P. 1
Budaya Batak

Budaya Batak

|Views: 369|Likes:
Published by hutapea13

More info:

Published by: hutapea13 on May 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2013

pdf

text

original

Pembahasan Soal No. 1-3 1. Jelaskan Tentang tinjauan yang bersifat umum mengenai daerah/budaya Batak !

Jawaban : Ada berbagai macam tinjauan umum tentang daerah Batak yaitu : a. Berdasarkan Letak Geografisnya Tanah batak adalah suatu daerah yang letaknya sangat Geografis yang luasnya kira-kira 500.000 Km2 dan melintasi bukit barisan yang memamjang mulai dari Aceh sampai dengan Lampung, Subur dan memiliki banyak hasil-hasil bumi yang dapat dipergunakan manusia. Di daerah batak juga terdapat sebuah danau toba yang luasnya kira-kira 1.300 Km2, dalamnya kira 400 m dan terletak di ketinggian 900 diatas permukaan laut. Dan di tengah danau toba terdapat sebuah pulau yang disebut dengan Pulau Samosir yang sampai saat ini menjadi tempat kunjungan wisata baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Daerah Batak juga memiliki banyak pengunungan yang tinggi seperti : - Pusuk Buhit - Martimbang - Simanuk-manuk - Sorik Merapi - Ulu darat - Kabala Lubuk Raja - Dolok Tolong - Sinebung. - Siatas Barita Disamping memiliki banyak pegunungan di daerah Batak juga banyak terdapat sungai-sungai seperti : - Batang Natal - Sungai Wampu - Batang Angkola - Kuala - Batang Gadis - Silau - Asahan - Barumun Dimana daerah Batak terdiri dari beberapa suku dan Kabupaten dan masing-masing daerah mempunyai dialek (Logat) sendiri-sendiri yaitu : - Kabupaten Tapanuli Utara - Kabupaten Mandailing - Kabupaten Tapanuli Tengah - Kabupaten Simalungun - Kabupaten Tapanuli Selatan - Kabupaten Dairi (Pakpak) - Kabupaten Simalungun - Kabupaten Karo - Kabupaten Angkola b. Daerah Toba Yang disebut dengan toba adalah: Daerah yang termasuk Kabupaten Tapanuli Utara, yang letaknya disebelah tenggara kota Medan. Dan Tarutung yang menjadi Pusat pemerintahan dan sekaligus sebagai ibu kota Kabupaten. c. Keadaan Alam Ditinjau dari segi keadaan alamnya Daerah batak adalah daerah yang mempunyai :

Bidang pertanian .Bidang Perindustrian .Klinik .Dan Sarana Jalan.TK . Hasil-hasil yang diperoleh Dari segi letak geografisnya masyarakat tanah batak banyak yang hidup dari Bercocok tanam (bertani) menangkap ikan. Kerajinan Tangan Hasil kerajinan tangan yang kita kenal dari daerah batak ada berbagai macam seperti : .SD .530 Ha termasuk danau toba yang luasnya kira-kira 110.Kain Tenun .Puskesmas - .260 Ha. Dan luas daerah lainya 950.Perguruan tinggi .Ombus-ombus Dari Siborongborong .Bidnag Pariwisata .Kacang Sihobuk dari tarutung f.SMP .Kue dolung-dolung dari Parapat .Bidang Pertambangan g.Udara sejuk Tanah subur Memiliki pemandangan yang indah Gunung-gunung yang tinggi yang dapat menimbulkan kecintaan kepada Negeri Batak d.Proyek Air Minum .Rumah Sakit .Ukir-ukiran . dan pemeliharaan ternak daerah Batak juga menghasilkan berbagai macam kekayaan alam seperti: .Bidnag Perkebunan .Kemenyaan .Ikan e. .Rumah Ibadah . Sarana Pelayanan Berbagai macam sarana pelayanan yang terdapat di daerah Batak seperti : .270 Ha. Luas Daerah Daerah Batak termasuk daerah yang sangat luas dimana luas wilayahnya terdiri dari : Luas Daerah Tapanuli Utara kira-kira 1.Karet . Dimana berdasarkan luas daerah tersebut daerah batak memiliki prospek yang baik untuk dikembangakan dalam berbagai bidang terutama : .Buah-buahan .SLTA .060.

4. salohat dan lain-lain  Seni tari.Pembangunan industri Tekstil dan PLTA 2. tata aturan hidup (Batak: Adat dohot uhum) dan kemasyarakatan (Batak: Parngoluon siganup ari). partamueon) Ada 5 seni yang dikuasai oleh orang Batak. yaitu :  Sastra batak dikenal juga semacam senandung atau andung-andung seni sastra juga. kolintang. Filsafah (Batak: umpama na marisi habisuhon = pepatah yang berisi pengetahuan atau kebijaksanaan). gitar. Undang-undang (Batak: umpama na mardomu tu adat dohot uhum). 2. misalnya: falsafah pengetahuan (Batak: Habisuhon). kesusilaan (Batak: Hahormaton). yang terbuat dari kulit. Kemasyarakatan (Batak: umpama na mardomu tu parsaoran si ganup ari. Pembangunan dan Industri Di daerah batak banyak perkembangan dalam pembangunan industri seperti : . pengawetan hutan dan reboisasi . mencakup dari segi pantun yang disebut dengan umpasa dan peribahasa yang disebut juga dengan umpasa  Seni bangunan. Alat-alat tersebut adalah kecapi. sawah. Rumah yang mempunyai ukiran ukiran tradisional disebut ruma gorga (sering dikenal dengan nama Ruma dan Sopo) yang menjadi rumah tradisional orang Batak. dahulu kala tari menari itu dihubungkan dengan kepercayaan aninisme yang dapat mendatangkan kuasa-kuasa magis. yang memiliki corak tertentu baik bentuk. Tarian orang Batak yang terkenal adalah tari tor-tor yang merupakan salah satu kebudayaan Batak yang tertua . sastra kebijaksanaan suku Batak Toba (yang disebut umpama) terdiri dari empat bagian.  Seni musik. kayu dan bambu. Etika kesopanan (Batak: umpama hahormaton). 3. perkebunan. perikanan.h. perkakas- perkakasnya dan ukiran-ukirannya.Perbaikan jalan raya . ladang. saga-saga. ima na dipangke di tingki pesta.Peningkatan pertanian. Pembagian itu adalah sebagai berikut : 1. Jelaskan tentang kesenian dan Sastra Budaya Batak ! Jawaban : Makna yang terkandung dalam sastra Batak Toba berkaitan erat dengan kehidupan yang dialami setiap hari. seruling. Bila diteliti secara seksama.

 Seni suara. 3. Maksud diadakannya ritual ini adalah memberikan sesajian atau persembahan kepada kekuatan gaib dan roh leluhur warga Tomok. Pesta persembahan kurban (pesta Bius) Pesta ini dilakukan untuk memohon pada Dewa supaya tidak terjadi musim kering berkepanjangan. Sebutkan beberapa bagian pesta Suku Batak ? a) Sebutkan umpasa yang lajim digunakan dalam setiap upacara marhata (bercakap) b) Tuliskan beberapa jenis/bentuk dalam marhata/bercakap Jawab : • Pembagian Pesta Pada Suku Batak  PESTA SUKA CITA Pesta suka cita adalah : sebuah acara yang dilakukan untuk merayakan suatu kebahagiaan dengan mengundang sanak saudara dan para tetangga yang masih mempunyai hubungan keluarga 1. Dan pada umumnya para komponis lagulagu Batak mengubah lagu yang khusus memuja negerinya dan panorama yang indah permai. Ritual Hahomion Upacara yang dilakukan oleh warga masyarakat didesa Tomok. tidak ada wabah penyakit. Sastra orang Batak yaitu :  cerita-cerita Batak. pada umumnya orang batak pintar bernyanyi ditambah lagi sejak mengenal alat musik. Mereka percaya roh leluhur masih memiliki peran dalam kehidupan keturunannya. Pesta ini dilakukan berkala setiap tahun. Salah satu lagu yang paling pavorit di daerah batak adalah : O Tano Batak. 2. kecamatan Simanindo yang ditujukan kepada pemujaan roh leluhur dan kekuatan gaib. banyak juga berasal dari cerita-cerita Melayu dan mungkin pula sebagian telah disadur dari bahasa Arab  bait-bait sajak yang bersifat agama  Tonggo-tonggo atau semacam doa yang diucapkan oleh datu atau imam agama Batak  Andung-andung atau serangkaian kalimat puitis yaqng dinyanyikan sambil menangis 3. Mangokkar holi Upacara ini dilakukan dengan menggali kuburan leluhur mereka dan .

Parboru pe dipatupa do . Songon i sian parboru. Diboan do di si sipanganon na marsaudara jala tangkas do i dipasahat dohot dihatahon lapatanna tu parboru. Ima boanon nasida tu bagas na be. Dipatupa paranak do sipanganon laho pasahatonna tu parboru. Patua Hata dohot Marhusip Ala naung dos roha ni paranak dohot parboru. 4.Marria Raja Molo didok martonggo raja manang marria raja. Molo nasomal taida. Ndang apala pinatorang be on. ima nahombar tu ulaon sadari. Alai porlu do botoon jala ingotonta. ro ma paranak dohot manang piga uduranna (dongan tubuna. dongan sahuta. Partumpolon/Martumpol Partumpolon (parpadanan) ulaon parhuriaon do on. saguru tu situasi dohot kondisi ni hasuhuton do i. Paulak Une dohot Maningkir Tangga Molo didok paulak une. Adong na deba laos di aula manang di gedung dipatupa ulaon martongo raja manang marria raja. boru. panuturion di angka na mardongan tubu. Naporlu sipingkiranta ima taringot tu angka ise do na laho sigokhononta tu ulaon partumpolon i. sahat do tu horong ni angka hula-hula dohot tulang. balik di ulaon alap jual manang taruhon jual. alai adong do na mangulahonsa di bagas ni parboru manang paranak. Dipatupa hasuhuton di si sipanganon. ala tangkas do taantusi hira-hira lapatan dohot tujuan ni partumpolon i. Martonggo Raja . andorang so ulaon napaulak une. 6. Hape somalna muse taulahon di Jabotabek sekitarna. dsb. molo marulaon pamulihon boru manang pangolihon anak. 5. Sibuha-buhai Ulaon sibuha-buhai ima naparjolo diulahon di manogot ni ari pesta (unjuk). bere) mandapothon parboru. 8. jala mardalan do adatparadaton di son. 7. Disubut jala dibuat suhut do roha ni angka tutur asa rade jala dohot nasida berpartisipasi di ulaon I hombar tu ruhut-ruhut ni paradaton. jala hira di tingki on ma dibagihon (didistribusihon) undangan tu angka tutur. di ari naung ditontuhon.memindahkan tulang-belulangya kesebuah rumah-rumah yang telah disediakan. bere. dung sidung acara partumpolon di gareja pintor diuduti do tu ulaon martonggo raja manang marria raja. na marlapatan do i mangido pangurupion. jolo mardalan do olop-olop dohot namarhata sigabe-gabe. boru. dipatupa do dekke dohot boras sipir ni tondi sipasahaton-na tu paranak.

Na parjolo. pintor mangido jala mangelek ma muse paranak asa ditingkathon nian panghataion tu marhusip mangarangrangi. 9. Molo nasomal adong dua istilah di ulaon i ima: Alap Jual dohot Taruhon Jual. ima na masitariparan hata. Alap jual namarlapatan ulaon pesta (unjuk) di pihak parboru. Di ulaon i. Pesta memasuki Rumah baru (mangoppoi) Acara ini dilakukan sebagai acara suka cita karma telah menempati rumah baru. Dialusi paranak ma. Ditorushon ma muse panghataion. proses ni angka ulaon di si. di sungkun parboru ma taringot tu tudu-tudu ni sipanganon naung pinasahat ni paranak tu nasida.dekke laho sipasahatonna tu paranak. Pihak parboru ma na manghobasi sude na hombar tu ulaon pesta. lumobi di pangidoan ni paranak di naro nasida patua hata. Adong do ruhut-ruhut. songon i dongan sahuta. Ulaon Pamulihon Boru/Pangolihon Anak Ulaon pamuli boru manang pangolihon anak nunga jot-jot taadopi manang taulahon. Kematian Umpasa yang lajim digunakan Bagot namadungdung tu pilo-pilo namarajar Salpu ma angka nalungun roma angka najagar Balga tiang ni ruma Umbalgaan tiang ni sopo Nunga ganjang umurni natua-tuaon Ungganjangan ma umurni pomparanna naum poso . tahapan. jala tangkas ma didok surung-surung ni parboru ma i. Biasanya yang diundnag adalah sabak famili dekat dan para tetangga. Dung sidung marsipanganon dipungka ma panghataion. agar terhindar dari mara bahaya dalam menempati rumah tersebut.  PESTA DUKA CITA Pesta Duka Cita adalah : Sebuah acara yang dilakukan dalam keadaan duka cita atau untuk memperingati sesuatu kejadian yang berhubungan dengan kamalangan atau di Tinggal. Molo dioloi jala digabehon parboru di napatua hata i. Taruhon jual lapatanna ulaon pesta di pihak paranak jala namanghobasi angka na hombar tu ulaon i. 10. dijou parboru do manang piga dongan tubuna. boru dohot berena.

donganmu sarimatua 2.a. togu togu ni lombu Tali pasa togu-togu ni horbo . boru pe antong torop Tubuan laklak ma. Anak lahir Dangka ni hariara Tanggo pinangait aithon Imbur-imbur magodang ma siucok Sitongka panahitnahiton 3. tu ombun na sumorop Asa anak pe antong di hamu riris. Memasuki Rumah Marbulung ia tandiang Marboras ia sikkoru Sai gok ma jolma diginjang Gok ma pinahan ditoru 4. UMPASA YANG DIPERGUNAKAN DALAM UPACARA MARHATA 1. Ulang Tahun Andor hadukka. tubuan boru ma hamu. Perkawinan (kepada penganten) Umpasa yang diucapkan : Tuinjang ma arirng Ditoruma panggonggonan Badan muna naso jadi sirang Tondi muna tontong marsigonggoman Bintang na rimiris ma. tubuan sikkoru di dolok ni Purbatua Sai tubuan anak.

marhata Sinamot Yang di omongi dalam marhata sinamot adalah mengenai: -Apa nama sinamot(sinsmot nag ok. b. rambu pinudu) -Berapa sinamotnya -Dimana pesta akan diadakan -waktu dan tanggal pesta 2. lombu jonggi) -Siapa saja pelayan (parhobas) -Pakai musik apa tidak . horbo sitinakotanduk. ulaon saurmatua) -Hewan apa yang akan dipotong (sigagat duhut.sitombol. BEBERAPA JENIS DALAM MARHATA /MARCAKAP 1.Saur ma hamu matua sahat tu na patogu-togu pahompu Tinaba bulu bahen handang Handnag ni palia na marpudung Sai sude ma hamu marumur na ganjang Jala sahat tu na mauli bulung. Martonggo Raja Yang din omongi dalam martonggo raja adalah mengenai: -Apa nama pesta (mangido tangiang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->