LEMBAR KEGIATAN SISWA ( LKS

)
Judul Kelas/Semester Waktu Metode Tempat : Energi Mekanik : X/ I : 10 menit : Eksperimen : Ruang Kelas/ Lab

I . Petunjuk Belajar :
 Baca secara cermat petunjuk sebelum melakukan kegiatan  Baca buku-buku fisika SMA Kelas X yang relevan untuk memperkuat konsep dan pemahaman anda.  Lakukan percobaan sesuai dengan langkah-langkah yang ditentukan  Minta petunnjuk pada pembimbing jika menemui kesulitan

II.

Standar Kompetensi 3. Mendeskripsikan gejala alam dalam cakupan mekanika klasik sistem diskret (partikel). Kompetensi Dasar 3.6 Menganalisis hubungan antara usaha, perubahan energi dengan hukum Kekekalan energi mekanik.

III. Indikator :
Merumuskan bentuk hukum kekekalan energi mekanik.

s = mgh Hukum kekekalan energi mekanik. Energi yang dimiliki suatu benda karena gerakannya atau kecepatannya disebut energi kinetik. Ukur massa dari kelereng besar! . LANDASAN TEORI Usaha yang dilakukan oleh gaya konstan didefinisikan sebagai hasil kali komponen gaya yang searah perpindahan dengan nilai perpindahan yang dihasilkannya.Metelin .Kelereng sedang 1 buah .s Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha. LANGKAH KERJA 1. Hubungan usaha dan energi potensial.Kelereng besar 1 buah . IV.IV. Hubungan usaha dan energi kinetic F. Letakkan dua bagian tanah liat di atas lantai! 2.Kelereng kecil 1 buah .s = 1 mv2 2 Energi yang dimiliki suatu benda karena kedudukannya disebut energi potensial. Konsep usaha W= F.Neraca 1 1 mv1+ mgh1= mv2 + mgh2 2 2 VI.Tanah liat secukupnya . ALAT DAN BAHAN : . F.Stopwatch .

Adakah pengaruh ketinggian terhadap bentuk tanah liat? 3. Apakah Energi Potensial mula-mula besarnya sama dengan Energi Kinetik akhir? 5. Apakah percobaan di atas sesuai dengan hukum kekekalan mekanik? 6. Bandingkan 2 percobaan di atas! Tabel 1 Data Pengamatan Massa Ketinggian (h) Jenis Kelereng Besar Sedang Kecil Besar Sedang Kecil Kelereng (m) 2 3 Waktu (t) Kecepatan Akhir (v1) Energi Potensial Mula (Ep0) Energi Kinetik Akhir (Ek1) Pertanyaan 1. Adakah pengaruh massa pada perubahan bentuk tanah liat? 2.3. Jatuhkan kelereng besar dari ketinggian ±2 m! (Masing-masing kelereng harus jatuh tepat di atas tanah liat). Ulangi langkah 1-4 dengan ketinggian ±3 m! 6. Catat dalam tabel pengamatan 4.Ukur waktu yang diperlukan!lakukan pula untuk kelereng yang sedang dan juga yang kecil! 5. Apa yang dapat kamu simpulkan dari percobaan ini? . Amati perubahan bentuk tanah liat setelah terbentur bola!. Adakah pengaruh kecepatan terhadap bentuk tanah liat? 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful