PENGERTIAN MANAJER Secara umum manajer berarti setiap orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan

sumber daya-sumber daya organisasi lainnya. Seperi halnya manajemen dapat diketemukan disemua organisasi, manajer juga ada disetiap organisasi. Seperti yang telah dibahas pada fungsi manajemen dipoint atas, menurut T. Hani Handoko (1997:17), manajer memiliki level atau tingkatan dalam sebuah organisasi, yaitu Top Management (manajer puncak) Middle Management (manajer menengah) dan Lower Management (manajer lini). 1. Manajer lini (lower management) Tingkatan paling rendah dalam suatu organisasi yang memimpin dan mengawasi tenaga tenaga operasional. Dalam perusahaan manajer ini biasa disebut : Kepala atau Pimpinan (leader), mandor (foreman), dan penyelia (supervisors). 2. Manajer menengah (middle management) Manajer menengah ini membawahi dan mengarahkan kegiatan-kegiatan para manajer lini lainnya dan kadang-kadang juga membawahi karyawan operasional. Dalam perusahaan manajer ini biasa disebut : Manajer Departemen atau Kepala Pengawas (Superintendent). 3. Manajer puncak (top management) Manajer puncak bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen organisasi. Dalam perusahaan manajer ini biasa disebut : Direktur, Presiden, Kepala Divisi, dan lain sebagainya.

Jika kita bedakan kembali manajer menurut untuk mana mereka bertanggung jawab, menurut T. Hani Handoko (1997:17), yaitu manajer umum dan manajer fungsional.

keuangan. Hani Handoko (1997:20)). pemasaran. Penyusunan Personalia.Manajer umum mempunyai tugas mengatur. mengawasi dan bertanggung jawab atas satuan kerja keseluruhan atau divisi operasi yang mencakup semua atau beberapa kegiatankegiatan fungsional satuan kerja (T. Sedangkan manajer fungsional mempunyai tanggungjawab hanya atas satu kegiatan organisasi. Hani Handoko (1997:29)). Pengarahan dan Pengawasan dalam pelaksanaan manajemen. seperti produksi. Serta bertugas Perencanaan. kepegawaian (personalia) atau akuntansi. (T. . Pengorganisasian. KESIMPULAN Pengertian manajer adalah setiap orang yang mempunyai tanggung jawab atas bawahan dan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful