P. 1
Sistem Pemerintahan Filipina

Sistem Pemerintahan Filipina

|Views: 9,373|Likes:
Published by alcolopo

More info:

Published by: alcolopo on May 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/17/2013

pdf

text

original

Sistem sPemerintahan Filipina Konstitusi ini mencangkup banyak batasan kekuasan presiden sebagai cara penjagaan terhadap kekuasaan

otoriter. Semua warga negara Filipina yang telah berusia 18 tahun atau lebih dapat memberikan suara. Selama berlangsungnya rezim Marcos, militer dipolitisasi untuk mempertahankan kekuasaannya. Kondisi ini menjadi preseden pengaruh militer yang terusmenerus, menjadi faktor stabilitas dalam politik dan pemerintahan Filipina. 1. Eksekutif Kepala negara atau kepala eksekutif Filipina adalah seorang presiden, dipilih melalui pemilu untuk masa jabatan 6 tahun. Wakil presiden yang juga dipilih langsung, dapat mengabdi dengan masa waktu tidak lebih dari 2 periode 6 tahun berturut-turut. Presiden dan wakil presiden dipilih melaui pemungutan suara yang terpisah dan mengkin berasal dari partai politik yang berbeda.

2. Legislatif Negara Filipina memiliki legislatif bicameral (2 kamar) yang disebut dengan kongres Filipina. Majlis tertinggi atau senat memiliki 24 anggota yang secara langsung dipilih untuk mengabdi dengan masa waktu 6 tahun. Senator dibatasi waktunya untuk 2 masa berturut-turut.

Majlis terendah atau dewan perwakilan, memiliki maksimal 260 anggota dengan masa jabatan selama 3 tahun. 208 wakil dipilih langsung dan 52 orang dipilh tidak langsung dari daftar nominasi kelompok minoritas masyarakat adat. Anggota dewan perwakilan dibatasi masa baktinya untuk 3 kali berturut-turut. 2/3 suara kongres diperlukan untuk menolak hak veto undang-undang yang diusulkan presiden.

3. Kehakiman Pengadilan tertinggi di Filipina adalah Mahkamah Agung yang terdiri atas hakim ketua dan 14 hakim anggota, semuanya ditunjuk oleh presiden negara. Usia pensiun wajib bagi hakim MA adalah 70 tahun. Badan peradilan lainnya adalah pengadilan banding, pengadilan tingkat pertama dan pengadilan kota.

4. Pemerintaan Lokal Untuk tujuan administrasi, Filipina dibagi menjadi beberapa region, propinsi, dan kota. Kawasan National Capital Region meliputi wilayah metropolitan Manila, Daerah Administrative Cordillera, wilayah semi otonomi kelompok suku dataran tinggi di Luzon Utara, dan wilayah otonomi Muslim

Parta Politik Parta Politik di Filipina merupakan perpanjangan kunci para ahli politik yang mengontrolnya. Unit terkecil dari pemerintahan lokal adala barangay. provinsi dikepalai Gubernur dan kota dipimpin oleh walikota. Setiap barangay dikelola oleh seorang eksekutif dan dewan komunitas yang anggotanya dipilih oleh penduduk barangay. Di daerah pedesaan. Setiap kota atau kota madya berisi barangay dalam jumlah banyak dan ada ribuan barangay di Filipina. ARMM memiliki pemerintahan sendiri dengan kekuasaan eksekutif terbatas. ARMM merupkan wilayah berpemerintahan sendiri yang dibentuk pada 1989. . Loyalitas politik diserahkan kepada setiap individu dan jarang diberikan kepada pihak-pihak tertentu. 5. Politisi sering berpindah-pindah partai hanya untuk keuntungan pribadi dan keuntungan daerah. barangay merupakan sebuah desa dan di daerah perkotaan merupakan sebuah lingkungan.Mindanau (ARMM) meliputi 4 provinsi di Mindanau. dibanding institusi-institusi yang berfokus pada ideologiideologi tertentu atau pandangan politik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->