INDUK ISTIGHFAR

alif_lam_mim_1711@yahoo.co.uk

[4. An Nisaa‘: 106] dan mohonlah ampun kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

[40. Al Mu'min: 55] Maka bersabarlah kamu, karena sesungguhnya janji Allah itu benar, dan mohonlah ampunan untuk dosamu dan bertasbihlah seraya memuji Tuhanmu pada waktu petang dan pagi.

Segala puja dan puji hanyalah bagi ALLAH. kita bukanlah Nabi. Antara lain kita menyebutnya Kitab Kuning. Kemudian kitab-kitab mereka itu beredar luas di penjuru Nusantara. Namun ALLAH adalah Tuhan Yang Maha Pengampun. dan banyak pula doa yang dibuat oleh mereka sendiri. kita menyampaikan beberapa kalimat yang diajarkan . bukan pula Rasul. DIA akan senantiasa memberikan ampunan kepada kita. Adapun para ulama kita di Nusantara dahulu kala mereka banyak menerangkan beberapa zikir/doa ucapan istighfar itu. aku. Namun amalan yang diajarkan oleh Kyai dan Ulama kita itu mungkin saja nilai pahalanya kecil atau justeru tidak ada fadhilahnya. Rabb semesta alam yang Maha Pengampun lagi Maha Penerima Tobat. melainkan hanyalah manusia biasa yang senantiasa berada dalam kekhilafan kepada ALLAH subhanahu wa ta’ala. maka sebaiknya kita hanya mengikuti kalimat istighfar yang diajarkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Permohonan ampun kepada ALLAH kemudian kita kenal dengan nama “ISTIGHFAR”. Kita. kamu dan dia hanyalah manusia biasa. Kitab Senjata Mukmin dan lain sebagainya. Salawat dan salam senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam beserta isteri dan keluarga beliau. Ada yang benar-benar berasal dari hadis. kita bukanlah Malaikat. karena pasti quality kalimat istighfar itu sangat bagus. Pada artikel singkat ini.

HADIS TENTANG ISTIGHFAR .

Rasulullah memohon ampun setiap hari Dari Al-Aghar Al-Muzani. Sedangkan waktuwaktu selain itu. Seandainya kita sanggup dan ingin lebih banyak daripada 70 atau 100 itu. Dan waktu yang tepat untuk membaca zikir istighfar menurut kebanyakan ulama adalah pada setiap selesai shalat. niscaya itu lebih baik. [Bukhari] ------Itulah hadis yang mengajarkan agar kita senantiasa ber-istighfar kepada ALLAH. baik fardhu maupun sunat. bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya aku meminta ampun kepada ALLAH setiap hari sebanyak 100 (seratus) kali”. . sesungguhnya aku meminta ampun kepada ALLAH dan bertobat kepada-NYA setiap hari lebih dari 70 (tujuh puluh) kali”. ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Demi ALLAH. Adapun jumlah yang disebut diatas menurut para ulama hanyalah karena Rasulullah tidak ingin memberatkan umatnya. [Muslim] Dari Abu Hurairah. kita dianjurkan untuk membaca zikir pujian (tasbih).

KEUTAMAAN ISTIGHFAR  Dari Ibnu Abbas. isnad hasan] . ALLAH menjadikan baginya jalan keluar dari setiap kesulitan dan kebebasan dari setiap kesusahan. bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa senantiasa mengucapkan istighfar. ALLAH pun juga memberikan kepadanya rezeki dari jalan yang tidak diduganya”. [Abu Dawud dan Ibnu Majah.

BEBERAPA KALIMAT ISTIGHFAR .

1 Dari Tsauban berkata: Jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai shalat. [Muslim] . dan dari ENGKAU-lah segala kesejahteraan. ENGKAU-lah yang senantiasa memberi berkah. beliau membaca istighfar 3 (tiga) kali dan membaca: “Wahai ALLAH.” Ditanyakan kepada Auza’iy dimana dia adalah salah seorang perawi hadis: Bagaimana istighfar itu? Dia (Tsauban) menjawab: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca: “Astaghfirullah. wahai Dzat Yang Maha Agung dan Maha Mulia. astaghfirullah (saya mohon ampun kepada ALLAH. 2 kali)”. ENGKAU adalah Dzat Yang Maha Sejahtera.

2 Dari Ibnu Umar.” [Abu Dawud. ia pernah menghitung dalam suatu majelis di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan sebanyak 100 (seratus) kali. dengan isnad hasan shahih] . yaitu: “Wahai Tuhanku. sesungguhnya ENGKAU Maha Penerima Tobat dan Maha Penyayang. ampunilah aku dan berikanlah tobat kepadaku. Tirmizi dan Ibnu Majah.

yang hidup dan berdiri sendiri dan aku bertobat kepada-NYA. bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa mengucapkan: “Aku memohon ampun kepada ALLAH yang tidak ada Tuhan selain DIA. walaupun ia telah lari dari peperangan”.” Niscaya akan diampuni dosa-dosanya. hadis dengan isnad shahih sebagaimana syarat perawi Bukhari dan Muslim] .3 Dari Ibnu Mas’ud. [Al-Hakim.

INDUK ISTIGHFAR .

Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa selain ENGKAU. tidak ada Tuhan selain ENGKAU.HADIS TENTANG SAYYIDUL ISTIGHFAR Dari Syaddad bin Aus. Aku berlindung kepada-MU dari kejahatan perbuatanku. maka ampunilah aku. [Bukhari] .” Barangsiapa mengucapkannya pada siang hari sedang ia yakin dengannya. niscaya ia masuk syurga. kemudian ia mati pada hari itu sebelum masuk waktu sore. sedang ia yakin dengannya. dan aku dalam ikatan perjanjian dengan-MU menurut kemampuanku. niscaya ia masuk syurga. bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Induk (sayyidul) istighfar adalah ucapan seseorang: “Ya ALLAH. kemudian ia mati sebelum tiba waktu pagi. ENGKAU adalah Tuhanku. Aku mengakui kenikmatan-MU atas diriku dan aku mengakui dosaku. ENGKAU telah menjadikan aku sebagai hamba-MU. Dan barangsiapa mengucapkannya pada waktu malam.

ENGKAU telah menjadikan aku sebagai hamba-MU. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa selain ENGKAU. ENGKAU adalah Tuhanku. . tidak ada Tuhan selain ENGKAU.SAYYIDUL ISTIGHFAR Artinya: Ya ALLAH. dan aku dalam ikatan perjanjian dengan-MU menurut kemampuanku. Aku berlindung kepada-MU dari kejahatan perbuatanku. maka ampunilah aku. Aku mengakui kenikmatan-MU atas diriku dan aku mengakui dosaku.

karena ada waktu Tahajjud. Dimana doa yang dibaca setelah selesai shalat sunat Taubat adalah sayyidul istighfar. kita dianjurkan mengerjakan shalat sunat Taubat. Karena pahala sunat yang terbanyak adalah pahala shalat sunat yang dikerjakan di rumah. Tidak dianjurkan shalat sunat Taubat pada tengah malam. karena ada waktu Dhuha. .Dari sinilah kemudian para ulama Nusantara berpendapat bahwa kalimat tadi adalah ibu (induk) dari seluruh istighfar karena keutamaan atau fadhilahnya yang besar. Kemudian demi kesempurnaan zikir istighfar itu. Sebagian Kyai/Ulama berpendapat bahwa sunat Taubat ini sebaiknya dilakukan di antara waktu Maghrib dan Isya. atau sesudah Isya. Shalat sunat ini hanyalah shalat sunat biasa seperti halnya shalatshalat sunat lainnya. Dan tidak pula dianjurkan pada pagi hari. hanya saja ia diniatkan untuk meminta ampunan kepada ALLAH. Sunat Taubat ini sebaiknya dikerjakan di rumah. Sedangkan Tahajjud dan Dhuha mempunyai keutamaan yang lebih besar.

KABAR GEMBIRA DARI ALLAH YANG MAHA PENGAMPUN .

niscaya ALLAH akan melenyapkan kamu dan mendatangkan suatu kaum yg berbuat dosa. [Muslim]  ------ Inilah salah satu hadis yang menerangkan bahwa ALLAH sangat menyukai orang-orang yang senantiasa memohon ampunan. . Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersumpah dengan nama ALLAH pada saat menyampaikan kabar gembira itu. sehingga mereka meminta ampun kepada ALLAH ta’ala. bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Demi Tuhan yang nyawaku berada di tangan-NYA. ALLAH pun mengampuni dosa mereka”. seandainya kamu semua tidak berdosa.KABAR GEMBIRA  Dari Abu Hurairah.

sesungguhnya selama engkau memanggil AKU dan mengharapkan AKU.KABAR GEMBIRA Dari Anas. andaikata dosa-dosamu mencapai awan. kemudian engkau meminta ampunan kepada-KU. andaikata engkau membawa kepada-KU dosa sepenuh bumi. Hai anak Adam. [Hadis Qudsy riwayat Tirmizi. niscaya AKU ampuni dosamu yang telah lampau dan AKU tidak peduli (dengan dosa itu). kemudian engkau datang kepada-KU dengan tidak mempersekutukan AKU dengan sesuatu apa pun. niscaya AKU ampuni dosamu. Hai anak Adam. niscaya AKU berikan ampunan kepadamu sepenuh bumi”. dengan isnad hasan] . ia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “ALLAH subhanahu wa ta’ala berfirman: Hai anak Adam.

masing-masing dari kamu telanjang. niscaya AKU mengampuni kamu. niscaya kamu AKU beri makan. dan manusia serta jin semuanya mempunyai sifat terjahat yang kamu miliki. Hai hamba-hamba-KU. dan AKU lah yang mengampuni segala dosa-dosa. masing-masing dari kamu lapar. Hai hamba-hamba-KU. dari ALLAH yang Maha Suci lagi Maha Tinggi. maka saling menganiaya. maka mintalah ampun kepada-KU. kecuali siapa yang AKU berikan makanan. maka mintalah pakaian kepada-KU. meskipun yang pertama dan yang terakhir dari kamu. sesungguhnya kamulah yang berbuat kesalahan pada waktu siang dan malam. niscaya kamu AKU beri pakaian. . maka mintalah makan kepada-KU. AKU pun tidak peduli (akan dosamu). tidaklah hal itu mengurangi kekuasaan-KU sedikit pun. sesungguhnya AKU telah kezaliman atas diri-KU dan AKU jadikan kekejaman kamu sebagai perbuatan yang diharamkan. mengharamkan (zalim) diantara janganlah kamu Hai hamba-hamba-KU. DIA berfirman: “Hai hamba-hamba-KU. Hai hamba-hamba-KU.Dari Abu Dzar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam dari Jibril alaihis salam. kecuali siapa yang AKU berikan pakaian.

dan manusia serta jin semuanya memiliki hati dari orang yang paling bertaqwa diantara kamu. Hai hamba-hamba-KU. tidaklah hal itu mengurangi kekuasaan-KU sedikit pun. hendaknya ia memuji ALLAH Azza wa Jalla.” [Hadis Qudsy riwayat Muslim dan An-Nawawi] . maka janganlah ia menyalahkan kecuali dirinya. tidaklah hal itu menambah kekuasaan-KU sedikit pun. dan manusia serta jin semuanya berkumpul menjadi satu dan meminta kepada-KU. meskipun yang pertama dan yang terakhir dari kamu. Hai hamba-hamba-KU. meskipun yang pertama dan yang terakhir dari kamu. SAMBUNGAN…… Hai hamba-hamba-KU. sesungguhnya ia adalah amal-amalmu yang AKU jaga atas dirimu. Maka barangsiapa mendapati kebaikan. kecuali seperti berkurangnya air laut apabila dicelupkan jarum di dalamnya dengan sekali celup. lalu AKU beri masing-masing dari mereka apa yang dimintanya semua. Dan barangsiapa mendapati selain itu (keburukan).

baik itu dosa dari mata. Tidak ada Tuhan selain ALLAH. otak. tangan dan kaki kita. hidung. Itulah beberapa kabar gembira kepada kita bahwa kita senantiasa akan mendapatkan ampunan dari ALLAH ta’ala meskipun kita mengulang-ulang dosa setiap saat.Demikianlah ALLAH yang Maha Pengampun yang senantiasa menerima istighfar hamba-NYA. karena ALLAH Maha Pengampun yang lebih mengerti tentang diri kita daripada kita sendiri. Ada kalanya karena kebodohan kita yang belum tahu hukum syariat kemudian kita tidak sengaja membuat perkara bid’ah atau dosa-dosa kecil lainnya. karena kita tidak pernah tahu darimana saja dosa-dosa yang kita perbuat. Maka marilah kita senantiasa mengucapkan istighfar dimanapun dan kapanpun kita berada. Dan tiada Tuhan selain ALLAH yang Maha Melihat lagi Maha Mengetahui segala kekurangan setiap hamba-NYA. . mulut. telinga.

dan aku bertobat kepada-NYA. .Aku memohon ampunan kepada ALLAH.