P. 1
Makalah Teknologi Jaringan

Makalah Teknologi Jaringan

1.0

|Views: 765|Likes:

More info:

Published by: Thespeagezt YhayAiinayah Naynaynayah on May 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

Makalah Org & Arsitektur Komputer

TEKNOLOGI JARINGAN
DI S U S U N

Oleh : Kelompok II

NASHRIZAL RIWANUL NASRON SUDARIANSYAH MUSTAFSYIRAH M. FAIDIN

TEKNIK INFORMATIKA
SEKOLAH TINGGI TEKNIK-BINA CENDIKIA INDONESIA (STT-BCI) Banda Aceh 2008/2009
1

Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data. Aiken. maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Dalam proses TSS mulai Nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri. Definisi dan Fungsi Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer. Jaringan komputer model TSS. printer atau periferal yang terhubung dengan jaringan disebut node.) Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing). 2 . maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Setiap komputer. Sejarah Perkembangan Teknologi Jaringan Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Gambar 1. mencetak pada printer yang sama dan bersama-sama menggunakan hardware/software yang terhubung dengan jaringan. Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer. sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian. puluhan.A. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. (Lihat Gambar 1. B. printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. ribuan atau bahkan jutaan node. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki dua.

Dalam proses distribusi sudah mutlak diperlukan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi. maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Gambar 2. Jaringan komputer model distributed processing.Memasuki tahun 1970-an. maka penggunaan komputer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar komputer (Peer to Peer System) saja tanpa melalui komputer pusat. karena selain proses yang harus didistribusikan. maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN. 3 . Demikian pula ketika Internet mulai diperkenalkan. Seperti pada Gambar 2. semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat. Selanjutnya ketika harga-harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep proses distribusi sudah matang. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN.dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. setelah beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal.

jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas. 4. 2. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai. Orang yang terhubung 4 . Metropolitan Area Network (MAN) MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. Local Area Network (LAN) Local Area Network (LAN). 3. yaitu : 1. seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda . seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. MAN mampu menunjang data dan suara. misalnya printer) dan saling bertukar informasi. Wide Area Network (WAN) Wide Area Network (WAN). Jenis atau Tipe Jaringan Komputer Jenis-Jenis Jaringan Komputer Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis.C. Internet Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini. bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (resouce. merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.

Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak kampatibel dan berbeda. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas D. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet. Cara Kerja atau Mekanisme Cara kerja atau mekanisme dalam jaringan di sebut juga dengan topologi jaringan. baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan. ada beberapa topologi jaringan yaitu: 1. Jaringan Tanpa Kabel Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bias dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. 5.ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Topologi BUS Keuntungan topologi BUS 5 .

Jaringan akan disebut sebagai loop. data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan. Keuntungan topologi TokenRING • Hemat Kabel Kerugian topologi TokenRING 6 . Topologi TokenRING Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. maka jaringan tidak bisa berfungsi. • Diperlukan repeater untuk jarak jauh 2.• Hemat kabel • Layout kabel sederhana • Mudah dikembangkan Kerugian topologi BUS • Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil • Kepadatan lalu lintas • Bila salah satu client rusak.

Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.• Peka kesalahan • Pengembangan jaringan lebih kaku 3. Topologi STAR Kontrol terpusat. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Keuntungan topolgi STAR • Paling fleksibel • Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain • Kontrol terpusat • Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan • Kemudahaan pengelolaan jaringan Kerugian topolgi STAR • Boros kabel 7 . semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya.

dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan. Ia cukup memasang netword card di kedua komputernya kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. tidak perlu membuang komputer lamanya. data dan printer secara bersama-sama.• Perlu penanganan khusus • Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis 4. Trend ke Depan Teknologi Jaringan Trend ke depan teknologi jaringan saat ini di lihat dari berkembangnya teknologi jaringan nirkabel atau jaringan tanpa kabel seperti wi-fi (wireless fidelity). katakanlah Pentium II. Topologi Peer-to-peer Network Peer artinya rekan sekerja. Wi fi sangat pesat perkembangannya yaitu di lihat peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya. Pemakai komputer bernama Dona dapat memakai program yang dipasang di komputer Dino. dan ingin memberli komputer baru. Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan adalah penggunaan program. 8 . Pemakai komputer yang memiliki komputer ‘kuno’. sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipejari dan dipakai. Salah satu keluaran terbaru hardware wi-fi seperti ASUS DSL N13 Wireless Router Plus Access Point. E. Peer-to-peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dibandingkan dengan ketiga cara diatas. misalnya AT. Sistem jaringan ini juga dapat dipakai di rumah.

NAT (network address translation).11b/g/n 1 konektor RJ-11 untuk WAN (internet). dapat menggunakan sumberdaya yang ada secara bersamasama. Kabel RJ11 F. Misal seorang pengguna yang berada 100 km jauhnya dari 9 . bias kita lihat dalam tebel di bawah ini. 540 gram.Selain mampu mentransfer data hingga 100 Mbps banyak fitur lain yang di beri oleh Wireless Router Plus Access Point ini. Port Forwarding. Spesifikasi ASUS DSL N13 Wireless Router plus Access Point Standar Konektor 802. Firewall SPI ( Stateful Packet Inspection). bridge. 2 konektor USB 2. Fitur DHCP server. Mode operasi Access point. 4 konektor RJ45 untuk LAN. router. Dimensi Bobot Kelengkapan URL/Web filtering. 2 Ampere. Kabel RJ45. CD & buku user manual. Manfaat Jaringan Komputer • Resource Sharing.0 untuk printer dan file storage. Power adapter AC/DC 5 Volt. Virtual DMZ (Demilitarized Zone). 215 x 156 x 34 mm. Kecepatan transfer data 100 Mbps.

suatu data. Hal ini sering diartikan bahwa jaringan komputer mangatasi masalah jarak. dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. • Menghemat uang. Komputer besar seperti mainframe memiliki kecapatan kira-kira sepuluh kali lipat kecepatan komputer kecil/pribadi. harga mainframe seribu kali lebih mahal dari komputer pribadi. Sehingga bila salah satu mesin rusak. semua file dapat disimpan atau dicopy ke dua. Misalnya. tidak mendapatkan kesulitan dalam menggunakan data tersebut. Komputer berukutan kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan komputer yang besar. • Reliabilitas tinggi. tiga atu lebih komputer yang terkoneksi kejaringan. 10 . seolah-olah data tersebut berada didekatnya. Ketidakseimbangan rasio harga/kinerja dan kecepatan inilah membuat para perancang sistem untuk membangun sistem yang terdiri dari komputerkomputer pribadi. Akan tetap. maka salinan di mesin yang lain bisa digunakan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->