P. 1
REKAYASA GENETIKA

REKAYASA GENETIKA

|Views: 99|Likes:
Published by debussy21

More info:

Published by: debussy21 on May 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2012

pdf

text

original

REKAYASA GENETIKA • • • • • • Rekayasa genetika merupakan suatu cara memanipulasikan gen untuk menghasilkan makhluk hidup baru dengan

sifat yang di inginkan. Rekayasa genetika disebut juga pencangkokan gen atau rekombinasi DNA. Dalam rekayasa genetika digunakan DNA untuk menggabungkan sifat makhluk hidup. Hal itu karena DNA dari setiap makhluk hidup mempunyai struktur yang sama, sehingga dapat direkomendasikan. Selanjutnya DNA tersebut akan mengatur sifatsifat makhluk hidup secara turun-temurun. Untuk mengubah DNA sel dapat dilakukan melalui banyak cara, misalnya melalui transplantasi inti, fusi sel, teknologi plasmid, dan rekombinasi DNA.

TEKNOLOGI PLASMID • Plasmid adalah lingkaran DNA kecil yang terdapat di dalam sel bakteri atau ragi di luar kromosomnya.

Sifat-sifat plasmid, antara lain: 1. 2. 3. 4. • merupakan molekul DNA yang mengandung gen tertentu dapat beraplikasi diri dapat berpindah ke sel bakteri lain sifat plasmid pada keturunan bakteri sama dengan plasmid induk. Karena sifat-sifat tersebut di atas plasmid digunakan sebagai vektor atau pemindah gen ke dalam sel target.

b. Prinsip dasar yang harus diperhatikan dan dipenuhi adalah kondisi aseptik (sterilitas tinggi) dan ketersediaan nutrisi cukup dan seimbang untuk memenuhi semua kebutuhan sel tanaman. Adanya metode kultur jaringan merupakan pengembangan dari teori sel yaitu dengan menumbuhkan sel atau sekumpulan sel (jaringan) pada medium mengandung zat hara yang sesuai dengan kebutuhan sel atau jaringan tanaman. Kultur jaringan / sel Kultur jaringan merupakan suatu metode untuk memperbanyak sel / jaringan yang berasal dari jaringan asli (original) tumbuhan atau hewan setelah terlebih dulu mengalami pemmisahan (disagregasi) secara mekanis atau kimiawi (enzimatis) secara in vitro. .

Eksplan akan terus membelah dan tumbuh membentuk massa sel yang belum terdiffernsiasi disebut kalus. Umumnya yang dijadikan eksplan adalah jaringan muda (mengapa?) b. . Memotong bagian tanaman yang akan dibiakkan dalam media kultur. Kalus kemudian dipindah dalam media diferensiasi yang akan terus tumbuh dan berkembang menjadi tanaman kecil (planlet) d. Bagian tanaman ini disebut eksplan. materi kuliah Bioteknologi) Proses kultur jaringan (pada tanaman): a. Eksplan diletakkan dalam media kultur c.gambar proses kultur jaringan pada tanaman (sumber: Anonim.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->