P. 1
Cara Menggunakan Alat Laboratorium

Cara Menggunakan Alat Laboratorium

5.0

|Views: 6,625|Likes:
Published by Eras Ardhiansyah

More info:

Published by: Eras Ardhiansyah on May 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPS, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/17/2013

pdf

text

original

CARA MENGGUNAKAN ALAT LABORATORIUM SEDERHANA

Oleh

DEWI SEPRIANINGSIH, S.Pd
Email: dewi.seprianingsih@ymail.com
1

2 . setelah itu tutuplah botol dan kembalikan ke tempat asalnya. kita mengambil reagen dari botol sesuai dgn banyaknya yg kita permalukan Dengan hati-hati kemudian kita masukkan dalam tabung reaksi Ambillah reagen secukupnya. kemudian bilas dengan aquades/air suling dan keringkan.Cara menuang larutan dalam tabung reaksi Cuci tabung reaksi dan pipet hingga bersih. Ambil botol yg berisi zat yg diperlukan dgn membaca etikanya Dengan menggunakan pipet baik volume pipet maupun pipet berskala.

Cara memanaskan larutan dlm tabung reaksi Cuci tabung reaksi Tabung reaksi yg berisi larutan dipegang dgn tangan kanan menggunakan penjepit tabung reaksi Bagian dari tabung reaksi yg berisi larutan dipanaskan dgn nyala api sambil dikocok perlahan-lahan Jangan mengarahkan mulut tabung reaksi pada orang lain atau diri sendiri pada waktu memanaskan larutan. 3 .

Cara memindahkan larutan ke dlm gelas piala Bersihkan gelas piala kemudian bilas Letakan gelas piala diatas meja Pegang batang pengaduk dgn tangan kiri dan botol larutan dgn tangan kanan Tuangkan dgn hati-hati larutan dari dalam botol melalui batang pengaduk ke dalam gelas piala Bila menuang larutan dari gelas piala yg lain dpt dilakukan dgn satu tangan memegang batang pengaduk antara jari telunjuk dgn gelas 4 .

Kehati-hatian pengukuran volume dengan buret sangatlah penting untuk menghindari galat sistematik. buret kelas A memiliki akurasi sampai dengan 0. bagian bawah meniskus cairan harus menyentuh bagian atas garis. Ketika membaca buret.05 cm. Buret digunakan untuk meneteskan sejumlah reagen cair dalam eksperimen. Buret sangatlah akurat.Cara Mengunakan Buret Buret adalah sebuah peralatan gelas laboratorium berbentuk silinder yang memiliki garis ukur dan sumbat keran pada bagian bawahnya. mata harus tegak lurus dengan permukaan cairan untuk menghindari galat. 5 . Bahkan ketebalan garis ukur juga mempengaruhi.

Mikroskop Cahaya Mikroskop cahaya: Memiliki dua jenis lensa yaitu obyektif dan okuler. sistem kerjanya dibantu dengan cara pantulan cahaya yang menembus obyek yang diamati dan mampu memperbesar bayangan obyek hingga 1000 X 6 .Macam-macam Mikroskop A.

Mikroskop Binokuler Mikroskop binokuler (stereo) mampu memperjelas rincian permukaan obyek karena bayangan yang diperoleh pengamat merupakan pantulan cahaya yang jatuh dipermukaan obyek. perbesaran bayangan obyek mencapai 30x. 7 .B.

Mikroskop Elektron Mikroskop elektron mempunyai daya resolusi (kemampuan daya beda mata manusia) sangat tinggi (0.1 nm). mampu memperbesar bayangan obyek hingga jutaan kali. bayangan benda dilihat pada layar monitor.C. 8 .

D. Scanning Electron Microscope Scanning Electron Microscope (SEM) yang digunakan untuk studi detail arsitektur permukaan sel atau struktur jasad renik dan obyek teramati secara tiga dimensi 9 .

Letakkan mikroskop di atas meja dengan cara memegang lengan mikroskop sedemikian rupa sehingga mikroskop berada persis di hadapan pemakai ! 10 .Cara Menggunakan Mikroskop Cahaya Sebelum melakukan praktikum/penelitian dengan menggunakan mikroskop cahaya maka perhatikan langkahlangkah berikut: 1.

2. Putar revolver sehingga lensa obyektif dengan perbesaran lemah berada pada posisi satu poros dengan lensa okuler yang ditandai bunyi klik pada revolver 11 .

hingga dari lensa okuler tampak terang berbentuk bulat (lapang pandang). 12 . Mengatur cermin dan diafragma untuk melihat kekuatan cahaya masuk.3.

Tempatkan preparat pada meja benda tepat pada lubang preparat dan jepit dengan penjepit obyek/benda! 13 .4.

5. Aturlah fokus untuk memperjelas gambar obyek dengan cara memutar pemutar kasar. Untuk mempertajam putarlah pemutar halus ! 14 . sambil dilihat dari lensa okuler.

15 .40 X atau 100 X. Apabila telah selesai menggunakan. bersihkan mikroskop dan simpan pada tempat yang tidak lembab.6. maka untuk memperbesar gantilah lensa obyektif dengan ukuran dari 10 X. Apabila bayangan obyek sudah ditemukan. dengan cara memutar revolver hingga bunyi klik. 7.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->