PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan .blogspot. Silahkan mengcopy buku ini jika buku ini bisa bermanfaat bagi ummat.com/ -1- Hak cipta hanya milik Allah.http://freekuliah.

orang Kristen mendapat suntikan untuk mengunjungi “Kuburan suci dan merebutnya dari orang-orang Islam”. antara madzhab Safii. Namun hubungan yang makin lama makin baik itu tiba-tiba diputuskan oleh Paus Urbanus II yang membangkitkan fanatisme agama terhadap Islam. PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan . “Tempat Tuhan Berpijak”. disaat dunia Islam mengalami kemerosotan internal yang hebat akibat pertarunganpertarungan antara kaum Syi’ah. antara ras-ras Persia. yang mempunyai tujuan untuk merebut kota suci Palestina. Suatu serangan yang kemudian dikenal dengan sebutan Perang Salib.blogspot.http://freekuliah. Ilmu-ilmu eksakta yang tak pernah dikenal atau dikembangkan sebelumnya telah disumbangkan pula oleh kaum muslimin. Pengaruh Barat bukan saja mengubah dunia Islam tetapi juga seluruh Asia dan Afrika . Barat telah memperbaiki diri melalui renaisance dan reformasi. Pengaruh Barat adalah gerakan dahsyat dalam transformasi modern dunia Timur. apalagi setelah negara Barat mencapai kemajuan besar di bidang tehnologi peralatan perang. Hanafi dan Hambali. Terjadilah hubungan timbal balik antara Timur dan Barat di Laut Tengah. Kaum muslimin dari Timurpun telah memberikan sumbangan yang besar dengan mengembangkan dan memelihara filsafat Yunani yang telah diharamkan oleh Gereja Barat. memberikan peluang kepada dunia Barat untuk menghancurkan kaum muslimin dan menguasai negeri mereka. Pidato yang diucapkan pada tanggal 26 November 1095 di Cler Mont (Perancis Selatan). Arab dan Turki. Dari sinilah awal mula penjajahan Barat terhadap dunia Islam. Pengaruh Barat ini berkembang sedemikian pesat. kaum Sunni dan kaum Khawarij.com/ -2- PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Pada awalnya dunia Timur dan Barat saling pengaruh mempengaruhi.

penghisapan. Selain itu juga diberikan istimewa kepada Portugis dan Spanyol terhadap laut. perbudakan yang merupakan lembaran hitam umat manusia yang hina. Missionary. yang satu dihadiahkan untuk Spanyol dan yang lain untuk Portugis. termasuk Indonesia menjadi milik Portugis. Perang Salib I dimenangkan oleh orang Kristen. perpecahan terjadi di seluruh wilayah. Pada PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan . Military). hal itu dapat dilihat saat Paus membagi dunia menjadi 2 bagian pada tahun 1493.blogspot.http://freekuliah. juga karena para pemimpin Islam saling bermusuhan. sejak dari abad kesebelas sampai abad ke tiga belas masehi. Latar Belakang Penjajahan Barat Terhadap Islam Perang Salib adalah peperangan yang dilakukan oleh umat Kristen Eropa barat ke tanah Timur. Paus Alexander VI juga menunjuk ditemukannya emas. penyiaran agama dan perluasan daerah militer. Sejak itu lahirlah imperialisme dengan bentuk penindasan. karena pada waktu itu kaum muslimin tidak dalam keadaan bersatu.com/ -3- A. Bangsa Barat mempunyai semboyan yang terkenal dengan M3 (Mercenary. Dinamakan Perang Salib karena umat Kristen yang turut dalam peperangan itu memakai tanda salib sebagai simbul. rempah-rempah dan banyak barang berharga yang berjenis-jenis dan bermutu (inter caetero diciae) Selain itu penetris Perancis telah berkembang dengan cepat pedagangpedagang Perancis mempergunakan kesempatan untuk melaksanakan keinginannya mendirikan pos-pos perdagangan dan misi-misi perwakilan di Syria dan Mesir. Perang Salib menjadi awal mula penjajahan Barat terhadap dunia Islam. yaitu keuntungan. Kapitulasi-kapitulasi lain yang mengikutinya kemudian diberikan kepada Inggris dan Belanda serta negara-negara barat lainnya. pulau dan benua yang telah ditemukan untuk tetap menjadi milik mereka dan anak cucunya. keji dan jahat. Daerah Demarkasi inilah yang memberikan daerah mulai dari Brazil ke timur. Untuk melepaskan Palestina dari tangan daulah Islam dan mendirikan daulah Kristen Latin di tanah Timur. Perang Salib membawa keuntungan bagi negara-negara Barat. dalam kondisi yang tidak seimbang inilah kaum muslimin mengalami kekalahan.

Tujuan Misionaris Kristen penjajahan Barat terhadap dunia Islam jelas sekali terlihat dengan ucapan Livingstone. Semua daerah PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan . keduanya saling memperoleh manfaat dan saling membantu. memisahkan kaum muslimin dari agamanya dan kemudian diganti dengan Kristen.http://freekuliah.blogspot. kedengkian dan fanatisme keagamaan yang penuh kebencian. seorang pastor. Semua negara Kristen bersatu tekad hendak menghancurkan kerajaankerajaan Islam. Malah pada abad ke 19 dan permulaan abad ke 20 rencana salib modern ini dilakukan dengan teliti melalui kerjasama yang erat antara keduanya. Turki diserbu tentara sekutu. Raymundus Lullus. sedangkan Mesir dapat ditaklukkan Perancis tahun 1789 M. Oleh karena itu dimana Islam haruslah direbut melalui dominasi politik dan dipertahankan untuk kemudian diserbu missi. Apalagi ketika kemudian terjadi Perang Dunia I (1915) Turki Usmani berada dipihak yang kalah. bahkan tidak lama kemudian kekhalifahan dihapuskan (1924 M).com/ -4- abad ke delapan belas perdagangan Eropa tumbuh dengan cepatnya dan sejumlah koloni dagang sendiri di kota-kota pelabuhan di Syria dan Mesir. Inggris terlebih dahulu menanamkan pengaruhnya di India. bahwa Islam is false and must die (Islam adalah palsu dan harus mati). yaitu seorang pendeta Kristen yang sangat membenci Islam. Semangat sabilisme memang tetap tersimpan dalam dada kaum Nasrani bagaikan api dalam sekam dan semangat fanatisme tidak pernah lepas. ia tetap hidup dan bergejolak di dalam hati hingga sekarang. selalu bersemboyan dimanapun berada. Sampai akhirnya tahun 1919 M. Antara gereja dengan imperialisme terdapat manfaat dan saling terpisahkan. Sejak itu kebesaran Turki Usmani benar-benar tenggelam. Penetrasi barat ke pusat dunia Islam di Timur Tengah pertama-tama dilakukan oleh dua bangsa Eropa yang terkenal yaitu Inggris dan Perancis. Agama Nasrani selamanya melihat Islam dengan kacamata permusuhan. Tujuan penjajahan barat terhadap dunia Islam selanjutnya adalah military atau perluasan daerah militer. bahwa tujuan dan akhir dari penaklukan geografis adalah permulaan usaha missi Kristen (the end of the geographical feet is the beginning of the missionary entreprise).

yang sukar untuk dikembalikan kembali. sehingga mereka tidak segansegan untuk menyerang dan mengalahkan wilayah-wilayah yang berada di bawah kekuasaan Islam.http://freekuliah. Rusia dan lain-lain memang mempunyai tehnologi militer dan industri perang yang lebih canggih dibandingkan dengan negara Islam. B. Spanyol. Perancis. yang kemudian jatuh ke tangan orang Kristen. Jadi pada perang salib ini telah terjadi penaklukan dan penyerangan yang dilakukan oleh negara Barat untuk merebut wilayah-wilayah kekuasaan Islam. Penaklukan yang dilakukan oleh negara-negara Barat antara lain adalah: 1820 Oman dan Qatar berada di bawah protektorat Inggris 1830-1857 Penaklukan Aljazair oleh Perancis 1839 Aden dikuasai Inggris 1881-1883 Tunisia diserbu Perancis 1882 Mesir diduduki Inggris 1898 Sudan ditaklukkan Inggris 1900 Chad diserbu Perancis Pada abad ke20 M Italia dan Spanyol ikut bersama Inggris dan Perancis memperebutkan wilayah-wilayah di Afrika. keji dan jahat. baik Asia maupun Afrika diambil alih oleh negaranegara Eropa yang menang perang.blogspot. baik kerugian hasil budaya dan peradaban manusia maupun kerugian material maupun korban jiwa. Italia. Suatu perbuatan sangat hina. Bentuk-bentuk Penjajahan Bangsa Barat Terhadap Islam Negara-negara Barat seperti Inggris. Dari awal penjajahan Barat yaitu perang salib umat Islam telah kehilangan berbagai daerah yang semula telah dikuasai Islam.com/ -5- kekuasaannya yang luas. 1960 Kesultanan muslim di Nigeria utara menjadi protektorat Inggris PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan . bahkan Richand yang digelari berhati surga menyembelih 27.000 orang tawanan Islam. Tidak terhingga kerugian yang diakibatkan oleh penjajahan tersebut.

Penghisapan terutama pada hasil bumi dan kekayaan alam negara yang dijajahnya serta perbudakan banyak dialami oleh orang-orang Islam yang wilayahnya telah jatuh ke tangan negara-negara Barat. terutama setelah ia berhasil mengalahkan Turki Usmani yang berakhir dengan Perjanjian San Stefano dan Perjanjian Berlin. Rusia menggerogoti wilayah-wilayah muslim di Asia Tengah. Selain berupa penaklukan dan penyerangan negara-negara Barat juga banyak melakukan penindasan.http://freekuliah. seperti tergambar dalam daftar berikut: 1834-1859 Pencaplokan Kaukasia oleh Rusia 1853-1865 Serbuan pertama Rusia di Khoakand dan jatuhnya Tashkent 1866-1872 Daerah-daerah sekitar Samarkand dan Bukhara ditaklukkan Rusia 1873-1887 Uzbekistan ditaklukkan Rusia 1941-1946 Pendudukan Anglo Rusia di Iran. justru menjadi ajang perebutan negara-negara Eropa. Satu per satu pula negerinegeri muslim jatuh ke tangan Rusia.blogspot. yang sangat bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan. yang merupakan daerah rempah-rempah terkenal pada masa itu. Penindasan dilakukan kepada wilayah-wilayah yang telah dikuasainya untuk mendapatkan kekuasaan yang lebih besar. penghisapan dan perbudakan.com/ 1912-1913 Kesultanan Tripoli dan Cyrenaica diserbu Italia 1912 Marokko diserbu Perancis dan Spanyol 1914 Kuwait di bawah protektorat Inggris 1919-1921 Sisilia wilayah Turki diduduki Perancis 1920 Irak menjadi protektorat Inggris 1920 Syria dan Libanon di bawah mandat Perancis 1926-1927 Perebutan seluruh Somalia oleh Italia -6- Sementara itu. PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan . Asia Tenggara. Kekuatan Eropa malah lebih awal memancapkan kekuasaannya karena kerajaan Islam di Asia Tenggara lebih lemah sehingga mudah dapat ditaklukkan. negeri tempat Islam baru mulai berkembang.

C. seperti sistem pendidikan dan pengajaran. Bukan hanya peradaban material yang menyerbu negara-negara Islam. dan pemikiranpemikiran orang Eropa mengenai ilmu jiwa.Implikasi Penjajahan Barat Terhadap Peradaban Islam Serbuan kaum salib ke negeri-negeri Islam tidak hanya menggunakan pedang. perang Paderi di Minangkabau dan perang Diponegoro di Jawa. ilmu sosial. atau penyebaran agama. tetapi setan berada di hati mereka. hal ini dapat dilihat sampai sekarang daerah-daerah tempat pertama kali negaranegara Barat datang ke Indonesia berpenduduk mayoritas Kristen.blogspot. yang terbesar diantaranya adalah perang Aceh. Dahulu kaum muslimin menghayati peradaban ditambah dengan peradaban Persia. modal dan lain-lain. Belanda datang tahun 1595 M dan dengan segera memonopoli perdagangan di Indonesia.http://freekuliah. bahkan mental dan nilai-nilai moralpun tidak ketinggalan. maka peradaban lama yang telah mereka hayati selama berabad-abad mengalami PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan . Dengan datangnya peradaban Barat. Penjajahan Barat di Indonesia banyak dilatarbelakangi oleh faktor-faktor ekonomi. Perang Salib menghasilkan puing-puing kehancuran bagi kaum muslimin akibat kemauan penjajah yang dikendalikan oleh keserakahan untuk menguasai dan memperkuat wilayahnya mereka memikul salib di pundak mereka. karena Indonesia adalah negara yang kaya akan hasil bumi berupa rempah-rempah yang mempunyai nilai jual tinggi di pasaran Eropa. Demark dan Perancis. Spanyol datang ke Maluku dengan tujuan dagang. yang kemudian disusul oleh Belanda. Oleh karena itu seringkali terjadi peperangan antara Belanda dengan penduduk. tetapi juga melalui peradaban mereka yang dicekokkan ke semua negeri yang dapat dikuasainya.com/ -7- Pada tahun 1521 M. besi dan api. Selain itu juga dilatarbelakangi oleh faktor misionaris. Tentu kehadirannya ditantang oleh penduduk setempat. walaupun akhirnya peperangan dimenangkan oleh Belanda. Turki dan lain-lain disamping pemikiran filsafat yang diserap dari Yunani dan Romawi. Inggris.

Pada saat barat mendominasi dunia di bidang politik dan peradaban. Inti peradaban Barat bercorak Nasrani. Pelajar-pelajar muslim asal India juga banyak menuntut ilmu ke Inggris.com/ -8- keguncangan hebat dalam pikiran mereka. Kesadaran itu memaksa penguasa dan pejuang-pejuang Turki untuk banyak belajar dari Eropa. mendengarkan siara radio Eropa dan lain sebagainya. Yang ketiga bersembunyi di belakang kekecewaan dan kengerian Barat. Kedua. yang didorong oleh 2 faktor yaitu pemurnian ajaran Islam dari unsur-unsur asing yang dipandang sebagai penyebab kemunduran Islam dan menimba gagasangagasan pembaharuan dan ilmu pengetahuan dari Barat. PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan . Namun mereka lebih banyak menyerap segi material daripada segi moralnya. Yang pertama merasakan hal itu diantaranya Turki Usmani. sedangkan yang kedua. Penjajahan Barat juga memicu gerakan pembaharuan dalam Islam. terutama pada intelegensia orang yang memperoleh pendidikan Barat. yang dijumpai pada tiap negeri Timur. Dalam reaksinya terhadap pengaruh Barat mereka mempunyai pandangan yang berbeda-beda. karena kerajaan ini yang pertama dan utama menghadapi kekuatan Eropa.blogspot. karena itu orang-orang Qibth di Mesir lebih mudah meniru dan menyerapnya. Karena itu mereka berusaha bangkit dengan mencontoh Barat dalam masalah-masalah politik dan peradaban untuk menciptakan balance of power. Pengaruh Barat terutama terlihat pada lapisan atas dan menengah. persentuhan dengan Barat menyadarkan tokoh-tokoh Islam akan ketinggalan mereka. Pandangan pertama berpegang pada sendi-sendi filsafat hidup nenek moyangnya.http://freekuliah. menerjunkan dirinya dalam pembaratan. tercermin dari pengiriman para pelajar muslim oleh penguasa Turki Usmani dan Mesir ke negara-negara Eropa untuk menimba ilmu pengetahuan dan dilanjutkan dengan gerakan penerjemahan karya-karya Barat ke dalam bahasa Islam. menggunakan sajadah buatan Eropa. berusaha melakukan asimilasi dengan ide-ide Barat dan memikirkan sintesa yang lebih tinggi dari semangat Barat. memutuskan hubungan dengan warisan lama. sehingga setiap rumah dari keluarga kaum muslimin telah menggunakan penerangan listrik.

Tanpa peradaban Barat dunia Islam tentu masih seperti keadaan semula. PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan .com/ -9- Memang benar bahwa peradaban Barat memainkan peranan besar dalam memajukan dunia Islam.http://freekuliah. Kerajaan Tukri Ustmani mulai mengalami kekalahan dari kerajaan-kerajaan Eropa. Dalam proses kebangkitan Islam pasca persentuhan dengan barat di Mesir.blogspot. yaitu penjajahan secara fisik (penjajahan militer) dan penjajahan nonfisik (penjajahan ideologi). Pembebasan Dari Penjajahan Fisik Kebangkian Islam yang lahir pada akhir abad ke-19 merupakan jawaban terhadap pengaruh dunia barat yang yang gencar menyerang kaum muslimin. karena kekuasaan Kerajaan Turki Ustmani hingga abad ke-17 Masehi telah mencapai Eropa Timur yang meluas sampai ke gerbang kota Wina. Orang-orang Turki Utsmaniyah sejak awal telah mempunyai kontak langsung dengan Eropa. 1. Akhirnya peradaban Islam bukan lagi suatu produk dari kaum muslimin mandiri sebagaimana peradaban Barat adalah produk dari orang-orang Barat sendiri. Pembebasan Dunia Islam atas Penjajahan Barat Pembebasan dunia Islam atas penjajahan barat diklasfikasi menjadi dua bagian. tetapi itu tidak berarti bahwa peradaban Barat tidak mengandung cacat dan kekurangan. Peradaban Barat telah menjauhkan dunia Islam dari peradaban Islam yang lama. Kekalahan oleh Eropa –yang pada abad-abad sebelumnya masih dalam keadaan mundur– inilah yang menjadi pemicu adanya pembaharuan di Kerajaan Turki. Menurut Harun Nasution reaksi pembebasan terhadap pengaruh Eropa timbul pertama kali di Kerajaan Turki Utsmani dan Mesir. Sementara kebangkitan Islam di Mesir terjadi sejak terjadinya kontak dengan Eropa yang dimulai dari datangnya ekspedisi Napoleon Bonaparte yang mendarat di Aleksandria pada tahun 1798 M. Tetapi sejak abad ke-18. D. di kenal beberapa orang tokoh yaitu Rifa’i al-Thahthawi (1803-1873 M).

selain merebut wilayah Turki di Eropa dan kepulauan Nusantara. Kebencian terhadap barat tumbuh hebat dan PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan . Ia juga menolong menimbulkan pemberontakan Arabi di Mesir dan Revolusi di Persia. Yang meneriakkan seruan itu ialah juru islah yang termashur. akan jatuh dibawah dominasi Barat. Ia menggerakkan umat Islam untuk memperbaiki jiwa danmembangkitkan kemegahan dan kebesaran yang dahulu. usaha pembebasan dunia Islam atas penjajahan barat secara fisik pertama kali dilakukan di Mesir oleh Muhammad Abdul Wahhab pada awal abad XIX. kebangkitan umat Islam yang dibawa oleh Muhammad Abdul Wahab di Mesir bukanlah karena takut atau dendam kepada barat.blogspot. Diterangkannya pula bahwa pada mulanya.http://freekuliah. karena pada saat itu Eropa belum menyerang Islam dengan sungguh-sungguh. Hal ini sebagaimana yang dikemukakan oleh L. bahwa Islam benar-benar dalam bahaya. Stoddard. Keadaan berubah secara radikal pada pertengahan abad XIX dengan adanya ditaklukannya Aljazair oleh Perancis. Sementara menurut L.10 - Jamaluddin al-Afghani (1839-1877 M). Kebangkitan umat Islam yang perkasa mulailah.com/ . Dia membawa konsep persatuan umat Islam dengan nama Pan-Islamisme. tiba-tiba bergemalah seruan dari padang pasir yang luas itu –tempat lahir Islam– memanggil mereka kembali kepada jalan yang benar. Gerakan-gerakan perlawanan terhadap serangan barat pada mulanya timbul disetiap negeri dan tidak dikoordinasi. Muhammad Abduh (1849-1905 M) dan Rasyid Ridha (1864-1935 M). Pada waktu itulah Pan-Islamisme tampil dengan watak anti-barat. Dari itu bahaya dari Barat belumlah dirasakan. Ia menyalakan api yang membakar sampai ke pelosok-pelosok dunia Islam. Stoddardsebagai berikut: Ketika dunia Islam diliputi kegelapan. Perlawanan seperti Abdul Katsir di Aljazair dan Syamil di kaukasus. Penaklukan Barat itu meyakinkan orang Islam yang berpikir di manapun. Konsep pan-Islamisme ini pada periode selanjutnya dikembangkan kembali oleh Jamaluddin al-Afghani (1839-1897) dalam rangka mengobarkan semangat perasaan Islam di dunia timur Islam. penguasaan Transkaukasia oleh Rusia dan penaklukan seluruh India oleh Inggris. Muhammad bin Abdul Wahhab.

11 - cepat. Maka. mereka meminjamkan uang dalam jumlah besar. Dan yang paling gawat adalah memunculkan ketergantungan ekonomi. Dengan dalih membantu negara-negara berkembang. maka jangan berharap mereka akan membiarkan kita. Belakangan terbukti hutang tersebut bukan mengentaskan kemiskinan. Sedangkan di Afrika Utara bangunlah wali-wali dan menggerakkan jihad. Penjajahan ekonomi juga dilakukan dengan berbagai aturan yang mereka paksakan. Semua. Keduanya memberikan banyak kesusahan bagi Inggris. Hal demikian juga terjadi di Afganistan dan India. Terlihat bahwa usaha pembebasan dari penjajahan secara fisik pun ternyata masih membuka kesempatan untuk penjajahan secara non-fisik. 2. penjajahan dilakukan melalui ketergantungan terhadap hutang luar negeri. menetapkan pemberlakuan hukum syariat Islam seperti yang sekarang sedang diusulkan oleh FPPP di sidang MPR. Ia melemahkan sendi-sendi kekuatan Inggris. World Bank dan sebagainya. misalnya. baik secara langsung maupun tidak. Dengan ketergantungan ekonomi yang demikian besar. Di bidang ekonomi. harus dimintakan persetujuannya melalui apa yang disebut letter of inten (L0I). Pembebasan Dari Penjajahan Non-Fisik Usaha dalam usaha pembebasan dari penjajahan yang dilakukan barat secara non-fisik atas dunia Islam terlihat rancu dan tidak ter-manage dan tidak sistematis. Kini kita tidak lagi bisa secara leluasa mengatur negeri kita sendiri. seperti ide pasar bebas dengan WTO-nya atau isue PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan . Negera-negara Barat tetap berusaha menjajah dengan dengan cara yang baru. sampai Kitchener merebut kartum menjelang akhir abad XIX. termasuk Indonesia. Indonesia mengalami itu. negara Barat lewat berbagai institusi-institusi yang dibentuknya seperti IMF. Untuk hal seperti itu saja harus meminta persetujuan mereka. Di Aljazair pecah pemberontakan “Al-Kabil” tahun 1871.http://freekuliah. negerinegeri itu menjadi tidak merdeka secara politik.com/ . Yang terbesar di antara semuanya adalah pemberontakan “Al-Mahdi di Sudan Bagian Mesir. melainkan malah menambah miskin. bahkan termasuk penyusunan kabinet dan program-progam pemulihan ekonomi.blogspot. dapat memaksakan kemauan politiknya atas suatu negara.

benturan-benturan antara Islam dan kekuatan Eropa telah menyadarkan umat Islam bahwa. Kita bangga terbebas dari penjajahan Barat. Maka. sekalipun secara fisik merdeka. pemihakan. perilaku dan cara berfikir Barat. Kesadaran itu memaksa penguasa dan pejuangpejuang Turki untuk banya belajar dari Eropa. karena kerajaan inilah yang pertama dan utama dalam usaha menghadapi kekuatan Eropa. Satu sisi menguntungkan karena dengan demikian peristiwa-peristiwa dari berbagai belahan dunia dengan cepat dapat kita ketahui. tapi mengapa tidak merasa risih menggunakan undang-undang bikinan Belanda? Itu berarti. mereka memang jauh tertinggal dari Eropa. tak terhitung jumlahnya hukum dan perundangundangan negeri muslim. Apa yang dari Barat dinilai baik dan modern. secara tidak langsung kita menyelesaikan berbagai masalah di negeri yang mayoritas muslim ini dengan cara penjajah. Di bidang hukum. privartisasi dsb.http://freekuliah. Munculnya TV swasta di negeri ini mempercepat berkembangnya budaya Barat.blogspot. Inilah penjajahan di bidang budaya. termasuk Indonesia. Itu semua sedikit banyak berpengaruh kepada cara berfikir. keprihatinan dan perilaku kaum muslimin.com/ . globalisasi informasi yang ditimbulkan oleh kemajuan luar biasa di bidang teknologi informasi bak pisau bermata dua. TV telah menjadi agen pembaratan yang tangguh.12 - globalisasi. Saban hari keluarga-keluarga muslim dicekoki dengan gaya hidup. PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan . tapi mereka masih bercokol dalam wajah yang berbeda. Di bidang kebudayaan. secara politik dan ekonomi terjajah. E. tapi di sisi lain terjadi pula gelombang arus budaya Barat (westernisasi) ke negeri-negeri Islam. Penjajah telah lama pergi. yang masih bersumber dari Barat. Hal ini dirasakan dan disadari pertama kali oleh Turki. serta apa yang dilakukan juga mesti benar. Maka. sadar atau tidak mereka telah terbaratkan dan kehilangan identitas kepribadian Islamnya. Tak heran bila kemudian anak-anak muslim lebih mengenal tokoh-tokoh rekaan di TV ketimbang tokoh-tokoh Islam. Bangkitnya Nasionalisme Islam Sebagaimana telah disebutkan di atas.

com/ . Al-Afghani-lah orang pertama yang menyadari sepenuhnya akan dominasi Barat dan bahayanya. untuk mengundang al-Afghani ke Istanbul. dengan segera juga memasuki dunia politik. Gagasan ini dengan cepat mendapat sambutan hangat dari negeri-negeri Islam.blogspot. karena Islam memang tidak bisa dipisahkan dengan politik. Setelah itu. semangat demokrasi alAfghani tersebut menjadi duri bagi kekuasaan sultan. al-Afghani dikenal sebagai Bapak Nasionalisme dalam Islam. Gagasan politik yang pertama kali muncul adalah gagasan Pan-Islamisme (Persatuan umat Islam Sedunia) yang pada awalnya didengungkan oleh gerakan Wahhabiyah dan Sanusiayah. Akan tetapi. sehingga al-Afghani tidak diizinkan berbuat banyak di Istanbul. Gerakan pembaharuan itu. kalah dalam Perang Dunia I dan kekhalifahan dihapuskan oleh PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan . gagasan ini baru disuarakan dengan lantang oleh tokoh pemikir Islam terkenal. yakni pertama: permurnian ajaran Islam dari unsurunsur asing yang dipandang sebagai penyebab kemunduran Islam. menurutnya. Karena itu. Ia juga berusaha membangkitkan semangat lokal dan nasional negeri-negeri Islam. Semangat Pan-Islamisme yang bergelora itu mendorong Sultan Hamid II.13 - Usaha untuk memulihkan kembali kekuatan Islam pada umumnya didorong oleh dua faktor. Syah Waliyullah di India dan gerakan Sanusiyah di Afrika Utara yang dipimpin oleh Said Muhammad Sanusi dari Aljazair. terutama setelah Turki Usmani bersama sekutunya Jerman. Namun. Umat Islam. dia mengabdikan dirinya untuk memperingatkan dunia Islam akan hal tersebut dan melakukan usaha-usaha untuk pertahanan. Kedua: Menimba gagasan-gagasan pembaruan dan ilmu pengetahuan dari Barat. Pelajar-pelajar India juga banyak yang menuntut ilmu ke Inggris. gagasan Pan-Islamisme dengan cepat redup. Jamaludin al-Afghani. harus meninggalkan perselisihan-perselisihan dan berjuang di bawah panji bersama. Oleh karena itu. Hal ini tercermin dalam pengiriman para pelajar muslim oleh penguasa Turki dan Mesir ke negara-negara Eropa untuk menimba ilmu pengetahuan dan dilanjutkan dengan gerakan penerjemahan karya-karya Barat ke dalam bahasa mereka.http://freekuliah. seperti gerakan Wahhabiyah yang dipelopori oleh Muhammad bin Abd al-Wahhab di Saudi Arabia.

yaitu tanggal 17 Agustus 1945. Semuanya membebaskan diri dari Prancis. partai-partai itulah yang berjuang melepaskan diri dari kekuasaan penjajah. Mesir menganggap dirinya benar-benar merdeka. karena dipandang tidak sejalan dengan semangat uóuwaú al-Islamiyaú. Kemerdekaan Negara-negara Munculnya gagasan nasionalisme yang diikuti dengan berdirinya partaipartai politik merupakan modal utama umat Islam dalam perjuangannya untuk mewujudkan negara merdeka. Akan tetapi. Aljazair tahun 1962. Dalam waktu yang hampir bersamaan. Yaman Utara. baik dalam bentuk diplomasi maupun perjuangan bersenjata. Indonesia merdeka dari pendudukan Jepang setelah Jepang dikalahkan oleh Sekutu. Yaman selatan PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan . Gerakan politik. Pada tahun 1951 di Afrika.blogspot. Disusul oleh Pakistan tanggal 15 Agustus 1947. satu untuk India dan satunya untuk Pakistan. Perjuangan tersebut terwujud dalam beberapa bentuk kegiatan antara lain: 1. Tahun 1922. Pendidikan dan propaganda dalam rangka mempersiapkan masyarakat menyambut dan mengisi kemerdekaan. Timur Tengah (Mesir) memperoleh kemerdekaan dari Inggris. Dalam kenyataannya. Gagasan kebangsaan ini pada mulanya banyak mendapat tantangan dari pemuka-pemuka Islam. rasa kesetiaan kepada negara kebangsaan. namun pada tanggal 23 Juli 1952. tepatnya Lybia merdeka.14 - Mustafa Kemal. Negara berpenduduk mayoritas Muslim yang pertama kali memproklamasikan kemerdekaannya adalah Indonesia.http://freekuliah. 2. Gagasan nasionalisme yang berasal dari Barat tersebut masuk ke negerinegeri Islam melalui persentuhan umat Islam dengan Barat yang menjajah mereka dan dipercepat oleh banyaknya pelajar Islam yang menuntut ilmu ke Eropa atau lembaga-lembaga pendidikan barat yang didirikan di negeri mereka. ketika Inggris menyerahkan kedaulatannya di India kepada dua Dewan Konstitusi. tokoh yang justru mendukung nasionalisme. F.com/ . Sudan dan Maroko tahun 1956. gagasan ini berkembang dengan cepat setalah gagasan Pan-Islamisme redup.

15 - dan Emirat Arab memperoleh kemerdekaannya pula. Gagasan Komunalisme Islam disuarakan oleh Liga Muslimin yang merupakan saingan bagi Partai Kongres Nasional. Persatuan antar kedua komunitas besar Hindu dan Islam sulit diwujudkan. beberapa diantaranya baru mendapat kemerdekaan pada tahun-tahun terakhir. Akan tetapi. Oleh karena itu. PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan . Di India. gagasan nasionalisme itu segera pula ditinggalkan sebagian besar tokoh-tokoh Islam.http://freekuliah. Kirghistan. benih-benih nasionalisme tumbuh sejak masa al-Tahtawi dan Jamludin al-Afghani. yang saat itu termasuk Singapura mendapat kemerdekaan dari Inggris tahun 1957. Kazakhtan. Semangat persatuan Arab tersebut diperkuat pula oleh usaha barat untuk mendirikan negara Yahudi di tengah-tengah bangsa Arab. tetapi Islamisme. Gagasan tersebut menyebar dan mendapat sambutan hangat. dan Brunai Darussalam tahun 1984 M. Tokoh pergerakan terkenal yang memperjuangkan gagasan ini adalah Ahmad Urabi Pasha. Irak.com/ . sehingga nasionalisme tersebut terbentuk atas dasar kesamaan bahasa. Syed Amir Ali adalah salah seorang pelopornya. Palestina. Benih-benih gagasan Islamisme tersebut sebenarnya sudah ada sebelum Liga Muslimin berdiri. umat Islam di anak benua India tidak lagi semangat menganut nasionalisme. karena kaum muslim yang minoritas tertekan oleh kelompok Hindu yang mayoritas. Turkmenia. yang disuarakan oleh Sayyid Ahmad Khan. kemudian mengkristal pada masa Iqbal dan Muhammad Ali Jinnah. gerakan ini pudar setelah usaha menghidupkan kembali khilafah yang dihapuskan Mustafa Kemal tidak memungkinkan lagi. yaitu Uzbekistan. Syiria. yang dalam masyarakat India dikenal dengan nama komunalisme. Namun. yang diwakili oleh Partai Kongres Nasional India. Demikianlah. Tasjikistan dan Azerbaijan pada tahun 1992 dan Bosnia memerdekakan diri dari Yugoslavia pada tahun 1992 Di Mesir. satu persatu negeri-negeri Islam memerdekakan diri dari penjajahan. Bahrain. gagasan Pan-Islamisme yang dikenal dengan gerakan óilafaú juga mendapat pengikut. Bahkan. Hal itu terjadi di Mesir. Di Asia tenggara. sebagaimana di Turki dan Mesir.blogspot. dan Kuwait. Malaysia. seperti negera Islam yang dulunya bersatu dalam Uni Soviet. Yang populer adalah gerakan nasionalisme. libanon.

16 - Profil Penulis Arif Stiawan. Program Study PAI.com/ . Saat ini Arif Stiawan adalah seorang Mahasiswa semester di sebuah Sekolah Tinggi Islam yang terletak di Kota Pekalongan. Tidak ada prestasi yang menonjol disaat bersekolah. Dan Arif Stiawan juga seorang tidak pernah menikmati indahnya pendidikan di taman kanak-kanak. PENJAJAHAN BANGSA BARAT DAN KEBANGKITAN ISLAM Penulis: Arif Stiawan . yaitu SD Wonotunggal 01 – Batang. Ahmad Yani Wonotunggal – Batang. melainkan olah raga adalah kebutuhan yang harus dipenuhi demi kesehatan badan. yaitu MTs. lahir di Batang pada tanggal 22 Juli 1991.blogspot. Biarlah ALLAH yang menentukan. Cita-cita yang sebenarnya adalah ingin menjadi seorang usahawan yang sukses dunia dan akhirat. walaupun pada dasarnya tidak ada cita-cita sebagai seorang guru. Jurusan yang diambil adalah Jurusan Tarbiyah. selain menjadi ketua Osis saat duduk di bangku Madrasah. Olah raga bukanlah hobi ataupun kegemaran baginya. atau bertepatan dengan tanggal 10 Muharram 1412 H. karena langsung masuk SD. Wassalam.http://freekuliah. Dan kemudian melanjutkan ke Madrasah. yaitu tidak lain adalah STAIN Pekalongan. Adalah Arif Stiawan seorang yang tidak memiliki hobi kecuali membaca dan menulis serta design grafis. Setelah itu masuk SMAN 1 Bandar – Batang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful