LINGKUNGAN HIDUP EKOLOGI & EKOSISTEM

Materi Kuliah Ilmu Alamiah Dasar ± Ilmu Lingkungan Hidup

Warto, S. Kom.

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Purwokerto 2006

ILMU LINGKUNGAN Menjadi asas dalam pola pengembangan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan alam HIDROLOGI METEOROLOGI SOSIOLOGI PERIKANAN KEHUTANAN EKONOMI ILMU LINGKUNGAN GEOGRAFI EPIDEMIOLOGI PETERNAKAN PLANOLOGI KELAUTAN KESEHATAN MASYARAKAT DLL .

. hewan.KETERGANTUNGAN MANUSIA TERHADAP LINGKUNGAN Tumbuhan. Tapi manusia tidak dapat hidup tanpa tumbuhan. hewan dapat hidup tanpa manusia.

Lingkungan tempat kerja. lingkungan sekolah .RUANG LINGKUP LINGKUNGAN HIDUP  Lingkungan hidup dalam ruang lingkup sempit yaitu misalnya lingkungan rumah tinggal.

struktur lapisan bumi. lingkungan wilayah pulau Jawa. lingkungan geografi negara.RUANG LINGKUP LINGKUNGAN HIDUP  Lingkungan hidup dalam ruang lingkup yang luas yaitu misalnya lingkungan hidup kawasan industri. .

orang yang menghuni. dll.Unsur-unsur lingkungna hidup          Adalah komponen-komponen yang membentuk suatu lingkungan hidup Misalnya lingkungan rumah tangga terdiri dari rumah. barang perabot. . pekarangan. tumbuhan.

cahaya)  .Sifat lingkungan hidup ditentukan oleh beberapa faktor Jenis dan jumlah dari unsur lingkungan  Interaksi antara unsur dalam lingkungan  Kelakuan dari unsur lingkungan tersebut  Faktor general lingkungan (suhu. suara.

. Buktinya adalah jika tumbuhan tidak bisa membentuk zat hijau daun jika diletakkan di kamar gelap. melainkan penentu reaksi atau tanggapan terhadap lingkungan.Fenotipe VS Genotipe  Fenotipe: perwujudan yang dihasilkan dari interaksi sifat keturunannya dengan faktor lingkungna hidup Genotipe: sifat keturunan yang terkandung di dalam gen yang menentukan potensi perwujudan manusia  Menurut Dobzansky: gen bukan penentu sifat. namun sebaliknya jika dikeluarkan dari kamar gelap maka tumbuhan tersebut akan terlihat hijau dan segar.

Penyuburan tanah. resiko kejang panas. pemandangan yang indah sebagai potensi wisata. Gunung berapi Manfaat Baik untuk pertumbuhan banyak tumbuhan dan hewan sepanjang tahun. penyinaran matahari tinggi. sumber daya energi. banjir lahar . angin lemah. air panas. penyimpanan air Resiko Pertumbuhan hama yang cepat. sungai waduk dan irigasi Letusan yang merusak dan kematian ternak dan manusia.MANFAAT DAN RESIKO LINGKUNGAN Sumber manfaat dan resiko lingkungan Iklim: Suhu dan kelembaan tinggi sepanjang tahun. tidak perlu investasi besar untuk rumah dan pakaian khusus. persediaan air cukup di sebagian tempat. curah hujan tinggi di sebagian besar tempat. pendangkalan danau. banjir dan erosi.

obyek ilmu pengetahuan . pemandangan yang mengasyikkan dan menarik. penyakit. patogen Flora dan fauna Sumber daya hayati dan gen yang kaya.MANFAAT DAN RESIKO LINGKUNGAN Sumber manfaat dan Manfaat resiko lingkungan Gempa bumi Sumber daya energi? Resiko Merusak dan menyebabkan kematian manusia dan hewan Banyak hama.

hidup yang lebih baik Penyusutan sumber daya. pencearan industri pembangunan . berkurangnya penyakit. pencemaran oleh limbah buatan manusia Perbaikan sanitasi.MANFAAT DAN RESIKO LINGKUNGAN Sumber manfaat dan Manfaat resiko lingkungan penduduk Resiko Sumber daya manusia Penyusutan sumber daya.

Gambar-gambar dari internet . air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan digunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat.PERAN PEMERINTAH DALAM PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP   DASAR: UUD 1945 pasal 33 ayat 3. Djambatan 2004 2. lingkungan hidup dan pembangunan´ Jakarta. Otto Soemarwoto ³Ekologi. dimana bumi. Implenetasinya diwujudkan dalam bentuk kementerian lingkungan hidup yang menjadi pengendali semua kekayaan lingkungan agar tetap terjaga dan lestari Sumber: 1. Maskoeri Jasin ³Ilmu Alamiah Dasar´ Jakarta. Rajawali 2002 3.