P. 1
Teori Tingkah Laku Konsumen

Teori Tingkah Laku Konsumen

|Views: 483|Likes:
Published by Ni Luh WisayaNi

More info:

Published by: Ni Luh WisayaNi on May 28, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/07/2013

pdf

text

original

TEORI TINGKAH LAKU KONSUMEN

MEMPELAJARI TENTANG:  Penyebab konsumen membeli lebih banyak pada harga yang rendah. dan sebaliknya Konsumen menentukan jumlah dan komposisi barang yang dibeli dari pendapatan yang diperoleh  .

PENDEKATAN : Pendekatan nilai guna (Utiliti) kardinal Yaitu kenikmatan konsumen dapat dinyatakan secara kuantitatif Pendekatan nilai guna (Utiliti) ordinal Yaitu kenikmatan konsumen tidak dapat dinyatakan secara kuatitatif .

Semakin tinggi kepuasan konsumen maka semakin tinggi pula utiliti ² nya .TEORI NILAI GUNA (UTILITY) Adalah kepuasan atau kenikmatan yang diperoleh seseorang dari mengkonsumsi suatu barang.

Nilai guna marginal adalah pertambahan kepuasan sebagai akibat pertambahan penggunaan satu nilai barang . Nilai guna total adalah jumlah seluruh kepuasan 2.JENIS NILAI GUNA Nilai guna ada dua: 1.

HIPOTESA UTAMA TEORI NILAI GUNA: ´Tambahan nilai guna yang akan diperoleh seseorang dari mengkonsumsikan suatu barang akan menjadi semakin sedikit apabila orang tersebut terus menerus menambah konsumsinya atas barang tersebutµ .

GRAFIK NILAI GUNA TOTAL DAN MARJINAL .

maka konsumen akan konsumsi semua .CARA MEMAKSIMUMKAN NILAI GUNA Satu barang yang dikonsumsi setelah selasai mengkonsumsi maka akan langsung merasa puas Banyak barang yang dikonsumsi .kalau barang yang dikonsumsi harganya berbeda. maka konsumen akan mengkonsumsi pada barang yang lebih murah terlebih dahulu .kalau harga barang yang dikonsumsi adalah sama besar.

SYARAT PEMAKSIMUMAN NILAI GUNA ´setiap rupiah yang dikeluarkan untuk unit tambahan dari berbagai jenis barang akan memberikan nilai guna marginal yang samaµ Contoh : Dengan uang Rp 5000 harga makanan 500. dapat beli 10 = 5000 harga paikaian 5000. hanya beli 1 = 5000 .

RUMUS MU barang A = MU barang B = MU barang C Pa Pb Pc .

TEORI NILAI GUNA DAN TEORI PERMINTAAN Ada 2 faktor yang menyebabkan permintaan atas suatu barang berubah apabila harga barang itu mengalami perubahan: 1. Efek pendapatan . Efek pengganti 2.

. Kalau permintaan bertambah. maka permintaan barang A bertambah. maka utiliti A bertambah juga.EFEK PENGGANTIAN yaitu jika harga barang A turun dan harga barang yang lain tetap.

EFEK PENDAPATAN Penurunan harga dari barang tertentu menyebabkan konsumen bertambah. keadaan ini mendorong jumlah barang yang dibelinya .

KURVA PERMINTAAN .

sedangkan barang yang kurang berguna haganya sangat tinggi.PARADOKS NILAI Suatu keadaan dimana beberapa jenis barang yang sangat berguna dalam kehidupan seharihari harganya sangat rendah. .

CONTOH PARADOKS NILAI ‡ Air adalah barang yang sangat fital dalam kehidupan manusia. Tetapi berlian harganya mahal karena biaya yang dibutuhkan untuk memproduksinya sangat mahal ‡ . Tetapi air harganya murah (ditempat yang makmur) karena biaya yang dibutuhkan rendah Berlian adalah barang yang tidak vital dalam kehiduoan manusia.

SURPLUS KONSUMEN Yaitu kelebihan kepuasan yang dinikmati oleh konsumen dalam mengkonsumsi suatu barang apabila dibandingkan dengan pembayaran yang perlu dilakukan untuk memperoleh barang tersebut .

SURPLUS KONSUMEN DALAM GRAFIK .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->