JUDUL TARIAN

³ TARI GIO MARAWAS ³

NUR ANDANI HARDIYANTI NIS. 9937316044 KELAS.XII JURUSAN SENI TARI

SMKI NEGERI 1 SOMBA OPU
Alamat: Jl.. Mesjid Raya 46, Sungguminasa

LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PROJECT WORK (TUGAS AKHIR) PRORAM KEAHLIAN SENI TARI TAHUN PELAJARAN 2011-2012

Laporan pelaksanaan Project Work (Tugas Akhir) dari tanggal 7 sampai dengan 8 - 2011, telah di setujui sebagai rangkaian tugas Project Work Mata Pelajaran Kejuruan (Produktif) Program Keahlian Seni Tari Tahun Pelajaran 2011-2012.

Sungguminasa,1 Maret 2011

Ketua Jurusan Seni Tari

Guru Pembimbing

Daswaty.Djasa.S.Pd NIP. 19600705 198903 1 015

Sri Indrayanti.S.Pd NIP. 19760829 200604 2 007

Mengetahui Kepala SMK Negeri 1 Somba Opu

Drs.Jonni Syam.M.Pd NIP. 19580831 198503 1 010

Nama Sekolah

: SMK Negeri 1 Somba Opu

Program Kehalian : Seni Tari Kode Alokasi waktu : 4143 : 120 Jam

Nomor Peserta Nama Peserta

: :

NUR ANDANI HARDIYANTI

JUDUL PROYEK : TARI GIO MARAWAS
PRODUK :

³ GIO MARAWAS ³

Sungguminasa, 1 Maret 2011

Menyetujui Pembimbing:

Orang Tua/Wali

Peserta Uji

SRI INDRAYANTI.S.Pd

KALIMUDDIN

NUR ANDANI HARDIYANTI

DAFTAR ISI 

SAMPUL «««««««««««««««««««««««««.  HALAMAN JUDUL «««««««««««««««««««««  LEMBAR PENGESAHAN ««««««««««««««««««  DAFTAR ISI ««««««««««««««««««««««««  KATA PENGATAR «««««««««««««««««««««
BAB. I PENDAHULUAN ««««««««««««««««««..

i ii iii iv vi

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat dan petunjuk-Nya sehingga pelaksanaan uji kompetensi sesuai kalender pendidikan pada Tahun ajaran 2011-2012. Uji kompetensi yang dilaksanakan melalui Project Work (Tugas Akhir) dari tanggal 7-8

Maret 2011, dapat terlaksana sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Uji kompetensi yang dilaksanakan melalui Project Work ini mengacu pada asas keterlaksanaan, kesesuaian, dan fleksibelitas, dengan mengacu pada perkembangan pendididkan Seni pertunjukan dan minat konsumen terhadap jasa yang dihasilkan. Semoga pertunjukan Seni Tari yang berjudul ³ GIO MARAWAS ³

bermanfaat

bagi diri sendiri maupun para peminat seni pertunjukan

pada umumnya dan seni tari pada khususnya.

Sungguminasa, 1 Maret 2011

Peserta uji kompetensi

Nur Andani Hardiyanti NIS. 9937316044

dimana Rebana merupakan salah satu alat musik pukul . Maka kesempatan ini dalam uji kompetensi yang diwajibkan bagi setiap calon lulusan SMK (SMK Negeri 1 Somba Opu). Seperti yang telah kita ketahui bahwa alat musik didunia bermacammacam bentuk dan bunyinya. dan Marawas dalam bahasa Makassar artinya rebana. membuat satu karya tari. I PENDAHULUAN A.BAB. LATAR BELAKANG Laporan tugas akhir merupakan salah satu bukti pertanggung Jawaban kami karena telah menyelesaikan kegiatan uji kompetensi selain laporan tugas akhir juga persyaratan kelulusan agar kegiatan yang di lakukan mendapat nilai sesuai dengan apa yang telah dilaksanakan. Dengan judul ³GIO MARAWAS ³ Gio dalam bahasa Makassar artinya bergerak . dapat kita temukan tata cara hidup dalam kehidupan manusia dalam sejarah kesenian kebudayaan. Salah satu dari perkembangan ini. Dalam perkembangan manusia dari masa ke masa. keadaan dan lain-lain sebagainya ada beberapa hal yang lingkungan mempengaruhi kehidupan masyarakat dari satu bangsa. Asal mulanya rebana yaitu dari timur tengah (Negara Arab) Rebana terbuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa kemudian satu sisi diberi kulit domba atau kambing. Fungsinya dipakai bermain musik dan menyanyi qasidah . tari ini bertema islam.

terampil dan kompeten dibidangnya. mempromosikan kemampuan siswa SMK kepada dunia sebagai calon pengguna tenaga kerja dan memacu kemampuan siswa dalam upaya merefilisasi nilai-nilai tradisi C. dan kegiatan ini dapat meningkatkan nilai-nilai estetika dan solidaritas. TUJUAN Salah satu tujuan pendidikan kejuruan yakni menciptakan tamatan/lulusan yang kreatif.B. lighting dan dekorasi. Adapun maksud dan tujuan pelaksanaan project work adalah sebagai salah satu tolak ukur yang dimiliki oleh siswa siswi lewat karya garapan tari yang di ciptakan. KEUNGGULAN DAN FUNGSI PRODUK/JASA Karya tari berjudul ³ Gio Marawas ´ ini dikemas dan diolah dengan menggunakan beberapa musik penunjang sebagaimana layaknya sebuah intertaimen. Unsur pendukung seperti desain musik. Dalam rangkah peningkatan mutu kompetensi dan relepansi pendidikan menengah kejuruan telah di adakan berbagai usaha di antaranya pelaksanaan project work bagi siswa siswi yang merupakan bagian dari ketuntasan proses belajar mengajar selama di SMK. pada kesempatan ini kita dapat memperkenalkan kepada masyakarat umum akan kekayaan kesenian baik tradisi maupun kreasi . semuanya diharapkan dapat membantu daya tarik dan kenyamanan bagi audience dalam menikmati sajian karya ini. menambah pengetahuan tentang pengelolaan manajemen seni pertunjukan. Selain itu pula seiring dengan pelestarian seni budaya daerah. meningkatkan karya ± karya tari yang berkualitas. . desain rias dan busana.

Memberikan apresiasi bagi generasi muda tentang budaya dan ritual dalam kehidupan bermasyarakat yang perlu dilestarikan kelanjutannya pada masyarakat. SINOPSIS Rebana atau marawas merupakan alat musik pukul dari timur tengah (Negara Arab) yang terbuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa kemudian ditutupi dengan kulit kambing atau kulit domba. tari Gio Marawas bertema keislaman. D.Alur cerita yang mudah dicermati diperkuat oleh desain gerak yang cukup komunikatif hal tersebut memberikan daya tarik tersendiri bagi kebutuhan pasar pada seni hiburan. Yang menggambarkan kelincahan para gadis-gadis dalam menampilkan gerak tari dengan musik rebana atau marawas .

S Unit 1 SMKI 4.BAB II PROSES PRODUKSI/JASA A. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN Uji kompetensi dan tugas akhir di laksanakan pada minggu pertama bulan maret 2011 yakni : Hari / tanggal Waktu Tempat B.00 pagi sampai selesai : Auditorium Teater SMK Negeri 1 Somba Opu  FASILITAS / PERALATAN No Nama Alat Spesifikasi Prosenium daya 1. 2.Chyclorama general Unit 1 SMKI 200 Orang 1 1 SMKI Satuan Jumlah Pemilik 3. Gedung tamping Spot ligt . Sound system D. ALAT DAN BAHAN Judul Penata Bentuk penyajian : GIO MARAWAS : Nur Andani Hardiyanti : Tari Kreasi Baru : Senin. Laghting follow. Alat Musik Lengkap 1 set 1 set Pribadi . Selasa / 7 s/d 8 Maret 2011 : 09.A.

 BAHAN NO 1. Songko atau Patonro Putih atau Merah Lembar 8 . Sarung atau Celana Disesuaikan dengan warna bajunya Lembar 8 6. 4. Assesoris penari Gelang panjang Bando kecil Jilbab 3. Properti penari Busana pemain musik Rebana (Marawas) Baju Merah SATUAN Pasang Pasang Pasang Pasang Pasang Pasang Pasang Lembar JUMLAH 4 4 4 4 4 4 4 8 5. NAMA BAHAN Busana penari SPESIFIKASI Baju model muslim Celana panjang Stagen 2.

C. tari dan musik iringan tari Latihan mandiri Latihan dengan pembimbing Latihan gabungan dengan musik iringan tari Gladi kotor Gladi bersih Persiapan pementasan Pementasan Menyusun laporan . PROSES PRODUKSI (SISTIMATIKA KERJA)              Laporan observasi dari beberapa ragam gerak yang diunggulkan Menetapkan judul tarian Membentuk Staf produksi/panitia pementasan seni tari Menyusun proposal Menentukan jadwal latihan.

RENCANA ANGGARAN BIAYA .D.

E. Laporan 7. Konsep Garapan 3. Presentasi / Verifikasi 6. UAN . Kegiatan Rencana kerja/ penyusunan proposal 1 2 3 Januari Pebruari Maret 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 2. Pergelaran 5. JADWAL PELAKSANAAN Desember No 1. Proses Garapan 4.

DAFTAR RENCANA ANGGARAN BIAYA .F.

HASIL YANG DICAPAI Pelaksanaan uji kompetensi yang dilaksanakan pada tanggal. Selain itu juga pihak Universitas Negeri Makassar (UNM). Uji kompetensi yang dilaksanakan melalui ³ Pentas uji kompetensi dapat dilaksanakan dengan sukses sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana uji kompetensi periode tahun 2011-2012. menghasilkan pertunjukan seni tari ³ Pentas uji Kompetensi´ yang layak jual dengan memenuhi keutuhan pasar yang sedang trend di masyarakat. H.G. 7 s/d 8 Maret 2011. sangat antusias dan mengharapkan agar siswa/siswi SMK Negeri 1 Somba Opu dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilannya dengan melanjutkan jenjang pendidikan pada UNM sesuai spesialisasi yang memiliki daya saing sesuai dengan bidang kehliannya. SASARAN PASAR / PENGGUNA  Masyarakat umum  Instansi pemerintah  Swasta/perushaan  Wisatawan domestik dan asing .

karena hanya keindahan yang menjadi penyajian utama pada karya ini. Tidak terbatas pada suatu bentuk aktifitas.  Konsep garapan : Konsep garapan dalam tarian I ni menggunakan tipe gerakan yang dinamis. pada bentuk panggung proscenium maupun arena. Adapun desain yang digunakan pada karya tari ³ Gio Marawas ³ adalah desain kerucut/klimaks. sehingga keindahan gerak yang lincah dan baik. melainkan dapat dipentaskan pada beberapa acara sehingga desain artistik yang dikemas dalam garapan ini dapat memenuhi dan menyesuaikan kebutuhan yang dikehendaki dalam suatu seni pertunjukan. pementasannya dinamis dapat dinikmati dengan dapat disajikan secara fleksibel. III DESKRIPSI PENYAJIAN  Judul garapan  Tema garapan : Tari Gio Marawas : Keislaman  Bentuk Penyajian : Karya ini digarap secara referensi penataannya.  Sumber gaparan : Sumber garapan tarian ini diangkat dari dasar gerak tari murni.BAB.  Proses garapan :  Melakukan observasi pada dasar gerak tari murni  Melakukan improvisasi gerak  Menyusun gerak  Menyusun komposisi / pola lantai  Menyusun konsep iringan  Menyesuaikan gerak dengan iringan  Membuat deskripsi tari .

audience agar kesatuan jiwa dapat dicapai. selain itu permainan melodi dan ritme dengan tempo yang bervariatif diharapkan memberikan kesan yang dinamis. desain iringan. biola. gambus  Desain rias dan busana : Penggunaan rias dan busana dalam garapan ini didesain secara sederhana dan memperhatikan konsep garapan. gong dan 10 menit meninggalkan ciri khas dan karakter gadis-gadis Sulawesi Selatan  Desain tata artistik : 1. 3. kannong-kannong. pencahayaan dapat pula memperkuat suasana klimaks yang dikaryakan. Tata panggung : Setting dekorasi yang ditata dalam garapan ini diharapkan dapat membantu garapan selain itu pengguna layar berada dibelakang penari dapat memperjelas aktivitas penari diatas panggung. Durasi : Durasi waktu yang digunakan pada garapn ini  Desain Iringan : Desain iringan pada konsep garapan yang memberikan suatu penekanan gerak-gerak tertentu. rebana. . 2. parapassa. Adapun alat musik yang digunakan : Gendang. Tata suara : Aspek tata suara yang disiapkan diharapkan dapat membantu interaksi antara gerak penari. Tata cahaya : Aspek tata cahaya yang digunakan disamping membantu memperjelas keberadaan penari di harapkan atas panggung. namun tidak jimbe.

KOMPOSISI.POLA LANTAI. DAN URAIAN GERAK NO POLA LANTAI KOMPOSISI HITUNGAN URAIAN GERAK 1 Penari putri memasuki panggung dengan hitungan lambat.dan posisi tangan kanan di samping daun telinga sedangkan tangan kiri berada di depan dada 4x8 2 Penari bergerak dengan membentuk komposisi dengan posisi tangan kanan di ayunkan ke depan.di ikuti dengan tangan kiri 4x8 3 2x8 Penari berpencar mencari komposisi dengan posisi tangan di ayunkan ke depan dada bergantian dengan tangan kiri 4 1x8 Penari melakukan gerakan pengulangan .

kemudia n bergerak secara perlahan-lahan lalu mengambil property 5x8 7 5x8 Penari melakukan gerakan pelan untuk mengambil posisi bermain 8 Penari melakukan gerakan dengan posisi tangan kanan memegang rebana. KOMPOSISI.POLA LANTAI.kemudian di gerakkan ke depan dada 1x8 . DAN URAIAN GERAK NO POLA LANTAI KOMPOSISI HITUNGAN URAIAN GERAK 5 1x8 Penari melakukan transisi kemudian gerakan pengrataan untuk membentuk komposisi 6 Penari berlari sambil berjinjit dan membentuk komposisi.

DAN URAIAN GERAK NO POLA LANTAI KOMPOSISI HITUNGAN URAIAN GERAK 9 1x8 Penari melakukan gerakan pengulangan 10 2x8 Penari melakukan transisi untuk menuju gerakan kaki 11 3x8 Penari melakukan gerakan memukul rebana. KOMPOSISI.sambil membentuk komposisi 12 1x8 Penari melakukan transisi kemudian membentuk komposisi .POLA LANTAI.

POLA LANTAI. DAN URAIAN GERAK NO POLA LANTAI KOMPOSISI HITUNGAN URAIAN GERAK 13 9x8 Penari melakukan gerakan dengan meminkan rebana secara bersamasama 14 1x8 Penari melakukan transisi sambil membentuk komposisi 15 Penari melakukan gerakan dengan posisi tangan kanan memgang rebana.kemudian di ayunkan ke atas pundak.lalu tangan kiri di ayunkan ke depan secara perlahan-lahan kemudian kembali ke samping telinga 2x8 16 Penari melakukan gerakan serempak sambil membentuk posisi.dengan posisi tangan di silang ke samping 1X8 . KOMPOSISI.

KOMPOSISI.POLA LANTAI. DAN URAIAN GERAK NO 17 POLA LANTAI KOMPOSISI HITUNGAN URAIAN GERAK 1x8 Penari melakukan gerakan pengulangan 18 2x8 Penari melakukan gerakan bergantian (Canon) 19 4x8 Penari melakukan gerakan tangan secara serempak 20 2x8 Penari melakukan gerakan serempak dengan posisi tangan di silang ke samping kemudian membebtuk komposisi .

sambil membentuk komposisi berpose 2x8 24 EXIT .kemudian diletakkan di smping kanan lalu di tarik ke kiri dank e kanan 1x8 23 Penari melakukan gerakan serempak.POLA LANTAI.dengan posisi tangan kanan di ayunkan k samping kiri. DAN URAIAN GERAK NO POLA LANTAI KOMPOSISI HITUNGAN URAIAN GERAK 21 2x8 Penari melakukan gerakan pengulangan 22 Penari melakukan gerakan. KOMPOSISI.

pd Sri Indrayanti.Joni Syam.Mpd Daswati Djasa.pd Nur andani hardiyanti St marwina Tri wulandari JABATAN Kepala sekolah Ketua jurusan seni tari Pembimbing Siswi Siswi Siswi TUGAS Penagnggung jawab Pelaksana uji praktek Membimbing Ketua panitia Sekertaris Bendahara . S.DAFTAR NAMA STAF PRODUKSI PELAKSANA UJI PRAKTEK KEJURUAN PROGRAM KEAHLIAN SENI TARI NO 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 NAMA Drs. S.

Partisipasi siswa kelas X dan XI dalam pelaksanaan proses penggarapan sangat membantu 4. Kurangnya fasilitas gedung yang dapat menunjang pelaksanaan pementasan hasil project work misalnya : > Akustik atau kedap suara > AC sehingga terasa sangat panas.BAB. Segala pasilitas peralatan instrument pendukung seni tari seperti tata suara. tata lampu dan tata panggung lengkap 2. Kurangnya tempat latihan sehingga proses latihan terhambat 4. Mudahnya para penari dalam melakukan proses garapan yang dirancang oleh peserta uji 5. Kurangnya alat musik sehingga harus meminjam ditempat lain . Keterlibatan guru pembimbing cukup menunjang dalam kegiatan proses produksi 3. baik penari maupun penonton > Pengelola gedung kurang memperhatikan kebersihan WC 3. KETERLAKSANAAN (FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT)  Faktor Pendukung 1. Adanya bantuan dana dari sekolah  Faktor Penghambat 1. IV TEMUAN A. Kurang disiplin dalam kegiatan proses produksi sehingga jadwal tidak berjalan sesuai rencana 2.

disamping itu juga merupakan salah satu batu loncatan untuk menjadi seorang seniman / seniwati yang kreatif dan professional pada masa yang akan datang. Menjadi motivasi bagi siswa siswi kelas X dan XI untuk dapat menambah wawasan dalam mempersiapkan diri pada tahun akhir pada masa yang akan datang 3.  PENGEMBANGAN TINDAK LANJUT SMK Negeri 1 Somba Opu yang merupakan satu-satunya sekolah seni pertunjukan di kawasan Indonesia bahagian Timur. Menimbulkan motivasi bagi siswa untuk selalu meningkatkan sikap. Bahan apresiasi bagi calon siswa SMK Negeri 1 Somba Opu pada program keahlian seni tari. 2. merupakan sarana untuk menjadi menimbah ilmu pengetahuan secara akademik sehingga untuk menjadi seorang pelatih tari. . penari dan penata tari diharapkan dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. pengetahuan dan keterampilan pada jenjang yang lebih tinggi. MANFAAT YANG DIRASAKAN Manfaat yang dirasakan dalam pelaksanaan tugas akhir adalah : 1.

4. Menari  Tar i Gio Mar aw as  Tari Gio Marawas dideskri psi-kan secara jelas sesuai latar belakan g fungsi.DAFTAR RENCANA BUKTI BELAJAR (EVIDENCE OF LEARNING) Bidang keahlian Judul Konsep Garapan KOMPETE N O NSI /SUB KOMPETE NSI 1. 2. 3.is i dan bentuk irama P  Mendeskripsi kan tari Gio Marawas sesuai dengan latar belakang. fungsi. isi dan bentuk irama . 5. 6. isi dan bentuk irama  Adany a deskrip si tari Gio Maraw as sesuai latar belaka ng. KRITERIA UNTUK KERJA ASP EK P/K/S INDIKATOR : Seni Tari : Gio Marawas BUKTI BELAJAR 1. fungsi.

 Unsur gerak tari Gio Marawas diperaga kan dengan tehnik yang baik dan Benar K  Memperagak an unsur gerak tari Gio Marawas dengan tehnik yang bai dan benar  Adany a unsure gerak tari Gio Maraw as yang dipera gakan dengan baik dan benar  Ragam gerak tari Gio Marawas diperaga kan dengan tehnik yang baik dan benar K  Memperagak an ragam gerak Tari Gio Marawas dengan tehnik yang baik dan benar  Aadan ya ragam gerak tari Gio Maraw as dipera gakan dengan baik dan benar  Rangkai an ragam K  Memperagak an rangakaian  Adany a rangkai .

gerak tari Gio Marawas diperaga kan dengan tehnik yang baik dan benar ragam gerak tari Gio Marawas yang diperagakan dengan tehnik yang baik dan benar an ragam gerak tari Gio Maraw as yang dipera gakan dengan tehnik yang baik dan benar  Karakter tari Gio Marawas diperaga kan dengan tepat sesuai dengan tokoh yang ditentuk an  Tata rias dan busana K  Memperagak an pemeranan karakter tokoh tari Gio Marawas dengan tepat  Adany a pemera nan tokoh atau karakte r tari Gio Maraw as dengan tepat  Menerapkan tata rias dan busana  Adany a penera .

tari Gio Marawas dalam tari Gio Marawas sesuai dengan karakter atau tokoh yang diperagakan pan tata rias dan busana tari Gio Maraw as sesuai dengan karakte r atau tokoh yang dipera gakan .

DAFTAR NAMA PENDUKUNG KAYRA SENI TARI DALAM UJI PRAKTEK KEJURUAN NO 1 NAMA PENDUKUNG Nur andani hardiyanti JABATAN Siswa TUGAS Peserta uji kompetensi 2 Nurul ilmi friyani syukur Siswa Penari 3 Syahrina mutmainnah Siswa Penari 4 Andi nurfasca batari bintang Siswa Penari 5 Chidonk Mahasiswa Penata musik 6 Aand Mahasiswa Pemusik 7 Wiwink Mahasiswa Pemusik 8 Baim Mahasiswa Pemusik 9 Apo Mahasiswa Pemusik 10 Ochank Siswa Pemusik 11 Dita Siswa Pemusik .

LEMBAR KEMAJUAN Satuan Pendidikan Nama Sekolah Program Keahlian Nomor Kode Nomor Peserta : : Sekolah Menengah Kejuruan : SMK Negeri 1 Somba Opu : Seni Tari : 4143 Nama Peserta Judul Konsep Garapan Nama Produk : NUR ANDANI HARDIYANTI : TARI GIO MARAWAS : GIO MARAWAS .

10 Konsulta si Konsultasi gerakan Beberapa gerak .11.11.11.10 . 10 konsultas i Menentuka n sinopsis yang tepat Mencari kesimpul an dari beberapa pakar tari Sinopsis telah di temukan untuk memperku at cerita 3 Senin/01.Kegiatan / N O Hari / Tanggal Kompete nsi Bimbingan Permasalah Pemecah an an Masalah Catatan kemajuan Paraf Gur u Sisw a A.10.1 0 Konsulta si Sinopsis yang kurang tepat Merevisi kembali synopsis yang kurang tepat 4 Kamis/11. Penyusunan konsep garapan 1 Minggu/17.10 Konsulta si Belum menemuka n judul dan tema yang tepat Mencari judul yang sesuai Sudah mendapatk an judul yang sesuai dengan tema 2 Kamis/21. 10 Konsulta si Knsep garapan ingin di permantap Menata konsep dengan baik Sinopsis sudah tepat sesuai dengan garapan Konsep sudah mantap dan siap di garap 5 Selasa/16.

harus di permantap .

12.10 Konsultasi Konsultasi gerak dasar Beberapa gerak harus di perbaiki Gerakan dasar sudah cukup mantap 7 Rabu/01.12.10 Konsultasi Konsultasi gerakan Mengubah Mengubah gerakan yang tidak tepat yang sesuai 8 Rabu/14.6 Selasa/20.11 konsultasi Konsultasi gerak .01.10 Konsultasi Konsultasi gerak Menambah gerak yang terlalu kurang 9 Sabtu/18.10 konsultasi Konsultasi gerak Memperbaiki gerakan Beberapa gerak yang harus di perbaiki Menata gerak dengan baik 10 Rabu/19.11.12.

.

.

bapak kalimuddin berkecimpung di seni musik. 19 juli 1960 dikampung kecil namanya Galesong. 82 Pabangiang Sungguminasa kab.PANDUAN PERTANYAAN UNTUK SENIMAN SULAWESI SELATAN 1. lahir pada tgl. Maryam Kalimuddin. Marayam Kalimuddin adalah keluarga seniman. yang berlokasi di jl. Ny. Ny. budaya galesong termasuk daerah . Kisah latar belakang Daerah / kota kelahiran. 2. anak-anak berkecimpung di seni musik dan tari. dari segi sosial. Kisah latar belakang keluarga. Mesjid raya no. Gowa. Kami dengn bapak mendirikan sanggar seni yang bernama sanggar seni katangka (SSK).

M. FARID HAMID. beliaulah selaku maestro tari dan pencipta tari Sulawesi Selatan.pelaut . bahkan kami dapat menciptakan beberapa tari seperti : 1. Pada saat sekolah di SMP kami sering ikut lomba menari baik tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten dan selalu mendapat juara. Tari Bulo Sia-Sia diciptakan pada thn 1987 ditampilkan di TV RI Ujung Pandang . dan membimbing dibidang seni tari baik dari teori maupun praktek. Sumatera maupu Kalimantan sampai kami tamat di SMKI. H. HALILINTAR LATIEF dan Dra SUMIANI HL. Sehingga kami sering ikut pertujukan baik tingkat daerah maupun tingkat nasional. Tari Pamasari diciptakan pada thn 1985 ditampilkan pada saat lomba tari tradisional etnis Makassar di taman budaya Ujung Pandang 2. Siapakah tokoh yang paling mempengaruhi sehingga anda tertarik menari Ny Maryam Kalimuddin. Dr. galesong dikenal dengan adanya penangkapan ikan terbang. Ny Maryam Kalimuddin mulai tertarik menari sejak taman kanak-kanak (TK) sampai sekarang. Kapan mulai tertarik menari dan mempelajarinya. MANDA . Bali. 3. dan termasuk daerah kerajaan. HJ. Pakarena dan Pakurrusumanga. 4. NY. Gowa. ANDI NURHANI SAPADA (Almarhuma). AIDA YUSUF MAJID. mempunyai adat istiadat yang kuat dimana masyarakat setiap tahun memperingati pesta upacara Gaukanga Ri galesong. Pada saat sekolah di SMKI kami mempelajari beberapa tari baik tari Sulawesi selatan maupun tari daerah lain seperti tari Jawa.HJ. membina. tari yang pertama diajarkan adalah tari Pattennung. tokoh yang paling mempengaruhi sehingga tertarik menari adalah . (Almarhum) ELIS PATASIK. dan mempelajari menari pada saat kelas 4 SD diajar oleh seorang seniman dari kab.HUM beliau-beliaulah mendidik. HJ MUNASIAH NADJAMUDDIN.

Tari Sisemba dicipat lomba keterampilan pada thn 2003 pada lomba keterampilan siswa SMK Se Indonesia di Semarang 6. hijau dan biru. Drama tari kolosal Tumanurung diciptakan pada thn 2007 ditampilkan pada saat hari jadi gowa dilapangan Syeh Yusup Sungguminasa 9. Lebih banyak warna lebih hidup sebuah pementasan. Tari gerhana bulan (akkanre lekoka) diciptakan pada thn 1999 ditampilkan pada saat pentas karya koreograper Suawesi Selatan di taman budaya Ujung Pandang 5. Tari Pakarena Balla Lompo diciptakan pada thn 2007 ditampilkan pada pestival kraton Nusantara di Yogyakarta 8. Menyanyi 3. Tari Pammuntuli diciptakan pada thn 2009 ditampilkan pada saat acara perkawinan sampai sekarang 5. Hobi kami adalah : 1. kita selaku seniman terutama seniman tari warna sangat penting tanpa warna kita tidak bisa menampilkan sebuah tarian. Tari A¶joge diciptakan pada thn 1995 ditampilkan pada saat lomba tari kreasi di taman budaya Ujung Pandang 4. Tari Pa¶rimpunganta ( empat etnis) diciptakan pada thn 2009 ditampilkan pada saat acara perkawinan sampai sekarang 10. 6. Drama tari kolosal pappasang diciptakan pada thn 2005 ditampilkan pada saat hari jadi Gowa di Lapangan Balla Lompoa Sungguminasa 7. Apa warna kesukaan Warna kesukaan kami adalah warna ungu. Membaca sajak/puisi . Hobi. Menari 2.3.

SMP. maryam menepuh pendidikan mulai TK. kita dapat dikenal baik di Masyarakat maupun pemerintah sehingga pemerintah bisa membantu Maka seni pertunjukan di Indonesia hidup dan berkembang. di galesong SMKI di Ujung Paandang dan S1 Ikip Ujung Pandang. bahkan beberapa kali ikut lomba menari hasilnya dapat juga juara. Memasak 7. Maryam lahir dari keluarga Guru ayah bernama Syamsul Bahkri. NY. Kami dibesarkan dalam lingkungan budaya. Harapan anda bagi masa depan seni pertunjukan di Indonesia Harapan masa depan seni pertunjukan di Indonasia kami selaku Seniman dibidang pertunjukan menghimbau kepada rekan-rekan seni Berkaryalah dengan baik dengan karya. dan Ibu Subaedah . dan adat istiadat Makassar. sejak kecil kami senang melihat-lihat orang menari sehingga kami juga memberanikan diri menari. kami tidak bisa melupakan pada saat ikut lomba menari pada acara porseni AMPI se Sulawesi Selatan ditempatkan di Kota Pare-pare. di hati maryam bapak dan ibu seorang pahlawan yang telah merawat dan membesarkan 6 putra putri dan kami sebagai anak ke empat. SD. Menjahit 5. kini galesong menjadi Ibu kota Kecamatan galesong selatan berada di wilayah Kabupaten Takalar. MARYAM KALIMUDDIN BIOGRAFI Maryam lahir 19 juli 1960 di Galesong.4. .

berupa SPP. Pakain praktek dan alat rias. gembira dan senang pada saat penerimaan hadia didampingi oleh Ibu yang tercinta.dimana kami mendapat juara 1. tiba-tiba Nenek memberi pengertian kedua orang tuaku akhirnya kami bisa lanjut ke SMKI. Malah pernah. kami mendapat bea siswa. orang tua tidak mengizinkan kami lanjut di SMKI. tenaga pengajar kebanyakan keluarga. akhirnya bakat kami bisa tersalur dan tampil kemana-mana. Pada saat kami ingin melanjutkan ke SMKI Ujung Pandang. Dimasa kanak-kanak kami aktif belajar mengaji bahkan kami berpindah-pindah dari guru mengaji yang satu ke guru mengaji yang lain akhirnya kami tamat mengaji. gembira dan senang . Dimasa SD kami selalu terlibat menari. pemberian bea siswa kami pakai membiayai sekolah. ada satu orang guru kesenian menghimbau dan memberi masukan kepada kami agar dapat melanjutkan pendidikan di SMKI supaya bakat kami bisa tersalur dan dapat dikembangkan. . Setelah tamat di SD. kami ikut lomba menari pada saat HUT Kemerdekaan RI di ibu kota kecamatan di depan rumah tempatnya di lapangan. Di SMKI kami mempelajri tentang tari baik praktek maupun teori. kami melajutkan pendidikan di SMP Negeri 1 galesong . Pada saat kami menduduki kelas 2 . Hal lain yang telah melengket dalam diri kami yang menjadi bagian dari kesenian adalah menari dan upacara ritual yang ditampilkan hanya satu kali dalam setahun yaitu pada saat Maulid Nabi dan upacara Gaukanga ri Galesong. mendapat juara 1 pada saat itu kami merasa bangga . menyanyi dan membaca puisi atau sajak. kami bangga. kelas. bahkan beberapa pertunjukan kesenian baik tingkat daerah mapun tingkaat nasional. karena group seni yang ada di Ujung Pandang kami ikut terlibat di acara pementasan tari malah boleh di kata tiap malam tampil bahkan kalau kesekolah selalu mengantuk didalam. baik tampil ke daerah maupun tampil keluar SUl-Sel.

19 Juli 1960 : Jln. SMP S1 6 Thn 3 Thn 4 Thn SMKI 3 Thn . dengan meninggalkan putri yang berumur 2 bulan. kami merasa sedih dan terharu demi masa depan dan karier. MARYAM. Setelah selesai S1 kami baru bisa diakui selaku tenaga pengajar dibidang seni tari dengan memiliki Akta 4 dan bertitel S. Setelah selesai D3 kami melanjutkan S1 di Ikip Ujung Pandang sambil mengajar.Pd. kira-kira kami mengajar 7 tahun kami diutus ke Jogya tempatnya di PGGG Kesenian mengikuti pendidikan D3. bahkan kami menjadi tanaga tutor (dosen) di Universitas Terbuka yang ada di Kabupaten Gowa. Mesjid Raya No 82 Pabangiang Sungguminasa : Guru SMK : Perempuan : SD. BIODATA Nama Tempat Tanggal Lahir Alamat Pekerjaan Jenis Kelamin Pendidikan : ST.Pd : Galesong. sampai sekarang kami mengajar.S.Setelah tamat SMKI kami menerima SK Pegawai Negeri di tempatkan di SMKI pada thn 1982 selaku tenaga pengajar (guru) .

sampai sekarang : Mengajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMKI) Somba Opu Jln Mesjid Raya Sungguminasa 1986 sampai sekarang : Melatih tari di Sanggar Seni Katangka Sungguminasa kabupaten Gowa 2009 sampai sekarang : Mengajar Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Di Kabupaten Gowa .1982 : Mengajar pada sekolah taman kanak-kanak Nurul Palaq Jln Kakatua Makassar 1982.Nama Ayah Pekerjaan Nama Istri Pekerjaan : Syamsul Bahkri : Pensiunan Guru SD : Subaedah : Ibu Rumah Tangga RIWAYAT PEKERJAAN 1981.

.Mengikuti Popkes (pekan orientasi pengembangan kesenian) di Jakarta.PERJALANAN BERKESENIAN 1967 .Sekolah di SMP sering ikut lomba tari antar kecamatan Dan Kabupaten 1978 .Sekolah di SMKI Negeri Ujung Pandang dengan jurusan seni Tari disitulah kami bisa mengembangkan bakat sesuai dengan jurusan yang kami miliki.Mulai mengenal seni tari pada umur 9 tahun 1967 . 1979 .

Kabupaten Banataeng 5. Kabupaten Bulukumba 6. sampai sekarang di SMK Negeri 1 Somba Opu Sungguminasa Kabupaten Gowa KUNJUNGAN-KUNJUNGAN DALAM KEGIATAN KESENIAN : Khusus Sulawesi Selatan : 1.Sudah mulai bekerja (mengajar) menari.Mengikuti Pestival Filem di adakan di Ujung Pandang 1982 . Kabupaten Bone 9. Kabupaten Gowa 2. Kabupaten Takalar 3. Kabupaten Pangkep 12. Kabupaten Jeneponto 4. Kabupaten Sopeng 8.1980 . Kabupaten Barru . Kota Madya Ujung Pandang 10. Kabupaten Maros 11. Kabupaten Sinjai 7.

Kabupaten Selayar Kunjungan ± kujungan di Nusantara : 1. Singapura 3. Bogor. Surabaya. Bali 3. Malang. Kabupaten Palopo 19. . Kabpaten Tanatoraja 20. Kintamani dan semua tujuan wisata : Mataram Lombok. Samarinda. Cirebon. Solo.13. Cimahi. NTB 4. Kabupaten Sidrap 15. Kabupaten Pinrang 16. Malaka. Kabupaten Enrekang 21. Kabupaten Mamamuju 18. Malaysia 2. dan Selangor : Kota Singapura : Kaulong . Kotamadya Pare-Pare 14. Hongkong : Kuala lumpur. Magelang 2. Yogyakarta. Johor. Bandung. Kabupaten Polmas 17. Sumbawa Besar : Balikpapan. Pulau Jawa : Jakarta. Pahang. Kalimantan : Denpasar. Semarang. Tenggarong kutai kartanegara Kunjungan-kunjungan di Manca Negara : 1.

30 .05 11.08.05 .10.05 .40 .00 10.07.12.11.40 .05 08.15 .25 .08.30 .05 .40 08.10.30 07.10. Agama Islam Remedial/Pengayaan 07.15 12.05 08.ROSTER MATA PELAJARAN KELAS VI SENIN 07.12.25 .30 07.30 07.09.05 .00 R KAMIS Tadarrus Matematika Matematika IPS IPS JUMµAT Tadarrus IPA (sains) IPA (sains) Istirahat S Bahasa Daerah .08.07.40 .12.40 11.08.05 .07.00 .00 .40 08.09.00 .08.12.40 08.30 .15 .05 .10.40 07.40 .25 .05 08.30 .11.40 .25 08.25 .40 08.10.08.30 .40 07.15 .08.05 08.10.05 11.12.25 08.10.08.40 07.11.10.05 08.40 11.40 08.09.11.11.09.12.40 08.10.30 07.30 .08.09. Agama Islam Pend.08.25 08.30 10.05 08.00 10.00 10.11.40 .40 .15 .05 .15 ± 07.25 .00 SELASA Tadarrus Matematika Matematika Seni Budaya Seni Budaya Istirahat IPS IPS IPS Remedial/Pengayaan 07.30 .15 12.30 10.25 .25 08.40 11.25 08.40 .05 .05 11.40 .05 .15 .07.15 ± 07.30 .15 .08.30 07.30 10.15 .09.15 12.30 07.25 08.08.00 Tadarrus IPA (sains) IPA (sains) IPA (sains) Bahasa Indonesia Istirahat Bahasa Indonesia Pend.30 .

05 11.30 .15 .15 . 19770818 199003 2 004 SEKOLAH DASAR IMPERS TINGGIMAE Jl.40 11.00 .12.11.40 11.40 .11.12.00 .15 .40 Tinggimae.15 12.12.S.30 10.12.10.11.40 Istirahat Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia Remedial/Pengayaan 10.30 10.10.12.11.«««««««««««2011 Guru Kelas VI ERNAWATI NUR.05 11. Mesjid Raya No 39 Sungguminasa Sungguminasa.30 10.15 12.Pd NIP.40 . Ketua Koni Pemkab Gowa Dengan Hormat.12.30 .11.05 .40 . 24 Pebruari 2011 Nomor : 01/SD-03/VI/2011 Lampiran : 1 (satu) Perihal : Surat permohonan izin Yth. .30 .05 .40 Bahasa Daerah Remedial/Pengayaan 10.10.15 12.05 11.00 .40 11.10.05 .11.

Atas perhatian Bapak/Ibu kami ucapkan terima kasih Kepala Sekolah SD Impres Tinggimae HJ. Yang insyaallah akan dilaksanakan : Hari/ tanggal Pukul : Senin.Untuk melaksanakan pertandingan Bola Volli antar Sekolah Dasar sekecamatan Somba Opu.ST.00-15. S.Pd . Kami bermaksud menggunakan lapangan ini sebagai tempat berlangsungnya pertandingan Bola Volli tersebut selama lima hari.00 wita Untuk Bapak/ Ibu mengharapkan mengizinkan menggunakan lapangan Volli tersebut. UMMI RIBU. 28 Pebruari 2011 : 08. Demikianlah surat izin kami.