P. 1
Unsur - unsur Komunikasi Ppt

Unsur - unsur Komunikasi Ppt

|Views: 589|Likes:
Published by aRin Manda

More info:

Published by: aRin Manda on May 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2013

pdf

text

original

Om Swastyastu

Oleh : kelompok 7

Unsur ² unsur komunikasi yang dijelaskan Aristoteles dalam bukunya berjudul ´Rethorikaµ yaitu :
Pembicara Pembicaraan Pendengar

Sebagian besar model komunikasi yang ada sekarang ini tidak jauh berbeda dengan yang digambarkan Aristoteles itu, walaupun agak lebih komplek.

Menurut Shannon-Weaver , unsur ² Shannonunsur komunikasi meliputi :
y Sumber, y Transmitter, y Isyarat, y Penerima, dan y Tujuan

a. Sumber Pesan (Komunikator) Komunikator)
Sumber biasa disebut dengan pengirim atau komunikator, ini mempunyai peran sebagai subyek atau pelaku utama bagi jalinan komunikasi. Seorang komunikator yang baik harus memiliki sifat yang mampu menunjang jalannya komunikasi.

b. Encoding
y Encoding

adalah suatu kegiatan internal seseorang untuk memilih dan merancang perilaku verbal dan non verbal yang sesuai dengan aturan ² aturan tata bahasa dan sintaksis guna menciptakan suatu pesan. y Hasil dari perilaku menyandi adalah suatu pesan atau message.

c. Pesan (Message)
Bentuk pesan terdiri dari 3 macam, yaitu : y Informatif y Persuatif y Koersif Pesan yang baik harus sesuai dengan tujuan komunikator dan memiliki kejelasan maksud sehingga tidak membingungkan penerima pesan.

d. Channel (Media/Saluran) (Media/Saluran)
Channel adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak.

e. Penerima pesan (Komunikan) Komunikan)
Komunikan merupakan seseorang yang mendapatkan suatu pesan. Komunikan juga dapat berupa perorangan, kelompok, ataupun masa.

f. Decoding dan Receiver Respons
Decoding adalah proses internal penerima dan pemberian makna kepada perilaku sumber yg mewakili perasaan dan pemikiran sumber, sedangkan receiver response (respons penerima) ini menyangkut apa yang penerima lakukan setelah ia menerima pesan. Komunikasi dianggap berhasil, bila respon penerima mendekati apa yang dihendaki oleh sumber yg menciptakan pesan.

g. Feed back (Umpan Balik) (Umpan Balik)
Umpan balik adalah informasi yang tersedia bagi sumber dan memungkinkannya menilai kefektifan komunikasi yang dilakukan untuk mengadakan penyesuaian-penyesuaian atau perbaikan ² perbaikan dalam komunikasi selanjutnya. y Umpan balik dapat dimaknai sebagai jawaban komunikan atas pesan komunikator yang disampaikan kepadanya.
y

Terima kasih

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->