Makna Dan Hakekat Tawakal Dari segi bahasa, tawakal berasal dari kata µtawakala¶ yang memiliki arti;

menyerahkan, mempercayakan dan mewakilkan. (Munawir, 1984 : 1687). Seseorang yang bertawakal adalah seseorang yang menyerahkan, mempercayakan dan mewakilkan segala urusannya hanya kepada Allah SWT. Tawakal merupakan aktivias hati, artinya tawakal itu merupakan perbuatan yang dilakukan oleh hati, bukan sesuatu yang diucapkan oleh lisan, bukan pula sesuatu yang dilakukan oleh anggota tubuh. Dan tawakal juga bukan merupakan sebuah keilmuan dan pengetahuan. (Al-Jauzi/ Tahdzib Madarijis Salikin, tt : 337)

Derajat Tawakal Tawakal merupakan gabungan berbagai unsur yang menjadi satu, dimana tawakal tidak dapat terealisasikan tanpa adanya unsur-unsur tersebut. Unsur-unsur ini juga merupakan derajat dari tawakal itu sendiri: 1. Ma¶rifat kepada Allah SWT dengan segala sifat-sifat-Nya minimal meliputi tentang kekuasaan-Nya keagungan-Nya, keluasan ilmu-Nya, keluasan kekayaan-Nya, bahwa segala urusan akan kembali pada-Nya, dan segala sesuatu terjadi karena kehendak-Nya, dsb. 2. Memiliki keyakinan akan keharusan melakukan usaha. Karena siapa yang menafikan keharusan adanya usaha, maka tawakalnya tidak benar sama sekali. Seperti seseorang yang ingin pergi haji, kemudian dia hanya duduk di rumahnya, maka sampai kapanpun ia tidak akan pernah sampai ke Mekah. Namun hendaknya ia memulai dengan menabung, kemudian pergi kesana denan kendaraan yang dapat menyampaikannya ke tujuannya tersebut. 3. Adanya ketetapan hati dalam mentauhidkan (mengesakan) Dzat yang ditawakali, yaitu Allah SWT. Karena tawakal memang harus disertai dengan keyakinan akan ketauhidan Allah. Jika hati memiliki ikatan kesyirikan-kesyirikan dengan sesuatu selain Allah, maka batallah ketawakalannya. 4. Menyandarkan hati sepenuhnya hanya kepada Allah SWT, dan menjadikan situasi bahwa hati yang tenang hanyalah ketika mengingatkan diri kepada-Nya. Hal ini seperti kondisi seorang bayi, yang hanya bisa tenang dan tentram bila berada di susuan ibunya. Demikian juga seorang hamba yang bertawakal, dia hanya akan bisa tenang dan tentram jika berada di µsusuan¶ Allah SWT.

Tawakal tidak akan mungkin terjadi. 3: 173) 6. 3 : 159) 5. mengharapkan. Sesungguhnya Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya". 8 : 61) 2. dan memasrahkan segala sesuatu hanya kepada Allah SWT. 7. Menyerahkan. Allah berfirman dalam Al-Qur¶an (QS. Karena tidak mungkin seseorang bertawakal terhadap sesuatu yang dia bersu¶udzan kepadanya. Akan mendapatkan perlindungan. Tawakal hanya dapat dilakukan terhadap sesuatu yang dihusndzani dan yang diharapkannya. 40 : 44) Dan aku menyerahkan urusanku kepada Allah. mewakilkan. keingingan/ ambisi positif yang kuat) Allah berfirman (QS. Tawakal harus senantiasa mengiringi suatu azam (baca. . Memasrahkan jiwa sepenuhya hanya kepada Allah SWT. Allah berfirman (QS. Derajat tawakal yang kelimana adalah : Husnudzan (baca . Dan hal inilah yang merupakan hakekat dari tawakal. Orang yang beriman. 17:2) 3. 3 : 122) : 4. Allah sebaik-baik tempat untuk menggantungkan tawakal (pelindung) Allah berfirman (QS. 16: 41-42): 8. Allah SWT berfirman: (QS. Mendapatkan kebaikan di dunia dan di akhirat (surga) Allah berfirman (QS. jika tidak dengan sepenuh hati memasrahkan hatinya kepada Allah. pertolongan dan anugrah dari Allah. Tawakal Dalam Al-Qur¶an 1. Karena orang yang bertawakal harus sepenuh hatinya menyerahkan segala sesuatu terhadap yang ditawakali. Allah akan mencukupkan orang yang bertawakal kepada-Nya. berbaik sangka) terhadap Allah SWT. Allah berfirman (QS. Tawakal merupakan perintah Allah SWT. 8 : 49): 7. hanya kepada Allah lah ia bertawakal. 6. Larangan bertawakal selain kepada Allah (menjadikan selain Allah sebagai penolong) Allah berfirman (QS.5.

Tawakal merupakan sunnah Rasulullah SAW. hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. Tawakal yang benar tidak akan menjadikan seseorang kelaparan. 5. Taubat Asal makna taubat adalah kembali dari kesalahan dan dosa kepada keta'atan. Para ulama menjelaskan syarat-syarat taubat yang diterima Allah. 6. berhenti dan berusaha tidak mengulangi perbuatannya. 4. Seseorang dikatakan bertaubat jika ia mengakui dosa . 3. bertaubatlah kamu kepada Allah dengan taubat yang benar (Ikhlas). Orang yang bertaubat kepada Allah adalah orang yang kembali dari perbuatan maksiat menuju perbuatan ta'at. sbb: . Orang yang bertawakal hanya kepada Allah.dosanya. akan masuk ke dalam surga tanpa hisab. Allah berfirman (artinya): "8ertaubatlah Kalian kepada Allah. Allah merupakan sebaik-baik tempat untuk bertawakal. Tawakal akan mendatangkan nasrullah. Taubat merupakan fardbu 'ain yang harus dilakukan setiap muslim dan muslimah.Allah berfirman (QS. menyesal. Perintah taubat merupakan perintah wajib yang harus segera dilaksanakan sebelum ajal tiba. "(An Nur: 31) "Hai orang-orang yang beriman. 2. "(AtTahrim: 8) Syarat-syarat Taubat. Tawakal adalah setelah usaha. 65:3): Tawakal Dalam Hadits 1.

Jika yang dirugikan itu hartanya maka harta itu harus dikembalikan. . Allah berjanji menerima taubat mereka. Abu Daud dan Ibnu Majah ) JANJI ALLAH KEPADA ORANG-ORANG YANG BERTAUBAT DAN ISTIQAMAH DALAM TAUBATNYA 1. Ibnu Majah. Allah berfirman(artinya): " Tidakkah mereka mengetahui bahwasanya Allah menerima taubat dari hamba-hambaNya dan menerima zakat. " (O. lihat hadits hasan riwayat At Tirmidzi. 25: 70). beriman dan mengerjakan amal shalih. Taubat menghapuskan dosa-dosa seolah-olah ia tidak berdosa. orang yang bertaubat dianjurkan melakukan shalat dua raka'at. Di samping syarat-syarat tersebut diatas. Dia harus berazam (mempunyai tekad bulat) tidak mengulangi perbuatan itu. ada satu syarat lagi yaitu: 4. Harus ada pernyataan bebas dari hak kawan yang dirugikan. Demikian seterusnya. S. Orang yang berbuat dosa itu harus berhenti dari perbuatan dosa dan maksiat yang selama ini ia lakukan. no. 3.S. " (Q. 404.1. Ahmad 1:10. 2. Shalat ini dikenal dengan nama shalat taubat. maka Allah akan ganti kejahatan mereka dengan kebajikan. Jika perbuatan dosa itu ada hubungannya dengan orang lain maka di samping tiga syarat terdahulu. 9: 104). 2. Dalilnya. dan bahwasanya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. Shahih Jami'us Shaghir 3005) Allah berfirman (artinya): "Kecuali orang-orang bertaubat. Jika berupa tuduhan jahat maka dia harus minta maaf. 3. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Panyayang. Orang yang istiqamah dalam taubatnya adalah sebaik-baiknya manusia. Dia harus menyesali perbuatan tersebut. "orang yang bertaubat dari dosa seolah-olah ia tidak berdosa" (HR.

berwarna merah muda atau kecoklat-coklatan sampai menjadi oedema hingga kulit kelihatan seperti kulit jeruk (peau d'orange). Hakim 4: 246) . atau bila sudah muncul metastase ke tulang-tulang. sudah timbul borok. Erosi atau eksema puting susu Kulit atau puting susu tadi menjadi tertarik ke dalam (retraksi). Benjolan itu mula-mula kecil. semakin lama akan semakin besar. 1990)." (HR. atau timbul borok (ulkus) pada payudara. Dan Dia adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. -Kemudian timbul pembesaran kelenjar getah bening di ketiak. . lalu melekat pada kulit atau menimbulkan perubahan pada kulit payudara atau pada puting susu. Kanker payudara lanjut sangat mudah dikenali dengan mengetahui kriteria operbilitas Heagensen sebagai berikut: terdapat edema luas pada kulit payudara (lebih 1/3 luas kulit payudara). " (HR. sering berbau busuk. Ciri-ciri lainnya antara lain: -Pendarahan pada puting susu. mengkerut. Borok itu semakin lama akan semakin besar dan mendalam sehingga dapat menghancurkan seluruh payudara. bengkak (edema) pada lengan. -Rasa sakit atau nyeri pada umumnya baru timbul apabila tumor sudah besar.Nabi SAW bersabda: "Setiap anak Adam pasti berbuat salah dan sebaik-baik orang yang berbuat salah adalah yang bertaubat. lalu Allah mengampuni dosa mereka. dan penyebaran kanker ke seluruh tubuh (Handoyo. Benjolan pada payudara Umumnya berupa benjolan yang tidak nyeri pada payudara. dan mudah berdarah. adanya nodul satelit pada kulit payudara. niscaya Allah akan menciptakan makhluq yang berbuat dosa kemudian " mereka istighfar (minta ampun kepada Allah). Shahih Jami'us Shaghir 4391) "Seandainya hamba-hamba Allah tidak berbuat dosa. Ahmad 3: 198.

dan kelenjar getah bening aksila melekat satu sama lain.5 cm. . Cairan yang keluar disebut normal apabila terjadi pada wanita yang hamil. adanya metastase jauh. kelenjar getah bening aksila berdiameter lebih 2. berlangsung terus menerus. kulit terfiksasi pada dinding toraks. keluar sendiri tanpa harus memijit puting susu. terdapat model parasternal. Seorang wanita harus waspada apabila dari puting susu keluar cairan berdarah cairan encer dengan warna merah atau coklat. dan cairan selain air susu. yaitu ulserasi kulit. menyusui dan pemakai pil kontrasepsi. serta terdapat dua dari tanda-tanda locally advanced. hanya pada satu payudara (unilateral). edema kulit. Keluarnya cairan (Nipple discharge) Nipple discharge adalah keluarnya cairan dari puting susu secara spontan dan tidak normal.kanker payudara jenis mastitis karsinimatosa. terdapat nodul supraklavikula. adanya edema lengan.