Teknologi Budidaya Ikan Air Tawar Dengan Keramba Jaring

Lembar Informasi Pertanian (LIPTAN) BIP Irian Jaya No. 135/93 Diterbitkan oleh: Balai Informasi Teknologi Pertanian Irian Jaya Jl. Yahim – Sentani – Jayapura

Desember 1993

Agdex, 492/20

PENDAHULUAN Budidaya ikan merupakan kegiatan terkendali sebagai upaya mengoptimalisasi perairan dalam rangka peningkatan produktivitas dan produksi ikan. Salah satu teknik budidaya ikan yang potensial untuk dapat dikembangkan di perairan umum terutama di danau dan sungai adalah pemeliharaan dalam keramba jaring yang pada prinsipnya merupakan usaha pembesaran ikan. Berdasarkan hasil kajian teknologi, keramba jaring dapatlah meningkatkan pendapatan, meningkatkan produksi dan produktivitas lahan serta menjaga kelestarian sumber daya ikan di perairan. I. PERSYARATAN PEMELIHARAAN 1. Lahan : Kwalitas air dengan kandungan oksigen terlarut 4 PPM. Temperatur 25 - 29º C Ph 6,5 – 8 dengan arus yang cukup untuk penggantian air

2. Komoditas : Jenis omnivora /pemakan segala antara lain jenis ikan mas, nila dan lain sebagainya 3. Pakan dan metode Pemberian: Pakan yang baik adalah bentuk pellet dengan frekwensi pemberian yang dianjurkan sebagai berikut:: - Ikan ukuran lebih kecil dari 50 gr diberikan 4 x sehari sebanyak 3$ dari berat total. - Ikan ukuran lebih besar dari 50 gr, pakan yang diberikan 3 x sehari sebanyak 3 % dari berat total ikan. - Agar pemberian pakan tenggelam tidak terbuang percuma maka pakan dapat diberikan sedikit demi sedikit melalui paralon yang terletak di bagian tengah keramba. 4. Padat Penebaran - Ukuran benih ikan yang dipelihara di keramba adalah ikan mas ukuran 50 - 100 gr, dengan padat penebaran 10 kg/ m . - Untuk benih ikan nila ukuran 25 - 40 gr padat penebaran 6 kg/ m3.

Rencana pekerjaan (Gbr 1. . . tahan lapuk yang digunakan untuk menjahit jaring. . gergaji dan lain sebagainya. 10. 4. ukuran siTpul ke simpul dan ukuran lm dengan mesh 0. (Gbr 9.2 m dan buatkan konstruksi kerangka persegi. Konstruksi Pepakan (Feeder) Fungsi kotak pakan adalah untuk menahan pakan apung. 4. ALAT DAN BAHAN 1.Jaring Polyethilene ukuran 6 m dengan mesh 1. Bahan yang diperlukan untuk keramba ukuran 1m (1m x 1m x 1m ) .Batangan besi diameter 8 mm panjang 12 m.5 em. gunting.II. Pola Penisikan). . PROSEDUR PEMBUATAN Langkah – langkah: 1. 3. Konstruksi Kerangka Boltons dengan jalan memotong sebatang baja dengan panjang 4. Alat : Pisau.5 cm simpul ke simpul.5.7 dan 8). 12 dan 13) . Potonglah lembaran jaring kemudian menjahit jaring pada sisi keramba. meter. Tata Letak Jaring) 2. (Gbr 2.Benang ikat yang tahan air. III.Panel untuk tutup keramba warna buram luas 1 m2. . 2. jarum. 6. (Gbr 3.11.

Puslitbang Perikanan. 2.R. 1991. Schmittou H. Jakarta . 1991.. Teknologi Keramba Jaring Apung Mini Untuk Ikan Mas. Anoninious.(NL/008/93) Sumber: 1.Budidaya Keramba Suatu Metode Produksi Ikan di Indonesia.