PROFIL SDIT ALBANNA TAHUN 2009-2010

Nama SD Status Sekolah NSS Alamat SD

: : : :

SDIT ALBANNA Swasta 102220901065 JL.TUKAD YEH HO III / 16 KEL. DANGIN PURI KLOD KEC. DENPASAR TIMUR

Telepon Emmail Gugus Sekolah Katagori Sekolah Dasar Hukum

: : : : :

PROP. BALI (0361)3090060 ummurobbani@yahoo.co.id Imbas PG-TK-SD-SMP satu atap Yayasan Albanna berdiri pada bulan Januari 2007, sekaligus juga membuka penerimaan siswa baru bagi SDIT Albanna, diresmikan oleh Walikota Denpasar pada tanggal 21 Juli 2007 dan diperkuat dengan Ijin Operasional oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Tanggal 23 Agustus 2007, No.421.201/116/DIKBUD Tanggal 23 Agustus 2007. SEKOLAHKU ISTANAKU MELULUSKAN SISWA-SISWI YANG BERAKHLAK

Motto Visi

: :

MULIA DAN BERPRESTASI AKADEMIS OPTIMAL, YANG BISA MENJADI PELAKU PERUBAHAN KE ARAH KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK

Misi

:

MENJADIKAN BUDAYA DALAM

SDIT

ALBANNA DAN

MODEL

PERCONTOHAN SEKOLAH YANG MENANAMKAN RELIGIUSITAS MENEBAR HETEROGENITAS KEBAIKAN DI NILAI-NILAI

MASYARAKAT

Tujuan

:

o Menyiapkan generasi yang unggul di bidang imtak dan iptek o Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama sehingga terbangun insan yang cerdas, cendikia, berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia. o Membentuk sumber daya manusia yang aktif, kreatif, inovatif, dan berprestasi sesuai dengan perkembangan jaman dan heterogenitas. o Menbangun citra sekolah sebagai mitra

terpercaya di masyarakat o Melaksanakan pembelajaran yang efektif dan bermakna. o Menyediakan sarana dan prasarana yang

diperlukan dalam kegiatan belajar siswa untuk mendukung pengembangan potensi peserta didik agar berkembang secara optimal. o Memberikan jaminan pelayanan yang prima dalam berbagai hal untuk mendukung proses

Konsep Operasional SDIT merupakan akumulasi dari proses pembudayaan. Dengan pendekatan ini. PENGERTIAN SEKOLAH ISLAM TERPADU Sekolah Islam Terpadu pada hakekatnya adalah sekolah yang mengimplementasikan konsep pendidikan Islam berlandaskan Al Qur’an dan AsSunnah. semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari bingkai ajaran dan dalam ini pesan nilai-nilai Islam yang menekankan dapat proses keterpaduan keterpaduan sumber metode pembelajaran. Implikasi dari menuntut yang luas pengembangan dan luwes. pewarisan dan pengembangan ajaran agama Islam. budaya dan peradaban Islam dari generasi ke generasi. Dalam aplikasinya SDIT Albanna yang didirikan oleh Yayasan Albanna sebagai media pendidikan yang menerapkan umum dan penyelenggaraan dengan memadukan pendidikan pendidikan agama menjadi satu jalinan kurikulum. variatif dan menggunakan media serta belajar Metode pembelajaran menekankan penggunaan dan pendekatan yang memicu dan memacu optimalisasi pemberdayaan otak kiri dan otak kanan serta pendekatan sesuai taraf perkembangan dan kematangan belajar anak . pembelajaran yang kaya. afektif dan psikomotorik.belajar dan bekerja yang harmonis dan selaras. maka kita harus mengurai satu per satu agar lebih mudah dalam memadukan secara integrative nilai dan ajaran Islam dalam bangunan . kecerdasan dan bakat anak. Untuk mengoptimalkan kemampuan. sehingga pendekatan mengoptimalkan ranah kognitif.

Diantara keunggulan pengajaran langkah yang bisa diambil kualitas. Menumbuhkan biah sholihah dalam iklim dan lingkungan sekolah : menumbuhkan kemaslahatan dan meniadakan kemaksiatan dan kemungkaran . Menjadikan Islam sebagai landasan filosofis b. Karakteristik yang dimaksud adalah : a. adalah inovasi. guru. maka SDIT Albanna memiliki karakteristik utama yang memberikan penegasan akan keberadaannya. dan peningkatan rencana pengembangan sekolah. mewujudkan cita-cita dan harapan tersebut. manajemen pengelolaan kelas. maka dibuatlah “Panduan Manajemen Kelas” KARAKTERISTIK Dengan pengertian sebagaimana di atas. orang tua dan masyarakat.kurikulum dengan pendekatan pembelajaran yang efektif dan pelibatan yang optimal dan koperatif antara guru. Mengedepankan qudwah hasanah dalam membentuk karakter peserta didik e. Menerapkan dan mengembangkan metode pembelajaran untuk mencapai optimalisasi proses belajar mengajar d. sekolah. Mengintregasikan nilai Islam ke dalam bangunan kurikulum c. perbaikan kreativitas Untuk manajemen pengelolaan sekolah.

sehat dan asri i. dengan rincian karakter (muwashofat) sebagai berikut: 1. Menjamin seluruh proses kegiatan sekolah untuk selalu berorientasi pada mutu j. Ibadah yang benar (Shohihul Ibadah) 3. Aqidah yang Bersih (Salimul Aqidah) 2. bersih. Membangun budaya rawat. Melibatkan peran-serta orang tua dan masyarakat dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan g.f. Pribadi yang matang (Matinul Khuluq) 4. Mengutamakan nilai ukhuwah dalam semua interaksi antar warga sekolah h. rapi. berakhlaq mulia dan memiliki ketrampilan yang memberi manfaat dan maslahat bagi umat manusia. Menumbuhkan budaya profesionalisme yang tinggi di kalangan tenaga endidik dan tenaga kependidikan KONSEP DAN APLIKASI A. Mandiri (Qodirun Alal Kasbi) . TUJUAN Tujuan Umum Pendidikan SDIT Albanna adalah: membina peserta didik untuk menjadi insan muttaqin yang cerdas.

pengembangan moral dan disiplin. Bersungguh-sungguh dan Disiplin (Mujahidun Linafsihi) 8. satu bulan penuh . ketrampilan hidup (life skill). Efisien (Harisun ’Ala Waqtihi) 10. ibadah yang benar. semangat bekerja sama. setidaknya 3 halaman o Puasa Romadhan. dan etos kerja (amal soleh) Secara umum.5. Cerdas dan Berpengetahuan (Mutsaqqoful Fikri) 6. KOMPETENSI Kompetensi yang harus dicapai siswa SDIT Albanna meliputi kompetensi yang terkait dengan akhlakul karimah. Tertib dan cermat (Munazhzhom fi Syu’unihi) 9. ketrampilan bahasa. ermanfaat (Nafi’un Lighoirihi) B. dan tanpa diperintah o Tilawah setiap hari. capaian pendidikan yang diinginkan SDIT Albanna adalah: v Capaian Akademis : Nilai rata-rata mata pelajaran adalah 75 v Capaian Ibadah : o Sholat 5 waktu dengan tertib. kemampuan akademik. Sehat dan Kuat (Qowiyul Jismi) 7. kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan.

teman dan orang lain o Senang berbuat kebajikan (aksi sosial) v Capaian Ketrampilan o Peringkat Pembina Pramuka o Menguasai salah satu bela diri o Dapat mengoperasikan komputer o Dapat bercakap-cakap sederhana Inggris dan Bahasa Arab dengan Bahasa C. mata. keluarga. telinga. main v Capaian Akhlaq : o Tidak berbuat maksiat (lisan. saudara. tidur. makan/minum. KURIKULUM .o Hafal dan mempraktekkan doa harian v Capaian Tahfidzul Qur’an : hafal 2 Juz Al Qur’an (Juz 30 dan 29) v Capaian Sikap Disiplin : o Belajar Sehari-hari o Hidup sehat : mandi. sikat gigi. tetangga. tangan/kaki) o Tidak kasar kepada Orang Tua.

b. 4. Kurikulum Ketrampilan (Life Skill) . siroh/tarikh dan tsaqofah. disiplin. Kurikulum Nasional Kurikulum ini sepenuhnya mengacu kepada Standar Nasional. fiqih. Kurikulum Pendidikan Agama Islam a. 3.Kurikulum SDIT Albanna sesungguhnya merupakan perpaduan antara Kurikulum Nasional dengan Kurikulum Pendidikan Islam yang meliputi : 1. tanggung jawab. akhlaq. Kurikulum Pramuka Merupakan pilihan wajib bagi setiap siswa SDIT Albanna. melatih dan mengarahkan siswa agar memiliki jiwa dan kemampuan memimpin yang tinggi. Pendidikan Agama Islam (PAI)(3 jampel/pekan) Kurikulum yang bermuatan pokok-pokok ajaran Islam yang meliputi pelajaran aqidah. Kurikulum Pramuka mendidik. ibadah. Tahfidzul Qur’an (Hafalan Al Qur’an) (6 jampel/pekan) Mengajarkan kemampuan menghafal Al Qur’an dengan baik. dan diperkaya dengan nilai-nilai keIslaman dalam proses pembelajaran 2. peduli dan berbagai ketrampilan lapangan. Kurikulum Pendidikan Al Qur’an (8 jampel/pekan) Mengajarkan kemampuan membaca Al Qur’an dengan baik dan benar (tahsinut-tilawah) sehingga memenuhi standar bacaan yang benar dan Tahfidzul Qur’an atau menghafal Al Qur’an c. berani. percaya diri.

yaitu : English Club. Melukis. dan Pildacil . Vocal Group. Tae Kwondo Kid. Study Club. Tartil Qur’an. Pencak Silat.Merupakan sekumpulan dan pilihan berbagai ketrampilan yang terangkum dalam Kegiatan Ekstra Kurikuler dan Kegiatan Pengembangan. Karate.

.

.

.

.

.

.

.

00 – 15.TATA TERTIB / PERATURAN SEKOLAH SDIT ALBANNA TAHUN AJARAN 2009-2010 I. Hari dan Jam Belajar KELAS I II – V VI HARI Senin – Kamis Jum’at Senin – Kamis Jum’at Senin – Kamis Jum’at WAKTU (WITA) 08.30 08.40 07.00 – 15. Pakaian / Seragam Siswa No 1 2 Kelas I II & Vi Senin & Selasa Merah Putih Merah Putih Rabu & Kamis Hijau Kuning Hijau Kuning Jum’at Olah Raga Pramuka Ket Jadwal Olah Raga mengenakan baju Olah Raga .05 07.00 – 15.40 KETERANGAN Sabtu Libur.30 – 11.00 – 14. kecuali ada kegiatan Insidental II.40 07.10 08.30 – 15.

Sandal jepit. 6. untuk menghindari jajan diluar yang tidak terkontrol oleh sekolah dan orang tua. 4. Membawa makan pagi/kue dan minum dari rumah. Tidak diperkenankan membawa uang jajan. untuk wudlu pada saat sholat 2. keberanian. Untuk melatih kemandirian. Orang Tua meletakkan dimeja depan kelas Perlengkapan yang harus ditinggal di kelas adalah : Perlengkapan Sholat (putra:sajadah. Beberapa Ketentuan untuk Kegiatan Penunjang : 1. Pada saat mengantar makan siang. Orang Tua mengantar dan menjemput putra/putrinya hanya sampai di pintu loby/gerbang. Adapun tata tertib pengantaran dan penjemputan siswa adalah sebagai berikut : 1. untuk cadangan bila anak BAB/BAK di celana/rok. kami sangat menghargai bila anak-anak diantar atau dijemput oleh Orang Tua atau orang yang dipercaya. percaya diri dan tanggung jawab anak. Agar kemandirian siswa bisa kita bangun bersama maka secara bertahap . 5. putri:mukenah&sajadah) Baju ganti. Mohon untuk seluruh perlengkapan anak diberi nama dan kelas IV. Ketika datang pengantar menyerahkan kepada petugas penyambutan/SatPam yang sudah siap di pintu masuk. 3.III. Mengantar dan Menjemput Siswa Demi keamanan siswa.

kasih sayang yang diberikan Allah kepada kita. . juga merupakan budaya barat. antara 07. ”Islam mengajarkan kepada kita untuk ber-tauhid pada Allah dan mengikuti jejak langkah Rosulullah SAW.00 WITA .Adapun jam penjemputan. mensyukuri atas umur.anak dimotivasi agar bisa masuk kelas dengan percaya diri. Berulang tahun bertujuan untuk selalu mengingat karunia Allah. Sedang berpesta ulang tahun.30 – 08. Perayaan Ulang Tahun Tidak diperkenankan mengadakan perayaan Ulang Tahun dan tidak membagikan undangan Ulang Tahun di Kelas. meniup lilin disamping bukan ajaran Islam. yang tidak diajarkan oleh Rasulullah SAW. Kami selalu menghargai ketepatan waktu. Konsultasi Orang Tua Murid 1. 2. jejak.00 WITA.” VI. Bagi Orang Tua/Wali Murid yang ingin berkonsultasi tentang perkembangan dan seputar permasalahan putra-putrinya. terkhusus kelas I. insya Allah dapat dilakukan setiap hari dengan terlebih dahulu membuat janji. diluar jam yang sudah ditentukan menjadi tanggung jawab Orang Tua/pengantar V. ilmu. rizki. Rasulullah selalu mensyukuri nikmat dengan satu keprihatinan dan berbagi pada sesama. maksimal pada pukul 16. untuk itu kami mohon untuk mengantar siswa tepat waktu. Sekolah ataupun lingkungan Albanna School.

4. Pemberitahuan ke pihak sekolah karena siswa sakit. 3. dapat dilaksanakan lewat telepon Ust/Ustdz. gondongen). ketika harus kembali ke sekolah kami mohon untuk memastikan siswa sudah benar-benar pulih dan dinyatakan sembuh dari sakit.Telp. cacar air. di kelas atau lewat sekolah dengan No. dengan memberikan keterangan jadwal pemberian obat serta dosis yang harus diberikan. Siswa yang menunjukkan gejala sakit ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung.Bid. maka akan ditindaklanjuti oleh Koord. baik sakit biasa maupun penyakit menular(campak. Bila penanganan putra/putri tidak dapat terselesaikan. Mohon untuk tidak mengadakan konsultasi mendadak dengan guru secara individu selama kegiatan belajar mengajar dan acara pertemuan diadakan didalam ruang kelas. VII. Kesiswaan. Siswa Sakit 1. Demi menjaga kesehatan bersama. menjadi tanggung jawab guru dan orang tua sepenuhnya. 4. kemudian kami informasikan untuk bisa dijemput secepatnya bila kondisi tidak memungkinkan. KEPSEK. Berkenaan dengan perkembangan akademis sekolah.(0361)7917826 atau dengan menyerahkan surat keterangan sakit dari dokter. . kami mohon untuk diinformasikan kepada Ust/Ustdz. akan kami istirahatkan di UKS sekolah. WAKA I.2. Bila ananda dalam masa pengobatan. 2. 3.

Siswa yang karena sesuatu hal berhalangan hadir yang terencana. atau sesuai kesepakatan bersama antara orangtua dan Ust/Ustdz. . Pertemuan / Rapat Sekolah Sistem pendidikan yang dibangun oleh Albanna School adalah sistem pendidikan segitiga emas antara Orang Tua. kami mengadakan program Home Visit atau kunjungan ke rumah siswa. Kunjungan akan kami laksanakan seusai jadwal kunjungan berlangsung. IX. menginformasikan kepada Ust/Ustdz. di kelas/sharing informasi perkembangan anak 2. Penanganan emergency siswa. kami rujuk ke RS terdekat. 3. Ijin lebih dari tiga hari/pada saat Ulangan Harian/UUB diwajibkan atas persetujuan Kepala Sekolah. sekolah dan siswa.Siswa Ijin Tidak Masuk 1. Home Visit Demi menjaga keselarasan dan kesamaan pola asuh anak didik.5. Konsekuensi ketidak hadiran tanpa ada pemberitahuan. maksimal satu hari sebelum ijin lewat sekolah/kelas/telp/buku penghubung. misi dan pola asuh X. maka kami anggap alpha. Adapun pelaksanaan kami atur sbb : 1. VIII. 2. Komunikasi ini dimaksudkan untuk tercapainya kesepakatan bersama dalam visi.

Adapun beberapa pertemuan tersebut XI. katakanlah kepada istri-istrimu. Sebagaimana dikutip dalam al Qur’an Q. kami mengajak kepada seluruh keluarga besar Albanna untuk bisa mensiarkan etika berpakaian sopan dan berkepribadian Islam selama berada di area sekolah. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah dikenal. seperti . Al-Ahzaab : 59. Etika Berpakaian Islam mengatur cara dan adab yang lebih mulia disisi Allah SWT. yang artinya : “Hai Nabi. maka mereka tidak diganggu. baik oleh Sekolah maupun Komite Sekolah untuk bisa dihadiri dengan sebagai wujud perhatian dan kerjasama adalah : Masa Orientasi Orang Tua (MOOT) Pertemuan Komite Kelas setiap bulan Sosialisasi program pembelajaran Pembinaan Romadhon Pelaporan perkembangan anak didik (smt I&II) Dan Program-program penunjang lainnya dengan sekolah. Oleh karena itu beberapa pertemuan telah kami agendakan. Sebagai lembaga pendidikan yang berbasis keislaman.S. anak-anak perempuanmu dan perempuan-perempuan mukmin.Sinergi secara maksimal antara orangtua sangat kami harapkan agar pencapaian bisa optimal seperti yang kita harapkan. Hendaklah mereka memakai jilbab atas dirinya. Dan Alloh Maha pengampun lagi Maha penyayang”.

Tidak merokok .1. Memakai busana muslim/muslimah 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful