Judul Novel Pengarang Penerbit

: Seandainya Aku Boleh Memilih : Mira W. : Penerbit Bahtera (1981)

Unsur Intrinsik 1. Tema Tema cerita dalam novel ini adalah pengorbanan cinta seorang wanita karena novel ini menceritakan tentang seorang wanita yang menikah tanpa ada rasa cinta kepada calon suaminya itu yang dimana calon suaminya itu adalah adik kandung dari lelaki yang dicintainya itu.Wanita itu terpaksa menikahinya karena keadaan lelaki itu sangat lemah. 2. Penokohan/Perwatakan Tokoh dalam cerita ini mempunyai perwatakan dan sifat yang berbeda dari tokoh utamanya maupun tokoh-tokoh lain :
y

Riri itu mempunyai watak baik, penyayang, menarik, keras kepala dan pengertian

y

Haris memiliki watak keras kepala, baik, menarik, nekad dan penuh semangat

y

Bandi memiliki watak tidak mudah putus asa, teguh pendirian, baik penyayang dan penuh semangat

y

Ibu Bandi dan Haris mempunyai watak baik, penyayang, keras kepala, tegas, perhatian

y y y y

Tanti berwatak penurut, baik, suka mengalah, penyayang Nurdin berwatak baik, berwibawa, tegas, perhatian Rena berwatak baik, solidaritasnya tinggi, perhatian Doni mempunyai watak manja dan cengeng.

4.Haris adalah tipe cowok mata keranjang dan karena perlakukan kasar dari Haris. Sudut Pandang Cerita ini menggunakan sudut pandang orang kedua karena pengarang tidak terlibat tapi ikut menerangkan tokoh-tokohnya dan watak mereka.Dan di luar dugaan Riri. Riri tidak datang lagi ke rumah sakit.3. cerita mulai berjalan.Setelah memarkir motornya Riri dan Fani bertemu dengan seorang perempuan setengah baya yang sedang memapah seorang pemuda tinggi kurus. Bandi yang merindukan Riri menyelinap ke luar untuk menemui Riri tapi Bandi malah diperlakukan kasar oleh penjaga rumah Riri.Riri dan Fani mengalami kecelakaan sehingga harus berobat ke rumah sakit. Riri sudah merasakan getaran aneh yang dipancarkan oleh tatapannya itu.Setelah beberapa kali bertemua mereka pun jadi akrab tapi perempuan setengah baya itu seperti tidak suka pada Riri. 5.Tetapi walaupun sekejap. Alur cerita ini saya buat sebagai berikut : Tiba-tiba saja Riri dan teman-temannya jadi muak ketika masuk ke ruang praktikum.Melihat gadis itu. di rumah sakit dan lain-lain. pemuda itu menoleh dan sekejap mereka saling pandang.Kemudian Riri pun bertemu kembali dengan pemuda itu dan mereka pun saling bertatapan kembali.Saat ini Haris menjenguk adiknya dan Haris bertemu dengan Riri. Plot/Alur Alur cerita dalam novel Seandainya Aku Boleh Memilih karya Mira W ini disusun dari awal cerita. di rumah. Bandi masih bertarung setengah duduk di ranjangnya ketika Riri masuk bersama Fani. cerita mulai memuncak dan penyelesaian (merupakan alur maju). Latar Latar cerita Novel Seandainya Aku Boleh Memilih mengambil tempattempat tertentu untuk membentuk karakteristik dan lakon cerita ini seperti di Kampus terutama di ruang praktikum dan kantin. mata Bandi yang redup langsung bersinar gembira. Haris yang tidak .

Haris menggenggam jeri jemarinya dan sekejap saja mereka telah mengkhianati Bandi.Pertemuan antara Riri dengan Haris di rumah Riri ternyata membuat perasaan mereka berdua mejadi kuat. Riri tidak berani untuk menceritakan semuanya karena Riri takut Bandi tidak kuat akan jantungnya.Dan Akhirnya Bandi menikah dengan Riri. Ibu Bandi marah kepada Riri dn dia mengerat nadinya dengan pisau. Ketika mereka kembali . namun Bandi harus dioperasi di Amstredam. yang pertama kali dicari Riri adalah Doni dan itu membuat Bandi curiga.menerima adiknya diperlakukan seperti itu Haris langsung ke rumah Riri dengan perasaan marah. Riri bingung karena Bandi akan pulang sedangkan Riri sedang mengandung anak Haris.Ibu Bandu mencarikan calon untuk Haris dan akhirnya Tanti yang menjadi calon untuk Haris. Haris akan menceritakan semuanya kepada Bandi tapi ibunya melarang karena dia khawatir akan keadaan Bandi. Ibu Bandi terkejut ketika mendengar pengakuan mereka. Saat itu ibu Bandi sangat marah kepada mereka berdua tapi dengan marah-marah tidak ada gunanya. ibu Bandu ingin kalau anak itu diadopsi oleh Haris tapi Riri tidak ingin berpisah dengan anaknya.Tapi karena Bandi begitu menyukai Riri ibu pun menyetujuinya. padahal Riri sudah menjadi istri Bandi.Haris begitu menarik dan dia kuatir suatu hari dia lupa siapa pemuda itu. Haris memperlakukan Tanti tidak seperti seorang istri tapi seperti pelayan. Haris menikah dan Bandi gembira mendengar Riri akan ke Amsterdam walaupun setahun lagi. Riri telah melahirkan. Ibu Bandi yang begitu memanjakan anaknya itu ingin menikahkan Bandi dengan Riri walaupun menurutnya Riri itu bukan gadis yang cocok buat Bandi. Setelah bertemu Bandi. . Dengan terpaksa Riri pun menyerahkan Doni kepada Haris dan Riri pun pergi menyusul Bandi. (Cerita mulai memuncak) Pada saat itu Haris harus ke Medan dan Riri merasa kehilangan Haris.Setelah Haris pulang Riri ke rumah dan disana tidak ada siapapun.

iv) Sebagai seorang istri kita harus berbakti dan menghormati suami. Haris dan Riri dimana mereka sedang memasalahkan tentang Doni. Biografi Pengarang Awal karir Mira W sebagai penulis dimulai pada tahun 1975. masih ada tahun-tahun yang tersisa untuk membuka lembaran baru dalam hidup mereka. karena semua memojokkan Haris maka Haris pun dijatuhkan hukuman 5 tahun penjara.Masih dalam keadaan shock Haris harus menunggui istrinya yang sedang melewati masa krisis karena keracunan. kalau Bandi telah memaafkan mereka dari tempat yang suci diatas sana. v) Kita harus mensyukuri atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan.Pada tahun 1977 Novel pertama . ada komunikasi antara jiwa anak itu dan ibu Riri pecaya kalau tahun-tahun yang suram ini telah berlalu.Di Pemakamanan Haris dan Riri tertunduk lesu meratapi kematian Bandi. Unsur Ekstrinsik 1. Amanat Amanat yang tersirat didalam novel Seandainya Aku Boleh Memilih antara lain adalah: i) Kita harus berbakti kepada orang tua.Haris membaca adiknya ke rumah sakit dan para dokter sudah tidak bisa menyelamatkan Bandi. 6. Dua polisi yang datang ke pemakaman langsung membawa Haris ke kantor polisi.Bandi tak sengaja mendengar pembicaraan antara Ibu. Riri percaya. ketika cerpennya yang berjudul Benteng Kasih. (Penyelesaian) Akhirnya Riri pun membiarkan Doni untuk memiliki Tanti.Bandi pun minta agar Haris menceritakan semuanya dan setelah mendengar semuanya Bandi terkulai lemas. iii) Kita harus mengalah kepada orang yang lemah dari kita. ii) Kita harus mengendalikan diri kita atau hawa nafsu.

1978) b. Nilai Sosial Rasa kebersamaan yang terjalin dapat merupakan suatu alasan untu memaafkan orang lain seperti dalam cerita ini dimana Bandi memaafkan kesalahan yang telah dilakukan Haris dan Riri. 5. Permainan Bulan Desember (1979. 3. Nilai Moral Hendaknya kita harus mengalah kepada orang yang lebih lemah dari kita seperti yang dilakukan Haris dan Riri yang rela mengorbankan cintanya hanya untuk menyelematkan nyawa Bandi. .Dokter Nona Friska. Selain menulis Mira W juga menekuni profesi lain sebagai dokter dan staf pengajar di Perguruan Tinggi di Jakarta. Bukubuku karya Mira W diantaranya : a. Cinta TaK Pernah Berhutang (1978) c. Sepolos Cinta Dini (Gramedia. Nilai-nilai Sastra Nilai-nilai sastra yang tersirat dalam novel ini adalah nilai-nilai yang mendorong seseorang untuk menghargai karya orang lain. Nilai Agama Kita harus bersyukur atas apa yang telh diberikan oleh Tuhan seperti yang dilakukan oleh Bandi yang mensyukuri keadaan tubuhnya itu. 4. Gramedia 1999) 2.

atap sekolah yang bocor jika hujan. Di buku tersebut Andrea mengangkat cerita bagaimana semangat anak-anak kampung miskin itu berjuang dengan gigihnya agar dapat belajar walaupun dalam keadaan yang serba terbatas. sutradara teater. . ketika suatu hari ia menempuh jarak sejauh itu hanya untuk menyanyikan lagu Padamu Negeri.Judul Novel Pengarang :Laskar Pelangi : Andrea Hirata Unsur Intrinsik 1. 2. b. pelukis natural. Pikiranku melayang ke suatu hari bertahun -tahun yang lalu ketika sang bunga pile a ini membawa pensil dan buku yang keliru. Mereka bersekolah tanpa alas kaki. Dialah idolaku. seringkali ia menjadi guru pengganti Ibu Mus untuk temantemannya. pekerja keras. ketika ia beringsut -ingsut naik sepeda besar 80 kilometer setiap hari untuk sekolah. diantara tokoh utamanya: a. Mahar adalah seorang pesuruh tukang parut dan seniman dadakan. Tema Tema yang diangkat pada novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yang bedasarkan pada kisah nyata ini adalah untuk berjuang belajar dalam segala keterbatasan. pantang menyerah dalam memuaskan nafsunya akan ilmu pengetahuan. Ia memiliki bakat seni. Penokohan/Perwatakan Perwatakan yang ada dalam cerita Laskar Pelangi ini ada bermacam macam. penulis yang berbakat. betapa aku menyayangi dan kagum setengah mati pada sahabatku ini. Lintang adalah seseorang yang jenius. baju tanpa kancing. di majelis kecerdasan yang amat terhormat ini. Seorang pelantun gurindam. dan papan tulis yang berlubang hingga terpaksa ditambal dengan poster Rhoma Irama. Aku terpaku memandang Lintang. Dan hari itu ia meraja di sini.

serta suka menolong pada siapapun kecuali Sahara. penyanyi. Baginya Mahar adalah suhunya yang agung. ternyata mereka berdua saling mencintai satu sama lain. A Kiong. Syahdan ternyata memiliki cita-cita yang tidak pernah terbayang oleh Laskar Pelangi lainnya yaitu menjadi aktor. ia baik kepada siapa saja kecuali pada A Kiong yang semenjak mereka masuk sekolah sudah ia basahi dengan air dalam termosnya. Misalnya ketika bermain sandiwara. satu-satunya perempuan dalam anggota Laskar Pelangi. Laki-laki ini sejak kecil terlihat bisa menjadi politikus dan . Syahdan hanya kedapatan jadi tukang kipas putri dan itupun masih banyak kesalahannya. c. Kucai. Kendatipun pria kecil ini berwajah buruk rupa. Setelah bosan.koreografer. ia digambarkan memiliki watak yang keras kepala berpendirian kuat yang sangat patuh kepada agama. Anak Hokian. Namun. Ia menderita rabun jauh karena kurang gizi dan penglihatannya melenceng 20 derajat. ia dan Ikal bertugas membeli kapur di Toko Sinar Harapan semenjak Ikal jatuh cinta pada A Ling. maka akan terlihat ia sedang memperhatikan Trapani. sehingga jika ia menatap marah ke arah Borek. Ia adalah gadis yang ramah dan pandai. Setelah itu ia berhasil menjadi network designer. Dengan bekerja keras pada akhirnya dia menjadi aktor sungguhan meski hanya mendapatkan peran kecil seperti tuyul atau jin. Syahdan. f. ia pergi dan kursus komputer. pendongeng yang ulung. Sahara. Ia kadang mengemukakan pikiran yang tidak logis dan sering sekali diremehkan oleh teman-temannya. e. Syahdan adalah saksi cinta pertama Ikal. d. dan pemain sitar yang fenomenal. Kalau ada apa-apa dia pasti yang paling tidak diperhatikan. Anak nelayan yang ceria ini tak pernah menonjol. ia memiliki rasa persahabatan yang tinggi dan baik hati. Keturunan Tionghoa ini adalah pengikut sejati Mahar sejak kelas satu. meski mereka selalu bertengkar. ketua kelas sepanjang generasi sekolah Laskar Pelangi.

karena penulis (dalam novel ini bernama Ikal) ikut dalam cerita novel serta menjelaskan jalan cerita novel ini. Laki-laki jenaka ini senantiasa bercerita tentang kucingnya yang berbelang tiga dan melahirkan tiga anak yang masing-masing berbelang tiga pada tanggal tiga kepada Sahara dan senang sekali menanyakan kapan libur lebaran pada Bu Muslimah. dia adalah Ibunda Guru bagi Laskar Pelangi. ia tidak mau tampil jika tak ditonton ibunya. Bu Musliman. seperti misalnya ketika mereka akan tampil sebagai band yang dikomando oleh Mahar. Harun. Ia menyetor 3 buah botol kecap ketika disuruh mengumpulkan karya seni kelas enam. pria tampan yang pandai dan baik hati ini sangat mencintai ibunya. permasalahan-permasalahan. namun lebih dominan ke alur maju. Ia adalah orang yang sangat baik hati dan penyabar meski muridmurid awalnya takut melihatnya. pria besar maniak otot. serta penyelesaiannya . Cowok yang bercita -cita menjadi guru ini akhirnya berakhir di rumah sakit jiwa karena ketergantungannya terhadap ibunya. Apapun yang ia lakukan harus selalu didampingi ibunya. Alur Novel Laskar Pelangi memiliki alur cerita campuran. Pak Harfan. Wanita lembut ini adalah pengajar pertama Laskar Pelangi dan merupakan guru yang paling berharga bagi mereka. kepala sekolah dari sekolah Muhammadiyah.akhirnya diwujudkan ketika ia dewasa menjadi ketua fraksi di DPRD Belitong. Borek. 3. j. k. Ketika dewasa ia menjadi kuli di toko milik A Kiong dan Sahara. i. 4. mulai dari awal perkenalan tokoh-tokoh serta latar belakangnya. Pria yang memiliki keterbelakangan mental ini memulai sekolah dasar ketika ia berumur 15 tahun. h. Trapani. Borek selalu menjaga citranya sebagai laki-laki macho. Sudut Pandang Sudut pandang dalam novel Laskar Pelangi adalah sudut pandang orang pertama. g.

bukanlah sekolah elite dan mewah yang memiliki segala fasilitas pendukung pembelajaran seperti sekolah lainnya yang dideskripsikan di buku ini sebagai sekolah PN (Perusahaan Negara). reyot dan terbengkalai sehingga apabila kita melihatnya. Namun Pulau Belitong adalah pulau yang kaya akan kandungan timah. Sekolah dimana tempat mereka belajar. Sang Penulis beserta teman-teman sekelasnya yang berjumlah 10 orang menyebut diri mereka Laskar Pelangi. Sekolah Muhammadiyah berada di pedalaman yang jauh dari pusat kota yang terletak di Pulau Belitong.secara urut yang merupakan ciri dari tipe alur maju serta adanya reorientasi masalah-masalah dan tokoh baru yang merupakan ciri dari alur campuran. Strata ekonomi orang tua mereka adalah berasal . maka sedikitpun tidak akan menumbuhkan minat untuk belajar pada sekolah ini. Uraian singkat alur novel Laskar Pelangi: Pada saat itu sang penulis akan diterima pada Sekolah Dasar Swasta dan mulai menjalani kehidupan bersekolah saat menduduki awal bangku SD sampai dengan tamat bangku SMP bersama dengan teman-teman sekelasnya yang hanya berjumlah 9 orang di Sekolah yang bernama SD Muhammadiyah. dengan kata lain sekolah ini biasa disebut dengan sekolah Kampung. Perkenalanpun dimulai diantara mereka dengan menyebutkan nama masing-masing di depan ruang kelas. mereka saling tolong menolong apabila diantara mereka mendapatkan kesulitan. Pulau Belitong bukanlah suatu pulau yang daratannya cocok untuk bertani dan bercocok tanam. Sekolah mereka hanya sebuah bangunan tua yang rapuh. Karena jumlah siswanya yang terlalu sedikit. hampir-hampir sekolah ini ditutup lantaran jumlah muridnya dalam 1 kelas tidak memenuhi kuota yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan saat itu yaitu minimal 10 murid siswa per kelasnya. Di saat yang mendebar-debarkan akhirnya ada seorang calon murid terakhir yang akhirnya diterima sehingga mengenapi angka ganjil menjadi 10 murid siswa. Lambat laun mereka menjadi sebuah tim yang solid dan kompak.Mereka.

tantangan. Edensor.Ayahnya adalah seorang berpendidikan tinggi dan memiliki pengaruh pada suatu perusahaan milik BUMN di Pulau Belitong.Rata-rata mata pencaharian orang tua mereka berasal dari profesi buruh tambang dan nelayan. b. dan pertentangan yang pada saat membacanya akan membuat kita selalu penasaran seperti apa ujung dari akhir cerita ini. b. c. propinsi Bangka Belitung. Laskar Pelangi. dan d. rintangan. 5. Novel pertamanya adalah novel Laskar Pelangi yang merupakan buku pertama dari tetralogi novelnya. Dengan kedatangan pendatangan baru yang bernama Flo pada akhir cerita ini. Unsur Ekstrinsik 1. c. yaitu : a. Selalu giat belajar untuk meraih masa depan yang cemerlang. Bekerja sama dalam menghadapi ujian dan kesulitan. Maryamah Karpov . Menjalin persahabatan dan menjaganya dengan baik. Seorang gadis tomboy dari keluarga kaya raya. Di Akhir penghujung cerita ini akan ada pendatang baru yang membuat kelompok mereka bertambah jumlahnya menjadi 11 orang.Sangat kontras bila membandingkannya dengan murid-murid Laskar Pelangi lainnya. Bekerja keras untuk mencapat suatu hasil.dari golongan tidak mampu. dan d. Amanat Banyak sekali amanat yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi ini. Biografi Pengarang Andrea Hirata Seman Said Harun (lahir 24 Oktober) adalah seorang penulis Indonesia yang berasal dari pulau Belitong. alur cerita semakin menarik dan petualangan kehidupan para Laskar Pelangi lebih banyak melewati cobaan. Sang Pemimpi. diantaranya adalah a.

Tesis itu telah diadaptasikan ke dalam Bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. ia amat menggemari sains--fisika. Nilai Sosial .Buku itu telah beredar sebagai referensi Ilmiah.2007. Andrea juga menghasilkan karya lain. desa di Himalaya. astronomi--dan tentu saja sastra. yaitu Padang Bulan & Cinta di Dalam Gelas yang terbit tahun 2010. United Kingdom. mendapatkan beasiswa Uni Eropa untuk studi master of science di Universite de Paris.Laskar Pelangi termasuk novel yang ada di jajaran best seller untuk tahun 2006 . dimana sang penulis novel seringkali menuliskan suatu ritual agama dalam ceritanya. 3. kimia. 2. Saat ini Andrea tinggal di Bandung dan masih bekerja di kantor pusat PT Telkom. Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari kedua universitas tersebut dan ia lulus cum laude. Nilai-nilai Sastra Nilai sastra yang terkandung dalam novel ini adalah mengajak seseorang atau memotivasi seseorang untuk bekerja keras dalam meraih mimpimimpinya. Nilai Agama Novel ini memiliki nilai agama yang kuat. Novel ini mengajarkan untuk selalu mengingat teman dan tidak melupakan mereka walau sudah lama tidak bertemu. dan selalu ingat kepada-Nya 4. Novel ini memiliki nilai agama dalam hal untuk berserah diri kepada Tuhan dalam menghadapi masalah yang besar. Andrea lebih mengidentikkan dirinya sebagai seorang akademisi dan backpacker. Nilai Moral Sudah seharusnya manusia menjalin hubungan sosial dan memiliki suatu komunitas positif untuk dapat mendukung kebutuhan hidup akan sosial. Sedang mengejar mimpinya yang lain untuk tinggal di Kye Gompa. Sorbonne. 5. Meskipun studi mayor yang diambil Andrea adalah ekonomi. Perancis dan Sheffield Hallam University. biologi. Andrea berpendidikan ekonomi di Universitas Indonesia. Selain Tetralogi laskar pelangi.

seperti yang telah disebutkan novel ini mengangkat tema tentang persahabatan.Nilai-nilai sosial sangat kental dalam novel karya Andrea Hirata ini. .