P. 1
Alga

Alga

1.0

|Views: 1,688|Likes:
Published by Tomz Dw

More info:

Published by: Tomz Dw on May 30, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/12/2013

pdf

text

original

ALGA

Disusun Oleh: RIKA ANDINA SARI RISKA DWI UTOMO RACHMA SAFINATUL ANGGUN VIRANTIN TAUFIK NUR AZIZ ADNAN ABU ANAB

ALGA Disebut juga Algae merupakan kelompok Protista yang menyerupai tumbuhan. ‡ Bersifat autotrof . Ciri-ciri alga: ‡ Ada yang uniseluler atau multiseluler ‡ Tubuh alga tidak memiliki jaringan atau organ yang khusus seperti akar. ‡ Fotosintetis. Oleh karena itu.batang. karena berklorofil (terdapat dalam kloroplas) ‡ Hidup di perairan (tawar maupun asin) ‡ Memiliki pigmen tambahan. alga disebut tumbuhan talus (Thallophyta). dan daun sejati.

kandungan karbon dioksida. .Penyebaran Alga Penyebaran alga sangat ditentukan oleh cahaya. dan kandungan mineral. temperatur air. kandungan oksigen.

Sedangkan reproduksi seksual terjadi melalui peleburan gamet jantan dan gamet betina . Reproduksi aseksual alga berlangsung dengan pembelahan sel membentuk zoospora (uniseluler).Reproduksi Alga Alga dapat bereproduksi secara aseksual dan seksual. dan fragmentasi (multiseluler).

Macam-macam pigmen pada alga ‡ Klorofil ‡ Karoten: fukosantin dan xantofil ‡ Fikobilin: fikosianin dan fikoeritrin .

Pigmen Fotosintetik Pigmen Non Fotosintetik Klorofil Karoten Fikobilin Fikoeritrin Fukosantin Xantofil Fikosianin .

protista mirip tumbuhan dikelompokan menjadi tujuh filum.Klasifikasi Alga ‡ Berdasarkan dominasi pigmennya. yakni : ‡ Euglenophyta ‡ Chrysophyta ‡ Bacillariophyta ‡ Phyrrophyta ‡ Rhodophyta ‡ Phaeophyta ‡ Chlorophyta .

Euglenophyta Organisme ini merupakan organisme bersel satu yang memiliki ciri-ciri mirip hewan dan tumbuhan. contohnya danau dan kolam. Contohnya euglena. dapat bergerak bebas dan memiliki bintik mata (stigma). Cara berkembang biak yaitu dengan membelah diri yang disebut pembelahan biner. Umumnya. Hidup secara fotoautotrof dan heterotrof. . habitat anggota Euglenophyta adalah perairan tawar. Dianggap mirip tumbuhan karena memiliki klorofil dan mampu melakukan fotosintesis. Dianggap mirip hewan karena selnya tidak berdinding.

‡ Berperan sebagai plankton di perairan.Chrysophyta / Alga Keemasan Ciri Umum : ‡ Mempunyai pigmen xantofil dan karoten. Contoh spesies dari Chrysophyta adalah Dinobryon dan Ochromonas . ‡ Bersifat multiseluler dan uniseluler berbentuk benang. ‡ Memiliki klorofil a dan c. ‡ Habitat di air tawar dan air laut.

walaupun ada yang berkoloni. ‡ Umumnya uniseluler.Bacillariophyta / Diatom Ciri Umum : ‡ Memiliki pigmen yang beragam. . ‡ Habitat di air tawar. Contoh jenis diatom adalah Pinnularia sp. laut atau tempat lembab & berperan sebagai plankton. ‡ Sel tersusun atas 2 bagian. Diantara epiteka dan hipoteka terdapat celah yang disebut rafe. Bagian atas disebut epiteka dan bagian bawah disebut hipoteka.

Phyrrophyta ( Alga Api ) Ciri Umum : ‡ Pada umumnya. yaitu memilki fosfor yang memandarkan cahaya. ‡ Uniseluler dan memilki dinding sel. . ‡ Alga api yang hidup di laut bersifat fosforesensi. Contoh Phyrrophyta adalah Ceretium sp. ‡ Mempunyai flagella sehingga dapat bergerak bebas. ‡ Berkembang biak dengan cara membelah diri . hidup di air laut.

klorofil (a dan d). ‡ Tubuhnya bersel banyak dan berbentuk seperti lembaran. ‡ Hidup di perairan laut dalam. ‡ Dinding sel mengandung zat karagenan. walaupun ada yang hidup di air tawar. karoten dan fikosianin. . ‡ Reproduksi seksual secara oogami.Rhodophyta / Alga Merah Ciri Umum : ‡ Memiliki pigmen fikoeritrin (merah). ‡ Reproduksi aseksual dengan fragmentasi.

‡ Juga digunakan dalam produksi lotion.Peranan Algae Merah: ‡ Nilai Komersial: Menghasilkan asam alginat yang digunakan dalam pembuatan ice cream. pastagigi. ‡ Agar-Agar untuk media kultur bakteri dan kepentingan riset. dan Gracilaria. sirup. jelli. atau gel farmasi. Eucheuma spinosum. Agar-agar untuk bahan makanan. Contoh alga merah adalah Gelidium cartilagineum. . dan roti.

‡ Hidup menempel (sesil) ‡ Reproduksi aseksual dengan fragmentasi ‡ Reproduksi seksual dengan membentuk konseptakel jantan &konseptakel betina menghasilkan spermatozoid dan ovum Contohnya adalah vesiculousus. tinggi sampai beberapa meter. Sargassum. karoten dan xantofil. Laminaria. ‡ Bentuk seperti tumb.Phaeophyta / Alga Coklat Ciri Umum : ‡ Memiliki pigmen fukosantin. Fucus .

‡ Habitat: Umumnya ditemukan pada perairan tawar (90%). walaupun ada yang di laut sebagai plankton.Chlorophyta / Algae Hijau Ciri Umum: ‡ Uniseluler dan multiseluler. Contoh Chlorophyta adalah Chlorella. fragmentasi. Hydrodiction. ‡ Memiliki pigmen dominan klofofil a dan b. ‡ Memiliki flagel untuk bergerak. tetapi ada yang tidak ‡ Reproduksi aseksual dilakukan dengan pembelahan biner. dan spora. Volvox. dan Ulva. Chlamydomonas. Reproduksi seksual dengan konjugasi dan peleburan sperma dan ovum. . Spirogyra.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->