaran serta dapat menerapkan dalam kegiatan

pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) di lembaga PAUD, di temapat Anda bertugas. Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) - 1 - IV. KEGIATAN BELAJAR Pengertian dan Macam-macam Metode Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) A. Kompetensi Setelah mempelajarai uraian materi dalam kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat mengerti dan memahami pengertian metode pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) dan jenis-jenisnya serta dapat menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) B. Indikator Setelah mempelajari uraian materi dalam kegiatan belajar ini, Anda diharapkan dapat : 1. Menjelaskan pengertian metode pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) 2. Menyebutkan jenis-jenis metode pembelajaran pendidikan anak usia dini (PAUD) 3. Menjelaskan pengaruh bermain bagi perkembangan anak 4. Menyebutkan langkah-langkah penerapan metode beenyanyi 5. Menyebutkan manfaat dari bercerita atau mendongeng 6. Menyiapkan rancangan kegiatan karya wisata 7. Menyiapkan rancangan kegiatan demonstrasi 8. Menyebutkan manfaat dari metode bercakap-cakap (dialog)

9. Menjelaskan rancangan pembelajaran TANDUR 10.Menjelaskan pijakan-pijakan yang ada dalam metode sentra dan lingkaran Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) - 2 - C. Uraian Materi 1. Pendahuluan Metode pembelajaran merupakan salah satu instrumental input dalam setiap proses belajar mengajar yang menggunakan pendekatan IPO (Input Proses dan Output), termasuk dalam pembelajaran untuk anak usia dini. Instrument ini sangat menentukan keberhasilan setiap proses belajar mengajar, oleh karena itu pamong PAUD diharapkan dapat memilah dan memilih metode yang tepat, dalam arti sesuai dengan karakteristik tujuan kegiatan pembelajaran dan karakteristik anak usia dini, dalam setiap pembelajaran PAUD. Yang dimaksud dengan karakteristik tujuan pembelajaran anak usia dini adalah pengembangan enam aspek, yaitu pengembangan aspek moral dan nilai agama, fisik (motorik halus dan kasar), , kognitif, social-emosional dan seni. Adapun karakteristik anak usia dini meliputi : setiap anak unik, anak bukan miniatur orang dewasa, anak berkembang secara bertahap, anak belajar dari lingkungan, anak belajar dari pengalaman dan dunia anak adalah dunia bermain. Satu hal yang harus disadari oleh setiap pamong PAUD adalah bahwa setiap metode pembelajaran selalu mempunyai kekuatan dan sekaligus kelemahan, oleh karena

metode dapat diartikan sebagai cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai maksud atau cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditentukan. Pengertian Metode Pembelajaran PAUD Menurut kamus bahasa Indonesia. Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) .3 . sehingga dapat saling melengkapi. secara sederhana dapat diartikan bahwa metode pembelajaran adalah cara yang sistematis dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. pamong PAUD menggabungkan beberapa metode. metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang sistematis untuk mencapai tujuan pembelajaran anak usia dini. 2003). pembelajaran. yaitu mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Jenis-Jenis Metode Pembelajaran PAUD Mengacu pada karakteristik tujuan pembelajaran dan karakteristik anak usia dini. Sedangkan pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar (UU sisdiknas. 3. metode yang tepat untuk pembelajaran anak usia dini diantaranya adalah : . Dari pengertian tersebut. Dalam konteks pendidikan anak usia dini.2.itu merupakan langkah cerdas jika dalam pembelajaran.

kelenturan ditunjukkan baik dalam bentuk maupun dalam hubungan serta berlaku dalam setiap situasi. cara bermain lebih diutamakan daripada tujuannya. merupakan kegiatan yang utama. bahwa setidaknya ada lima kriteria dalam bermain. tanpa mempertimbangkan hasil akhir. bersifat purapura. timbul dari dalam dirinya.4 . bermain bagi anak merupakan kegiatan yang utama dan lebih bersifat pura-pura. bukan karena adanya tuntutan atau paksaan. Sementara Dworetzky (1990) dalam Moeslichatoen (1999) memberikan batasan.Bermain dilakukan sukarela dan tidak ada paksaan atau tekanan dari luar atau kewajiban. Metode Bermain "Bermain" (play) merupakan istilah yang digunakan secara bebas. artinya kegiatan bermain merupakan tingkah laku yang menyenangkan atau menggembirakan. mengutamakan cara dari pada tujuan. Menurut Harlock (1991). (2) pengaruh positif.a. Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . (5) kelenturan. yaitu : (1) motivasi intrinsik. sehingga arti utamanya mungkin hilang. Dari dua pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa bermain bagi anak merupakan kegiatan yang menyenangkan. (3) bukan dikerjakan sambil lalu. arti bermain yang tepat adalah setiap kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan yang ditimbulkannya. (4) cara/tujuan. tidak . tidak ada paksaan. artinya kegiatan bermain dimotivasi dari dalam diri anak.

yaitu : (1) perkembangan fisik. intrapersonal. bahwa bermain merupakan pekerjaan anak-anak dan cermin pertumbuhan anak (Gordon & Browne. natural dan spiritual. kinestetik. kapan saja. dan bersifat lentur. 1985). Jadi Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . kemanan. kesehatan.bermain bagi anak usia dini merupakan kebutuhan. Melalui kegiatan bermain inilah seluruh potensi kecerdasan yang dimiliki oleh anak dapat dikembangkan. di mana saja. (5) sumber belajar. interpersonal. kasih sayang. seperti kecerdasan linguistic. kenyamanan dan lain-lain. setidaknya ada 11 pengaruh bermain bagi perkembangan anak.mengutamakan hasil.5 . (2) dorongan berkomunikasi. Ahli psikologi dan pendidik berpendapat. (3) penyaluran bagi energi emosional yang terpendam. seperti kebutuhan akan makan dan minum. visualspasial. (7) . anak belajar melalui bermain dan bermain seraya belajar. sama seperti kebutuhan yang lain. selalu dihabiskan untuk kegiatan bermain. (6) rangsangan bagi kreativitas. (4) penyaluran bagi keinginan dan kebutuhan. artinya seluruh waktu yang dimiliki anak. dan dalam kondisi apa saja. logic-matematik. Bermain bagi anak sangat mempengaruhi perkembangannya. musical. pakaian. Bermain bagi anak usia dini merupakan kegiatan yang utama dalam kehidupannya. sehingga ada sinyalemen yang menyatakan bahwa dunia anak adalah dunia bermain.

Untuk mencapai manfaat yang optimal. karena anak cenderung ingin tahu sehingga mungkin akan dibongkar. misalnya bentuk. jadi tidak terlalu sulit dan tidak telalu mudah 5. mainan tidak harus membeli. baik warna maupun bentuknya 7. hendaknya dikemas dalam kegiatan bermain yang menyenangkan dan mengasyikkan. sehingga anak bisa bereksplorasi dengan berbagai jenis mainan tersebut 4. 1991). Kuat. namun dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di . (10) belajar bermain sesuai dengan peran jenis kelamin dan (11) perkembangan cirri kepribadian yang diinginkan (Harlock.perkembvangan wawasan diri. dll. maka alat permaianan yang digunakan sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut : 1. Murah. Informasi apapun yang akan diberikan kepada anak. Oleh karena itu dalam pendidikan anak usia dini metode bermain sifatnya adalah wajib adanya. (9) standar moral.6 . Berdasarkan minat anak . Menarik. dalam arti tidak mudah rusak. Sebaiknya beraneka ragam. dibanting. Tingkat kesulitannya hendaknya disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak. Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . jadi bukan pilihan orang lain 3. Aman atau tidak berbahaya bagi anak. warna dan bahan 2. 6. (8) belajar bermasyarakat.

Pamong PAUD sangat mungkin dapat mengganti syair lagu anak-anak yang sudah ada menjadi syair baru yang disesuaiakan dengan pesan-pesan yang akan diberikan. sehingga pesan-pesan yang kita berikan akan lebih mudah dan lebih cepat diterima serta diserap oleh anak-anak. Sebagai pamong PAUD dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif. menggairahkan. Melalui kegiatan bernyanyi suasana pembelajaran akan lebih menyenangkan. atau bahkan .terhibur.sekitar kita b. lebih-lebih jika nyanyian tersebut dibawakan oleh anakanak seusianya dan diikuti dengan gerakan-gerakan tubuh yang sederhana. sehinggga pesan-pesan yang kita berikan akan lebih lama mengendap di memori anak (ingatan jangka panjang). terutama pesan-pesan moral dan nilai-nilai agama. Metode Bernyanyi Bernyanyi merupakan salah satu kegiatan yang sangat digemari oleh anak-anak. termasuk dalam hal bernyanyi. membuat anak bahagia. anak-anak merasa Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . Melalui nyanyian atau lagu banyak hal yang dapat kita pesankan kepada anakanak. dengan demikian anak akan selalu ingat pesan-pesan yang diterimanya. dan lebih bersemangat. Dengan bernyanyi potensi belahan otak kanan dapat dioptimalkan. Hampir setiap anak sangat menikmati lagu-lagu atau nyanyian yang didengarkan.7 . menghilangkan rasa sedih.

.8 .Rukun Islam yang lima Syahadat. 1. Dalam kegiatan bernyanyi ini akan lebih sempurna jika pamong PAUD dapat mengiringinya dengan alat-alat musik secara langsung. atau alat musik yang lain. adalah : (1) mengandung nilai-nilai agama atau pesan-pesan yang positif. gitar. dll). Beberapa hal yang perlu diperhatikan. (4) (5) syair dan liriknya bisa iramanya mudah dicerna dan melibatkan emosi anak (gembira. puasa Zakat bagi si kaya Haji bagi yang kuasa Siapa sudah sholat hai. biola. misalnya piano. Siapa sudah zakat Allah memberi rahmat Kan selamat di akherat 2. Lagu " balonku ada lima" diubah menjadi lagu "rukun Islam yang lima". semangat. pianika. Syairnya berubah sebagai berikut : Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . kagum. organ.. sesuai dengan pesan-pesan yang diinginkan.. Lagu " kring-kring ada sepeda" diubah menjadi lagu . (3) tidak terlalu panjang. harmonika. sehingga suasana akan lebih hidup dan lebih menyenangkan. seruling. sholat. bila menciptakan lagu untuk anak-anak.mungkin dapat menciptakan lagu-lagu baru. Berikut ini beberapa contoh lagu yang sudah diganti syairnya. (2) bahasanya indah dan mudah dimengerti anak.

dalam arti sesuai dengan tema. Metode Bercerita (Mendongeng) Bercerita atau mendongeng merupakan warisan budaya yang sudah lama kita kenal."tok-tok ucap salam". (3) bersama anak-anak nyanyikan lagi secara berulang-ulang. syairnya menjadi : Tok-tok-tok ucap salam Assalamualaiakum Bila kau masuk rumah Tuntunan Rosulullah Hai-hai-hai anak sholeh Rajin-rajin belajar Karena belajar itu Pasti disayang Allah Dalam menyanyikan lagu langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh seorang pamong PAUD antara lain adalah : (1) pilihlah lagu yang cocok. Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . bahkan dijadikan sebagai kebiasaan atau tradisi bagi para orangtua untuk . sebaiknya nyanyikan terlebih dahulu minimal tiga kali.9 c. (5) pilihlah beberapa anak yang mungkin sudah hafal lagu itu untuk menyanyi secara individu. situasi dan kondisi. (2) jika itu lagu baru (belum dikenal anak). (4) bila perlu bagilah menjadi beberapa kelompok. dan setiap kelompok bernyanyi bersama kelompoknya. (6) nyanyikan sekali lagi secara bersama-sama dan (7) ulangi lagi lagu tersebut pada hari yang lain.

(2) menambah pengalaman. mengasyikkan.menarik perhatian. (9) berlatih mendengarkan. (10) mengenal nilai-nilai yang positif dan negatif.10 . (11) menambah pengetahuan. Begitu juga pesanpesan moral dan nilai-nilai agama dapat kita tanamkan kepada anak-anak melalui tokoh-tokoh yang ada dalam cerita atau dongeng tersebut. Tidak semua pamong PAUD mempunyai kemampuan untuk menghafal secara lengkap banyak cerita atau dongeng yang ada. Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . (6) melatih daya tangkap. Yang penting bagaimana cara mengemas cerita atau dongeng sedemikian rupa sehingga dapat menciptakan suasana yang menyenangkan. (5) menciptakan suasana yang akrab. meningkatkan gairah belajar. dinamis (tidak monoton). dll. memberi perasaan yang lucu. (4) menambah perbendaharaan kata. Melalui cerita atau dongeng banyak hal tentang hidup dan kehidupan yang dapat kita informasikan kepada anak-anak. melibatkan anak baik secara emosi .menidurkan anak-anaknya. oleh karena itu cerita atau dongeng tidak harus disampaikan secara lisan. memberi semangat anak. (3) melatih daya konsentrasi. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan bercerita atau mendongeng antara lain adalah : (1) mengembangkan imajinasi anak. namun bisa juga disampaikan dengan membacakan buku cerita. (8) mengembangkan emosi anak. (7) mengembangkan perasaan sosial.

(5) profesi masyarakat. Beberapa persiapan yang dapat dilakukan antara lain : (1) menetapkan tujuan dan tema cerita. maka sebaiknya tema-tema yang diangkat adalah tema-tema yang berkaitan erat dengan kehidupan anak-anak atau yang disukai oleh anak-anak. dan (6) tema-tema lain yang sesuai dengan situasi dan kondisi. penuh ekspresi (tidak berlebihan). musim panen. dll. waktunya disesuaikan dengan tingkat perkembangan anak (tidak terlalu lama). dll. nelayan. sebaiknya melakukan persiapan-persiapan sebelum bercerita atau mendongeng kepada anak-anak. idul fitri. (4) peristiwa dalam masyarakat. . menimbulkan rasa ingin tahu. Oleh karena itu sebagai pamong PAUD hendaknya mempunyai inventaris buku-buku cerita yang sesuai dengan kehidupan dan perkambangan anak sebagai sumber cerita. Misalnya tema tentang : (1) kehidupan anak dalam keluarga. Bahkan jika mungkin dapat menciptakan cerita atau dongeng sendiri sesuai dengan tema. dll.atau fisik. seperti binatang ternak. tanaman pertanian. Sebagai seorang pamong PAUD. dll. dll. sekolah atau masyarakat. (3) tanaman. petani. (2) menetapkan bentuk cerita. Agar cerita atau dongeng yang dismpaikan dapat dicerna dan diserap anak. seperti aneka bunga. binatang hidup di air. seperti pasar malam. seperti polisi. situasi dan kondisi anak-anak. (2) binatang.

(3) memberi pengalaman belajar secara langsung. sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. anak-anak akan memperoleh pengalaman belajar secara langsung dengan menggunakan seluruh panca indera. (5) menambah wawasan anak.menetapkan langkah-langkah bercerita. (5) membaca dan memahami isi cerita. dan benda-benda lain yang ada disekitar anak. (7) memberi perasaan yang menyenangkan. d. Metode Karya Wisata Karya wisata merupakan salah satu metode pembelajaran yang memberi kesempatan kepada anakanak untuk mengamati atau mengobservasi. fokus dan tidak melebar kemana-mana. (2) memperluas informasi yang diperoleh di kelas. tanaman. memperoleh informasi dan mengkaji dunia secara langsung. Dengan persiapan yang matang. (4) Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) .(3) menyiapkan alat dan media yang digunakan. Melalui kegiatan karya wisata. (6) menjadi sarana rekreasi. (8) sarana mempererat hubungan antara orangtua dengan pamong . (4) menumbuhkan minat anak terhadap sesuatu. sehingga apa yang diperoleh dari lapangan dapat lebih berkesan dan pada gilirannya akan lebih lama mengendap di memori anak.11 . seperti binatang. Melalui kegiatan karya wisata diharapkan dapat (1) merangsang minat anak terhadap sesuatu. maka kegiatan bercerita akan lebih terarah.

dapat diajak berkunjung ke stasiun. kantor penerbit. Misalnya : (1) tema binatang. dapat mengunjuingi kantor pos. dan anak dengan anak. (6) tema negara. stasiun televisi. anak-anak diajak ke kebun raya. dll. misalnya untuk transportasi. anak-anak diajak berkunjung ke kantor polisi. Dengan melibatkan banyak . anak-anak dapat diajak ke kebon binatang. seperti musium. publikasi. maka disarankan untuk melibatkan banyak pihak untuk menanganinya. dokumentasi. dapat berkunjung ke pantai. taman kota. dapat mengunjungi tempat-tempat bersejarah. Agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan program lembaga. dll. (8) dan tema-tema lain yang sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing lembaga. pegunungan. dll. Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . (4) tema transportasi. orangtua dengan orangtua. Mengingat metode karya wisata ini selalu dilakukan di luar lembaga. (2) tema tanaman. tentu akan membutuhkan dana tambahan untuk pelaksanaanya. taman pahlawan. tugu pahlawan. retribusi. dll. (5) tema alat komunikasi. utamanya orangtua anak. terminal. pelabuhan. dll.PAUD. (3) tema profesi. rumah sakit. pasar bunga. (7) tema alam. dll. dll.Kegiatan karya wisata dapat dilakukan diluar lembaga sesuai dengan tema yang sedang dibicarakan dalam bentuk "puncak tema".12 . konsumsi.

(3) merumuskan program kegiatan. sesuai dengan tema.13 . e. tokoh masyarakat sebagai donatur. dan lembaga-lembaga lain yang terkait dengan kegiatan ini. (4) membentuk panitia pelaksanaan (bila perlu). lembaga pemerintah. (6) merumuskan tatatertib kegiatan. yang pada gilirannya . petunjuk dan peragaan secara langsung. (7) meminta ijin dan partisipasi orangtua . Melalui metode ini diharapkan anakanak dapat mengenal langkah-langkah pelaksanaan dalam melakukan suatu kegiatan. dana dan antisipasi adanya hambatan. sehingga kegiatan dapat dilakasanakan dengan baik sesuai dengan tujuan. (5) menyiapkan bahan dan alat serta perlengkapan yang diperlukan. adanya jaminan untuk mencapai tujuan. Metode Demonstrasi Metode ini menekan pada cara-cara mengerjakan sesuatu dengan penjelasan. yang meliputi : menentukan tujuan. Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) .Sebelum pelaksanaan kegiatan karya wisata. (2) melakukan observasi lokasi dan hubungan dengan pihak pengelola lokasi. Secara umum rancangan kegiatan yang dapat disiapkan oleh pamong PAUD meliputi : (1) menetapkan sasaran dan lokasi.pihak diharapkan dapat meringankan beban yang harus dipikul oleh orang tua dan lembaga. sebaiknya pamong PAUD membuat rancangan kegiatan. waktu. misalnya melibatkan perusahaan sebagai sponsor.

mengamati dengan cermat dan teliti. menggunting dan sebagainya.14 . menggambar sesuai pola. Anak akan melihat bagimana suatu peristiwa berlangsung. menggulung. lebih menarik. Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . Disamping itu melalui kegiatan demontrasi dapat membantu meningkatkan daya pikir dalam peningkatan kemampuan mengenal. Misalnya ketrampilan melipat kertas (origami).anak-anak diharapkan dapat meniru dan melakukan apa yang didemonstrasikan oleh pamong. berfikir konvergen dan berfikir evaluatif. Selain itu anak juga akan menggunakan informasi untuk memecahkan masalah yang dihadapi dan berusaha untuk melakukan kegiatan . dan merangsang perhatian serta lebih menantang. mengingat. Dengan demikian akan merangsang anak berusaha untuk memperhatikan ilustrasi dan apa yang sedang dilakukan pamong serta mendengarkan penjelasan pamong. bagaimana hal itu dapat terjadi. dan mengapa hal itu dapat terjadi.Kegiatan demontrasi dapat memberi ilustrasi dalam menjelaskan informasi kepada anak. Melalui kegiatan demontrasi pamong dapat memperlihatkan secara nyata apa yang harus dilakukan anak. mengembangkan kemampuan mengkomunikasikan gagasan dan konsep. Kegiatan demontrasi dapat memberi kesempatan kepada anak untuk memperkirakan apa yang akan terjadi.

Secara umum rancangan yang dapat dibuat meliputi : (1) menetapkan tujuan dan tema kegiatan. Sebelum pamong PAUD menerapkan metode demontrasi. Sesuai dengan tujuan metode demontrasi yaitu memberi pengalaman belajar melalui melihat dan mendengarkan yang diikuti dengan meniru pekerjaan yang didemonstrasikan. sehingga kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan. mengatur meja Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) .sebagaimana yang dilakukan oleh pamong. dan sebagainya. . (2) kegiatan demonstrasi dalam bentuk dramatisasi. menggunting pola. Kegiatan ini pada umumnya untuk menanamkan nilai-nilai sosial. (4) menetapkan langkah-langkah kegiatan dan (5) menetapkan penilaian kegiatan. misalnya : menarik garis lurus dan lengkung. membentuk model. yang dipilih. (2) menetapkan bentuk demonstrasi (3) menyiapkan alat dan bahan. mengatur tempat tidur dan cara menggunakan alat.makan. nilai-nilai moral dan nilai-nilai keagamaan. maka kegiatan yang sesuai dengan metode ini adalah : (1) kegiatan demontrasi yang dimulai dengan penjelasan.15 . serta merangsang anak untuk berfikir secara kritis dan menggunakan kemampuannya untuk menalar. kegiatan ini berkaitan dengan cara membuat bentuk (bangunan0 dan cara menggunakan alat. sebaiknya membuat rancangan terlebih dahulu.

baik sesama teman atau pamong. gagasan. sebaiknya .menyatakan pendapat. bertanya. (6) meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak. melalui kesempatan untuk berdialog. misalnya Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . (3) meningkatkan keberanian anak untuk mengadakan hubungan dengan orang lain. atau anak dengan anaik. wawasan dan berbendaharaan kata . (5) memperluas pengetahuan. perasaan dan kebutuhan kepada orang lain. (2) meningkatkan keberanian anak untuk menyatakan secara lisan apa yang harus dilakukan oleh diri sendiri dan anak lain. Metode Bercakap-cakap (Berdialog) Bercakap-cakap atau berdialog dapat diartikan saling mengkomunikasikan pikiran. perasaan dan kebutuhan secara verbal. (4) memberi kesempatan kepada anak untuk membangun jati dirinya. seperti mendengarkan dan memahami pembicaraan orang lain. Melalui kegiatan bercakap-cakap (dialog) diharapkan dapat : (1) meningkatkan keberanian anak untuk mengaktualisasikan diri dengan menggunakan kemampuan berbahasa secara ekspresif. perasaan. dan sebagainya. untuk mewujudkan bahasa reseptif yang meliputi kemampuan mendengarkan dan memahami pembicaraan orang lain dan bahasa ekspresif yang meliputi kemampuan menyatakan pendapat. keinginan. Bercakap-cakap dapat dilakukan antara pamong dengan anak.16 .f. Dalam pembelajaran untuk anak usia dini.

sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan termotivasi untuk lebih giat lagi. "jempol dua". sehingga suasana pembelajaran akan tampak hidup. "permisi". lebih menarik dan melibatkan banyak anak. pamong PAUD hendaknya berupaya untuk menghindari . Upayakan menggunakan kata-kata yang positif. Sebagai seorang pamong PAUD.kata-kata yang santun dan lembut. serta Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . "al-hamdulillah". Sebaliknya. mereka akan meniru dan membiasakan diri berkata-kata yang baik.komunikasi dua arah dalam bentuk bercakap-cakap atau dialog hendaknya selalu dikedepankan. "subhanallah" dan lain-lain. dan apapun yang yang diutarakan atau ditanyakan anak. meskipun celoteh anak-anak sering menyimpang dari tema yang sedang dibicarakan. Jika anak-anak sering mendengar kata-kata tersebut. penuh dengan penghargaan dan pujian. sementara komunikasi yang searah (ceramah) sebaiknya diminimalisir. "pintar". di lembaga PAUD atau di masyarakat. hendaknya direspon secara positif. baik di rumah.17 . "luar biasa". merasa dihormati hak-haknya. misalnya kata "terima kasih". hendaknya berupaya untuk menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam berdialog. Bebaskan mereka untuk bertanya tentang apa saja. merasa dihargai pekerjaannya. "ma'af". Berikan kesempatan kepada anak untuk bercerita apa saja yang mereka ketahui dan apa saja yang sudah mereka lakukan.

Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . membatasi kreativitas anak. "bodoh". bahkan sampai pada merasa disakiti hati dan perasaannya. Berikan tugas-tugas yang dapat meningkatkan kreatrivitas anak. yang nantinya akan membuat anak menjadi rendah diri. terpaksa. atau tugas-tugas lain yang membuat anak justru merasa tertekan. merasa tidak dihargai.membuat anak bosan bahkan mungkin sampai pada tingkat frustasi. melatih motorik. besifat melarang. tidak santun. kurang sopan. "nakal". Oleh karena itu sebaiknya dihindari pemberian tugas yang bersifat memaksa. "tidak". semata-mata hanya untuk melatih persepsi pendengaran.18 . dikecilkan. dalam bentuk pekerjaan rumah. dan sebagainya. membuat anak lebih bergairah. misalnya kata "jangan" .kata-kata yang negatif. memusatkan perhatian dan membangun motivasi anak. terus menerus. merasa senang. "malas". . nyaman. mendikte. lebih bersemangat. maka dampaknya akan fatal terhadap perkembangan anak nanti. g. Jika anak-anak sering mendengar dan akrab dengan kata-kata tersebut. bukan untuk melihat hasilnya. tidak percaya diri dan tidak termotivasi dalam pembelajaran. dihalangi kemauannya. meningkatkan imajinasi anak. meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak. dibatasi ruang geraknya. tidak dihormati. Metode Pemberian Tugas Metode pemberian tugas ini diberikan kepada anak. Mereka akan meniru. kasar.

(5) menguraikan cara baru yang dapat mempermudah Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . bukan sebalinya. seperti unsur belajar yang efektif. unsur belajar yang mempengaruhi kesusksesan anak dan unsur yang mengubah kemampuan dan bakat alamiah menjadi cahaya yang bermanfaat.ajar dan tugas-tugas lain yang membuat anak merasa nyaman dan aman ketika belajar di lembaga PAUD. antara lain : (1) metode ini dapat digunakan dalam pembelajaran untuk semua usia. Metode Quantum Teaching Metode ini tergolong relatif masih baru dalam PAUD. (2) metode ini menekankan dua aspek. meningkatkan motivasi bel. Beberapa alasan mengapa metode ini diterapkan dalam PAUD. Dengan demikian tugas yang diberikan dapat mendorong anak-anak untuk lebih tertarik dan betah berada di lembaga PAUD. menggunting. termasuk untuk anak usia dini. Misalnya tugas untuk menggambar bebas. karena pada umumnya metode ini digunakan untuk pendidikan formal. mewarnai. meronce. (6) adanya penggubahan yang meriah . h.pembelajaran. menempel. yaitu menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan melejitkan prestai anak. Metode ini dalam penerapannya menekankan pada dua hal. (3) metode ini mengorkestrasi berbagai interaksi dalam momen belajar. (4) menunjukkan cara menjadi pendidik yang lebih baik.19 . dan sebagainya.menumbuhkan rasa percaya diri.

mencari tanggapan “yes” dari anak. dinamis. sehingga anak-anak lebih betah dan krasan selama belajar. (3) Namai. Melalui kegiatan tumbuhkan ini diharapkan anak sudah terkondisi dan siap untuk menerima informasi dari pamong. sehingga dengan menggunakan metode ini suasana belajar akan lebih bergairah. metode ini juga mampu mengakomodasi modalitas belajar anak (visual. auditorial dan kinestetik). memanfaatkan pengalaman anak. Melalui metode Quantum Teaching peran otak kanan dan otak kiri dapat dioptimalkan. kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan jalinan & kepemilikan bersama. tidak membosankan. selain itu metode ini juga mengoptimalkan potensi kecerdasanmajemuk yang dimiliki anak. menyenangkan. hidup. memanfaatkan pengetahuan & keinginan anak dan memanfaatkan hasrta alami otak untuk menjelajah. (7) menggabungkan perpaduan unsur seni dan pencapaian tujuan yang terarah dan (8) mengakomodasi berbagai metode yang lain. (2) Alami. saling memahami dan mendapatkan komitmen untuk menjelajah. yaitu (1) Tumbuhkan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pengalaman kepada anak. Pembelajaran dengan menggunakan metode Quantum Teaching mengacu pada rancangan pembelajaran yang berbentuk TANDUR. nyaman.dengan segala nuansanya. melalui kegiatan ini menamai .

dapat memperkuat koneksi syaraf dan menumbuhkan rasa “aku tahu bahwa aku tahu ini”. Dalam pijakan ini. mengurutkan & mendefinisikan. sementara intervensi pamong dalam pembelajaran lebih diminimalisir. (5) Ulangi.dibangun diatas pengetahuan dan keingintahuan. bertujuan untuk memberi peluang kepada anak untuk menterjemahkan dan menerapkan pengetahuan mereka dalam pembelajaran lain dan kehidupan mereka. ketekunan & kesuksesan anak. dan (6) Rayakan. Pembelajaran dengan menggunakan metode ini mengacu pada empat pijakan yang ada. yang dapat memberi rasa rampung dengan menghormati usaha. i. lebih baik dalam konteks yang berbeda dengan asalnya. (4) Demontrasikan. Pijakan lingkungan main. sebagai bentuk pengakuan untuk menyelesaikan sebuah usaha. dilakukan dengan multi modalitas dan multi kecerdasan. dan memuaskan hasrat alami otak untuk memberi identitas. Metode Sentra dan Lingkaran (Seling) Metode ini menekankan pada pembelajaran pada system sentra. yaitu : 1. menamai diberikan saat mengajarkan konsep ketrampilan Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) .berfikir strategis. Metode ini lebih memberi keleluasaan kepada anak-anak untuk bebas bermain di sentra-sentra yang sudah disiapkan. kegiatan yang dilakukan oleh pamong PAUD antara lain : .20 .

mengelola awal lingkungan main dengan bahanbahan yang cukup (tiga tempat main untuk setiap anak) b. memberikan gagasan bagaimana menggunakan bahan-bahan d. memiliki berbagai bahan yang mendukung pengalaman keaksaraan e.c. merencanakan intensitas (sejumlah waktu yang dibutuhkan untuk bermain) dan densitas (berbagai macam cara setiap jenis main yang disediakan) pengalaman Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . pembangunan dan main peran d. memiliki berbagai bahan yang mendukung tiga jenis main.21 . menata kesempatan main untuk mendukung hubungan social yang positif. mendiskusikan aturan dan harapan untuk pengalaman main . menggabungkan kosakata baru dan menunjukkan konsep yang mendukung perolehan ketrampilan kerja (standar kinerja) c. 2. yaitu sensorimotor. membaca buku yang berkaitan dengan pengalaman atau mendatangkan nara sumber b.a. Pijakan Pengalaman Sebelum Main Dalam pijakan ini kegiatan yang dilakukan oleh pamong PAUD antara lain : a.

memberikan anak waktu untuk mengelola dan memperluas pengalaman main mereka b. 3. sebagai pengalaman belajar positif melalui pengelompokkan.22 . meningkatkan kesempatan sosialisasi melalui dukungan pada hubungan teman sebaya e. memperkuat dan memperluas bahasa anak Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . mengamati dan mendokumentasikan perkembangan dan kemajuan main anak 4. merancang dan menerapkan urutan transisi main.d. Pijakan Pengalaman Main Setiap Anak Dalam pijakan ini kegiatan yang harus dilakukan oleh pamong PAUD meliputi : a. mengelola anak untuk keberhasilan hubungan social g. peran pamong PAUD adalah : a.e. mencontohkan komunikasi yang tepat c. urutan dan penataan lingkungan main secara tepat Empat pijakan tersebut merupakan pijakan yang bersifat . mendukung anak untuk mengingat kembali pengalaman mainnya dan saling menceritakan pengalaman mainnya b. menjelaskan ranmgkaian waktu main f. Pijakan Pengalaman Setelah Main Dalam pijakan yang terakhir ini. menggunakan waktu membereskan maianan.

sentra musik dan olah tubuh. pembangunan bahan alam (sifat cair). bermain peran makro. dan sebagainya. Pemberian Tugas 8. Bernyanyi 3. Demonstrasi 6. D. Adapun uraian secara khusus dapat disesuaikan dengan sentra yang disiapkan. Rangkuman 1.umum yang harus dilakukan oleh pamong PAUD dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode sentra.1. 2. pembangunan terstruktur. Bercaka-cakap (berdialog) 7.23 . Sentra dan Lingkaran E. Beberapa metode pembelajaran yang cocok yang dapat digunakan dalam pembelajaran anak usia dini antara lain adalah metode : Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . Kata-Kata Kunci 1. Bercerita (mendongeng) 4. Bermain 2. Karya Wisata 5. sentra persiapan. misalnya sentra bermain peran mikro. Quantum Teaching 9. Metode pembelajaran PAUD adalah cara yang sistematis untuk mencapai tujuan pembelajaran anak usia dini. sentran imtak. PAUD singkatan dari Pendidikan Anak Usia Dini .

kecuali metode : A. Cara yang sistematis untuk mencapai tujuan pembelajaran anak usia dini disebut : Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . Media pembelajaran PAUD E. Demonstrasikan. Input adalah masukan 3. Output adalah keluaran 4. Bahan pembelajaran PAUD C. Pijakan adalah dukungan yang berubah-ubah salama kegiatan belajar. Quantum Teaching adalah metode pembelajaran yang menekankan pada pembelajaran yang menyenangkan dan melejitkan prestasi anak melalui orkestrasi dengan segala nuansanya yang ada dalam lingkungan belajar 5.24 . Di bawah merupakan metode yang cocok untuk pembelajaran anak usia dini. Seling singkatan dari Sentra dan Lingkaran F. Program pembelajaran PAUD B. Metode pembelajaran PAUD D. Alami. Evaluasi Jwablah soal-soal di bawah ini dengan memberi tanda silang (X) pada jawaban yang Anda anggap benar ! 1.A. TANDUR singkatan dari Tumbuhkan.2. Uraikan dan Rayakan 6. Namai. Sarana Belajar PAUD 2. Bermain . dimana mitra yang lebih terampil menyesuaikan dukungan terhadap kinerja anak pada saat ini 7.

kecuali : A.B. Mengarang lagu baru 5. Semua benar 4. Ceramah C. Menurut Harlock bermain dapat mempengaruhi perkembangan anak. Rangsangan bagi kreativitas D. Menyanyikan lagu sendirian E. Bercerita 3. Dorongan berkomunikasi C. Perkembangan fisik B. Mengulang-ulang lagu bersama anak-anak B. Mengembangkan imajinasi anak dan menciptakan suasana yang akrab Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . Menambah pengalaman anak dan perbendaharaan kata C. Langkah pertama yang seharusnya dilakukan oleh pamong PAUD. Di bawah ini merupakan manfaat dari penggunaan metode cerita (mendongeng).25 . Melatih daya konsentrasi dan daya tangkap anak . Menentukan lagu yang cocok C. Karya Wisata E. Belajar bermasyarakat E. Bernyanyi D. dalam menerapkan metode bernyanyi adalah : A. Meminta anak untuk bernyanyi secara individu D. di bawah ini yang merupakan pengaruh dari bermaian adalah : A.B.

Meningkatkan keberanian anak untuk menyatakan gagasan B. Metode bercakap-cakap (dialog) digunakan dalam pembelajaran anak usia dini. Semua benar 8. Mengobservasi lokasi C. Menentukan bentuk demonstrasi yang dipilih C. Dalam menerapkan metode karya wisata. seorang pamong PAUD sebaiknya menyiapkan rancangan. Menyiapkan alat dan bahan D. Memberi kesempatan anak membangun jati dirinya .D. kecuali : A. Melatih pendengaran dan penglihatan anak E. Menetapkan langkah-langka kegiatan E. Mengembangkanperasan sosial dan pengetahuan anak 6. karena metode ini bermanfaat untuk A. sebaiknya pamong PAUD melakukan hal-hal sebagai berikut. Melibatkan orangtua anak D. Menetapkan tujuan dan tema kegiatan B. Mengharuskan setiap anak untuk mengikuti kegiatan 7. Meningkatkan kemampuan bahasa resptif anak D. Menentukan lokasi B. Meningkatkan keberanian anak untuk berhubungan dengan orang lain C. Merumuskan program kegiatan E. Sebelum melakukan demontrasi dalam pembelajaran. diantaranya adalah : A.

Ulangi dan Rayakan D. Alami. Demonstrasikan. Alami. Pijakan lingkungan main B. Demonstrasikan. Pijakan pengalaman sebelum main C.Dalam metode sentra dan lingkaran. Pijakan pengalaman main D. Tumbuhkan. Tumbuhkan. yaitu : A. Demonstrasikan. Semua benar G.26 . Namai. Demonstrasikan. maka perbaikilah dan berilah masukan untuk perbaikan modul ini . Umpan Balik 1. Ucapkan dan Rayakan B. Pembelajaran dengan menggunakan metode quantum teaching. jika belum layak terap. Demonstrasikan. Telaah isi modul ini. yaitu : A. Namai. Namai. apakah layak terap atau tidak. Tanamkan. Nomeri. Alami. Alami.melalui dialog E. Alami. Ulangi dan Rayakan E. Ulangi dan Ramaikan C. dikenal dengan 4 pijakan. Tumbuhkan. Tumbuhkan. Ulangi dan Rayakan 10.9. Pijakan pengalaman setelah main E. Namai. Semua benar Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . mengacu pada rancangan pembelajaran TANDUR.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Purwa. Buku Mendongeng dan Minat Baca. oleh karena itu. tentui mempunyai kelebihan sekaligus kelemahan. H. B 3. Cerita dan Bernyanyi. 2002. 2003. termasuk metode pembelajaran PAUD. sehingga dapat saling melengkapi. Lukman. Bandung. D 10.28 . E 4. D 6. Materi Diklat Pamong PAUD De Porter. . sebaiknya Anda tidak terpaku Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . E Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . Metode Pembelajaran PAUD. Agar lebih mendalami isi modul. Konsosrsium Pendidikan Islam Moeslichatoen. Setiap metode pembelajaran. Boobi. 2001.DAFTAR PUSTAKA Bunanta. sebaiknya Anda membaca dan mempelajari berbagai referensi tentang metode pembelajaran anak usia dini 3.27 . B 5.balai Pustaka Dayati. Surabaya. Umi. Quantum Teaching. Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. 1999. E 7. Kunci Jawaban 1. 2004. Jakarta. C 2. Surabaya. Bermain. Pustaka Tangga Darminto. Kaifa Hakim. Murti. namun lebih pada menggabungkan beberapa metode.2. E 8. E 9.pada salah satu metode saja. Jakarta.

29 - . 2003. Bandung. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Modul Metode Pembelajaran Pendidikan Anak usia Dini (PAUD) . Undang-Undang No. 2005. Rineka Cipta ---------. 2002.Jakarta. BPPLSP Regional IV ---------. Penyelenggaraan Program PAUD. Jakarta. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini ---------. Acuan Menu Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. 2004. Surabaya. Bermain dan Anak. Jakarta. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Modul Pengembangan Aktivitas Bermain Anak Usia Dini. Direktorat Anak Usia Dini ---------. Fokus Media ----------. 2002.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful