P. 1
definisi istilah geometrik

definisi istilah geometrik

|Views: 1,311|Likes:
Published by Novita Santika Dewi

More info:

Published by: Novita Santika Dewi on May 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/26/2013

pdf

text

original

DEFINISI ISTILAH GEOMETRI Sudut siku-siku dan sudut lurus Sudut yang paling sering dibahas dalam

studi geometri adalah sudut yang terdefinisikan. Ini memiliki kepentingan lebih lanjut sejak istilah lainnya yang ditetapkan dalam hal ini sudut. Definisi 7: sudut siku-siku adalah sudut 90 derajat. seperti biasanya, sudut siku-siku disebut sebagai sudut yang berukuran 90 derajat. ini juga, sudah benar, untuk pernyataan bahwa "ukuran sudut adalah 90" setara dengan pernyataan bahwa "A sudut tertentu adalah sudut 90 derajat" untuk mempermudah hal ini, istilah ini akan dijelaskan secara bergantian dalam buku ini. Definisi 8: sudut lurus adalah sudut180 derajat. Bagaimana definisi ini telah worded jika kata "ukuran" muncul dalam definisi tersebut?

Gambar sudut siku-siku

Gambar sudut lurus

Ini sangat penting, berikut dari definisi ini yang tidak boleh diabaikan. Dalam diskusi tentang ukuran sudut pada halaman 28 itu tersirat bahwa sudut yang berukuran 180 akan sedemikian rupa sehingga sisi-sisinya terdiri dari sepasang sinar berlawanan. Menjadi sinar yang berlawanan. Hal ini mungkin untuk mengatakan utamanya sisi seperti jatuh sudut pada baris yang sama. Oleh karena itu, berikut itu.
Ini sisi sudut jatuh pada sebuah garis lurus

Ini, tentu saja, memunculkan penggunaan kata lurus dalam nama sudut lurus.
Sudut lancip dan sudut tumpul

Saat ini kami memiliki nama untuk sudut yang berukuran kurang dari 90 atau 180. Hal ini sangat jelas bahwa tidak mungkin untuk memiliki nama yang berbeda untuk setiap sudut sebagai ada banyak sudut tak terbatas ukuran yang berbeda. Mengapa demikian? Untuk mempermudah proses penamaan, selain sudut kanan atau lurus dikelompokkan sehingga miliki ukuran yang jatuh antara 0 dan 90 atau ke set yang mengukur semua antara 90 dan 180.

Definisi 9: sudut lancip adalah sudut yang memiliki ukuran lebih besar dari 0 dan kurang dari 90.

Gambar sudut pelengkap Gambar sudut pelurus Definisi 11: sudut pelengkap adalah dua sudut bila dijumlahkan berukuran 90. sudut 40 derajat adalah komplemen dari salah satu dari 50 derajat. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa nama tidak diberikan dengan sudut 0 tindakan ini dilakukan dengan sengaja.5? Pasti jelas bahwa jika nama khusus yang diberikan kepada sepasang sudut jumlah yang mengukur adalah 90. Dua sudut tersebut berukuran 63 dan 27. . Apa yang bisa dikatakan mengenai sisi sudut sn dari 0 mengukur? Sudut pelengkap dan sudut pelurus Sepanjang studi matematika kita sering menemukan referensi untuk jumlah yang sedang dirawat di pasang. Ilustrasi pertama dari alam yang terjadi dalam geometri adalah pasangan dari dua sudut bilamana dalam total ukuran mereka adalah 90. Pasangan dari sudut seperti ini disebut sudut melengkapi. bahwa nama khusus juga akan diberikan jika berukuran 180. Dengan demikian. Gambar sudut lancip UKURAN SEBUAH SUDUT Gambar sudut tumpul Dengan dua definisi kami telah menyelesaikan proses penamaan ukuran semua sudut yang lebih besar dari 0 tetapi kurang dari atau sama dengan 180.Definisi 10: tumpul adalah sudut yang memiliki ukuran lebih besar dari 90 dan kurang dari 180. Apa komplemen dari sudut 70? 25? 1? 54? 0. dikatakan komplemen yang lain. Ketika dua sudut saling melengkapi. untuk referensi sudut ini tidak terjadi dalam studi geometri. Definisi 12: sudut pelengkap adalah dua sudut bila dijumlahkan berukuran 180. atau 89 dan 1. Memiliki dua sudut ini disebut sudut ar properti tambahan. atau 15 dan 75. sebuah sudut yang berukuran 10 adalah komplemen dari pada yang berukuran 80.

Pernyataan ini setara dengan 12 definisi. Apakah suplemen dari sudut 25? 40? 2? 179? Karena ukuran sudut lurus juga 180. berapa ukuran yang lain? Masingmasing sudut dikatakan suplemen yang lain. untuk ukuran sudut lurus dan 180 adalah nomor yang sama 180! Demikian pula. Dalam ilustrasi ini sudut yang berukuran 150 adalah suplemen dari sudut yang berukuran 30.Jika salah satu dari dua sudut pelurus memiliki ukuran 150. definisi sudut pelengkap setara dengan pernyataan Definisi 11A: sudut pelengkap adalah dua sudut jumlah yang tindakan adalah ukuran dari sudut kanan. Definisi 12A: sudut pelengkap adalah dua sudut yang dijumlahkan akan menjadi sudut lurus. . definisi sudut tambahan mungkin telah dinyatakan sebagai.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->