P. 1
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

|Views: 521|Likes:
Published by mr_ants

More info:

Published by: mr_ants on May 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/04/2012

pdf

text

original

NAMA : RAKHMAD FADIL KELAS : 2 D

Oleh : Prof. Dr. H. Sunarto Dra.Ny. B. Agung Harton Penerbit : Rineka Cipta

sosial ekonomi social kulturasi. Kematangan pertumbuhan fisik yang ditandai oleh bertumbuhnya masing-masing organ. seperti berpikir.antara lain keturunan. yang ditandai oleh bertumbuhnya massig-masing organ.bahasa.antara lain keturunan. berpengaruhnya terhadap perkkembangan non fisik. norma.tunggal dan khas y Pertumbuhan dan perkembangan manusia banyak dipengaruhi oleh banyak faktor. dan pengenalan terhadap nilai.kesehatan dan latar belakang kehidupan keluarga y . .pilah.sosial ekonomi social kulturasi. sosial.BAB 1 KARAKTERISTIK DAN PERBEDAAN INDIVIDU y Individu adalah manusia yang berkedudukan sebagai pribadi yang utuh. emosi.kesehatan dan latar belakang kehidupan keluarga. dan moral. y ~ Pertumbuhan dan perkembangan manusia banyak dipengaruhi oleh banyak faktor.

BAB 2 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN REMAJA y Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik : ~ Faktor nutrisi ~ Faktor perawatan y 2 Hukum pertumbuhan al : 1. secara keseluruhan dimulai dari : ~ Masa pra-natal ~ Masa bayi ~ Masa anak-anak ~ Masa anak sekolah ~ Masa remaja ~ Masa dewasa ~ Masa tua . Hukum Proximodistal : Berpusat pada sumbu dan mengarah ke tepi y Hukum perkembangan dimulai dari hal yang umum menuju hal yang yang khusus. Hukum Ceppalocoudal : Dimulai dari kepala kearah kaki 2.

y Kebutuhan dibedakan atas : ~ Kebutuhan primer ~ Kebutuhan sekunder y Menurut Frud : Dorongan yang paling menentukan munculnya kebutuhan adalah dorongan seksual. y Kebutuhan normatif : Sejenis kebutuhan yang berkaitan dengan kebutuhan mengembangkan diri yang disesuaikan dengan kondisi sekarang dan dimasa dapan . y Menurut Erickson : Dorongan primer itu pada dasarnya berkaitan dengan kepentingan bersosialisasi dan sejalan dengan Rogers.

yang erat hubungannya dengan kondisi sosial ekonomi keluarga. Faktor emosional. Fakor pengaruh bentuk tubuh.BAB 3 PERTUMBUHAN FISIK y Pertumbuhan fisik adalah Perubahan fisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja. yaitu meliputi keturunan dan lingkungan keluarga. yang bertalian dengan gangguan emosional yang dialami selama paerkmbangannya. bentuk tubuh apakah mesomorf.ektomorf. anak yang jarang sakit biasanya memiliki tubuh yang lebih berat dari pada anak yang sering sakit. 2. atau endomorf akan mempengaruhi bentuk tubuh. . Faktor keluarga. y Perubahan fisik remaja disebabkan oleh Kelenjar PITUITARI dan Kelenjar HYPOTHALAMUS y Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik : 1. dimana laki-laki cenderung memilki ukuran tubuh lebih lebih tinggi dan berat dari pada wanita. 5. Faktor kesehatan. 4. Faktor gizi. 6. 3. Faktor jenis kelamin.

kegiatan kokurikuler dan ekstra kurikuler perlu diselenggarakan secara terprogram. dan pembiasan hidup sehat perlu dikembangkan. pembentukan kelompok olahraga. perilaku emosional seperi gelisah dan mudah tersinggung serta melawan kewenagan dan semacamnya.y Pertumbuhan fisik mempengaruhi perkembangan tingkah laku remaja. Di sekolah. . isolasi diri dari pergaulan. hal ini tampak pada perilaku yang canggung dalam proses penyesuaian diri remaja. y Remaja yang banyak memperhatikan kelompok sebaya perlu mendapatkan perhatian dari peserta didik dalam proses pendidikan kegiatan seperti dorongan untuk belajar kelompok. kegiatan pramuka.

y kemampuan berfikir Ciri pokok dalam perkembangan intelek remaja dapat di sebutkan sebagai deduktif. terutama kondisi lingkungan keluarga Perkembangan sosial : berkembangnya tingkat hubungan antar manusia sehubungan dengan meningkatnya kebutuhan hidup manusia . perkembangan inteligensi di pengaruhi oleh beberapa faktor : pengalaman belajar termasuk berbagai bentuk latihan lingkungan.SOSIAL DAN BAHASA y Intelek adalah kecakapan mental.hipotesis dan kombinatoris. 2.BAB 4 PERKEMBAGAN INTELEK. yang menggambarkan y 1.

5. y Kondisi keluarga Kematangan anak Status sosial ekonomi keluarga Pendidikan kapasitas mental terutama inteleg dan emosi . melukis. 3. 2. 4. y 1. 5. 4. 3. beberapa individu yang memiliki bakat khusus seperti. olahraga. Faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa : Usia anak Kondisi keluarga Tingkat kecerdasan Status sosial ekonomi keluarga Kondisi fisik anak Bakat adalah sifat atau kemampuan potensial yang dimiliki oleh seseorang dan akan berkembang dengan amat baik jika mendapatkan rangsangan yang tepat.y Faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak remaja : 1. dan musik . 2.

2. 4. perubahan-perubahan fisik.BAB 5 PERKEMBANGAN AFEKTIF y Emosi adalah warna afektif yang kuat dan ditandai oleh y 1. y 1. Faktor yang mempengaruhi emosi antara lain : Kematangan Belajar serta kondisi kehidupan atau kultur Upaya guru dalam mengembangkan emosi remaja al : Konsisten dalam pengelolaan kelas Mendorong anak bersaing dengan diri sendiri Pengelolaan diskusi kelas yang baik Mencoba memahami remaja Membantu siswa untuk berprestasi . 3. 5. 2.

buruk perbuatan dan y y 1. kelakuan. 2. Upaya yang dapat dilakukan dalam rangka perkembangan nilai. y 1. dan sikap adalah : Menciptakan komunikasi Memberikan informasi Memberi kesempatan untuk berpartisipasi Menciptkan lingkungan yang serasi dan kondusif. moral. 2. Sikap adalah kesediaan bereaksi individu terhadap sesuatu hal. Keterkaitan antara lain moral dan sikap tampak dalam pengamalan nilai. 3. 3.y Moral adalah ajaran tentang baik. Tingkat perkembangan moral menurut Kolhberg : Pra konvensional Konvensional Post-Konvensional . 4. ahlak dsb.

DAN KEHIDUPAN BERKELUARGA 1. 3. 4. 2. 2. 5. y 1.PENDIDIKAN DAN KARIER. 3. Masalah remaja dalam upaya memenuhi kebutuhannya : Kondisi yang amat berbeda antara anak-anak dan remaja Norma yang amat berbeda karena pengaruh perkembangan zaman dan iptek Kesulitan dalam menilai kemampuan dirinya dibandingkan dengan permasalahan yang dihadapi Sulit dalam menyesuaikan diri dengan masyaakat 3 Tahap cinta dengan hubungan akrab antara perjaka dan gadis : Tahap eksplorasi Tahap penawaran Tahap komitmen .BAB 6 TUGAS PERKEMBANGAN KEHIDUPAN PRIBADI.

Bimbingan pendidikan 3. 1. Memberikan latihan praktis terhadap siswa 4. Bimbingan siswa untuk memahami norma kehidupan masyarakat y Pendidikan tentang nilai kehidupan untuk mengenalkan norma kehidupan sosial kemasyarakatan perlu dilakukan kehidupan praktis melalui pemuda. pertemuan dengan orng tua secara periodik. Pengembangan keluarga ideal perlu melakukan : 6. Penyusunan kurikulum komprehensif (Muatan Lokal) 5. . dan pemantapan kehidupan beragama baik didalam maupun luar sekolah.y Program pendidikan dan pembinaan karier antra lain : Bimbingan karier 2. Bimbingan dan etika pergaulan 7.

realistik dan objektif 2.BAB 7 PENYESUAIAN DIRI REMAJA Kondisi fisik. baik terhadap diri sendiri 2 Karakteristik penyesuaian diri yaitu : 1. Penyesuaian diri secara positif : Tidak ada ketegangan secara emosional. menyerang dan melarikan diri atau lingkungannya y . mental. Penyesuaian diri adalah suatu proses. tidak terjadi frustasi. dan emosional dipengaruhi dan diarahkan oleh factor lingkungan dimana kemmungkinan akan berkembang proses penyesuain yang baik dan salah. menggunakan pertimbangan rasional. dan salah satu cirri pokok dari kepribadian yang sehat mentalnya ialah memiliki kemampuan untukmengadakan penyesuaian diri secara harmonis. Penyesuaian diri yang salah : Reaksi bertahan.

2. bakat. 3. 5.‡ 1. Jika kita mengharapkan remaja mempunyai penyesuaian diri yang bauk. 3. sejatinya kita tidak mendikte mereka agar memilih jenis sekolah tertentu sesuai keinginan kita. y 1. seperti : Adil Menyenangkan Penuh pengertian Antusias Mampu mengontrpl diri Humor . dan sifat pribadinya. 2. 6. Faktor yang mempengaruhi keberhsilan penyesuaian diri : Kondisi jasmaniah Perkembangan dan kematangan Kondisi lingkungan Kebudayaan dan agama Persoalan umum seringkali dihadapi remaja antara lain dalam memilih sekolah. 4. Guru hendaknya dapat bersikap yang lebih efektf. Orang tua/pendidik hendaknya mengarahkan plihan sekolah sesuai dengan kemampuan. 4.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->