Contoh-Contoh Paragraf

Diposkan oleh caRmeL cHo on Senin, 26 April 2010 1. Paragraf Deskripsi Saya pun terkesima begitu kapal mendarat, karena yang menyambut kami adalah seorang wanita berkulit putih dan sibuk memayungi kami. Di resor ini tidak ada tamu asal Indonesia selain kami, selebihnya orang Italia. Pulaunya benar-benar tenang, hanya ada 12 bungalao menghadap pantai dengan latar hutan dibelakangnya. Pasirnya putih dan airnya yang berwarna emerald green sama sekali tidak berombak. 2. Paragraf Narasi Pulang liburan dari Australia yang berbeda 4 jam, awalnya saya selalu terbangun pukul 4 pagi dan langsung "nyala" seketika sebab saya biasa bangun pukul 8 pagi waktu Australia. Bersantai 3 jam ditempat tidur di mana cahaya matahari pun belum ada sungguh hal yang tidak menyenangkan. Nafsu makan saya pun menjadi kacau. Meski saya paksa makan dengan jam Indonesia, tetap saja pukul 3 sore, di kantor, saya merasa sangat lapar. 3. Paragraf Argumentasi Gemar minum kopi ternyata bisa menjauhkan wanita dari cengkeraman kanker rahim. Kabar baik ini terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh Japan's National Cancer Center. Dalam penelitian selama 15 tahun yang melibatkan 54.000 wanita berusia 40-69 tahun itu ditemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi tuga cabgkir kopi setiap hari memiliki resiko terkena kanker rahim 60% lebih kecil dibandingkan wanita yang minum kopi kurang dari 2 kali sehari. Konsumsi kopi diduga dapat menurukan kadar insulin dan menahan perkembangan bibit sel kanker rahim. 4. Paragraf Persuasi Agar tetap sehat dan terlindung dari serangan penyakit, kita perlu mengkonsumsi makanan yang tepat. Makanan apa saja yang sangat dibutuhkan tubuh sehingga kita harus makan secara teratur setiap harinya??? Ada 4 makanan wajib santap yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, yaitu yoghurt, tomat, wortel, dan bayam. Jadi,mulailah hidup sehat dari sekarang dengan memakan makanan tersebut. 5. Paragraf Eksposisi Makan gado-gado, pecel karedok, atau sate lengkap dengan siraman sambal kacang memang nikmat. Tapi Anda juga harus hati-hati dengan sambal kacang yang mengandung alfatoksin. Apa itu alfatoksin?? Alfatoksin adalah racun yang bersifat karsinogenik (memicu kanker) yang diproduksi oleh kapang Aspergillus flavus atau yang biasa disingkat A. flavus. Konsumsi alfatoksin bisa menyebabkan kanker hati, bahkan menimbulkan kematian bila dikonsumsi berlebihan.

Semua ini diterapkan dalam latihan. latihan yang cukup sangat diperlukan untuk membentuk mental juara. Analogi c. Hubungan kausal Jawaban: a.Tugas 2 Susunlah contoh paragraf yang memperlihatkan pada pengembangan: a. Semua ini diperlukan agar Anda dapat menjadi pemain hebat yang disegani lawan Anda. b. kekuatan fisik. Generalisasi b. Begitu juga jika Anda ingin menjadi pemain sepak bola. Contoh paragraf analogi Jika Anda ingin menjadi pemain basket yang handal. Hanya Wahyu yang mendapat nilai 7. dan mental juara. Keterangan: Pada kalimat 1 sampai kalimat 4 merupakan kalimat khusus (penjelas) yang menerangkan bahwa nilai anak-anak kelas 6 memuaskan dan kalimat 5 adalah kalimat umum yang merupakan kesimpulan dari kalimat 1 sampai kalimat 4. Dapat disimpulkan bahwa anakanak kelas 6 pandai menggambar. dan Hari mendapat nilai 9. jika Anda ingin menjadi pemain basket atau pemain sepak bola dibutuhkan keahlian. Denis. tidak hanya keahlian yang dibutuhkan. Contoh paragraf generalisasi Setelah hasil menggambar anak-anak kelas 6 diperiksa. Anak-anak yang lain mendapat nilai 8. selain keahlian dibutuhkan juga kekuatan fisik dan mental. Tak seorang pun yang mendapat nilai yang mengecewakan. Tetapi harus didukung juga oleh kekuatan fisik dan mental. Oleh karena itu. Keterangan: . ternyata Fery.

Keterangan: Pada paragraf diatas bubungan yang terjadi adalah hubungan sebab akibat. Akibatnya pada saat musim hujan datang kota Jakarta selalu kebanjiran. Contoh paragraf hubungan kausal Saat ini penduduk kota Jakarta sangat padat. Hal ini bertambah parah dengan berkurangnya daerah hijau yang berfungsi sebagai daerah resapan air hujan. banyak bangunanbangunan yang dibangun secara ilegal terutama di pinggir sungai.sehingga berakibat kota Jakarta menjadi banjir. c. Mereka sering sekali membuang sampah ke sungai sehingga menyebabkan aliran sungai menjadi tidak lancar. Yang menjadi sebab adalah berdirinya bangunan ilegal di pinggir sungai dan berkurangnya daerah resapan air hujan.Dalam contoh diatas dijelaskan tentang perbandingan dua hal yang berbeda namun memiliki beberapa persamaan. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful