P. 1
Sosiologi Islam

Sosiologi Islam

|Views: 614|Likes:
Published by Heida Erizawa

More info:

Published by: Heida Erizawa on May 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2013

pdf

text

original

Ibnu Kholdun dilahirkan pada abad ke 14, tepatnya pada bulan Ramadhan tahun 732 hijriyah atau yang bertepatan

dengan tahun 1332 masehi di sebuah lorong kota madinah di tunisis. Lorong Tourbet el Bey yang oleh pemerintah Tunisia diabadikan dalam sebuah mata uang. Di lorong tersebut Abdurrohman bin Muhammad bin Kholdun yang terkenal dengan sebutan Ibnu Kholdun menkmati masa kecilnya. Nama Kholdun di ambil dari nama kakenya yang bernama Kholid, namun dalam logat Andalusia disebut sebagai Kholdun, karena mereka menambahkan 'un' pada akhir katanya. Keluarga Ibnu Kholdun berasal dari yaman. Mereka kemudian pindah dari yaman ke Andalusia atau yang disebut sekarang dengan nama panyol. Ketika fase kejayaan Andalusia sedang mengalami keruntuhan, mereka berhijrah ke mbali dari Andalusia ke Tunisia. Ketika itulah Ibnu Kholdun dilahirkan. Keluarga Ibnu khodun berasal dari keluarga bangsawan. Kakek Ibnu khodun memiliki kedudukan di kerajaan, yaitu sebagai pengurus keuangan pemerintahan Al Hafsyi pada waktu itu. Ibnu Kholdun di besarkan dalam keluarga bangsawan, akan tetapi kemewahannya tidak mempengaruhi pembinaan orang tua Ibnu Kholdun terhadapnya. Ayah Ibnu Kholdun tidak bergerak dalam bidang politik, akan tetapi dia lebih mengutamakan dalam bidang pendidikan, ter utama dalam pendidikan agama di masjid Zaitunah yang terlatak di pusat kota madinah berdampingan dengan rumah Ibnu Kholdun. Masjid tersebut merupakan pusat pembinaan masyarakat Tunisia pada waktu itu sebelum berdirinya Universitas Al-Azhar di mesir. Ibnu Kholdun mendapatkan pendidikan awalnya di Al -Azhar, seperti ilmu Ushuluddin, Syariah dan Mantik. Ibnu Kholdun juga adalah seorang Qori yang disegani. Lebih istimewa lagi Ibnu Kholdun mendapatkan pandidikan dan Pengasuhan langsung dari Ayahnya sendiri. Ayah Ibnu Kholdun mengadakan majlis ilmu yang di hadiri oleh ilmuwan dari Andalusia dan Afrika Utara. Majlis tersebut diantaranya mengajarkan ilmu Mantik, Filosofi, Matematika, Astronomi dan Sains. Ibnu Kholdun juga menguasai ilmu kaligrafi pada masa r emajanya. Kemahirannya menulis dengan baik membuatnya berani menuliskan beberapa surat kepada beberapa orang raja. Dari sana, mulailah episode kehidupan politiknya sebagai sosok yang dihargai maupun dibenci. Pengalamannya mengabdi kepada penguasa Afrika Utara dan Andalusia, mengajarkannya arti kehidupan di penjara dan menjalani hidup sebagai orang buangan karena tuduhan maupun cemburu. Pada usianya yang ke 36, Ibnu kholdu mulai menlis tentang fenomena sosial yang tertuang dalam kitabnya, Muqoddimah Ibnu Kholdun. Muqoddimah Ibnu Kholdun merupakan salah satu karya Ibnu Kholdun yang sangat spektakuler, Ibnu Kholdun juga adalah seorang perintis ilmu sosiologi modern. Ahli sejarah inggris abad ke 20, Arnold J. Toynbee menggangap Muqoddimah Ibnu Kholdun sebagai karya yang agung yang tiada bandingnya dalam peradaban manusia.

Ibnu Kholdun merupakan salah seorang pencetus pemikiran baru yang menyatakan bahwa system social manusia berubah mengikuti pengaruh sekitarnya. Pengeruh pengaruh tersebut adalah Kemampu an mansia berfikir, keadaan muka bumi dimana mereka tinggal, pengaruh iklim atau cuaca, jenis makanan yang mereka makan, emosi dan jiwa mereka itu sendiri. Dia juga berpendapat bahwa institusi masyarakat berkembang menurut tahapan tahapan sebagai beriku t: di mulai dengan tahap primitif, kemudian tahap pemilikan, diikuti setelahnya tahap beradab dan kemakmuran dan yang terakhir adalah tahap kelemahan, kerusakan akhlak dan kemundran Pendapat Ibnu Kholdun tersebut sangat dikagumu oleh seorang doktor seja rah keturunan yahudi, Bernard Lewis. Dia berpendapat bahwa Ibnu Kholdun merupakan sejarawan arab yang sangat agung, bahkan Ibnu Kholdun adalah sejarahwan yang paling hebat di zaman pertengahan. Wacana dan pemikiran Ibnu Kholdun diaplikasikan oleh masyar akat moderen yang mampu mengimbangi pembangunan secara fisik dan spiritual. Sebagai contoh Negara Malaysia yang sedang menuju ke tahap negara maju Salah seorang cendikiawan Malaysia, doktor Usman Al -Muhammady, yang dinobatkan sebagai tokoh Maal Hijrah Negara, maninjau kiprah Ibnu khldun secara Universal. Dia pernah berbagi pandangan dengan tokoh Internasianal, seperti mendiang Pope John Paul 2. Dia merujuk kembali kunjungan Ibnu Kholdun ke Sevilla di Spanyol ketika beliau bertemu dengan Don Pedro, seorang Rahib dan raja pada abad ke 14. Sementara di Tunisia, Negara kelahran ilmuwa agung tersebut, menjadi pusat Ilmuwan internaisonal maupun Ilmuwan setempat yang terkesan dengan pemikiran Ibnu Kholdun. Perpustakaan Negara Tunisia yang mengumpulkan semua hasil karya Ibnu Kholdun dalam berbagai macam bahasa, menjadi salah satu tempat kajian para ilmuwan tersebut. Diantaranya adalah Prof. Dr. Kholid Romadhoni, seorang sarjana dari Tunisia yang mampertahankan status Ibnu Kholdun sebagai peletak ilmu sosiologi moderen. Dia berpendapat bahwa buku Muqoddimah Ibnu Kholdun bemberikan sejumlah pemikiran, dan melihat fenomena dalam masyarakat dengan lebih dekat. SelanjutnyaIbnu Kholdun menggambarkan fenomena tersebut sebagai benda hidup. Seperti manusia, dimulai dari masa kanak-kanak, kemudian menjadi dewasa dan selanjutnya menjadi tua. Penafsiran terhadap peringkat itulah yang mendukung ilmu sosiologi. Dan Ibnu Kholdun merupakan Peletak ilmu tersebut. Seorang ilmuwan berkebangsaan Perancis Abad ke 19, Auguste Co mte, yang memunculkan istilah Sosiology. Auguste berharap untuk menyatukan kajian mengenai manusia termasuk sejarah, psikologi dan ekonomi. Pada hakikatnya pemikiran Auguste telah dijelaskan oleh Ibnu Kholdun dalam kitabnya 'Muqoddimah Ibnu Kholdun' men dahului 500 tahun sebelum ilmuwan Eropa

tersebut mengemukakannya. Kitab tersebut menyentuk beberapa aspek seperti pembinaan manusia, Penataan kota, ekonomi, etos kerja, pemeliharaan peradaban. Ibnu Kholdun dan Auguste Comte memiliki karakter yang berbeda. Auguste pernah masuk rumah sakit jiwa akibt gangguan mental. Sedangkan Ibnu Kholdun pernah dipenjara akibat tuduhan dan rasa cemburu pesaingnya. Auguste gagal dalam pernikahannya karena terkenal dengan sikap pongah, arogan dan temperamental. Sementara Ibnu Kholdun berpisah dengan istri dan anak -anaknya karena tragedi kecelakaan kapal di laut Mediterrania yang merenggut nyawa mereka. Auguste menikah untuk yang kedua kalinya, namuan pernikahannya itu menyebabkannya mengeku sebagai nabi agama baru, ag ama kemanusiaan. Sedangkan Ibnu Kholdun meneruskan kehidupan ilmiahnya sebagai guru besar di mesir hingga menghembuskan nafas terakhirnya di Cairo.

ad dan Terorisme
by Atthullab on 05:16 AM, 01-Sep-09 Jihad dan Terorisme Di berbagai media massa marak diberitakan serangan teroris. Umumnya mereka berasal dari kelompok Islam. Mereka selalu mengaku membela Islam dan melakukan jihad. Apakah sebenarnya pengertian jihad itu? Kata jihad dalam al-Qur'an diulang sekitar tujuh puluh kali. Kata jihad berasal dari juhdu atau jahdu. Juhdu berarti mengeluarkan segala kemampuan, dan kekuatan dan jahdu berarti kesungguhan dalam bekerja. Menurut Imam Raqib al-Isfahani (ahli bahasa al-Qur'an), kata jihad didalam al-Qur'an mempunyai tiga arti, yaitu, berjuang melawan musuh yang nyata, berjuang melawan syetan, dan berjuang melawan nafsu. Dalam terminologi (istilah) fiqh, menurut ulama madzhab Hanafi, jihad adalah "dakwah (ajakan) kepada agama Islam dan perang melawan orang yang tidak menerima dakwah itu, baik dengan harta maupun jiwa". Ulama fiqh selain madzhab Hanafi memberi pengertian yang hampir sama. Ulama madzhab Syafi'i misalnya, mengartikan jihad dengan "perang melawan orang kafir untuk kemenangan Islam". Maka jihad dapat dilakukan dengan belajar dan mengajar hukum-hukum Islam serta menyebarkannya, amar ma'ruf-nahi munkar, atau dengan harta, dan ikut serta dalam medan pertempuran jika penguasa menyerukan perang. Imam Badruddin az-Zarkasyi berpendapat, kewajiban jihad adalah kewajiban wasilah (untuk mencapai tujuan) bukan tujuan. Karena yang akan dicapai dalam berjihad adalah hidayah (petunjuk agama Islam) -sedangkan membunuh orang-orang kafir bukanlah tujuan-, oleh karenanya jika tujuan itu dapat dicapai dengan menegakkan dalil (berdiplomasi, menyerukan kebenaran) maka (jalur itu) akan lebih utama. Jihad diwajibkan kepada kaum Muslimin secara kolektif (fardlu kifayah), artinya diwajibkan kepada semua orang yang dapat berperang, tetapi apabila sudah dilaksanakan oleh sebagian umat Islam dan musuh dapat dihalau atau kemenangan dapat dicapai, atau terjadi perjanjian damai antara orang-orang kafir dengan orang-orang Islam, kewajiban itu gugur bagi kaum Muslim yang lain. Kewajiban jihad berlaku kepada Muslim yang mukallaf (aqil baligh), lakilaki, merdeka (bukan hamba sahaya), mampu dan mempunyai persenjataan untuk perang.

seorang pejuang di perbolehkan melakukan mubarozah.MAKNA PENELITIAN ANTROPOLOGI DAN SOSIOLOGI AGAMA Dewasa ini telah muncul suatu kajian agama yang menggunakan antropologi dan sosiologi sebagai basis pendekatannya. Berbagai pendekatan dalam memahami agama yang ada selama ini antara lain pendekatan teologis. d bersifat an acak. Sosiologi merupakan sebuah istilah yang berasal dari kata latin. Antropologi berupaya melihat antara hubungan agama dengan berbagai pranata sosial yang terjadi di masyarakat. socius yang artinya teman. sering terdapat kerancuan yang amat besar antara fenomena kekerasan politik dan terorisme. Namun sosiologi sebagai ilmu yang mempelajari masyarakat baru lahir kemudian di Eropa. bahkan ribuan tahun yang lalu. Menurut kesimpulan penelitian antropologi. Melalui pendekatan antropologi sosok agama yang berada pada dataran empirik akan dapat dilihat serat-seratnya dan latar belakang mengapa ajaran agama tersebut muncul dan dirumuskan. tidak dapat dibenarkan. sebab mubarozah beresiko hilangnya nyawa akibat senjata musuh. bukan senjata yang dipicu sendiri serta dilakukan ditengah-tengah medan pertempuran. Tindakan terorisme berakibat jatuhnya korban pada orang-orang yang semestinya dilindungi agama. golongan masyarakat kurang mampu dan golongan miskin lain pada umumnya lebih tertarik kepada .QS. normatif.Al-Baqoroh:195. Berbagai pendekatan dalam memahami agama yang selama ini digunakan dipandang harus dilengkapi dengan pendekatan antropologi dan sosiologi tersebut. Penelitian hubungan antara agama dan ekonomi melahirkan beberapa teori yang cukup menggugah minat para peneliti agama. yaitu tampilnya seseorang maju sendiri dalam medan pertempuran dengan segala resikonya. Meskipun dalam medan pertempuran melawan orang-orang kafir. dan historis. Bom bunuh diri jauh dari yang dimaksud dengan mubarozah. Allah berfirman: "Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan". tidak dalam medan pertempuran melawan orang-orang kafir. Dalam berbagai penelitian antropologi agama dapat ditemukan adanya hubungan yang positif antara kepercayaan agama dengan kondisi ekonomi dan politik. A. Apakah yang dimaksud dengan terorisme? Terorisme adalah penggunaan kekerasan secara sengaja. Istilah terorisme berlaku pada kategori tindakan keji tertentu dan tidak pada seluruh tindakan kekerasan yang bersifat politik. Jelas. terdapat keadaan yang mungkin membawa resiko bagi mereka yang tidak ikut berperang. Dalam kenyataannya.Adapun fenomena bom bunuh diri yang akhir-akhir ini juga marak. Oleh karena itu tren "terorisme Islam" secara signifikan memberi gambaran yang keliru terhadap akar keagamaan dari kekerasan yang dilakukan oleh kaum muslim. sama sekali bukan bagian dari ajaran Islam. Tindakan kekerasan tidak dapat dibenarkan kecuali untuk memerangi ketidak-adilan. tindakan terorisme tidak ada hubungannya sama sekali dengan Islam. namun membahayakan mereka yang tidak ikut berperang tidak boleh dilakukan secara sengaja atau berlebihan. Meskipun dalam jihad (perang yang disetujui oleh agama). Sosiologi muncul sejak ratusan. demi tujuan-tujuan politik dengan sasaran orang-orang yang dilindungi. filosofis. dan logos dari kata yunani yang berarti cerita. diungkapkan pertama kalinya dalam buku yang berjudul ³Cours De Philoshophie Positive´ karangan August Comte (17981857). sementara pelaku bom bunuh diri tewas dengan senjata yang dipicunya sendiri serta dilakukan di tengah-tengah orang yang dilindungi.

Keharusan orang-orang menepati janji-janji tersebut diperintahkan dalam ajaran agama. agama berperan membantu merumuskan nilai-nilai luhur yang dijunjung tinggi oleh manusia dan diperlukan untuk menyatukan pandangannya. Keempat. Diketahui bahwa beberapa jenis persetujuan bersama atau consensus mengenai kewajibankewajiban yang sangat penting ini. begitu juga mengenai adanya kekuatan yang memaksa orang-orang dan pihak-pihak yang bersangkutan untuk melaksanakan kewajiban-kewajiban tersebut. Selanjutnya. Inilah makna dari penelitian antropologi dalam memahami gejala-gejala keagamaan.gerakan keagamaan yang bersifat mesianis. Pertama. agama dapat memenuhi kebutuhan ±kebutuhan tertentu dari manusia yang tidak dapat dipenuhi oleh lainnya. dengan sendirinya masyarakat merupakan kesatuan yang dalam bingkai strukturnya (proses sosial) diselidiki oleh sosiologi. Sedangkan golongan kaya lebih cenderung untuk mempertahankan tatanan masyarakat yang sudah mapan secara ekonomi lantaran tatanan tersebut menguntungkan pihaknya. Kedua. Dalam peranan ini agama telah membantu menciptakan sistem sistem nilai sosial yang terpadu dan utuh. Uraian di atas memperlihatkan bahwa pendekatan antropologi. agama lebih lanjut dibuktikan memiliki fungsi yang amat penting. janji-janji itu adalah kredit. minimal diperlukan untuk mempertahankan ketertiban masyarakat. Dalam tinjauan sosiologi masyarakat dilihat sebagai suatu kesatuan yang didasarkan pada ikatan -ikatan yang sudah teratur dan boleh dikatakan stabil. Diketahui bahwa sosiologi merupakan ilmu yang membahas sesuatu yang telah teratur dan terjadi secara berulang dalam masyarakat. kita lihat mengenai makna pendekatan sosiologi dalam memahami agama. yang menjanjikan perubahan tatanan sosial kemasyarakatan. bahwa agama dapat membantu mendorong terciptanya persetujuan mengenai sifat dan isi kewajiban-kewajiban sosial tersebut dengan memberikan nilai-nilai yang berfungsi menyalurkan sikap-sikap para anggota masyarakat dan menetapkan kewajibankewajiban sosial mereka. Fakta menunjukkan bahwa sirkulasi sumber kehidupan dari suatu sistem ekonomi tergantung dari apakah manusia satu sama lain dapat saling menaruh kepercayaan bahwa mereka akan memenuhi kewajiban -kewajiban bersama dibidang keuangan. Ketiga. yaitu Janji-janji untuk kehidupan manusia. Dengan menggunakan pendekatan dan perspektif antropologi tersebut di atas dapat diketahui bahwa doktrin-doktrin dan fenomena-fenomena keagamaan ternyata tidak berdiri sendiri dan tidak pernah terlepas dari jaringan institusi atau kelembagaan sosial kemasyarakatan yang mendukung keberadaannya. Menurutnya. Dalam hubungan ini. Dalam pandangan kaum sosiolog. Sehubungan dengan ini. . paling kurang ada enam fungsi agama bagi kehidupan masyarakat. dengan jelas dapat mendukung menjelaskan bagaimana suatu fenomena agama itu terjadi. agama dapat berperan memaksa orang untuk menepati janji-janjinya. Seorang Sarjana Ekonomi Amerika pernah menulis buku dengan judul yang amat provokatif.

dengan mempergunakan mahasiswamahasiswa Universitas Gajah Mada. tetapi di desa sebelahnya. ia lakukan dengan menggunakan bahasa jawa. Selama masa ini. satu setengah bulan lamanya dihabiskan juga untuk mewawancarai pemimpin-pemimpin agama dan politik di ibu kota Negara. berikut implikasinya dalam bentuk tingkah laku. MODEL PENELITIAN ANTROPOLOGI AGAMA Penelitian di bidang antropologi agama antara lain dilakukan oleh seorang antropolog bernama Clifford Geertz pada tahun 1950-an. Geertz megatakan bahwa ia melakukan banyak kegiatan sistematis dan lama dengan informan-informan tertentu mengenai suatu topik . mula-mula di bawah Professor Isadora Dyen dan kemudian di bawah Tuan Rufus Hendon. rumah itu sebenarnya tidak terletak di desa Mojokuto. persiapan yang intensif dalam bahasa Indonesia (yakni melayu) dilakukan di Universitas Havard. . Ia dan istrinya sepanjang masa itu tinggal di rumah seorang buruh kereta api di ujung kota. Model penelitian yang dilakukan Geertz adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. pengamatan. Tahap ketiga. mewawancarai sarjana-sarjana Belanda yang ahli tentang Indonesia di Universitas leiden dan di Tropical Institut di Amsterdam. tempat ia mempelajari bahasa Jawa. dari segi informan yang digunakan sebagai sampel dalam penelitiannya itu. yang hanya bersifat kota di bagian tenggaranya. Semua kegiatan. Penelitian ini didasarkan pada data-data yang dikumpulkan melalui wawancara. dan penelitian Grounded Research. yakni penelitian yang penelitinya terlibat dalam kehidupan masyarakat yang ditelitinya. Tahap pertama. survey. agama juga telah tampil sebagai yang memberikan standar tingkah laku . yang kemudian hari menjadi direktur proyek. temasuk wawancara dengan para informan. agama pada umumnya menerangkan fakta-fakta bahwa nilai-nilai yang ada hampir semua masyarakat bukan sekedar nilai yang bercampur aduk tetapi membentuk tingkatan (hirarki). dengan bantuan orang-orang Indonesia. kecuali beberapa pelajar yang sangat nasionalistik dan lebih senang berbahasa Indonesia (Melayu). Nilai-nilai yang tertinggi. B. antara September 1951 sampai 1952. dari bulan Oktober 1952 sampai Mei 1953 dipergunakan terutama di Yogyakarta. merupakan masa penelitian lapangan yang sesungguhnya. sambil mengumpulkan statistik dan menyelidiki organisasi birokrasi pmerintah pada umumnya dan Departemen Agama pada khususnya. Tahap kedua. memperoleh arti dalam agama. antara Mei 1953 sampai September 1954. Dalam hirarki ini agama nilai-nilai yang tertinggi. Jakarta. Keenam. baik dirumah mereka sendiri maupun di kantor. Hasil penelitiannya itu telah dituliskan dalam buku berjudul The Religion Of Java. dan dilakukan di Mojokuto. dan memperoleh sejumlah pengetahuan umum mengenai kebudayaan dan kehidupan kota Jawa. Dari segi waktu yang digunakan untuk penelitian tersebut selama tiga tahap. Selanjutnya. yaitu berupa keharusan-keharusan yang ideal yang membentuk nilai-nilai sosial yang selanjutnya disebut sebagai norma-norma sosial. Waktu antara bulan juli sampai Oktober 1952 dipergunakan di Negeri Belanda.Kelima.

pembinaan. Amin.Sedangkan pendekatan analisisnya sebagaimana tersebut di atas adalah dengan menggunakan kerangka teori yang terdapat dalam ilmu antropologi. dan sebagainya. tetapi yang dikaji adalah bagaimana agama tersebut dihayati dan diamalkan oleh pemeluknya. ekonomi. MODEL PENELITIAN SOSIOLOGI AGAMA Penelitian sosiologi agama pada dasarnya adalah penelitian tentang agama yang mempergunakan pendekatan ilmu sosial (sosiologi). dan lain sebagainya. Jika suatu pemeluk agama terbelakang dalam bidang ilmu pengetahuan. sesuatu yang tampak terjadi di lapangan. Dalam kaitan ini. Para sosiolog membuat kesimpulan tentang agama dari apa yang terdapat dalam masyarakat. Dengan memperhatikan uraian tersebut di atas. 1996). fenomena keagamaan yang terjadi di daerah Jawa dapat di jelaskan dengan baik. karena secara metodologi dan konseptual penelitian yang dilakukan Geertz tergolong penelitian yang lengkap dan memenuhi prosedur penelitian lapangan yang baik. dakwah. PT Raja Grafindo Persada. berbagai persoalan yang terdapat dalam ilmu sosial dilihat secara seksama dalam hubungannya dengan agama. bahwa suatu hasil penelitian bidang sosiologi agama bisa saja berbeda dengan agama yang terdapat dalam doktrin kitab suci. Agama yang terdapat dalam doktrin kitab suci merupakan Das Sollen. (Yogyakarta:Pustaka Pelajar. Inilah yang selanjutnya yang dianggap sebagai problema yang harus didekati dengan melakukan berbagai kegiatan pembaharuan melalui jalur pendidikan. Hal ini. dan lain sebagainya. Dengan pendekatan ini. politikus. kebersihan. kaum sosiolog terkadang menyimpulkn bahwa agama dimaksud merupakan agama untuk orang-orang yang terbelakang. Dalam penelitian ini dapat dilihat agama yang terdapat pada masyarakat industri modern. dapat terjadi apa yang ada dalam doktrin kitab suci berbeda dengan apa yang ada dalam kenyataan empirik. Antara agama yang terdapat pada dataran Das Sein dengan yang terdapat pada Das Sollen bisa saja terjadi kesenjangan. KESIMPULAN Suatu hal yang perlu dicatat. cet. Kesimpulan ini mungkin akan mengagetkan kaum tekstual yang melihat agama sebagaimana yang terdapat dalam kitab suci yang memang diakui ideal. agama yang dikembangkan pada kalangan penguasa.hal ini tidak mengherankan karena antropologi sering dikelompokkan sebagai salah satu cabang dari sosiologi. agama pada lapisan masyarakat yang berbeda-beda. Studi Agama. Sosiologi agama bukan mengkaji benar atau salahnya suatu ajaran agama. Metodologi Studi Islam (Jakarta. Sedangkan agama yang terdapat dalam kenyataan adalah Das Sein. dapat kiranya disimpulkan bahwa model penelitian antropologi agama yang dilakukan Geertz dapat di jadikan model atau bahan perbandingan bagi para peneliti selanjutnya. kesehatan. DAFTAR PUSTAKA  Nata. Mengenai metodologi penelitian sosiologi agama lengkap dengan perangkatnya pada dasarnya sama dengan langkah-langkah dalam penelitian antropologi agama. Dalam kaitan ini. I . 1998)  Abdullah. sesuatu yang harusnya terjadi. C. Abuddin.

Orang-orang Arab akan mengenal kemuliaan kita. namun tak ada salahnya untuk sedikit merenungi kembali kisahkisah ini dan berkaca ke lubuk hati kita. ³Kami mengusulkan kepada Anda agar Anda menyediakan majelis khusus bagi kami.´ Tiba-tiba turunlah malaikat jibril menyampaikan surat al-An¶am [6] ayat 52: ³Dan janganlah kamu mengusir orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi hari dan di petang hari.Kepedulian Sosial Dalam Islam Posted by shariahlife on January 15. Pakaian mereka lusuh. Apabila urusan kami sudah selesai. para perintis perjuangan Islam. Ketika melihat orang-orang di sekitar Nabi. bolehlah anda duduk bersama mereka sesuka Anda. Buat juga majelis bagi mereka sehingga mereka tidak berkumpul bersama kami. turun lagi surat al-Kahfi [18] ayat 28: ³Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keridhaan-Nya. Para utusan dari berbagai kabilah arab akan datang menemuimu.´ Nabi saw segera menyuruh kaum fukara duduk lebih dekat lagi sehingga lutut-lutut mereka merapat dengan lutut Rasulullah saw. Kamu tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatan mereka. Bilal. berupa jubah bulu yang kasar.´ Uyainah bin Hishn menegaskan lagi. Setelah itu. ³Salam µAlaikum. Apabila kami datang menemui Anda. Ammar bin Yasir.yang menyebabkan kamu (berhak) mengusir mereka. jauhkanlah mereka dari kami.´ kata Nabi dengan keras. Kita terbang lima belas abad kebelakang. sedang mereka menghendaki keridhaan-Nya. Kami malu kalau mereka melihat kami duduk dengan budak-budak ini. Buatlah majelis khusus bagi kami sehingga kami tidak berkumpulbersama mereka. 2007 Ada beberapa kisah kepedulian sosial yang terjadi pada masa Rasulullah. dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka (karena) mengharapkan perhiasan kehidupan dunia ini. ³Bau Salman al-Farisi mengangguku (Ia menyindir bau jubah bulu yang dipakai sahabat nabi yang miskin). dan janganlah kamu . Begitu pula mereka tidak memikul tanggung jawab sedikitpun terhadap perbuatanmu. Di bagian lain kita akan lihat sejumlah ayat Qur¶an yang berkenaan dengan tema utama kita kali ini. yaitu Salman al-Farisi. seakanakan memberikan jawaban kepada usul para pembesar Quraisy. mereka mencibir dan menunjukkan kebenciannya. sehingga kamu termasukorang-orang yang zalim. Mereka berkata kepada Nabi. Sekedar menyebut beberapa nama sahabat yang hampir semuanya bekas budak. Boleh jadi sebagian dari kita sudah hafal isi kisah tersebut namun kesibukan sehari-hari membuat kita sejenak terlupa. boleh jadi sebagian dari kita sudah paham betul esensi dari kisah yang akan disampaikan di bawah ini. Di suatu tempat terlihat Rasulullah saw berkumpul bersama para sahabatnya yang kebanyakan orang miskin. Suhayb Khabab bin Al-Arat. Tetapi mereka adalah sahabat senior Nabi. Serombongan bangsawan yang baru masuk islam datang ke majelis Nabi.

apabila kaum fukara ini berkumpul bersama Nabi. Tengoklah jutaan tangan yang hitam dan melepuh menunggu uluran kasih sayang kita. Apabila tamu datang. Mereka mendahului masuk surga sebelum orang-orang kaya setengah hari. Bila Nabi mau mencium tangan mereka. Setelah Nabi. yang ukurannya 500 tahun. mari kita buka Al-Qur¶an. Apakah kita seperti pembesar Quraisy yang terganggu dengan bau tubuh orang miskin. Sa¶ad al-Anshari yang memperlihatkan tangannya yang melepuh karena kerja keras.´ seraya mencium tangan yang hitam. Bukankah sebagai ummatnya kita telah berikrar untuk menjadikan segala perilaku beliau sebagai contoh teladan (uswatun hasanah). atau memberiMAKAN pada hari kelaparan (kepada) anak YATIM yang ada hubungan kerabat. Mereka bersenang-senang di surga sementara orang-orang kaya tengah diperiksa amalnya. Nabi yang tangannya selalu berebut untuk dicium oleh para sahabat. Bukankah Al-Qur¶an adalah rujukan kita yang pertama dalam hidup ini.´ Sekarang bukalah cermin di hati kita. Di atas kita telah mengutip sejumlah kisah dalam hidup Nabi. Kota baru gemerlap bila mereka disingkirkan. bukankah paling tidak kita ganti rasa hormat yang seharusnya kita berikan dengan kasih sayang pada mereka. maukah kita untuk paling tidak menyisihkan sebagian rezeki yang kita peroleh sebagai rasa sayang kita pada mereka. kota kita bersihkan dan mereka.Seringkali beliau berkata. adakah di antara kita yang mau mencium tangan orang miskin? Bukankah dengan status yang kita miliki. Bukalah cermin hati kita lagi.´ Sejak itu. ³ini tangan yang dicintai Allah. kesejahteraan yang kita nikmati. ³tangan ini kupergunakan untuk mencari nafkah bagi keluargaku. kita merasa jauh lebih pantas bila orang miskin mencium tangan kita. Dan dia termasuk orang-orang beriman dan salingberpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayangMereka (orangorangyang beriman dan saling berpesan itu) adalah golongan kanan´ . dipinggirkan. kasar dan melepuh itu. andaikata kultur tak mengizinkan kita berbuat hal itu. kasar dan melepuh. Gembirakanlah kaum fukara muslim dengan cahaya paripurna pada hari kiamat. Bayangkanlah. kini mencium tangan yang hitam. ³Alhamdulillah.mengikuti orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingati Kami.´ Nabi yang mulia berkata. Tariklah nafas sejenak untuk berkaca ke dalam cermin itu. beliau memilih duduk dalam kelompok mereka. Dalam kesempatan lain Nabi bertemu dengan seorang sahabat. manakala ego terasa meningkat. serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas. Apabila beliau masuk ke majelis. Ah«betapa perilaku kita lebih menyerupai pembesar quraisy daripada perilaku Nabi Yang Mulia. Pemandangan baru indah bila rumah-rumah kumuh digusur. Nabi bertanya. ³mengapa tanganmu hitam. kaum fukara. Kalau hati terasa berat. Surat al-Balad [90] ayat 10 -18 ³Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan Maka tidakkah sebaiknya (denganhartanya itu) ia menempuh jalan yang mendaki lagi sukar? Tahukah kamu apakah jalanyang mendaki lagi sukar itu? (yaitu) melepaskan budak dari perbudakan. atauorang MISKIN yang sangat fakir. beliau tidak meninggalkan tempat sebelum orang-orang miskin itu pergi. Untuk menguatkan bahwa Islam sangat menonjolkan kepedulian sosial. terpuji Allah yang menjadikan di antara umatku kelompok yang aku diperintahkan bersabar bersama mereka. Bersama kalianlah hidup dan matiku. kasar dan melepuh?´ Sa¶ad menjawab. Turunlah kita ke bawah. gelar akademik yang kita raih.

Bila kita mampu mengalahkan rasa berat dan rasa sukar pada diri kita dalam beramal. menyadari bahwa dalam harta yang kita miliki terkandung bagian tertentu untuk fakir miskin.maka jadilah kebun itu hitam seperti malam yang gelap gulita. Allah melukiskan sifat manusia dengan sangat baik. paling tidak. yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya. dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir.´ Maka pergilah mereka saling berbisik-bisikan. Allah menyebutkan. dua jalan. Al-Qur¶an menyarankan kita untuk mengambil jalan yang sukar dan mendaki. Tidakkah kita rasakan bagaimana Allah menyinggung perilaku buruk kita dalam ayat-ayat-Nya yang suci. Surat al-Ma¶arij [70] ayat 19-25 ³Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi KIKIR. Lalu bagaimana caranya agar sifat bawaan (keluh kesah & kikir) kita tersebut tidak menjelma atau dapat kita padamkan. Surat al-Qalam [68] ayat 17-33 ³Sesungguhnya Kami telah menguji mereka (musyrikin Mekkah) sebagaimana Kami telahmenguji pemilik-pemilik kebun. Sekali lagi. ³Pada hari ini janganlah ada seorangMISKINpun masuk ke dalam kebunmu. Allah tidak menjelaskan tentang jalan yang mudah. ahli surga. melainkan memberi contoh jalan yang sukar. Pertama.´ Dan berangkatlah mereka di pagi hari dengan niatmenghalangi (orang-orang miskin) padahal mereka mampu (meonolongnya). dan mereka tidak mengucapkan :insya Allah Lalu kebun itu diliputi malapetaka (yang datang) dari Tuhanmu ketika mereka sedang tidur. kalau memiliki banyak harta kita cenderung untuk kikir. Subhanallah«. Tahanlah nafas kita untuk sejenak. Bukankah kalau kita tidak memiliki harta kita sering berkeluh kesah. kecualiorang-orang yang mengerjakan SHALAT. bagi orang (miskin) yangmeminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak mau meminta)´ Secara tegas Allah menyebutkan bahwa keluh kesah dan kikir itu telah menjadi sifat bawaan manusia sejak ia diciptakan. maka Allah menjanjikan kita termasuk golongan yang kanan. Dua resep ini insya Allah akan mampu memadamkan sifat keluh kesah dan sifat kikir yang kita miliki. mengerjakan sembahyang secara kontinu. ketika mereka bersumpah bahwa merekasungguhsungguh akan memetik (hasil) nya di pagi hari. lalu mereka panggilmemanggil di pagi hari ³Pergilah di waktu pagi (ini) ke kebunmu jika kamu hendak memetik buahnya. . Mengapa disebut jalan yang sukar? karena kebanyakan manusia enggan atau merasa berat atau merasa sukar untuk melakukannya. Apakah kita merasa sukar untuk beramal pada orang miskin dan anak yatim? Hanya cermin hati yang teramat dalam yang mampu menjawabnya dengan jujur. Bagi saya pribadi. Apabila ia ditimpakesusahan ia berkeluh kesah. sebaliknya. Bukalah cermin hati kita sekali lagi.Ayat-ayat di atas menjelaskan bahwa ada dua jalan yang bisa kita pakai dalam memanfaatkan harta kita.dan orang-orang yang dalam HARTAnya tersedia bagian tertentu. yaitu memerdekakan budak atau memberi makan pada anak yatim atau orang miskin. Kedua. ayat di atas telah menelanjangi sifat kita. bukalah cermin hati kita.

Persoalannya. Cermin hati telah berkata. sekedar saling ingat mengingatkan bahwa di cermin hati kita telah tergambar sejumlah orang yang membutuhkan kepedulian kita. Mereka sudah bersiap-siap agar orang miskin tak bisa masuk ke kebun mereka saat panen tiba. manakala kita memiliki kelebihan rezeki maka janganlah sungkan untuk memberi sebagian pada orang miskin. Di akhir ayat Allah mengingatkan bahwa azab yang Allah timpakan pada pemilik kebun hanyalah azab dunia. Apa kesalahan pemilik kebun tersebut sehingga mendapat azab sedemikian rupa? Pertama.Tatkala mereka melihat kebun itu. bahkan kita dihalangi (dari memperoleh hasilnya)´ Berkatalah seorang yang paling baik pikirannya di antara mereka: ³Bukankah aku telahmengatakan kepadamu. mereka merasa pasti akan meraih hasil yang luar biasa. Allah turunkan azab-Nya pada mereka.id/zakat. Ini dilukiskan dalamayat di atas ketika mereka tidak menyebut insya Allah. Dan sesungguhnya azab akhirat lebih besar jika merekamengetahui´ Sekelompok ayat di atas menceritakan sebuah kisah nyata yang terjadi sebelum masa Rasulullah. mereka bersifat kikir. sedangkan azab akherat jauh lebih besar lagi! Cermin hati kita mengatakan bahwa agar tidak tertimpa azab Allah di dunia. bila kita berlaku kikir! Na¶udzu billah« Demikianlah sekedar pengantar untuk pengajian kita. Allah murka pada mereka. sesungguhnya kami adalah orang-orangyang zalim.Mudah-mudahan Tuhan kita memberikan ganti kepada kita dengan(kebun) yang lebih baik daripada itu. Kedua. mampukah kita melaksanakan kata-hati kita? Kalau Allah mampu memusnahkan dengan amat mudah kebun yang siap dipanen. Kisah pemilik kebun di atas melukiskan dengan sangat baik betapa harta manusia itu tak ada artinya dibandingkekuasaan Allah. Mereka lupa bahwa sedetik kedepan kita tak tahu apa yang terjadi dengan hidup kita.´ Lalu sebagian mereka menghadapi sebagian yang lain seraya cela mencela Merekab erkata: ³Aduhai celakalah kita. mereka lupa bahwa Allah berkuasa atas segala sesuatu. sesungguhnya kita ini adalah orang-orang yangmelampaui batas.or.pkpu.php . hendaklah kamu bertasbih (kepada Tuhanmu)?´ Mereka mengucapkan: ³Maha Suci Tuhan kami. sesungguhnya kita mengharapkan ampunan dariTuhan kita´ Seperti itulah azab (dunia). mereka berkata: ³Sesungguhnya kita benar-benaroarngorang yang sesat (jalan). maukah kita melihat ke dalam cermin tersebut? source : http://www. Kita tak tahu ³skenario´ Allah terhadap diri kita. janganjangan Allah pun akan memusnahkan sumber penghasilan kita. Kebun yang sudah sekian lama diurus dan tinggal sekejap mata saja untuk dipetik hasilnya menjadi musnah terbakar.

misalnya melalui: Pertama. Artinya. Apa yang kita bayangkan dengan fenomena tersebut? Tentu saja kita akan merasa prihatin dan sedih karena akibat dari tindakan pemboman tersebut yang dirugikan dan menjadi korban adalah rakyat yang tidak berdosa. Teroris ditangani secara militer melalui pemboman ke negara yang disinyalir sebagai kawasan berbasis teroris. menuduh politisi dari pemerintahan Thaksin berupaya mengacaukan pemerintahan saat ini dengan ledakan bom tersebut. Boonyaratkalin memerintahakan empat di antara pendukung Thaksin menghadap junta militer untuk ditanyai (Kompas. 3 Januari 2007). Maraknya pemboman di beberapa negara dengan motif yang sangat beragam merupakan fenomena yang sangat mengkhawatirkan. Kedua. Perdana Menteri terguling. Perlu kiranya PBB melakukan usaha tindakan preventif dalam mencegah laju terorisme. membuat aturan yang ketat terhadap kepemilikan senjata. Jenderal Sonthi Boonyatkalin. yang jelas perbuatan tersebut merupakan perbuatan biadab yang tidak berprikemanusiaan dan melanggar HAM. Kelompok pendukung Thaksin dianggap sebagai tersangka utama peledakan tersebut. penanganannya pun paradoks dengan tujuan perdamaian. Kini. Apapun motif yang dilakukan oleh si pelaku pemboman. Karena selama ini PBB dalam penyelesaian nuklir di dunia masih tebang pilih yaitu hanya memberlakukan aturan tersebut kepada beberapa negara tertentu sedangkan negara-negara lainnya tetap dibiarkan.Fenomena Kekerasan dan Peran PBB 15-February-2007 Pemerintah Thailand yang didukung militer. ataupun motif yang lainnya. baik itu bermotif politik. ada tindakan yang tidak adil dari . kriminal murni. menyalahkan pendukung Thaksin Shinawatra. bom. Mantan Perdana Menteri Tahksin Shinawatra yang dikudeta olah militer Thailand yang dipimpin Boonyaratkalin dengan kudeta damai tanpa berdarah. dan peralatan militer lainnya ke seluruh negara tanpa ada diskriminasi. saat ini dituduh oleh pihak pemerintahan dan militer Thailand sebagai ³otak´ ledakan bom yang terjadi di beberapa daerah di kota Bangkok. yang diduga telah melakukan korupsi uang negara. akhirnya terjadi pada malam pergantian tahun baru. Gejala Mengkhawatirkan Kekhawatiran masyarakat Thailand akan terjadi tindakan kekerasan pasca kudeta damai. Bahkan dalam upaya pemberantasan teroris yang telah meresahkan masyarakat dunia saat ini. PBB membuat aturan bagi seluruh negara di dunia untuk tidak memiliki senjata pemusnah masal (nuklir). Pemberantasan teroris dengan cara seperti itu justru menciptakan banyak jatuh korban warga sipil yang tidak terlibat sama sekali dengan gerakan terorisme dunia tersebut. tetapi juga dilakukan oleh ³orang biasa´ di tingkat lokal di beberapa negara dengan motif politik. atas serangkaian ledakan bom yang terjadi saat malam pergantian tahun baru 2007. teror bom bukan hanya dilakukan oleh organisasi teroris dunia seperti Al-Qaeda. Penanganan tersebut tidak akan efektif karena tidak tepat sasaran. sebagai organisasi yang salah satu tujuannya menjaga perdamaian dunia. Perlu Peran PBB PBB (Peserikatan Bangsa Bangsa). Pemimpin Kudeta. mestinya segera mengambil tindakan secara cepat dan tepat mengenai cara mengatasi terorisme yang bisa menghindari pelanggaran HAM.

dengan segala latar belakang. kita berharap PBB meningkatkan kinerjanya sehingga dapat melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi dan tujuan didirikannya organisasi ini. ledakan bom. Ketiga. perkembangan. Dengan demikian kata terorisme sejak awal dipergunakan untuk menyebut tindakan kekerasan oleh pemerintah maupun kegiatan yang anti pemerintah.Thornton dalam Terror as a Weapon of Political Agitation (1964) mendefinisikan terorisme sebagai penggunaan teror sebagai tindakan simbolis yang dirancang untuk .P. pembelaan. Kekaburan definisi membuka peluang penyalahgunaan. selalu saja menjadi kata sifat dan keterangan dari sebuah agama bernama Islam).PBB yang sangat polititis. dalam rejim Stalin pada tahun 1930-an yang juga disebut ´pemerintahan teror´. terorisme menjadi teknik perjuangan revolusi. Namun. Beberapa pemerintahan bahkan menstigma musuh-musuhnya sebagai ´teroris´ dan aksi-aksi mereka disebut ´terorisme´. Jika Anda memasukan kata terorisme pada mesin pencari di internet. dan lain-lainnya (yang ironisnya. Misalnya. awal abad ke-20 dan menjelang PD-II. Namun pendefinisian juga tak lepas dari keputusan politis. Di era perang dingin. maka Anda akan mendapati ribuan bahkan jutaan hasilnya.000 orang yang dituduh melakukan kegiatan anti pemerintah. Sebagai penduduk dunia yang merindukan dan membutuhkan rasa aman. tuduhan. Selanjutnya kata terorisme dipergunakan untuk menyebut gerakan kekerasan anti pemerintah di Rusia. Sebenarnya apa dan bagaimana terorisme itu? Arti Teror atau Terorisme Kata teror pertama kali dikenal pada zaman Revolusi Prancis. Kata Terorisme sendiri berasal dari Bahasa Prancis le terreur yang semula dipergunakan untuk menyebut tindakan pemerintah hasil Revolusi Perancis yang mempergunakan kekerasan secara brutal dan berlebihan dengan cara memenggal 40. dalam menyelesaikan konflik di beberapa kawasan negara yang terlibat konflik hendaknya PBB lebih memprioritaskan melakukan pendekatan diplomatis daripada pendekatan militer. Karena kalau PBB melakukan pendekatan secara militer dalam penanganannya justru dikhawatirkan langkah PBB akan menjadi pemicu konflik lokal (perang saudara). Diakhir abad ke-19. Karena itu istilah ini juga rentan dipolitisasi. Kalau itu masih terjadi dikhawatirkan justru akan menciptakan problem baru bagi perdamaian dunia. istilah ´terorisme´ sendiri pada 1970-an dikenakan pada beragam fenomena: dari bom yang meletus di tempat-tempat publik sampai dengan kemiskinan dan kelaparan. seperti istilah ´genosida´ atau ´tirani´. Istilah ´terorisme´ jelas berkonotasi peyoratif. sehingga kita bisa hidup berdampingan dengan berbagai masyarakat dunia yang sangat plural Dapatkah kehidupan indah itu terwujud? Semoga!(CMM/Muhajir Arif Rahmani Teror dan terorisme adalah dua kata yang hampir sejenis yang dalam hampir satu dekade ini menjadi sangat populer. T. peperangan. teror dikaitkan dengan ancaman senjata nuklir. atau tepatnya sejak peristiwa 9/11 pada tahun 2001. Alangkah indahnya manusia bisa hidup di dunia ini tanpa ada teror.

manifestasi Terorisme sistematis muncul sebelum Revolusi Perancis. Penghalang Terorisme Namun Terorisme bentuk ini dianggap kurang efektif dalam masyarakat yang ketika itu sebagian besar buta huruf dan apatis. Seruan atau perjuangan melalui tulisan mempunyai dampak yang sangat kecil. berupa serangan acak terhadap siapa saja untuk tujuan publisitas. terorisme selalu berkaitan erat dengan kondisi politik yang tengah berlaku Terorisme berkembang sejak berabad lampau. dan agitational terror. Hal ini dilakukan untuk melawan apa yang disebut sebagai Terorisme negara oleh Algerian Nationalist. Asalnya. Dalam suplemen kamus yang dikeluarkan Akademi Perancis tahun 1798.Barat dan menyeret beberapa negara Dunia Ketiga ke dalamnya menyebabkan timbulnya konflik Utara . Bentuk kedua Terorisme dimulai di Aljazair di tahun 50an. terorisme lebih diartikan sebagai sistem rezim teror. baik yang dilakukan secara perorangan maupun oleh suatu kelompok terhadap penguasa yang dianggap sebagai tiran.mempengaruhi kebijakan dan tingkah laku politik dengan cara-cara ekstra normal. Pasca Perang Dunia II. terorisme hanya berupa kejahatan murni seperti pembunuhan dan ancaman yang bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Bentuk pertama Terorisme. Jadi sudah barang tentu dalam hal ini. Pembunuhan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keadilan. Bentuk ketiga Terorisme muncul pada tahun 60an dan terkenal dengan istilah ³Terorisme Media´. yakni teror yang dilakukan menggangu tatanan yang mapan untuk kemudian menguasai tatanan politik tertentu. dengan cara membunuh orang-orang yang berpengaruh. Menurut Grant Wardlaw dalam buku Political Terrorism (1982). Perkembangannya bermula dalam bentuk fanatisme aliran kepercayaan yang kemudian berubah menjadi pembunuhan. Terorisme dilakukan dengan cara pembunuhan politik terhadap pejabat pemerintah. terjadi sebelum Perang Dunia II. tetapi baru mencolok sejak paruh kedua abad ke-19. dilakukan oleh FLN yang mempopulerkan ³serangan yang bersifat acak´ terhadap masyarakat sipil yang tidak berdosa. Meski istilah Teror dan Terorisme baru mulai populer abad ke-18. namun fenomena yang ditujukannya bukanlah baru. Pada pertengahan abad ke-19. Konfrontasi negara adikuasa yang meluas menjadi konflik Timur . Perkembangan Terorisme Terorisme muncul pada akhir abad 19 dan menjelang terjadinya Perang Dunia-I. Rusia dan Amerika. dunia tidak pernah mengenal "damai". Perjuangan melawan . Terorisme dapat dibedakan menjadi dua katagori. Pembunuhan terhadap individu ini sudah dapat dikatakan sebagai bentuk murni dari terorisme. yaitu enforcement terror yang dijalankan penguasa untuk menindas tantangan terhadap kekuasaan mereka. terjadi hampir di seluruh belahan dunia. Mereka percaya bahwa Terorisme adalah cara yang paling efektif untuk melakukan revolusi politik maupun sosial. khususnya dengan penggunaan kekerasan dan ancaman kekerasan. Akan lebih efektif menerapkan ³the philosophy of the bomb´ yang bersifat eksplosif dan sulit diabaikan. Berbagai pergolakan berkembang dan berlangsung secara berkelanjutan.Selatan. Terorisme mulai banyak dilakukan di Eropa Barat.

tidak boleh merusak pepohonan. Teror di Masa Sekarang Sebagai bagian dari fenomena sosial. ideologi. a motif terorisme lebih sering dikaitkan dengan dimensi moral yang luas seperti nilai. membuat dunia labil dan bergejolak. tidak boleh membunuh non-kombatan. pemberontakan. fanatisme agama. Stigma Islam yang melahirkan kekerasan terus dimunculkan setiap hari di berbagai belahan dunia. padahal tak sedikitpun agama ini menganjurkan kekerasan. agama. gerilya. Dalam berperang. bahwa sekarang ini. Kemudahan menciptakan ketakutan dengan teknologi tinggi dan liputan edia yang luas membuat jaringan dan tindakan teror semakin mudah mencapai tujuan. telah mengkhawatirkan dunia internasional sedemikian rupa tanpa alasan yang jelas sama sekali. Namun tidak dipungkiri. Islam diidentikan sedemikian rupa sebagai agama yang mengusung terorisme. baik secara institusi dan ataupun individualnya. pergolakan rasial. Ketidakstabilan dunia dan rasa frustasi dari banyak Negara Berkembang dalam perjuangan menuntut hak-hak yang dianggap fundamental dan sah. konflik regional yang menarik campur tangan pihak ketiga. bahkan juga oleh pemerintah sebagai cara dan sarana menegakkan kekuasaannya. Terorisme dan Teror telah berkembang dalam sengketa ideologi. Islam telah mengajarkan syarat dan ketentuan seperti tidak sembarangan.penjajah. membuka peluang muncul dan meluasnya Terorisme. Saat ini. Fenomena Terorisme meningkat sejak permulaan dasa warsa 70-an. Perkembangan Islam. dan sebagainya. perjuangan kemerdekaan. terorisme jelas berkembang seiring dengan perkembangan peradaban manusia. ketidakadilan tatanan dan struktur sosial maupun konstelasi dunia. (sa/berbagaisumber) . Proses globalisasi dan budaya massa menjadi lahan subur perkembangan terorisme.Hingga umat pun perlahan-lahan mulai percaya bahwa Islam mengusung kekerasan seperti itu. Cara-cara yang digunakan untuk melakukan kekerasan dan ketakutan juga semakin canggih seiring dengan kemajuan teknologi modern. tidak boleh berlebihan. pergolakan dalam negeri di sekian banyak negara Dunia Ketiga.

Janji-janji sorgawi (eskatologis). perang atas nama Tuhan dan agama masih mengemuka. baik bertopeng agama Islam. Di Jepang. Dan. Dalam film berjudul Mongol. Dalam kasus lain. diceritakan orang-orang suku Borjigins di pedalaman Mongolia berperang sepanjang hidupnya melawan suku-suku lainnya. Di sudut belahan dunia yang lain. Islam sebagai agama dan negara juga berkembang melalui peperangan. seperti kita pahami. dari gerakan Kristen kita mengenal peristiwa pengeboman klinik aborsi dan juga Timothy McVeigh. terkenal dengan peristiwa peledakan truk-truk dan bis-bis oleh tentara Nasionalis Katholik Irlandia.Agama dan Kekerasan REP | 22 February 2011 | 06:40 235 5 Nihil Oleh: Adie Prasetyo Sejarah peradaban umat manusia adalah sejarah peperangan dan penaklukan. terorisme dalam beberapa tahun terakhir ini telah menjadi kata yang sering muncul di media cetak maupun elektronik. Sebagai contoh. Di Indonesia. Atas nama agama. Perang dan penaklukan yang mereka lakukan berdiri di atas identitas komunal (tribal). Memang. telah menjadi pemicu terjadinya konflik atas nama agama. salah satunya dengan cara berperang dan menyerang. Ketika Muhammad membawa agama baru (Islam) di Mekah. . Padahal kita tahu. Yakni aksi kekerasan dengan berbagai cara untuk memberikan peringatan atau untuk melumpuhkan mereka yang dianggap sebagai ancaman dan musuh. ketika dunia makin bergeser ke arah modernisasi. tahun 1798 orang-orang Perancis mendarat di pelabuhan Iskandariyah. tentu saja orang sulit melupakan peristiwa pengeboman menara kembar WTC 11 September 2001 yang dilakukan oleh jaringan Al-Qaeda. Di Inggris. Hindu dan sebagainya. Dan. kata terorisme semakin populer seiring dengan berbagai rentetan peristiwa peledakan bom di berbagai daerah. Jauh sebelum teror mengguncang Indonesia. belakangan perang itu ditujukan untuk ¶mempersatukan¶ Mongolia menjadi satu kesatuan (negara) di bawah seorang Khan. niat besar membangun imperium berdasarkan agama. Kristen. ia bersama para pengikut setianya rela mempertahankan basis ideologinya. jaringan teroris ini berlindung di balik institusi keagamaan. Biasanya. bom meledak di mana-mana. Kita lebih akrab dengan sebutan terorisme atau jihad atas nama agama. Niat awalnya menyelamatkan gereja-gereja ortodoks di Timur Tengah. yang dibalut dengan perasaan dendam-buta kepada bangsa (agama) lain. dunia dikejutkan oleh serangan gas beracun di jalur kereta api bawah tanah oleh anggota sekte Hindu-Budha. sebenarnya peristiwa-peristiwa teror itu juga sudah dialami oleh berbagai negara di dunia. Budha. Sekarang. ekspansi itu sebenarnya ditujukan guna memperluas imperium Eropa dan mencari bahan baku baru bagi industri mereka.

karena menjadi fenomena global dalam menentang globalisasi dan modernisme. kita bisa mengajukan pertanyaan awal: apakah terorisme merupakan fenomena yang baru? Dalam buku Terorisme Para Pembela Agama (2003). Sebuah perjuangan kosmik antara kebaikan dan kejahatan. Setiap kelompok teroris. kekerasan atas nama agama ini terjadi sejak dulu. Agama memang memiliki aturan dalam memberikan pilihan bagaimana memperbaiki kerusakan mor dalam al masyarakat. khususnya Amerika Serikat. Global Rebellion: Religious Challenges to the Secular State (2008). Religion as Social Vision: The Movement Against Untouchability in 20th Century Punjab (1982). aksi kekerasan dan teror atas nama agama tersebut tak luput dari penelitian para sosiolog maupun agamawan terkemuka. Terror in the Mind of God: The Global Rise of Religious Violence (2003). sampai Tragedi 11 September di World Trade Center (WTC). terorisme dapat juga menjadi hal baru. agama telah dihinakan di balik aksi terorisme itu. dan kaum penganutnya wajib bertindak. yang terjadi hampir sama. merisaukan dan mengancam tatanan dunia. dan Al-Qaeda yang membom WTC 11 September 2001. Amerika Serikat. dalam menanggapi aksi kekerasan tersebut dengan metode yang salah kaprah. Mulai dari pembunuhan Indira Gandhi di India. Singkatnya. Percikan pemikiran Juergensmeyer tentang aksi kekerasan atas nama agama ini terangkum dalam beberapa bukunya. Seorang guru besar sosiologi dan Direktur Global and International Studies Universitas California di Santa Barbara. antara lain. benar dan salah. Kemudian buku-buku lain karya Juergensmeyer yang terkenal antara lain. Dalam hal ini. Dalam sejarah. yang dilakukan Christian Militant Movement. Radhasoami Reality: The Logic of a Modern Faith (1996). Juergensmeyer melakukan studi selama 15 tahun. dengan memobilisasi kekerasan sebagai alternatif. Sebab. Dus. Amerika Serikat.Sebagai fenomena yang menggemparkan. Lalu. mereka ingin menarik perhatian publik. Kita tahu. Tapi. Hal itu seperti fenomena permainan politik yang memanfaatkan respons keagamaan menjadi perang sekuler. juga bom Bali. dan The New Cold War: Religious Nationalism Confronts the Secular State (1993). Kesamaan dasarnya ialah masalah sosial yang diintroduksi ke dalam perjuangan agama. Untuk memahami lebih jauh latar belakang fenomena teror ini. mempunyai tujuan khusus dengan latar belakang masing-masing. sejak peledakan WTC 11 September 2001. Ada kesamaan antara pemboman Gedung Federal di Oklahoma. New York. *** Mengawali pembacaan tentang studi agama dan kekerasan. agama dan sekuler. Juergensmeyer menjawab bahwa terorisme bukanlah fenomena yang baru. masalahnya justru terletak dalam masyarakat (pemeluk agama) itu sendiri. Amerika menjadi negara yang . tentu saja agama tidak salah. Tapi. agama selalu mengajarkan hal yang baik. kekerasan itu sendiri merupakan bagian dari respons masyarakat dalam menyikapi masalah politik. Salah seorang ilmuan yang konsen meneliti masalah itu adalah Mark Juergensmeyer. Dalam pengamatan Juergensmeyer. ungkap Juergensmeyer. Mereka menggunakan agama sebagai jalan keluar untuk mengkritik. tidak tanggung-tanggung. Tapi. Terorisme di belahan dunia manapun selalu mengatasnamakan agama. Singkatnya. hal ini tak sesuai lagi dengan moralitas yang diajarkan agama. Juergensmeyer mengajak kita untuk merefleksikan bagaimana dunia Barat. bagaimana cara mengerem terorisme atas nama agama agar tidak beranak pinak menjadi kekerasan dengan segala dimensinya? Sebelum menjawab pertanyaan ini. tentu saja ketika dilakukan dengan tingkat ekstrem dalam bentuk tindak kekerasan.

*** Kembali ke pertanyaan awal. Padahal. Justru. di mana pun aksi teroris itu terjadi. Kita juga paham. kebijakan luar negeri dan globalisasi sekulerisme yang dipromosikan Amerika telah melahirkan persepsi penghinaan dan ketertindasan berbagai kelompok agama. Inilah yang dilakukan oleh Amerika ketika mendeklarasikan perang total melawan terorisme agama dan melaksanakannya selama bertahun-tahun. Dominasi politik dan ekonomi AS dan Barat. Padahal. benar dan salah. Setelah berbicara dengan banyak pelaku teror. Amerika menempatkan diri sebagai panglima dunia yang memungkinkan negara itu memainkan politiknya dengan bertindak secara global. Cara ini pun dianggap tidak efektif. bukan hanya dunia Islam. karena meski para aktivis itu diancam atau . secara samar-samar kita dapat melihat apa yang disebut Juergensmeyer sebagai fenomena ´Perang Dingin Baru. sesungguhnya yang sedang terjadi adalah perang yang diciptakan oleh persepsi. kita tahu di balik itu terdapat motif-motif ekonomi-politik (neokolonialisme) Amerika serikat untuk menguasai sumber-sumber ekonomi di Irak. Penggunaan kekuatan untuk menghancurkan terorisme tidak jarang hanya merupakan manipulasi untuk membenarkan kepentingan di balik itu. Amerika juga sedang melakukan tindakan teroris. Kedua. bagaimana cara mengakhiri kekerasan atas nama agama ini? Menurut Juergensmeyer. agama dan sekulerime. seperti membangkitkan kenangan perang dingin dulu. tindakan tersebut telah memantik perlawanan dan dendam berkepanjangan dari jaringan gerakan agams politik radikal. Y akni sebuah pertarungan kosmik antara kebaikan dan kejahatan. Artinya. karena setiap kekerasan yang dihadapi kekerasan akan menimbulkan kekerasan baru. Ada banyak luapan kekecewaan dan kemarahan yang hadir di berbagai belahan dunia. reaksi kekerasan pun menjadi pilihan. ada lima skenario yang dapat dilakukan untuk mengakhiri teror atas nama agama. The New Cold War ini terjadi karena westoxifikasi budaya . intelijen Amerika akan menelusurinya. tanpa disadari Amerika sendiri memanfaatkan peluang politik ini untuk melancarkan agresinya dengan membawa bendera perang melawan terorisme.paling paranoid. terutama dengan gerakan-gerakan Islam di seluruh dunia. merupakan salah satu dari solusi yang dilakukan melalui kekuatan (power). Dalam proses selanjutnya. Akhirnya. Ada introduksi konsep perjuangan agama dalam menjawab masalah sosial. Huntington. Fenomena ini turut diperparah oleh kesimpulan ilmuan Gedung Putih.´ Menurut Juergensmeyer. di mana tercipta persepsi bahwa pihak yang di seberang itu jahat. Pada muaranya. baik di Jerman. Juergensmeyer menemukan tumbuhnya sikap ketidaknyamanan makro akibat globalisasi dan perubahan sosial. Skenario pertama. solusi dalam bentuk ancaman pembalasan dengan kekerasan atau pemenjaraan untuk menakut-nakuti aktifis-aktifis keagamaan sehingga mereka ragu-ragu untuk melakukan aksinya. Timur Tengah. Cara yang dianggap solusi ini pada kenyataannya bukan solusi yang baik. Inggris. salah satunya Samuel P. Penanganan terorisme seperti itu tentu bukan cara terbaik untuk memotong akar terorisme di dunia. akan serangan westoksifikasi. Kebijakan Amerika untuk menuntaskan terorisme ini berlaku di seluruh dunia. Ada fenomena menentang globalisasi dan modernisme yang seakan hendak mengendalikan dunia. banyak tercipta persepsi bahwa Amerika Serikat dan Barat itu jahat dan di Barat juga terdapat persepsi bahwa Islam agama yang penuh dengan kekerasan. dengan bauran persepsi ini. kemudian juga menjadi sumber kemarahan baru. Dus. Di dunia Islam. yang menyatakan bahwa dunia saat ini sedang bergerak menuju perang peradaban antara Islam di satu pihak dan Barat di pihak lain. Hal ini dilakukan dengan cara membinasakan atau mengendalikan teroristeroris itu dengan jalan kekerasan. Tapi. ingat saat menyerang Afganistan dan Irak. dan lain-lain.

termasuk CNN. Sejak 11 September. Berkeley. Juergensmeyer aktif menjadi komentator di media. Ia juga memiliki gelar dari Union Theological Seminary di New York. dengan melakukan kompromi atau negosiasi dengan para aktifis yang terlibat dalam terorisme. NPR. Artinya. Di luar kelima skenario itu. Keempat. Karena bagaimanapun. Fox News dan ABC¶s Politically Incorrect. ke depan diskursus keagamaan harus mampu melakukan terobosan-terobosan baru guna mendekontekstualisasi kekerasan. Sebelumnya. Dus. Namun. Asia & Pacific Studies. maka terorisme justru akan berkembang dengan subur. dari 1989-1993. Kalau kita menyikapinya dengan cara yang salah. agama menghendaki agar setiap umat dapat hidup berdampingan tanpa harus menebarkan kebencian dan kecurigaan pada yang lain. NBC. politisasi agama dapat dipecahkan melalui sekulerisasi. Juergensmeyer menegaskan bahwa aksi kekerasan atas nama agama akan terus berlangsung. menyerukan adanya saling percaya dan saling menghormati. cara ini justru menimbulkan reaksi keras dari aktifis-aktifis keagamaan yang kadarnya semakin tinggi. Hal ini ditingkatkan dan kemungkinan-kemungkinan ke arah penyelesaian dengan jalan kompromi semakin menguat ketika aktifis-aktifis keagamaan memandang otoritas-otoritas pemerintahan memiliki integritas moral yang sesuai dengan nilai-nilai agama. kekerasan dan konflik politik di berbagai belahan dunia. Cara ini pun seperti dikatakan oleh Marx Juergensmeyer sendiri merupakan penyelasaian yang tidak selalu berhasil. Alih-alih dapat melunakkan prinsip mereka. University of California dari 1993-1997. solusi-solusi yang mengharuskan pihak-pihak yang saling bertikai untuk. CBS. paling tidak pada tataran minimal. pemisahan agama dari politik dan kembali pada landasan-landasan moral dan metafisikal. cara ini nampaknya belum menunjukkan keberhasilan. selama kita salah menyikapinya. di mana ia kemudian dikoordinasikan program studi agama. bahkan dibunuh sekalipun tidak akan berpengaruh terhadap para aktivis keagamaan lainnya. *** Itulah percikan pemikiran Mark Juergensmeyer. karena keseriusannya Juergensmeyer mendapat julukan sebagai ahli agama dan ahli resolusi konflik. D. Dekan School of Hawaii. seorang profesor sosiologi dan studi agama di University of California. Kelima. seperti doktrin perang suci atau jihad. Tak heran. Ia telah menerbitkan lebih dari 200 artikel dan selusin buku. Santa Barbara. tapi yang lain menjadi marah dikarenakan apa yang mereka sebut sebagai penjualan prinsip. Profesor Agama dan Ilmu Politik. terutama kekerasan yang mengancam terwujudnya masyarakat pluralis. Ilmuan yang serius meneliti tentang agama. yang kerap dijadikan justifikasi untuk menghalalkan kekerasan. Solusi seperti ini telah dilakukan di beberapa negara di dunia. Beberapa aktifis barangkali menjadi lunak. Universitas Hawaii. Saat ini sangat diperlukan pemahaman keagamaan yang turut mendorong perlawanan terhadap segala bentuk kekerasan. Juergensmeyer pernah menjabat sebagai Ketua Pacific Rim Penelitian Program. Direktur . Setiap upaya kompromi yang dilakukan sekelompok aktifis Palestina akan membuat marah kelompok lainnya. Amerika Serikat. Ketiga. Ilmu Politik di University of California. Sang Profesor ini dibesarkan di daerah perdesaan di pusat Illinois dan pernah bekerja sebagai koresponden perang di Vietnam. Juergensmeyer mendapatkan gelar Ph. Kasus Arafat dan Hamas merupakan contoh dalam skenario ini.dipenjara. Columbia University (hubungan internasional) dan University of Illinois (bachelor dalam filsafat seni).

Kuliah pertama akan membahas masalah definisi dan epistemologis terlibat dalam konsep 'terorisme' dan selanjutnya berkonsentrasi pada teori tentang penyebab kekerasan politik dalam berbagai bentuknya. Modul ini juga akan fokus pada pertanyaan terorisme dalam kaitannya dengan internet. The Washington Post dan Los Angeles Times memasukkan Juergensmeyer sebagai ilmuan dan penulis terbaik (2003) dan bukunya ³Teror dalam Pikiran Tuhan: Kebangkitan Global Kekerasan Agama´ menjadi salah satu buku nonfiksi terbaik tahun 2003. hubungan antara terorisme dan kejahatan terorganisir dan implikasi strategi kontra-terorisme dan berbagai 'Perang terhadap Terorisme' untuk demokrasi dan hak asasi manusia. Universitas California. Terhadap latar belakang historis kuliah akan membahas munculnya terorisme dan kekerasan politik di tiga wilayah luas: Amerika Latin. and deepens their knowledge of the controversial aspects of this subject. UC Berkeley 1974-1989. The module will also focus on the question of terrorism in relation to the internet. dan berfokus pada munculnya terorisme politik selama paruh kedua abad ke-19. dan sebagai Profesor dan Direktur Perbandingan Agama. Ini akan diikuti oleh suatu tinjauan rinci kronologis yang menelusuri asal-usul fenomena yang lama kembali dalam sejarah. This will be followed by a detailed chronological review which traces the origins of the phenomenon long back in history. ³The New Cold War? Religious Nationalism Confronts the Secular State´ menjadi salah satu buku terkemuka tahun 1993 versi The New York Times. The lectures will first address the definitional and epistemological problems involved in the concept of 'terrorism' and thereafter concentrate on theories about the causes of political violence in its different forms. Modul ini memperkenalkan siswa untuk studi yang mendalam tentang terorisme dan kekerasan politik. the relationship between terrorism and organised crime and implications of various counter-terrorism strategies and the 'War on Terrorism' for democracy and human rights. Karena dedikasinya yang tinggi terhadap masalah agama dan kekerasan. Buku sebelumnya. Western Europe and the Middle East. UC Berkeley. All these issues will be addressed with a special . (*) Deskripsi This module introduces students to the indepth study of terrorism and political violence. and focuses on the emergence of political terrorism during the second half of the 19th century. Eropa Barat dan Timur Tengah. di Graduate Theological Union.Program Studi Agama. dan memperdalam pengetahuan mereka tentang aspek-aspek kontroversial dari subjek ini. Against this historical background the lectures will address emergence of terrorism and political violence in three broad regions: Latin America.

migrasi) itu tidak hanya merupakan fenomena geografis/politik. UNIK Selanjutnya dalam fenomena kenabian. konsep-konsep di dalam Islam. mengapa tahun Islam dimulai dari saat nabi hijrah? Mengapa tidak dimulai dari tahun kelahiran nabi? Ternyata hijrah (perpindahan. nabi Muhammad saw sungguh unik secara sosiologis. tapi secara sosiologis hijrah itu merupakan fenomena fundamental dalam kemajuan peradaban. Dan. Against this historical background the lectures will address emergence of state terrorism and dissident terrorism in its right wing and left wing forms. beliau tumbuh dan dibesarkan pada kawasan yang fakum.focus on methodological problems involved in the study of terrorism and political violence. semasa kecil Indonesian Muslim Society in America (IMSA) beliau adalah anak yatim yang diasuh bergantian dan menjadi penggembala. yaitu uraian sosiologis yang bersumber dari fenomena. selalu diawali dengan peristiwa hijrah. Lalu dari sudut teori sosialisasi beliau juga tak tersentuh oleh agen-agen sosialisasi primer layaknya. Shari¶ati mengklaim bahwa uraiannya merupakan tinjauan sosiologi Islam. MEMAHAMI SOSIOLOGI ISLAM ALI SHARI PENGANTAR Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh. dari Summeria sampai dengan Amerika. meskipun di akhir uraiannya saya merasakan ada kesimpulan Shariati yang tak lepas dari konteks revolusi Iran saat itu. di luar pengaruh hegemoni peradaban2 yang maju saat itu. dengan sendirinya peranan beliau juga sangat unik. aktif dalam pergerakan revolusi Iran tahun 70-an khususnya melalui tulisan-tulisannya. Dari sudut teori perubahan sosial. . HIJRAH Ali Shari¶ati memulai dengan pertanyaan kenapa hijrah itu begitu penting? Kita dapat pula bertanya . Semua masalah ini akan ditangani dengan fokus khusus pada masalah metodologis yang terlibat dalam studi mengenai terorisme dan kekerasan politik. Ia tidak setuju dengan pendekatan sebaliknya yakni pendekatan yang mendeduksi begitu saja konsep-konsep atau teori sosiologi ke dalam ajaran Islam. alumni Perancis. Setiap kemajuan peradaban. karena dengan latar belakang seperti itu bisa melakukan perubahan sosial luar biasa luas dan dalam. Ali Shariati mencoba menguraikan fakta dan logika di dalam sejarah dan konsep-konsep di dalam agama Islam dengan menggunakan model analisis sosiologi dan hasilnya memang menarik sekali. Terhadap latar belakang historis kuliah akan membahas munculnya terorisme negara dan terorisme pembangkang di sayap kanan dan bentuk sayap kiri. yaitu Romawi dan Parsi. tak satu pun suku-suku yang menetap (tidak berhijrah) bisa mencapai kemajuan dalam peradabannya. pesan-pesan. Ali Shari¶ati adalah seorang doktor sosiologi dan filsafat.

tidak pula sama dengan konsep dosa turunan. Saya lalu menduga mungkin itu pengaruh suasana revolusi Iran saat itu dan kalau alas an itu diuraikan bias saja merupakan halpositif yang kita belum tahu. manusia juga menerima tugas sebagai wakil Tuhan di bumi. sayang saya belum sempat membacanya. Ini tugas berat tapi mulia. Islam menekankan pentingnya free will. Selanjutnya secara konseptual. Islam menghargai peranan the people/pengikut itu sendiri. Seorang nabi tidak bisa memaksakannya karena memang tidak ada paksaan pula dalam agama. lebih beramanah daripada sekedar konsep society. Jadi. Tentunya kalau ada kawan-kawan yang pernah baca buku-buku Ibnu Khaldun. koreksi. Wassalamu laikum warahmatullahi wabarakatuh. sesuai dengan teori perubahan sosial. BAPAK SOSIOLOGI ISLAM Post Body Copy ibnu khaldun . apalagi kalau hubungan antar kelompok social di dalamnya bersifat eksploitatif dan imperialistic seperti terjadi dalam banyak sejarah masyarakat manusia. secara konseptual manusia dalam Islam sebenarnya lebih tinggi dari sekedar konsep humanisme. manusia adalah khalifatullah fil ardh. Saya mendengar buku karya Tabrani dan Ibnu Khaldun katanya telah meletakkan dasar-dasar analisis sosiologi. Saya tidak menemukan uraian atau alasan yang cukup mengapa Shari¶ati sampai pada kesimpulan itu. konsep µummah¶ di dalam Islam memiliki makna yang lebih bersahabat. khususnya al Mukadimmah. maupun kehidupan masa kini. jadi secara konseptual posisi the people itu amat penting di dalam Islam. IBNU KHALDUN. Ayat-ayat Qur¶an selalu menekankan al nas ini: ya ayyuhannas. atau tambahan. Kalau ada komentar. FREE WILL Dalam konsep manusia.Namun. manusia terbuat dari tanah liat dan ruh ilahi yang ditiupkan kepadanya dan hanya manusia /individu itu sendirilah yang nantinya harus menentukan dirinya mau memilih ke arah sifat Tuhan atau kebawa godaan setan. mengingat nabi sebenarnya hanya penyampai pesan sedangkan the people itu sendiri yang menentukan apakah mereka mau menolak atau menerima. lebih damai. tentu saya dan kita semua akan berterima kasih. Kalau menunggu seselai membaca buku-buku tersebut mungkin saya baru bisa menulis untuk IMSA tahun depan. Terus terang saya baru membaca satu* ini saja dari buku-buku yang membahas tentang sosiologi Islam. CATATAN Di atas saya katakan bahwa di akhir uraian Shari¶ati terselip subyektivitas pengaruh revolusi Iran. UMMAH Dalam struktur sosial. di dalam Islam. Ini saya catat dari penegasan Shariati mengenai pentingnya peranan immamah. silakan dishare di forum ini.

IBNU Khaldun. Ibnu Khaldun menisbatkan nama dirinya kepada Khalid Ibn utsman karena Khalid adalah nenek moyangnya yang pertama kali memasuki Andalusia bersama para penakluk berkebangsaan Arab lainnya pada abad ke-8 masehi. dan penghancuran Baghdad dan wilayah disekitarnya oleh bangsa Mongol pada . Dan ketemulah saya dengan artikel dengan judul ³Ibnu Khaldun. Akhirnya saya mencoba mencari-cari di beberapa sumber untuk meyakinkan saya bahwa Ibnu Khaldunlah Bapak Sosiologi. perjalanan. Perjalanan Ibnu Khaldun dari Masa ke Masa Ibnu Khaldun hidup pada masa antara 1332-1405 M ketika peradaban Islam dalam proses penurunan dan disintegrasi. karena dihubungkan dengan anaknya yang sulung. pembakaran. Sejak masa kanak-kanak ia sudah terbiasa dengan filsafat. sebenarnya dosen telah menyebutkan satu tokoh muslim sebagai orang yang mengenalkan Sosiologi jauh hari sebelum August Comte lahir dialah Ibnu Khaldun. bertepatan dengan tanggal 27 Mei 1332 M. ilmu alam. seni dan kesusastraan yang dengan mudahnya ia padukan dengan bidang kenegaraan. beliau sangat mahir dalam menyerap segala pelajaran yang diterimanya. Nama kecilnya adalah Abdurrahman. Metafisika dan Positivistik. Bapak Sosiologi. siapa sebenarnya Ibnu Khladun? di buku-buku Sosiologi memang disinggung sedikit tentangnya. untuk selengkapnya silakan baca artikel Mas Zaldy Munir berikut yang mengupas secara lengkap perihal Ibnu Khaldun. Dan August Comte hanya penemu istilah Sosiologi dan bukanlah orang yang pertama melahirkan ilmu itu. lahir di Tunisia pada tanggal 1 Ramadhan 732 H.:) Baik.wordpress. kita dikenalkan dengan sosok August Comte yang disebut-sebut sebagai Founding Fathernya Sosiologi lantaran pemikirannya waktu Abad pencerahan dengan mengemukakan Teori 3 Fase Masyarakat: Teologi.com/2008/10/2 3/ibnu-khaldun-bapak-sosiologi-islam/ Denganartikel yang memuat biografi Ibnu Khaldun ini kita dapat mengatakan bahwa orang yang pertama kali mengenalkan Sosiologi adalah Ibnu Khaldun maka pantaslah beliau yang disebut sebagai Bapaknya Sosiologi. Waliuddin adalah kehormatan dan kebesaran yang dianugerahkan oleh Raja Mesir sewaktu ia diangkat menjadi Ketua Pengadilan di Mesir. nama lengkapnya adalah Abdu al-Rahman ibn Muhamad ibn Muhamad ibn Muhamad ibn al-Hasan ibn Jabir ibn Muhamad ibn Ibrahim ibn Khalid ibn Utsman ibn Hani ibn Khattab ibn Kuraib ibn Ma`dikarib ibn al-Harits ibn Wail ibn Hujar atau lebih dikenal dengan sebutan Abdur Rahman Abu Zayd Muhamad ibnu Khaldun. Jadilah pertanyaan hadir dalam diriku. Akan Tetapi. Bapak Sosiologi Islam yang ditulis oleh Mas Zaldy Munir yang dapat dilihat langsung karya orisinal beliau di link: http://zaldym. Ibnu Khaldun adalah seorang yang memiliki prestasi yang gemilang. Saat itu. sedangkan Abu Zaid adalah nama panggilan keluarga. dan pengalamannya. Selamat membaca. Abdurrahman Zaid Waliuddin bin Khaldun. tokoh itu nggak dibahas secara detail dan lengkap.Hanya saja waktu itu beliau tidak mengenalkan istilah Sosiologi meskipun secara teori dan ajarannya sangatlah sosiologis. Khalifah Abbasiyah diambang keruntuhan setelah penjarahan. Maka tepatkah kiranya kalau dia disebut anak Sosiologi.Oleh: Zaldy Munir Sebenarnya siapakah Bapak Sosiologi Ibnu Khaldun atau August Comte? Waktu pertama kali masuk kuliah Sosiologi.

dia berhasil merebut kekuasaan dan mendirikan pemerintahan (sebagai Amir) di Sevilla.) Andalusia dalam suasana perpecahan dan perebutan kekuasaan dan yang paling parah adalah Sevilla.shvoong. anak cucu Khaldun pindah ke Sevilla yang pada masa pemerintahan Amir Abdullah Ibnu Muhammad dari Bani Umayyah (274-300 H. Ibnu Khaldun tekun mengamati bagaimana caranya membalik atau mereversi gelombang penurunan peradaban Islam. Ia menetap di Carmona. karena tertarik oleh kemenangan-kemenangan yang dicapai oleh tentara Islam. kecuali pada masa awal-awal periode pertama yang singkat dari sejarah kekhalifahan Mamluk. suatu kota kecil yang terletak di tengah-tengah antara tiga kota yaitu Cordova. disebutkan bahwa: Keluarga Ibnu Khaldun berasal dari Hadramaut di Yaman. karena kekejaman dan kekerasannya dia tidak disenangi rakyat dan akhirnya meninggal terbunuh pada tahun 899 H Sumber: http://id. Sebagai seorang muslim yang sadar. masuk Andalusia (Spanyol) bersama-sama para penakluk berkebangsaan Arab sekitar abad ke VII M. Sebagai ilmuwan sosial. yang dikelilingi serangkaian krisis ekonomi yang parah. Granada dan Seville. Ibnu Khaldun sangat menyadari bahwa reversi tersebut tidak akan dapat tegambarkan tanpa menggambarkan pelajaran-pelajaran dari sejarah terlebih dahulu untuk menentukan faktorfaktor yang membawa sebuah peradaban besar melemah dan menurun drastis. yang di kemudian hari kota ini menjadi pusat kebudayaan Islam di Andalusia. periode kedua adalah Burji Mamluk (1382-1517). [Periode pertama Bahri/Turki Mamluk (1250-1382) yang banyak mendapat pujian dalam tarikh. Nenek moyang Ibnu Khaldun adalah Khalid bin Usman. hanya berkontribusi pada percepatan penurunan peradaban akibat korupsi dan inefisiensi yang mendera kekhalifahan. sekitar tujuh puluh lima tahun sebelum kelahiran Ibnu Khaldun. Dalam suasana seperti itu anak cucu Khaldun yang bernama Kuraib mengadakan pemberontakan bersama Umayyah Ibnu Abdul Ghofir.tahun 1258. selama periode kristalisasi gagasan Ibnu Khaldun. dan kalau ditelusuri silsilahnya sampai kepada sahabat Rasulullah yang terkenal meriwayatkan kurang lebih 70 hadits dari Rasulullah. yaitu Wail bin Hujr. Pada abad ke VII M. Akan tetapi. Dinasi Mamluk (1250-1517)..com/social-sciences/sociology/2104915-ibnu-koldun-sebagaibapak-sosiologi/#ixzz1NYpSwPEk Nasional Jawa Timur Din Syamsudin: Negara Biarkan Kekerasan "Saya bersama tokoh-tokoh nasional lainnya sepakat bahwa negara tidak hadir." Sabtu. Adapun asal-usul Ibnu Khaldun menurut Ibnu Hazm ulama Andalusia yang wafat tahun 457 H/1065 M. 2 Oktober 2010. 16:23 WIB Antique .

Maraknya tindakan kekerasan yang terjadi beberapa hari terakhir seperti di Tarakan dan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan adalah fenomena yang menyedihkan. "Saya bersama tokoh-tokoh nasional lainnya sepakat bahwa rentetan peristiwa kekerasan itu karena negara tidak hadir. sempat ada pimpinan Nasional yang menyatakan bahwa masjid sebagai kampanye terorisme. fenomena kekerasan ini harus segera diatasi. Din Berharap pernyataan seperti itu jangan terulang lagi." tutur dia. . Din Syamsudin." ujar Din seusai meresmikan RS PKU Surakarta. lanjut Din. kasih sayang dan perdamaian. "Harus segera diselesaikan. Sebab. Polda Akui Intelijennya Lemah Ratusan Polisi Kepung Kebun Sawit di Serdang VIVAnews . bukan hanya dengan himbauan sebagaimana yang sering dinyatakan Kepala Negara. harus segera diselesaikan. bukan hanya dengan himbauan. Menurut Ketua PP Muhammadiyah. Menurutnya." ujar Din. jika dibiarkan akan membuat bangsa ini sebagai negara kekerasan. dengan tindakan yang cepat dan tepat. Fenomena kekerasan ini. tidak perlu saling menyalahkan satu sama lain. Namun. kalau ada tuduhan dari presiden bahwa masjid digunakan untuk kampanye terorisme bukanlah pernyatan yang arif. Ini tentu saja bukan pernyataan yang arif dan tidak akan menyelesaikan masalah. rentetan fenomena kekerasan ini muncul lantaran negara membiarkan adanya tindakan kekerasan. 2 Oktober 2010. Artinya negara yang ghoib di dalam menyelesaikan masalah. Justru ini akan melukai perasaan dari mayoritas masyarakat Islam yang mengedepankan toleransi. Untuk mengatasinya. state of vioelence. Tetapi harus ada tindakan yang nyata dan tepat.Din Syamsudin (VivaNews/ Tri Saputro) BERITA TERKAIT y y y y y Polri: Perusuh Bersenjata Akan Ditembak Bom Kalimalang Belum Dipastikan Aksi Teroris Pemerintah Pantau Perkembangan Damai Tarakan Bentrok Ampera. Kekerasan itu ada karena ada pembiaran dan pengabaian oleh negara. Tetapi. "Bahkan. Sabtu.

4 Ke n sos o og mode n 7 Refe ens 8L tp VX W V UT S R Q P G P HQPIHG F EA D B C B BA 5 95 @ @ 5 6 5 585976 8765 4 2320 21 2 2 2 2 2 1 0 ) & %& &%& '$& ' ( ' & &% $ # ! " ! !  !               ©  © § § ¨§ ¦ ¥ ¤ £ ¤£ £  ¡  ¢  ¢ n .1 e kem n g n p d o 6. Y 5856 1 Sej st sos o og 2 okok s n sos o og 3 C -C d n H k k t Sos o og 4 O jek Sos o og 5 ng L ngk p K j n Sos o og 6 e k em n g n sos o og d d ke d d pence n o 6.2 eng pe n y n g te j d d d pence o 6.3 Gejo k d evo s o 6." il ii l t i i l t li iti i l ti i i t t ii i t i it l t l li it l i t t t i i M j l i l lt i M t t t li ´ t t i M i t t li t i i t i i i l i C " i j t i i it i y y y y y y l t" j j £ y y [sunting] Sejarah istilah sosiologi Pot et Auguste Comte.

3.y y y y y [sunting] Pokok bahasan sosiologi Pokok bahasan sosiolgi ada empat: 1. yang bersi at memaksa dan mengendalikan individu (murid). menanam bunga untuk kesenangan pribadi bukan merupakan tindakan sosial.[rujukan?] Contoh. seba ai er iri a as ba ia -ba ia ya er a u sa u sama lai sua u r a isasi ya Karl Marx memper e al a pe e a a materialisme iale is.ewajiban tersebut ituangkan ke alam sebuah aturan an memiliki sanksi tertentu jika ilanggar. Ward mempubli asi a Dynamic Sosiology. Tindakan sosial sebagai tindakan yang dilakukan dengan mempertimbangkan perilaku orang lain. Khayalan sosiologis sebagai cara untuk memahami apa yang terjadi di masyarakat maupun yang ada dalam diri manusia. i a a erha ia i usa a a a hu u -hu u s a is ya e ja i asar a a ya asyara a a s si l i i a is i a a erha ia i usa a e a er e ba a asyara a ala ar i e ba u a Ri isa e ersebu isa bu ha a leh asyara a luas. dan berperasaan yang berada di luar individu dan mempunya kekuatan memaksa dan mengendalikan individu tersebut. i se olah seorang muri iwaji an untu atang tepat wa tu.[rujukan?] Menurut Wright Mills. Max Weber. e r Si el. ber a a Au us e ahu 1842 a e u ia i e al seba ai Ba a e elajari e a asyara a lahir i Er a S si l i [rujukan?] S si l i seba ai il u ya are a il uwa Er a a a aba e-19 ulai e ya ari erlu ya secara husus e elajari isi a erubaha s sial [rujukan?] Para il uwa i u e u ia beru aya e ba u sua u e ri s sial ber asar a ciri-ciri ha i i asyara a a a ia aha era aba a usia [rujukan?] e e be a a a ara s si l i s a is. v v w v w v w x v v v . Kewajiban. merupakan tindakan sosial.elas s sial me ja i i isari perubaha a per emba a masyara a Max Weber memper e al a pe e a a verstehen (pemahama ). a Pi iri S r i (se ua ya berasal ari Er a) [rujukan?] Masi . berpikir.[rujukan?] Contoh. dan berperasaan yang ada di luar individu (sekolah). berpikir. ya berupaya me elusuri ilai. Fakta sosial sebagai cara bertindak. mengguna an seragam. w w vw wv vv w v v 2. an bersi ap hormat epa a guru. ujua . a si ap ya me ja i pe u u perila u ma usia Di Ameri a Lester F. a a ari a il ya seju lah il uwa besar i bi a s si l i [rujukan?] Mere a a ara lai erber S e cer. kita c f g d y u t t t s o n o o o p o o n o p o o n o o r q q o o o n po o n o n r q g g f g hg g h g k f g m f j i i i f gkf g g g f h g f hg g f g f jj j j i i l e• • • • • • d • • ™ – – – ˜ – ˜ – ˜– ˜ ˜– ˜ • — • ’ “ ‘’ – – ˜ ˜ ˜ ” ’ “ ’ “ ’ ‘ ˆ   ˆ ‰‰ ‡ „  … … …  „    ‚ ‚ ‚ ‚ ƒ † † † ‚  t s wt t s t s y w s t x w ‚ € uu u t s t u t s v v v i aa a c c d f g b b f c c d c f d gd d c f ec g d c f c d c d b b b b ` ` ` ` c d c i ga e c d c fa a d b b ` c e dd a r cc ec c e d f d q c g b pc c f i aa a c e e c d d c gd b b ` ` ` e f gd f d a c d e dah c c ic c c d g b ` ` ` b ` ` ` ` ` d e f dc c d f g c c c f gec g c de d ce b b ` ` ` ` ` ` aa a c e f d c e e e c d c d f d f e gc f ge b b ` ` ` ` c g c de aa a c c f e d d dah i c dc e g ` ` ` b ` ` g g e g f d ff c f e a a c c d d b ` ` ` ` ` g c e d f c d i a c g c e ecaf gd d ` f c g e c d d fe e g ga c d c f ga e f d c c gd d c d aa a i aa a b ` ` b b b b ` c fec e d fc e c dah d c c b ` ` ` b a f d gc f e a d c aa a b b b ` ` ` 1842: Is ilah S si l i seba ai caba Il u S sial ice us a er a a ali leh il uwa Pera cis.asi berjasa besar e yu ba a bera a e e aa e elajari asyara a ya a a ber u a u u er e ba a S si l i [rujukan?] Émile Dur heim ilmuwa s sial Pera cis berhasil melemba a a S si l i seba ai isi li a a emis [rujukan?] Emile memper e al a pe e a a fungsionalisme ya berupaya me elusuri u si berba ai eleme s sial seba ai pe i a se ali us pemelihara e era ura s sial 1876: Di I ris Herbert Spencer mempubli asi a Sosiology a memper e al a pe e a a analogi organik. epercayaa . arl Marx. dengan khayalan sosiologi. ya me a ap li a ar. Fer i a Tö ies. tetapi menanam bunga untuk diikutsertakan dalam sebuah lomba sehingga mendapat perhatian orang lain. Dari contoh tersebut bisa ilihat a anya cara bertindak. E ile Dur hei . ya memahami masyara a seper i ubuh ma usia.

sebagai berikut. Isu merupakan hal yang ada di luar jangkauan kehidupan pribadi individu. yaitu didasarkan pada observasi dan akal sehat yang hasilnya tidak bersi at spekulasi (menduga-duga). sosiologi sebagai ilmu mempunyai ciri-ciri. Artinya yang menjadi perhatian adalah bentuk dan pola peristiwa dalam masyarakat secara menyeluruh. diperluas sehingga memperkuat teori-teori yang lama. Sosiologi termasuk disiplin ilmu normati . hakikat. maka pengangguran itu adalah masalah. 4. yang pemecahannya menuntut kajian lebih luas lagi. yaitu selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan. artinya sosiologi mempunyai gejala-gejala umum yang ada pada interaksi antara manusia. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang empiris dan rasional. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan umum. isi. si at. Komulatif. maka pengangguran tersebut merupakan isu. riwayat hidup pribadi. kemudian diperbaiki. Permasalahan pribadi individu merupakan ancaman terhadap nilai-nilai pribadi. dan hubungan antara keduanya. Contoh. Teoritis. yang dikutip oleh Soerjono Soekanto. yaitu pembahasan suatu masalah tidak mempersoalkan baik atau buruk masalah tersebut. dan struktur masyarakat manusia. bukan hanya peristiwa itu sendiri. dan abstraksi tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis dan bertujuan menjalankan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori. Johnson. yaitu disusun atas dasar teori-teori yang sudah ada. Masalah individual ini pemecahannya bisa lewat peningkatan keterampilan pribadi. bentuk. tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secara mendalam. Realitas sosial adalah penungkapan tabir menjadi suatu realitas yang tidak terduga oleh sosiolog dengan mengikuti aturan-aturan ilmiah dan melakukan pembuktian secara ilmiah dan objektif dengan pengendalian prasangka pribadi. Menurut Harry M. Nonetis. serta mencari prinsipprinsip dan hukum-hukum umum dari interaksi manusia. Sementara jika di kota tersebut ada 12 juta penduduk yang menganggur dari 18 juta jiwa yang ada. [sunting] Ciri-Ciri dan Hakikat Sosiologi Sosiologi merupakan salah satu bidang ilmu sosial yang mempelajari masyarakat.mampu memahami sejarah masyarakat.[1] y y y y Empiris. al ini menyangkut metode yang digunakan. bukan merupakan disiplin ilmu kategori yang membatasi diri pada kejadian saat ini dan bukan apa yang terjadi atau seharusnya terjadi. jika suatu daerah hanya memiliki satu orang yang menganggur. Sosiologi bertujuan menghasilkan pengertian dan pola-pola umum. y .[2] z y y y y y | y { y Sosiologi adalah ilmu sosial karena yang dipelajari adalah gejala-gejala kemasyarakatan. Sosiologi merupakan ilmu pengetahuan abstrak dan bukan ilmu pengetahuan konkret. Sosiologi termasuk ilmu pengetahuan murni (pure science) dan ilmu pengetahuan terapan. Hakikat sosiologi sebagai ilmu pengetahuan sebagai berikut. Alat untuk melakukan khayalan sosiologis adalah persmasalahan (troubles) dan isu (issues). Sosiologi sebagai ilmu telah memenuhi semua unsur ilmu pengetahuan. dan pengamatan tabir secara jeli serta menghindari penilaian normatif.

Hampir semua gejala sosial yang terjadi di desa maupun di kota baik individu ataupun kelompok. Ruang lingkup kajian sosiologi lebih luas dari ilmu sosial lainnya. sepanjang kejadian itu memberikan keterangan beserta uraian proses berlangsungnya hidup kelompok-kelompok. y Objek Formal Objek formal sosiologi lebih ditekankan pada manusia sebagai makhluk sosial atau masyarakat.dan penggunaan sumber-sumber kekayaan alam. dan sebagainya. Persoalan sejarah yaitu berhubungan dengan catatan kronologis. individu dengan kelompok. misalnya usaha kegiatan manusia beserta prestasinya yang tercatat.[3] y Objek Material Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial. . Dengan demikian sosiologi dapat dihubungkan dengan kejadian sejarah. merupakan ruang kajian yang cocok bagi sosiologi. misalnya antara lain:[6] y y y Ekonomi beserta kegiatan usahanya secara prinsipil yang berhubungan dengan pr duksi. serta kelompok dengan kelompok di lingkugan masyarakat. y Objek budaya Objek budaya salah satu faktor yang dapat memengaruhi hubungan satu dengan yang lain. sampai memberikan alternatif pemecahan masalah tersebut. Dengan demikian objek formal sosiologi adalah hubungan manusia antara manusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.dan banyak juga hal-hal ataupaun dampak yang memengaruhi hubungan manusia. [sunting] Ruang Lingkup Kajian Sosiologi Sebagai ilmu pengetahuan. Ruang lingkup kajian sosiologi tersebut jika dirincikan menjadi beberapa hal.[4] Misalnya seorang sosiologi mengkaji dan mengamati kenakalan remaja di Indonesia saat ini. o distribusi. Sosiologi menggabungkan data dari berbagai ilmu pengetahuan sebagai dasar penelitiannya. berkaitan dengan apa yang dialami warganya. y Objek Agama Pengaruh dari objek dari agama ini dapat menjadi pemicu dalam hubungan sosial masyarakat.[5] Hal ini dikarenakan ruang lingkup sosiologi mencakup semua interaksi sosial yang berlangsung antara individu dengan individu. mulai kapan remaja tersebut berperilaku nakal. Masalah manajemen yaitu pihak-pihak yang membuat kajian. asalkan menggunakan prosedur ilmiah. gejala-gejala dan proses hubungan antara manusia yang memengaruhi kesatuan manusia itu sendiri. mereka akan mengkaji mengapa remaja tersebut nakal. sosiologi mengkaji lebih mendalam pada bidangnya dengan cara bervariasi.[sunting] Objek Sosiologi Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan mempunyai beberapa objek.

mereka mulai menyadari pentingnya menganalisis perubahan dalam masyarakat. Selama kelompok itu ada. Hal ini terlihat dengan jelas terutama dalam revolusi Amerika. terus berkembang secara revolusioner sapanjang abad ke-18 M. Tanpa ada yang bisa mencegah. Banyak kerajaan-kerajaan besar di Eropa yang jatuh dan terpecah. dan Thomas Aquinas. Ibnu Sina.atau beberapa peristiwa dalam perjalanan sejarah dari kelompok manusia. Gejolak-gejolak yang diakibatkan oleh ketiga revolusi ini terasa pengaruhnya di seluruh dunia. Dengan cepat struktur masyarakat lama berganti dengan struktur yang lebih baru. mekanisme. Para ilmuwan tergugah. kini harus memimpin berdasarkan undang-undang yang di tetapkan. seperti Sokrates. seperti Agustinus. dan revolusi Perancis. revolusi industri. Sebagai contoh. Pertanyaan dan pertanggungjawaban ilmiah tentang perubahan masyarakat belum terpikirkan pada masa ini. . Bangasawan dan kaum Rohaniwan yang semula bergemilang harta dan kekuasaan. Para ahli di zaman itu berpendapat bahwa pandangan mengenai perubahan masyarakat harus berpedoman pada akal budi manusia. Sosiologi mempertumbuhkan semua lingkungan dan kebiasaan manusia. apalagi menentukan apa yang akan terjadi dengan masyarakatnya. masalah. maka selama itu pula akan terlihat bentuk-bentuk. prinsip-prinsip suatu negara sampai perjalanan negara di masa yang akan datang. cara-cara. Pendapat itu kemudian ditegaskan lagi oleh para pemikir di abad pertengahan. Mereka berpendapat bahwa sebagai makhluk hidup yang fana. turut berpengaruh terhadap pandangan mengenai perubahan masyarakat. standar. Berkembangnya ilmu pengetahuan di abad pencerahan (sekitar abad ke-17 M). sepanjang kenyataan yang ada dalam kehidupan manusia dan dapat memengaruhi pengalaman yang dirasakan manusia. serta proses dalam kelompoknya. Raja yang semula berkuasa penuh. manusia tidak bisa mengetahui. [sunting] Pengaruh perubahan yang terjadi di abad pencerahan Perubahan-perubahan besar di abad pencerahan. Plato dan Aristoteles beranggapan bahwa manusia terbentuk begitu saja. Semua faktor tersebut dapat memengaruhi hubungan antara manusia dan berpengaruh terhadap analisis sosiologi. disetarakan haknya dengan rakyat jelata. [sunting] Perkembangan sosiologi dari abad ke abad [sunting] Perkembangan pada abad pencerahan Banyak ilmuwan-ilmuwan besar pada zaman dahulu. faktor-faktor. riwayat suatu negara dapat dipelajari dengan mengungkapkan latar belakang terbentuknya suatu negara. [sunting] Gejolak abad revolusi Perubahan yang terjadi akibat revolusi benar-benar mencengangkan. dan perkembangan sifat kelompok tersebut. ciri-ciri ilmiah mulai tampak di abad ini. Struktur masyarakat yang sudah berlaku ratusan tahun rusak. masyarakat mengalami perkembangan dan kemunduran.

Mereka berupaya menemukan pendekatan baru yang sesuai dengan kondisi masyarakat pada saat itu. Harus dicari metode ilmiah yang jelas agar dapat menjadi alat bantu untuk menjelaskan perubahan dalam masyarakat dengan bukti-bukti yang kuat serta masuk akal.Gej l evol i it l i enggugah para il uwan pada pemi iran bahwa perubahan masyarakat harus dapat dianalisis. perubahan masyarakat sudah dapat diantisipasi sebelumnya sehingga krisis sosial yang parah dapat dicegah. tepatnya di Amerika Serikat dan Kanada. dan perumusan teori berdasarkan pembuktian . Bencana itu dapat dicegah sekiranya perubahan masyarakat sudah diantisipasi secara dini. melainkan dapat diketahui penyebab dan akibatnya. Dengan metode ilmiah yang tepat (penelitian berulang kali. penjelasan yang teliti. Berkebalikan dengan pendapat sebelumnya. pemberontakan dan kerusuhan. Konsekuensi gejolak sosial itu. „ ‡ Š „ˆ ˆ‡ [su i ]K l ir sosiologi od r Sosiologi modern tumbuh pesat di benua Amerika. Artinya. bertambahnya kriminalitas dan lain lain. Maka lahirlah sosiologi modern. Pada permulaan abad ke-20. Mereka telah menyakikan betapa perubahan masyarakat yang besar telah membawa banyak korban berupa perang. Perubahan masyarakat itu menggugah para ilmuwansosial untuk berpikir keras. Perubahan drastis yang terjadi semasa abad revolusi menguatkan pandangan betapa perlunya penjelasan rasional terhadap perubahan besar dalam masyarakat. gelombang besar imigran berdatangan ke Amerika Utara. untuk sampai pada kesadaran bahwa pendekatan sosiologi lama alaEropa tidak relevan lagi. perubahan masyarakat dapat dipelajari mulai dari fakta sosial demi fakta sosial yang muncul. pendekatan sosiologi modern cenderungmikro (lebih sering disebut pendekatan empiris). Mengapa bukan di Eropa? (yang notabene merupa tempat dimana sosiologi muncul kan pertama kalinya). kemiskinan. Gejala itu berakibat pesatnya pertumbuhan penduduk. perubahanbesar masyarakat pun tak terelakkan. Artinya: ‚ ‚ y y y Perubahan masyarakat bukan merupakan nas b yang harus d terima begitu saja. munculnya kota-kota industri baru. Berdasarkan fakta sosial itu dapat ƒ  }~ € Revo us Pe nc s be ~ € ~ } s mengubah st uktur masyarakat feodal ke masyarakat yang bebas ‰ „ „ † … .

and Daria Khaltourina. Jakarta: embaga Penerbit FE UI. 1928.ill. 1986. lm 10 4. 2002. Palo Alto. 5 3. lm. 1992. CA: May ield Publishing Company. Pengantar Sosiologi. New York: Academic Press. Introduction to Social Macrodynamics. enslin. Bom Kuningan? Kamis. M. ^ James. ISBN 5-484-00414-4 [1]. Boston: Allyn and Bacon. ^ Pitirim Sorokin. Jakarta: Balai Pustaka. Conflict Sociology: Toward an Explanatory Science. and Ideology. ^ William D Perdue. 19 6. New York: arper. 2002 Andrey Korotayev. Sociological Theory: Explanation. [sunting] Referensi 1. 07/08/2009 08:11 WIB Mimpi Buruk Amerika di Afghanistan (1) Abdul hani Baradar. Essential of Sociology: A Down to Earth Approach Fourth Edition. 28 y y Sosiologi: KBBI. 08/08/2009 08:21 WIB Mimpi Buruk Amerika di Afghanistan (2) Taliban Yang Dekat dan Melindungi Rakyat Jumat. lm. [sunting] Lihat pula Analisa Lainnya y y y y y y Mimpi Buruk Amerika di Afghanistan (3) Komandan Satu Pintu Sabtu. Si Nomor 2 Pejuang Taliban Selasa. New York: Mc raw. 30/07/2009 09:15 WIB Masa Dep ” • Ž   “ “ ’  Œ  ‘ ‹  ’ . Sejak saat itulah disadari betapa pentingnya penelitian (research) dalam sosiologi. Moscow: URSS. ^ Kamanto Sunarto. 04/08/2009 08:02 WIB Tak Boleh Ada Sendawa Di Tengah emuruh Senin. Sociological Theory. ^ eorge Ritzer. 2006. Paradigm. 1974. lm. 2004. 03/08/2009 10:39 WIB Political Business Cycle. lm. Edisi Ketiga. Artemy Malkov. lm. 25 5. 20 2. ^ Randall Collins. Contemporary Sociological Theories.ditarik kesimpulan perubahan masyarakat secara menyeluruh.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->