T.

atom dalton

T.atomJ.J Thombson Perkembangan teori atom T.Atom Rutherford T.Model atom bohr

1) Setiap materi disusun oleh partikel kecil yang disebut dengan atom 2) Atom merupakan bola pejal yang sangat kecil 3) Unsur adalah materi yang terdiri atas atom yang sejenis dan berbeda dengan atom dari unsur lainnya. Teori atom yang diajukan oleh Dalton. . Kelemahan ini mendorong ilmuwan lain untuk memperbaiki teori atom Dalton. belum dapat menjawab fenomena tentang yang terkait sifat listrik. Dia mengembangkan teori atom berdasarkan hukum kekekalan massa (Lavoisier) dan hukum perbandingan tetap (Proust). diketahui bahwa banyak larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Dalton mengajukan bahwa.TEORI ATOM DALTON Pemahaman tentang atom adalah bagian terkecil dari sebuah materi merupakan landasan yang dipergunaka oleh John Dalton (1805). Model Atom Dalton. Dengan demikian atom masih mengandung partikel lainnya. 4) Senyawa adalah materi yang disusun oleh dua atau lebih jenis atom dengan perbandingan tertentu 5) Pembentukan senyawa melalui reaksi kimia yangnmerupakan proses penataan dari atomatom yang terlibat dalam reaksi tersebut.

Dia memfokuskan pada muatan listrik yang ada dalam sebuah atom. Model atom Thombson. Thomson juga memastikan bahwa atom bersifat netral. yang dinyatakan bahwa atom merupakan bola yang bermuatan positif. seperti roti ditaburi kismis atau seperti kue ondeonde dimana permukaannya tersebar juga menambahkan bahwa atom bersifat netral sehingga jumlah proton dalam bola sama dengan jumlah elektron yang ada di permukaannya. dan elektron tersebar dipermukaannya. sehingga diadalam atom juga terdapat partikel yang bermuatan positif. . Selanjutnya Thomson mengajukan model atom. membuktikan adanya partikel lain yang bermuatan negatif dalam atom dan yang merupakan bola kecil yang pejal dan padat partikel tersebut adalah elektron. Thomson. Dengan eksperimen menggunakan sinar kotoda.J. THOMBSON Kelemahan dari teori yang diajukan Dalton diperbaiki oleh JJ.TEORI ATOM J.

Menurut Rutherford. partikel termasuk elektron yang mengorbit pada lintasannya akan melepas energi dalam bentuk radiasi sehingga elektron akan mengorbit secara spiral dan akhirnya jatuh ke iti atom. Akan tetapi teori dan model atom yang dikemukakan oleh Rutherford juga masih mempunyai kelemahan yaitu teori ini tidak dapat menjelaskan fenomena kenapa elektron tidak dapat jatuh ke inti atom. Model atom Rutherford. Padahal menurut fisika klasik. .atom mempunyai inti yang bermuatan positif dan merupakan pusat massa atom dan elektron-elektron mengelilinginya Rutherford berhasil menemukan bahwa inti atom bermuatan Positif dan elektron berada diluar inti atom.TEORI ATOM RUTHERFORD Penelitian penembakan sinar alfa pada plat tipis emas membuat Rutherford dapat mengusulkan teori dan model atom untuk memperbaiki teori dan model atom Thompson.

elektron menempati tingkat energi terendah (disebut tingkat dasar = ground state). Hasil ini telah mengantarkan Bohr untuk mengembangkan model atom dinyatakan bahwa : 1. dengan tingkat energi tertentu. . Eelektron pada orbit tertentu dapat berpindah lebih tinggi dengan menyerap energi. 4. elektron dapat berpindah dari orbit yang lebih tinggi ke yang rendah dengan melepaskan energi. Spektrum yangdihasilkan sangat spesifik hanya cahaya dari frekuensi tertentu. Teori atom yang diajukan oleh Bohr. Spektrum yang dihasilkan merupakan gambaran bahwa elektron mengelilingi inti. Atom tersusun atas inti bermuatan positif dan dikelilingi oleh elektron yang bermuatan negatif. Pada keadaan normal (tanpa pengaruh luar). Elektron mengelilingi inti atom pada orbit tertentu dan stasioner (tetap).TEORI ATOM BOHR Teori Rutherford selanjutnya diperbaiki oleh Niels Bohr. Pendekatan yang dilakukan Bohr adalah sifat dualisme yang dapat bersifat sebagai partikel dan dapat bersifat sebagai gelombang bola pejal bermuatan positif dan elelektron tersebar di permukaannya Hal ini dibuktikan oleh Bohr dengan melihat spektrum dari atom hidrogen yang dipanaskan. beberapa spektrum yang dihasilkan mengindikasikan bahwa elektron mengelilingi inti dalam berbagai tingkat energi. Sebaliknya. hanya dapat menjelaskan hubungan antara energi dengan elektron untuk atom hidrogen. namun belum memuaskan untuk atom yang lebih besar. 2. 3.

PARTIKEL ATOM Struktur atom Proton Neuton Elektron .

PROTON Eugene Goldstein pada tahun 1886 melakukan percobaan dan menemukan partikel baru yang disebut sebagai sinar kanal atau sinar positif.radiasi yang keluar dari lubang tabung katoda akibat aliran listrik bertegangan tinggi menyebabkan gas yang berada dibelakang katoda berpijar .tabung katoda dilubangi dan diisi dengan gas hidrogen bertekanan rendah . Ion hidrogen yang bermuatan positif selanjutnya bergerak menuju kutub negatif (katoda) dengan sebagian ion hidrogen lolos dari lubang katoda.elektroda negatif (katoda) yang menutup rapat tabung sinar katoda sehingga ruang dibelakang katoda gelap . .t disebut radiasi/sinar kanal atau sinar positif. Peralatan Goldstein tersusun atas: . Berkas sinar yang bermuatan positif disebut sinar kanal atau sinar positif.radiasi tersebuSinar kanal secara mendetail dihasilkan dari tahapan berikut yakni ketika sinar katoda menjala dari katoda ke anoda maka sinar katoda ini menumbuk gas hidrogen yang berada didalam tabung sehingga elektron gas hidrogen terlepas dan membentuk ion positif.

NEUTRON Penelitian yang dilakukan Rutherford selain sukses mendapatkan beberapa hasil yang memuaskan juga mendapatkan kejanggalan yaitu massa inti atom unsur selalu lebih besar daripada massa proton didalam inti atom. Chadwick melakukan penelitian dengan menembak logam berilium menggunakan sinar alfa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suatu partikel yang tak bermuatan dilepaskan ketikan logam berilium ditembak dengan sinar alfa dan partikel ini disebut sebagai netron. Netron tak bermuatan dan bermassa 1 sma (pembulatan). Rutherford menduga bahwa terdapat partikel lain didalam inti atom yang tidak bermuatan karena atom bermuatan positif disebabkan adanya proton yang bermuatan positif. . Adanya partikel lain didalam inti atom yang tidak bermuatan dibuktikan oleh James Chadwick pada tahun 1932.

Listrik bertekanan tinggi yang dialirkan melalui plat logam mengakibatkan adanya sinar yang mengalir dari katoda menuju anoda yang disebut sinar katoda. Sinar katoda tidak terlihat oleh mata Materi tersusun dari atom-atom akan tetapi keberadaannya terdeteksi melalui gelas tabung yang berpendar akibat adanya benturan sinar katoda dengan gelas tabung kaca. elektroda tabung sinar katoda dengan kutub positif. elektroda dengan kutub negatif dan anoda. Joseph John Thompson Elektron ditemukan dengan menggunakan tabung kaca yang bertekanan sangat rendah yang tersusun oleh: . . Tabung kaca bertekanan rendah ini selanjutnya disebut tabung sinar katoda. Adanya sinar katoda membuat tabung menjadi gelap.Katoda.ELEKTRON Elektron merupakan partikel dasar penyusun atom yang pertama kali ditemukan. Elektron ditemukan oleh Joseph John Thompson pada tahun 1897.Plat logam sebagai elektroda pada bagian ujung tabung .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful