Lapangan Bulutangkis, IBF Standar Badminton Court

Berikut adalah gambar lapangan bulutangkis berdasarkan ukuran IBF standar badminton court. Lapangan bulutangkis mempunyai panjang 13.40 meter dan lebar 6.10 meter. masing-masing dibatasi garis servis panjang, garis pinggir ganda, garis tengah, garis servis pendek, dan net yang berukuran tinggi 1.55 meter. Lapangan badminton untuk permainan tunggal berbeda dengan permainan ganda. Untuk permainan tunggal garis pinggir luar tidak dihitung, jika shuttlecock jatuh diluar garis pinggir dalam maka dianggap keluar. pada saat servis garis servis panjang dianggap masih di dalam lapangan bulutangkis. Sebaliknya lapangan badminton untuk permainan ganda, garis pinggir dihitung, jika pada saat servis shuttlecock jatuh di luar garis servis panjang maka dianggap keluar atau long. Jadi jika Anda mau membuat lapangan bulutangkis di halaman rumah, taman di kompleks, atau gedung ukuran badminton court di gambar dapat dijadikan acuan. Untuk lebih jelas silakan download gambalapangan bulutangkis di bawah inI

TEKNIK DASAR

Apabila bercita-cita ingin menjadi pemain bulutangkis elite atau berprestasi, maka harus menguasai bermacam-macam dasar bermain bulutangakis dengan benar. Oleh karena itu, hanya dengan modal berlatih tekun, disiplin, terarah dibawah bimbingan pelatih yang berkualifikasi baik, dapat menguasai berbagai teknik dasar bermain bulutangkis secara benar pula. Namun, agar bisa bermain bulutangkis, seorang pemain harus bisa memukul kok, baik dari atas maupun dari bawah. Jenis-jenis pukulan yang harus dikuasai adalah servis, lob, dropshot, smes, netting, underhand, dan drive. Kesemua jenis pukulan tersebut harus dilakukan dengan menggunakan grip dan footwork yang benar. Buku ini mengajarkan dasar-dasar petunjuk praktis jenis pukulan di atas. 1. Pegangan Raket (Grip)

geser "V" tangan ke arah dalam. Cara Latihan Sebelum praktek melakukan latihan pukulan. Dua macam cara memegang raket di atas. Pegang raket dengan tangan kiri. yaitu cara memegang raket forehand dan backhand. Cara Memegang Raket Backhand Untuk backhand griop. Hindari memegang raket dengan cara menggunakan telapak tangan (seperti memegang golok). Bentuk "V" tangan diletakkan pada bagian gagang raket. kemudian baru backhand. Semua jenis pukulan dalam bulutangkis dilakukan dengan kedua jenis pegangan ini. Oleh karena itu. Letaknya di samping dalam. manis dan kelingking menggenggam raket. rileks. Ini terjadi karena pergeseran pegangan tangan dari forehand ke backhand dan sebaliknya hanya sedikit dan terjadi secara otomatis. apabila teknik pegangan raket salah dari sejak awal. namun harus tetap bertenaga pada saat memukul kok. Cara pegangan raket yang benar adalah raket harus dipegang dengan menggunakan jari-jari tangan (ruas jari tangan) dengan luwes. Namun. sedangkan jari telunjuk agak terpisah. Tiga jari. Pegang raket dengan cara seperti "jabat tangan". sejak dini peserta latih harus membiasakan memukul kok dengan menggunakan tenaga pergelangan tangan (tenaga pecut). Pegangan raket yang benar adalah dasar untuk mengembangkan dan meningkatkan semua jenis pukulan dalam permainan bulutangkis. Pada akhirnya untuk pemain yang sudah terampil akan terlihat pegangan raketnya hanya satu grip. Salah satu teknik dasar bulutangkis yang sangat penting dikuasai secara benar oleh setiap calon pebulutangkis adalah pegangan raket.Bulutangkis dikenal sebagai olahraga yang banyak menggunakan pergelangan tangan. dikenal beberapa cara pegangan raket. Cara Memegang Raket Forehand 1. pada kenyataannya digunakan secara bergantian sesuai situasi dan kondisi permainan. 3. Pegangan raket yang benar. telah menggunakan tenaga secara lebih efisien namun efektif. 2. benar tidaknya cara memegang raket akan sangat menentukan kualitas pukulan seseorang. Letakkan ibu jari diantara tiga jari dan telunjuk. bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar. Untuk tahap awal para pemula biasanya diajarkan cara memegang forehand terlebih dahulu. kepala raket menyamping. dapat meningkatkan mutu pukulan dan mempercepat laju jalannya kok. ltulah sebabnya. hanya dua bentuk pegangan yang sering digunakan dalam praktek. perlu dilakukan latihan untuk adaptasi menggerak- . ini berarti. sulit sekali meningkatkan kualitas permainan. Menguasai cara dan teknik pegangan raket yang betul. Jenis Pegangan Raket Pada dasarnya. dan memanfaatkan tenaga pergelangan tangan pada saat memukul kok. Karena itu. merupakan modal penting untuk dapat bermain bulutangkis dengan baik pula. yaitu jari tengan.

yaitu apabila dilakukan dalam posisi baik. sehingga kepala (daunnya) raket berada lebih tinggi dari kepala. sehingga dengan sikap yang baik dan sempurna itu. Ini sebagai syarat untuk meningkatkan kualitas ketrampilan memukul kok. Beberapa faktor yang harus diperhatikan: 1. Raket harus dipegang sedemikian rupa. Beberapa faktor yang harus diperhatikan: 1. sehingga terasa betul terjadinya tekukan pada pergelangan tangan. Kesalahan Yang Terjadi a. ke belakang. sehingga lengan bagian atas yang memegang raket tetap bebas bergerak. 2. Begitu juga gerakan ke depan dan ke belakang. sangat penting dikuasai secara benar oleh setiap pemain. 3. Kedua lengan dengan siku bengkok pada posisi di samping badan. Gerakkan pergelangan tangan ke atas dan ke bawah. dapat secara cepat bergerak ke segala penjuru lapangan permainan. 3. Kedua kaki terbuka selebar bahu dengan posisi kaki sejajar atau salah satu kaki diletakkan di depan kaki lainnya. luwes. Memegang raket dengan menggenggam. Untuk bisa memukul dengan posisi balk. 5. Peserta latih dibiasakan selalu memegang raket dengan jari-jari tangan. jari-jari rapat dan sejajar. tetapi tetap mempunyai tenaga. berdiri pada ujung kaki. Bouncing ball. Memukul bola (kok) ke tembok. 5. Senantiasa berdiri dengan sikap dan posisi yang tepat di atas Iapangan. Kecepatan gerak kaki tidak bisa dicapai kalau footwork-nya tidak teratur. Harus berdiri sedemikian rupa. dan tetap rileks. Tekuk kedua lutut. seorang atlet harus memiliki kecepatan gerak. 4. 2. Sikap dan Tahap Kerja Langkah Kaki Sikap dan langkah kaki yang benar dalam permainan bulutangkis. Lakukan gerakan raket ke axah kanan dan kiri. ke samping kanan dan kiri pada saat memukul . Posisi "V" tangan berada pada bagian grip raket yang lebar. Lakukan gerak Iangkah ke depan. b. sehingga berat badan tetap berada pada kedua kaki dan tetap menjaga keseimbangan tubuh. 2. sehingga posisi pinggang tetap tegak dan rileks. Footwork Footwork merupakan dasar untuk bisa menghasilkan pukulan berkualitas. Sikap dan Posisi Sikap dan Posisi Berdiri di Lapangan Sikap dan posisi berdiri di lapangan harus sedemikian rupa. 1. dengan menggunakan tenaga pergelangan tangan. 3. 2. 4.gerakkan pergelangan tangan dengan tetap memegang raket dengan benar. Senantiasa waspada dan perhatikan jalannya kok selama permainan berlangsung.

. 4. Overhead (atas) untuk right handed . Karena itu posisi persiapan ini sangat penting dilakukan dengan balk dalam upaya menghasilkan pukulan berkualitas. Pada posisi memukul kaki dan badan sejajar dengan net. servis merupakan modal awal untuk bisa memenangkan pertandingan. Akibatnya pukulan tidak kuat. jangkauan kurang. tidak bengkok.Posisi memukul adalah kaki kanan selalu berada di depan dan kaki kid di belakang. Hal yang perlu diperhatikan: a. 5.Posisi badan menyamping dengan arah net. Service (Service) Dalam aturan permainan bulutangkis. Sedangkan saat bola dipukul posisi kaki kid harus tetap berada di belakang dan hanya bergeser ke depan sedikit. sambil tetap memperhatikan keseimbangan tubuh. Akibatnya reaksi menjadi lambat. 3. Posisi lutut lurus. tumpuan kaki tidak berada di bagian depan atas kaki. juga pemain tidak memberikan perhatian khusus untuk melatih dan . keseimbangan kaki tidak ada dan sulit mengarahakan bola dengan tepat. sebagai langkah dasar hanya dua langkah dimulai dengan kaki kiri kemudian kanan.Untuk pukulan underhand(bawah)/net . Hindari berdiri dengan telapak kaki di lantai (bertapak) pada saat menunggu datangnya kok. Pada posisi underhand.Lutut kaki kanan dibengkokkan. Dari depan ke belakang dan sebaliknya. atau pada saat bergerak untuk memukul kok. Gerak Iangkah sambil meluncur cepat. 3. Untuk footwork maju-mundur Cara Latihan 1. Pada saat memukul bola harus terjadi perpindahan beban berat badan dari kaki kanan ke kaki kiri. Lutut/paha tidak turun.kok. Pada ready position. lambat kembali ke bagian tengah lapangan. 4. Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kid. seorang pemain tidak bisa mendapatkan angka apabila tidak bisa melakukan servis dengan baik. banyak pelatih. kaki kiri berada di depan. sangat efektif sebagai upaya untuk memukul kok. Namun. c. Dari tengah ke belakang.Posisi badan harus selalu berada di belakang bola yang akan dipukul. Waktu sekian detik yang ada pada masa persiapan ini juga dipakai untuk menentukan pukulan apa yang akan dilakukan. sehingga paha bagian bawah agak turun. Hitting Position Posisi memukul bola atau kerap disebut preparation. 4. 2. 3. Dengan kata lain. . b. 5. Kesalahan yang Terjadi 1. 2. Kerendahannya sesuai dengan ketinggian bola yang akan dipukul. Dari tengah ke depan.

dengan irama gerak kontinu dan harmonis. .Cara latihannya adalah menggunakan sejumlah kok dan dilakukan secara berulang-ulang.Biasakan selalu berkonsentrasi sebelum memukul kok. Servis Forehand Tinggi . . 1. harus dilakukan dengan sempurna serta diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang kekaki depan yang harus be langsung kontinu dan harmonis. Kedua kaki terbuka selebar pinggul. Ayunan raket relatif pendek. Jangan lupa.Kok harus dipukul dengan menggunakan tenaga penuh agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan. titik berat badan berada di antara kedua kaki.Variasi arah dan sasaran servis pendek ini dapat dilatih secara serius dan sistematis. Masing-masing jenis ini bervariasi pelaksanaanya sesuai dengan situasi permainan di lapangan. sehingga dengan sikap seperti ini. sehingga kok hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan. 2. Servis Forehand Pendek .Tujuan servis pendek ini untuk memaksa lawan agar tidak bisa melakukan serangan. .Saat memukul kok.Pada saat perkenaan dengan kepala (daun) raket dan kok. biasanya servis digabungkan ke dalam jenis atau bentuk yaitu servis forehand dan backhand. .Hanya dengan berlatih tekun dan berulang-ulang tanpa mengenal lelah.Kok harus dipukul dengan ayunan raket yang relatif pendek. Selain itu lawan dipaksa berada dalam posisi bertahan. lutut dibengkokkan. dan perhatikan peralihan titik berat badan Anda. Servis Backhand Jenis servis ini pada umumnya. Oleh karena itu. Kita mengetahui bahwa angka/poin dalam permainan bulutangkis tidak akan tercipta. dapat mengusai teknik servis forehand tinggi dengan sebalik-baiknya. arah dan jatuhnya kok sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan. . jenis servis ini kerap digunakan oleh pemain ganda. servis tinggi. Dan kok sedapat mungkin melayang retatif dekat di atas jaring (net). Oleh karena itu.Jenis servis ini terutama digunakan dalam permainan tunggal. untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan. .menguasai teknik dasar ini. apabila pemain tidak mahir melakukan servis dengan benar. siku dalam keadaan bengkok. ada tiga jenis servis. kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai. Servis Forehand a. b. . . yaitu servis pendek. sikap tersebut merupakan kekeliruan besar. Namun. dan flick atau servis setengah tinggi. sikap badan tetap rileks dan penuh konsentrasi. dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan. Ke belakang. ke depan dan setelah melakukan pukulan. Hindari .Perhatikan gerakan ayunan raket. Sikap berdiri adalah kaki kanan di depan kaki kiri. . Dalam permainan bulutangkis.

Titik perkenaan kok. Hindari melakukan "smes keras". 6. karena akan mempengaruhi arah dan akurasi pukulan. tigngi kepala (daun) raket harus berada dibawah pegangan raket. Dalam permainan ganda. Penerima servis bergerak sebelum kok servis dipukul. Servis yang Benar : 1. Kaki kanan melangkah sebelum kok dipukul. 4. 5. posisi pada saat itu kurang menguntungkan. Kaki kiri melakukan langkah. seharusnya kok dipukul terarah cepat. kepala (daun) raket lebih tinggi atau sejajar dengan grip raket. sangat penting dikuasai dengan benar oleh setiap pemain bulutangkis. Underhand (Pukulan dari Bawah) . Dalam permainan tunggal. 2. harus dalam satu rangkaian. atau dengan teknik "pukulan pendek" (drop pendek) ke sudut depan lapangan lawan. Oleh karena. Prinsipnya. tatkala berdiri pada posisi di bagian belakang lapangan sendiri. 4. 3. Posisi kaki menginjak garis tengah atau depan. 5. 2. Pengembalian Service Teknik pengembalian servis. 4. Penerima servis bergerak sesaat setelah servis dipukul.menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan. perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan. Pada saat memukul. dengan penempatan kok yang tepat. sampai dapat menguasai gerakan dan ketrampilan servis ini dengan utuh dan baik/sempurna. dan arah pukulan senantiasa menukik jatuh ke lapangan lawan atau ke bagian tubuh lawan. Kaki hanya bergeser. Sebelum melakukan servis. 3. Perkanaan kok harus berada di bawah pinggang. 7. tetapi tidak lepas dari tanah. perlu diperhatikan adanya peraturan servis. 2. kepala (daun) raket lebih tinggi dari pinggang. 3. Pada saat memukul bola. Rangkaian mengayun raket. Rangkaian mengayun raket dan memukul kok tidak boleh terputus. Berikut aturan bagaimana melakukan servis yang salah dan benar. apabila smes dapat dikembalikan dengan penempatan yang akurat atau terarah oleh pemain lawan. lawan akan bergerak untuk memukul kok itu. 3. Biasakan berlatih dengan jumlah kok yang banyak dan berulang-ulang tanpa mengenal rasa bosan. Arahkan kok ke daerah sisi kanan dan kiri lapangan lawan atau ke sudut depan atau belakang lapangan lawan. 1. Selain itu. sebaiknya servis lob lawan dikembalikan dengan teknik pukulan keras dan tinggi ke salah satu sudut bagian belakang lapangan lawan. 6. sehingga is terpaksa meninggalkan posisi strategisnya di titik tengah lapangannya. Kaki kiri statis. 7. 6. sehingga dapat mengarahkan kok ke sasaran yang tepat dan sesuai perkiraan. Servis yang Salah : 1.

Jenis pukulan ini dominant digunakan dalam permainan bulutangkis. Pukulan overhead lob adalah bola yang dipukul dari atas kepala. Pergelangan tangan agak bengkok ke belakang. Jangan sampai gerak langkah terhambat karena kaki kiri tertahan gerakannya. Clear Underhand. 2. Hal yang Perlu Diperhatikan 1. pukulan atau dorongan yang diarah kan tinggi ke belakang. dengan kaki kanan berada di depan kaki kiri untuk menjangkau jatuhnya kok.Sebagai cara bertahan akibat pukulan serang lawan. Seperti halnya teknik dasar "pukulan dari atas kepala". Flick Underhand. Cara berlatih yang efektif untuk menguasai teknik dasar ini. Bola dipukul kira-kira dekat kaki kanan bagian luar. 5. sehingga lutut kanan dalam keadaan tertekuk. hingga gerakan lanjut dari pukulan ini berakhir di atas bahu kiri. pertama-tama. Posisi akhir raket sesuai arah bola. . 2. Cara Latihan Untuk tahap pemula. Overhead Clear/Lob Pusatkan perhatian lebih untuk menguasai pukulan overhead lob ini. harus trampil berlari sambil melakukan langkah lebar. 3. gunakan tenaga kekuatan siku dan pergelangan tangan. posisinya biasanya dari belakang lapangan dan diarahkan keatas pada . 8. hendaknya siku dalam keadaan bengkok dan pertahankan sikap tubuh tetap tegak. Pada saat memukul kok. agar tidak diulangi lagi. Sikap menjangkau ini. Untuk koordinasi pukul bola sambil melangkah kaki kanan. posisi tangan lurus. umpan dengan lemparkan banyak bola. adalah menciptakan suasana berlatih bersama tim dengan memukul kok yang diarahkan relatif jauh dari jangkauan. ayunkan raket ke belakang lalu pukul bola dan pada saat perkenaan bola. harus melakukan pukulan penyelamatan dengan cara mengangkat kok tinggi ke daerah belakang lapangan lawan. 4. agar telapak kaki kanan tetap kontak dengan lantai sambil menjangkau kok. karena teknik pukulan lob ini banyak kesamaannya dengan teknik smes dan dropshort. dan pegangan backhand untuk underhand backhand. pukulan atau dorongan mendatar ke arah belakang. Fungsi pukulan dasar ini antara lain: . siku juga agak bengkok.Pukulan dasar ini dapat dilakukan dengan teknik pukulan forehand dan backhand. Ada dua jenis pukulan underhand: 1. untuk menguasai teknik dasar ini. Perhatikan. . Pegangan raket forehand untuk underhand forehand. Sambil melangkahkan kaki kanan ke depan.Untuk mengembalikan pukulan pendek atau permainan net lawan. Dalam situasi tertekan dalam permainan. Berlatihlah dengan tekun dan selalu mengevaluasi sendiri kesalahan yang dilakukan.

5. Pukul). sebaiknya pertama-tama latihan dengan cara mengumpan mereka dengan lemparan bola. badan harus condong ke depan. bisa digunakan hitungan (1. Smash Yaitu pukulan overhead (atas) yang diarahkan ke bawah dan dilakukan dengan tenaga penuh. Attacking lob/Clear. Setelah memukul. 2. Lecutkan pergelangan (raket) saat kena bola. sehingga terjadi perpindahan berat badan. Posisi preparation sama dengan overhead biasa. Dibanding dengan overhead yang biasa. Cara Latihan 1. 3. Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri dan pada saat memukul bola. Biasanya pukulan ini dilakukan secara terpaksa karena untuk melakukannya harus dengan pukulan backhand. 4. 3. 6. bolanya tidak terlalu tinggi. kelenturan. Hal yang Perlu Diperhatikan 1. Ayunkan. harus terjadi perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri. Ada dua jenis overhead lob : 1. Untuk alat bantu guna membiasakan gerakan dan memperoleh timing memukul yang pas. Pukulan smes adalah bentuk pukulan keras yang sering digunakan dalam permainan . Untuk para pemula yang baru belajar.bagian belakang lapangan. 2. Bola dipukul seperti gerakan melempar. bolanya tinggi ke belakang. pukulan di belakang kepala ini relatif lebih sulit. sedang raket jatuh di depan badan. 2. Untuk mempermudah. Posisi badan menyamping (vertikal) dengan arah net. 2. kaki kiri mendarat lebih dulu. gunakan gantungan kok yang bisa diatur ketinggiannya. Posisi badan harus diupayakan selalu bera di belakang bola. Posisi akhir raket mengikuti arah bola. di bagian depan kaki (agak berjingkat). 9. biasanya bola berada jauh di belakang kepala kita. Round The Head Clear/Lob/Drop/Smash Adalah bola overhead (di atas) yang dipukul di bagian belakang kepala (samping telinga sebelah kih). Deep lob/Clear. Karena itu tujuan utamanya untuk mematikan lawan. 10. Hal yang Perlu Diperhatikan 1. Karena. Pukulan ini identik sebagai pukulan menyerang. tangan harus lurus. 3. Pergunakan pegangan forehand. 2. pertama badan diputar yaitu dengan melangkahkan kaki kanan ke belakang. footwork yang balk. dan koordinasi. pegang raket dan posisinya di samping bahu. Karena untuk bisa melakukan pukulan (teknik) ini diperlukan ekstra kekuatan kaki. untuk menjangkaunya. Ialu dilepas. Pada saat perkenaan bola. Tujuannya supaya timing memukul bisa diperoleh. lalu lompatkan kaki kanan sambil badan dan raket diputar untuk menjangkau kok yang berada di belakang kepala. Posisi siap.

lengan. pukulan smes dapat dilakukan dalam sikap diam/berdiri atau sambil loncat (King Smash). Karakteristik pukulan ini adalah. keras. laju jalannya kok cepat menuju Iantai Iapangan. Dalam praktek permainan. Manfaatnya sangat besar untuk meningkatkan kualitas permainan. .Oleh karena itu pukulan smes dapat berbentuk: .Pukulan smes potong .bulutangkis.Pukulan smes melingkar atas kepala Teknik pukulan smes tersebut secara bertahap setiap pemain harus menguasainya dengan sempurna.Pukulan smes penuh . sehingga pukulan ini membutuhkan aspek kekuatan otot tungkai. dan fleksibilitas pergelangan tangan serta koordinasi gerak tubuh yang harmonis. bahu.Pukulan sines backhand .

Menurut cerita. sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut. antara lain di Amerika Selatan. harus membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England. Pada awalnya. sehingga bola hanya dapat berpindah melalui lemparan. Eropa Selatan.Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891. Olahraga ini pun menjadi segera terkenal di seantero Amerika Serikat. seorang guru Olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield. Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya. Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Pada tahun 1891. Selain itu. Aturan dasar tersebut adalah sebagai berikut.Basket adalah sebutan yang diucapkan oleh salah seorang muridnya. Pertandingan demi pertandingan pun segera dilaksanakan di kota-kota di seluruh negara bagian Amerika Serikat. Sejarah Basket dianggap sebagai olahraga unik karena diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga. setiap tim berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble. diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 di tempat kerja Dr. Bola dapat dilemparkan ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan. Pertandingan resmi bola basket yang pertama. 1. Lithuania.Bola basket Dari Wikipedia bahasa Indonesia. James Naismith. Dr. ensiklopedia bebas Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masingmasing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. dia lalu menulis beberapa peraturan dasar. Penggemar fanatik ditempatkan di seluruh cabang di Amerika Serikat. dan juga di Indonesia. .James Naismith. Sejarah peraturan permainan basket diawali dari 13 aturan dasar yang ditulis sendiri oleh James Naismith. setelah menolak beberapa gagasan karena dianggap terlalu keras dan kurang cocok untuk dimainkan di gelanggang-gelanggang tertutup. menempelkan sebuah keranjang di dinding ruang gelanggang olahraga. bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar. dan meminta para siswa untuk mulai memainkan permainan ciptaannya itu. Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario. Massachusetts.

memukul pemain lawan dengan cara disengaja. pergantian kepemilikan bola. Wasit pembantu berhak menentukan sah tidaknya suatu gol dan menghitung jumlah gol yang terjadi. maka pemain pelanggar akan dikenai hukuman tidak boleh ikut bermain sepanjang pertandingan. Pihak yang berhasil memasukkan gol terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang. waktu. serta menghitung waktu. Apabila terjadi perbedaan pendapat tentang kepemilikan bola. Pelanggaran pertama terhadap peraturan ini akan dihitung sebagai kesalahan. Pemain harus melemparkan bola tersebut dari titik tempat menerima bola. 5. Sebuah kesalahan dibuat pemain apabila memukul bola dengan kepalan tangan (meninju). mendorong. 8. Pemain tidak diperbolehkan berlari sambil memegang bola. serta melanggar hal-hal yang disebutkan pada aturan 5. pelanggaran kedua akan diberi sangsi berupa diskualifikasi pemain pelanggar hingga keranjang tim nya dimasuki oleh bola lawan. Lengan atau anggota tubuh lainnya tidak diperbolehkan memegang bola. Wasit memiliki hak penuh untuk memberikan diskualifikasi pemain yang melakukan pelanggaran sesuai dengan yang tercantum dalam aturan 5. Apabila salah satu pihak melakukan hal yang dapat menunda pertandingan. dalam hal ini pemain yang menjaga keranjang tidak menyentuh atau mengganggu gol tersebut. 6. Lapangan. Apabila bola keluar lapangan pertandingan. tetapi diperbolehkan apabila pemain tersebut berlari pada kecepatan biasa. tetapi tidak boleh dipukul menggunakan kepalan tangan (meninju). Apabila bola terhenti di pinggir keranjang atau pemain lawan menggerakkan keranjang. Bola harus dipegang di dalam atau di antara telapak tangan. 11. maka wasit dapat memberi mereka sebuah peringatan pelanggaran. 3. Pemain tidak diperbolehkan menyeruduk. 7. 12. menahan.2. dan apabila pelanggaran tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencederai lawan. maka kepemilikan bola akan berpindah. maka hal tersebut tidak akan dihitung sebagai sebuah gol. maka wasit yang akan melemparkannya ke dalam lapangan. Apabila salah satu pihak melakukan tiga kesalahan berturut-turut. 10. maka kesalahan itu akan dihitung sebagai gol untuk lawannya (berturut-turut berarti tanpa adanya pelanggaran balik oleh lawan). Gol terjadi apabila bola yang dilemparkan atau dipukul dari lapangan masuk ke dalam keranjang. Wasit pembantu memperhatikan bola dan mengambil keputusan apabila bola dianggap telah keluar lapangan. Pada masa ini. Wasit berhak untuk memperhatikan permainan para pemain dan mencatat jumlah pelanggaran dan memberi tahu wasit pembantu apabila terjadi pelanggaran berturut-turut. Waktu pertandingan adalah 4 babak masing-masing 10 menit 13. 9. Bola dapat dipukul ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan. dan jumlah pemain bola basket . bola akan dilemparkan kembali ke dalam dan dimainkan oleh pemain pertama yang menyentuhnya. pemain yang melempar bola diberi waktu 5 detik untuk melemparkan bola. melakukan pelanggaran terhadap aturan 3 dan 4. 4. pergantian pemain tidak diperbolehkan. Apabila ia memegang lebih lama dari waktu tersebut.

650 gram. Di antara dua babak tambahan terdapat waktu istirahat selama 2 menit.1. Waktu untuk lemparan ke dalam yaitu 5 detik. Sedangkan berat bola adalah 600 . dan babak 4 terdapat waktu istirahat selama 10 menit. Sementara jarak papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket adalah 0.40 meter. Pemain tidak diperbolehkan berlari sambil memegang bola. 2.80 meter pada lantai papan. Bola dapat dipukul ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan. memukul.78 cm. Jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah 5 orang dalam satu regu dengan cadangan 5 orang. tetapi diperbolehkan apabila pemain tersebut berlari pada kecepatan biasa. 3. Bola harus dipegang di dalam atau di antara telapak tangan. Panjang papan pantul bagian luar adalah 1. Lengan atau anggota tubuh lainnya tidak diperbolehkan memegang bola.80 meter sedangkan lebar papan pantul bagian luar adalah 1. Panjang garis akhir lingkaran daerah serang yaitu 6 meter. Dan panjang papan pantul bagian dalam adalah 0.60 meter. Tiga buah lingkaran yang terdapat di dalam lapangan basket memiliki panjang jari-jari yaitu 1.20 meter.45 meter. Waktu permainan 4 X 10 menit. pelanggaran kedua akan diberi sanksi berupa diskualifikasi pemain pelanggar hingga keranjang timnya dimasuki oleh bola lawan. Pelanggaran pertama terhadap peraturan ini akan dihitung sebagai kesalahan.40 meter. maka bola harus kembali pada ketinggian antara 1.80 meter. Sedangkan jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir adalah 1 meter. Ring basket memiliki panjang yaitu 0.30 meter. dan . Keliling bola yang digunakan dalam permainan bola basket adalah 75 cm . Peraturan permainan bola basket Aturan dasar pada permainan Bola Basket adalah sebagai berikut: y y y y y Bola dapat dilemparkan ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan. mendorong. Wasit 1 disebut Referee sedangkan wasit 2 disebut Umpire. Panjang garis tengah lingkaran pada lapangan basket adalah 1.05 meter. Jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah adalah 2.75 meter. Jika bola dijatuhkan dari ketinggian 1.20 . menahan. Sedangkan panjang garis tembakan hukuman yaitu 3. Bila terjadi skor yang sama pada akhir pertandingan harus diadakan perpanjangan waktu sampai terjadi selisih skor. Pemain tidak diperbolehkan menyeruduk. Sedangkan jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang. Pemain harus melemparkan bola tersebut dari titik tempat menerima bola.59 meter sedangkan lebar papan pantul bagian dalam adalah 0. Di antara babak 1. tetapi tidak boleh dipukul menggunakan kepalan tangan (meninju).80 meter dengan ukuran lebar garis yaitu 0. atau menjegal pemain lawan dengan cara bagaimanapun.Permainan bola basket adalah persegi panjang dengan ukuran panjang lapangan yaitu 26 meter serta lebar lapangan yaitu 14 meter.

Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. Pelempar bola diberi waktu 5 detik untuk melemparkan bola dalam genggamannya. Wasit memiliki hak penuh untuk memberikan diskualifikasi pemain yang melakukan pelanggaran sesuai dengan yang tercantum dalam aturan 5. maka kepemilikan bola akan berpindah. Apabila bola keluar lapangan pertandingan. Apabila terjadi perbedaan pendapat tentang kepemilikan bola. Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap boka di depan dada. maka hal tersebut tidak akan dihitung sebagai sebuah gol. Bola berada di antara kedua telapak tangan. Apabila bola terhenti di pinggir keranjang atau pemain lawan menggerakkan keranjang. Waktu pertandingan adalah 4 quarter masing-masing 10 menit Pihak yang berhasil memasukkan gol terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang [1] Teknik dasar permainan bola basket Cara memegang bola basket adalah sikap tangan membentuk mangkok besar. pergantian kepemilikan bola. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks. Dalam menangkap bola harus diperhatikan agar bola berada dalam penguasaan. serta melanggar hal-hal yang disebutkan pada aturan 5. Pada masa ini. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan. Wasit berhak untuk memperhatikan permainan para pemain dan mencatat jumlah pelanggaran dan memberi tahu wasit pembantu apabila terjadi pelanggaran berturut-turut. bola akan dilemparkan kembali ke dalam dan dimainkan oleh pemain pertama yang menyentuhnya. serta menghitung waktu. Wasit pembantu berhak menentukan sah tidaknya suatu gol dan menghitung jumlah gol yang terjadi. melakukan pelanggaran terhadap aturan 3 dan 4. Apabila ia memegang lebih lama dari waktu tersebut. jari-jari terentang melekat pada bola. Apabila salah satu pihak melakukan hal yang dapat menunda pertandingan. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang. Apabila salah satu pihak melakukan tiga kesalahan berturut-turut. Wasit pembantu memperhatikan bola dan mengambil keputusan apabila bola dianggap telah keluar lapangan. . maka wasit dapat memberi mereka sebuah peringatan pelanggaran. maka kesalahan itu akan dihitung sebagai gol untuk lawannya (berturut-turut berarti tanpa adanya pelanggaran balik oleh lawan). maka wasitlah yang akan melemparkannya ke dalam lapangan. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. dalam hal ini pemain yang menjaga keranjang tidak menyentuh atau mengganggu gol tersebut. Gol terjadi apabila bola yang dilemparkan atau dipukul dari lapangan masuk ke dalam keranjang.y y y y y y y y apabila pelanggaran tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencederai lawan. maka pemain pelanggar akan dikenai hukuman tidak boleh ikut bermain sepanjang pertandingan. Sebuah kesalahan dibuat pemain apabila memukul bola dengan kepalan tangan (meninju). pergantian pemain tidak diperbolehkan.

serta melempar bola memantul ke tanah atau lantai (bounce pass). Menggiring bola rendah bertujuan untuk melindungi bola dari jangkauan lawan. Tekanlah bola saat mencapai titik tertinggi ke arah bawah dengan sedikit meluruskan siku tangan diikuti dengan kelenturan pergelangan tangan. Menggiring bola tinggi dilakukan untuk mengadakan serangan yang cepat ke daerah pertahanan lawan. Caranya yaitu dengan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan. Seorang pemain basket melakukan shooting dengan dua tangan.Mengoper atau melempar bola terdiri atas tiga cara yaitu melempar bola dari atas kepala (over head pass). Lay-up disebut juga dengan tembakan melayang. sedangkan kaki yang lain dapat berputar 360 derajat. Dalam melakukan shooting ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan shooting dengan dua tangan serta shooting dengan satu tangan. Menggiring bola dalam permainan bola basket dapat dibagi menjadi dua cara. yaitu menggiring bola rendah dan menggiring bola tinggi. Lay-up adalah usaha memasukkan bola ke ring atau keranjang basket dengan dua langkah dan meloncat agar dapat meraih poin. melempar bola dari dari depan dada (chest pass) yang dilakukan dari dada ke dada dengan cepat dalam permainan. Shooting adalah usaha memasukkan bola ke dalam keranjang atau ring basket lawan untuk meraih poin. Pivot atau memoros adalah suatu usaha menyelamatkan bola dari jangkauan lawan dengan salah satu kaki sebagai porosnya. Teknik permainan bola basket profesional y Fade Away . Menggiring bola (dribbling ball) adalah suatu usaha membawa bola ke depan. Saat bola bergerak ke atas telapak tangan menempel pada bola dan mengikuti arah bola.

yaitu gerakan untuk memasukkan dan melesakan bola basket langsung ke dalam keranjang yang bisa dilakukan dengan gerakan akrobatik yang berkekuatan luar bLahirnya persatuan bola basket seluruh Indonesia Ada beberapa informasi mengatakan masuknya basket bersamaan dengan kedatangan pedagang dari Cina menjelang kemerdekaan. yaitu hanya memasukkan bola secara langsung ke ring dan menghempaskan tangan ke ring basket.Atlanta Hawks) y Slamdunk Slamdunk adalah salah satu teknik yang paling populer. y Jump Shoot Teknik yang butuh lompatan tinggi.Fade away adalah tehnik yang mendorong badan kebelakang saat melakukan shoot. Pemain NBA yang sering memakai teknik ini adalah sang legenda basket seperti Michael Jordan dan Kobe Bryant. Sebenarnya cukup simpel. Mereka yang . Salah satu perkembangannya adalah diciptakannya gerakan slam dunk atau menombok. Walaupun simpel. dan keakuratan mencapat 80%. Bila keseimbangan badan tidak terjaga bisa-bisa terpelanting dan jatuh kebelakang. y Hook Shoot Hook adalah teknik yang sangat efektif bila pemain dijaga oleh orang yang lebih tinggi dari pemain. sehingga menyulitkan defender untuk menghadang bola. Yaitu cara menembak dari samping dengan satu tangan. dan akurasi tembakan yang bagus. biasanya teknik sudah banyak di improvisasi dengan cara memantulkan bola di antara celah kaki (kebanyakan pemain internasional sudah menggunakan teknik ini) atau belakang kaki (yang paling sering menggunakan teknik ini adalah Jamal Crawford . Jadi jarak antara orang yang menghadang dan pemain bias agak jauh. [2] Perkembangan Permainan basket sudah sangat berkembang dan digemari sejak pertama kali diperkenalkan oleh James Naismith. y crossover merupakan cara dribble dengan cara memantulkan bola dari tangan kiri ke tangan kanan atau sebaliknya. tapi untuk orang dengan tinggi 171 cm slam seperti ini hampir mustahil untuk dilakukan karena lompatannya tidak cukup tinggi. Tepatnya. tehnik ini lumayan susah dilakukan buat pemain yang baru belajar basket. bola basket sudah dimainkan orangorang Cina di Provinsi Tientsien dan kemudian menjalar ke seluruh daratan Cina. Belakangan tehnik ini sering dipakai oleh Rony Gunawan Satria Muda Britama waktu melawan Garuda Bandung di Final 2009. sejak 1894.

Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang. Waktu itu. Korea Selatan. melempar bola dari dari depan dada (chest pass) yang dilakukan dari dada ke dada dengan cepat dalam permainan. Informasi ini diperkuat fakta menjelang dan pada awal kemerdekaan klub-klub bola basket di sejumlah kota besar seperti Jakarta. Maladi sebagai Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang kemudian menjadi Menteri Olahraga. yaitu menggiring bola rendah dan menggiring bola tinggi. Pada 1948. dan Jepang). serta melempar bola memantul ke tanah atau lantai (bounce pass). tim Indonesia menduduki peringkat ke-4 di bawah Filipina. sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. meminta Tonny Wen dan Wim Latumeten untuk membentuk organisasi bola basket. Medan. Tiga tahun kemudian. Caranya yaitu dengan memantul-mantulkan bola ke lantai dengan satu tangan. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan. Bola berada di antara kedua telapak tangan. disepakati pembentukan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia pada 1955. Korea. jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. jari-jari terentang melekat pada bola. Mengoper atau melempar bola terdiri atas tiga cara yaitu melempar bola dari atas kepala (over head pass). dan Surabaya sebagian besar tumbuh dari sekolah-sekolah Cina.berdagang ke Indonesia adalah kelompok menengah kaya yang memilih olahraga dari Amerika itu sebagai identitas kelompok Cina modern. Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. Dalam menangkap bola harus diperhatikan agar bola berada dalam penguasaan. Semarang. Menggiring bola (dribbling ball) adalah suatu usaha membawa bola ke depan. Bandung. Menggiring bola rendah . bola basket. ketika Negara Indonesia menggelar PON I digelar di Solo. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks. Ini membuktikan bahwa basket cepat memasyarakat dan secara resmi diakui Negara. Dari klub itu pula kemudian lahir salah seorang pemain legenda Indonesia. Namun akhirnya karena tuntutan kebutuhan untuk menyatukan organisasi basket. DI Yogyakarta. Saat bola bergerak ke atas telapak tangan menempel pada bola dan mengikuti arah bola. Menggiring bola dalam permainan bola basket dapat dibagi menjadi dua cara. Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. Tekanlah bola saat mencapai titik tertinggi ke arah bawah dengan sedikit meluruskan siku tangan diikuti dengan kelenturan pergelangan tangan. disingkat Teknik Dasar Permainan Bola Basket by Inop49 on 03:14 AM. Liem Tjien Siong yang kemudian dikenal dengan nama Sonny Hendrawan (Pada 1967 Sonny terpilih sebagai Pemain Terbaik pada Kejuaraan Bola Basket Asia IV di Seoul. Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap boka di depan dada. 14-May-09 Cara memegang bola basket adalah sikap tangan membentuk mangkok besar.

Menurut cerita. bola basket mudah dipelajari karena bentuk bolanya yang besar.Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario. Bola basket adalah salah satu olahraga yang paling digemari oleh penduduk Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya. Selain itu. Lithuania. setelah menolak beberapa gagasan karena dianggap terlalu keras dan kurang . Sejarah perkembangan Basket dianggap sebagai olahraga unik karena diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang pastor. antara lain di Amerika Selatan. James Naismith. Pada tahun 1891. harus membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England. Lay-up adalah usaha memasukkan bola ke ring atau keranjang basket dengan dua langkah dan meloncat agar dapat meraih poin.Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891. sehingga tidak menyulitkan pemain ketika memantulkan atau melempar bola tersebut. sedangkan kaki yang lain dapat berputar 360 derajat. Pivot atau memoros adalah suatu usaha menyelamatkan bola dari jangkauan lawan dengan salah satu kaki sebagai porosnya. Shooting adalah usaha memasukkan bola ke dalam keranjang atau ring basket lawan untuk meraih poin. Bola basket sangat cocok untuk ditonton karena biasa dimainkan di ruang olahraga tertutup dan hanya memerlukan lapangan yang relatif kecil. Sejarah bola basket Bola basket adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masingmasing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. dan juga di Indonesia.bertujuan untuk melindungi bola dari jangkauan lawan. Dr. Menggiring bola tinggi dilakukan untuk mengadakan serangan yang cepat ke daerah pertahanan lawan. Dalam melakukan shooting ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan shooting dengan dua tangan serta shooting dengan satu tangan. seorang pastor asal Kanada yang mengajar di sebuah fakultas untuk para mahasiswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield. Massachusetts. Lay-up disebut juga dengan tembakan melayang. Eropa Selatan.

diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 di tempat kerja Dr. 6. dalam hal ini pemain yang menjaga keranjang tidak menyentuh atau mengganggu gol . Pelanggaran pertama terhadap peraturan ini akan dihitung sebagai kesalahan. Penggemar fanatiknya ditempatkan di seluruh cabang YMCA di Amerika Serikat. 8. Sejarah peraturan permainan basket diawali dari 13 aturan dasar yang ditulis sendiri oleh James Naismith. Bola dapat dilemparkan ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan. dia lalu menulis beberapa peraturan dasar. "Basket ball" (sebutan bagi olahraga ini dalam bahasa Inggris). Pemain tidak diperbolehkan menyeruduk. 1. mendorong. Gol terjadi apabila bola yang dilemparkan atau dipukul dari lapangan masuk ke dalam keranjang. Pada masa ini. 3. maka kesalahan itu akan dihitung sebagai gol untuk lawannya (berturut-turut berarti tanpa adanya pelanggaran balik oleh lawan). Aturan dasar tersebut adalah sebagai berikut. Sebuah kesalahan dibuat pemain apabila memukul bola dengan kepalan tangan (meninju). menahan.cocok untuk dimainkan di gelanggang-gelanggang tertutup. Apabila salah satu pihak melakukan tiga kesalahan berturut-turut. pergantian pemain tidak diperbolehkan. menempelkan sebuah keranjang di dinding ruang gelanggang olahraga.setiap tim berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble. Olahraga ini pun menjadi segera terkenal di seantero Amerika Serikat. Pemain tidak diperbolehkan berlari sambil memegang bola. Pada awalnya. tetapi diperbolehkan apabila pemain tersebut berlari pada kecepatan biasa. Bola harus dipegang di dalam atau diantara telapak tangan. serta melanggar hal-hal yang disebutkan pada aturan 5. 4. tetapi tidak boleh dipukul menggunakan kepalan tangan (meninju). atau menjegal pemain lawan dengan cara bagaimanapun. melakukan pelanggaran terhadap aturan 3 dan 4.sehingga bola hanya dapat berpindah melalui pass (lemparan). 5. 2. Lengan atau anggota tubuh lainnya tidak diperbolehkan memegang bola. Pertandingan demi pertandingan pun segera dilaksanakan di kotakota di seluruh negara bagian Amerika Serikat. maka pemain pelanggar akan dikenai hukuman tidak boleh ikut bermain sepanjang pertandingan. dan meminta para siswanya untuk mulai memainkan permainan ciptaannya itu. Pertandingan resmi bola basket yang pertama. James Naismith. Bola dapat dipukul ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan. 7. memukul. pelanggaran kedua akan diberi sanksi berupa pendiskualifikasian pemain pelanggar hingga keranjang timnya dimasuki oleh bola lawan. Pemain harus melemparkan bola tersebut dari titik tempat menerima bola. adalah sebutan yang digagas oleh salah seorang muridnya. dan apabila pelanggaran tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mencederai lawan.

Wasit pembantu memperhatikan bola dan mengambil keputusan apabila bola dianggap telah keluar lapangan. Apabila bola terhenti di pinggir keranjang atau pemain lawan menggerakkan keranjang. Apabila bola keluar lapangan pertandingan. Wasit pembantu berhak menentukan sah tidaknya suatu gol dan menghitung jumlah gol yang terjadi. 10. kurang dari enam bulan setelah menikah untuk kedua kalinya. maka kepemilikan bola akan berpindah. ia menjadi warga negara Amerika Serikat pada 4 Mei 1925. Terlahir sebagai warga Kanada. Naismith meninggal dunia 28 November 1939. bola akan dilemparkan kembali ke dalam dan dimainkan oleh pemain pertama yang menyentuhnya. Wasit memiliki hak penuh untuk mendiskualifikasi pemain yang melakukan pelanggaran sesuai dengan yang tercantum dalam aturan 5. 12. Pada Agustus 1936. Apabila ia memegang lebih lama dari waktu tersebut. pergantian kepemilikan bola. ia dinamakan sebagai Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional. Wasit berhak untuk memperhatikan permainan para pemain dan mencatat jumlah pelanggaran dan memberi tahu wasit pembantu apabila terjadi pelanggaran berturut-turut. Waktu pertandingan adalah 4 quarter masing-masing 10 menit 13. 11. 9. maka hal tersebut tidak akan dihitung sebagai sebuah gol. maka wasit dapat memberi mereka sebuah peringatan pelanggaran. maka wasitlah yang akan melemparkannya ke dalam lapangan. Pelempar bola diberi waktu 5 detik untuk melemparkan bola dalam genggamannya. serta menghitung waktu. saat menghadiri Olimpiade Berlin 1936.tersebut. . Pihak yang berhasil memasukkan gol terbanyak akan dinyatakan sebagai pemenang. Apabila terjadi perbedaan pendapat tentang kepemilikan bola. Apabila salah satu pihak melakukan hal yang dapat menunda pertandingan.