P. 1
Kumpulan Mahfudzat Pendek

Kumpulan Mahfudzat Pendek

|Views: 381|Likes:
Published by inkisar86

More info:

Published by: inkisar86 on May 27, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/21/2013

pdf

text

original

Kumpulan Mahfudzat Pendek Islam adalah akhlak yang mulia Islam itu tinggi dan tidak ada yang

mengunggulinya Manusia adalah hewan yang berpikir Manusia adalah tempat kesalahan dan lupa Kebinasaan ilmu disebabkan oleh lupa Ketahuilah bahwa di tangan pemudalah urusan ummat dan di kakinyalah kehidupannya Rajinlah dan jangan malas dan jangan pula menjadi orang yang lalai karena penyesalan itu adalah resiko bagi orang yang bermalas-malasan Bantulah saudaramu walaupun hanya dengan suara Jika engkau belajar pada orang yang berilmu maka duduklah dengannya dengan sempurna dan beradab Lihatlah apa yang dia katakan dan jangan melihat siapa yang mengatakan Sesungguhnya bangsa-bangsa akan langgeng selama mereka berakhlak dan jika akhlak mereka telah hilang maka merekapun akan lenyap Raihlah kesempatan itu dan dan hati-hatilah jangan sampai berlalu Telur hari ini lebih baik dari pada ayam besok

pahit ketika ditelan tetapi akibatnya lebih manis dari madu . maka ketahuilah sesungguhnya perahu itu tidak berlayar di daratan Belajarlah karena tidak ada manusia yang dilahirkan pintar Belajar di waktu kecil bagai melukis di atas batu dan belajar di waktu besar bagi melukis di atas air Cintailah temanmu sewajarnya karena boleh jadi suatu hari dia menjadi musuhmu dan bencilah musuhmu sewajarnya karena boleh jadi suatu saat dia akan menjadi temanmu Kearifan adalah penghulu akhlak Kehidupan seorang pemuda adalah dengan ilmu dan ketakwaan Hidup adalah sebuah perjuangan Tulisan yang indah adalah perhiasan pemuda Sebaik-baik teman di setiap waktu adalah buku Keselamatan seseorang tergantung pada pemeliharaan lidahnya Akhlak yang buruk akan menular Pemuda hari ini adalah tokoh masa depan Kemulian itu karena adab bukan karena keturunan Kesabaran itu bak obat.Kamu mengharapkan kesuksesan tetapi kamu tidak menempuh jalannya.

Temanmu adalah yang membuatmu menangis bukannya membuatmu tertawa Ilmu tanpa pengamalan bagaikan pohon yang tidak berbuah Ilmu itu di dada bukan di tulisan Ilmu itu bagaikan cahaya dan cahaya Allah tidak diperuntukkan bagi orang yang berdosa Pandangan yang didasarkan pada kerelaan akan selalu tumpul melihat sebuah cacat sebaliknya pandangan yang didasarkan pada kebencian akan selalu menangkap kesalahan. dan dekat dengan guru . rajin. Katakanlah kebenaran itu meskipun pahit Sedikit tetapi berbekas lebih baik dari pada banyak tetapi lenyap Pebicaraan dapat menembus apa yang tidak ditembus oleh jarum Seseorang dikatakan muslim apabila muslim yang lain selamat dari lidah dan tangannya Percaya diri adalah pangkal kesuksesan Janganlah engkau menghina orang yang lebih rendah dari kamu karena tiap-tiap sesuatu mempunyai kelebihan Banyak berbuat lebih baik daripada banyak bicara Takkan kembali hari-hari yang telah berlalu Kamu takkan mendapatkan ilmu kecuali dengan enam perkara: pintar. harta. masa yang panjang. tamak.

Seandainya bukan karena ilmu maka manusia itu seperti binatang Bukanlah kekayaan itu karena banyaknya harta tetapi kekayaan itu adalah kaya hati Bukanlah seorang pemuda yang mengatakan inilah ayahku tetapi pemuda yang sebenarnya adalah yang mengatakan inilah aku Mukmin yang kuat lebih baik dari pada mukmin yang lemah Manusia adalah musuh terhadap apa yang ia tidak ketahui Siapa yang mencintai sesuatu pastilah ia banyak menyebutnya Siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil Salah satu ciri orang islam yang baik ialah meninggalkan sesuatu yang tidak berhubungan dengan dirinya Siapa yang menggali lubang maka ia pula yang akan jatuh didalamnya Siapa yang menginginkan dunia maka hendaklah ia memiliki ilmu dan barangsiapa yang menginginkan akhirat maka hendaklah ia memiliki ilmu dan barang siapa yang menginginkana keduanya maka hendaklah memiliki ilmu Siapa yang jalan diatas jalannya maka sampailah ia Siapa yang membiasakan sesuatu sejak dini maka sampai tua diapun akan demikian (kecil teranjak-anjak besar terbawa-bawa) Barang siapa yang bersabar maka beruntunglah ia Barang siapa yang ingin kemuliaan maka hendakllah ia begadang .

Barang siapa yang mengetahui jauhnya perjalanan maka hendaklah ia bersiap-siap (sediakan payung sebelum hujan) Barang siapa yang mengetahui bahasa suatu kaum maka amanlah ia dari tipu daya mereka Siapa yang kurang kejujurannya maka kurang pula temannya Siapa yang menanam maka dia pulalah yang memetiknya (siapa yang menabur dialah yang menuai) Kecintaan seorang teman tampak di waktu kesempitan Waktu itu lebih berharga daripada emas Waktu itu bagaikan pedang jika kamu tidak memotongnya maka ia akan memotongmu Tiada kesenangan tanpa kelelahan (bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->