P. 1
Bab 1 Tugas Akhir

Bab 1 Tugas Akhir

|Views: 4,858|Likes:
Published by Dian Aremania
Ni adalah TA ku di BSI PWT
Ni adalah TA ku di BSI PWT

More info:

Published by: Dian Aremania on May 29, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/29/2014

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Sejalan dengan perkembangan zaman, kebutuhan masyarakat tentang informasi yang cepat, dinamis dan selalu up to date semakin meningkat. Oleh karena itu, dalam suatu perusahaan atau organisasi diperlukan suatu teknologi sistem informasi yang memungkinkan proses tukar menukar informasi dan pengolahan data secara cepat. Dengan meninggalkan sistem pengolahan data secara manual dan menggantinya dengan sebuah sistem informasi maka pengolahan data yang diperlukan akan menjadi lebih cepat dan penggunaan waktu lebih efisien serta dapat diperoleh hasil yang lebih memuaskan. Sebagai contoh dalam hal perancangan Program Pengolahan Data Narapidana pada Kepolisian Sektor Kalibagor. Berdasarkan fenomena yang ada pada saat ini, yaitu makin maraknya tindakan kriminal. Apabila sistem pengolahan data yang digunakan masih menggunakan sistem manual, maka banyak kekurangan dan kendala-kendalanya, misalkan dalam pencarian data yang harus mencari secara manual sebuah data pada setumpukan catatan data di dalam buku-buku yang sangat banyak. Kemungkinan ditemukan data sangat kecil, waktu pencarian dipastikan lama dan keakuratan datanya juga kurang dapat dipastikan. Selain itu kemungkinan hilangnya data juga sangat besar karena buku catatan pengolahan data dapat rusak sewaktu-waktu. Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, komputer dapat digunakan sebagai salah satu rekomendasi dan acuan untuk mengatasi kendala tersebut. Dengan adanya perancangan program pengolahan data narapidana, diharapkan dapat mempermudah pengelolaan data narapidana pada Kepolisian Sektor Kalibagor. Sebagai contoh petugas hanya memasukkan data narapidana yang masuk penjara kemudian data disimpan di dalam database. Sehingga jika sewaktu-waktu data tersebut dibutuhkan lagi, maka petugas hanya perlu melakukan pencarian data lewat aplikasi tersebut tanpa mencari berkas1

2

berkas data fisik secara manual, waktu pencarian sudah dipastikan cepat dan datanya juga akurat sesuai isi databasenya. Dalam pembuatan sistem informasi, tidak terlepas dari rekasaya perangkat lunak atau dengan kata lain berkaitan dengan pemrograman. Bahasa pemrograman yang penulis gunakan adalah Borland Delphi 7 karena bahasa pemrogram ini lebih mudah dalam mempelajari dan menggunakanya. Hal inilah yang mendorong penulis untuk membuat sebuah program aplikasi untuk pengolahan data pada kepolisian sektor tersebut. Sehingga penulis memilih judul “PERANCANGAN PROGRAM PENGOLAHAN DATA NARAPIDANA MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI 7 PADA KEPOLISIAN SEKTOR KALIBAGOR”.

1.2. Maksud dan Tujuan A. Maksud Penulisan Tugas Akhir Maksud penulis mengambil judul tersebut adalah : 1. Untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan yang didapat penulis selama berkuliah di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika. 2. Meningkatkan mutu sumber daya manusia baik di dalam maupun di luar lingkungan Bina Sarana Informatika. 3. Sebagai sumbang pikiran dalam rangka mengembangkan pengolahan data Narapidana Pada Kepolisian Sektor Kalibagor dengan menggunakan bahasa pemrograman Borland Delphi 7 menjadi komputerisasi sehingga pihak-pihak yang berkepentingan dapat memanfaatkan program ini dan juga mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat. B. Tujuan Penulisan Tugas Akhir Tujuan dari penulisan Tugas akhir ini adalah untuk memenuhi dan melengkapi salah satu syarat kelulusan Diploma Tiga Jurusan Manajemen Informatika di Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI).

3

1.3. Metode Penelitian Dalam melakukan pengumpulan data dan informasi, penulis menggunakan beberapa metode penelitian, antara lain : a. Wawancara Penulis melakukan tanya jawab secara langsung dengan beberapa orang yang terlibat termasuk petugas polisi yang sedang melakukan pengolahan data yang notabenenya adalah salah satu polisi yang sedang bertugas, untuk mendapatkan data-data yang diperlukan sebagai perbandingan dengan aplikasi program yang penulis buat. b. Studi Pustaka Untuk melengkapi data yang diperlukan, maka penulis melakukan studi pustaka, yaitu dengan cara membaca sumber data lain yang ada di perpustakaan kampus dan perpustakaan maya (internet) yang berkaitan dengan Pemrograman Borland Delphi 7 guna pembuatan program aplikasi pengolahan data narapidana pada kepolisian sektor kalibagor. c. Observasi / Pengamatan Sektor kepolisian memiliki kegiatan untuk memberikan perlindungan hukum dan menerima laporan pengaduan dari masyarakat yang mengalami tindak kriminalitas. Tindakan kriminalitas yang terjadi sangat banyak sekali antara lain tindak kejahatan yang menyebabkan hilangnya kendaraan bermotor seperti pencurian, penipuan, dan atau penggelapan. Masyarakat yang mengalami tindak kriminalitas tersebut akan melaporkan kepada sektor kepolisian terdekat guna di data dan di usut lebih lanjut. Proses pengelolaan dan pendataan terhadap laporan pengaduan masyarakat, terutama dalam penanganan kehilangan kendaraan bermotor masyarakat akibat tindakan kriminalitas dilakukan secara manual yaitu masih dicatat dalam bentuk kertas, sedangkan data yang sudah dicatat tidak disimpan dalam suatu database. Hal ini berdampak dalam pencarian data dari bulan atau tahun yang lalu akan mengalami kesulitan. Untuk itu dibuat suatu sistem yang baru dengan tujuan agar dapat membantu mengatasi permasalahan dalam pencatatan laporan pengaduan masyarakat tersebut.

4

Sebelum dibuat suatu sistem yang baru terlebih dahulu dilakukan metode penelitian terhadap suatu sektor kepolisian dimanapun berada seperti observasi ke tempat sektor polisi dan wawancara dengan anggota polisi dan mengamati secara langsung suatu sistem yang lama guna didapatkan data yang diinginkan. Setelah mengetahui permasalahan yang ada, maka akan diusulkan sebuah sistem pencatatan laporan pengaduan masyarakat menggunakan sebuah sistem pencatatan laporan masyarakat menggunakan sebuah program. 1.4. Ruang Lingkup Berdasarkan pada peninjauan sistem yang telah dilakukan, penulis memberikan batasan ruang lingkup sistemnya, yaitu sistem pengolahan data narapidana, pencarian data narapidana, pencarian data lama keluar dan masuknya penjara serta pembuatan laporan mulai dari data narapidana, data lama masuk, dan data keluarnya narapidana yang bisa dibuat laporan setiap seminggu sekali, sebulan sekali atau satu tahun sekali dalam bentuk sistem yang terkomputerisasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->