BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah adalah seperangkat
nilai dan norma Islami yang bersumber pada Al-Qur¶an dan Sunnah untuk menjadi pola bagi tingkah laku warga Muhammadiyah dalam menjalani kehidupan sehari-hari sehingga tercermin kepribadian Islami menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Warga muhammadiyah dewasa ini makin memerlukan pedoman kehidupan yang bersikap panduan dan pengayaan dalam menjalani berbagai kegiatan sehari-hari. Tuntutan ini didasarkan atas perkembangan situasi dan kondisi jugaperubahan-perubahan social politik dalam kehidupan nasional di era reformasi. Sehingga menumbuhkan dinamika tinggi dalam kehidupan umat dan bangsa serta mempengaruhi kehidupan muhammadiyah yang memerukan l pedoman bagi warga dan pimpinan persyarikatan ditengah gelombang perubahan itu.

Warga muhammadiyah perlu mengambil bagian dan tidak oleh bersikap apatis ( masa bodoh ) dalam kehidupan politik melalui berbagai saluran secara positif sebagai wujud bermuamalah sebagaimana dalam bidang kehidupan lain dengan prinsip-prinsip etika atau akhlak islam dengan sebaik-baiknya dengan tujuan membangun masyarakat islam yang sebenar-benarnya.

B. RUMUSAN MASALAH 1. Apakah pengertian berbangsa dan bernegara? 2. Bagaimana bernegara? 3. Bagaimana peranan mahasiswa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara? peranan muhammadiyah dalam kehidupan berbangsa dan

1

Mengetahui pengertian kehidupan berbangsa dan bernegara 2. TUJUAN 1. Dapat menjelaskan peranan mahasiswa dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dapat menjelaskan pentingnya peranan muhammadiyah di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 3.C. 2 .

keaslian. dan prestise. wilayah. ras.BAB II KEHIDUPAN DALAM BERBANGSA DAN BERNEGARA A. suatu asas spiritual. Fredrich Hertz dalam bukunya ³Nationality in History and Politics´ mengemukakan bahwa setiap bangsa mempunyai 4 (empat) unsur aspirasi sebagai berikut: 1. 4. 2. pengaruh. yaitu bebas dari dominasi dan campur tangan bangsa asing terhadap urusan dalam negerinya. 3. politik. Keinginan untuk mencapai kesatuan nasional yang terdiri atas kesatuan sosial. suatu solidaritas yang dapat tercipta oleh perasaan pengorbanan yang telah lampau dan bersedia dibuat di masa yang akan datang. atau kekhasan. Sedangkan Ernest Renan menyatakan bahwa bangsa (nation) adalah suatu solidaritas. agama. Meskipun dikalangan pakar kenegaraan belum terdapat persamaan pengertian bangsa. negara dan kewarganegaraan. agama. kebudayaan. Keinginan untuk menonjol (unggul) diantara bangsa-bangsa dalam mengejar kehormatan. namun faktor objektif yang terpenting dari suatu Bangsa adalah kehendak atau kemauan bersama yang lebih dikenal dengan nasionalisme. suatu jiwa. Keinginan untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasan nasional sepenuhnya. ekonomi. mereka menuntut suatu wilayah untuk tempat tinggalnya yang kemudian diklaim sebagai negara. PENGERTIAN BERBANGSA DAN BERNEGARA Bangsa (nation) menurut Hans Kohn (Kaelan. dan solidaritas. peradaban. individualisme. 2002: 212-213) bahwa bangsa terbentuk oleh persamaan bahasa. Setelah manusia membangsa. Selanjutnya pengertian negara menjadi lebih luas. Keinginan dalam kemandirian. negara tidak hanya diartikan wilayah 3 . keunggulan. komunikasi.

kedaulatan. Sungguh. Maha Teliti´.tetapi juga meliputi pemerintah. kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan. MUHAMMADIYAH DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA QS: AL hujurat (49:13) Yang artinya: ³Wahai manusia! Sungguh. B. Kranenburg menyatakan bahwa suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri. Allah Maha Mengetahui. Muhammadiyah berpandangan bahwa Agama Islam 4 . yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. dan beberapa syarat lainnya. Kansil menyatakan bahwa negara adalah suatu organisasi kekuasaan dari pada manusia-manusia (masyarakat) dan merupakan alat yang akan dipergunakan untk mencapai tujuan bersama. kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sementara George Jellinek menyatakab bahwa Negara ialah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu. Negara adalah suatu organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang bersama-sama mendiami satu wilayah tertentu dan mengakui adanya satu pemerintahan yang mengurus tata tertib serta keselamatan sekelompok manusia tersebut. Sungguh. Muhammadiyah adalah Gerakan Islam yang melaksanakan da'wah amar ma'ruf nahi munkar dengan maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi Agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. penduduk.

Kedua. ibadah. akhlaq. Bahwa peran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat dilakukan melalui dua strategi dan lapangan perjuangan. serta khittah perjuangannya sebagai acuan gerakan sebagai wujud komitmen dan tanggungjawab dalam mewujudkan "Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghafur". Peran dalam kehidupan bangsa dan negara tersebut diwujudkan dalam langkah-langkah strategis dan taktis sesuai kepribadian. Pertama. Muhammadiyah berpandangan bahwa berkiprah dalam kehidupan bangsa dan negara merupakan salah satu perwujudan dari misi dan fungsi melaksanakan da'wah amar ma'ruf nahi munkar sebagaimana telah menjadi panggilan sejarahnya sejak zaman pergerakan hingga masa awal dan setelah kemerdekaan Indonesia. Dengan mengemban misi gerakan tersebut Muhammadiyah dapat mewujudkan atau mengaktualisasikan Agama Islam menjadi rahmatan lil'alamin dalam kehidupan di muka bumi ini. keyakinan dan cita-cita hidup. politik praktis) sebagaimana dilakukan oleh partai-partai politik atau kekuatan-kekuatan politik formal di tingkat kelembagaan negara. dan mu'amalat dunyawiyah yang merupakan satu kesatuan yang utuh dan harus dilaksanakan dalam kehidupan perseorangan maupun kolektif. melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang bersifat pembinaan atau pemberdayaan masyarakat maupun kegiatan-kegiatan politik tidak langsung (high politics) yang bersifat mempengaruhi kebijakan negara dengan perjuangan moral (moral force) untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik di tingkat masyarakat dan negara sebagaimana dilakukan oleh kelompok-kelompok kepentingan (interest groups). melalui kegiatankegiatan politik yang berorientasi pada perjuangan kekuasaan/kenegaraan (real politics.menyangkut seluruh aspek kehidupan meliputi aqidah. 5 .

Karena itu diperlukan sikap dan moral yang positif dari seluruh warga Muhammadiyah dalam menjalani kehidupan politik untuk tegaknya 6 . Perjuangan di lapangan kemasyarakatan diarahkan untuk terbentuknya masyarakat utama atau masyarakat madani (civil society) sebagai pilar utama terbentuknya negara yang berkedaulatan rakyat. Muhammadiyah senantiasa terpanggil untuk berkiprah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dengan berdasarkan pada khittah perjuangan sebagai berikut: Muhammadiyah meyakini bahwa politik dalam kehidupan bangsa dan negara merupakan salah satu aspek dari ajaran Islam dalam urusan keduniawian (al-umur ad-dunyawiyat) yang harus selalu dimotivasi. dan dibingkai oleh nilai-nilai luhur agama dan moral yang utama.Muhammadiyah secara khusus mengambil peran dalam lapangan kemasyarakatan dengan pandangan bahwa aspek kemasyarakatan yang mengarah kepada pemberdayaan masyarakat tidak kalah penting dan strategis daripada aspek perjuangan politik kekuasaan. Karena itu. Sedangkan perjuangan untuk meraih kekuasaaan (power struggle) ditujukan untuk membentuk pemerintahan dalam mewujudkan tujuan negara. dijiwai. yang peranannya secara formal dan langsung dilakukan oleh partai politik dan institusi-institusi politik negara melalui sistem politik yang berlaku. Peran kemasyarakatan tersebut dilakukan oleh organisasi-organisasi kemasyarakatan seperti halnya Muhammadiyah. Muhammadiyah sebagai organisasi sosial-keagamaan (organisasi kemasyarakatan) yang mengemban misi da'wah amar ma'ruf nahi munkar senantiasa bersikap aktif dan konstruktif dalam usaha-usaha pembangunan dan reformasi nasional sesuai dengan khittah (garis) perjuangannya serta tidak akan tinggal diam dalam menghadapi kondisi-kondisi kritis yang dialami oleh bangsa dan negara. Kedua peranan tersebut dapat dijalankan secara objektif dan saling terkait melalui bekerjanya sistem politik yang sehat oleh seluruh kekuatan nasional menuju terwujudnya tujuan negara.

kebersamaan. dan keadaban untuk terwujudnya "Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur". Muhammadiyah mendorong secara kritis atas perjuangan politik yang bersifat praktis atau berorientasi pada kekuasaan (real politics) untuk dijalankan oleh partai-partai politik dan lembaga-lembaga formal kenegaraan dengan sebaik-baiknya menuju terciptanya sistem politik yang demokratis dan berkeadaban sesuai dengan cita-cita luhur bangsa dan negara. ketertiban. perdamaian. diproklamasikan 7 .kehidupan berbangsa dan bernegara. Muhammadiyah memilih perjuangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara melalui usaha-usaha pembinaan atau pemberdayaan masyarakat guna terwujudnya masyarakat madani (civil society) yang kuat sebagaimana tujuan Muhammadiyah untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. keadilan. Sedangkan hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan-kebijakan kenegaraan sebagai proses dan hasil dari fungsi politik pemerintahan akan ditempuh melalui pendekatan-pendekatan secara tepat dan bijaksana sesuai prinsip-prinsip perjuangan kelompok kepentingan yang efektif dalam kehidupan negara yang demokratis. pada dasarnya merupakan wahana yang mutlak diperlukan untuk membangun kehidupan di mana nilai-nilai Ilahiah melandasi dan tumbuh subur bersamaan dengan tegaknya nilai-nilai kemanusiaan. Muhammadiyah meyakini bahwa negara dan usaha-usaha membangun kehidupan berbangsa dan bernegara. baik melalui perjuangan politik maupun melalui pengembangan masyarakat. Dalam hal ini perjuangan politik yang dilakukan oleh kekuatan kekuatan politik hendaknya benar-benar mengedepankan kepentingan rakyat dan tegaknya nilai-nilai utama sebagaimana yang menjadi semangat dasar dan tujuan didirikannya negara Republik Indonesia tahun yang 1945.

Muhammadiyah meminta kepada segenap anggotanya yang aktif dalam politik untuk benar-benar melaksanakan tugas dan kegiatan politik secara sungguh-sungguh dengan mengedepankan tanggung jawab (amanah). demi kemaslahatan bangsa dan negara. Muhammadiyah memberikan kebebasan kepada setiap anggota Persyarikatan untuk menggunakan hak pilihnya dalam kehidupan politik sesuai hati nurani masing-masing. akhlak mulia (akhlaq al-karimah). Muhammadiyah tidak berafiliasi dan tidak mempunyai hubungan organisatoris dengan kekuatan-kekuatan politik atau organisasi manapun. sejalan dengan misi dan kepentingan Muhammadiyah. Muhammadiyah senantiasa mengembangkan sikap positif dalam memandang perjuangan politik dan menjalankan fungsi kritik sesuai dengan prinsip amar ma'ruf nahi munkar demi tegaknya sistem politik kenegaraan yang demokratis dan berkeadaban. dan perdamaian (ishlah). Muhammadiyah senantiasa bekerjasama dengan pihak atau golongan mana 8 . Muhammadiyah secara aktif menjadi kekuatan perekat bangsa dan berfungsi sebagai wahana pendidikan politik yang sehat menuju kehidupan nasional yang damai dan berkeadaban. Aktifitas politik tersebut harus sejalan dengan upaya memperjuangkan misi Persyarikatan dalam melaksanakan da'wah amar ma'ruf nahi munkar. Penggunaan hak pilih tersebut harus merupakan tanggungjawab sebagai warga negara yang dilaksanakan secara rasional dan kritis. keteladanan (uswah hasanah).Muhammadiyah senantiasa memainkan peranan politiknya sebagai wujud dari dakwah amar ma'ruf nahi munkar dengan jalan mempengaruhi proses dan kebijakan negara agar tetap berjalan sesuai dengan konstitusi dan citacita luhur bangsa.

Dimana pemuda/ generasi muda/kaum muda adalah mereka yang memiliki semangat pembaharu dan progresif. generasi muda.pun berdasarkan prinsip kebajikan dan kemaslahatan. Maha dan Siswa. PERANAN MAHASISWA DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA 1. atau kaum muda memiliki definisi beragam. mendefinisikan penduduk berusia 15-24 tahun sebagai kelompok pemuda. International Youth Year yang diselenggarakan tahun 1985. bahkan bergejolak dan optimis namun belum memiliki pengendalian emosi yang stabil. menjauhi kemudharatan. Pemuda menghadapi masa perubahan sosial maupun kultural. Definisi mahasiswa diambil dari suku kata pembentuknya. sehingga pemuda merupakan sumber daya manusia pembangunan baik saat ini maupun masa datang. Definisi Pemuda dan Mahasiswa Pemuda adalah individu yang bila dilihat secara fisik sedang mengalami perkembangan dan secara psikis sedang mengalami perkembangan emosional. demokratis dan berkeadaban. dan bertujuan untuk membangun kehidupan berbangsa dan bernegara ke arah yang lebih baik. Sebagai calon generasi penerus yang akan menggantikan generasi sebelumnya. atau pelajar yang paling tinggi levelnya. Sebagai seorang 9 . Secara internasional. Dalam kosakata bahasa Indonesia. C. Definisi yang kedua. sedangkan usia 10-19 tahun disebut ´adolescenea´ atau remaja. Definisi tentang pemuda di atas lebih pada definisi teknis berdasarkan kategori usia sedangkan definisi lainnya lebih fleksibel. maju. Seringkali terminologi pemuda. WHO menyebut sebagai´ young people´ dengan batas usia 10-24 tahun. pemuda adalah individu dengan karakter yang dinamis. pemuda juga dikenal dengan sebutan generasi muda dan kaum muda.

Sedangkan S3 diharapkan mampu menyumbang ilmu baru bagi bidangnya. Kemudian memunculkan alternatif solusi dan memilih satu solusi dengan pertimbangan yang matang. Apakah yang diharapkan dari seorang mahasiswa ? Memang harapan ini terbagi pada stratanya. Status ini menjadi mutlak apabila kita berbicara dalam konteks pendidikan formal.pelajar tertinggi. sebab mereka tinggal menyempurnakan pembelajarannya hingga menjadi manusia terpelajar yang paripurna. Mahasiswa merupakan sebuah status yang disandang seseorang ketika ia menjalani pendidikan formal pada sebuah perguruan tinggi. Dan pada akhirnya harus mampu mempresentasikan solusi yang dipilih ke orang lain untuk mempertanggung jawabkan pemilihan solusi tersbut 2. Untuk strata S2. dapat memetakan permasalahan dan memilih solusi terbaik untuk permasalahan tersebut sesuai pemahaman mendalam konsep yang telah dipelajari. Dari semua strata ada hal yang harus terus secara konsisten diperlihatkan oleh mahasiswa. Mencari bahan pendukung untuk lebih memahami permasalahan tersebut. Ternyata dbalik statusnya itu. seorang mahasiswa harus melakukan analisa terhadap masalah itu. yaitu untuk strata S1. tentu mahasiswa sudah terpelajar. Seseorang dapat dikatakan sebagai seorang mahasiswa apabila ia tercatat sebagai mahasiswa secara administrasi sebuah perguruan tinggi yang tentunya mengikuti kegiatan belajar dan mengajar serta kegiatan lainnya. masih banyak sekali peranan seorang yang 10 . seorang mahasiswa diharapkan mampu memahami suatu konsep. mungkin tidak hanya satu jawaban yag akan terucap dari banyak orang dengan beranekaragam latar belakang pendidikan. Peranan mahasiswa Apa yang terlintas dibenak kita ketika kita mendengar kata´mahasiswa´. mahasiswa diharapkan mampu merumuskan sesuatu yang berguna atau bernilai lebih untuk bidangnya. Yaitu dalam menghadapi permasalahan.

Sehinnga dapat disimpulkan bahwa kekuatan mahasiswa dalam kancah perpolitikan nasional menjadi patut diperhitungkan sebagai gerakan yang murni membela kepentingan rakyat semata. sebagai contoh gerakan mahasiswa bersama komponen bangsa lainnya yang ketika itu masyarakat. Amien Rais pernah mengutarakan intensitas dan kualitas dari gerakan kemahasiswaan cenderung mengalami penurunan seiring datangya era globalisasi ke negeri kita tercinta ini. forum-forum diskusi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kenegaraan tidak pernah dijejali oleh mahasiswa sebaliknya tempat-tempat hiburan malah disesaki para mahasiswa. Sekarang mari kita tengok aktivitas mahasiswa zaman sekarang. meskipun sampai sekarang buah tangan dari perjuangan mahsiswa tersebut masih jauh panggang dari api. Kemudian bagaimana peristiwa Malari(Petaka Lima Belas Januari) yang dimotori oleh Hariman Siregar yang notabene sebagai mahasiswa kedokteran Universitas Indonesia.parpol dan ABRI dalam menyuarakan TriTura(Tiga Tuntutan Rakyat) yang berhasil menggantikan rezim kekuasaan saat itu yang dinilai cenderung terlau berpihak pada haluan kiri. Itu merupakan bukti-bukti nyata dimana mahasiswa menunjukkan peranannya dikancah perpolitikan nasional yang tentunya untuk menciptakan keselarasan menuju masyarakat yang makmur sentosa. Penulis tidak 11 .menyandang status mahasiswa untuk menunjukkan peranannya pada kehidupan masyarakat terlebih lagi pada tingkat kehidupan berbangsa dan bernegara. kebanyakan dari mahasiswa lebih banyak menghabiskan waktunya dengan kegiatan yang kurang jelas manfaatnya. Sejarah membuktikan bagaimana kekuatan mahasiswa dalam pergantian rezim yang diktator menuju perubahan kearah lebih baik. dan masih membekas diingatan kita ketika kekuatan mahasiswa untuk menggulingkan rezim orde baru yang otoriter yang telah berkuasa selama 32 tahun.

maka kita harus memupuk rasa persaudaraan dan senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita. Kembali kepada kualitas gerakan kemahsiswaan masa sekarang yang cenderung menurun. maka sadar atupun tidak itu merupakan efek dari masuknya era globalisasi ke indonesia tanpa diharmonisasi dengan manajemen waktu dan diri yang baik. Untuk membangun citra mahasiswa sebagai agen pembaharu ataupun kaum intelektual yang mana dipundaknya ada masa depan bangsa ini yang akan dilabuhkan dimana. karena sebagai manusia tentunya kita juga butuh yang namanya hiburan. Tetapi hal itu juga harus disaring dengan kekuatan iman kita. 12 .tetapi sebagai elemen bangsa yang peka terhadap kondisi permasalahan disekitarnya. Selain itu tentunya kita perlu membangun konsep intelektual dalam gerakan y ang sinergi dan terarah menuju masyarakat yang adil dan makmur.melarang tentunya sebatas itu tidak melanggar syariat. Sehingga kedepan mahasiswa tidak hanya dikenal lewat aktivitasnya ketika menjalani perkuliahan saja.

Bahwa peran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat dilakukan melalui dua strategi dan lapangan perjuangan. Pertama. Kedua.BAB III PENUTUP A. politik praktis) sebagaimana dilakukan oleh partai-partai politik atau kekuatan-kekuatan politik formal di tingkat kelembagaan negara. melalui kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang bersifat pembinaan atau pemberdayaan masyarakat maupun kegiatan-kegiatan politik tidak langsung (high politics) yang bersifat mempengaruhi kebijakan negara dengan perjuangan moral (moral force) untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik di tingkat masyarakat dan negara sebagaimana dilakukan oleh kelompok-kelompok kepentingan (interest groups). KESIMPULAN Muhammadiyah berpandangan bahwa berkiprah dalam kehidupan bangsa dan negara merupakan salah satu perwujudan dari misi dan fungsi melaksanakan da'wah amar ma'ruf nahi munkar sebagaimana telah menjadi panggilan sejarahnya sejak zaman pergerakan hingga masa awal dan setelah kemerdekaan Indonesia. SARAN 13 . B. melalui kegiatankegiatan politik yang berorientasi pada perjuangan kekuasaan/kenegaraan (real politics.

PP.Suara Muhammadiyah one.2000.DAFTAR PUSTAKA Muhammadiyah.com/judul-skripsi-makalah-tentang/definisi-pemuda 14 .indoskripsi.Pedoman Hidup Islam Warga Muhammadiyah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful