P. 1
Morfologi Akar ( Radix ) Dan Morfologi Batang ( Caulis )

Morfologi Akar ( Radix ) Dan Morfologi Batang ( Caulis )

|Views: 2,363|Likes:
Published by Chiimute

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Chiimute on May 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/20/2013

pdf

text

original

KELOMPOK 1

Nama : 1. Umiarsih 2. Cahyo Dwi Pradana 3. Slamet Santosa 4. M. Nur Kholis ( 10011001 ) ( 10011002 ) ( 10011014 ) ( 10011034 )

Morfologi Akar ( Radix ) dan Morfologi Batang ( Caulis )

MORFOLOGI
‡ Morfologi tumbuhan adalah ilmu yang mengkaji berbagai organ tumbuhan, baik bagian-bagian, bentuk maupun fungsinya. ‡ Secara klasik, tumbuhan terdiri dari tiga organ dasar: Akar Batang Daun

MORFOLOGI AKAR
Akar ( Radix ) Akar adalah bagian tanaman yang kebanyakan terletak dalam tanah ,yang berbeda dengan batang dan daun yang kebanyakan terletak di atas tanah.

Sifat-sifat akar :
1. Terdapat dalam tanah, tumbuh kepusat bumi (geotrop) atau ke air(hidrotrop), meninggalkan udara atau cahaya. 2. Tidak berbuku, tidak beruas dan tidak mendukung daun²daun atau sisik-sisik maupun bagian lainnya. 3. Warna tidak hijau, biasanya kekuning-kuningan atau keputihputihan 4. Ujung tumbuh terus, bentuk meruncing.

Fungsi akar :
1. Memperkuat berdirinya tumbuhan. 2. Untuk menyerap air dan zat-zat yang terlarut di dalam air tadi dari dalam tanah. 3. Mengangkut air dan zat-zat makanan tadi ke bagian lain dari tumbuhan. 4. Terkadang sebagai tempat penimbunan cadangan makanan.

Bagian akar :
1. Leher akar atau pangkal akar (collum) 2. Ujung akar (apex radicis 3. Batang akar (corpus radicis 4. Cabang-cabang akar (radix lateralis) 5. Serabut akar (fibrilla radicalis) 6. Rambut akar atau bulu akar (pilus radicalis) 7. Tudung akar (calyptra)

Sistem Perakaran:
1. Akar tunggang (radix primaria) 
Berbentuk tombak (fusiformis), Misalnya akar lobak (Raphanus sativus L.), wortel (Daucus carota I.)  Berbentuk gasing (napiformis), Misalnya akar bengkuang (Pachyrrhizus erosus Urb.)  Berbentuk benang (filiformis), Misalnya pada kratok (Phaseolus lunatus L.)

2. akar serabut (radix primaria) 
Akar serabut kecil-kecil berbentuk benang,misalnya : padi (Oryza sativa L. )  Akar serabut keras dan besar seperti tambang, misalnya: kelapa (Cocos nucifera L.)  Akar serabut besar-besar, misal: pandan (Pandanus tectorius Sol.)

a. Akar Tunggang

b. Akar Serabut

a. Akar Tombak

b. Akar Gasing

Akar-akar yang mempunyai sifat dan fungsi khusus, misalnya yaitu :
‡ Akar udara atau akar gantung(radix aereus) misalnya : 
akar anggrek kalajengking (Arahnis flosaeris) pohon beringin (Ficus benjamina L.)

‡ Akar hisap atau akar penggerek (haustorium) 
benalu (Loranthus).

‡ Akar pelekat (radix adligans) 
lada (Piper nigrum L.)  sirih (Piper betle L.)

‡ Akar pelekat (radix adligans) 
lada (Piper nigrum L.)  sirih (Piper betle L.)

‡ Akar pembelit (cirrhus radicalis) 
panili (Vanilla planifolia Andr.)

‡ Akar nafas (pneumatophora) 
kayu api ( Avicennia sp.)

‡ Akar tunjang 
pohon bakau (Rhizophora conjogata L.)  pohon pandan ( Pandanus tectorius Sol.)

‡ Akar lutut 
pohon tanjang (Bruguiera parivolia W. Et A.)

MORFOLOGI BATANG
‡ Batang( Caulis )
Merupakan bagian dari tubuh tanaman yang amat penting . Batang adalah alat pembentuk dan pembawa daun. Batang beruas dan berbuku- buku. Buku adalah daerah tempat duduknya daun, sedangkan ruas adalah daerah dua buku

FUNGSI BATANG
a. Tempat keluarnya cabang, tunas, daun, bunga, dan buah b. Tempat terdapatnya pembuluh-pembuluh pengangkutan zat makanan ke daun dan pengangkut hasil asimilasi dari daun ke seluruh bagian tanaman c. Pada beberapa tanaman batang sebagai tempat penyimpanan makanan d. Pada beberapa tanaman batang dijadikan alat pembiakan secara vegetatif

Berdasarkan ada tidaknya batang, tumbuhan dibedakan menjadi:
1. Tumbuhan yang tidak berbatang (planta acaulis). 2. Tumbuhan tidak mempunyai batang sesungguhnya, karena batang amat pendek, Sawi (Brassica juncea). 3. Tumbuhan Yang Jelas Berbatang dibedakan atas : Batang basah (herbaceus); batang lunak dan berair, misal: Bayam (Amaranthus sp). Batang berkayu (lignosus) yaitu batang keras dan kuat karena terdiri atas kayu, misal: semak (frutices). 

Batang Rumput( calmus) yaitu batang tidak keras, mempunyai ruas- ruas yang nyata dan sering kali berongga. Misal: padi (Oryza sativa).  Batang mendong (calamus) seperti batang rumput tetapi mempunyai ruas- ruas yang lebih panjang ch. tumbuhan sebangsa misal: teki (Cyperaceae)

Penampang Melintang Batang :
‡ Bulat (teres/ cylidricus), yaitu pada petai cina (Leucaena glauca) ‡ Bersegi (triangularis) ‡ Tertekan, yaitu memiliki dua sisi yang tajam ‡ Setengah bundar (semiteres), yaitu satu sisi datar, sisi lainnya setengah bulat

Arah batang di atas tanah :
‡ Tegak (erectus), Misal: Papaya ( Carica papaya ) ‡ Menggantung (dependens/pendulus ), misal: Zebrina pendula. ‡ Berbaring (produmbens, prostatus), misal: Cucumis sativus ‡ Menjalar (repens), misal: ubi jalar (Ipomoea batatas)

‡ Serong keatas atau condong (ascendens), misal: kacang tanah(Arachis hipogea). ‡ Mengangguk (nutans), Misal: Helianthus annus. ‡ Memanjat (scandens ‡ Membelit (volubillis) 
membelit kekiri ,misal: Clitorian ternatea membelit kekanan, misal: Dioscorea hispida Dennst.

a. Cabang pembelit b. Daun pembelit c. Tangkai daun pembelit

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->