P. 1
Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia

|Views: 143|Likes:
Published by Jojo Koesoema
bahasa indonesia
bahasa indonesia

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Jojo Koesoema on May 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/30/2012

pdf

text

original

BAHASA INDONESIA

UNIVERSITAS JEMBER

SK DIRJEN DIKTI No. 43/DIKTI/Kep/2006
y Tentang

rambu-rambu pelaksanaan kelompok matakuliah pengembangan kepribadian (MPK) di perguruan tinggi y Bahasa Indonesia merupakan salah satu dari kelompok matakuliah pengembangan kepribadian (MPK) di samping matakuliah Pendidikan Agama dan Pendidikan Kewarganegaraan

Visi & Misi Kelompok MPK
y Visi kelompok MPK di perguruan tinggi merupakan sumber nilai dan pedoman dalam pengembangan dan penyelenggaraan program studi guna mengantarkan mahasiswa memantapkan kepribadiannya sebagai manusia Indonesia seutuhnya. y Misi kelompok MPK di perguruan tinggi membantu mahasiswa memantapkan kepribadiannya agar secara konsisten mampu mewujudkan nilai-nilai dasar keagamaan dan kebudayaan, rasa kebangsaan, dan cinta tanah air sepanjang hayat dalam menguasai, menerapkan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks) yang dimilikinya dengan rasa tanggung jawab.

KOMPETENSI DASAR MATAKULIAH BAHASA INDONESIA
y Menjadi ilmuwan dan profesional yang memiliki

pengetahuan dan sikap positif terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa nasional dan mampu menggunakannya secara baik dan benar untuk mengungkapkan pemahaman rasa kebangsaan dan cinta tanah air dan untuk berbagai keperluan dalam bidang ilmu, teknologi, dan seni, serta profesinya masingmasing.

Substansi Kajian Bahasa Indonesia
y Matakuliah Bahasa Indonesia sebagai MPK menekankan keterampilan

menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara dan bahasa nasional secara baik dan benar untuk menguasai, menerapkan, dan mengembangkan ipteks sebagai perwujudan kecintaan dan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia. y Subsatansi kajian matakuliah Bahasa Indonesia difokuskan pada menulis akademik. Secara umum struktur kajian terdiri atas: - Kedudukan bahasa Indonesia: (a) sejarah bahasa Indonesia, (b) bahasa negara, (c) bahasa persatuan, (d) bahasa ipteks, dan (e) fungsi dan peran bahasa Indonesia dalam pembangunan bangsa. - Menulis: (a) makalah, (b) rangkuman /ringkasan buku atau bab, dan (c) resensi buku. - Membaca untuk menulis: (a) membaca tulisan/artikel ilmiah, (b) membaca tulisan populer, dan (c) mengakses informasi melalui internet. - Berbicara untuk keperluan akademik: (a) presentasi, (b) berseminar, (c) berpidato dalam situasi formal.  Butir-butir di atas hendaknya dipadukan ke dalam kegiatan penggunaan bahasa melalui keterampilan berbahasa: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dengan keterampilan menulis akademik sebagai fokus.

BAHASA INDONESIA YANG BAIK
y Bahasa Indonesia yang baik adalah bahasa Indonesia yang bersifat pragmatis, kontekstual (disesuaikan dengan konteks penggunaan bahasa). Hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik adalah a. dengan siapa kita berbahasa b. di mana kita berbahasa c. kapan kita berbahasa d. dalam situasi apa kita berbahasa e. dengan media apa kita berbahasa f. Dan lain-lain.

Contoh bahasa Indonesia yang baik
y Atas perhatian Bapak, saya sampaikan terima kasih. y Ya Allah, hamba-Mu ini tak pantas menerima sorga-Mu, tetapi juga tak sanggup menerima siksa neraka-Mu. y Acara berikutnya adalah sambutan Rektor Universitas Jember. Untuk itu, kami mohon perkenan Bapak Sutikto untuk memberikan sambutan. y Kami mengundang Bapak/Ibu dosen FKIP Universitas Jember untuk berkenan hadir pada acara Halal Bi Halal yang insya Allah akan diselenggarakan pada Kamis, 23 September 2010 di lantai II gedung baru FKIP Univeritas Jember.

BAHASA INDONESIA YANG BENAR
y Bahasa Indonesia yang benar adalah bahasa

Indonesia yang bersifat gramatis, yang penggunaannya disesuaikan dengan kaidahkaidah bahasa Indonesia yang berlaku. y Kaidah-kaidah tersebut meliputi: (1) Pedoman Penggunaan EYD; (2) Tata bahasa baku bahasa Indonesia; (3) Pedoman pembentukan istilah (4) Kamus Besar Bahasa Indonesia

Contoh bahasa Indonesia yang benar

y Surat Anda sudah saya terima. y Komputer ini perlu di-upgrade. y Data yang terkumpul perlu segera dianalisis. y Buku ini milik saya. y Siapa nama Anda? y Ayah dan Ibu sedang pergi ke luar kota.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->