Sumber Energi Alternatif Energi yang sering kita pakai sehari-hari semakin lama semakin berkurang atau

menipis. Karena banyaknya pemakaian yang tidak terkontrol sehingga menimbulkan kelangkaan atau bahkan habis sama sekali. Untuk itu sekarang perlu dipikirkan adanya energi alternative untuk pengganti dari energi yang biasanya sering dipakai . Dibawah ini adalah berbagai sumber energi alternatif yang dapat kita manfaatkan, selain akan membantu udara untuk jadi bersih, penghematan juga akan dapat dilakukan. Angin. Tenaga kinetik angin sekarang sudah mulai banyak dipergunakan sebagai pemutar angin dengan menggunakan turbin angin baik untuk rumah maupun untuk keperluan bisnis. Satu turbin angin dapat berharga dua setengah milyar rupiah sampai dengan 10 milyar rupiah, tergantung dari ukurannya. Tapi satu turbin saja dapat menghidupi sampai dengan tiga puluh rumah, tapi karena angin tidak selalu bertiup, tenaga cadangan harus selalu tetap tersedia, misalnya dari PLN. Matahari. Negara kita yang kaya matahari tampaknya sangat cocok menggunakan sumber daya ini. Coba gunakan atap yang terbuat dari sistem tenaga surya yang disebut sel fotovoltaik. Harganya memang tidak murah, untuk atap ukuran standar dapat mencapai 200 juta rupiah. Tapi sistem ini sangat mengurangi tagihan listrik pemilik rumah, apalagi dengan sistem tagihan PLN yang ada sekarang. Biodiesel. Bahan dasar bahan bakar ini dibuat dari tumbuhan seperti kedelai, kelapa dan sebangsanya, biodiesel adalah bahan bakar non-toxic yang dapat dicampurkan dengan minyak diesel biasa atau digunakan sebagaimana adanya untuk mengurangi emisi. Nuklir. Dengan bahan bakar uranium, logam yang ditemukan di bebatuan, dan diproses di reaktor nuklir, energi panas yang ada akan digunakan sebagai bahan untuk memutar turbin yang ada Sumber energi ini tidak melepaskan emisi gas rumah kaca dan tidak malah. 20% sumber listrik di Amerika sudah berbahan bakar nuklir. Hidrogen. Bagaimana caranya anda menciptakan sumber daya yang sama sekali tidak mengeluarkan apapun kecuali air bersih? Jawabannya adalah sel bahan bakar hidrogen. Masalah yang ada sekarang adalah untuk memisahkan hidrogen dari bentuk komposisinya, misalnya rantai karbon atau air, berarti menggunakan sumber daya lainnya. Penyimpanan hidrogen juga tidak mudah, karena kepadatannya sangat rendah, maka sangatlah sulit untuk menempatkan hidrogen dalam jumlah besar dalam ruangan yang sempit. Oleh karena itulah, walaupun banyak kendaraan mulai menggunakan hidrogen sebagai bahan bakarnya, masih sulit didirikan stasiun pengisian hidrogen. Singkong dan kelapa sawit. Menteri Negara Riset dan Teknologi Kusmayanto Kadiman (2005)menegaskan, kemajuan teknologi kini mampu mengubah singkong dan kelapa sawit menjadi energi alternatif dalam mengatasi krisis bahan bakar minyak (BBM). ³Singkong dapat diolah menjadi bioetanol dan kelapa sawit menjadi biodiesel yang bisa dimanfaatkan dengan mencampur sepuluh persen dari keempat jenis BBM,´ kata Kusmayanto Kadiman kepada wartawan di Sanur, Bali, Rabu (13/7/2005).

Ngebel Wilis (Jawa Timur). . antara lain. Jika kedua jenis bahan pencampur BBM itu dapat diproduksi. dan Jailolo (Halmahera. yang mengaku telah membicarakan kemungkinan menerapkan teknologi tersebut dalam rapat kabinet. Hal ini ditetapkan dalam dalam Perpres No.500 Mwe atau 5% kebutuhan pembangkit listrik pada tahun 2025. pertama. Ketiga.Sebelum membuka Pertemuan Forum Kelautan Indonesia (The Indonesia Ocean Forum 2005 and the 13th PAMS/JECSS Workshop). Menristek menilai.´ ungkapnya. namun kapasitasnya masih sangat terbatas. dengan perhitungan harga minyak di pasaran dunia 35 dollar AS per-barel. tidak ada masalah. pencampuran 10 persen BBM dengan bioetanol dan biodiesel sangat dimungkinkan. ³Produk bioetanol sebagai bahan pencampur BBM telah saya terapkan pada mobil dinas dan 30 bus karyawan. (Ant/wsn) Panas Bumi Panas bumi merupakan sumber energi yang ramah lingkungan dan berpotensi besar untuk dikembangkan di Indonesia. akan sangat membantu dalam menghemat penggunaan BBM. demikian Kusmayanto. dan Cisolok-Cisukarame (Jawa Barat). Teknologi pengolahan singkong menjadi bioetanol sebenarnya sudah diterapkan di Lampung. isu pemanasan global akibat penggunaan bahan bakar fosil. kondisi sekarang harga minyak di pasaran dunia mencapai 60 dollar AS perbarel.´ ujar Menristek. yaitu potensi yang besar. Maluku Utara). Kedua. Pengembangan potensi panas bumi didasari 3 hal. termasuk diantaranya teknologi pengolahan singkong dan kelapa sawit. penerapan teknologi pengolahan hasil perkebunan harus didukung oleh kebijakan pemerintah. melambungnya harga minyak yang hampir mencapai US$ 100 / barel sehingga mendorong penggunaan bahan bakar alternatif. sehingga akan sangat mempengaruhi subsidi keuangan negara. akan mampu menghemat sedikitnya Rp 9 triliun subsidi BBM dalam setahun. terdapat pada lapangan Seulawah Agam (NAD). ia mengemukakan. Tampomas. ujarnya. beberapa alternatif untuk menghemat penggunaan BBM telah ditawarkan. agar kalangan swasta dan investor tertarik menerapkan teknologi tersebut. Potensi panas bumi yang dimiliki Indonesia adalah sebesar 27 Gwe atau setara dengan sekitar 12 miliar barel minyak bumi untuk pengoperasian selama 30 tahun. Gunung Unggaran (Jawa Tengah). Oleh sebab itu. Sumber energi ini juga cenderung tidak dapat habis karena proses pembentukannya yang menerus selama kondisi lingkungannnya terjaga keseimbangannya. Namun. 5 tahun 2006 mengenai Kebijakan Energi Nasional. Indonesia dalam penyusunan APBN 2005 mengalokasikan dana untuk subsidi BBM sebesar Rp 90 triliun. Berdasarkan kenyataan tersebut Pemerintah memproyeksikan kontribusi panas bumi untuk kelistrikan sekitar 9. Panas bumi dapat berperan dalam mengurangi gas rumah kaca. sesuai ketentuan yang ditetapkan internasional. Penerapan teknologi pengolahan singkong dan kelapa sawit sebagai bahan pencampur BBM tidak mungkin dilakukan oleh pemerintah. ³Jika 10 persen bahan pencampuran BBM itu dapat diproduksi Indonesia.

Problem gas rumah kaca dan krisis energi misalnya. Bila hal ini terjadi maka maka akan terjadi perubahan iklim yang akan mempengaruhi kualitas kehidupan di lingkungan kita. dan Peraturan Pemerintah No. Selain disebabkan oleh CO2. gas berikut juga memiliki kontribusi dalam pemanasan global. keberadaannya akan menghalangi panas yang akan meninggalkan bumi sehingga akan meningkatkan temperature bumi. sehingga tidak ada penimbuan karbon dioksida dalam atmosfer dan keberadaannya terus seimbang. Undang-undang dan peraturan tersebut dimaksudkan untuk mendorong pengembangan dan pemanfaatan panas bumi. seperti karbon dioksida ketika dilepaskan di atmosfir. Profesor Muthanna Al-Dahhan.Disamping menerbitkan Perpres 5/2006. dengan bakteri ini. Pemerintah telah menerbitkan pula UndangUndang No. Selain itu. Bagaimana bisa? Gas rumah kaca yang disebabkan oleh bahan bakar fosil. bisa dihilangkan. dari Washington University yang memimpin proyek ini mengatakan bahwa proses penguraian kotoran sapi menjadi metana tidak terlalu rumit sehingga . Beberapa di antaranya seperti yang dikembangkan oleh tim peneliti dari Washington University. berbagai macam upaya terus dilakukan untuk mengganti sumber energiutamanya dari gas dan minyak bumi-agar tak habis. pencemaran dari kotoran sapi. 59 tahun 2007 tentang Kegiatan Usaha Panas Bumi. Salah satunya dengan mengembangkan aneka sumber energi alternatif. Para peneliti tersebut memanfaatkan bakteri khusus untuk mengurai kotoran sapi menjadi metana. Gas inilah yang nantinya bisa diolah menjadi sumber energi baru. baik bau ataupun limbahnya. bisa dijawab dengan biomassa yang asalmulanya dari alam. Pengingkatan Temperatur Potensi Biomassa di Indonesia Konversi Biomassa Beberapa penerapan teknologi konversi yaitu : Densifikasi Karbonisasi Pirolisis Anaerobic digestion Gasifikasi Political Will Energi Alternatif Dari Kotoran Sapi Saat ini. 27 tahun 2003 tentang panas bumi. Mereka mencoba memanfaatkan limbah peternakan untuk membuat sebuah gas yang bisa diubah menjadi sumber energi. Pembakaran biomassa sebenarnya menghasilkan CO2 tetapi karbon dioksida yang di hasilkan akan distabilisasi dengan serap kembali oleh tumbuhan. Amerika Serikat (AS). methane (CH4) dan nitrous oksida (N2O). Biomassa Masalah lingkungan sebenarnya memiliki solusi yang berasal dari lingkungan juga.

Untuk membuat energi berbahan kotoran sapi. teknologi ini rupanya juga sudah berhasil diterapkan oleh salah satu peternak di Indonesia. stok ikan paus berkurang dan harga minyak ikan paus meningkat tajam dan tidak dapat bersaing dengan sumber bahan bakar minyak yang murah dari Pennsylvania yang baru saja dikembangkan di tahun 1859. bagaimana dengan Indonesia? Selama ini. Eropa berada di ujung ketersediaan bahan bakar dan bencana nutrisi. Eropa telah hidup di abad pertengahan dengan hutan yang sangat lebat. Jika di AS kotoran pun diolah jadi energi. Bahan bakar minyak sebagai aternatif minyak ikan paus Minyak ikan paus adalah bahan bakar dominan di awal abad ke 19. Cantor.petani biasa bisa melakukannya. dan residu yang dihasilkan dari proses tersebut digunakan sebagai sumber energi untuk proses berikutnya. Pendekatan baru ini meningkatkan hasil etanol yang . meski belum secanggih di Amerika.8 miliar ton kotoran. Brazil telah memiliki program bahan bakar etanol yang menjadikan negara tersebut penghasil etanol kedua terbesar di dunia setelah Amerika Serikat dan eksportir terbesar dunia. Alkohol sebagai alternatif bahan bakar fosil Di tahun 1917. Di masa tersebut.000 stasiun pengisian bahan bakar dengan sedikitnya satu pompa etanol. Peternak dapat mengubah kotoran itu menjadi bioenergi yang ramah lingkungan dengan bakteri. hingga ditemukannya batu bara lunak dan pertanian kentang dan jagung menyelamatkan mereka dari bencana kelaparan. "Setiap tahun. peternakan sapi di dunia menghasilkan sekira 1. Bahkan." sebut Muthanna Al-Dahhan. Program etanol Brazil menggunakan peralatan modern dan bahan baku tebu yang murah sebagai bahan baku. kita mengenal kotoran sapi bisa diolah menjadi pupuk. Saat ini tidak ada lagi kendaraan pribadi di Brazil yang dijalankan dengan bensin murni. bangsa Eropa menjadi sangat terlatih dalam melakukan deforestasi dan di tahun 1500an mereka kehabisan kayu untuk pemanas ruangan dan memasak. Jadi. sebuah perusahaan energi di AS telah mencanangkan untuk mengolah limbah ini sebagai ladang bisnisGibbs Energy berkomitmen untuk menanam investasi USD25 juta untuk membangun pabrik pengurai kotoran sapi menjadi metana. kala kenaikan harga BBM beberapa waktu silam. Selain itu.1 juta dari Departemen Energi AS. Etanol selulosit dapat diproduksi dari berbagai macam bahan pangan. Batu bara sebagai alternatif kayu Berdasarkan catatan Norman F. Alexander Graham Bell mengusulkan etanol dari jagung dan bahan pangan lainnya sebagai bahan bakar pengganti batu bara dan minyak dan menyatakan bahwa dunia dekat dengan masa di mana kedua jenis bahan bakar tersebut akan segera habis. tinggal masalah kemauan saja sebenarnya untuk menjadikan hal ini sebagai salah satu solusi kenaikan harga BBM belakangan ini. Sejak tahun 1970. Setelah tahun 1200an. namun di pertengahan abad. dan melibatkan penggunaan seluruh bagian hasil pertanian. mengingat hasilnya yang cukup efektif. para peneliti mendapat bantuan dana USD2. Di akhir tahun 2008 Brazil telah memiliki sedikitnya 35.

Gasifikasi batu bara sebagai alternatif bahan bakar minyak yang mahal Di tahun 1970. sebagian besar dipenuhi oleh minyak tanah yang memang dirasakan terjangkau karena disubsidi oleh pemerintah. Tenaga air memang paling banyak . telah mendorong pemerintah untuk mengajak masyarakat mengatasi masalah energi bersama-sama (Kompas. energi angin dan air. Selain itu mereka yang tinggal di dekat kawasan hutan berusaha mencari kayu bakar. yang terbarui atau secara alami dapat muncul kembali setelah dipergunakan. sedangkan permintaan naik terus. Sebetulnya sumber energi alternatif cukup tersedia. demikian pula harganya sehingga tidak ada stabilitas keseimbangan permintaan dan penawaran. tanggal 22 Juni 2005. Salah satu jalan untuk menghemat bahan bakar minyak (BBM) adalah mencari sumber energi alternatif yang dapat diperbarui (renewable). terutama di pedesaan. sehingga lambat laun mengancam kelestarian alam di sekitar kawasan hutan. terdapat perbedaan mendasar antara energi terbarukan dengan bahan bakar fosil. Ketika dibandingkan dengan proses produksi energinya. hujan. energi matahari di musim kemarau atau musim kering. arus pasang surut. terbengkalai ketika harga bahan bakar minyak turun di tahun 1980an. Energi terbarukan sebagai alternatif energi tak terbarukan Energi terbarukan adalah energi yang dihasilkan dari sumber alami. baik dari ranting-ranting kering dan tidak jarang pula menebangi pohon-pohon di hutan yang terlarang untuk ditebangi. kadang-kadang terjadi kelangkaan persediaan minyak tanah di pasar. seperti cahaya matahari. Kebutuhan bahan bakar bagi penduduk berpendapatan rendah maupun miskin. 23 Juni 2005). proses fisik dan kimia yang rumit. Namun karena digunakan untuk industri atau usaha lainnya.diproduksi dan mengurangi emisi karbon karena jumlah energi pertanian yang digunakan sama untuk sejumlah etanol yang lebih tinggi. dan panas bumi. Penghematan ini sebetulnya harus telah kita gerakkan sejak dahulu karena pasokan bahan bakar yang berasal dari minyak bumi adalah sumber energi fosil yang tidak dapat diperbarui (unrenewable). Proses produksi bahan bakar fosil sulit dan membutuhkan proses dengan peralatan. dan mengajak masyarakat melakukan penghematan energi di seluruh Tanah Air. Program ini. pemerintahan Presiden Amerika Serikat Jimmy Carter mengusulkan gasifikasi batu bara sebagai alternatif bahan bakar minyak yang mahal yang sebagian besar diimpor. Kalimantan Barat. Masalah ini memang pelik sebagaimana dikatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam pertemuan dengan para gubernur di Pontianak. energi alternatif dapat diproduksi dengan peralatan dasar dan proses alam yang sangat mendasar. Biogas Kelangkaan bahan bakar minyak. Kenaikan harga yang mencapai 58 dollar Amerika Serikat ini termasuk luar biasa sebab biasanya terjadi saat musim dingin di negara-negara yang mempunyai empat musim di Eropa dan Amerika Serikat. Misalnya. yang disebabkan oleh kenaikan harga minyak dunia yang signifikan. Di lain hal. angin. termasuk Synthetic Fuels Corporation.

sebagian besar terdiri atas kotoran ternak. seperti China. memperlihatkan asal mikrobiologis dari pembentukan methan. di negara-negara berkembang kebutuhan akan sumber energi yang murah dan selalu tersedia selalu ada. China. Kegiatan produksi biogas di India telah dilakukan semenjak abad ke-19. Kebudayaan Mesir. Sebetulnya di tempat-tempat tertentu proses ini terjadi secara alamiah sebagaimana peristiwa ledakan gas yang terbentuk di bawah tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA) Leuwigajah. Selama Perang Dunia II banyak petani di Inggris dan benua Eropa yang membuat digester kecil untuk menghasilkan biogas yang digunakan untuk menggerakkan traktor. Energi terbarukan lain yang dapat dihasilkan dengan teknologi tepat guna yang relatif lebih sederhana dan sesuai untuk daerah pedesaan adalah energi biogas dengan memproses limbah bio atau bio massa di dalam alat kedap udara yang disebut digester. menjalankan kulkas. dan Papua Niugini. Biomassa berupa limbah dapat berupa kotoran ternak bahkan tinja manusia. traktor. yaitu menciptakan alat yang kedap udara dengan bagian-bagian pokok terdiri atas pencerna (digester). Dengan teknologi tertentu. (FAO. Filipina. 1981). Secara . Teknologi biogas Gas methan terbentuk karena proses fermentasi secara anaerobik (tanpa udara) oleh bakteri methan atau disebut juga bakteri anaerobik dan bakteri biogas yang mengurangi sampahsampah yang banyak mengandung bahan organik (biomassa) sehingga terbentuk gas methan (CH4) yang apabila dibakar dapat menghasilkan energi panas. sekam dan daun-daunan sortiran sayur dan sebagainya. Namun. Becham (1868). Kabupaten Bandung. mesin tetas. dan mobil. Namun. namun bagi sumber energi lain belum kelihatan secara signifikan. perbedaannya adalah gas methan mempunyai satu atom C. Negara berkembang lainnya. Namun. orang pertama yang mengaitkan gas bakar ini dengan proses pembusukan bahan sayuran adalah Alessandro Volta (1776). sisa-sisa panenan seperti jerami. (Kompas.dimanfaatkan dalam bentuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA). telah melakukan berbagai riset dan pengembangan alat pembangkit gas bio dengan prinsip yang sama. dan Roma kuno diketahui telah memanfaatkan gas alam ini yang dibakar untuk menghasilkan panas. Pada akhir abad ke-19 ada beberapa riset dalam bidang ini dilakukan. The Development and Use of Biogas Technology in Rural Asia. Gas methan sama dengan gas elpiji (liquidified petroleum gas/LPG). lubang pemasukan bahan baku dan pengeluaran lumpur sisa hasil pencernaan (slurry) dan pipa penyaluran gas bio yang terbentuk. sedangkan elpiji lebih banyak. Jawa Barat. Karena harga BBM semakin murah dan mudah memperolehnya pada tahun 1950-an pemakaian biogas di Eropa ditinggalkan. gas methan dapat dipergunakan untuk menggerakkan turbin yang menghasilkan energi listrik. murid Louis Pasteur dan Tappeiner (1882). Jerman dan Perancis melakukan riset pada masa antara dua Perang Dunia dan beberapa unit pembangkit biogas dengan memanfaatkan limbah pertanian. 17 Maret 2005). sedangkan Willam Henry pada tahun 1806 mengidentifikasikan gas yang dapat terbakar tersebut sebagai methan. Korea. Alat pencerna anaerobik pertama dibangun pada tahun 1900. Taiwan.

gas tersebut dapat dialirkan ke kompor yang terletak di dapur. sedangkan yang sudah diolah dikeluarkan melalui saluran pengeluaran. maka digester ini disebut juga tipe India. yang disebut slurry atau lumpur. dan semen. Campuran tersebut selalu ditambah setiap hari dan sesekali diaduk. India dan China adalah dua negara yang tidak mempunyai sumber energi minyak bumi sehingga mereka sejak lama sangat giat mengembangkan sumber energi alternatif. Pada tahun 1978/79 di India terdapat l. Sisa dari limbah yang telah â?dicernaâ? oleh bakteri methan atau bakteri biogas. Alat pembangkit biogas Ada dua tipe alat pembangkit biogas atau digester. Sumur dibangun dengan menggunakan bahanbahan yang biasa digunakan untuk membuat fondasi rumah. Tipe terapung dikembangkan di India yang terdiri atas sumur pencerna dan di atasnya ditaruh drum terapung dari besi terbalik yang berfungsi untuk menampung gas yang dihasilkan oleh digester. atau jika akan disimpan atau diperjualbelikan dapat dikeringkan di bawah sinar matahari sebelum dimasukkan ke dalam karung. mempunyai kandungan hara yang sama dengan pupuk organik yang telah matang sebagaimana halnya kompos sehingga dapat langsung digunakan untuk memupuk tanaman. seperti jerami dan sebagainya.sederhana. Karena dikembangkan di India.000 unit alat ini. yaitu tipe terapung (floating type) dan tipe kubah tetap (fixed dome type). Tahun 1980 sebanyak tujuh juta unit alat ini telah dibangun di China dan penggunaannya meliputi untuk menggerakkan alat-alat pertanian dan untuk generator tenaga listrik.k. 80. Untuk permulaan memang diperlukan biaya untuk membangun pembangkit (digester) biogas yang relatif besar bagi penduduk pedesaan. cocok bagi petani yang memiliki 3 ekor sapi atau 8 ekor kambing atau 100 ekor ayam di samping juga mempunyai sumber air yang cukup dan limbah tanaman sebagai . dengan air yang cukup banyak. gas methan dapat digunakan untuk keperluan memasak dan penerangan menggunakan kompor gas sebagaimana halnya elpiji. Untuk pertama kali dibutuhkan waktu lebih kurang dua minggu sampai satu bulan sebelum dihasilkan gas awal. di antaranya biogas. Namun sekali berdiri. Gas tersebut dapat digunakan untuk keperluan memasak dan lain-lain. Biogas dihasilkan dengan mencampur limbah yang sebagian besar terdiri atas kotoran ternak dengan potongan-potongan kecil sisa-sisa tanaman. Di dalam digester bakteri-bakteri methan mengolah limbah bio atau biomassa dan menghasilkan biogas methan. Tipe kubah adalah berupa digester yang dibangun dengan menggali tanah kemudian dibuat bangunan dengan bata. alat tersebut dapat dipergunakan dan menghasilkan biogas selama bertahun-tahun. seperti pasir. Untuk ukuran 8 meter kubik tipe kubah alat ini. Terdapat dua macam tipe ukuran kecil untuk rumah tangga dengan volume 6-10 meter kubik dan tipe besar 60-180 meter kubik untuk kelompok. batu bata. dan semen yang berbentuk seperti rongga yang ketat udara dan berstruktur seperti kubah (bulatan setengah bola). pasir. Tipe ini dikembangkan di China sehingga disebut juga tipe kubah atau tipe China (lihat gambar).000 unit dan selama kurun waktu 1980-85 ditargetkan pembangunan sampai 400. Dengan pipa yang didesain sedemikian rupa.

dan lain-lain. Setiap unit yang diisi sebanyak 80 kilogram kotoran sapi yang dicampur 80 liter air dan potongan limbah lainnya dapat menghasilkan 1 meter kubik biogas yang dapat dipergunakan untuk memasak dan penerangan. Bali. yaitu menghasilkan gas. Mengenai pembiayaannya mungkin secara bertahap sebagian subsidi BBM dialihkan untuk pembangunan unit-unit pembangkit biogas. ikut menjaga kelestarian lingkungan. Pembangkit biogas juga cocok dibangun untuk peternakan sapi perah atau peternakan ayam dengan mendesain pengaliran tinja ternak ke dalam digester. Melalui jalan ini. mungkin imbauan pemerintah mengajak masyarakat untuk bersama-sama memecahkan masalah energi sebagian dapat direalisasikan. Negara-negara maju banyak yang menerapkan sistem ini sebagai bagian usaha untuk daur ulang dan mengurangi polusi dan biaya pengelolaan limbah. memang diperlukan gerakan secara massal. gerakan pengembangan biogas dapat membantu penghematan sumber daya minyak bumi dan sumber daya kehutanan. Kompleks perumahan juga dapat dirancang untuk menyalurkan tinja ke tempat pengolahan biogas bersama.pelengkap biomassa. serta penghasil pupuk organik yang bermutu. . Jawa Timur. Dalam jangka panjang. terutama di sentra-sentra produksi padi dan ternak di Jawa Tengah. Untuk menuai hasil yang signifikan. terarah. Biogas cocok dikembangkan di daerah-daerah yang memiliki biomassa berlimpah. dan terencana meliputi pengembangan teknologi. Jadi dapat disimpulkan bahwa biogas mempunyai berbagai manfaat. penyuluhan. mengurangi polusi dan meningkatkan kebersihan dan kesehatan. dan pendampingan. Sulawesi Selatan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful