P. 1
an Nilai-nilai Demokrasi

an Nilai-nilai Demokrasi

|Views: 1,996|Likes:

More info:

Published by: Monika Tatyana Yusuf on May 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/30/2013

pdf

text

original

PENGEMBANGAN NILAI-NILAI DEMOKRASI:TINJAUAN UMUM

Kubaryanto

keetar aan antar arga.Tujuan Pembelajaran      Memahami & menghayati nilai demokrasi dalam kehidupan berbanga dan bernegara Menyadari pentingnya berpendapat.kerja ama Memahami kedaulatan rakyat dan implementasinya Memahami demokrasi ekonomi Memahami hub negara-rakyat yang sejalan dg nilai demokrasi .berpartiipai.raa percaya.berkelompok.

b erpartisipasi). kerja sama.berkelompok.apa itu?  Kebebasan(berpendapat. kesetaraan. kepercayaan . persaingan. menghormati orang/kelompok lain.Nilai-nilai demokrasi.

Dua alasan.demokrasi dipilih sebagai dasar dalam bernegara   Hampir semua negara di dunia telah menjadikan demokrasi sebagai alasan yang fundamental Demokrasi sebagai dasar kenegaraan yang secara esensial telah memberi arah bagi peranan masyarakat untuk menjadikan negara sebagai organisasi tertinggi .

Pengertian    Demo:kekuasaan . cratein/cratos: rakyat Demokrasi:kekuasaan Demokrasi:kekuasaan/kedaulatan rakyat ~kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan rakyat ~rakyat berkuasa/pemerintahan rakyat/kekuasaan oleh rakyat .

Pakistan.Dua kelompok aliran demokrasi Demokrasi konstitusional²negara-negara di Eropa.tetapi pada dasarnya mendasarkan diri pada komunisme² RRC.Filipina dll  Demokrasi.Korea Utara ~ Demokrasi konstitusional²kekuasaannya terbatas ±negara hukum ~ Demokrasi yang memdasarkan pada komunisme²tidak boleh dibatasi kekuasaannya--totaliter  .Indonesia.India.

Prinsip-prinsip demokrasi(Inu Kencana)          Adanya pembagian kekuasaan Adanya pemilihan umum yang bebas Adanya manajemen pemerintahan yg terbuka Adanya kebebasan individu Adanya peradilan yang bebas Adanya pengakuan hak minoritas Adanya pemerintahan berdasarkan hukum Adanya pers yang bebas Adanya multi partai politik .

Lanjutan           Adanya musyawarah Adanya persetujuan parlemen Adanya pemerintahan yang konstitusional Adanya ketentuan pendukung tentang sistem demokrasi Adanya pengawasan adminitrasi publik Adanya perlindungan HAM Adanya pemerintahan yang bersih Adanya perasingan keahlian/profesionalismeAdanya mekanisme politik Adanya kebijakan negara yang berkeadilan Adanya pemerintahan yang mengutamakan tanggung jawab .

Bagaimana menilai sebuah negara demokrasi?          Adanya partispasi dalam pembuatan keputusan Persamaan kedudukan di depan hukum Distribusi pendapatan secara adil Kesempatan memperoleh pendidikan Kebebasan mengemukakan pendapat.kebebaan pers.kebebasan berkumpul dan beragama Kesediaan dan keterbukaan informasi Mengindahkan fatun politik Kebebasan individu Semangat kerja sama dan hak untuk protes .

Komponen Penegakan Demokrasi     Negara hukum Masyarakat madani Infrastruktur politik Pers yang bebas dan bertanggung jawab .

lewat surat.buku.Camat.Gubernur bahkan Presiden²secara langsung.Kebebasan menyatakan pendapat    Hak warga negara²dijamin dg UU Jika masyarakat dirugikan hakhaknya/agar kepentingannya terpenuhi²berhak menyampaikan langsung/tidak langsung Diampaikan pada² Lurah.Bupati.media masa.lewat wakil rakyat di DPRD/DPR Pusat .

organisasi masa.Kebebasan berkelompok     Berkelompok dalam suatu organisasi²nilai dasar demokrasi yang diperlukan bagi tiap warga negara Macam organisasi²organisasi mahasiswa.partai politik.perusahaan maupun kelompokkelompok lain Pada masa Orba²sangat dibatasi Mula-mula untuk memangkas kekuatan komunis di pedesaan.jangka panjang untuk memperkuat basis politik Golkar .

Kebebasan berpartisipasi      Kebebasan berpartisipasi adalah gabungan antara kebebasan berkelompok dan berpendapat Jenis partisipasi pertama²pemberian suara dalam pemilu Jenis partisipasi kedua adalah malakukan kontak/hubungan dengan pemerintah Jenis partisipasi ketiga adalah melakukan protes terhadap lembaga mayarakat/pemerintah Jenis partisipasi keempat adalah mencalonkan diri dalam pemilihan jabatan publik misalnya pemilihan lurah.Bupati.walikota.Gubernur maupun .

Kesetaraan Antar warga/Egalitarianisme   Kestaraan²adanya kesempatan yang sama bagi setiap warga negara Prinsip kesetaraan memberi peluang bagi tiap warga negara tanpa membedakan etnis.daerah.agama.ras ±untuk berpartisipasi penuh dalam mayarakat .bahasa.

kecurigaan.kekhawatiran dan permusuhan²hubungan terganggu Jika rasa percaya tidak ada² pemerintah akan keulitan menjalankan agendanya .Rasa percaya/trust    Rasa percaya²ialah satu nilai dasar dalam terbentuknya demokrasi Bila ada ketakutan.

Kerjasama     Kerjasama diperlukan untuk mengatasi persoalan yang timbul dalam mayarakat Kerja sama perlu pengorbanan Kerja sama bukan berarti menutup perbedaan yang ada Diperlukan kompetisi untuk meningkatkan kualitas masing-masing .

Pertumbuhan ekonomi    Ialah satu kondisi yang diperlukan untuk pengembangan nilai demokrasi adalah pertumbuhan ekonomi yang memadai Huntington: pertumbuhan ekonomi bukan satu-satunya faktor penentu tumbuhnya demokrasi Rendahnya kebutuhan negara atas pajak menutup jalan bagi rakyat untuk memperbanyak tuntutannya .

memperbesar porsi masyarakat yang kritis dan bermotivasi tinggi Memperkuat kemampuan masyarakat dalam mendistribusikan sumber daya alam dan manusia .3 alasan perkembangan demokratisasi di negara maju    Indutrialisasi dan kemakmuran menghasilkan orang-orang yg lebih percaya diri dan menumbuhkan kehidupan yg lebih baik Mendorong lapisan masyarakat yg mendapat pendidikan lebih tinggi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->