SISTEM PENJEDELAAN Secara umum yang disebut dengan jendela (window) adalah bagian dari layar yang digunakan

untuk menampilkan suatu informasi. Informasi disini dapat berupa informasi tekstual maupun grafis. Untuk menunjukkan daerah yang digunakan untuk menampilkan suatu informasi, biasanya daerah yang umumnya berupa persegi panjang dibatasi dengan semacam garis pembatas dengan ketebalan tertentu. Sehingga, sistem penjendelaan adalah sistem antarmuka yang memungkinkan pengguna untuk menampilkan berbagai informasi baik sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama ke dalam bagian-bagian layar yang tidak saling mempengaruhi. Pada sistem jendela yang mampu menampilkan lebih dari sebuah jendela, kita seolaholah sedang bekerja dengan sebuah komputer tetapi mempunyai banyak layar tampilan, sehingga kita dapat melihat sejumlah informasi berbeda secara bersama-sama. Pemakaian jendela sangat tergantung dari pekerjaan yang diselesaikan. Sehingga analisis dan perancangan tampilan pada dialog berbasis jendela harus dilaksanakan denagn penuh pertimbangan. Sedikitnya ada tujuh fungsiyang bisa dimanfaatkan oleh pengguna dengan adanya dialog berbasis jendela ini, yaitu : 1. lebih banyak informasi yang bisa ditampilkan, 2. kemungkinan memasukkan lebih dari sebuah sumber informasi, 3. mengkombinasikan sejumlah sumber informasi yang berbeda, 4. pengendalian secara bebas dari setiap program yang ada, 5. sebagai saran auntuk mengingatkan, 6. bisa digunakan sebagai sarana untuk penyajian berganda,
7. dan sebagai command context/ active form.

Dialog bebasis window dapat dikelompokkan menjadi empat kategori, yang masingmasing mempunyai teknik perancangan yang berbeda, yaitu jendela TTY, time multiplexed windoe, space multiplex window, dan jendela non homogen.

jendela dua dimensi.masing .Space-Multiplexed Windows Dalam space-multiplexed windows. dan jendela dua setengah dimensi. Jendela satu dimensi adalah jenis jendela dimana layar dapat dibagi menjadi beberapa secara vertikal atau horisontal yang masing-masing bagian dapat diubah ukurannya.masing jendela bisa diubah ukurannya. tetapi antara satu jendela denagn jendela yan lain tidak dapat salin tumpangtindih. lebar layar dapar dibagi menjadi beberapa jendela baik pada arah vertikal maupun horisontal. Contohnya addlah pada perngkat lunak yang berama Cedar. maupun pada Lotus 123 versi DOS pula. Jenis jendela ini merupakan jenis jendela yang saaat ini paling banyak dijumpai di pasaran perangkat lunak. lebar layar dibagi-bagi menjadi beberapa jendela dengan ukuran yang bervariasi. dan apakah. Jendelajendela yang termasuk dalam jendela satu dimensi antar asatu jendela dengan jendela lain tidak dapat saling ditumpangtindihkan. Jenis-jenis jendela yang tergolong dalam kelompok ini adalah jendela satu dimensi. . Pada jendela dua dimensi. tetapi mempunyai kelebihan bahwa jendela yang ada bisa bisa saling tumpang tindih dengan tidak mengganggu informasi yang ada pada jendela yang lain. Jendela dua setengah dimensi pada prinsipnya sama dengan jendela dua dimensi. Contoh sistem jendela yang termasuk dalam kategori ini adalah sistem jendela pada perangkat lunak Bravo. dan jenis jendelanya dapat ditentukan berdasar ketergantungan antara satu bisa siletakkan di atas jendela yang lain. Meskipun layar bias dibagi-bagi ke arah vertikal maupun horisontal. karena banyak diterapkan pada berbagai program-program aplikasi.1. sehingga seolah-olah membentuk tabel dari beberapa buah jendela. pada pengolah kata Word Perfect versi DOS misalnya Word Perfect versi 5.0 atau 5.

Pemanfaatan Sistem Penjendelaan Tugas-tugas atau pekerjaan yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan sistem penjendelaan antara lain adalah:  Penampilan lebih banyak informasi  Pengaksesan banyak sumber informasi  Penkombinasian berbagai sumber informasi  Pengontrolan bebas atas sejumlah program  Pengingatan  Command context/active form  Penyajian jamak .