P. 1
LAPORAN PRAKERIN LENIA

LAPORAN PRAKERIN LENIA

|Views: 856|Likes:
Published by Tika Hartika

More info:

Published by: Tika Hartika on May 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2013

pdf

text

original

LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI DENGAN TINJAUAN KHUSUS OBAT ANTASIDA DOAEN SEBAGAI OBAT MAGG

DI APOTEK ASSILMI PADA TAHUN 2011

NAMA : LENIAWATI DEWI NISN : 9943538786

Subang April 2011 Disetujui oleh:

Pembimbing

Pembimbing

( Yeni Nuryani, S.si,Apt.)

( Erna Juherna, S.farm,Apt) Pembimbng SMK Kes, Bhakti Kencana Subang

Pembimbing Apotek Assilmi Subang

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI DENGAN TINJAUAN KHUSUS OBAT ANTASID DOEN SEBAGAI OBAT MAGG DI APOTEK ASSILMI PADA TAHUN 2011

Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat menempuh ujian sidang ko,petensi keahlian farmasi SMK Kes, Bhakti Kencana Subang

NAMA : LENIAWATI DEWI NISN : 9943538786

YAYASAN ADHI GUNA KENCANA SMK KESEHATAN BHAKTI KENCANA SUBANG 2011

Kepada kedua orang tua saya yang menyelesaikan tugas ini. 3.Apt dan yang ada diluar sekolah yaitu Ibu Yeni Nuryani. Dalam pengerjaan tugas ini saya banyak sekali mendapat bantuan dari berbagai pihak.. Amin. 2. Kepada guru pembimbing yang ada didalam sekolah yaitu Ibu Erna Juherna. Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku. yang merupakan salah satu syarat untuk menempuh Ujian Akhir Sekolah dan Ujian Nasional.pd selaku kepala sekolah SMK Kesehatan Bhakti Kencana Subang. S. Bapak Unib sumarna. S.KATA PENGANTAR Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT berkat rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyalesaikan tugas Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di Apotek Assilmi Subang. 4.Apt.«««««««. dan saya yakin dalam laporan ini masih sangat jauh dari sempurna namun harapan saya semoga tugas Laporan Praktek Kerja industri (PRAKERIN) ini dapat memberikan manfaat bagi penulis dan pembaca umumnya. oleh karena itu saya ucapkan terima kasih kepada: 1. Kepada semua guru produktif khususnya dalam program farmasi di Smk Kesehatan Bhakti Kencana Subang.farm. S. Kepada rekan-rekan dan adik kelas yang telah ikut membantu dalam penyelesaian tugas ini. Laporan ini ditujukan agar siswa/I Sekolah Menengah Kejuruan mempunyai ilmu yang bersifat universal disamping mempunyai keterampilan atau kemampuan sesuai dengan program yang dipilihnya.2011 Penyusun telah mendukung dalam .si. 5. Subang.

kuratif (penyembuhan) dan rehabilitative (pemulihan). Kesehatan merupakan hal penting bagi kehidupan. Pentingnya dilakukan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) agar dapat berperan dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan misalnya dalam hal informasi obat kepada masyarakat tentang penggunaan obat yang aman tepat dan rasional. pada dasarnya merupakan zat berbahaya bagi tubuh jika penggunaannya tidak dilakukan secara tepat. dalam pembangunan kesehatan dilakukan upaya promotif (peningkatan). bermutu dan berkhasiat dan terjangkau harganya oleh masyarakat secara meluas. kemauan. semua itu harus dilaksanakan secara menyeluruh terpadu dan berkesinambungan serta dilaksanakan bersama. Antasid merupakan . dan kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap orang agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang optimal. Obat sebagai salah satu zat yang digunakan dalam upaya kesehatan.Leniawati Dewi BAB 1 PENDAHULUAN 1. Apotek sebagai salah satu sarana penunjang kesehatan turut berperan dalam mewujdkan upaya kesehatan yang dilaksanakan pemerintah sebagai sarana distribusi obat dan perbekalan farmasi yang aman. Obat lokal ialah zat yang kerjanya berdasarkan aktifitas local secara fisika atau kimia. seperti antaisda yaitu obat yang menetralkan asam lambung sehingga berguna untuk menghilangkan nyeri akibat kelebihan asam lambung. preventif (pencegahan). Kegiatan pelayanan kefarmasian yang semula hanya berfokus pada pengelolaan obat sebagai komoditi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien. apalagi sampai disalahgunakan.1 Latar Belakang Kesehatan sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum yang harus diwujudkan oleh setiap orang. dengan adanya pembangunan kesehatan diarahkan guna tercapainya kesadaran.

Dapat mengetahui macam-macam obat Antasida doen. 4. Haryono No.2 Tujuan Prakerin Adapun tujuan diadakannya Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) diapotek adalah: 1. 2.3 Waktu Dan Tempat Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dlaksanakan diapotek Assilmi yang terletak di jalan MT. 1. Agar dapat mengetahui bagaimana cara kerja obat Antasid doen.basa lemah yang bereaksi dengan asam lambung untuk membentuk air dan garam. Agar dapat mengetahui obat Antasid doen sebagai obat untuk mencegah kelebihan asam lambung. BAB II TINJAUAN UMUM . 1. dengan demikian dapat menghilangkan keasaman lambung. Agar dapat mengetahui penggolongan obat berdasarkan Undang-Undang.05 Subang dari tanggal 01 Maret sampai dengan 11 April 2011. 3.

Apoteker. 2. penyaluran sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan lainnya kepada masyarakat.1. Apotek sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan yang perlu mengutamakan kepentingan masyarakat dan bekewajiban menyediakan. 2.1.1 TINJAUAN TENTANG TEMPAT PRAKERIN (APOTEK) 2. Menyiapkan dan menyerahkan perbekalan farmasi yang bermutu dan terjamin.1 Pengertian Apotek Apotek adalah suatu tempat dilakukannya pekerjaan kefarmasian. Asisten Apoteker dan karyawan dapat juga melakukan konseling kepada pasien. .1.2. Pengertian ini didasarkan pada keputusan Mentri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1332/MENKES/SK/X/2002 Tentang perubahan atas peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia nomor 922/MENKES/PER/1993 apotek dan ketentuan tata cara perizinan apotek.2 Visi Dan Misi Apotek Sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh apotek Assilmi maka dapat mengeluarkan Visi dan Misi yaitu Dengan adanya swamedikasi kita dapat meningkatkan kesehatan masyarakat.3 Tujuan Menciptakan apotek yang tidak hanya melayani resep tetapi.

3 DEFINISI OBAT a.1.Apt. pengamanan. bahan obat dan obat tradisional. obat tradisional dan kosmetik. Melayani pembelian obat ataupun sediaan farmasi lainnya 2. Swamedikasi oleh Apoteker Pengelola Apotek (APA) atau karyawan c. pengadaan penyimpanan dan pendistribusian atau penyaluran obat. Konseling oleh Apoteker Pengelola Apotek (APA) b. bahan baku obat. Obat ialah semua zat baik kimiawi.2.2 Tugas Dan Fungsi Apotek Berdasarkan PP No. ( Wati Lenia dan kawam-kawan 2011). d. Sarana yang digunakan untuk memproduksi dan distribusi sediaan farmasi antara lain obat. meringankan atau mencegah penyakit berikut gejala-gejalanya.farm. Sarana pembuatan dan pengendalian mutu sediaan farmasi. pelayanan obat atas resep dokter.4 Kegiatan a. pengelolaan obat. APA/PSA b. serta mengobati atau mencegah penyakit pada manusia atau hewan. hewani maupun nabati yang dalam dosis layak dapat menyembuhkan. c. tugas dan fungsi apotek adalah: a. 2. Tempat pengabdian profesi seorang apoteker yang telah mengucapkan sumpah jabatan apoteker. 51 Tahun 2009. Menurut Ansel (1985). Asisten Apoteker c. . Sarana yang digunakan untuk melakukan pekerjaan kefarmasian. Melayani Resep d. Karyawan : Yeni Nuryani. obat adalah zat yang digunakan untuk diagnosis.5 Personalia Apotek a. mengurangi rasa sakit. b.Apt : Eka yulianti dan Riska 2. serta pengembangan obat.1. b. : Dian Novianti S.si. pengamanan. pelayanan informasi obat. S.

1 Obat Bebas Dalam peraturan daerah tingkat II Tangerang yakni nomor 12 tahun 1994 tentang izin pedagang eceran obat memuat pengertian obat bebas adalah obat yang dapat dijual bebas kepada umum tanpa resep dokter tidak termasuk dalam daftar narkotika. obat bebas terbatas. obat keras. psikotoprika. Yang kini telah diperbaharui dengan permenkes RI nomor 949/MENKES/PER/VI/2000. Penggolongan obat ini terdiri dari: obt bebas. Obat merupakan sediaan atau paduan bahan-bahan yang siap untuk digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosis. penyembuhan. kesehatan dan kontrasepsi (Kebijakan Obat Nasional. Tanda khusus untuk obat bebas yaitu bulatan berwarna hijau dengan garis tepi warna hitam.4. obat narkotika. pengertian terseut tercantum dalam peraturan mentri kesehatan republik Indonesia nomor 917/MENKES/PER/X/2003. 2. pencegahan. obat psiktoprika dan obat wajib apotek. Penandaan obat bebas diatur berdaarkan S. pemulihan.4 PENGGOLONGAN OBAT Penggolongan obat dimaksud untuk peningkatan keamanan dan kecepatan penggunaa serta pengamanan distribusi . Departemen Kesehatan RI.K MENKES RI nomor 2380/A/SK/VI/1983 tentang tanda khusus untuk obat bebas dan obat bebas terbatas.c. peningkatan. . 2. 2005). obat keras dan sudah didaftar didepartemen kesehatan Republik Indoesia.

4. Jadi maksudnya obat yang pada penjualannya disertai dengan tanda peringatan. b. 2380/A/SK/VI/83 tanda khusus untuk obat bebas terbatas adalah berupa lingkaran berwarna biru dengan garis tepi berwarna hitam.2. Menurut keputusan mentri kesehatan republik Indonesia yang menetapkan obat kedalam daftar obat ³W´ memberikan pengertian obat bebas terbatas adalah obat keras yang dapat diserahkan pada pemakainya tanpa resep dokter. bila penyerahannya memenuhi persyaratan berikut: a. Pada penyerahannya oleh pembuat atau penjual harus mencantumkan tanda peringatan sesuia contoh. Tanda peringatan tersebut berwarna hitam. lebar 2cm dan membuat pemberitahuan sebagai berikut: . berukuran panjang 5 cm.2 Obat Bebas Terbatas Obat bebas terbatas atau obat yang termasuk dalam daftar ³W´ menurut bahasa Belanda yaitu singkatan dari ³Waarschuing´ artinya peringatan. Berdasarkan keputusan Mentri Kesehatan RI No. Obat tersebut hanya boleh dijual dalam bungkusan asli dari pabriknya atau pembuatnya.

terkecuali apabila . Semua obat baru.2. Semua obat yang pada bungkus luarnya oleh si pembuat disebutkan bahwa obat itu hanya boleh diserahkan dengan resep dokter b. baik dengan suntikan maupun dengan cara pemakaian lain dengan jalan merobek rangkaian asli dari jaringan c. Semua obat yang dibungkus sedemikian rupa yang nyata-nyata untuk dipergunakan secara parentral. memberikan pengertian obat keras adalah obatobatyangditetapkan sebagai berikut: a. Semua obat yang tercantum dalam daftar obat keras: obat itu sendiri dalam substansi dan semua sediaan yang mengandung obat itu.4.3 Obat Keras Obat keras atau obat daftar G menurut bahasa belanda ³G´ singkatan dari ³Gevaarlijk´ artinya berbahaya maksudnya obat dalam golongan ini bebahaya jika pemakaiannya tidak berdasarkan resep dokter. Menurut keputusan menkes RI yang menetapkan/memasukan obat kedalam daftar obat keras. terkecuali apabila oleh departemen kesehatan telah dinyatakan secara tertulis bahwa obat baru itu tidak membahayakan kesehatan manusia d.

Pembeli harus melengkapi alamat ketika membeli obat jenis ini (biasanya ketika menebus resep akan ditanya oleh pegawai apotik). Obat ini juga diperoleh harus dengan resep dokter dan obat ini memiliki efek ketagihan.5 tahun 1997 adalah obat keras baik alamiah maupun sintetis bukan narkotik. Contoh: Acetanilidum. contohnya : diazepam phenobarbital.5 Obat Narkotika .4.dibelakang nama obat disebut ketentuan lain. Seperti yang terlihat pada gambar berikut: 2. yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku. Antibiotika dan Apomorphinum. Berdasarkan keputusan mentri kesehatan republic Indonesia No. Andrenalidum.4.02396/A/SK/VIII/1986 Tentang tanda khusus obat keras daftar G adalah lingkaran bulat berwarna merah dengan garis tepi berwarna hitam dengan huruf K yang menyentuh garis tepi.4 Obat Psikotoprika Obat psikotropika menurut UU No. atau ada pengecualian obat bebas terbatas. Penandaan obat psikotoprika sama dengan obat keras yaitu sebagai berikut: 2.

6 Obat Wajib Apotek (OWA) OWA merupakan obat keras yang dapat diberikan oleh Apoteker Pengelola Apotek (APA) kepada pasien. Apoteker wajib memenuhi ketentuan jenis dan jumlah yang boleh diberikan kepada pasien. kontra-indikasi. Penandaan obat narkotika yaitu: Contoh : Morfin. 2.22 tahin 1997 adalah obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran. cara pemakain. Apoteker wajib melakukan pencatatan yang benar mengenai data pasien (nama.4. Petidin 2. 2.7 Jenis OWA .Obat narkotika menurut UU No. hilangnya rasa.4. umur) serta penyakit yang diderita. 3. alamat. cara penyimpanan dan efek samping obat yang mungkin timbul serta tindakan yang disarankan bila efek tidak dikehendaki tersebut timbul. Apoteker wajib memberikan informasi obat secara benar mencakup: indikasi. namun ada persayaratan yang harus dilakukan dalam penyerahan OWA. dan hanya boleh diberikan 1 tube. 1. Walaupun APA boleh memberikan obat keras. Contohnya hanya jenis oksitetrasiklin salep saja yang termasuk OWA. mengurangi sampai menghilangkan rasa nyeri dan menimbulkan ketergantungan.

Penggunaannya diperlukan untuk penyakit yang prevalensinya tinggi di Indonesia. obat KB hormonal. Alkes adalah bahan. Penggunaannya tidak memerlukan cara atau alat khusus yang harus dilakukan oleh tenaga kesehatan.5 Alkes Dan PKRT 2. merawat orang sakit serta memulihkan kesehatan pada manusia dan atau struktur dan fungsi tubuh.919/MENKES/PER/X/1993. antialergi sistemik (CTM). anak di bawah usia 2 tahun dan orang tua di atas 65 tahun. . 4. Tidak dikontraindikasikan untuk penggunaan pada wanita hamil.Tujuan OWA adalah memperluas keterjangkauan obat untuk masayrakat.5. Contoh OWA: Asam mefenamat salep. 5. 2. implant yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah mendiagnosa menyembuhkan dan meringankan penyakit. infeksi kulit dan mata (salep oksitetrasiklin). Pengobatan sendiri dengan obat dimaksud tidak memberikan risiko pada kelanjutan penyakit. instrument. 2. Antara lain: obat antiinflamasi (asam mefenamat). maka obat-obat yang digolongkan dalam OWA adalah obat ang diperlukan bagi kebanyakan penyakit yang diderita pasien. hidrokortison dll. obat alergi kulit (salep hidrokotison). kriteria obat yang dapat diserahkan: 1.1 ALKES (Alat Kesehatan) Menurut undang-undang kesehatan RI Nomor 23 tahun 1992 tentang kesehatan. 3. mesin. Sesuai permenkes No. Obat dimaksud memiliki rasio khasiat keamanan yang dapat dipertanggungjawabkan untuk pengobatan sendiri.

Pembasmi serangga rumah . sebagai berikut: Alat kesehatan adalah instrument.2 PKRT (Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga) Perbekalan kesehatan rumah tangga. bahan atau campuran bahan untuk memelihara dan perawatan kesehatan manusia. terdapat dalam peraturan mentri kesehatan RI nomor 140/MENKES/PER/III/1991 Yang kini telah diperbaharui dengan permenkes nomor 1184 tahun 2004. Toilet article tissue c.Pengertian alkes yang lebih rinci dijabarkan menurut permenkes nomor: 1184 tahun 2004. Contoh alat kesehatan: a. Thermometer d. dot dll f. bagian dan perlengkapan. apparatus. Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) adalah alat. reagens atau produk diagnostic in vitro atau barang lain yang sejenis atau yang terkait termasuk komponen. Dispo atau suntikan b.5. rumah tangga dan tempat umum. 2. Kapas kecantikan b. mesin. alat untuk ditanamkan. Contoh PKRT: a. Stetoskop dll. Tensi darah c. Sabun cuci d. Kursi roda e. Alat perawatan bayi seperti botol susu. hewan peliharaan. Pembersih alat rumah tangga e.

g. Obat nyamuk bakar cair dan erosol dll. yaitu suatu enzim proteolitik yang disekresi oleh selaput lendir lambung sehingga terbentuk chymus.1 Sistem Pencernaan Sistem pencernaan makanan dimulai dalam mulut dimana makanan dihaluskan sambil diaduk dengan lidah yang mengandung suatu enzim amylase yaitu petialin yang berfungsi menguraikan karbohidrat setelah ditelan. BAB III TINJAUAN KHUSUS 3. dilanjutkan dengan gerakan peristaltic kelambung dengan bantuan getah lambung yang terdiri dari asam lambung dan pepsin. . maka sisa makanan masuk ke usus besar dan diolah oleh floranormal usus sehingga siap dibuang oleh anus. Pencernaan dilanjutkan dalam usus yang dibantu oleh enzim-enzim pencernaan yang dihasilkan oleh pancreas dan mukosa usus setelah terbentuk zat gizi yang sangat halus dan mudah diserap oleh tubuh.

Kolagoga yaitu zat atau obat yang digunakan sebagai peluruh atau penghancur batu empedu. dengan demikian dapat menghilangkan keaaman lambung. 6. . 3. Tujuan pengobatan adalah menghilangkan gejala mempercepat penyembuhan dan mencegah komplikasi lebih lanjut. Hepatoprotektor (protector hati) yaitu obat yang digunakan sebagai vitamin tambahan untuk melindungi meringankan atau menghilangkan gangguan fungsi hati. Digestive yaitu obat yang digunakan untuk membantu proses pencernaan lambung usus terutama pada keadaan devisiensi zat pembantu pencernaan.2 Antasida Antasida berasal dari kata anti atau lawan dan acidus atau asam yaitu digunakan untuk menetralisir kelebihan asam lambung. 2. Yang termasuk obat gangguan sistem pencernaan yaitu: 1. kuman atau cacing dan keracunan makanan. 3. virus. Antasida yaitu obat yang digunakan untuk menetralisir asam lambung atau mengurangi produksi asam lambung yang dapat menyebabkan timbul tukak lambung atau magg. Pencahar (Laksativa) yaitu obat atau zat yang dapat mempercepat peristaltis usus sehingga mempermudah buang air besar 5. Antidiare yaitu obat yang digunakan untuk menanggulangi amengobati penyakit yang disebabkan oleh bakteri.Disaluran lambung usus inilah dapat timbul gangguan penyakit baik yang disebabkan oleh terganggunya produksi enzim pencernaan maupun yang disebabkan oleh infeksi usus oleh kuman dan cacing. 4. 7. merupakan basa lemah yang bereaksi dengan asam lambung untuk membentuk air dan garam. Antispasmodic yaitu obat atau zat yang digunakan untuk melawan kejangkejang.

Obat penenang atau sedative yaitu untuk menekan stress karena dapat memicu sekresi asam lambung. nizatidin Obat yang dikombinasikan dengan antasida yaitu: a.7 mg (setara dengan Aluminium Hidroksida) 200 mg . Perintang reseptor Semua antagonis reseptor H2 menyembuhkan tukak lambung dan duodenum dengan cara mengurangi sekresi asam lambung sebagai akibat hambatan reseptor H2. contoh obat papaverine d. contoh obatnya yaitu flordiazepoksida c. Contoh obat: simetidin. ranitidine. Komposisi: Tiap tablet kunyah atau tiap 5 ml suspensi mengandung : . Antikolonergik yaitu zat yang menekan produksi getah lambung dan melawan kejang-kejang. Dimetikon berfungsi memperkecil gelembung gas yang timbul sehingga mudah diserap. Contoh obatnya yaitu exstrakbelladonae b. 3.Gel Aluminium Hidroksida kering 258.4 Antasida a.3 Penggolongan Obat Antasida Berdasarkan mekanisme kerjanya obat-obat antasida dapat digolongkan menjadi: 1. famotidin.3. Spasmolitika yaitu untuk melemaskan ketegangan otat lambung usus dan mengurangi kejang-kejang. Antihiperasiditas Obat dengan kandungan alumunium dan atau magnesium bekerja secara kimiawi dengan mengikat kelebihan Hcl dalam lambung. 2.

Peringatan Jangan diberikan pada penderita dengan gangguan fungsi ginjal yang . muntah dan gejala-gejala tersebut akan hilang bila pemakaian obat dihentikan. diare. c. Indikasi Untuk mengurangi gejala-gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung. Efek samping Efek samping yang umum adalah sembelit. nyeri lambung. g.Anak-anak 6-12 tahun : sehari 3-4 kali 1/2 tablet. e.Dewasa : sehari 3-4 kali 1-2 tablet. Diminum 1-2 jam setelah makan dan menjelang tidur.2 jam setelah makan dan menjelang tidur. . kembung dan perasaan penuh pada lambung. mual. f. Cara kerja obat Kombinasi Aluminium Hidroksida dan Magnesium hidroksida merupakan antasid yang bekerja menetralkan asam lambung dan menginaktifkan pepsin sehingga rasa nyeri ulu hati akibat iritasi oleh asam lambung dan pepsin berkurang. nyeri ulu hati. Di samping itu efek laksatif dari Magnesium hidroksida akan mengurangi efek konstipasi dari Aluminium Hidroksida. Kontra Indikasi Penderita yang hipersensitif terhadap salah satu komponen obat.Dewasa : sehari 3-4 kali 1-2 sendok teh. d. . gastritis. Diminum 1 .Anak-anak 6-12 tahun : sehari 3-4 kali 1/2 sendokteh -1 sendok teh. Syrup : . tukak pada duodenum dengan gejala-gejala seperti mual.- Magnesium Hidroksida 200 mg b. Dosis: Tablet : . tukak lambung.

http://www. sirkuer. Tidak dianjurkan pemberian pada anak-anak di bawah 6 tahun kecuali atas petunjuk dokter karena biasanya kurang jelas penyebabnya. h.2 Keuntungan dan kerugian 1. Bila sedang menggunakan obat tukak lambung lain seperti Simetidin atau antibiotika Tetrasiklin harap diberikan dengan selang waktu 1-2 jam.5.com/index.farmasiku. Interaksi Obat Pemberian bersama Simetidin atau Tetrasiklin dapat mengurangi absorpsi obat tersebut. permukaannya datar atau cembung.5 Tablet Antasida 3. c. diinginkan b.- - berat karena dapat menimbulkan hipermagnesia. Hati-hati pemberian pada penderita diet fosfor rendah dan pemakaian lama karena dapat mengurangi kadar fosfor dalam darah.dibawah tekanan beberapa ratus kg/cm2 . Keuntungan tablet a. 3.5. yang dibuat dengan metode pengempaan atau pencetakan atau dengan cara lain sesuai dengan punch dan die.php?target=products&product_id=30043 3.1 Pengertian Tablet Tablet adalah Bentuk sediaan padat farmasetik yang mengandung satu atau lebih bahan obat dengan atau tanpa zat tambahan yang cocok dalam bentuk pipih. Tablet dipasaran mudah diberikan dalam dosis yang tepat jika dosis dapat dibagi rata dan akan memberikan efek yang akurat. Tidak dianjurkan digunakan terus menerus lebih dari 2 minggu kecuali atas petunjuk dokter. Tablet tidak mengandung alcohol Tablet dapat dibuat dalam berbagai dosis. .

kualitas bagus dan dapat dibawa kemana-mana. Tablet merupakan bentuk sediaan oral yang paling mudah untuk diproduksi secara besar-besaran. f. praktis dan efisien. Kerugian tablet a. Tablet merupakan bentuk sediaan yang ongkos pembuatannya paling rendah. . bentuknya kompak. e. m. g. h. Tablet dan semua obat harus disimpan diluar jangkauan anak-anak untuk menjaga kesalahan karena menurut mereka tablet tersebut adalah permen. Dapat dibuat tablet kunyah dengan bahan mentol dan gliserin yang dapat larut dan rasa yang enak. e. Sifat alamiah dari tablet yaitu tidak dapat dipisahkan. maka tablet tersebut dapat ditambahkan penghancur. fleksibel dan mudah pemberiannya. k. b. Tablet bisa dijadikan produk dengan profil pelepasan khusus. Beberapa obat tidak dapat dikepek menjadi padat dan kompak. terutama bila tersalut yang memungkinkan pecah/hancurnya tablet tidak segera terjadi. dimana dapat diminum. Keinginan konsumen beda dengan yang kita buat/produk. j. Tablet paling mudah ditelan serta paling kecil kemungkinan tertinggal ditenggorokan.d. Untuk anak-anak dan orang-orang secara kejiwaan. l. bentuk pengobatan dangan menggunakan tablet lebih disukai karena bersih. Tablet merupakan bentuk sediaan yang utuh dan menawarkan kemampuan yang terbaik dari semua bentuk sediaan oral untuk ketepatan ukuran serta variabilitas kandungan yang paling lemah. Orang yang sukar menelan atau meminum obat. d. seperti pelepasan diusus atau produk lepas lambat. Warnanya cenderung memberikan bahaya. Secara umum. tidak mungkin menelan tablet. i. c. Tablet oral mungkin mudah digunakan untuk pengobatan tersendiri dengan bantuan segelas air. 2. dan pembasah dengan air lebih dahulu untuk pengolahannya. atau memisah dimulut.

Menkes RI No. psikotofrika dan obat keras jiga sidah terdaftar didefartemen kesehatan Republik Indonesia.2380/A/SK/VI/1983 tentang tanda khusus untuk obat bebas dan bebas terbatas.html) 3.obat dari udara dan kelembapan serta member rasa atau untuk menghindarkan gangguan dalam pemakaiannya akibat rasa atau bau bahan obat. (http://medicafarma. tanda khusus untuk obat bebas dan obat bebas terbatas yaitu bulatan berwarna hijau dengan garis tepi warna hitam.com/2008/2009/tablet. Penandaan obat diatur berdasarkan SK. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil .6 Perundang-Undangan Antasida Antasid doen termasuk kedalam golongan obat bebas yaitu obat yang dapat dijual bebas kepada umum tanpa resep dokter tidak termasuk kedalam daftar narkotika.blogspot.

Daftar Obat Antasida Doen Nama Generik Nama Paten Nama Pabrik Errita pharma Alumunium hidroksida Antasida doen dan hidroksida Alumunium hidroksida Citramag dan hidroksida Alumunium hidroksida Aictral dan magnesium magnesium magnesium Afi Fharma Interbat hidroksida. metillpolisiloksan Alumunium hidroksida Bufantacid dan magnesium Bufa Aneka magnesium Erlimpex . dimetikon Alumunium hidroksida Berlosid dan magnesium Berlico hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida Atmacid dan magnesium Graha Fharma hidroksida. dimetikon Alumunium hidroksida Biomag mps dan hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida Adimag dan magnesium Aditama Farmindo Raya hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida Aludonna D dan magnesium Armoxindo hidroksida.

dimetilpollisiloksan Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. dimetillpolisiloksan Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. metillpolisiloksan Alumunium hidroksida Carsida dan magnesium Shamparindo Perdana hidroksida. Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium Estasid Erita magnesium Dexa Medika Gastrucid Nufarindo Gestabil Combiphar Kemomag Phyto Kemo Agung Hexpharma Jaya Lambucid Lampracid Pharos Maagmeta Inti Jaya Maalok Aventis Madrox Konimex Magnidicon Tunggal Idaman . simetikon Alumunium hidroksida Dexanta dan hidroksida.hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. dimetillpolisiloksan Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida dan Simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida.

metylpollisiloksan Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida.hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. dimetillpolysiloksan Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. simetikon Magtral Otto Mylanta Pfizer Mylacid Emba Mega Farma Myloxan Melosin Obamag First Medifarma Polyanta Dankos Ranacid Rama Farma Samtacid Samco Farma Stomach Mutifa Stop-Mag Medikon Prima Stomag Guardian Pharmatama Solos Langgeng Ticomag Triocid Zenith Ultramag Heuson Farma . simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. dimetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida. simetikon Alumunium hidroksida dan magnesium hidroksida.

obat keras. menyimpan dan menyerahkan perbekalan farmasi yang bermutu dan terjamin kualitasnya. pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh apotek Assilmi meliputi pelayanan informasi obat. faktur pengiriman dan penyerahan. Sediaan farmasi yang terdapat diapotek Assilmi selain obat bebas. kepada pasien. Masalah fasilitas yang ada diapotek Assilmi meliputi ruas gudang yang masih terbatas. karyawan juga penanggung jawab. obat narkotika dan psikotoprika tersedia juga seperti Alkes dan juga PKRT. pengertian berdasarkan keputusan MENKES RI Nomor 1332/MENKES/SK/X/2002 tentang perubahan atas peraturan MENKES RI Nomor 922/MENKES/PER/X/1993. sirup/drop. dan perbekalan kesehatan lainnya kepada masyarakat . konseling. dan infuse yang disusun secara alfabetis.2 Pembahasan Apotek merupakan suatu tempat dilakukannya pekerjaan kefarmasian. Sistem distribusi perbekalan farmasi diapotek Assilmi untuk kebutuhan pasien dapat diberikan sewaktu-waktu kepada pasien dalam jumlah dan jenis tertentu. Asisten apoteker. obat bebas terbatas. sedangkan system distribusi perbekalan farmasi dari apotek Assilmi ke PBF melalui surat pesanan.4. obat wajib apotek. namun belum dilengkapi dengan kosmetik karena terbatasnya ruangan apotek juga anggaran dana yang tersedia di apotek. Seperti halnya yang telah dilaukan oleh apotek Assilmi yaitu apotek yang dapat melaksanakan upaya kesehatan dan menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan. PSA. Apotek Assilmi terdiri dari 4 tenaga kerja yang didalamnya terdiri dari apoteker. khusus untuk golongan psikotoprika dan narkotika disimpan dalam lemari khusus dan terkunci sedangkan untuk penyimpanan yang memerlukan suhu tertentu seperti sediaan supositoria disimpan dalam lemari pendingin yang disesuiakan dengan kesetabilan obat. Apotek Assilmi melakukan penyimpanan barang digudang berdasarkan bentuk sediaan seperti sediaan tablet/kapsul/kaplet. sarana dan . faktur penerimaan. Apotek sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan perlu mengutamakan kepentingan masyarakat dan berkewajiban menyediakan. disamping sebagai sarana pelayanan kesehatan pada masyarakat apotek Assilmi juga berfungsi sebagai sarana bagi pendidikan dan pelatihan terbukti dengan adanya jalinan kerja sama dengan program PRAKERIN ( Praktek Kerja Industri) Sekolah SMK Kesehatan Bhakti Kencana Subang. penyaluran sedian farmasi. hal ini berakibat pada pengadaan barang. krim/salep. melayani resep dokter dan melakukan swamedikasi.

Dalam pngerjaan resep terkadang resep tidak dapat dimengerti atau diterima. Setiap kali sebelum obat keluar atau masuk ketempat penyimpanannya dilakukan pencatatan pada kartu stok obat dan pencatatan pada buku defekta untuk obat yang persediaanya mulai menipis. Antasida Doen adalah obat yang digunakan untuk menetralisir kelebihan asam lambung atau obat magg yang mempunyai efek samping kadang-kadang konstipasi dan diare. obat bebas terbatas dan obat wajib apotek dapat diberikan dengan copy resep ataupun tanpe resep dokter. Antasid doen tidak dibuat racikan tetapi kebanyakan dijual secara swamedikasi (Pengobatan Sendiri ). narkotika. dan segera diinformasikan kepada pasien jumlah harga obat yang harus ditebus dalam resep tersebut. tidak lupa juga dengan pemberian informasi cara penggunaan obat kepada pasien agar obat tersebut dapat dikonsumsi dengan baik dan benar. obat keras dan obat-obat untuk penyakit tuberculosis. Swamedikasi merupakan pengobatan sendiri yaitu penggunaan obat atau menenangkan diri dalam bentuk perilaku untuk mengobati penyakit yang . sehingga sulit untuk mencari sumber informasi maka jaringan internet ini harus dilengkapi. dalam pengerjaan resep yaitu resep harus dianalisa terlebih dahulu. sering kali terjadi ketidak sesuaian antara jumlah barang dan jumlah yang tertulis pada kartu stok. terkecuali obat-obat lain seperti obat bebas. hanya saja belum ada fasilitas computer sarana dan jaringan internet. Apotek Assilmi menjalin kerja sama dengan praktek dokter umum. hal ini disebabkan barang yang keluar sering kali tidak ditulis pada kartu stok ataupun kesalahan dalam penjumlahan. Sesuai dengan keadaan di tempat PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) yang tepatnya Di Apotek Assilmi obat Antasid dijual secara bebas tanpa harus dengan resep dokter karena termasuk obat bebas. Pada Praktek Kerja Industri (Prakerin) saya mendapatkan Tinjauan Khusus Obat Antasdia Doen. Pelayanan resep individual untuk pasien menggunakan resep asli khususnya untuk setiap resep yang didalamnya tercantum obat psikotoprika.prasarana diruang apotek sudah cukup memenuhi persyaratan dimana dilengkapi dengan buku-buku yang lengkap. maka dapat dilakukan diskusi dengan dokter penulis resep. dilihat obat apa yang dibutuhkan dalam resep tersebut kemudian diberikan harga.

Kerugiannya : Bila keluhan yang dialami dinilai salah dan bila penggunaan obat kurang tepat. . Apoteker bias memberikan informasi obat yang objektif dan rasional. Obat harus aman. terlalu lama. Dasar hukumnya Permenkes No 919/Menkes/per/X/1993 secara sederhana swamedikasi adalah upaya seseorang dalam mengobati gejala sakit atau penyakit tanpa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu namun bukan berarti asal mengobati justru pasien harus mencari informasi obat yang sesuai dengan penyakitnya dan apotekerlah yang bias berperan disini. atau dalam dosis yang terlalu besar. Obat yang digunakan harus mempunyai indikasi. b. Indikasi (Untuk mengobati apa ). seberapa sering ?)efek samping dan kontra indikasi ( Siapa dan kondisi apa yang tidak boleh minum obat itu?). kualitas. c. Setidaknya ada Lima Komponen informasi yang diperlukan untuk swamedikasi yang tepat menggunakan obat modern yaitu pengetahuan tentang kandungan aktif obat (Zat nya apa?). Syarat suatu obat Swamedikasi : a. Pengobatan diri sendiri sering disebut dalam konteks orang mengobati diri sendiri untuk meringankan penderita. umum dan tidak akut. Swamedikasi boleh dilakukan untuk kondisi penyakit yang ringan. Keuntungan Swamedikasi : Tersedia obat yang dapat digunakan di rumah kita dan akan menghemat waktu yang diperlukan untuk pergi ke dokter yang jauh dari tempat tinggal. Oba yang diserahkan harus disertai informasi yang jelas dan lengkap.dirasakan. bentuk sediaan yang tepat. dosis. dan efektif. dosage (Seberapa banyak ?.

c. obat wajib apotek. Kegiatan di apotek Assilmi seperti melayani obat dengan dan tanpa resep dokter. obat bebas terbatas. Antasida Doen yaitu obat yang digunakan untuk menetralisir asam lambung atau mengurangi produksi asam lambung yang dapat menyebabkan timbul tukak lambung atau magg. penyaluran sediaan farmasi dan perbekalan kesehatan lainnya kepada masyarakat. mengurangi rasa sakit.1 Kesimpulan a.com/doc/swamedikasi) BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 5. d. melayani konseling. Menurut Ansel (1985). Apotek adalah suatu tempat dilakukannya pekerjaan kefarmasian. obat keras. psikotoprika dan narkotika. e. b. obat adalah zat yang digunakan untuk diagnosis. serta mengobati atau mencegah penyakit pada manusia atau hewan. dan swamedikasi.(http://www. Obat-obat yang tersedia di apotek Assilmi yaitu obat bebas. . alat kesehatan dan perbekalan kesehatan rumah tangga.scribd.

h. Antasid merupakan basa lemah yang bereaksi dengan asam lambung untuk membentuk air dan garam.f. Obat Antasida Doen dapat dikombinasikan dengan Antikolonergik. 5. j. Tujuan pengobatan untuk obat Antasida Doen adalah menghilangkan gejala mempercepat penyembuhan dan mencegah komplikasi lebih lanjut. obat penenang atau sedative. k. Semoga dengan diadakannya PRAKERIN ini siswa siswi dapat membedakan antara keadaan sekolah dengan keadaan yang ada dilapangan. b.2 Saran a. . i. Cara kerja obat Antasida Doen adalah menetralisir asam lambung setelah larut dalam isi lambung. spasmolotika dan dimetikon. dengan demikian dapat menghilamgkan keasaman lambung. Antasid doen termasuk kedalam golongan obat bebas yaitu obat yang dapat dijual bebas kepada umum tanpa resep dokter. Semoga laporan yang sekarang dapat dijadikan pembelajaran yang lebih baik untuk kedepannya. Swamedikasi merupakan pengobatan sendiri yaitu penggunaan obat atau menenangkan diri dalam bentuk perilaku untuk mengobati penyakit yang dirasakan. g.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->